TI1621494506

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBENTUK

MOTION GRAPHICS GUNA PENUNJANG

INFORMASI PADA PALANG MERAH

INDONESIA KOTA TANGERANG


SKRIPSI


Disusun Oleh :

NIM : 1621494506
NAMA : TAUFIQ NUR MUHAMMAD



TANGERANG

2019/2020




ABSTRAK

Teknologi media informasi pada saat ini semakin berkembang. Dengan munculnya terobosan – terobosan baru dimana komputer menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kebutuhan sehari – hari, sehingga membuat integrasi antara berbagai divisi ilmu seperti desain grafis, broadcasting dan audio visual. Dimulai dengan munculnya berbagai macam betuk media informasi video motion graphics, hal ini membuktikan bahwa media informasi menggunakan aplikasi komputer meningkat lebih baik sehingga mengikuti tuntutan perkembangan teknologi. Selama ini pihak Palang Merah Indonesia Kota Tangerang menggunakan media lisan, brosur dan pameran namun media tersebut kurang efektif. Maka pihak Palang Merah Indonesia Kota Tangerang membutuhkan media terobosan seperti media video motion graphisc untuk menunjang kegiatan informasi yang menarik kepada masyarakat luas khususnya untuk dearah Kota Tangerang. Dalam penelitian ini melakukan suatu terobosan yang menarik berbentuk perancangan media video motion graphics pada Palang Merah Indonesia Kota Tangerang, yaitu tentang donor darah pada Palang Merah Indonesia Kota Tangerang sebagai sarana informasi yang menarik dan efektif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai salah satu humas pada divisi Palang Merah Indonesia Kota Tangerang. Hasil analisis memunculkan konsep video motion graphics menggunakan aplikasi penunjang Adobe After Effects Cs6 dan Adobe After Ilustrator Cs6. Perancangan dilakukan dengan konsep produksi media multimedia. Hasil media video iklan motion graphics yang dirancang ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan minat masyarakat luas untuk melakukan donor darah pada Palang Merah Indonesia Kota Tangerang.

Kata Kunci: Media, motion graphic, informasi.


ABSTRACT

Information media technology is currently growing. With the emergence of new breakthroughs in which computers become inseparable from daily needs, thus making integration between various science divisions such as graphic design, broadcasting and audio visual. Starting with the emergence of various forms of video motion graphics information media, this proves that information media using computer applications increases better so that it follows the demands of technological development. During this time the Indonesian Red Cross City of Tangerang uses oral media, brochures and exhibitions but the media is less effective. So the Indonesian Red Cross Tangerang City needs breakthrough media such as motion graphisc video media to support information activities that are of interest to the wider community, especially for the area of Tangerang City. In this study made an interesting breakthrough in the form of video motion graphics media design at the Indonesian Red Cross in Tangerang City, namely about blood donations at the Tangerang City Indonesian Red Cross as an interesting and effective means of information. The data collection process was carried out by interviewing one of the public relations officers in the Indonesian Red Cross division of Tangerang City. The results of the analysis led to the concept of video motion graphics using Adobe After Effects CS6 and Adobe After Illustrator CS6 applications. The design is done with the concept of multimedia media production. The results of the designed motion graphics video advertising media can be utilized to increase the interest of the wider community to make blood donations at the Indonesian Red Cross City of Tangerang.

Keywords: media, motion graphic. information.




DAFTAR PUSTAKA


  1. Hutahaean, Harvei Desmon. Bosker Sinaga dan Anastasya Aritonang Rajagukguk. 2016. Analisa dan Perancangan Aplikasi Algoritma Apriori untuk Korelasi Penjualan Produk (Studi Kasus : Apotik Diory Farma). Medan : STMIK Pelita Nusantara Medan. Journal of Informatics Pelita Nusantara. ISSN : 2541-3724.Vol.1 No.1 : 8.
  2. Nadeak, Berto. Abbas Parulian, Pristiwanto. Saidi Ramadan Siregar. 2016. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Internet Dengan Menggunakan Metode Computer Based Instruction. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM). Medan : STMIK Budi Darma. Vol. 3. No. 4
  3. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika dan Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media informasi dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Yogyakarta : Universitas Amikom Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 62-63.
  4. Sunarya, Lusyani. Della Nurasiah dan Firmansyah Agustian. 2017. Video Profile Sebagai Saranan Informasi dan Promosi Studio Satu PT. Media Televisi Indonesia (Metro TV). Tangerang : STMIK Raharja. Cerita Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.3 No.1 : 4-5.
  5. Pangerang, Fitriaty. 2016. Rancangan Bangun Sistem Informasi Data Agunan dan Data Legalitas Usaha di BNI Cabang Mamuju. Padang : Politeknik Negeri Ujung Pandang. Jurnal Teknologi ELEKTERIKA. ISSN : 1412-8764. Vol.13 No.1 : 62.
  6. Ramadhan, Azim. Ika Purwati Ningrum. Muh. Yamin. 2016. Siaset Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Dengan Menggunakan Sistem Penunjang Keputusan Metode Weighted Product Dan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web. Jurnal semanTIK. Kendari : Universitas Halu Oleo. Vol. 2. No. 2
  7. Sunarya, Lusyani. Nesya Elvina Ayudita. Satria Agung Prabawa. (2018). dari Jurnal SENSI yang berjudul “Video Promosi Jurusan Sistem Informasi Berbasi Motion Graphic pada STMIK RAHARJA TANGERANG”. Tangerang : STMIK Raharja. Vol. 4. No. 1. – Februari 2018 ISSN: 2461-1409
  8. Rukmiyati, Ni Made Sri dan I Ketut Budiartha. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefullness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang di Provinsi Bali). Bali : Universitas Udayana. E-Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ISSN : 2580-5312. Vol.5 No.1 : 122.
  9. Pawirosumarto, Suharto. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. Jakarta Barat : Universitas Mercu Buana. MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen. ISSN : 2088-1231. Vol.6 No.3 : 419.
  10. Fauzi, Rizki Ahmad, 2017. Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi). Yogyakarta : Deepublish.
  11. Supriatna, Jatna. 2018. Konservasi Biodeversitas: Teori dan Praktik di Indonesia. Jakarta Pusat : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
  12. Putra, Azwar Aditya dan Vella Varisa. 2019. Video Kabupaten Tangerang Pada Dinas DISPORABUDPAR Pariwisata. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.5 No.1 : 65.
  13. Sanni, M. Ifran. Siti Maesaroh dan Rifqi Baihaqi. 2019. Media Promosi dan Informasi Guna Penunjang Iklan Sport Party (GOFIT) PT. Arka Mahesa Pratama Jakarta. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.5 No.1 : 23
  14. Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachman dan ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 20-21.
  15. Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam ATTAQWA. Tangerang : STMIK Raharja. SENSI Journal. ISSN : 2461-1409. Vol.2 No.1 : 60
  16. Akbar, Muhammad Rio. 2016. Perancangan Logo Koperasi Alumni Sma 2 Padang Ar’rozak (Kopasmanda Ar’rozak). JournalSystem. Padang: Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Vol. 23. No. 2. : 85.
  17. Agustina, Made Nina Putri. I Ketut Pudjawan. Luh Ayu Tirtayani. 2016. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Anak Kelompok A Di Paud Pradnya Paramita. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4. No. 2.
  18. Husaini, Moh. Ghufron Rosyadi. Winarno. 2017. Komposisi Warna Pada Lukisan Makhfoed Yang Berjudul Perjalanan Periode 2001-2016. Jurnal Seni Rupa. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. Vol. 5. No. 3.
  19. Darmawan, Deni. Pipih Septiawati. Didi Supriadie. 2017. Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Englishsimple Sentencespada Mata Kuliah Basic Writing Di STKIP Garut. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 15. No. 1.
  20. Apriani, Desy. Haerul dan Yanuar Arif Febriana. 2016. Media Video Profile Sebagai Media Promosi dan informasi Pada SMK Bina Am Ma’mur. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209 Vol.2 No.1 : 14.
  21. Maulani, Giandari. Citra Jessycha dan Deni Erlangga Saragih. 2018. Video Promosi Untuk Program Acara Crazy Challenge MNC Channel Indovision Dengan Adobe Premiere Pro. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.6 No.1 : 8.
  22. Nugraha, Heru Setiya. M. Suyanto dan Amir Fatah Sofyan. 2015. Pembuatan Model Gerakan Animasi 2D dengan menggunakan Metode Inverse Kinematik. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Jurnal Semnasteknomedia. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 21.
  23. subario, Andrew P. Arie S. M. Lumenta dan Meita Rumbayan. 2017. Animasi Sosialisasi Penghematan Listrik. Manado : Unversitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika. ISSN : 2301-8364. Vol. 12 No. 1 : 1-3.
  24. Marselia, Maya. 2015. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Film Kartun Pada Pengenalan Perangkat Keras Komputer. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Jurnal Semnasteknomedia. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 28.
  25. Hidayat, Tonny dan Ahmad Abdul Aziz Mustajab. 2015. Perancangan Film Pendek Animasi 2 Dimensi dengan Konsep Objek Silhouette dan Teknik Editing Cut Out. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Jurnal Semnasteknomedia. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 7.
  26. Anita, Ria Diajeng dan Fitri Marisa. 2017. Perancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Universitas Widyagama Malang. Malang : Universitas Widyagama Malang. Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS). ISSN : 2541-3619 e-ISSN : 2541-6448. Vol 1 No. 2 : 2.
  27. Alvin. Silvia Rostianingsih dan Justinus Andjarwirawan. 2016. Pembuatan Website untuk Lasika Production. Surabaya : Universitas Kristen Petra. Jurnal Infra. Vol. 4 No. 1 : 2.
  28. Budi, Hutomo Setia. 2017. Perancangan Multimedia Sebagai Media Sosialisasi SOP Kepada Karyawan PT. Transcon Indonesia. Surabaya : Universitas Ciputra. Serat Rupa Journal of Design. ISSN : 2477-586X. Vol. 1 No. 3 : 391
  29. Abdillah, Fadhly. Damar Adhiguna dan Agus Sevtiana. 2017. Perancangan Video Profile sebagai Media Promosi STMIK CIC dengan Tehnik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic. Cirebon : STMIK CIC. Jurnal Digit. ISSN : 2088-589X. Vol. 7 No. 1 : 75-76.
  30. Sunarya, Lusyani. Putri Apryllia dan Siti Isnaini. 2016. Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual and Broadcasting as a Media Promotion. Tangerang : STMIK Raharja. CCIT Journal. ISSN : 1978-8282. Vol.9 No.3 : 320, 322 & 325.
  31. Zainudin, Achmad. Sutajaya dan Ajeng Retno Anggraeni. 2019. Video Profile Pada SMK Kusuma Bangsa Kabupaten Tangerang Sebagai Penunjang Informasi dan Promosi. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.5 No.1 : 92-93.
  32. Kusmindari, Desi. Rahma Ziniadi. Yanti Pasmawati dan Dani Saputra 2016. Peran Pria Dalam Program Keluarga Berancana di Kota Palembang. Palembang : Unversitas Bina Darma. Jurnal LKB. Vol. 1 No.1:20
  33. Raho, Bernad. 2016. Sosiologi. Maumere, Flores NTT. 86152:Ledalero.
  34. Sastrawan, Putu Virgo. Arthana, Ketut sindu, dan I Gede Partha. 2017. Perancangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. Singaraja, Bali : Universitas Pendidikan Ganesha. ISSN : 2552-9063. Journal Karmapati, Vol. 6 No.1:4.
  35. Subario, Andrew. Arie dan Meita Rumbayan 2017. Animasi Sosialisasi Pengehematan Listrik Manado : Unversitas Sam Rantulangi. Journal Teknik informatika. ISSN: 2301-8364. Vol. 12 No 1: 1-2
  36. Putra, Khozy Rizal dan Ahmad Miqdad Alhaddar. 2016. Game Strategi Kerajaan Berbasis Mobile. Bandung: Unversitas Telkom. eProccedings of Applied Science. ISSN: 2442-5826 Vol. 2 No. 3 : 1449.
  37. Fuad, Hilmi. Sutarman dan Yahya. 2018. Perancangan Sistem Informasi Costumer Relationship Management Pelayanan Berbasis Web di PT. Sahabat Kreasi Muda. Tangerang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088-1762. Vol.8 No.1 : 2.
  38. Bilung, Septinor. 2016. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda Pada CV. Semoga Jaya di Area Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Kutai Timur : Universitas Mulawarman. eJournal Administrasi Bisnis. ISSN : 2355-5408. Vol.4 No.1 : 119-120.
  39. Dzulhaq, Muhammad Iqbal. Rahmat Tullah dan Putra Satia Nugraha. 2017. Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Kurikulum 2013. Tangerang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088-1762 Vol.7 No.1 : 1.
  40. Amrullah, Agit. Rifda Faticha Alfa A dan Danang Sutedjo. 2016. Kajian Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem Informasi Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Pada Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negri Sunan Kalujaga Yogyakarta. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805. Vol.1 No.4 : 27.
  41. Maulani, Giandari. Tia Maryani dan Yully Brigita. 2018. Rancangan Bangun Sistem Informasi Retribusi Persampahan Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2356-5195 . Vol.4 No.1 : 16.
  42. Rahardja, Untung. Kahnna Tiara dan Maya Ima Erviani. 2016. Optimalisasi Viewboard Rhjfox Berbasis Bootstrap Sebagai Sistem Penunjang Keputusan. Tangerang : STMIK Raharja. Technomedia Journal. ISSN : 2528-6544. Vol.1 No.1 : 52.
  43. Alfianika, Ninit. 2018. Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Deepublish.
  44. Anita, Ria Diajeg dan Fitri Marisa. 2017. Rancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D Untuk Meningkatkan Jumlah Mahamasiswa Unversitas Widyagma Malang. Malang : Unversitas Widyagama Malang Journal Of Information Techology And Computer (JOINTECS) Vol.1 No.2
  45. Algiffari, Muhammad. 2015. Percangan Motion Graphic (Bomper In) dan Video Dokumenter Permainan Tradisional Jawa Barat (Anilisis Deskirptif Permainan Tradisional Pada Sanggar Tikukur Majalengka). Bandung : Unversitas BSI Bandung. Jurnal Sketsa Vol.2 No.1.
  46. Kharisma, Vidya. Rival Firnandi. Muhammad Iqbal dan Emeza Dewi Krishnasari. 2018. PERANCANGAN MOTION GRAPHIC UNTUK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERJUDUL GO GREEN DENGAN RUMAH EKOLOGIS. Yogyakarta : Unversitas Amikom Yogyakarta Open Journal System “ SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE”, Vol.6 No.1
  47. Saputra, Agesta Budy. 2018. PEMBUATAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK PROYEK PURNA JUAL DATSUN SIGAP. Jakarta Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan computer, Vol 8 No. 1.
  48. Miarti, Wiza. 2018. PERANCANGAN INFORGRAFIS PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS SEJAK DINI DALAM MEDIA MOTION GRAPHIC. Padang : Universitas Negeri Padang. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol 8 No.1.
  49. Henry, Welly Winata. Deny Tri Ardianto dan Erandaru. 2018. Perancangan Video Motion Graphics Promosi Cempaka Music Store. Surabaya : Universitas Kristen Petra. Jurnal DKV Adiwarna, Vol 1 No 12.
  50. Erlyana, Yana dan Rudy Setiawan Paendong. 2016. Perancangan Video Motion Graphic Hologram ‘Me & My Hero’. Jakarta : Universitas Bunda Mulia. Jurnal Ruparupa. ISSN : 2086-1060. Vol.5 No. 1 : 39-52.
  51. Sunarya, Lusyani. Nesya Elvina Ayudita. Satria Agung Prabawa. (2018). dari Jurnal SENSI yang berjudul “Video Promosi Jurusan Sistem Informasi Berbasi Motion Graphic pada STMIK RAHARJA TANGERANG”. Tangerang : STMIK Raharja. Vol. 4. No. 1. – Februari 2018 ISSN: 2461-1409
  52. Abdillah, Fadhly. Damar Adhiguna dan Agus Sevtiana. 2017. Perancangan Video Profile sebagai Media Promosi STMIK CIC dengan Tehnik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic. Cirebon : STMIK CIC. Jurnal Digit. ISSN : 2088-589X. Vol. 7 No. 1
  53. Hadiwidjaja, Joshua Xavier. Arief Agung S dan Jacky Cahyadi. 2017. Perancangan Video Edukasi Kesenian Jawa Karawitan dalam Bentuk Animasi bagi Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya :Universitas Kristen Petra. Jurnal DKV Adiwarna. Vol. 1 No.1 : 1-9.
  54. Febrianti, Agatha Indah. Sampurno Wibowo. 2018. Efektivitas Iklan Dan Event Berdasarkan Metode Epic Model Studi Kasus Pada Radio Play99ers 100 FM Bandung 2018). Jurnal eProceeding of Applied Science. Bandung : Telkom University. Vol. 4. No.3. pp. 942-948.

Contributors

Taufiq nur