SI1921423775

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS FIELDTRIP SEBAGAI SOSIALISASI BISNIS EDUKASI

PADA KELURAHAN SUDIMARA PINANG KOTA TANGERANG


SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1921423775
NAMA
: Muhammad Andriansyah



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2023/2024




ABSTRAK

Edukasi Fieldtrip adalah kegiatan belajar mengajar siswa yang dilakukan di luar sekolah untuk mendapat ilmu dengan berinteraksi langsung dengan objek wisata. Banyak nya tempat wisata yang di jadikan lokasi untuk belajar siswa/siswi sekolah dapat membuat siswa dan siswi sekolah bisa mendapat ilmu lebih banyak. Wisata edukasi fieldtrip salah satunya terdapat di Kelurahan Sudimara Pinang Kota Tangerang. Dengan berbagai wisata yang terdapat di sana, diantaranya yaitu wisata Sohibu, Lumintu, dan Dongeng Kak Nunu. Permasalahannya adalah kurangnya media dalam penyebaran informasi, sebelumnya hanya berupa lisan dan instagram yang informasinya belum lengkap. Selain itu juga belum memiliki video sosialisasi tentang wisata edukasi fieldtrip sebagai media sosialisasi dan informasi kepada masyarakat. Maka dari itu sangat dibutuhkan video sosialisasi yang akan diimplementasikan melalui youtube dan instagram. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data, analisis SWOT, perancangan media dengan menggunakan software Adobe Aftrer Effects 2023, Adobe Premiere pro CC 2023, dan Adobe Photoshop CC 2023 dan Konsep Produksi Media yang terdiri dari preproduction, production, dan post production. Tujuan penelitian ini untuk memperkenalkan wisata edukasi fieldtrip yang berada di kampung terpencil, untuk mempromosikan wisata edukasi fieldtrip supaya bisa dikenal banyak orang dan dapat membantu perekonomian warga sekitar. Sehingga dibutuhkan media video sebagai sarana sosialisasi dan informasi pada wisata edukasi fieldtrip, melalui media video sosialisasi ini diharapkan dapat membantu dalam penyebaran informasi tentang keberadaan wisata edukasi fieldtrip di Kelurahan Sudimara Pinang Kota Tangerang.

Kata Kunci: Edukasi Fieldtrip, Media sosialisasi, Informasi




ABSTRACT

Fieldtrip education is a student teaching and learning activity carried out outside of school to gain knowledge by interacting directly with tourist attractions. There are many tourist attractions that are used as study locations for school students, which can enable school students to gain more knowledge. One of the fieldtrip educational tours is in Sudimara Pinang Village, Tangerang City. There are various tours there, including Sohibu, Lumintu and Kak Nunu's fairy tales. The problem is the lack of media for disseminating information, previously it was only verbal and Instagram where the information was incomplete. Apart from that, we also don't have a socialization video about fieldtrip educational tourism as a medium for socialization and information to the public. Therefore, socialization videos are really needed which will be implemented via YouTube and Instagram. The research methods used are data collection, SWOT analysis, media design using the software Adobe After Effects 2023, Adobe Premiere pro CC 2023, and Adobe Photoshop CC 2023 and the Media Production Concept which consists of preproduction, production and post production. The aim of this research is to introduce field trip educational tourism in remote villages, to promote field trip educational tourism so that it can be known to many people and can help the economy of local residents. So video media is needed as a means of socialization and information on field trip educational tourism. Through this socialization video media, it is hoped that it can help in disseminating information about the existence of field trip educational tourism in Sudimara Pinang Village, Tangerang City.

Keywords: Fieldtrip education, Socialization media, Information





DAFTAR PUSTAKA

  1. Adnan, F. (2020, October). Kunjungan Lapangan (Field Trip) Sebagai Metode Pembelajaran. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 94-104).
  2. Agung, Gregorius. 2018. Adobe After Effects Komplet. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.
  3. Anas, F., Harini, C., & Fathoni, A. (2018). Marketing Strategy Through SWOT Analysis On Deadler Honda Prima Jaya Abadi Branch Tembalang Semanrang. Journal of Management,4(4).
  4. Anastasia, Karagian no poulou. Papadopoulos Andreas and Stefanos Armakolas. 2018. Video Creation and Social Networking Educational Environment. Bohemia : University of West Bohemia. a case study of pre-service teacher training in ASPETE Patras. ISBN: 978-80-261-0710-1.
  5. Anggraini, M., Yacob, F., & Hidayat, M. (2019). Desai Media Audio - Visual Pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Tingkat SMP Di Kecamatan Suka Makmur Dan Kuta Malaka. ProsidingBiotik, 5(1).
  6. Apriani Desy dkk. 2018, Media Video Profile sebagai media Promosi dan Informasi pada SMK Bina AM Ma’Mur.Kota Tangerang :STMIK. Raharja. Jurnal Teknik Informatika. ISSN : 2356- 5209. Vol 02 No 1.
  7. Bhatti, Zeeshan. Ahsan Abro, Abdul Rehman Gillal and Mostafa Karbasi. 2017. Be-Educated : Multimedia Learning through 3D Animation. Malaysia : Shah Abdul Latif University. International Journal of Computer Science and Emerging Technologies. ISSN: 2522-3348. Vol.1 No.1.
  8. Eduka, The king. 2018. Mega Bank SBMPTN Soshum 2019. Jakarta
  9. Eviawan, Ari. Falday Kurniawan dan Akhrul Agustian. 2018. Kinerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Dalam Video Informasi Untuk Memberdayakan Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CICES. ISSN 2356-5209. Vol 4, No 1 :10 dan 11.
  10. Fuad, Hilmi. Sutarnan. Yayah. 2018. Perancangan Sistem Infomasi Customer Relationship Management Pelayanan Berbasis Web Di Pt Sahabat Kreasi Muda. Tangerang : Stmik Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. Vol.8No.1
  11. Galuh Satrio Wibowo 2020. Perancangan Media Video Informasi Tata Cara Editing Video Berita Metro TV. Skripsi. Universitas Raharja
  12. Gunawan, I. (2018). Penggunaan Algoritma Kriptografi Steganografi Least Significant Bit Untuk Pengamanan Pesan Teks dan Data Video. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 2(1),57- 65
  13. Hanafri, Muhammad Iqbal, Triono. dan Imam Luthfiudin. 2018. Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Semarang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN: 2088 – 1762. Vol. 8 No. 1 : 82.
  14. Handayani, F., Evelina, L., Sylvina, V., & Lestari, A. (2019). Digital Influencer in Product Promotion: Fostering Consumers’ Trust by Engaging Followers. In The 1st Workshop on Multimedia Education, Learning, Assessment and its Implementation in Game and Gamification in conjunction with COMDEV 2018. European Alliance for Innovation (EAI).
  15. Hasanudin, Muhaimin. Eduard Hotman Purba dan Anggi Prabowo. 2019. Prototype Aplikasi Sistem Rekam Medis Pasien Berbasis Web Pada Klinik Karawaci Medika. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT. ISSN: 2655-4275. Vol.12, No 1 : 46.
  16. Hasoloan, Aswand. Peranan etika bisnis dalam perusahaan bisnis. Warta Dharmawangsa 57 (2018).
  17. Holroyd, C. (2019). Digital content promotion in South East Asia: government strategies for a new economic sector. Journal of.
  18. Imron ,M.J. (2019). Dampak Multimedia Bagi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah. Al- Ibrah, 4(1) , 122-145.
  19. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).1991. Definisi Pendidikan.
  20. Kharisma, Vidya. Rival Firnandi. Muhammad Iqbal dan Emeza Dewi Krishnasari. 2018. Perancangan Motion Graphic Untuk Iklan Layanan Masyarakat Berjudul GO GREEN Dengan Rumah Ekologis. Yogyakarta : Unversitas Amikom Yogyakarta. Open Journal System “ SEMNAS TEKNO MEDIA ONLINE”, Vol.6 No.1.
  21. Khikmah, U. M., Falani, A. Z., & Latipah, L. (2018). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Doa Untuk Anak Ssekolah Dasar Berbasis Android. Journal technology and implementation Bussines, 1(02), 1-6.
  22. Khoirulloh. Andi Tri Haryono SE MM dan Heru Sri Wulan SE MM. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Papa Roti Bakar Breadhouse Sirojudin,tembalang Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang.
  23. Lestari, K. D., Agustini, K., & Sugihartini, N. (2019). Pengembangan Modul Ajar Storyboard Berbasis Projeck Based Learning untuk Siswa Kelas XI Multimedia di SMK TI Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (ISSN: 2252-9063), 8(2).
  24. Lisa Anisah (2018). Perancangan Video Sosialisasi Program Petani GO-ONLINE Berbasis Motio Graphic Pada Kementrian Komunikasi Informatika Jakarta.
  25. Maulana, A., Sadikin, M., & Izzuddin, A. (2018). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Inventaris Berbasis Web Di PusatTeknologi Informasi Dan Komunikasi–BPPT. Setrum: Sistem Kendali- Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer, 7(1), 182-196.
  26. Mustika, Amalia, et al. Pengantar Bisnis. (2020).
  27. Nugraha, A ,B (2018). Perancangan Video Informasi Pariwisata Kabupaten Tangerang Pada Dinas Dsiporabudpar Kabupaten Tangerang. Skripsi. STMIK Raharja.
  28. Nurriqli, A. (2019). Upaya Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Penyiar Pada Radio Swara Bersujud. 89, 8 FM.Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis,5(2).
  29. Nurvivi, Hamdani. Triani, Risya, Ananda. 2018. The Design of Klettern Media Promotion. Bandung : Telkom University. Visual Communication Design Journal. Vol.1 Issue.1:34.
  30. Purwanto,A.(2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ips Berorientasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Uuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(1), 882-891.
  31. Prasetya, A, Z (2019). Perancangan Video Promosi Guna Meningkatkan Daya Tarik Pesona Pariwisata Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Universitas Raharja.
  32. Putra, Azwar Aditya dan Vella Carisa. 2020. Video Kabupaten Tangerang Pada Dinas Disporabudpar Pariwisata. Tangerang : Stmik Raharja. Jurnal Cices. Vol.5 No.1.
  33. Rahardja, U., Harahap, E. P., & Dewi, S. R. (2019). The Strategy of Enhancing Article Citation and H-Index on SINTA to Improve Tertiary Reputation. TELKOMNIKA (Telecommunication Computing Electronics and Control), 17(2).
  34. Rizqi, Z. U., Purba, R. D. A., & Nugroho, R. R. (2019). Penentuan Strategi Pengembangan Bisnis menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas. IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019.
  35. Sakti, Hadi Gunawan. 2018. Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreatifitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Mataram : FIPIKIP Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling. ISSN: 2503 – 1708. Vol. 2 No. 2 : 329.
  36. Santoso, A. S., & Siswanto, R. A. (2019). Perancangan Identitas Visual Brand Skateboard Dengan Pendekatan Elemen Visual Lokal Indonesia. eProceedings of Art & Design, 6(1).
  37. Santoso, S., Azizah, N., & Astari, A. (2018). Aplikasi Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web Pada PD. BPR Kerta Raharja Cabang Balaraja. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.
  38. Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19.
  39. Suryadi, Jendi. Muhammad Arief dan Winoto. 2018. Multimedia Audio Visual and Broadcasting Bagian Detik TV PT. Agranet Multicitra Siberkom Jakarta Selatan. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CICES. ISSN : 3655-3058. Vol.3, No.2 :233.
  40. Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang.
  41. Syah, Firdiyan (2019) ‘Komparasi Teknik editing chroma key menggunakan After Effect CC 2018, Adobe Premiere CC 2018, dan Sony Vegas 15’, Seminar Nasional Dinamika Informatika, 3(1), pp. 20–21.
  42. Tama, Adi Kusuma Widya. Azwar Aditya Putra. Muhamad Azis Fikri.2018. Video Profile Jurusan Sistem Komputer Jenjang Strata Satu Pada Stmik Raharja Tangerang. CERITA Journal. Tangerang : STMIK Raharja. Vol. 4. No. 2.
  43. Tarigan, Y., Jamaluddin, J., Napitupulu, J., & Simamora, R. J. (2018). Aplikasi Pengenalan Budaya Batak Karo Berbasis Multimedia . Methomika :Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 2(2), 148-151.
  44. Trishartanto, P., Warso, M. M., & Fathoni, A. (2018). Analisisi Efas– Ifas Dikaitkan Dengan Regulasi Industri Pengiriman Via Air Freingt Pada PT. Angkasa Pura Logistik Cabang Semarang (Studi Kasus pada Angkasa Pura Logistik Cabang Semarang). Journal of Management, 4(4).
  45. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. 2003 Fungsi Pendidikan. NOMOR 20 TAHUN 2003.
  46. Yulandina, Aldilla, Condra Antoni dan Ardiman Firmanda. 2018. Optimalisasi Unsur Live Shoot dan Motion Graphic Untuk Promosi Digital Lembaga Paud .Batam: Politeknik Negeri Batam.Journal of Digital Education, Comunication and Arts. Vol 1. No.1 : 5.
  47. Yuningsih (2021). Perancangan Video Sebagai Media Promosi Pada Taman Santap Rumah Kayu Serpong Kota Tangerang. Skripsi. Universitas Raharja.