SI1921423733

Dari widuri
Revisi per 15 Juni 2023 12.56 oleh Marizafadilla (bicara | kontrib) (Syarat Skripsi)

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN VIDEO SEBAGAI MEDIA

PROMOSI PADA RESTORAN GUBUG MAKAN

MANG ENGKING CITRA RAYA


SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1921423733
NAMA
: Mariza Fadilla Rosmawati



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2022/2023




ABSTRAKSI

Restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya adalah salah satu restoran terkenal yang menyajikan hidangan tradisional Indonesia dengan nuansa pedesaan. Dalam upaya untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik restoran, perancangan video sebagai media promosi menjadi langkah penting. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah video promosi yang efektif untuk Restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan manajer restoran, dan menggunakan studi Pustaka. Data yang terkumpul dianalisis untuk memahami kebutuhan dan preferensi pengunjung, serta karakteristik yang membedakan Restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya dari restoran lainnya. Berdasarkan hasil analisa, maka diperlukan adanya perancangan video promosi yang lebih lengkap, menarik dan lebih update. Informasi yang akan diberikan dalam video ini diantaranya mengenai profil, pelayanan, fasilitas, keunggulan, produk makanan dan minuman beserta harga, juga testimony dari beberapa pengunjung, yang nantinya dapat diimplementasikan melalui channel youtube dan social media yang dimiliki. Melalui perancangan video ini, diharapkan dapat membantu pihak pengelola dalam menyampaikan informasi yang sangat menarik kepada calon customer yang mencari tempat makan dengan nuansa pedesaan yang nyaman dan asri di tengah perkotaan, dan mengadakan acara/event tertentu. Sehingga dapat meningkatkan jumlah customer setiap tahunnya.

Kata Kunci: Promosi, Analisis SWOT, Gubug Makan Mang Engking




ABSTRACT

Gubug Makan Mang Engking Citra Raya Restaurant is one of the well-known restaurants serving traditional Indonesian dishes with a rustic feel. In an effort to increase the visibility and attractiveness of restaurants, designing videos as promotional media is an important step. This study aims to design an effective promotional video for the Gubug Makan Mang Engking Citra Raya Restaurant. The method used in this research is data collection through observation, interviews with restaurant managers, and using library research. The collected data is analyzed to understand the needs and preferences of visitors, as well as the characteristics that distinguish Gubug Makan Mang Engking Citra Raya Restaurant from other restaurants. Based on the results of the analysis, it is necessary to design a promotional video that is more complete, interesting and more updated. The information that will be provided in this video includes profiles, services, facilities, advantages, food and beverage products and prices, as well as testimonials from several visitors, which can later be implemented through their YouTube channels and social media. Through designing this video, it is hoped that it can assist the management in conveying very interesting information to prospective customers who are looking for a place to eat with a comfortable and beautiful rural feel in the middle of an urban area, and holding certain events/events. So that it can increase the number of customers every year.

Keywords: Promotion, SWOT Analysis, Mang Engking's Makan Gubug





DAFTAR PUSTAKA

  1. Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Ikraith-informatika, 4(3), 1-5.
  2. Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 52-60.
  3. Triyono, T., Safitri, R., & Gunawan, T. (2018). Perancangan Sistem Informasi Absensi Guru Dan Staff Pada Smk Pancakarya Tangerang Berbasis Web. Journal Sensi, 4(2), 153-167.
  4. Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173-179.
  5. Saputera, S. A., & Yunita, E. (2019). Desain Sistem Edutaiment Berbasis Web di Sekolah Menengah Atas. JSAI J. Sci. Appl. Informatics, 2(2), 177-184.
  6. Majidah, M., Hasfera, D., & Fadli, M. F. M. (2019). Penggunaan Warna dalam Disain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 95-106.
  7. Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi terhadap keputusan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 130-146.
  8. Manu, G. A., & Fallo, D. (2019). Implementasi Google My Business (GMB) dalam Promosi Pariwisata di Kota Kupang dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(2), 8-15.
  9. Putra, G. L. A. K. (2019, February). Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube. In SENADA (Seminar nasional manajemen, desain dan aplikasi bisnis teknologi) (Vol. 2, pp. 259-265).
  10. Romla, S., & Ratnawati, A. (2018). Keputusan Pembelian E-Commerce Melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 59-70.
  11. Ikhsan, N., & Ramadhani, S. (2020). Sistem informasi administrasi surat menyurat kantor wilayah kementerian agama Provinsi Riau. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 2(2), 141-151.
  12. Meutia, K. I., Hadita, H., & Widjarnarko, W. (2021). Dampak brand image dan harga terhadap keputusan pembelian produk miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(2), 75-87.
  13. Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329-335.
  14. Basim, Z., & Painem, P. (2020). Implementasi Kriptografi Algoritma RC4 Dan 3DES dan Steganografi Dengan Algoritma EOF Untuk Keamanan Data Berbasis Desktop Pada SMK As-Su’udiyyah. Skanika, 3(4), 54-60.
  15. Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.
  16. Hasnarika, H. (2022). PEMBERDAYAAN TAMAN WISATA GUDEM BEE FARM MELALUI BROSUR DAN VIDEO PROMOSI. Journal of Maritime Empowerment, 5(1), 12-17.
  17. Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia interaktif untuk mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 17-32.
  18. Ardyanto, S. (2018). Peningkatan teknik servis pendek pada bulutangkis melalui media audio visual. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 4(3).
  19. Budiarto, M., & Bella, U. (2018). Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 217-227.
  20. Latiar, H. (2018). Preservasi Naskah Kuno Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Bangsa. Al-Kuttab: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(1), 67-84.
  21. Sunarya, L., Sunarya, P. A., Fajar, A. A., & Abdillah, M. F. (2021). Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Days Hotel & Suites Tangerang. Technomedia Journal, 6(1 Agustus), 66-81.
  22. Hidayah, A. N. N., & Supriyono, H. (2019). Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Rumah Makan Berbasis Website. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 4(2).
  23. Pratama, M. R. A., & Sastradipraja, C. K. (2022). PEMBUATAN VIDEO DOKUMENTASI MULTIMEDIA KANTOR DPRD KABUPATEN BANDUNG BARAT MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE PREMIERE PRO. JITS (Journal of Information Technology Student), 1(2), 42-45.
  24. Damayanti, F., Asih, M. S., & Rahman, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Vidio Menggunakan Adobe Premier Dan Adobe Affter Effects di SMK Telkom Sandhy Shandy Putra. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 46-49.
  25. Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
  26. Prastomo, A. (2020). Implementasi Sistem Ujian Online Berbasis Android: Studi Kasus Smp Yamad Bekasi. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 4(3), 265-272.
  27. Sukrianto, D., & Agustina, S. (2018). PEMANFAATAN SMS GATEWAY PADA SISTEM INFORMASI ABSENSI SISWA DI SMAN 12 PEKANBARU BERBASIS WEB. Jurnal Intra Tech, 2(2), 78-90.
  28. Sunarya, L., Purbayani, A. D., & Handayani, N. (2021). Media Video Promosi Pada Roofpark Cafe & Restaurant Pucak Bogor Jawa Barat. TMJ (Technomedia Journal) Vol, 5, 220.
  29. Sunarya¹, P. A., Febriani, F. A., & Wardana, F. B. Video Promosi Saung Makan Jagarawa Kota Tangerang.
  30. Sunarya, L., Maimunah, M., & Budiyanto, K. Video Promosi Beasiswa Student Get Student Pada Universitas Raharja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 6(1), 90-99.
  31. Rais, N. S. R., Purba, E. H., & Isnaini, S. M. (2018). Video Promosi pada Fave Hotel LTC Glodok Jakarta sebagai Penunjang Informasi. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 262-274.
  32. Espinosa-Curiel, I. E., Pozas-Bogarin, E. E., Lozano-Salas, J. L., Martínez-Miranda, J., Delgado-Pérez, E. E., & Estrada-Zamarron, L. S. (2020). Nutritional education and promotion of healthy eating behaviors among Mexican children through video games: design and pilot test of FoodRateMaster. JMIR Serious Games, 8(2), e16431.
  33. Honisch, Eric. Robert J. Harrington and Michael C. Ottenbacher. 2019. “Crowdfunding: Preparation Considerations and Success Factors for The German Restaurant Sector”. Francis: Heilbron University. International Journal of Hospitality and Tourism Administration. ISSN: 1525-6480.Vol. 20, No. 2:182-205.
  34. Sunarya, L., Ayudita, N. E., & Prabawa, S. A. Video Promosi Jurusan Sistem Informasi Berbasis Motion Graphic Pada STMIK Raharja Tangerang. Journal Sensi, 4(1), 35-45.
  35. Pratiwi, K. N. K., Suryana, J., & Witari, N. N. S. (2020). PERANCANGAN VIDEO PROMOSI PERAHU WISATA DI PANTAI PENIMBANGAN, SINGARAJA, BALI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 10(2), 103-112.
  36. Panegak, Muhammad Sulthon dan Tri Cahyo Kusumandyoko. 2021. “Perancangan Video Promosi Batik Desa Sendangduwur Kabupaten Lamongan”. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Barik. E-ISSN: 2747-1195. Vol. 2, No. 3:229-242.
  37. Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330-6338.
  38. Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 83-88.




Contributors

Admin, Marizafadilla