KP1921423857

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

MULTIMEDIA AUDIO AND BROADCASTING

PADA DIVISI CONTENT CREATOR DI PT. BENTANG PRATAMA INDONESIA




Disusun Oleh :

NIM
: 1921423857
NAMA
: Intan Sri Rahayu



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2022/2023




ABSTRAK

Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dengan menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas fungsi pemasaran tradisional. Digital marketing dapat membantu pemasar menjalin hubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Penggunaan digital marketing banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan, sebagaimana yang dilakukan oleh Quantum Private. Di samping itu selain digital marketing, faktor lainnya yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah kepuasan pelanggan. Sebab untuk mempertahankan pelanggan lama maka pemasar dapat meningkatkan kepuasan.Jika pelanggan merasa puas, maka ia akan menunjukkan perilaku membeli kembali dan mendorong loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh digital marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Quantum Private. Metode penelitian menggunakan deskriptif dan verifikatif, teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 55 responden, metode pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian bahwa secara deskriptif digital marketing, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan tergolong kurang. Adapun secara verifikatif bahwa digital marketing dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan baik secara parsial maupun simultan.

Kata Kunci: Digital Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan




ABSTRACT

Digital marketing is a marketing strategy using the internet and information technology to expand traditional marketing functions. Digital marketing can help marketers build relationships with customers to increase customer loyalty. The use of digital marketing is widely used by several companies, as is done by Quantum Private. Besides that, besides digital marketing, another factor that can affect customer loyalty is customer satisfaction. Because to retain old customers, marketers can increase satisfaction. If the customer is satisfied, then he will show repurchasing behavior and encourage loyalty. This study aims to examine and analyze the effect of digital marketing and customer satisfaction on customer loyalty. Quantum Private. The research method uses descriptive and verification, data collection techniques through a questionnaire. The population and research sample were 55 respondents, the sampling method used was saturated sampling. The results showed that descriptively digital marketing, customer satisfaction, and customer loyalty were classified as lacking. As for verification, digital marketing and customer satisfaction affect customer loyalty either partially or simultaneously

Keywords: Digital Marketing, Customer Satisfaction, Customer Loyalty





DAFTAR PUSTAKA

  1. Triyono, Rosiana Safitri dan Taufik (2018). Perancangan Sistem Informasi Absensi Guru dan Siswa Pada SMK Pancakarya Tangerang Berbasis Web. Tangerang : STMIK Raharja. Jurnal SENSI. Vol.4No.2.
  2. Maimunah, Diniluigi dan Ferdiansyah, Ade. (2017). Rancang Bangun Sistem Pelayanan Data Pelanggan (Xibar) Berbasis Online. ISSN : 2302-3805.
  3. Wibowo, Edi, Dewi Popi Romika dan Mega Cut Ryana (2017). Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media Informasi dan Promosi PadaSMA Citra Islami Tangerang. Yogyakarta : STMIK AMIKOM. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805. Vol 1, No 3 : 62-65.
  4. Yaumi Muhammad (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prenadamedia Group.
  5. Supriyadi, D., Hidayat, W., & Apriyana, R. Paket Wisata Pendakian Gunung Berbasis Web Pada PT. Seven Mountain Adventure dengan Menggunakan Php dan Mysql. Innovative Creative and Information Technology, 5(1), 30-38.
  6. Budiarto, M., & Arief, M. Media Berbentuk Katalog PT. Polymindo Permata Kota Tangerang Penunjang Informasi dan Promosi. Yuka Production Kota Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CICES.ISSN : 2356-5209. Vol 2. Nol 1 : 91 - 93 Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 5(1), 15-21.
  7. Riswanto, Asti Ideliana dan Siti Kholipah M (2017). Media Iklan Menggunakan Aplikasi Adobe After Effect Guna Penunjang Informasi dan Promosi di CV. Yuka Production Kota Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CICES. ISSN : 2356-5209. Vol 3. No 1 : 14-15.
  8. Rais, N. S. R., Purba, E. H., & Isnaini, S. M. Video Promosi pada Fave Hotel LTC Glodok Jakarta sebagai Penunjang Informasi. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 262-274.
  9. Hidayat, Wahyu, Riri, Mahmuriyah, dan Sri Ndayani Ratna Safitri. (2016). Media Visual Berbentuk Katalog Produk Sebagai Media Promosi. Tangerang: STMIK Raharja. SENSI Journal. ISSN 2461-1409. Vol 2, No. 2 : 186.
  10. Yulianjani, A., Martono, A., & Apriyani, D. (2019). Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Innovative Creative and Information Technology, 5(1), 77-93.
  11. Anto, Puji. M.Sjafel Andrijanto dan Taufiq Akbar. (2017) Perancangan Buku Pendoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Ejaan di Sekolah. Jakarta Selatan : Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Desain. e ISSN 2339-0115. Vol 4. No 2 : 95 & 97.
  12. Majidah, M., Hasfera, D., & Fadli, M. F. M. (2019). Penggunaan Warna Dalam Desain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 95-106.
  13. Amin, M. N. (2021). LKP: Perancangan Infografis Perilaku Manusia dalam Media Promosi Instagram PT. Satu Persen Edukasi (Doctoraldissertation, Universitas Dinamika).
  14. Akbar, Y. A., & Yuliawan, K. (2018). Animasi Infografis Produk Asuransi Bumiputera Manokwari Menggunakan Adobe After Effect CS6. Jurnal Teknologi Dan Ilmu Komputer Prima (Jutikomp), 1(1), 5-10.
  15. Ningsih, Listina Nadhia, Ray Tri Nugroho dan I Nyoman Lingga Anjana. Produksi Program Musik Chamber Dalam Bentuk Video Dokumenter Pada PT. Mata Air Inspirasi (SWARNA FMTV). Tangerang : STIMIK Raharja Jl.Jend Sudirman No. 40, Modern Cikokol.
  16. Firdaus, M. Mirza. 2015. Motivasi Pengelola Perpustakaan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan. Sumatra Utara: Jurnal Perpustakaam dan Informasi. Vol.2 No.1.
  17. Sujana, A. P., & Chandra, N. (2018). Perancangan dan Implementasi Video Wall Berbasis Raspberry Pi pada Majalah Dinding Elektronik. Komputika:Jurnal Sistem Komputer, 7(1), 39-46.
  18. Ahmad dan Rahmi. (2017). Korelasi Motivasi Belajar Menggunakan Media Berbasis Video Dengan Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Gejala Alam Di Kelas V SD Negeri 1 Peusangan. Aceh : Universitas Almuslim Bireuen. Jurnal Pendidikan Almuslim. ISSN : 2406-7733. Vol 1 : 19.
  19. Bintoro, K. (2020). Rancang Bangun Video Profil Jurusan Teknologi Informatika Multimedia Digital D4 Dengan Metode Dokumenter Expository Dan Pendekatan Infografis Sebagai Media Informasi Serta Promosi (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
  20. Sari, E. P. (2018). Pengembangan Media Berbentuk Infografis sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika SMA Kelas X (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
  21. Arimbawa, I. P. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2018). Pengembangan SOP Berbasis Infografis Jenis–Jenis Penelitian Untuk Perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(1).
  22. Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2),113-121.
  23. Sarnan, S. (2019). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 201-212.
  24. Khaerudin, M., Warta, J., & Srisulistiowati, D. B. (2020). Manajemen Pengetahuan Salah Sebagai Satu Jalan Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Unggul Pada Tk Bina Mulia Cibitung. Journal of Informatic and Information Security, 1(2).
  25. Sunarya, L., Maimunah, M., & Budiyanto, K. Video Promosi Beasiswa Student Get Student Pada Universitas Raharja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 6(1), 90-99.
  26. Hanafri, Muhammad Iqbal, Siti Maisaroh Mustafa dan Arip Hidayat. (2017).Proses Perakitan Trafo Dengan Menggunakan Animasi Multimedia.Jurnal Sispotek Global. ISSN : 2088-1762. Vol. 7 No. 1.
  27. Sofiana, Sofa. (2017). Rancangan Bangun Dashboard Administrasi Akademik di SMK Fadilah Tangerang Selatan. Jurnal Informatika Universitas Pamulang Tangerang Selatan : Universitas Tangerang (Vol. 2, No. 1, Maret2017.
  28. Sagala, S. H., Nugraha, I., & Siskandar, R. (2020). Pembuatan Motion Graphics SOP Produksi Berita sebagai Media Promosi di PT Bintang Advis Multimedia. Jurnal Sains Indonesia, 1(3), 152-161.
  29. Atika, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Menggunakan Coreldraw X7 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Materi Dakwah Nabi Muhammad Saw Kelas IV MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
  30. Aulianti, W. D., Karim, S. A., & Riska, M. (2021). Pengembangan Game Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Android. Jurnal MediaTIK, 4(2), 27– 32.
  31. Sari, N. L. P. D. Y., & Rekawati, E. (2019). Manfaat Aromassage untuk Lansia dengan Hipertensi: A Literature Review. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes (Journal of Health Research Forikes Voice), 10(2), 93-98.




Contributors

Intansrirahayu