SI1721497502

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


MOTION GRAPHIC MEDIA INFORMASI EDUKASI

PENYAKIT TUBERCULOSIS (TBC) PADA

KLINIK KARAWACI MEDIKA

TANGERANG




Disusun Oleh :

NIM : 1721497502
NAMA : PUTRA RIZKY AUPAHAQ





ABSTRAKSI

Tuberculosis atau yang lebih dikenal dengan penyakit TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit ini dapat diderita oleh siapa saja baik yang muda maupun yang tua. Klinik Karawaci Medika berlokasi di daerah Karawaci Tangerang merupakan klinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk perorangan dan karyawan perusahaan dengan menyediakan pelayanan medis dasar dan / atau spesialis. Klinik Karawaci Medika sudah menangani berbagai macam penyakit salah satunya penyakit Tuberculosis (TBC). Saat ini masyarakat belum banyak mengetahui mengenai penyebaran dan akibat dari penyakit TBC sehingga masyarakat yang terkena penyakit ini tiap tahun jumlahnya terus bertambah. Penyampaian informasi TBC yang berjalan saat ini di Klinik Karawaci Medika masih menggunakan media spanduk dan brosur. Media penyampaian tersebut kurang membuat masyarakat tertarik untuk mengetahui informasi tentang TBC masyarakat hanya membaca sekilas lalu membuang brosur yang sudah diberikan oleh klinik. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dibuatlah video motion graphic tentang penyakit Tuberculosis (TBC) sehingga dapat membantu pihak Klinik Karawaci Medika dalam menyampaikan informasi mengenai penyakit TBC. Metode yang digunakan dalam pembuatan media informasi berbasis multimedia adalah, metode pengumpulan data meliputi (wawancara, observasi, studi pustaka dan analisis SWOT), perancangan media dan konsep produksi media. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat video motion graphic yang nantinya digunakan Klinik Karawaci Medika untuk mengedukasi pasien dan masyarakat luas mengenai bahaya penyakit TBC, video animasi motion graphic ini akan ditayangkan di ruang tunggu pasien Klinik Karawaci Medika. Hasil akhir berupa video informasi motion graphic edukasi kesehatan mengenai penyakit Tuberculosis (TBC).

Kata kunci : Klinik, Video, Pasien, Motion graphic, Tuberculosis (TBC)


ABSTRACT

Tuberculosis or better known as TBC is a disease caused by germs Mycobacterium Tuberculosis. This disease can be suffered by anyone both young and old. Karawaci Medika Clinic located in Karawaci Tangerang area is a clinic that provides health services for individuals and employees of the company by providing basic medical services and / or specialists. Karawaci Medika Clinic has handled various diseases, one of which is tuberculosis (TBC). Nowadays, people do not know much about the spread and consequences of tb disease so that the people affected by this disease every year the number continues to grow. The current delivery of TB information at Karawaci Medika Clinic still uses banner and brochure media. The delivery media is less interested in knowing information about tuberculosis the public only read at a glance and throw away the brochures that have been given by the clinic. Based on the existing problems, a motion graphic video about tuberculosis (TBC) was made so that it can help the Karawaci Medika Clinic in conveying information about tuberculosis disease. The methods used in the creation of multimedia-based information media are, data collection methods include (interviews, observations, literature studies and SWOT analysis), media design and media production concepts. The purpose of this research is to create a motion graphic video that will be used by Karawaci Medika Clinic to educate patients and the public about the dangers of tuberculosis disease, this animated motion graphic video will be aired in the waiting room of Patients of Karawaci Medika Clinic. The end result is a video graphic motion graphic health education about tuberculosis disease (TBC).

Keywords: Clinic, Video, Patients, Motion graphics, Tuberculosis (TBC).




DAFTAR PUSTAKA

  1. Bhirawan, Risang, Sri Purnami, and Mulyani Surendra. "MODEL LATIHAN SERVIS FOREHAND TENIS MEJA UNTUK ATLET PEMULA USIA 12 TAHUN KE BAWAH." Jurnal Pendidikan Jasmani 25.1 (2016): 39-47.
  2. Crane, Diana. Kawashima, Nobuko, Kawasaki and Ken’ichi. 2016. Global Culture : Media, Arts, Policy, and Globalization. New York : Routledge.
  3. Barus, Ulian dan Suratno. 2016. Pemanfaatan Candi Bahal sebagai Media Pembelajaran Alam Terbuka dalam Proses Belajar Mengajar. Medan : Perdana Mitra Handalan.
  4. Triyono. Rosiana Safitri dan Taufik Gunawan. 2018. Perancangan Sistem Informasi Absensi Guru dan Siswa Pada SMK Pancakarya Tangerang Berbasis Web. Tangerang STMIK Raharja. Jurnal SENSI. Vol.4 No.2.
  5. Florencia, Claudia. Elisabeth Christine Yuwono dan Bambang Mardiono. 2016. Perancangan Buku Panduan Wisata Kuliner Khas Tarakan. Surabaya : Universitas Kristen Petra. Jurnal DKV Adiwarna. Vol.1 No.8.
  6. Harfizal. Fauzan Manafi Albar dan Muh Afiffudin. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Penyalur Dana Bantuan Siswa (BOS) Berbasis WEB. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CERITA. ISSN : 2461-1417. Vol. 3 No. 2 : 232.
  7. Martin, William J. 2017. The Global Information Society. New York : Routledge.
  8. Sophian, Sophan. "Sistem Informasi Pengolahan Data Pada Koperasi Rezeky." Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan 9.1 (2016): 48-55.
  9. Noor, M. U. (2018). Penilaian kualitas informasi sebagai bentuk sikap tabayyun ketika menerima informasi di sosial media dan internet. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 33-40.
  10. Purwanto, S. K., and Suharno Pawirosumarto. "Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap penggunaa sistem e-learning di program pascasarjana universitas mercu buana." Jurnal Manajemen 21.2 (2017): 282-305.
  11. Rahayu, Sri, Zainul Hakim, and Masitoh Masitoh. "Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Material Mentah." JURNAL SISFOTEK GLOBAL 9.1 (2019).
  12. Martono, M.,Kartika, K.,& Aullia, P.(2017). APLIKASI JENJANG SOSIAL PENDATAAN KARTU KELUARGA BERBASIS WEB. CCIT Journal, 10(2), 230-238.
  13. Savitri, Niken, and Fransiscus Xaverius Damarjati. "FOLKLOR INDONESIA SBG ASET PENDIDIKAN KARAKTER ANAK INDONESIA_KOMIK SINEMATIK MALIN KUNDANG." D'IDEA 17 (2017): 3-10.
  14. Hadi, Andik Prakasa. Efendi, Danang dan Nuryatul Wakid. 2017. Rancang Bangun Media Pembelajaran Tajwid Al Qur’an Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Jurnal Semnasteknomedia. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 8.
  15. Rafika Ageng Setiani , Tamara Dian Anggiani, dan Ananda Dian Alifah. 2018. Sistem Informasi Pembelian Barang Menggunakan Metode Value Chain.
  16. Harfizar, Khozin Yuliana dan Muh Afiffudin. 2017. Perancangan Sistem Informasi Pendataan Karyawan Pada Perusahaan Jasa Berbasis Web. Jurnal SENSI. Vol. 3 No. 2, Agustus 2017.
  17. Setiawan, Agus dan Annas Marzuki Sulaiman. 2017. Pengembangan Desain Motif Ukir untuk Aktualisasi Identitas Jepara sebagai kota Ukir. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro. Andharupa Vol. 3 No. 1 : 34.
  18. Fatmawati, Ririn dan Sri Widayati. 2016. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Balon Pada Anak Kelompok Bermain. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Jurnal PAUD Teratai. Vol. 5, No. 3: 2.
  19. Anto, P., Andrijanto, M. S., & Akbar, T. (2017). Perancangan buku pedoman umum ejaan bahasa Indonesia sebagai media pembelajaran di sekolah. Jurnal Desain, 4(02), 92-99.
  20. Amin, D. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL WARNA DENGAN METODE MENGGAMBAR. Jurnal Ilmiah Umum (JIUM), 1(1).
  21. Jala Kapas. 2017. Diambil dari http: //www.jalakapas.com/?p=51 (09 Oktober 2018)
  22. Syafi, A. G. (2018). Warna dalam islam. An-Nida', 41(1), 62-70.
  23. Turangan, A. S. J., Wibowo, W., & Febriani, R. (2016). Perancangan Buku Interaktif Belajar Baca Tulis bagi Orangtua Anak Penderita Disleksia di Surabaya. DeKaVe, 9(2), 10-27.
  24. Sinaga, R., Nadeak, S. I., & Murtopo, M. (2017). PENGARUH TYPOGRAFI BUKU PELAJARAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS IV SD NEGERI HELVETIA MEDAN. Kreator, 3(1).
  25. Anto, Puji. M. Sjafei Andrijanto dan Taufiq Akbar. 2017. Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Ejaan di Sekolah. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Desain. ISSN: 2339-0107. Vol. 4, No. 2: 97, 95.
  26. Subario, Andrew P. Arie S M Lumenta dan Meita Rumbayan. 2017. Animasi Sosialisasi Penghematan Listrik. Manado: Unversitas Sam Ratulangi. E- Journal Teknik Informatika. ISSN: 2301-8364. Vol. 12, No. 1: 4, 2.
  27. Maulani, Giandari. Citra Jessycha dan Deni Erlangga Saragih. 2018. “Video Promosi Untuk Program Acara Crazy Challenge MNC ChannelIndovision Dengan Adobe Premiere Pro”. Yogyakarta: Universitas AMIKOM. ISSN 2302-3805. Vol. 2 No. 11
  28. Akbar, Muhammad Rio. 2016. Perancangan Logo Koperasi Alumni SMA 2 Padang Ar’Rozak (Kopasmanda Ar’Rozak). Padang : Universitas Putra Indonesia. Jurnal Majalah Ilmiah Vol. 23 No. 2 : 85, 87.
  29. Ramdhani, A., Hardian, R., & Priyono, D. (2020). Analisis Rekomendasi Program Pendidikan Desain Komunikasi Visual (DKV) Berbasis Potensi Industri Kreatif Di Kota Tegal. Wacadesain, 1(1), 34-47.
  30. Gunawan, Dedi, dan Fitri Kurniawan. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Pengenalan Satwa Bagi Anak Usia Dini. Surakarta: Journal Duta.com Universitas Muhammadiyah Surakarta. Vol. 1 No. 10 : 70.
  31. Rahman, Ridwan Arif, dan Dewi Tresnawati. 2016. Pengembangan Game Edukasi Pengalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Garut : Journal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Vol. 13 No. 1 : 185.
  32. Amalia, F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII UPT SMP Negeri 2 Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).
  33. Hasanah, Uswatun. Sutardi, dan Rahmat Ramadhan. 2017. Implementasi Algoritma Arithmetic Coding Pada Kompresi File Audio Via FTP (File Transfer Protocol). Kendari: Journal Seman TIK Universitas Halu Oleo. Vol. 3 No. 2 : 81.
  34. Fiqar, Tegar Palyus. dan Tohari Ahmad. 2017. Peningkatan Kapasitas penyisipan Audio Data Hiding Berbasiskan Modifikasi Metode least Significant Digit. Indonesia: Journal JNTETI. Vol. 6 No. 3 : 316.
  35. Maimunah, Maimunah, David Ericson Manalu, and Dian Budi Kusuma. "PERANCANGAN PROTOTYPE VISUAL PADA BAGIAN DESAIN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. SULINDAFIN." SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE 5.1 (2017): 4-6.
  36. Gama, Betty, Hariyanto, dan Henny Sri Kusumawati. 2017. Radio Broadcasting Training Smansaman At Sma Negeri 1 Manyaran Wonogiri. Prosiding Implementasi Penelitian Pada Pengabdian Menuju Masyarakat Mandiri Berkemajuan. Semarang : Universitas Muhammadyah Semarang.
  37. Popo, H. A. E., Onsu, R. R., & Kalangi, J. S. (2020). PERAN PENGARAH PROGRAM ACARA “SWEET MEMORY” DALAM MENINGKATKAN MINAT DENGAR MASYARAKAT (STUDI PADA PT. RADIO SUARA MITRA 92, 8 FM RATAHAN). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(1).
  38. Sunarya, Lusyani. Rindang kusumaninggar dan Adrian Syahputra. 2017. Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang. Bali : STIKOM Bali. Eksplora Informatika. ISSN : 2460-3694. Vol. 6 No. 2 : 109.
  39. Fatoni, Ahmad dan Nofi Puspitasari. 2016. Perancangan Simulasi Pengembangan Sistem Programming Penyuluran Data Zakat.
  40. Desrianti, Dewi Immaniar dan Muhamad Ihsan Majid. 2018. Video Motion Graphic Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik dan Non-Organik pada Pemerintahan Kota Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja. SENSITEK 2018. Vol. 1, No. 1: 231.
  41. Budiarto, Mukti. Ulis Bella dan Nita Yuliania. 2018. Media Promosi dan Informasi Pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Tangerang: STMIK Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356-5209. Vol. 4 No. 2: 218, 220.
  42. Tama, Adi Kusuma Widya. Azwar Aditya Putra dan Muhammad Aziz Fikri. 2018. Video Profile Jurusan Sistem Komputer Jenjang Strata Satu Pada STMIK Raharja Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja. CERITA Journal. ISSN: 2461-1417. Vol. 4, No. 2: 103.
  43. Nasution, Muhammad Faisal Ansari. 2017. Perbedaan Pengaruh Media Gambar Dengan Media Video Terhadap Hasil Ketepatan Flick Atlet Putera Sekolah Hoki Indonesia Bangkit. Indonesia: Journal Ilmu Keolahragaan.Vol. 16 No. 1 : 24
  44. Melinda, Vannisa Aviana, I Nyoman Sudana Degeng, dan Dedi Kuswandi. 2017. Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Keraton- Kencong. Malang: Journal JINOTEP Universitas Negeri Malang. J Vol. 3 No. 2 : 161.
  45. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika, dan Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media Informasi Dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Yogyakarta: Journal Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia STMIK AMIKOM. Vol.5 No. 1 : 65.
  46. Subario, Andrew P. Arie S M Lumenta dan Meita Rumbayan. 2017. Animasi Sosialisasi Penghematan Listrik. Manado: Unversitas Sam Ratulangi. E- Journal Teknik Informatika. ISSN: 2301-8364. Vol. 12, No. 1: 4, 2.
  47. Watulingas, Riki Satria. Arie S. M. Lumenta, dan Alwin Sambul. 2017. Animasi Prosedur Pendaftaran Calon Mahasiswa baru Universitas Sam Ratulangi dengan Augmented Reality.Manado : Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika. ISSN : 2301-8364. Vol. 12 No. 1 : 2.
  48. Umam, N. C. (2016) Perancangan Motion Graphic Pengenalan Batik Gemawang Karya Khas Kabupaten Semarang. [Jurnal]. Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Yogyakarta.
  49. Anita, Ria Diajeng dan Fitri Marisa. 2017. Perancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Universitas Widyagama Malang. Malang : Universitas Widyagama Malang. Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS). ISSN : 2541-3619 e-ISSN : 2541-6448. Vol 1 No. 2 : 2.
  50. Edukasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sumber: https: //www.antotenanan.com/2020/06/apa-pengertian-edukasi-berikut-arti-edukasi-dan-penjelasannya.html . Diakses: 29 November 2020.
  51. Edukasi. Dalam Wikipedia Sumber: https:// id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan# :~:text=Pendidikan%20adalah%20pembelajaran%20pengetahuan%2C%20keterampilan,tetapi%20juga%20memungkinkan%20secara%20otodidak. Diakses: 29 November 2020.
  52. Permana, I.S., & Sumaryana, Y. (2018). SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT KULIT DENGAN METODE FORWARD CHAINING. STMIK DCI, Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika vol 1, No 1, E-ISSN: 2613-9146 P-ISSN: 2613-9138 Sumber: http:// jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumantaka/article/view/300 . Diakses: 29 November 2020. Jurnal
  53. Kuswiyanto (2018). Virologi, Pusat pendidikan sumber daya manusia kesehatan, Jurnal Bahan Ajar Teknologi Laboratorium Medik, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses: 06 Desember 2020. Jurnal
  54. Iwan, D. Ambo, Heriansyah, P. Imran (2019). GAMBARAN MOTIVASI KELUARGA DALAM PENCEGAHAN PENULARAN TUBERKULOSIS PARU DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SINJAI, Makassar : Politeknik Kesehatan Makassar, Jurnal Media Keperawatan vol 10, No 1, E-ISSN : 2622-0148, P-ISSN : 2087-0035 Sumber: http: //journal.poltekkes-mks.ac.id/ojs2/index.php/mediakeperawatan/article/download/110/pdf . Diakses: 29 November 2020. Jurnal
  55. Dedi, Triono, Mei Nur Rakhmawati (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Klinik Berbasis Web di Poliklinik PT Kumatex, STMIK Bina Sarana Global, Jurnal SISFOTEK Global vol 8, No 1, ISSN : 2088 – 1762 Sumber; https: //journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/download/165/174 . Diakses: 30 November 2020. Jurnal
  56. Klinik. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sumber: http: //www.kbbi.web.id/klinik . Diakses: 30 November 2020.
  57. St. Paul Minn (2018). Black’s Law Dictionary, West Publishing, Co. Fifth Edition, 1979, h. 1033. University of Andalas, Jurnal Cita Hukum vol 6, No 1, P-ISSN : 2356-1440, E-ISSN : 22502-230X Sumber: http: //journal.uinjkt.ac.id/index.php/citahukum . Diakses: 5 Desember 2020. Jurnal
  58. Komalawati, Veronica (2018). Peranan Informed Consent Dalam Transaksi Terapeutik (Persetujuan Dalam Hubungan Dokter dan Pasien), Bandung: Citra Aditya Bakti, Jurnal Cita Hukum vol 6, No 1, P-ISSN : 2356-1440, E-ISSN : 22502-230X Sumber: http: //journal.uinjkt.ac.id/index.php/citahukum . Diakses: 5 Desember 2020. Jurnal
  59. Hernani (2016). Identifikasi Jenis Obat Berdasarkan Gambar Logo Pada Kemasan Menggunakan Metode Naïve Bayes, Jurnal Sisfo Vol. 06 No. 01(2016) 17–32. Sumber: http: //is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/home/detail/1633/Identifikasi-Jenis-Obat-Berdasarkan-Gambar-Logo-Pada-Kemasan-Menggunakan-Metode-Naive-Bayes . Diakses: 06 Desember 2020. Jurnal
  60. Definisi Obat. Dalam Wikipedia. Sumber: https: //id.wikipedia.org/wiki/Obat . Diakses: 06 Desember 2020.
  61. Sunarya, L., Saputra, H., & Rahmadhiani, D. (2017). PERANCANGAN VIDEO PROFILE PADA SMK ISLAMIC VILLAGE KARAWACI KABUPATEN TANGERANG. SENSI Journal, 3(2), 160-172.
  62. Permana, Rangga Saptya Mohamad, Lilis Puspitasari, and Sri Seti Indriani. "Pelatihan Post-Produksi (Audio-Visual Editing) Film Indie di Armidale English College Soreang, Bandung." Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 4.1 (2019): 19-28.
  63. Misfanny, R. C., Soeprayogi, H., Zulkifli, Z., & Mangatas, M. EKSPERIMEN KREATIF DESAIN MOTIF HIAS GEOMETRIS PADA PAPAN BERPAKU (GEOBOARD). Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 145-151.
  64. Sunaryo dan Rusdarti. 2017. Analisis SWOT Untuk Menetapkan S trategi Bersaing Pada PT. Tarindo. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Economics Development Analysis Journal. ISSN: 2252-6965. Vol. 6, No. 1: 88.
  65. Khanifah, Umi. Aziz Fathoni dan Maria Magdalena M. 2018. Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pengerajin Mebel Limbah Kayu Dengan Analisa SWOT (Efas-Ifas) (Studi Kasus: Pengrajin Mebel Limbah Kayu Desa Kangkung, Kec. Mranggen, Kab. Demak). Semarang: Universitas Pandanaran. Journal of Management. Vol. 4, No. 4: 19-20.
  66. Yulandina, Aldilla, Condra Antoni, dan Ardiman Firmanda. 2018. Optimalisasi Unsur Live Shoot Dan Motion Graphic Untuk Promosi Digital Lembaga Paud. Batam: Journal of Digital Education, Communication, and Arts. Vol. 1 : 1
  67. Supriyadi, S. (2020). Peningkatkan Ketrampilan Menggambar Flora dengan Model Project Based Learning Menggunakan Perangkat Lunak Adobe Photosop 7.0. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 86-94.
  68. Hanafri, Muhammad Iqbal. Triono dan Imam Luthfiudin. 2018. Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Jakarta: Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN: 2088-1762. Vol. 8, No. 1: 82.
  69. Tiara, Khanna. Tuti Nurhaeni dan Ika amalia. 2016. Penerapan Viewboard GO+ Berbasis Yii Sebagai Media Monitoring Pembayaran Mahasiswa. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Technomedia Journal. ISSN: 2528 – 6544. Vol. 1, No. 1: 68.
  70. Sutrisno. Mursalat Asyidiq dan Sugeng Santoso. 2018. Perancangan Sistem Pemasangan Iklan Online Pada Aplikasi E-Commerce (E-Gemanusa) Menggunakan Metode Restful Api dan Framework Laravel. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi. ISSN: 2622 – 6391. Vol. 2 No. 2: 122.

Contributors

Admin, Putra Rizky Aupahaq