SI1721492133

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN MEDIA VIDEO BLENDED LEARNING

UNTUK MENUNJANG MATA PELAJARAN DESAIN

GRAFIS PERCETAKAN PADA SMK BINA AM

MA’MUR KABUPATEN TANGERANG



SKRIPSI




NIM
: 1721492133
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021





ABSTRAKSI

Dimasa pandemi covid-19 ini banyak kegiatan terhambat, terutama bidang Pendidikan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu proses belajar mengajar siswa agar lebih efektif. SMK Bina Am Ma’mur merupakan sekolah menengah kejuruan dengan empat program studi yaitu Multimedia, Teknik Komputer Jaringan, Broadcasting dan Tata Boga, beralamat di Jl. Raya Serang KM. 12,5 Cikupa, Tangerang, Banten 15710. Yang saat ini membutuhkan media pembelajaran seperti Blended Learning untuk mata pelajaran Desain Grafis Percetakan pada Program Studi Multimedia. Permasalahannya yaitu metode pembelajaran yang dilakukan selama pandemi covid-19 hanya menggunakan Whatsapp group, slide power point, dan aplikasi belajar online seperti Zoom Meeting dan Web Sekolah, yang dinilai kurang menarik dan kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu sekolah dan guru dalam upaya menarik minat serta meningkatkan motivasi siswa/i di masa pandemi covid-19 ini agar materi yang disampaikan dapat lebih mudah dipahami dan lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data, analisis SWOT, Perancangan Media dengan menggunakan software Clip Studio Paint EX 1.8.8, Adobe After Effect Pro CC 2020, Adobe Premiere Pro CC 2020, dan Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari Pre Production, Production, dan Post Production. Melalui perancangan media video blended learning ini sekolah, guru, dan murid sangat terbantu dalam proses belajar mengajar secara daring, dan diharapkan dapat meningkatkan citra sekolah serta daya tarik masyarakat.

Kata Kunci : Video, Blended Learning, Desain Grafis Percetakan


ABSTRACT

During the COVID-19 pandemic, many activities have been hampered, especially in the education sector. Therefore we need a learning media that can help the teaching and learning process of students to be more effective. SMK Bina Am Ma'mur is a vocational high school with four study programs, namely Multimedia, Computer Network Engineering, Broadcasting and Catering, having its address at Jl. Raya Serang KM. 12.5 Cikupa, Tangerang, Banten 15710. Which currently requires learning media such as Blended Learning for Graphic Design subjects in the Multimedia Study Program. The problem is that the learning methods carried out during the covid-19 pandemic only use Whatsapp groups, power point slides, and online learning applications such as Zoom Meetings and School Webs, which are considered less attractive and less effective. The purpose of this research is to help schools and teachers in an effort to attract interest and increase student motivation during the COVID-19 pandemic so that the material presented can be easier to understand and more effective. The research methods used are data collection, SWOT analysis, Media Design using Clip Studio Paint EX 1.8.8 software, Adobe After Effects Pro CC 2020, Adobe Premiere Pro CC 2020, and Media Production Concepts (KPM) consisting of Pre Production, Production, and Post Production. Through the design of this blended learning video media, schools, teachers, and students are greatly assisted in the online teaching and learning process, and it is hoped that it can improve the image of the school and the attractiveness of the community. .

Keywords: Video, Blended Learning, Printing Graphic Design




DAFTAR PUSTAKA

  1. Wardani, Deklara Nanindya. Anselmus J.E. Toenlioe dan Agus Wedi. 2018. “Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning”. Malang: Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. e-ISSN: 2615-8787. Vol.1 No.1: 14.
  2. Maimunah. David Ericson Manalu dan Dian Budi Kusuma, 2017. “Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin”. Tangerang: STMIK Raharja. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017. ISSN: 2302-3805. Vol.4, No.6 :38
  3. Siregar, Helmi Fauzi. Yustria Handika Siregar dan Melani. 2018. “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Kisaran: Universitas Asahan”. Jurnal Teknologi Informasi. ISSN: 2580-7927. Vol.2, No.2:113.
  4. Agustian. 2017. “Perancangan Aplikasi Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA) Berbasis Online”. Jambi: STIKOM Dinamis bangsa. Jurnal Teknik Informatika. ISSN: 1907-6738. Vol.10 No.2:4..
  5. Wulan, Rayung. Eddy Saputra dan Ahmad Haries. 2018. “Pengembangan Metode Cepat Membaca Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia Dalam Rangka Pemberantasan Buta Huruf Pada Lansia”. Jakarta: Unindra. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat ISSN 2615-4749. Vol.01. No.01:50
  6. Hasan, Hasripa. H. Asri dan Heliawaty Hamrul. 2017. “Media Pembelajaran Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan Pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Palopo Berbasis Website”. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo. Prosiding SEMANTIK. ISSN: 2580-796x. Vol.1, No.1: 87.
  7. Kusuma, Vina Vijaya dan Shella Nurkholisah. 2019. “Media Desain Berbentuk Promosi SMK Prudent School Tangerang”. Tangerang: Universitas Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356-5209. Vol.5, No. 2: 180.
  8. Valentino, Dion Eko dan Yudiansyah. 2020. “Perancangan Desain Grafis Sebagai Media Promosi Pada Novena Hotel Bandung”. Bandung: Politeknik LP3I Bandung. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. ISSN: 2355-9055. Vol. 7, No.2: 212.
  9. Streit, Aprilia Kartini dan Gratianus Aditya T. 2018. “Analisis Visual Sampul Novel “Harry Potter” Karya J.K Rowling Edisi Amerika (Original Dan 15th Anniversary Edition)”. Jakarta Utara: Universitas Bunda Mulia. Jurnal Titik Imaji. ISSN: 2620-4940. Vol. 1, No. 1: 33
  10. Kembaren, Yohana Agatha. Gamal Kartono dan Mesra. 2020. “Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, dan Warna”. Medan: Universitas Negeri Medan. Jurnal Seni Rupa. E-ISSN: 2580-2380. Vol. 9, No. 1: 123
  11. Ghifari, Asy Syifa Rahma. 2019. “Perancangan Untuk Film Animasi Pendek 2d Lontong Cap Gomeh”. Semarang: Telkom University. E-Proceeding of Art & Design. ISSN: 2355-9349. Vol.6, No.2: 777
  12. Ramli. Muhammad Taufiq Batubara dan Billy Mariza Akbar Saragih. 2018. “Perancangan Layout Dan Grafis Aplikasi Game Edukasi Tebak Gambar Berbasis Android”. Medan: Universitas Harapan Medan. Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima. E-ISSN: 2541-2019. Vol. 1. No. 1: 17.
  13. Supriyanti, Dedeh. Wahyu Hidayat dan Rekha Apriyana. 2019. “Paket Wisata Pendakian Gunung Berbasis Web Pada PT. Seven Mountain Adventure Dengan Menggunakan PHP Dan MYSQL”. Tangerang: STMIK Raharja. Journal ICIT. ISSN: 2356-5195. Online ISSN: 2654 - 8704. Vol.5, No.1: 31..
  14. Apriani, Desy. Rosdiana dan Asriyani. 2018. “Sarana Promosi dan Informasi Sebagai Video Profile SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang”. Tangerang: STMIK Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356-5209. Vol. 4. No.2 :202.
  15. Rahayu, Sri. Ai Ratna Sari dan Tri Sendra Saputra. 2018. “Analisa Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Neglasari Kota Tangerang”. Tangerang: STMIK Raharja. Journal Sensi. ISSN: 2461-1409. Vol. 4. No.1: 3.
  16. Hermawati. 2017. “Tata Kelola Model IT Governance Pada Layanan Akademik Menggunakan Framework COBIT 4.1 Pada Domain (Delivery and Support) Dan (Monitoring and Evaluation)”. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Journal CERITA. ISSN: 2461-1417. Vol.3. No.2: 250.
  17. Usman. 2018. “Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar”. Parepare: Institut Agama Islam Negeri Parepare. Jurnal Jurusan Jurnalistik. ISSN: 2460-6766. Vol.4, No. 1: 138.
  18. Zahari, Cut Latifah. 2019. “Blended Learning dan Peranannya di Perguruan Tinggi”. Medan: Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Jurnal Math Education Nusantara. ISSN: 2614-5138. Vol.2, No.1: 39.
  19. Syaparuddin dan Elihami. 2020. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pelajaran PKN di Sekolah Paket C”. Enrekang: STKIP Muhammadiyah Enrekang. Jurnal Edukasi Nonformal. ISSN: 2715-2634. Vol.1, No.1: 188.
  20. Apriansyah, Muhammad Ridwan. Kusno Adi Sambowo dan Arris Maulana. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta”. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. ISSN: 2301-8437. Vol. 9, No. 1:11.
  21. Chandra, Noviady dan A. P. Sujana. 2018. “Perancangan dan Implementasi Video Wall Berbasis Raspberry Pi Pada Majalah Dinding Elektronik (Studi Kasus: RW 03 Kampung Babakan Ciamis Bandung)”. Bandung: Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Sistem Komputer. ISSN: 2252-9039. Vol 7. No. 1: 43.
  22. Yuanta, Friendha. 2019. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar”. Surabaya: Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar. ISSN: 2685-8207. Vol 1, No. 2: 94-95.
  23. Atmojo, Ignatius Rezha dan Made Wira Aditya. 2018. “Animasi Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Dalam Mata Pelajaran Bimbingan Konseling”. Jakarta: Universitas Trisakti. Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Media. ISSN: 2548-8953. Vol.2, No.1: 223..
  24. Yasa, Gede Pasek Putra Adnyana. Kadek Ayu Satyasusmaya Narpaduhita dan Dewa Gede Purwita. 2019. ”Perancangan Film Animasi Pendek 2d Sebagai Media Kampanye Penanganan Anxiety Disorder”. Bali: STMIK STIKOM Indonesia. Jurnal Bahasa Rupa. E-ISSN 2580-9997. P-ISSN 2581-0502. Vol.2, No.2: 147.
  25. Sridadi, Tri Witjaksono. 2019. “Penerapan Metode Jigsaw Dalam Menigkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDS School Klapanunggal Bogor”. Jakarta Timur: STIT INSIDA. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah INSIDA. ISSN: 2576-8045 Vol.7 No.2: 9
  26. Trinanda, Jessica, Kasman Rukun dan Asrul Huda. 2020. Pengembangan Modul Belajar Berbasis Competency Based Training (CBT) Padda Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Jurusan Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan. Padang: Universitas Negeri Padang. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. ISSN. 1411-3414. Vol.20 No.1 : 55
  27. Martono, Dedi. Al Husain dan Devi Iswara. 2018. “Media Company Profile Berbentuk Desain Booklet Menggunakan Aplikasi Photoshop Cs5 di Pt. Citra Surya Selaras Berbasis Multimedia”. Tangerang: Universitas Raharja. SENSI Journal. ISSN: 2461-1409. Vol.4, No.2: 185
  28. Hamzah, Faisal Rudiansyah. Panji Wira Sona dan Indri Rahmawati. 2017. “Promosi dan Informasi Media Audio Visual Berbentuk Video Profile Pada SMK PGRI 11 Ciledug Kota Tangerang”. Tangerang: STMIK Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356 -5209. Vol.3, No.1: 38.
  29. Sunarya, Lusyani. Rindang Kusumaninggar dan Adrian syahputra 2017. “Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang”. Bali: STIKOM Bali. Eksplora Informatika. ISSN: 2460-3694. Vol. 6, No.2: 109.
  30. Hieronimus. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Inspirator Lingkungan Sekolah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sano Nggoang”. Manggarai Barat NTT: SMP Negeri 1 Sano Nggoang. JIME. ISSN 2442-9511. Vol.3, No.1: 3
  31. Yulianjani, Asri. Aris Martono dan Dwika Apriyani. 2019. “Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini”. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. ICIT Journal. ISSN: 2654-8704. Vol. 5, No. 1: 85.
  32. Sudaryono. Dewi Immaniar dan Karunia Suci Lestari 2018. “Infografis Validasi Kuliah Kerja Praktek Dengan Media Audio Visual”. Serang: Universitas Banten Jaya Teknik Informatika Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi ISSN:1907-1205. Vol.2, No.1: 7
  33. Tama, Adi Kusuma Widya. Azwar Aditya Putra dan Muhamad Azis Fikri. 2018. “Video Profile Jurusan Sistem Komputer Jenjang Strata Satu Pada STMIK Raharja Tangerang”. Tangerang: Universitas Raharja. CERITA Journal. ISSN: 2461-1417 Vol.4, No.2: 103.
  34. Susilawati, Iis Mei dan Muhammad Harun. 2017. ”Analisis SWOT Sebagai Dasar Strategi Branding Pada Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Cirendeu, Ciputat”. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gotong Royong. Jurnal Tarbawi. ISSN: 2442-8809. Vol.3, No. 01: 112.
  35. Anggraini, Mita Dwi. Abid Muhtarom dan Nurus Safaatillah. 2019. “Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Penjualan Dan Pendapatan Pada Ud. Yoga Putrabangkit Sambeng Lamongan”. Lamongan: Universitas Islam Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM). p-ISSN: 2502-3780. Vol.4, No.2: 967.
  36. Remetwa, Michael Gerrits Kriswanto. Yusaq Tomo Ardianto dan Nanik Sisharini. 2018. “Analisis Strategi dan Sistem Informasi Manajemen Dengan Menggunakan Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) Pada Kantor Pos Malang 65100”. Banjarmasin: STIMI Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan. e-ISSN: 2623-1077. p-ISSN: 2549-3447. Vol.2, No.1: 40.
  37. Khanifah, Umi. Aziz Fathoni dan Maria Magdalena Minarsih. 2018. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pengrajin Mebel Limbah Kayu Dengan Analisa SWOT (Efas-Ifas)”. Semarang: Universitas Pandanaran Semarang. Journal of Management. ISSN: 2502-7689. Vol. 4, No.4: 12-15.
  38. Sunarya, Lusyani. Wahyu Hidayat dan Edo Satria Winata. 2018. “Video Sosialisasi Sumur Resapan Berbasis Motion Graphic Pada Humas Pemerintahan Kota Tangerang”. Tangerang: Universitas Raharja. SENSI Journal. ISSN: 2461-1409. Vol. 4, No. 2:171.
  39. Sunarya, Lusyani, Maimunah, dan Kris Budiyanto. 2021. “Video Promosi Beasiswa Student Get Student Pada Universitas Raharja”. Universitas Raharja Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science. ISSN: 2356-5209. Vol. 6, No.1: 93, 95, 96.
  40. Yuliani, SY. Annisa Andiana Hambali dan Arrijal Mutaqin. 2020. “Developing Desktop Based Game Using Scratch Language”. Bandung: Universitas Widyatama. PalArch’s Journal of Archeology of Egyptology. ISSN: 1567-214X. Vol.17, No.10: 3617.
  41. Wahyudin. Subandi Wahyudi dan M. Isnaeni Agus Robbi. 2017. “Visualisasi Masjid Agung Rangkasbitung Berbasis 3D Dengan Menggunakan Google Sketchup & After Effect”. Serang: Universitas Serang Raya. Jurnal PROSISKO (Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer). ISSN: 2406-7733. Vol 2, No. 2: 62.
  42. Desrianti, Dewi Immaniar. Giandari Maulani dan Dana Krisdiana. 2019. Video “Profile Sebagai Media Penunjang Promosi Pada Sdk Penabur Gading Serpong”. Tangerang: Universitas Raharja. Journal CCIT. ISSN: 1978-8282. Vol. 12, No. 2: 154.
  43. Sugihartono, Tri. Dian Ardiansyah dan Muhammad Zaki. 2018. Implementasi “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni Berbasis Web”. Pangkal Pinang: STMIK Atma Luhur. Jurnal Sisfokom. ISSN: 2301-7988. Vol. 7, No. 1: 53.
  44. Sari, Ni Luh Putu Dian Yunita. 2019. “Manfaat Aromassage Untuk Lansia Dengan Hipertensi”. Surabaya: Poltekkes Kemenkes. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes. p-ISSN 2086-3098. e-ISSN 2502-7778. Vol.10, No.2: 95.
  45. Martono, Aris. Solehudin dan Fajar Januar Eka Putra. 2017. “Project Application Untuk Sistem Pemesanan Dan Pengiriman Barang Berbasis Web Pada PT. Arai Rubber Seal Indonesia”. Tangerang: STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN: 2461-1417. Vol. 3, No. 2: 164
  46. Arifin, Rita Wahyuni. Henri Septanto dan Imron Wignyowiyoto. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Dengan Model ADDIE Dalam Kegiatan Pembelajaran Blended Learning”. Bekasi: STMIK Bina Insani. Jurnal Manajemen Informasi. ISSN: 2548-3331. Vol.2, No. 2: 179-188.
  47. Suhartini, Ratna dan Sekar Asrining Puri. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Kuliah Tailoring”. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Tata Busana. ISSN: 2303-176X. Vol. 7, No. 3: 8-15.
  48. Iskandar, Henry dan Dwiki Muda Yulanto. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Untuk Meningkatkan Kompetensi Motorik Berbasis Model Blended Learning”. Medan: Universitas Negeri Medan. Journal of Mechanical Engineering Learning. ISSN: 2252-651X.Vol.9, No.2: 71-76.
  49. Nurcahyo, Widyat. Yumniati Agustina dan Adi Rizfal Efriandi. 2019. “Model Perancangan Pembelajaran Blended Mata Kuliah Keilmuan Akuntansi di ITB-AD Jakarta”. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan. ISSN: 1411-2744. Vol. 21, No.2: 179-181.
  50. Waroh, Zahrotul Ma. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Edmodo Berbasis Blended Learning Berorientasi Representasi Kimia”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Journal of International tropical Chemistry Research and Education. ISSN: 2685-144X. Vol.2 No.1: 34-41.
  51. ] Sari, Fatimah Mulya, and Achmad Yudi Wahyudin. 2019. “Undergraduate Students' Perceptions Toward Blended Learning Through Instagram In English For Business Class”. Makassar: Universitas Negeri Makassar. International Journal of Language Education. ISSN: 2548-8457. Vol.3, No. 1:64-73.
  52. Harahap, Fauziyah. Nanda Eska Anugrah Nasution dan Binari Manurung. 2019. “The Effect of Blended Learning on Student's Learning Achievement and Science Process Skills in Plant Tissue Culture Course”. Medan: Universitas Negeri Medan. International Journal of Instruction, ISSN: 1694-609X. Vol.12, No.1: 521-538.
  53. Sari, Ima Frafika. Ardiana Rahayu, Dwi Indra Apriliandri and Dwi Sulisworo. 2018. “Blended Learning: Improving Student’s Motivation in English Teaching Learning Process”. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. International Journal of Languages' Education and Teaching. ISSN: 1978-1520. Vol.6, No.1: 163-170.
  54. Hadi, Aulia Fitrul. Sitti Rizki Mulyana, Muhammad Ridwan, Irzon dan Silfia Andini. 2020. “Multimedia as a Media for Analyzing Student Learning Outcomes with The Concept of Blended Learning”. Kisaran: STMIK Royal Kisaran. Journal of International Social Sciences and Information Technology. ISSN: 2723-4509. Vol.1, No.1: 349-354.
  55. Vohle, Frank. 2017. “Social Video Learning with a Blended Learning Framework in German Soccer Trainer Education”. Hamburg: Ghostthinker GMBH. International Journal of Advanced Corporate Learning. ISSN: 1867-5565 Vol.10 No.1: 15-21.


Contributors

Admin, Muhammad Zaenudin