Universitas Raharja

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

Raharja1.jpg


Universitas Raharja adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu. Universitas Raharja bediri pada tahun 1994. Secara geografis, posisi kampus Universitas Raharja berada di tengah Kota Tangerang sehingga mudah diakses darimana saja.

Arti Nama Raharja

Nama Raharja diinspirasikan dari motto Kota dan Kabupaten Tangerang, yaitu “Bhakti Karya Adhi Kerta Raharja” dan “Satya Karya Kerta Raharja”. Nama ini dipahami sebagai arti “Kesejahteraan”.

Dan arti luasnya adalah : Keinginan dan niat para pendiri untuk membantu pemerintah ikut serta dalam membangun masyarakat yang sejahtera melalui penguasaan dibidang teknologi informasi dan komputer. Arti ini memiliki makna yang berbeda.

Sejarah

Tahun Keterangan
Tahun 1994 Yayasan Nirwana Nusantara mendirikan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Komputer (LPPK) Raharja yang diresmikan oleh Walikota Tangerang pada waktu itu D.H.Djakaria Machmud dan lembaga inilah yang mempelopori penggunaan operating system Windows dan aplikasinya di wilayah Tangerang dan sekitarnya.
Tahun 1999 Berkembang menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK Raharja) Informatika dengan diresmikan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No:56/D/O/1999, dengan menyelenggarakan jurusan Manajemen Informatika (MI) jenjang D3.
Tahun 2000 AMIK Raharja Informatika menambah jurusan Tehnik Informatika (TI) dan Komputerisasi Akutansi (KA)berdasarkan Surat Keputusan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah IV Nomor:3204/004/KL/1999, AMIK Raharja Informatika secara resmi menyelenggarakan program Diploma I (D1) dengan gelar Ahli Pratama, Diploma II (D2) dengan gelar Ahli Muda, dan Diploma III (D3) dengan gelar Ahli Madya.
Tahun 2001 Terwujudlah Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer ([[STMIK Raharja]]) melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor:74/D/O/2001, STMIK Raharja menjadi Perguruan Tinggi Komputer yang memiliki program studi terlengkap di Propinsi Banten.
Tahun 2001 AMIK Raharja Informatika mendapatkan status Akreditasi B untuk jurusan Manajemen Informatika (MI) berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor:003/BAN-PT/AK-1/DPL/IV/2002.
Tahun 2006 Dengan tekad yang bulat dan keyakinan untuk mempunyai harapan bahwa kini Program Studi yang ada pada Universitas Raharja mendapatkan predikat terakreditasi, yaitu Strata Satu Program Studi Sistem Informasi No.SK.002/BAN-PT/AK-X/S1/V/2006 dengan nilai "314" mendapatkan peringkat "B" dan Tehnik Informatika dengan No.SK.001/BAN-PT/AK-X/S1/2006 dengan nilai "335" mendapatkan peringkat "B".
Tahun 2007 Terakreditasinya Program Studi Sistem Komputer Strata Satu No.SK.019/BAN-PT/AK-X/S1/VIII/2007 dengan nilai "352" mendapatkan peringkat "B" , untuk Diploma III Program Studi Manajemen Informatika No.SK.006/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/XII/2007 dengan nilai "320" mendapatkan peringkat "B" . Tehnik Informatika No.SK.017/BAN-PT/Ak-VII/Dpl-III/XII/2007 dengan nilai "358" mendapatkan peringkat "B".
Tahun 2008 Pada tahun ini Program Studi Diploma III, yaitu Komputerisasi Akutansi No.SK.019/BAN-PT/Ak-VII/Dpl-III/I/2008 dengan nilai "381" mendapatkan peringkat "A". Kini seluruh Program Studi yang ada pada AMIK Raharja Informatika dan STMIK Raharja statusnya telah terakreditasi.
Tahun 2009 Pada tahun ini Universitas Raharja berhasil dalam Verifikasi dan Tersertifikasi ISO 9001:2008 (Sistem Manajemen Mutu Raharja) dari Lloyd Register Quality Assurances (LRQA-UKAS).Untuk menambah wawasan dibidang IT serta memperkenalkan AMIK Raharja Informatika dan STMIK Raharja terhadap dunia luas, pada tahun 2009 diselenggarakan International Conference on Creative Communication and Innovative Technology 2009 (ICCIT) yang diikuti oleh para kandidat Doktor dibidang IT dari dalam dan luar negeri.Dan pada tahun ini pun Universitas Raharja mendapatkan penghargaan Juara II tingkat Provinsi Banten untuk Kategori Penghijauan dan Kebersihan.
2011 Pada tahun ini sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 010/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B. Dan pada tahun yang sama Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran, Universitas Raharja membuat terobosan baru dengan membuka perkuliahan iLearning.
2012 Pada tahun ini Program Studi Diploma Tiga Manajemen Informatika sesuai dengan SK BAN-PT No. SK.019/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/III/2012 dengan nilai mendapatkan peringkat “A”. Universitas Raharja terus berupaya menyiapkan sarana penunjang kebutuhan Infornasi dan pengembangan Teknologi Informasi guna mendukung layanan Civitas Universitas Raharja, atas dedikasi ini Universitas Raharja mendapatkan menghargaan TESCA 2012, peringkat 60 besar perguruan tinggi skala nasional.
2013 Upaya untuk menjaga mutu, dengan diperolehnya ISO 9001:2008 pada tahun 2009 dan renewal tahun 2013 dengan Approval Certificate No: JKT6007007.

Pada Tahun ini Universitas Raharja memperoleh penghargaan TESCA 2013, peringkat 3 besar kategori Sekolah Tinggi skala nasional.

2014 Pada tahun ini diselenggarakan MMSP 2014 di Universitas Raharja. MMSP 2014 merupakan workshop Internasional ke-16 Multimedia Signal Processing yang diselenggarakan oleh IEEE Signal Processing Society pada tanggal 22 – 24 September 2014.Pada tahun ini Universitas Raharja membuka perkuliahan iLearning Plus dan kelas karyawan dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin bergabung bersama Universitas Raharja karena keterbatasan waktu kuliah.

Visi & Misi

Visi Raharja ialah menjadi Perguruan Tinggi swasta yang berkesinambungan meningkatkan kualitas pendidikan, memberikan pelayanan dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang tangguh, memiliki daya saing yang tinggi dalam era globalisasi terutama yang terkait dan ditunjang oleh berbagai bentuk penerapan dibidang teknologi informasi dan komputer, menjadikan Pribadi Raharja sebagai Sumber Daya Manusia yang terampil dan ahli, mampu bersaing dalam dunia bisnis maupun non bisnis, menghasilkan tenaga intelektual dan profesional, serta mampu berkembang dalam cakrawala yang lebih luas.

Misi Raharja yaitu :

  1. Menyelenggarakan program-program studi yang menunjang pengembangan dan penerapan Teknologi Informasi dalam berbagai bidang ilmu.
  2. Menyediakan sarana dan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar - mengajar yang efektif dan efisien, sehingga terbentuk lulusan-lulusan yang bermoral, terampil dan kreatif.
  3. Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan sosial ekonomi dan industri Indonesia, serta mengantisipasi semakin maraknya globalisasi kehidupan masyarakat.
  4. Menjaga kerjasama dengan berbagai pihak dari dalam maupunn luar negeri, sehingga ilmu dan teknologi yang diberikan selalu mutakhir serta dapat diterapkan secara berhasil guna dan tepat guna.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan dapat menerapkan, mengembangkan, serta memperluas informatika dan komputer secara profesional.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengadakan penelitian dalam bidang informatika dan komputer, yang hasilnya dapat diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di lapangan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang informatika dan komputer secara profesional kepada masyarakat.

Semboyan

Semboyan Raharja adalah :
“ Membangun masyarakat sejahtera melalui ilmu pengetahuan dan teknologi”

Motto

"Get the better furure by computer science" yang artinya "Meraih sukses yang gemilang melalui ilmu komputer"

Motto ini diinspirasikan dari keyakinan Pribadi Raharja bahwa di jaman/era informasi ini, tuntutan komputerisasi di seluruh sektor kehidupan menjadi semakin nyata.

Keunggulan

  1. Terakreditasi unggul
  2. 14 Hak Paten RI
  3. 24 Besar Nasional SPMI
  4. iLearning using iPad
  5. The World Summit Award (WSA) Winner of Internet Product Category on Raharja Multimedia Edutainment (RME)
  6. Gedung milik sendiri, Assembly Room, Aula Serba Guna, Ruang Penelitian
  7. Digital Synthesizer Laboratory, Raharja English Laboratory, Laboratorium Multimedia
  8. Raharja Multimedia Edutainment (RME)
  9. Absensi Online (AO)
  10. ISO 9001:2008
  11. Student Information Systemn (SIS)
  12. Green Orchestra (GO)
  13. Komite Akreditasi Nasional (KAN)

Jurusan

  1. Program Studi Diploma III (D3)
    1. Manajemen Informatika
      1. Web Graphic Design
      2. Management Information System
    2. Komputerisasi Akuntansi
      1. Web Based Accounting System (WBAS)
      2. Finance
    3. Tehnik Informatika
      1. Artificial informatics
      2. System Architecture
  2. Program Studi Strata I (S1)
    1. Sistem Informasi
      1. Bussiness Intelligence
      2. E-Commerce
      3. Komputerisasi Akuntansi
      4. Management Information System
    2. Tehnik Informatika
      1. Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB)
      2. Software Engineering
    3. Sistem Komputer
      1. Creative Communication and Innovative Technology (CCIT)
      2. Sistem Komputer
  3. Magister Teknik Informatika (S2)
    1. Information Engineering
    2. Bussiness Intelligence

Lokasi Kampus

  1. Kampus Modern : Jl. Jend. Sudirman No. 40, Cikokol-Tangerang, Banten 15117
  2. Kampus Cimone 1 : Jl. Gatot Subroto Km. 2 Harmoni Mas A7/8, Cimone-Tangerang, Banten 15114
  3. Kampus Cimone 2 : Jl. Gatot Subroto Km. 2 Harmoni Mas A12/13, Cimone-Tangerang, Banten 15114

Referensi

Website Lokal Universitas Raharja

Contributors

Admin