SI1721497538

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN MEDIA VIDEO BLENDED LEARNING UNTUK MENUNJANG

MATA PELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SMKS

DARUL ISHLAH KABUPATEN TANGERANG


SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1721497538
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021





ABSTRAK

Pada masa pandemi covid-19 ini siswa/siswi membutuhkan sarana yang dapat dijadikan daya tarik dalam kegiatan belajar mengajar daring (online). Proses pembelajaran yang efektif dan menarik menjadikan materi yang disampaikan oleh Guru dapat dengan mudah diterima dan dipahami dengan baik. SMKS Darul Ishlah Kabupaten Tangerang merupakan salah satu sekolah swasta yang berada di Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten. Permasalahannya yaitu, metode blended learning yang sudah dijalankan sebelumnya, hanya terdapat pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Jurusan Farmasi saja, sedangkan pada Jurusan Multimedia saat ini belum menerapkan metode blended learning dengan maksimal, media sebelumnya hanya menggunakan google classroom untuk pemberian materi berupa slide power point dan tugas, serta whatsapp group untuk pemberitahuan informasi, terkadang tidak semua siswa/i memperhatikan dan memahami materi yang Guru berikan, karena pemahaman materi yang dipelajari setiap siswa/i berbeda-beda. Tujuan dari Penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa/i pada pelajaran multimedia interaktif. Manfaatnya yaitu, agar siswa/i dapat memahami dengan jelas, materi yang akan disampaikan oleh Guru. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data, analisis SWOT, perancangan media dengan Adobe Premiere Pro CC 2017, Adobe Audition CC 2017, Adobe After Effect CC 2017 dan Adobe Media Encoder CC 2017 dan Konsep Produksi Media. Hasil penelitian ini berupa media video blended learning untuk menunjang mata pelajaran Multimedia Interaktif pada SMKS Darul Ishlah Kabupaten Tangerang. Melalui media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi minat belajar siswa/i agar nantinya lebih kreatif dan inovatif.

Kata Kunci : Video, Blended Learning, Multimedia Interaktif.

ABSTRACT

During the Covid-19 pandemic, students needed a means that could be used as an attraction in online teaching and learning activities. An effective and attractive learning process makes the material presented by the teacher easily accepted and understood well. Darul Ishlah SMKS Tangerang Regency is a private school located in Jayanti, Tangerang Regency, Banten. The problem is that the blended learning method that has been implemented before is only available in the Light Vehicle Engineering Department (TKR) and the Pharmacy Department, while the Multimedia Department has not yet implemented the blended learning method maximally, the previous media only used google classroom to provide material in the form of power point slides and assignments, as well as whatsapp groups for information notifications, sometimes not all students pay attention and understand the material the teacher provides, because the understanding of the material being studied by each student is different. The purpose of this study was to increase students' motivation and understanding in interactive multimedia lessons. The benefit is that students can understand clearly the material that will be delivered by the teacher. The research method used is data collection, SWOT analysis, media design with Adobe Premiere Pro CC 2017, Adobe Audition CC 2017, Adobe After Effects CC 2017 and Adobe Media Encoder CC 2017 and Media Production Concepts. The results of this research are in the form of blended learning video media to support Interactive Multimedia subjects at Darul Ishlah Senior High School, Tangerang Regency. Through this learning media, it is hoped that it can increase the motivation of students' interest in learning so that later they will be more creative and innovative.

Keywords : Video, Blended Learning, Interactive Multimedia.



Daftar Pustaka

  1. Adi, Sapto and Abi Fajar Fathoni. 2020. Blended Learning Analysis for Sports Schools in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM). eISSN: 1865-7923. Vol. 14, No.12.
  2. Anggraeni, Elisabet Yunaeti dan Rita Irviani. 2017. Pengantar sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.
  3. Anggraini S, Lia dan Kirana Nathalia. 2016. Desain KomunikasiVisual : Dasar-dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung : Nuansa Cendekia.
  4. Anto, Puji. M. Sjafei Andrijanto dan Taufiq Akbar. 2017. Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Ejaan di Sekolah. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Desain. ISSN: 2339-0107. Vol. 4, No. 2: 97.
  5. Arif, Muhammad. 2016. Bahan Ajar Teknik Industri, Cet-1. Yogyakarta: DeEpublish.
  6. Arifianto, Endra Yuafanedi. 2017. Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dengan Pendekatan Pola Komunikasi Efektif Dalam Mewujudkan Konsep Malang Smart City. Malang: Universitas Brawijaya. Jurnal Komunikasi Global. Vol. 6, No. 2: 177.
  7. Asmara, Rini. 2016. Sistem Informasi Pengolahan Data Penanggulangan Bencana Pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman. Padang: AMIK Jayanusa. Jurnal J-Click. ISSN : 2355-7958. Vol. 3, No. 2: 82.
  8. Asmawati, Ari. Anita Restuintina dan Ina Shafa Marwah. 2019. Desain Promosi Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal. Tangerang: Universitas Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356-5209. Vol. 5, No. 2: 172.
  9. Azmi, Rahmi Anita. Hasan Maksum dan Kasman Rukun. 2020. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Padang : Universitas Negeri Padang. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. p-ISSN : 1858-4543 e-ISSN : 2615-6091. Vol. 4, No. 2.
  10. Baggur, Maria Dissriany Vista. Robinson Situmorang dan Rusmono. 2018. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan. ISSN: 2620-3081. Vol. 20, No. 2: 155-156.
  11. Batubara, Hamdan Husein dan Dessy Noor Ariani. 2016. Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan MAB. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. ISSN: 2476-9703. Vol. 2, No. 1: 49.
  12. Bentelu, Alan Stevenres. Oktavian Lantang dan Steven Sentinuwo. 2016. Animasi 3 Dimensi Pencegah Cyber Crime (Studi Kasus : Kota Ambon). Manado : Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika. p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131.Vol. 8, No. 1: 4.
  13. Budianto, Ari. Audra Theo Kusma. Caesario. Nafis Sirin Wasiska dan Syifa Anggraeni. 2018. Studi Pengaruh Warna Interior Ruang Rawat Inap Terhadap Tingkat Stress Pasien (Studi Kasus RSIA di Surabaya). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November. Journal Desain Interior. ISSN: 2549-2853. Vol. 3, No.2: 60-61.
  14. Budiyono. 2020. Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Pontianak : IAIN Pontianak. Jurnal Kependidikan. e-ISSN: 2442-7667. Vol. 6, No. 2.
  15. Busyaeri, Akhmad. A. Zaenuddin dan Tamsik Udin. 2016. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di Min Kroya Cirebon. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. ISSN: 2337-7461. Vol. 3 No. 1: 123.
  16. Dzulhaq, M. Iqbal. Putra Satia Nugraha dan Rahmat Tullah. 2017. Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Kurikulum 2013. Tangerang: STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN: 2088-1762. Vol. 7 No. 1: 1.
  17. Fajri dan Reni Nuraeni. 2017. Stragety Programming Pada Program Musik Metal di OZ Radio Bandung. Bandung: Universitas Telkom. eProceeding of Management. ISSN: 2355-9357. Vol, 4. No. 1: 1090.
  18. Haile, Meaza and Jiri Krupka. 2016. Fuzzy Evaluation of Swot Analysis. IJSCM International Journal of Supply Chain Management. SSN:2050-7399 (online), 2051-3771 (print). Vol. 5, No. 3: 172.
  19. Hanafri, Muhammad Iqbal. Arip Hidayat dan Siti Maisaroh Mustafa. 2017. Proses Perakitan Trafo Dengan Menggunakan Animasi Multimedia. Banten: STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN: 2088 – 1762. Vol. 7, No. 1: 10.
  20. Hanafri, Muhammad Iqbal. Imam Luthfiudin dan Triyono. 2018. Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Semarang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN: 2088 – 1762. Vol. 8, No. 1 : 82.
  21. Hardianti dan Wahyu Kurniati Asri. 2017. Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. ISSN: 2579-4574. Vol, 1. No. 2: 126.
  22. Haren, Salma Monica. 2020. Model Manajemen Produksi Film Pendek Cerita Masa Tua. Yogyakarta:Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Audiens. ISSN: 2722-4856. Vol. 1, No. 1: 111.
  23. Henatisya. Achmad Herman dan Andi Akifah. 2016. Penerapan Bahasa Jurnalistik dalam Penulisan Naskah Siaran Berita Sulteng Faktual di LPP TVRI Sulteng. Palu: Fakultas Ilmu dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Jurnal Ilmu Komunikasi. ISSN: 2541-2841. Vol. 4, No. 1: 158.
  24. Hendratman, Hendi. 2017. Computer Graphic Design: Warna Layout Teks Logo Ilustrasi Efek Produksi WPAP. Jakarta: Informatika.
  25. Hidayat, Wahyu, Fauzi Maafuf, dan Saeful Bahari. 2016. Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Penunjang Promosi dan Informasi di Pt. Wans Desain Group. Tangerang: Universitas Raharja. Journal CERITA : Creative Education of Research in Information Technology and Artificial Informatics. ISSN: 2461-1417. Vol. 2. No.1: 36.
  26. Hieronimus. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Inspirator Lingkungan Sekolah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sano Nggoang, Manggarai Barat. NTT : SMP Negeri 1 Sano Nggoang. JIME. ISSN 2442-9511. Vol. 3, No. 1: 3.
  27. Husda, Nur Elfi dan Yvonne Wangdra B. 2016. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Baduose Media.
  28. Indriyanti, Nurma Yunita. Dyah Muawiyah and Sri Yamtinah. 2020. An Inquiry into Students’ Metacognition and Learning Achievement in a Blended Learning Design. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET). eISSN: 1863-0383. Vol. 15. No. 21.
  29. Kamhar, Muhammad Yusi, dan Erma Lestari. 2019. Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Malang : Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan. p-ISSN: 2656-8675. Vol. 1. No. 2.
  30. Kardewa, Muhammad Daru dan Arta Uly Siahaan. 2017. Film Dokumenter Budaya Betawi Ondel-ondel di Negeri Silancang Kuning Berdasarkan Sinematografi Teknik Pengambilan Gambar. Batam : Politeknik Negeri Batam. Journal Integrasi. e-ISSN : 2548-9828. Vol. 9 No.1 : 29.
  31. Kurniawati, Inung Diah dan Sekreningsih Nita. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Madium: Universitas PGRI Madiun. Journal of Computer and Information Technology. E-ISSN: 2579-5317. Vol, 1, No. 2:70.
  32. Laiyusa, Eny. M. Rufi’i dan Yoso Wiyarno. 2020. Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas X SMK. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana. Educatif : Journal of Education Research. ISSN: 2686-2077. Vol. 2, No. 4.
  33. Maulana, Hata dan Dhea Zarassita. 2017. Pembuatan Brand Mark dan Motion Graphic Logo pada Rebranding Project PT. Astra Graphia Information Technology. Depok: Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal Multinetics. Vol, 3. No. 2: 20.
  34. Maulana, Ilham Tri dan Restyaliza Dhini Hary. 2019. Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Diklat Instalasi LAN Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Malang : Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. EISSN: 2502-471X. Vol. 4. No. 2: 197.
  35. Maulani, Giandari. Ardi Mulyana dan Noviar Jalu Sasongko. 2016. Pengembangan Media Promosi Pariwisata Kota Tangerang Dalam Bentuk Video Digital Pada Dinas Porparekraf. Tangerang: Penguruan Tinggi Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2356-5195. Vol.2 No. 2: 218.
  36. Maulani, Giandari. Sugeng Widada dan Nabila Geysaka Amir. 2020. Media Sistem Informasi Video Profile SMA Permata Insani Menggunakan Adobe Creative Cloud. Tangerang: Universitas Raharja. Journal Sensi. ISSN: 2461-1409. Vol. 6 No. 1: 29.
  37. Mifrahi, Mustika Noor. 2019. Penerapan Blended Learning Berbasis Student Centered Learning Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomika Bagi Generasi Z. Depok: Universitas Islam Indonesia. p-ISSN: 2654-6086. Vol, 1. No. 2: 102.
  38. Nugroho, Ardhianto Cahyo. Hasan Mahfud dan Hadiyah. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia Dengan Model Talking Stick Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Sekolah Dasar. Solo: Universitas Negeri Surakarta. Jurnal Ditaktita Dwija Indria. ISSN: 2337-8786. Vol.6, No.2: 64.
  39. Pradilasari, Lia. Abdul Gani dan Ibnu Khaldun. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education). p-ISSN: 2338-4379. Vol. 7, No.1.
  40. Prastowo, Andi. 2018. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok : Prenamedia Group.
  41. Rasmitadila, Widyasari and Megan Asri Humaira. 2020. Using Blended Learning Approach (BLA) in Inclusive Education Course: A Study Investigating Teacher Students’ Perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET). eISSN: 1863-0383. Vol. 15 No.1.
  42. Retnasari, Tri. 2017. Analisis Penerapan Standart Operational Procedure (SOP) Dalam Pelayanan Kesehatan Berbasis IT Menggunakan Analisa SWOT. Jakarta: STMIK Nusamandiri Jakarta. Jurnal Perspektif. Vol. 12, No. 2: 130-131.
  43. Sari, Hesty Puspita Retno Muhartini. 2017. Sistem Aplikasi Pengolahan Nilai Raport SDN Tanjunganom 2 Kecamatan Tanjunganom Nganjuk. Blitar: Universitas Islam Balitar. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol. 11, No. 1: 66.
  44. Selvakumar, S. P. Sivakumar and R. Daphine. 2020. Leverage of Learning Science through Blended Learning Technique. International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT). ISSN: 2249 – 8958. Vol. 9, No. 4.
  45. Sukisno dan Winda Frantika Wuni. 2017. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Tracking Acuan Quality Departemen Brushing Berbasis Web di Pt. Indotaichen Textile Industry. Tangerang : Universitas Islam Syekh-Yusuf. JUTIS Journal of Informatics Engineering. ISSN : 2252-5351. Vol.5, No.1: 44.
  46. Sumartiningsih, Maria Susila dan Yehezkiel E. Prasetyo. 2019. Literature Review: Pengaruh Cognitive Behavior Therapy terhadap Posttraumatic Stress Disorder Akibat Kekerasan pada Anak. Jakarta: STIKes. Tarumanagara. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. e-ISSN 2477-3743 p-ISSN 2541-0024. Vol, 5 No. 2: 169.
  47. Sunarya, Lusyani. Putri Apryllia dan Siti Isnaini. 2016. Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual and Broadcasting as a Media Promotion. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT. ISSN: 1978-8282. Vol. 9, No. 3: 17.
  48. Sutrisno. Mursalat Asyidiq dan Sugeng Santoso. 2018. Perancangan Sistem Pemasangan Iklan Online Pada Aplikasi E-Commerce (EGemanusa) Menggunakan Metode Restful Api dan Framework Laravel. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT. E-ISSN : 2622 – 6391. Vol. 2, No. 2 : 122.
  49. Tarigan, Darmawaty dan Sahat Siagian. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Medan: Universitas Negeri Medan. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan. p-ISSn: 2355-4983; e-ISSN: 2407-7488. Vol, 2 No. 2: 190.
  50. Tim Sigma. 2016. Top Book. Jakarta : PT Grasindo. Triyono. Hendi Setiawan dan Kemal Salahuddin. 2016. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda. Tangerang. Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT. ISSN: 1978 -8282. Vol. 10 No.1: 101.
  51. Wahyudi, Subandi dan M. Isnaeni Agus Robbi. 2017. Visualisasi Masjid Agung Rangkasbitung Berbasis 3D Dengan Menggunakan Google Sketchup & After Effect. Serang : Universitas Serang Raya. Jurnal PROSISKO (Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer). ISSN: 2406-7733. Vol 2, No. 2 : 62.
  52. Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachmah dan Ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Semnasteknomedia. ISSN : 2302-3805. Vol.5, No.1: 21.
  53. Wandanaya, Anita Bawaiqki. Erick Febriyanto dan Devi Iswara. 2020. Perancangan Media Katalog Sebagai Penunjang Promosi Dan Informasi Pada PT. Citra Surya Selaras. Tangerang: Universitas Raharja Journal MAVIB. ISSN: 2723-1992. Vol, 1. No. 1:59.
  54. Wardani, Deklara Nanindya. Agus Wedi dan Anselmus J.E. Toenlioe. 2018. Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 Dengan Blended Learning. Malang: Universitas Negeri Malang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. e-ISSN: 2615-8787. Vol, 1. No. 1:138.
  55. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika dan Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media Informasi dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Yogyakarta: STMIK Amikom. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN: 2302- 3805. Vol. 5, No. 1: 64-65.
  56. Khoo Yin Yin, Khuan Wai Bing, Fatimah Salwah Abd. Hadi and Muhamad Shahbani Abu Bakar. 2020. The Effect of Video-based Collaborative Learning among Economics’ Undergraduates in Malaysia. International Journal of Advanced Science and Technology. ISSN : 2005-4238. Vol. 29, No. 6.
  57. Yudianto. Arif. 2017. Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Sukabumi: Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan. ISBN.978-602-50088-0-1. Vol, 2 No. 6: 234.

Contributors

Admin, Fdagustine