TA1614395374

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN VIDEO SOSIALISASI APLIKASI SIDONATE

BERBASIS MOTION GRAPHIC Pada PMI

KABUPATEN TENGERANG


TUGAS AKHIR



Disusun Oleh :

NIM
: 1614395374
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA

KONSENTRASI WEB GRAPHIC DESIGN

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021





ABSTRAK


PMI Kabupaten Tangerang terus berbenah menyusul perkembangan zaman di era digital dan industri, upaya meningkatkan mutu dilakukan dengan meluncurkan beberapa aplikasi mobile. PMI Kabupaten Tangerang telah meluncurkan sebuah aplikasi mobile yang diberi nama Sidonate. Aplikasi ini nantinya dipergunakan untuk menerima donasi secara digital. PMI Kabupaten Tangerang belum mempunyai media untuk menginformasikan aplikasi Sidonate ini kepada masyarakat, sehingga belum banyak yang mengetahui tentang aplikasi Sidonate ini. Setelah meneliti dan menganalisa permasalahan yang ada, maka perlu adanya perancangan sebuah media untuk menunjang informasi tentang aplikasi ini.Tujuan dari dibuatnya perancangan video ini adalah untuk membantu pihak PMI Kabupaten Tangerang dalam menghasilkan media yang efektif untuk menginformasikan aplikasi Sidonate. Manfaatnya yaitu, agar informasi tentang aplikasi Sidonate sampai kepada masyarakat dan banyak yang menggunakan aplikasi tersebut. Pada penelitian ini digunakan metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan dalam proses perancangan media tersebut peneliti menggunakan Software Adobe Photoshop CS6, Adobe Illustrator CS6, Adobe After Effect CS6, Adobe Premiere Pro CS6, Adobe Audition 2020. Hasil penelitian ini berupa Perancangan Video Sosialisasi Aplikasi Sidonate Berbasis Motion Graphic Pada PMI Kabupaten Tangerang. Dengan media ini diharapkan informasi tentang aplikasi Sidonate dapat tersampaikan dengan baik dan masyarakat tertarik menggunakan aplikasi tersebut.

Kata Kunci : Aplikasi, Perancangan Video, Media.

ABSTRACT

PMI Tangerang regency continues to improve following the development of the era in the digital and industrial era, efforts to improve the quality is carried out by launching several mobile applications. PMI Tangerang Regency has launched a mobile application called Sidonate. This application will be used to receive donations digitally. PMI Tangerang regency does not yet have the media to inform the application of Sidonate to the public, so not many know about this Sidonate application. After researching and analyzing the problem, it is necessary to design a medium to support information about this application. The purpose of the design of this video is to help pmi Tangerang regency in producing effective media to inform sidonate application. The benefit is, so that the information about sidonate application to the public and many who use the application. In this research, data collection method is used, namely observation, interview and literature study. While in the process of designing the media researchers use Software Adobe Photoshop CS6, Adobe Illustrator CS6, Adobe After Effect CS6, Adobe Premiere Pro CS6, Adobe Audition 2020. The results of this study in the form of Video Design Socialization Application Sidonate Based Motion Graphic In PMI Tangerang Regency. With this media, it is expected that information about Sidonate application can be conveyed properly and the public is interested in using the application.

Keywords : Apps, Video Design, Media



Daftar Pustaka

  1. Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekaunan di Bondowowso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS.. Jurnal Edukasi, 5(1), 19-23.
  2. Anita, Ria Diajeng dan Fitri Marisa. 2017. Perancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Universitas Widyagama Malang. . Malang : Universitas Widyagama Malang. Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS). ISSN : 2541-3619 e-ISSN : 2541-6448. Vol 1 No. 2 : 2.
  3. Apriani, D., Rosdiana, & Asriyani. (2018). Sarana Promosi dan Informasi sebagai Video Profile SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 201-208.
  4. Asbianto, Helfi Nasution, Muhammad Azhar Irwansyah. 2020. Rancangan Bangun Aplikasi Pengolahan Data Perusahaan Mining Consultan CV. Mitra Mineral.. Pontianak. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi. P-ISSN : 2460-3562. Vol.8, No.2 :150.
  5. Arfida, S., Wibowo, H., & Setya, A. F. (2020). Penerapan Teknologi Android Terhadap Aplikasi Panduan Pengguna Software Adobe audition. Jurnal Teknika, 14(2), 95-102.
  6. Bakti, S., Hasibuan, N. A., Sianturi, L. T., & Sianturi, R. D. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Coreldraw X3. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 3(4), 32-35.
  7. Cikka, H. (2019). SINOPSIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (Cara Mudah Memahami dan Mengingat Peristiwa Sejarah). Journal Of Pedagogy, 2(2), 300-306.
  8. Supriatna, Jatna. 2018. SKonservasi Biodeversitas: Teori dan Praktik di Indonesia.. Jakarta Pusat : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
  9. Desrianti, D. I., Firdaus, A. N., & Gunawan, D. P. (2017). Animasi Dengan Gambar Bergerak Meningkatkan Daya Tarik Program Promosi. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 10(1), 114-126.
  10. Putra, Azwar Aditya dan Vella Varisa. 2019. Video Kabupaten Tangerang Pada Dinas DISPORABUDPAR Pariwisata.. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.5 No.1 : 65.
  11. Dwiani, Maria Gabriella, Winny Gunarti Widya Wardani dan Saptodewo Febrianto. 2018. Perancangan Sampul Komik Narcissus. Jakarta: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya. Vol.1 No1 ISSN: 2623-0305.
  12. Dzulhaq, Muhammad Iqbal. Rahmat Tullah dan Putra Satia Nugraha. 2017. Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Kurikulum 2013. Tangerang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088-1762 Vol.7 No.1 : 1.
  13. Halim, Adetria dan Syahrir Hasan. 2017. Sistem Informasi Pengelolaan Uang Komite Menggunakan Borland Delphi 7 Pada SMA Negeri 5 Kota Ternate. Maluku: Politeknik sains dan teknologi Wiratama. Jurnal IJIS Indonesia (Journal on Information system). ISSN: 2548-6438. Vol.2, No.01: 2.
  14. Handayani, I., Febriyanto, E., & Sururi, A. (2018). Desain Video Berbasis Motion Graphic untuk PPDB SMK Harapan Indonesia 1 dan 3. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 8(2), 166-175.
  15. Hapsari, Agni Era. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Salatiga: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (SCHOLARIA). Vol.7 No.1 ISSN: 2549-9653.
  16. Herdiana, D. (2018).Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian dan Konsep Dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik, 1(3), 13-26.
  17. Heryadi, Hadi., Deni Darmawan dan Hudiana Hernawan. 2017. Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Garut: Jurnal Teknologi Pembelajaran (JTEP). Vol.2 No.1 ISSN: 2086-4299.
  18. Hidayat, Wahyu. Andriansyah dan Reni Wulandari. 2018. Rancang Bangun Media Desain Katalog Penunjang Informasi dan Promosi PT. Global Bangun Mandiri. Tangerang: STMIK Raharja. Journal CERITA ISSN: 2461-1417. Vol.4, No.1: 45.
  19. Hidayat, Wahyu. Anita B. Wandanaya. Recha Fardiansyah. 2016. Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi di SMK Aviciena Rajeg Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja. CERITA Journal. ISSN: 2461-1417. Vol.2 No.1 : 50.
  20. Kalangi, Audie Steven, Joyce Lapian dan Rotinsulu Jopie Jorie. 2016. Pengaruh Layout Pengelolaan Sarana Prasarana Terhadap Objek Wisata Gunung Mahawu Di Kota Tomohon. Manado: Jurnal EMBA. Vol. 4 No. 5 ISSN: 23031174.
  21. Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-52.
  22. Kusumawati, D., dan Yestin Waeo. 2016. Sistem Informasi Penerimaan Calon Siswa Baru Pada SMP Negeri 1 Atap Lembobelala Di Kabupaten Morowali. Palu: Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer (JESIK). Vol.2 No.1 ISSN: 2502-2148.
  23. Lasminiasih, P, S., Akbar, A., Andriansyah, M., & Utomo, R. B. (2016). Perancangan Sistem Iinformasi Kredit Mikro Mahasiswa. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 8(1), 883-893.
  24. Llopart, Mariona. Moised Esteban-Guitart. 2016. Funds of Knowledge in 21st Century Societies: Inclusive Educational Practices For Under-represented Students. A Literature Review. Spain: University of Girona. Journal of Curriculum Studies. ISSN: 0022-0272.
  25. Luhulima, D. A., Degeng, I. S., & Ufa, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110-120.
  26. Maharani, D., & Hotami, M. (2017). Rendering Video Advertising Dengan Adobe AFTER Effects dan Photoshop. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 2(2), 105-111.
  27. Maimunah, David Ericson Manalu. Dian Budi Kusuma. 2017. Perancangan Prototype Visual pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi pada PT. Sulindafin. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta. Semnasteknomedia Online. ISSN: 23023805. Vol. 5 No. 1 : 37.
  28. Maulani, G., Jessycha, C., & Saragih, D. E. (2018). Video Promosi Untuk Program Acara Crazy Challengge MNC Channel-Indovision dengan Adobe Premiere Pro. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2018, 2(11), 7-12.
  29. Mokoginta, Zico Armanto. 2017. Perlindungan Hukum Atas Desain Industri Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri. Manado: Jurnal Lex Privatum. Vol.5 No.5 ISSN: 2337-4947.
  30. Nafiudin. 2019. Sistem Informasi Manajemen. Qiara Media. Hal.27-28 ISBN: 9786237365167 Purba, R. (2016). Tipografi Kreasi Motif Gorga Batak. Jurnal Proporsi, 1(2), 190-201.
  31. Putra, Azwar Aditya dan Vella Varisa. 2019. Video Kabupaten Tangerang Pada Dinas DISPORABUDPAR Pariwisata. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.5 No.1 : 65.
  32. Putri, M., A., dan Archita Desiana Logiana. 2018. Perancangan Komik Belajar Bahasa Jepang Dengan Huruf Romaji Untuk Usia 15-16 Tahun Di SMA Budi Luhur Karang Tengah. Jakarta: Jurnal PANTAREI. Vol.3 No.2 ISSN: 25797441.
  33. R, P., & R, N. (2016). Video Animasi Stop Motion Sebagai Media Pembelajaran Pada Kampanye Pengenalan Tertib Berlalu Lintas Bagi Remaja Pengendara Sepeda Motor. Journal of Pembangunan Jaya University, 3, 1-8.
  34. Ramdhan, S., Tullah, R., & Janah, S. N. (2019). Iklan Animasi Stop Bullying Pada SD Negeri Cibadak II Berbasis Multimedia. Jurnal Sisfotek Global, 9(2), 6-13.
  35. Ramdhan, W., & Hizriani. (2017). Perancangan Alat Penyortir Permen Berdasarkan Perbedaan Warna Menggunakan Sensor RGB LED Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 2(1), 6-10.</div>
  36. Riswanto. Asti Ideliana dan Siti Kholipah M. 2017. Media Iklan Menggunakan Aplikasi Adobe After Effect Guna Penunjang Informasi dan Promosi di CV. Yuka Production Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.3 No.1 : 14-15.
  37. Rosmala. 2017. Peranan Komunikasi Informasi Manajemen Berbasis Komputer Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kelurahan Tambusai Tengah Kabupaten Rokan Hulu. Padang: Jurnal MENARA Ilmu. Vol.XI No.78 ISSN: 2528-7613.
  38. Rosyadi, M. G., & Winarno. (2017). Komposisi Warna Pada Lukisan Makhfoed Yang Berjudul Perjalanan Periode 2001-2016. Jurnal Seni Rupa, 3(5), 574-583.
  39. Rukmiyati, N., M., S., dan I Ketut Budiartha. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). Bali: E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol.5 No.1 ISSN: 2337-3067.
  40. Santoso, Sugeng., Ilamsyah dan Aldian Firmansyah. 2019. Aplikasi Monitoring Rumah Kos Berbasis Android Di Kota Tangerang. Jakarta: Jurnal Maklumatika. Vol.5 No.2 ISSN: 2407-504.
  41. Sastrawan, Putu Virgo. I Ketut Resika Arthana dan I Gede Partha Sindu. 2017. Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI). ISSN 2252 – 9063. Vol 6 No 1 : 4.
  42. Septianingsih, Rini dan Bhanu Sri Nugraha 2019. Pembuatan Video Company Profile Hotel Brothers Inn Babarsari Sebagai Media Promosi dan Informasi. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. Jurnal INFOS. E-ISSN: 2655-142X. P-ISSN: 2655-190X. Vol.1, No.2: 23.
  43. Setyanti, N., & Khabibah , U. (2017). Aplikasi Adobe Photoshop Cs6 Untuk Pembuatan Desain Katalog Sebagai Media Promosi di CV Kajeye Food Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 439-444.
  44. Sihombing, V., & Yanris, G. J. (2020). Penerapan Aplikasi Dalam Mengolah Aset Desa (Studi Kasus: Kepenghuluan Sri Kayangan). Jurnal Mantik Penusa, 4(1), 12-15.
  45. Siregar, Mawardi. 2016. Tafsir Tematik Tentang Seleksi Informasi. Langsa: Jurnal At-Tibyan. Vol.2 No.1 ISSN: 2579-5708.
  46. Sudaryono, Desrianti, D. I., & Maulida, S. N. (2018). Media Animasi Interaktif Untuk Anak Usia Dini Pada RA Yasir Tangerang. Innovative Creative and Information Technology, 4(2), 168-179.
  47. Sunarya, L., Ayudita, N. E., & Prabawa, S. A. (2018). Video Promosi Jurusan Sistem Informasi Berbasis Motion Graphic Pada STMIK Raharja Tangerang. Jurnal SENSI, 4(1), 35-45.
  48. Sunarya, L., Budiarto, M., & Assyifa, J. D. (2015). Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Creative Communication and Innovative Technology, 9(1), 77-86.
  49. Sunarya, Lusyani. 2016. Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Penunjang Informasi Pada Event Raker XII Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: Jurnal CICES. Vol.2 No.1 ISSN: 2356-5209.
  50. Sunarya, Lusyani. 2017. Diktat Mata Kuliah Diktat Mata Kuliah Aplikasi Program Komputer MAVIB II. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
  51. Sunarya, Lusyani. Desi Wahyu Kartika Sari dan Pajrin Wurika Sahara. 2016. Perancangan Media Iklan Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi Pada Hotel Sitamiang 2 Bogor. Tangerang: STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN: 2356-5195. Vol.2 No.1 : 17.
  52. Sunarya, Lusyani., Ogi Dermawan., dan Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System Dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Tangerang: Jurnal SENSI. Vol.2 No.1 ISSN: 2461-1409.
  53. Triyono. Rosiana Safitri dan Taufik Gunawan. 2018. Perancangan Sistem Informasi Absensi Guru dan Siswa Pada SMK Pancakarya Tangerang Berbasis Web. Tangerang : Stmik Raharja. Jurnal Sensi. Vol.4 No.2.
  54. Turangan, Atalya Sharon. Wibowo. Rika Febriani. 2016. Perancangan Buku Interaktif Belajar Baca Tulis Bagi Orangtua Anak Penderita Disleksia di Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra. Journal DeKaVe, Vol. 9 No.2 : 13.
  55. Wahyuni, Sri., Afina Miftahurrachmah dan Ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta: Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. Vol.5 No.1 ISSN: 2302-3805.
  56. Wardan, R., & Kurniadi, D. (2017). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 14(2), 125-132.
  57. Warnadi, & Triyono, A. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublis Publisher. Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91-100.