SI1721498542

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


MEDIA KOMUNIKASI VISUAL BERBENTUK MAJALAH SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI PADA KECAMATAN KELAPA DUA

KABUPATEN TANGERANG



SKRIPSI




NIM
: 1721498542
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021





ABSTRAKSI

Kecamatan Kelapa Dua merupakan salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat dan tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam menyebarluaskan informasi, serta membangun kepercayaan publik guna menjaga citra dan reputasi pemerintah. Dalam penyebaran informasinya, Kecamatan Kelapa Dua sudah menggunakan beberapa media informasi seperti website, sosial media dan videotron. Akan tetapi, pada media informasi tersebut dinilai kurang efisien untuk digunakan dan juga kurang menarik perhatian masyarakat sehingga dibutuhkan media komunikasi visual seperti majalah untuk membantu Kecamatan Kelapa Dua dalam menginformasikan kegiatan-kegiatan sosialisasinya kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu Kecamatan Kelapa Dua dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat luas khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Kelapa Dua. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka, perancangan media dengan menggunakan software Adobe Illustrator CS6 dan Adobe Photoshop CS6 serta konsep desain. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan media komunikasi visual berupa majalah. Melalui perancangan media komunikasi visual ini, diharapkan dapat membantu Kecamatan Kelapa Dua dalam penyampaian informasi dengan konsep desain yang menarik sehingga mampu menarik minat masyarakat luas khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Kelapa Dua.

Kata Kunci : Informasi, Pemerintah Kecamatan Kelapa Dua, Majalah


ABSTRACT

Kelapa Dua District is one of the government agencies engaged in community services and has a very important role in disseminating information as well as building public trust to maintain the image and reputation of the government. In disseminating information, Kelapa Dua District has used several information medias such as websites, social media and videotron. However, those information medias are considered less efficient to use and also do not attract public attention, so other visual communication media such as magazines are needed to help Kelapa Dua District in informing its socialization activities to the community. The purpose of this study is to assist Kelapa Dua District in disseminating information to the wider community, especially the people in the Kelapa Dua District. The research method used are data collection by means of observation, interviews and literature study; media design using Adobe Illustrator CS6 and Adobe Photoshop CS6 software and design concepts. The result of this research is the design of visual communication media in the form of magazines. Through the design of this visual communication media, it is hoped that it can help Kelapa Dua District in delivering information with attractive design concepts, so it can attract the interest if wider community, especially people in Kelapa Dua District.

Keywords: Information, Kelapa Dua District Government, Magazine




DAFTAR PUSTAKA

  1. Ahmad, I. (2020). Spanduk dan Stiker sebagai Media Komunikasi untuk Melaporkan Peristiwa Kependudukan. Jurnal ilmu komunikasi. Vol. 9, No. 1: 28-39.
  2. Andriyan, W., Sindiawati, S., & Kurnia, G. P. (2020). Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang. BINA INSANI ICT JOURNAL. p-ISSN: 2355-3421 Online ISSN: 2527-9777. Vol.7 No. 1: 73-82.
  3. Andriyanto, A., Arfa, A., & Kurnia, V. (2019). Desain Majalah Penunjang Promosi dan Informasi pada AFC Indonesia. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science. ISSN: 2356-5209 Online ISSN: 2655-3058. Vol.5 No.1: 82-90.
  4. Anto, P., Andrijanto, M. S., & Akbar, T. (2017). Perancangan buku pedoman umum ejaan bahasa Indonesia sebagai media pembelajaran di sekolah. Jurnal Desain. p-ISSN:2339-0107 e-ISSN: 2339-0115. Vol. 04 No. 02: 92-99.
  5. Aprilly, H., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2020). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI BERGAMBAR DENGAN ADAPTASI DARI CERITA RAKYAT MALUKU UNTUK REMAJA. Jurnal DKV Adiwarna. Vol.1 No.16: 1-10.
  6. Ardian, Y. D., & Soepeno, B. (2019). Desain Katalog Produk Menggunakan Adobe Photoshop Cs6 Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Di Cv Bagus Agriseta Mandiri. Jurnal Aplikasi Bisnis. E-ISSN: 2407-5523 ISSN :2407-3741 Vol.4 No.2: 407-410.
  7. Aris, A., Syahnaz, C., & Ulfah, S. M. (2017). Desain Merchandise sebagai Penunjang Informasi dan Promosi SD Islam Miftahul Huda. Journal Sensi. ISSN: 2461-1409. Vol. 3 No.2: 150-159.
  8. Astriyani, E., Lukmana, A., & Irawan, A. (2016). Media Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Di PT. Surya Toto Indonesia Tbk. Kabupaten Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science. ISSN : 2356 -5209. Vol.2 No. 2: 204-215.
  9. Atika, J., Minawati, R., & Waspada, A. E. B. (2019). Iklan Layanan Masyarakat Peduli Sampah. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif. ISSN : 2615-024. Vol.3 No.2: 188-197.
  10. Dalle, J., Akrim, A., & Baharuddin, B. (2020). Pengantar Teknologi Informasi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
  11. Dzulhaq, M. I., Tullah, R., & Nugraha, P. S. (2017). Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088 – 1762. Vol.7 No.1: 1-5.
  12. Elisabeth, N., Yulika, F., & Waspada, A. E. B. (2018). Desain Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat tentang Pelecehan Seksual pada Anak di Kota Medan. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, Vol.04 No.02: 188-195.
  13. Fadli, L. H. (2019). STRATEGIC MANAGEMENT ANALISIS SWOT Pada PT. Gajah Tunggal Tbk. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. E-ISSN : 2686-5238, P-ISSN : 2686-4916. Volume 1, Issue 2: 106-114.
  14. Fatmawati, R., & Widayati, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Balon Pada Anak Kelompok Bermain. Jurnal PAUD Teratai. Vol.05 No.03: 109-113.
  15. Hasian, I. (2017). Analisis desain sampul novel karangan Ayu Utami ditinjau dari perspektif desain komunikasi visual. Jurnal Magenta, STMK Trisakti. Vol.1 No.02: 157-173.
  16. Heri. (2017). 13 Arti Warna dan Psikologi Warna, Terlengkap! (Merah, Ungu, Kuning, Hijau, Coklat, Biru dll). Diambil dari: https://salamadian.com/arti-warna/. (27 Maret 2021)
  17. Hidajat, H., & Dwiyanti, H. (2017). PERANCANGAN ILUSTRASI PADA CERITA BERGAMBAR BERJUDUL “LEGENDA GUNUNG SEMERU’. Jurnal Rupa Rupa. Vol.5 No.2: 158-172.
  18. Hilaluzzaman, M., & Koesoemadinata, M. I. P. (2018). Designing a Photobook of Historical Buildings in the City of Surabaya. Journal of Visual Communication Design. ISSN 2548-5342. Volume 3 Issue 1: 45-52.
  19. Immaniar, D., Mulyani, R., & Arnita, F. (2017). Desain Komunikasi Visual sebagai Sarana Promosi Perguruan Tinggi. Creative Communication and Innovative Technology Journal. ISSN : 1978 -8282. Vol.10 No.2: 280-289.
  20. Irfan, A., Mustikawan, A., & Kadarisman, A. (2020). Perancangan Majalah Digital Sebagai Media Edukasi & Informasi Dalam Menyikapi Berita Hoax Dan Era Post Truth. eProceedings of Art & Design. ISSN : 2355-9349. Vol.7, No.2: 1893-1900.
  21. Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran literasi teks sastra. Semantik. Vol.2 No.2: 67-86.
  22. Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). ANALISIS KARYA POSTER BERDASARKAN UNITY, LAYOUT, TIPOGRAFI, DAN WARNA. Gorga: Jurnal Seni Rupa. p-ISSN: 2301-5942 e-ISSN: 2580-2380. Vol.9 No.1: 121-126.
  23. Lee, D., Kim, D., Lee, J., Lee, S., Hwang, H., Mariappan, V., ... & Cha, J. (2017). Environment Adaptive Emergency Evacuation Route GUIDE through Digital Signage Systems. International Journal of Advanced Culture Technology (IJACT). Vol.5 No.1: 90-97.
  24. Lestari, D dan Agus Bambang Siswanto. (2018). Analisis Swot Dalam Pengembangan Real Estate. Jurnal Teknik Sipil. 8.
  25. Mandala, E. P. W. (2017). Media Promosi Universitas Dengan Teknologi Syncronized Multimedia Integration Language (Smil). PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UPI-YPTK. ISSN : 2355-9977. Vol.4, No.1: 196-206.
  26. Marginingsih, R. (2019). Analisis SWOT technology financial (fintech) terhadap industri perbankan. P-ISSN 1411-8629, E-ISSN: 2579-3314. Volume 19 No.1: 55-60
  27. Maulani, G., Janah, S. N., & Mahbubi, Y. A. (2017). Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2. Sisfotenika. Vol.7, No.1: 61-73.
  28. Meyrick, T. (2016). Typography and the branding of culture: a methodological investigation into the way typography is used to brand cultural festivals in Australia. Fusion Journal. Issue 10, pp. 249-266.
  29. Ni'mah, N. (2016). Dakwah Komunikasi Visual. Islamic Communication Journal, Vol. 01, No.01: 104-120.
  30. Oladumiye, E. B., & Ebenezer, O. (2018). Emotion and colour perception: A psychoanalytical theory of graphic design in consumer of goods. Journal of Fine and Studio Art. ISSN 2141-6524. Vol. 7(1), pp. 1-11.
  31. Pangestu, L. R., Budiwiran, M. P., & Afriwan, H. (2018). Perancangan Website Resep Makanan Tradisional Khas Minangkabau. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual. Vol.8 No.2: 1-12.
  32. Patria, A. S., & Kristiana, N. (2017). Anatomi Tataletak Majalah Liberty: Analisis Komposisi dan Sistem Grid. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2017. State University of Surabaya. (pp. 551-555).
  33. Prasetyo, G. A., Herlambang, Y., & Pambudi, T. S. (2018). Perancangan Perahu “pontoon” Berdasarkan Aspek Rupa Pada Area Perairan Wisata Situ Patenggang. eProceedings of Art & Design. ISSN : 2355-9349. Vol. 5, No.3: 3932-3943.
  34. Pratama, D., Gunarti, W., & Akbar, T. (2017). Understanding visual novel as artwork of visual communication design. Mudra Jurnal Seni Budaya. P-ISSN 0854-3461, E-ISSN 2541-0407. Volume 32 Nomor 3: 292-298.
  35. Prima, R. A., & Swasty, W. (2017). Sign System in Sport and Leisure Facility: A Study Case of Bandung Giri Gahana Golf & Resort. Journal of Visual Communication Design. ISSN 2548-5342. Volume 2 Issue 1: 10-20.
  36. Purnengsih, I. (2017). Makna dan Pesan dalam Baliho Pemilu Legislatif 2014. Jurnal Desain. p-ISSN: 2339-0107, e-ISSN: 2339-0115. Vol. 04 No.03: 231-248.
  37. Putranto, O. G. (2018). IMPLEMENTASI ELEMEN-ELEMEN DESAIN YANG DITERAPKAN PADA PERANCANGAN DESAIN FASHION REUSABLE BAG. Serat Rupa Journal of Design. Vol.2, No.2: 97-118.
  38. Putri, C. E., & Hamzah, R. E. (2018). Konvergensi Konten Majalah Popular dalam Industri Digital Media Cetak. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. 1(02), 19-28.
  39. Putri, M. A., & Logiana, A. D. (2018). PERANCANGAN KOMIK BELAJAR BAHASA JEPANG DENGAN HURUF ROMAJI UNTUK USIA 15-16 TAHUN DI SMA BUDI LUHUR KARANG TENGAH. PANTAREI. Vol. 2 No.3.
  40. Rahardja, U., Harahap, E. P., & Pratiwi, S. (2018). Pemanfaatan Mailchimp Sebagai Trend Penyebaran Informasi Pembayaran Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Technomedia Journal. E-ISSN: 2528 – 6544 P-ISSN: 2620 – 3383. Vol.2 No.2: 41-54.
  41. Raharjo, H. A., & Pribadi, J. D. (2018). DESAIN SPANDUK MENGGUNAKAN CORELDRAW SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGAKATKAN CITRA PADA SMP AN-NUR BULULAWANG MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis. E-ISSN: 2407-5523 ISSN :2407-3741. Vol.3 No.1: 293-296.
  42. Riadi, Muchlisin. (2019). Pengertian, Karakteristik dan Jenis-jenis Majalah. Diambil dari: https://www.kajianpustaka.com/2019/10/pengertian-karakteristik-dan-jenis-jenis-majalah.html. (27 Maret 2021)
  43. Shyafary, D., & Wahyuni, M. (2018). TEMPAT PENYIMPANAN PERLENGKAPAN PEMBUATAN PIN. JURNAL KREATIF: DESAIN PRODUK INDUSTRI DAN ARSITEKTUR. Vol. 5, No. 2: 72-82.
  44. Sugiarto, D., & Suhadi, S. (2019). Desain Majalah Penunjang Promosi dan Informasi pada SMK Karya Bangsa Kota Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science. ISSN: 2356-5209 Online ISSN: 2655-3058. Vol.5 No.2: 136-142.
  45. Sugihartono, T. (2018). Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni Berbasis Web. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer). Vol.7, No.1: 52-56.
  46. Sukmawati, S., & Susianto, D. (2019). Perancangan Sistem Pemesanan E-Tiket Pada Wisata Di Lampung Berbasis Web Mobil. Jurnal ONESISMIK. ISSN: 2657-0750. VOL. 2 Nomor 2: 60-71.
  47. Sunarya, L., Dermawan, O., & Amrullah, M. H. (2016). Desain Media Sign System dan Himbauan sebagai Penunjang Informasi pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Journal Sensi. ISSN: 2461-1409. Vol.2 No.1: 58-69.
  48. Sunarya, L., Nugroho, R. S., & Mujahid, M. A. (2017). Desain Majalah Sebagai Penunjang Informasi dan Promosi Pada TK Putra I Jakarta. JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. ISSN:2252-6102. Vol.5 No.2: 115-123.
  49. Sunarya, L., Sari, K., Wahyu, D., & Sahara, P. W. (2016). Perancangan Media Iklan sebagai Penunjang Informasi dan Promosi pada Hotel Sitamiang 2 Bogor. Innovative Creative and Information Technology. ISSN:2356-5195. Vol. 2 No.1: 15-28.
  50. Sunarya, Lusyani. (2016). Diktat Matakuliah Desain Karakter and Modelling. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
  51. Sunarya, P. A., & Anisah, L. (2018). Desain Komunikasi Visual sebagai Media Informasi pada Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta. Journal Cerita. ISSN : 2461-1417. Vol.4 No.1: 76-85.
  52. Susanti, M. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Pasar Minggu Jakarta. Jurnal informatika. ISSN: 2355-6579.Vol.III No.1: 91-99.
  53. Syafarina, G. A., & Setiawan, A. (2019). Perancangan Aplikasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Untuk Meningkatkan Pencapaian Pembelajaran bagi Dosen. Technologia: Jurnal Ilmiah. Vol. 10, No. 4: 202-206.
  54. Triwardani, R., & Ardhanariswari, K. A. (2016). Perancangan Promosi Desa Budaya Banjarharjo, Kalibawang, Kulonprogo melalui Desain Komunikasi Visual. Nirmana. ISSN 0215-0905. Vol.16, No.1: 40-49.
  55. Wahyuni, S., Miftahurrachmah, A., & Purwa, E. N. (2017). Media Company Profile sebagai Penunjang Informasi dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran pada Hotel Narita Tangerang. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1: 1-3.
  56. Wibawa, J. C., & Julianto, F. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Kepegawaian (Studi Kasus: PT Dekatama Centra). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. e-ISSN : 2443-2229. Volume 2 Nomor 2: 173-185.
  57. Wibowo, E., Romika, D. P., & Ryana, M. C. (2017). PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMA CITRA ISLAMI TANGERANG. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE. ISSN : 2302-3805. Vol.5, No.1.
  58. Wirawan, I. G. N., & Nuriarta, I. W. (2018). Elemen Desain Komunikasi Visual Dalam Merchandise Iklan Politik Pasangan Dharmanegara Pada Pilkada Kota Denpasar 2014. Segara Widya: Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Institut Seni Indonesia Denpasar. ISSN:2354-7154. Volume 6, No 1. p 16-27.
  59. Wulandari, E. (2018). Visual Media To Campaign The Sexual Health For Teenagers (Study Case Using Visual Media To Inform Health Reproduction For Teenager In Solo). In 3rd International Conference on Creative Media, Design and Technology (REKA 2018). Atlantis Press. pp. 309-311.
  60. Zuliansyah, Y., & Jatisidi, A. (2018). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI “MENGENAL GAJAH SUMATERA” SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN. PANTAREI. Vol.2 No.3.

Contributors

Admin, Desiyanas