SI1921425702

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN UI/UX WEBSITE PERUSAHAAN MENGGUNAKAN FIGMA

PADA CV CITRA ABADI HELM


SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1921425702
NAMA
: NUR ISKANDAR



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2022/2023




ABSTRAK

Media informasi di era yang modern ini sangatlah cepat menyebar kesegala penjuru dunia. Salah satu media penyebaran informasi yang sangat cepat yaitu internet. Informasi yang disampaikan melalui sebuah portal yang disebut dengan website. Peran pemanfaatan website pada sebuah perusahaan adalah sebagai media informasi dan promosi, website dapat menjadi langkah awal suatu perusahaan untuk merambah ke dunia digital. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perancangan UI/UX website pada CV Citra Abadi Helm dengan menggunakan Figma. Analisa permasalahan dilakukan dengan menggunakan metode design thingking, untuk memperoleh aspek-aspek yang dibutuhkan dalam rancangan sehingga dapat diterapkan dalam bentuk berupa output pada website CV Citra Abadi Helm. Manfaat penelitian ini antara lain, untuk mengenalkan perusahaan sebagai produsen helm, meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk perusahaan. Hasil dari penelitian ini berupa prototype UI/UX website perusahaan, yang dirancang dengan menggunakan Adobe photoshop CS6 dan Figma. Melalui perancangan UI/UX website, dapat menjadi awal transisi perusahaan merambah dalam dunia digital dan branding perusahaan dapat lebih dikenal.

Kata Kunci: UI/UX, website, Figma, Media Promosi, Informasi




ABSTRACT

Information media in this modern era is rapidly spreading to all corners of the world. One medium for spreading information very quickly is the internet. Information conveyed through a portal called a website. The role of using a website in a company is as a medium of information and promotion, a website can be the first step for a company to enter the digital world. The purpose of this research is to design the UI/UX website at CV Citra Abadi Helm using Figma. Problem analysis is carried out using the design thinking method, to obtain the aspects needed in the design so that it can be applied in the form of output on the CV Citra Abadi Helm website. The benefits of this research include introducing the company as a helmet manufacturer, increasing consumer interest in the company's products. The results of this research are a company website UI/UX prototype, designed using Adobe Photoshop CS6 and Figma. Through the design of the UI/UX website, it can be the beginning of a company's transition to entering the digital world and the company's branding can be better known.

Keywords: UI/UX, website, Figma, Media Promotion, Information





DAFTAR PUSTAKA

  1. Purwanto, H. 2021. Perancangan Sistem Informasi Jadwal Pelatihan Karyawan PT XYZ. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 28-29.
  2. Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA. “Metode Analisis dan Perancangan Sistem: - Page 24.“[Online].https://books.google.co.id/books?isbn=979199062X [Diakses 25 Desember 2017].
  3. Sidik, Achmad, Arnie Retno Mariana, Alfia Ria Anggraeny. 2018. Perancangan Sistem Informasi E-Recruitment Guru Studi Kasus di SMK Kusuma Bangsa. Tangerang. Jurnal Sisfotek Global vol 8 no. 1 maret 2018.
  4. Nur, R., & Suyuti, M. A. 2018. Perancangan Mesin-Mesin Industri. Deepublish.
  5. Agustin, A., & Yoga. 2020. Perancangan Aplikasi Persediaan Barang Pada Reyfan Gorden Jambi Berbasis Web.
  6. Suryadarma dan Triyani Budyastuti. 2019. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
  7. Feliani, Alda 2019. Perancangan Aplikasi Penginputan Data Siswa Baru Smk Muhammadiyah 3 Palembang Menggunakan Microsoft Visual Basic.Net. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
  8. Elgamar, 2020. Konsep Dasar Pemrograman Website dengan PHP : CV.Multimedia Edukasi
  9. Saffanah, Kayla Nur. 2023. Analisis Perancangan Website Museum Sebagai Sarana Informasi dan Promosi untuk Mendukung Proses Online Reservasi Penginapan di Museum Tanah dan Pertanian. Jurnal Media Infotama Vol.19 No.1 2023 95.
  10. Abigail, Michelle Florence. 2021. Implementasi E-Commerce Menggunakan Low Code Programming Pada Sam’s Foodie Berbasis Responsive Web. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta Juni 2021.
  11. Manggala, Zadham Yudha.. 2019. Skripsi Analisis User Interface Dan User Experience Menggunakan Pendekatan Goms Analysis Pada Situs Web Berita ( Studi Kasus : Kompas.Com dan Detik.Com). Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Akakom Yogyakarta 2019
  12. Muhammad Naufal Muhadzib Al-Faruq, Siti Nur’aini, Muhammad Haikal Aufan. 2022. Perancangan UI/UX Semarang Virtual Tourism Dengan Figma. Walisongo Journal of Information Technology, Vol. 4 No. 1 (2022) 43-52 DOI : http://dx.doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079.
  13. Seila Tazkiyah, Aridhanyati Arifin. 2022. PERANCANGAN UI/UX PADA WEBSITE LABORATORIUM ENERGY MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Teknologi Terpadu Vol. 8 No. 2 2022, 72-78. https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jtt ISSN : 2477-0043 ISSN ONLINE : 2460-7908.
  14. Andy Reynaldi. 2019. “Perancangan Desain User Interface (Ui) Aplikasi Pencari Kos”. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Seni dan Desain. Universitas Negeri Makassar. 2019.
  15. Thomas Albert, Julius Andi Nugroho, Retno Widya Hapsari. 2021. Perancangan Ulang UI/ UX Website sebuah Perusahaan Farmasi. Jurnal Rupaka https://journal.untar.ac.id/in dex.php/Rupaka Vol 4, No.1 Juli – Desember 2021.
  16. Anis Dwi Setyani. 2021. “Perancangan Ui/Ux Aplikasi E-Commerce Berbasis Website Pada Toko Aema Kacamata Surabaya Menggunakan Model Lean Experience”. Fakultas Teknologi dan Informatika. Universitas Dinamika. 2021.
  17. Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, dkk. 2021. Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian Vol. 3 No 1, Februari 2021 ISSN 2657-0203 e-ISSN 2686-0244.
  18. Iqbal Ramadhani Mukhlis, Sinarring Azi Laga, Gaguk Suprianto. 2023. Pelatihan UI/UX Menggunakan Figma Untuk Meningkatkan Kompetensi Di Bidang Desain Guru MGMP RPL SMK Provinsi Jawa Timur. Jurnal Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol III, No.1 Januari 2023.
  19. Syahril Rizal R I , Surya Adi Saputra. 2023. Perancangan Ui/Ux Design Pada Aplikasi Jasa Freelancer Berbasis Android Menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal Ilmiah MATRIK , Vol.25 No.1, April 2023. ISSN : 1411-1624 e-ISSN: 2621-8089.
  20. ZE. Ferdi Fauzan Putra, Hamidillah Ajie, Ika Anwar Safitri. 2021. Designing A User Interface and User Experience from Piring Makanku Application by Using Figma Application for Teens. International Journal of Information System & Technology Akreditasi No. 36/E/KPT/2019 | Vol. 5, No. 3, (2021), pp. 308-315.
  21. Kelley, D. & Brown, T. (2018). An introduction to Design Thinking. Institute of Design at Stanford. doi: https://doi.org/10.1027/2151-2604/a000142.
  22. Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma.
  23. Maulina, R., Dumyati, A., Wahyuni, S., Hidayat, I. I., Sataria, R., & Pribadi, M. R. (2022). Pembuatan User Interface Layanan Aplikasi Komik Online Menggunakan Metode Perancangan Design Thinking. MDP Student …, 413– 420. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/ msc/article/view/1792
  24. Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8. iss1.2021.730
  25. Ayu Amarcia A.S.W, Lia Selvia, dkk. 2022. Perancangan Ui/Ux Aplikasi Daftar Acara Siaran (Das) Lpp Rri Purwokerto Menggunakan Figma. STMIK Palangka Raya. Jurnal Saintekom, Vol.12, No.2, September 2022.
  26. Hussein, A. S. (2018). Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis. Universitas Brawijaya Press.





Contributors

Admin, Nur Iskandar