SI1521490413: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Sistematika Penulisan)
Baris 463: Baris 463:
 
<p style="line-height:1.5">[[#g428|Gambar 4.28. Halaman Awal Rekrutmen setelah login]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#g428|Gambar 4.28. Halaman Awal Rekrutmen setelah login]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#g429|Gambar 4.29. Tampilan Halaman Menu Pelamar]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#g429|Gambar 4.29. Tampilan Halaman Menu Pelamar]]</p>
<p style="line-height:1.5">[[#g430|Gambar 4.30. Tampilan Profil Karyawan]]</p>
+
<p style="line-height:1.5">[[#g430|Gambar 4.30. Layout Komprehensif X-Banner]]</p>
<p style="line-height:1.5">[[#g431|Gambar 4.31. Tampilan Hasil Penginputan Lowongan]]</p>
+
<p style="line-height:1.5">[[#g431|Gambar 4.31. Final Artwork Amplop]]</p>
<p style="line-height:1.5">[[#g432|Gambar 4.32. Tampilan Penginputan Lowongan]]</p>
+
<p style="line-height:1.5">[[#g432|Gambar 4.32. Final Artwork Spanduk Bimtek]]</p>
<p style="line-height:1.5">[[#g433|Gambar 4.33. Tampilan Hasil Penginputan Jadwal Wawancara]]</p>
+
<p style="line-height:1.5">[[#g433|Gambar 4.33. Final Artwork Spanduk Rapat]]</p>
<p style="line-height:1.5">[[#g434|Gambar 4.34. Tampilan Penginputan Jadwal Wawancara]]</p>
+
<p style="line-height:1.5">[[#g434|Gambar 4.34. Final Artwork Spanduk Selamat Datang]]</p>
<p style="line-height:1.5">[[#g435|Gambar 4.35. Tampilan Hasil Penginputan Administrasi]]</p>
+
<p style="line-height:1.5">[[#g435|Gambar 4.35. Final Artwork Jam Dinding]]</p>
<p style="line-height:1.5">[[#g436|Gambar 4.36. Tampilan Penginputan Administrasi]]</p>
+
<p style="line-height:1.5">[[#g436|Gambar 4.36. Final Artwork Kemeja]]</p>
<p style="line-height:1.5">[[#g437|Gambar 4.37. Tampilan Hasil Laporan]]</p>
+
<p style="line-height:1.5">[[#g437|Gambar 4.37. Final Artwork Kop Surat]]</p>
<p style="line-height:1.5">[[#g438|Gambar 4.38. Tampilan Penginputan Masa Kontrak]]</p>
+
<p style="line-height:1.5">[[#g438|Gambar 4.38. Final Artwork Map]]</p>
 +
<p style="line-height:1.5">[[#g439|Gambar 4.39. Final Artwork Mug]]</p>
 +
<p style="line-height:1.5">[[#g440|Gambar 4.40. Final Artwork Paper Bag]]</p>
 +
<p style="line-height:1.5">[[#g441|Gambar 4.41. Final Artwork Payung]]</p>
 +
<p style="line-height:1.5">[[#g442|Gambar 4.42. Final Artwork Spanduk Rapat Koordinasi]]</p>
 +
<p style="line-height:1.5">[[#g443|Gambar 4.43. Final Artwork Topi]]</p>
 +
<p style="line-height:1.5">[[#g444|Gambar 4.44. Final Artwork T-Shirt]]</p>
 +
<p style="line-height:1.5">[[#g445|Gambar 4.45. Final Artwork X-Banner]]</p>
 
</div>
 
</div>
 
|}
 
|}
Baris 493: Baris 500:
 
<p style="line-height:1.5">[[#t36|Tabel 3.6. Elisitasi Tahap III]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t36|Tabel 3.6. Elisitasi Tahap III]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t37|Tabel 3.7. Final draft elisitasi]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t37|Tabel 3.7. Final draft elisitasi]]</p>
<p style="line-height:1.5">[[#t41|Tabel 4.1. Perbedaan Prosedur Antara Sistem Berjalan dan Sistem Usulan]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t41|Tabel 4.2. SWOT Sistem Yang Diusulkan]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t43|Tabel 4.3. Analisis SWOT Sistem Yang Diusulkan]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t44|Tabel 4.4. Struktur Tabel info_lowongan]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t45|Tabel 4.5. Struktur Tabel loginuser]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t46|Tabel 4.6. Struktur Tabel pelamar]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t47|Tabel 4.7. Struktur Tabel wawancara]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t48|Tabel 4.8. Struktur Tabel administrasi]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t49|Tabel 4.9. Pengujian Blackbox Testing]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t410|Tabel 4.10. Time Schedule]]</p>
 
<p style="line-height:1.5">[[#t411|Tabel 4.11. Estimasi Biaya]]</p>
 
 
</div>
 
</div>
 
|}
 
|}

Revisi per 22 Agustus 2019 14.40


DESAIN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA

SOSIALISASI PADA KPU KOTA TANGERANG


SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM : 1521490413
NAMA : Nanda


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2018/2019



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


DESAIN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA

SOSIALISASI PADA KPU KOTA TANGERANG


Disusun Oleh:

NIM : 1521490413
Nama : Nanda
Fakultas : Sains dan Teknologi
Program Pendidikan : Strata 1
Program Studi : Teknik Informatika
Konsentrasi : Multimedia Audio Visual and Broadcasting



Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Rektor         Ketua Program Studi
Universitas Raharja         Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si)         (Ruli Supriati, S.Kom.,M.T.I )
NIP : 000603         NIP : 073009


UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


DESAIN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA

SOSIALISASI PADA KPU KOTA TANGERANG


Dibuat Oleh :

NIM
: 1511490316
Nama


Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting



Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
( Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom.,M.Ti)
   
NID : 11006
   
NID : 10010



UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


DESAIN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA

SOSIALISASI PADA KPU KOTA TANGERANG


Disusun Oleh :


NIM
: 1521490413
Nama


Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Tahun Akademik 2018/2019

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juli 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :__________
 
NID :__________
 
NID :__________


UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


DESAIN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA

SOSIALISASI PADA KPU KOTA TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM : 1521490413
Nama : nanda
Fakultas : Sains dan Teknologi
Program Pendidikan : Strata 1
Program Studi : Teknik Infotmatika
Konsentrasi : Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juli 2019
Nanda
NIM. 1521490413


)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAK

Pada dasarnya perkembangan teknologi dan informasi kini maju begitu pesat. Informasi dan sosialisasi dalam bentuk komunikasi visual sangatlah penting bagi perusahaan atau instansi yang ingin mensosialisasikan produk kepada masyarakat bersaing menggunakan bentuk media yang sangat menarik. Sarana penunjang untuk mensosialisasikan suatu produk secara visual harus menggunakan media yang dapat memberikan daya tarik yang efektif kepada masyarakat, menggunakan bentuk-bentuk media. KPU Kota Tangerang adalah sebuah lembaga instansi yang menyelenggarakan pemilihan umum, yang terletak di Jl. Nyimas Melati No. 16 Kelurahan Sukarasa Kecamatan Tangerang Kota Tangerang, Banten 15111. Tujuan penelitian yang berbentuk pengajuan sosialisasi media komunikasi visual adalah untuk memberikan daya tarik dalam mempromosikan lembaga perusahaan atau instansi. Metode yang digunakan dalam perancangan media-media komunikasi visual yang akan digunakan oleh KPU Kota Tangerang menggunakan konsep Desain yang terdapat tahapan Perencanaan Media, Perencanaan Pesan dan Perencanaan Visual, adapun manfaat dari penelitian pengajuan perancangan media-media yang dibutuhkan adalah untuk meningkatkan informasi kepada masyarakat.

Kata Kunci : Sosialisasi, Media dan Efektif.


ABSTRACT

Basically the development of technology and information is now advancing so rapidly. Information and socialization in the form of visual communication is very important for companies or agencies that want to socialize products to competing communities using very interesting forms of media. Supporting facilities for socializing a product visually must use media that can provide effective appeal to the community, using media forms. Tangerang City KPU is an institution that organizes general elections, located on Jl. Nyimas Melati No. 16 Sukarasa Sub-District, Tangerang Sub-District, Tangerang City, Banten 15111. The purpose of the research in the form of the submission of socialization of visual communication media is to provide an attraction in promoting corporate or agency institutions. The method used in the design of visual communication media that will be used by the Tangerang City KPU uses the design concept that is in the stages of Media Planning, Message Planning and Visual Planning, while the benefits of research in the design of media needed are to improve information to the public.

Keywords: Socialization, Media and Effective.



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul “Perancangan Sistem Penginputan dan Pengolahan Rekruitmen Tenaga Kerja Kontrak Berbasis WEB Pada PT. DUA BENUA PRATAMA”.

Tujuan penulis Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan Program Pendidikan Strata 1 Program Studi Sistem Informasi pada Universitas Raharja.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
  3. Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja
  4. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I. selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika.
  5. Ibu Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom., M.T.I. sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
  6. Bapak Wahyu Hidayat, SE. sebagai Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan dan motivasi kepada penulis.
  7. Ibu Dewi Purwayuningsih, SE selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi besar di dalam lancarnya proses penelitin skripsi ini.
  8. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  9. Keluarga tercinta yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik
  10. Teman - teman seperjuangan yang selalu ada dan memberikan semangat.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun.

Akhir kata kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.

Tangerang, Juli 2019
Nanda
NIM. 1521490413

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Karakteristik Sistem

Gambar 2.2. Komponen Sistem

Gambar 2.3. Operasi Pengolahan Data

Gambar 2.4. Tahap Dasar Pengembangan Sistem

Gambar 2.5. Logo Yii Framework

Gambar 2.6. Ilustrasi Black-box Testing

Gambar 3.1. Logo PT. Dua Benua Pratama

Gambar 3.2. Stuktur Organisasi PT. Dua Benua Pratama

Gambar 3.3. Flowchart Sistem yang Berjalan

Gambar 3.4. UseCase Diagram Sistem Rekrutmen

Gambar 3.5. Activity Diagram Sistem Rekrutmen

Gambar 3.6. Sequence Diagram Sistem Rekrutmen

Gambar 4.1. Flowchart Sistem Yang diusulkan

Gambar 4.2. UseCase sistem yang diusulkan

Gambar 4.3. Activity Diagram Sistem Yang diusulkan

Gambar 4.4. Sequence Diagram Sistem Yang Diusulkan

Gambar 4.5. Class Diagram yang Diusulkan

Gambar 4.6. Prototype Tampilan awal website Rekrutmen

Gambar 4.7. Prototype Tampilan Menu Info Lowongan

Gambar 4.8. Prototype Tampilan Menu Detail

Gambar 4.9. Prototype Tampilan Menu Daftar

Gambar 4.10. Prototype Tampilan Menu Jadwal Wawancara

Gambar 4.11. Prototype Tampilan Menu Tentang Perusahaan

Gambar 4.12. Prototype Tampilan Menu Lamaran

Gambar 4.13. Prototype Tampilan Menu Administrasi

Gambar 4.14. Prototype Tampilan Menu Login

Gambar 4.15. Prototype Tampilan Menu Pelamar

Gambar 4.16. Prototype Tampilan Input Lowongan

Gambar 4.17. Prototype Tampilan Input Jadwal Wawancara

Gambar 4.18. Prototype Tampilan Input Administrasi

Gambar 4.19. Prototype Tampilan Input Masa Kontrak

Gambar 4.20. Tampilan awal website Rekrutmen

Gambar 4.21. Tampilan Halaman Menu Info Lowongan

Gambar 4.22. Tampilan Halaman Menu Detail

Gambar 4.23. Tampilan Halaman Menu Daftar

Gambar 4.24. Tampilan Halaman Menu Jadwal wawancara

Gambar 4.25. Tampilan Halaman Menu Tentang Perusahaan

Gambar 4.26. Tampilan Halaman Menu Lamaran

Gambar 4.27. Tampilan Halaman Menu Administrasi

Gambar 4.28. Halaman Awal Rekrutmen setelah login

Gambar 4.29. Tampilan Halaman Menu Pelamar

Gambar 4.30. Layout Komprehensif X-Banner

Gambar 4.31. Final Artwork Amplop

Gambar 4.32. Final Artwork Spanduk Bimtek

Gambar 4.33. Final Artwork Spanduk Rapat

Gambar 4.34. Final Artwork Spanduk Selamat Datang

Gambar 4.35. Final Artwork Jam Dinding

Gambar 4.36. Final Artwork Kemeja

Gambar 4.37. Final Artwork Kop Surat

Gambar 4.38. Final Artwork Map

Gambar 4.39. Final Artwork Mug

Gambar 4.40. Final Artwork Paper Bag

Gambar 4.41. Final Artwork Payung

Gambar 4.42. Final Artwork Spanduk Rapat Koordinasi

Gambar 4.43. Final Artwork Topi

Gambar 4.44. Final Artwork T-Shirt

Gambar 4.45. Final Artwork X-Banner



DAFTAR TABEL



BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penilitan

Pada dasarnya dalam era modernisasi ini kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang media komunikasi sebagai suatu kebutuhan manusia di bidang informasi. Melalui media-media komunikasi visual kita akan mendapatkan informasi visual.

Media komunikasi visual adalah sarana media informasi dan promosi yang dapat mempresentasikan citra/image perusahaan untuk memperkenalkan ruang lingkup secara detail yang dikemas semenarik mungkin untuk menarik perhatian masyarakat.

Komunikasi visual mempunyai tiga fungsi dasar, yaitu sebagai sarana identifikasi, sebagai sarana informasi dan instruksi, dan yang terakhir sebagai sarana promosi. Tujuan dari komunikasi visual sebagai sarana presentasi dan promosi adalah untuk menyampaikan pesan, mendapatkan perhatian (atensi) dari mata (secara visual) dan membuat pesan tersebut dapat diingat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah suatu lembaga Negara yang menyelenggarakan pemilihan umum di Indonesia, meliputi pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat / Dewan Perwakilan Daerah / Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, dan pemilihan umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang merupakan cabang instansi pemerintahan yang bergerak dalam pemilihan umum terletak di Jl. Nyimas Melati No. 16 Kelurahan Sukarasa Kecamatan Tangerang Kota Tangerang, Banten 15111.

Berdasarkan analisa kebutuhan diatas, maka pada kesempatan skripsi ini , akan mencoba memberikan solusi dengan membuat pengembangan media komunikasi visual sebagai upaya mensosialisasikan KPU Kota Tangerang yang akan memberikan kemudahan dan kebutuhan informasi yang lebih cepat, tepat, dan akurat, maka penelitian Skripsi ini di beri judul: “Desain Media Komunikasi Visual Sebagai Media Sosialisasi Pada KPU Kota Tangerang”.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas dan hasil pengamatan yang dilakukan, maka dirumuskan beberapa permasalahan yang ada pada KPU Kota Tangerang, sebagai berikut :

  1. Apakah Konsep Visual Media Sosialisasi terhadap kegiatan yang di adakan di KPU Kota Tangerang ?
  2. Bagaimana mengembangkan Media Komunikasi Visual yang menarik dapat menunjang Sosialisasi pada KPU Kota Tangerang?
  3. Bagaimana merancang sebuah media yang terlihat kreatif dan dapat meningkatkan citra/image?


Ruang Lingkup Penelitian

Dengan pembahasan penelitian kali ini, penulis hanya memfokuskan pada perancangan desain media sebagai penunjang sosialisai KPU Kota Tangerang, agar nantinya dapat lebih maju dibidang teknologi informasi khususnya media komunikasi visual.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini, diantaranya sebagai berikut :

  1. Untuk mengembangkan media komunikasi visual yang dapat menarik perhatian masyarakat sehingga dapat menunjang sosialisasi KPU Kota Tangerang
  2. KPU Kota Tangerang sangat memerlukan sistem promosi dalam bentuk media komunikasi visual berbentuk desain agar nantinya dapat meningkatkan media sosialisasi.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dengan adanya perancangan desain media dapat mempermudah KPU Kota Tangerang untuk memuat sosialisasi yang jelas kepada masyarakat.
  2. Agar melalui media yang dikembangkan secara menarik dapat menjadi penunjang media promosi dan informasi sehingga membantu untuk mensosialisasikan kepada masyarakat

Metode Penelitian

Adapun penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penyusunan penelitian Skripsi, ada beberapa tahapan, yang dilakukan yaitu diantaranya sebagai berikut:

Analisa Permasalahan

Permasalahan ditetapkan berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada pihak stakeholder KPU Kota Tangerang dalam hal ini dilakukan kepada Bapak Ahmad Syailendra Ketua KPU Kota Tangerang. Wawancara dilakukan pada hari Senin Tanggal 8 Oktober 2018, yang menyatakan bahwa bentuk-bentuk media yang saat ini digunakan perlu untuk dikembangkan dari sisi, jumlah media, bentuk media maupun kualitas media.

Pengumpulan Data

  1. Observasi

    Observasi adalah metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung yang telah diteliti pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) selama 160 jam atau kurang lebih selama 1 bulan sebagai bahan untuk menulis laporan Skripsi.

  2. Wawancara

    Wawancara adalah suatu metode untuk mengumpulkan data dan informasi secara tatap muka langsung dengan orang yang akan diwawancarai, untuk memperoleh informasi dan mendapatkan suatu gambaran yang lebih jelas. Wawancara ini dilakukan dengan Bpk. Yudi Gunawan S.Ip selaku stakeholder.

  3. Studi Pustaka

    Studi Pustaka adalah metode untuk mengumpulkan data berupa teori yang digunakan dengan mempelajari buku-buku diktat, jurnal, dan lainnya yang berkaitan dengan penyusunan penelitian.

  4. Analisa Perancangan

    Untuk menghasilkan media komunikasi visual yang baik dan berkualitas, maka diperlukan aplikasi penunjang yang digunakan, seperti Coreldraw X5 dan Adobe Photoshop CS 5.

    Konsep Desain

    Konsep desain yang digunakan dalam penelitian Skripsi ini akan menyampaikan tentang :

    1. Perencanaan Media
    2. Perencanaan Pesan
    3. Perencanaan Visual

    Sistematika Penulisan

    Peneliti mengelompokkan materi laporan penelitian Skripsi ini menjadi 5 bab utama yang digunakan untuk mempermudah dalam pembahasan masalah dengan sistematika penyampaian sebagai berikut:

    BAB I   PENDAHULUAN

    Pada bab ini penulis menguraikan latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup, maksud dan tujuan penelitian, dengan metode penelitian serta sistematika penulisan.

    BAB II   LANDASAN TEORI

    Pada bab ini berisikan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan sesuai dengan topik perancangan yang dibuat dalam penyusunan laporan skripsi. Yang meliputi konsep dasar teori umum dan konsep dasar teori khusus.

    BAB III   ANALISA SISTEM BERJALAN

    Bab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan, sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab, informasi mengenai produk, market analisis, potensial market, market segmentation, market objective, marketing strategy.

    BAB IV   KONSEP DESAIN

    Bab ini berisi tentang konsep perancangan dan rancangan mengenai proses pembuatan desain media yang dilakukan.

    BAB V   PENUTUP

    Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian yang dilakukan pada KPU Kota Tangerang.

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN


Contributors

Admin, Nanda

Diperoleh dari "https://widuri.raharja.info/index.php?title=SI1521490413&oldid=336158"