SI1921423733

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA RESTORAN GUBUG MAKAN

MANG ENGKING CITRA RAYA


SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1921423733
NAMA
: Mariza Fadilla Rosmawati



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2022/2023




ABSTRAKSI

Media promosi sangat dibutuhkan untuk strategi pemasaran pada suatu bisnis usaha, seperti produk fashion, pendidikan, hingga restoran makan. Tujuannya tentu saja adalah untuk menarik perhatian calon customer. Salah satu restoran makan yang ada di Kabupaten Tangerang, tepatnya di daerah Citra Raya, adalah Gubug Makan Mang Engking. Restoran ini menyediakan hidangan laut dengan cita rasa khas sunda, juga mengusung tema bernuansa alam pedesaan dimana para pengunjung menikmati hidangan di saung bambu, yang dikelilingi pemandangan taman dan kolam ikan. Desain ini menghadirkan kesan yang sejuk, indah, serta nyaman. Adapun permasalahan yang terdapat di restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya ini, yaitu, dalam kegiatan promosi yang hanya menggunakan media cetak, seperti spanduk serta foto di social media (Instagram), Konten di Youtube berupa beberapa vlog dari para pengunjung yang masih kurang update dan efektif. Berdasarkan analisa dari permasalahan di atas, maka diperlukan adanya perancangan video promosi yang lebih lengkap, menarik dan lebih update. Informasi yang akan diberikan dalam video ini diantaranya mengenai profil, pelayanan, fasilitas, keunggulan, produk makanan dan minuman beserta harga, juga testimony dari beberapa pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah video promosi yang efektif untuk Restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Metode Pengumpulan Data melalui Observasi, Wawancara, dan Studi Pustaka,Metode Analisis SWOT, Metode Perancangan Media dengan menggunakan software Adobe Premiere Pro 2020 dan Adobe After Effects 2020 serta Konsep Produksi Media (KPM) yang didalamnya terdapat pre production, production, dan post production. Melalui perancangan video ini, diharapkan dapat membantu pihak pengelola dalam menyampaikan informasi yang sangat menarik kepada calon customer yang mencari tempat makan dengan nuansa pedesaan yang nyaman dan asri di tengah perkotaan, dan mengadakan acara/event tertentu. Sehingga dapat meningkatkan jumlah customer setiap tahunnya.

Kata Kunci: Promosi, Perancangan Video, Gubug Makan Mang Engking




ABSTRACT

Promotional media is needed for marketing strategies in a business, such as fashion products, education, to restaurants. The goal, of course, is to attract the attention of potential customers. One of the dining restaurants in Tangerang Regency, precisely in the Citra Raya area, is Gubug Makan Mang Engking. This restaurant provides seafood with typical Sundanese flavors, also carrying the theme of a rural nature where visitors enjoy dishes in bamboo huts, which are surrounded by garden views and fish ponds. This design presents a cool, beautiful, and comfortable impression. The problems in the Gubug Makan Mang Engking Citra Raya restaurant, namely, in promotional activities that only use print media, such as banners and photos on social media (Instagram), Content on Youtube is in the form of several vlogs from visitors which are still not updated and effective. Based on the analysis of the problems above, it is necessary to design a promotional video that is more complete, interesting and more updated. The information that will be provided in this video includes profiles, services, facilities, advantages, food and beverage products and prices, as well as testimonials from several visitors. This study aims to design an effective promotional video for the Gubug Makan Mang Engking Citra Raya Restaurant. The research method used is the Data Collection Method through Observation, Interview, and Literature Study, SWOT Analysis Method, Media Design Method using Adobe Premiere Pro 2020 and Adobe After Effects 2020 software as well as the Media Production Concept (KPM) which includes pre-production, production , and post production. Through designing this video, it is hoped that it can assist the management in conveying very interesting information to prospective customers who are looking for a place to eat with a comfortable and beautiful rural feel in the middle of an urban area, and holding certain events/events. So that it can increase the number of customers every year.

Keywords: Promotion, Video Design, Gubug Makan Mang Engking’s





DAFTAR PUSTAKA

  1. Andriyan, W., Sindiawati, S., & Kurnia, G. P. (2020). Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang. Bina Insani ICT Journal, 7(1), 73-82.
  2. Ardyanto, S. (2018). Peningkatan teknik servis pendek pada bulutangkis melalui media audio visual. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 4(3).
  3. Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329-335.
  4. Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Ikraith-informatika, 4(3), 1-5.
  5. Basim, Z., & Painem, P. (2020). Implementasi Kriptografi Algoritma RC4 Dan 3DES dan Steganografi Dengan Algoritma EOF Untuk Keamanan Data Berbasis Desktop Pada SMK As-Su’udiyyah. Skanika, 3(4), 54-60.
  6. Budiarto, M., & Arief, M. (2019). Media Berbentuk Katalog PT. Polymindo Permata Kota Tangerang Penunjang Informasi dan Promosi. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 5(1), 15-21.
  7. Budiarto, M., & Bella, U. (2018). Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 217-227.
  8. Damayanti, F., Asih, M. S., & Rahman, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Vidio Menggunakan Adobe Premier Dan Adobe Affter Effects di SMK Telkom Sandhy Shandy Putra. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 46-49.
  9. Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi terhadap keputusan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 130-146.
  10. Espinosa-Curiel, I. E., Pozas-Bogarin, E. E., Lozano-Salas, J. L., Martínez-Miranda, J., Delgado-Pérez, E. E., & Estrada-Zamarron, L. S. (2020). Nutritional education and promotion of healthy eating behaviors among Mexican children through video games: design and pilot test of FoodRateMaster. JMIR Serious Games, 8(2), e16431.
  11. Fajrin, S. N., Agustiyawan, A., Purnamadyawati, P., & Mahayati, D. S. (2021). Literature review: hubungan koordinasi terhadap keterampilan menggiring bola pada pemain sepak bola. Indonesian Journal of Physiotherapy, 1(1), 6-12.
  12. Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 52-60.
  13. Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330-6338.
  14. Hasnarika, H. (2022). PEMBERDAYAAN TAMAN WISATA GUDEM BEE FARM MELALUI BROSUR DAN VIDEO PROMOSI. Journal of Maritime Empowerment, 5(1), 12-17.
  15. Hidayah, A. N. N., & Supriyono, H. (2019). Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Rumah Makan Berbasis Website. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 4(2).
  16. Honisch, Eric. Robert J. Harrington and Michael C. Ottenbacher. 2019. “Crowdfunding: Preparation Considerations and Success Factors for The German Restaurant Sector”. Francis: Heilbron University. International Journal of Hospitality and Tourism Administration. ISSN: 1525-6480.Vol. 20, No. 2:182-205.
  17. Ikhsan, N., & Ramadhani, S. (2020). Sistem informasi administrasi surat menyurat kantor wilayah kementerian agama Provinsi Riau. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 2(2), 141-151.
  18. Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia interaktif untuk mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 17-32.
  19. Latiar, H. (2018). Preservasi Naskah Kuno Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Bangsa. Al-Kuttab: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(1), 67-84.
  20. Limantoro, R. R., & Kristiadi, D. P. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Green Folder Menggunakan Metode Berorientasi Objek Dan UML Berbasis Web Pada TK Harvest Christian School. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi (SINTEK), 1(1), 7-14.
  21. Majidah, M., Hasfera, D., & Fadli, M. F. M. (2019). Penggunaan Warna dalam Disain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 95-106.
  22. Manu, G. A., & Fallo, D. (2019). Implementasi Google My Business (GMB) dalam Promosi Pariwisata di Kota Kupang dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(2), 8-15.
  23. Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173-179.
  24. Meutia, K. I., Hadita, H., & Widjarnarko, W. (2021). Dampak brand image dan harga terhadap keputusan pembelian produk miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(2), 75-87.
  25. Prabowo. Dwi. (2019). “DATA DAN INFORMASI DAN PROFESI DI BIDANG INFORMASI.” FAKULTAS KOMPUTER INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA
  26. Prastiyanti, D. P., & Yulianto, Y. (2019). Media Promosi Pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(2), 174-184.
  27. Prastomo, A. (2020). Implementasi Sistem Ujian Online Berbasis Android: Studi Kasus Smp Yamad Bekasi. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 4(3), 265-272.
  28. Pratama, M. R. A., & Sastradipraja, C. K. (2022). PEMBUATAN VIDEO DOKUMENTASI MULTIMEDIA KANTOR DPRD KABUPATEN BANDUNG BARAT MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE PREMIERE PRO. JITS (Journal of Information Technology Student), 1(2), 42-45.
  29. Pratiwi, K. N. K., Suryana, J., & Witari, N. N. S. (2020). PERANCANGAN VIDEO PROMOSI PERAHU WISATA DI PANTAI PENIMBANGAN, SINGARAJA, BALI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 10(2), 103-112.
  30. Priyamana, K. A. K., Kadarisman, A., & Soedewi, S. (2021). Perancangan Buku Jurnal Interaktif Sebagai Pedoman Dalam Program Plant-based Diet Guna Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2 Di Bandung. eProceedings of Art & Design, 8(6).
  31. Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
  32. Putra, G. L. A. K. (2019, February). Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube. In SENADA (Seminar nasional manajemen, desain dan aplikasi bisnis teknologi) (Vol. 2, pp. 259-265).
  33. Rais, N. S. R., Purba, E. H., & Isnaini, S. M. (2018). Video Promosi pada Fave Hotel LTC Glodok Jakarta sebagai Penunjang Informasi. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 262-274.
  34. Romla, S., & Ratnawati, A. (2018). Keputusan Pembelian E-Commerce Melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 59-70.
  35. Sanni, M. I., Widada, S., & Ramadhan, A. Video Promosi Program Kelas Khusus Berbasis Motion Graphic Pada Universitas Raharja.
  36. Saputera, S. A., & Yunita, E. (2019). Desain Sistem Edutaiment Berbasis Web di Sekolah Menengah Atas. JSAI J. Sci. Appl. Informatics, 2(2), 177-184.
  37. Sari, N. L. P. D. Y., & Rekawati, E. (2019). Manfaat Aromassage untuk Lansia dengan Hipertensi: A Literature Review. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 10(2), 93-98.
  38. Sukrianto, D., & Agustina, S. (2018). PEMANFAATAN SMS GATEWAY PADA SISTEM INFORMASI ABSENSI SISWA DI SMAN 12 PEKANBARU BERBASIS WEB. Jurnal Intra Tech, 2(2), 78-90.
  39. Sunarya, L., Ayudita, N. E., & Prabawa, S. A. Video Promosi Jurusan Sistem Informasi Berbasis Motion Graphic Pada STMIK Raharja Tangerang. Journal Sensi, 4(1), 35-45.
  40. Sunarya, L., Maimunah, M., & Budiyanto, K. Video Promosi Beasiswa Student Get Student Pada Universitas Raharja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 6(1), 90-99.
  41. Sunarya, L., Maimunah, M., & Budiyanto, K. Video Promosi Beasiswa Student Get Student Pada Universitas Raharja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 6(1), 90-99.
  42. Sunarya, L., Purbayani, A. D., & Handayani, N. (2021). Media Video Promosi Pada Roofpark Cafe & Restaurant Pucak Bogor Jawa Barat. TMJ (Technomedia Journal) Vol, 5, 220.
  43. Sunarya, L., Septiani, M. I., & Setiawan, A. (2022). Media Video Sebagai Sarana Informasi Pada Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia. Technomedia Journal, 7(1 Juni), 53-67.
  44. Sunarya, L., Septiani, M. I., & Setiawan, A. (2022). Media Video Sebagai Sarana Informasi Pada Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia. Technomedia Journal, 7(1 Juni), 53-67.
  45. Sunarya, L., Sunarya, P. A., Fajar, A. A., & Abdillah, M. F. (2021). Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Days Hotel & Suites Tangerang. Technomedia Journal, 6(1 Agustus), 66-81.
  46. Sunarya¹, P. A., Febriani, F. A., & Wardana, F. B. Video Promosi Saung Makan Jagarawa Kota Tangerang.
  47. Suriono, Z. (2021). Analisis SWOT dalam identifikasi mutu pendidikan. ALACRITY: Journal of Education, 94-103.
  48. Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 83-88.
  49. Thejahanjaya, D., & Yulianto, Y. H. (2022). Penerapan Psikologi Warna Dalam Color Grading Untuk Menyampaikan Tujuan Dibalik Foto. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 9.
  50. Triyono, T., Safitri, R., & Gunawan, T. (2018). Perancangan Sistem Informasi Absensi Guru Dan Staff Pada Smk Pancakarya Tangerang Berbasis Web. Journal Sensi, 4(2), 153-167.
  51. Wenda, Y. (2020). “Analisis Swot Sumber Daya Manusia Kristen di Papua”. Papua: Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Sentani.
  52. Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
  53. Wijayanti, N. S., Sutirman, S., Purwanto, P., Hanafi, M., & Rusdiyanto, W. (2018). Analisis Kebutuhan Keterampilan Desain Grafis Perkantoran Bagi Mahasiswa D3 Sekretari UNY. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 1-8.
  54. Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.
  55. Yulianjani, A., Martono, A., & Apriyani, D. (2019). Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Innovative Creative and Information Technology, 5(1), 77-93.




Contributors

Admin, Marizafadilla