KP1921424668

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND

BROADCASTING PADA DINAS

KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

KABUPATEN TANGERANG



Disusun Oleh :

NIM
: 1921424668
NAMA
: Novita Sari


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND

BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2022/2023




ABSTRAKSI

Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan informasi merupakan fenomena yang terus bergerak dan melaju dengan kencang. Seiring dengan hal tersebut pemerintah harus tanggap dalam menyikapi perkembangan tersebut. Dengan keberadaan Dinas komunikasi dan Informatika di sebuah Lembaga atau Instansi pemerintah, merupakan suatu keharusan secara fungsional dan operasional dalam membuat desain tentang logo,konten,brosur dan mempunyai kegiatan dokumentasi liputan di lapangan, baik ditujukan untuk hubungan masyarakat ke dalam, maupun kepada masyarakat luar pada umumnya. Maka dari itu Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti Kuliah kerja praktek sebagai suatu program yang mengacu pada sarana pelatihan untuk memperluas wawasan pengetahuan, pengalaman, kemampuan dan keterampilan yang dapat diterapkan pada dunia kerja. Kuliah Kerja Praktek ini dilaksanakan di Dinas Komunikasi dan Informatika.Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang merupakan unsur pelaksana urusan Pemerintahan dalam bidang sosial yang menjadi kewenangan daerah. Mahasiswa melaksanakan Kuliah Kerja Praktek di Dinas Komuniikasi dan Informatika pada bagian Desain (desaign) dengan job desk antara lain, mendesain setiap kegiatan yang dilaksanakan pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, membuat desain kata pagi, desain konten media sosial untuk instagram Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang. Kuliah Kerja Praktek ini dilaksanakan selama 3 bulan, dimulai dari tanggal 15 Agustus 2022 sampai 15 November 2022. Melalui Kuliah Kerja Praktek (KKP) mahasiswa mendapatkan pengalaman yang sangat berguna di kemudian hari, dan menjadi lebih siap dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya serta meningkatkan kedisiplinan diri.

Kata Kunci: Humas, Desain Grafis, Dokumentasi,




ABSTRACT

The development of science and technology and information is a phenomenon that continues to move and accelerate. Along with this, the government must be responsive in addressing these developments. With the existence of the Communication and Informatics Service in a government institution or agency, it is a necessity functionally and operationally in making designs on logos, content, brochures and having coverage documentation activities in the field, both aimed at inward public relations, as well as to the outside community at generally. Therefore students are given the opportunity to take practical work lectures as a program that refers to training facilities to broaden their horizons of knowledge, experience, abilities and skills that can be applied to the world of work. This Practical Work Lecture is held at the Communication and Informatics Service. The Tangerang City Communication and Informatics Office is an implementing element of Government affairs in the social field which is the authority of the region. Students carry out Practical Work Lectures at the Communication and Informatics Service in the Design section (design) with job desks, including designing every activity carried out at the Tangerang City Communication and Informatics Service, making morning word designs, designing social media content for instagram the Communication and Informatics Service Tangerine City. This Practical Work Lecture is held for 3 months, starting from August 15 2022 to November 15 2022. Through Practical Work Lecture (KKP) students gain very useful experience in the future, and become better prepared in facing the real world of work and improve discipline self..

Keywords: Public relation, Design Grafis, Documentation





DAFTAR PUSTAKA

  1. Sari, I. P., Siska, S. T., & Budiman, A. (2021) Perancangan Aplikasi Pelayanan Gangguan Tv Kabel Berbasis Web Dan Sms Gateway. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), e-ISSN 2809-4069, 1(1), 20-28.
  2. Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. ikraith-informatika, e-ISSN 2654 -8054 , 4(3), 1-5.
  3. Wibowo, M., EKorohama, K. E. P, & Tadjri, I. (2017). Model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, e=ISSN 2502-4450, 6(1), 68-76.
  4. Paramita., Kabunggul, J., D., Mandailina, V., Abdillah, A., Mahsup, M., & Sirajuddin, S. (2020). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Android. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, e=ISSN 2615-1421, 3(2), 1-4.
  5. Ahmadi, D,.A.,Drajat, M. S., & Arkian, M. R. N.,(2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika, e=ISSN 2548-3749, 3(2), 145-152.
  6. Kriyantono, & R Rachmawati, F.,(2019). Evaluasi forum merdeka barat 9 sebagai wujud relasi media dengan pemerintah. Jurnal Nomosleca, e=ISSN 2541-6650, 5(1).
  7. Prabowo, A & Adam, M., (2019). Analisa Penambahan Trafo Sisip Sisi Distribusi 20 Kv Mengurangi Beban Overload Dan Jutah Tegangan Pada Trafo Bl 11 Rayon Tanah Jawa Dengan Simulasi Etab 12.6. 0. RELE (Rekayasa Elektrikal dan Energi): Jurnal Teknik Elektro, e=ISSN 2622-7002, 1(2), 62-69.
  8. Limantoro, R. R., & Kristiadi, D. P. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Green Folder Menggunakan Metode Berorientasi Objek Dan UML Berbasis Web Pada TK Harvest Christian School. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi (SINTEK), e=ISSN 2775-7544 , 1(1), 7-14.
  9. Setiawan, A., & Akrom, A. (2020). Pencapaian Media Digital dalam Penanaman Karakter Progam Studi Unggulan (Studi Kasus Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro). Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, e=ISSN 2580-7374 23(2), 92-100.
  10. Oktaviani, U. D., Kurniati, A., & Aristo, T. J. V. (2022). DIGITALISASI DONGENG NUSANTARA SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, e=ISSN 2654-7833, 8(2), 173-181.
  11. Patria, A. S. & Niagaranti, M., & (2022). PERANCANGAN SIGN SYSTEM WISATA SAWAH SUMBER GEMPONG KOTA MOJOKERTO. BARIK, e=ISSN 2747-1195 4(1), 162-174.
  12. Thejahanjaya, D., & Yulianto, Y. H. (2022). Penerapan Psikologi Warna Dalam Color Grading Untuk Menyampaikan Tujuan Dibalik Foto. Jurnal DKV Adiwarna,e=ISSN 2210-4170, 1, 9.
  13. Priyamana, K. A. K., Kadarisman, A., & Soedewi, S. (2021). Perancangan Buku Jurnal Interaktif Sebagai Pedoman Dalam Program Plant-based Diet Guna Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2 Di Bandung. eProceedings of Art & Design, e=ISSN 2355-9349, 8(6).
  14. Fitriani, A. N. (2022). Pengaruh Layout, Kelengkapan Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian:(Survei Pada Konsumen Toko Sembako Dua Putri Kab. Tasikmalaya). J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, e=ISSN 2828-5271,1(5), 567-572.
  15. Satria, R. L., & Hidayat, S. (2019). Perancangan Media Visual Untuk Anak Disabilitas Netra Low Vision. eProceedings of Art & Design,e=ISSN 2355-9349 6(3).
  16. Pandawana, I. D. G. A., & Putra, I. (2019). PERANCANGAN PENGEMBANGAN TOKOH MANIK ANGKERAN UNTUK MEDIA GAME INTERAKTIF: CERITA TERPISAHNYA JAWA DAN BALI BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, e=ISSN 2528-5211, 5(2).
  17. Wenda, D., Sumampow, I., & Tompodung, J. (2020). PERAN DINAS PENDDIKAN DAN KEBUDAYAN DALAM MENINGKATKAN MASYARAKAT “SUATU STUDI PENDIDIKAN NONFORMAL” DI KABUPATEN LANNY JAYA PROVINSI PAPUA. JURNAL EKSEKUTIF, e=ISSN 2337-5736, 2(2).
  18. Suriono, Z. (2021). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY: Journal of Education, e=ISSN 2302-9277, 94-103.
  19. Andriyan, W., Sindiawati, S., & Kurnia, G. P. (2020). Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang. BINA INSANI ICT JOURNAL, e=ISSN 2527-9777, (1), 73-82.
  20. Pratama, M. I., & Setyabudi, D. (2020). Efek Menonton Tayangan Video Ciri–Ciri Berita Hoaks Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Berita Hoaks. Interaksi Online, e=ISSN 2716-4519, 8(2), 113-123
  21. Yulianjani, A., Martono, A., & Apriyani, D. (2019). Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Innovative Creative and Information Technology, e=ISSN 2356-5395, 5(1), 77-93.
  22. Yulianjani, A., Martono, A., & Apriyani, D. (2019). Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Innovative Creative and Information Technology, e=ISSN 2356-5395, 5(1), 77-93.
  23. Aprilia, W. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika,e=ISSN 2656-0224, 2(2), 208-226.
  24. Lestari, Komang Dewi, Ketut Agustini, and Nyoma Lestari, K.D.,Agustini,K., & Sugihartini, N.(2019) Pengembangan modul ajar storyboard berbasis projeck based learning untuk siswa kelas xi multimedia di SMK TI Bali Global Singaraja. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), e-ISSN 2252-9063 ,8(2), 309-318
  25. Rahman, R. H. (2021). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman,e-ISSN 25027565, 21(01), 46-54.
  26. Saleh, A. M.,Sujoko, A., & Azzuhri, M. (2020). Perancangan Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Q-Zulal Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Innovation and Applied Technology,e-ISSN 2477-7951, 6(1), 966-978.
  27. Utoyo, A. W., Aprillia, H. D., Warbung, T., & Bonafix, N. (2021). Pelatihan Komputer Desain Grafis Dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Illustrator Kepada Politeknik Imigrasi Di Kemanggisan Jakarta. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, e-ISSN 2722-9416, 1(3), 262-269.
  28. Pamungkas, R., & Setiawan, D. (2018, November). PELATIHAN DESAIN GRAFIS UNTUK PERANGKAT DESA DALAM RANGKA PENINGKATAN SDM DI DESA SAWOJAJAR KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) e-ISSN 2685=5615 (Vol. 1, No. 1, pp. 400-408)
  29. Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, e-ISSN 1979-7796, 12(2), 12-12.
  30. Budiarto, Mukti, and Muhammad Arief. "Media Berbentuk Katalog PT. Polymindo Permata Kota Tangerang Penunjang Informasi dan Promosi." e-ISSN 2665-3058, (2019): 15-21.
  31. Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, e-ISSN 2745-4525, 2(1), 51-58.
  32. Budiarto. 2019.,Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia Banyuputih Situbondo.Banyuwangi: Sekolah Tinggi Ilmu Komputer PGRI Banyuwangi. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) E-ISSN: 2541-1977,Vol. 4No. 1.
  33. Rikah, R., & Damayanti, D. (2021). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Karang Taruna Desa Tuyuhan. SENRIABDI, e-ISSN 2806-1698, 1(1), 823-833.
  34. Helmiah, F., Nata, A., & Rohminatin, R. (2022). Membangun Skill Desain Grafis Dalam Mengahadapi Era 4.0. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, e-ISSN 2721-5008, 3(1), 129-133.
  35. Hidayat, W., Andriansyah, A., & Wulandari, R. (2018). Rancang Bangun Media Desain Katalog Penunjang Informasi dan Promosi PT Global Bangun Mandiri. Journal Cerita, e-ISSN 2461-1417, 4(1), 44-52.
  36. Razilu, Z., & Pangestu, S. (2022). Pelatihan Desain Infografis sebagai upaya Peningkatan Kreativitas Desain pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, e-ISSN 2615-1464, 6(1), 54-62.
  37. Wians, W. (2017). Application design of interactive multimedia development based motion graphic on making fashion design learning in digital format. International Journal of Scientific & Technology Research, e-ISSN 2277-8616, 6(05), 102-8.
  38. Sipayung, Y. R. (2020, December). Pelatihan Daring Desain Grafis Bagi Pengurus Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP e-ISSN 2655-6235, 2020 (Vol. 1, No. 1).
  39. Wijaya, W. P., & Sakti, H. G. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Adobe Illustrator Berbasis Tutorial Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya. TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e-ISSN 2721-9666, 2(1), 1-10.




Contributors

Novita Sari