TA1433382108
PERANCANGAN APLIKASI TRACER STUDY BERBASIS
WEB PADA UNIVERSITAS RAHARJA MENGGUNAKAN
LARAVEL FRAMEWORK
OLEH:
NIM |
: 1433382108
|
NAMA |
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
TANGERANG
2019/2020
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN TIGAS AKHIR
PERANCANGAN APLIKASI TRACER STUDY BERBASIS
WEB PADA UNIVERSITAS RAHARJA MENGGUNAKAN
LARAVEL FRAMEWORK
Disusun Oleh :
NIM |
: 1433382108
|
Nama |
: Suhendi
|
Fakultas |
: Sains dan Teknologi
|
Sains dan Teknologi |
: Diploma 3
|
Program Studi |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Artificial Informatics
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, September 2019
Rektor |
Ketua Program Study
| ||||
UNIVERSITAS RAHARJA |
Program Study Teknik Informatika
| ||||
(Dr.Po.Abas Sunarya,M.Si) |
(Dedeh Supriyanti, S,Kom.,M.T.I)
| ||||
NIP : 000594 |
NIP : 08165
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
APLIKASI MOBILE COMMERCE (M-COMMERCE)
BERBASIS ANDROID PADA PT GEMANUSA
SENTRA TEKNOLOGI
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1422480857
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Software Engineering
Disetujui Oleh :
Tangerang, 17 Juli 2018
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
NID : 08203 |
NID : 14019
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
APLIKASI MOBILE COMMERCE (M-COMMERCE)
BERBASIS ANDROID PADA PT GEMANUSA
SENTRA TEKNOLOGI
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1422480857
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Software Engineering
Tahun Akademik 2017/2018
Disetujui Penguji :
Tangerang, 17 Juli 2018
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
APLIKASI MOBILE COMMERCE (M-COMMERCE)
BERBASIS ANDROID PADA PT GEMANUSA
SENTRA TEKNOLOGI
Disusun Oleh :
NIM |
: 1422480857
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Software Engineering
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar sarjana baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Penyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan di atas tidak benar.
Tangerang, 17 Juli 2018 | |
Wury Intan Tiana | |
NIM. 1422480857 |
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Banyaknya penggunaan telepon pintar atau yang sering disebut sebagai smartphone telah merubah perilaku atau gaya hidup sebagian masyarakat, khususnya perubahan dalam pola perilaku belanja. Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih bertransaksi secara online dibandingkan dengan cara konvensional. Pada PT Gemanusa Sentra Teknologi penjualan produk masih menggunakan cara konvensional, berinteraksi langsung dengan pelanggan. Kurangnya kuantitas staff marketing membuat perusahaan ini membutuhkan sistem yang dapat meringankan pekerjaan staff marketing. Sistem yang dapat diakses melalui perangkat mobile agar dapat diakses kapan pun dan dimana pun. Tujuan dari penelitian ini adalah menyediakan aplikasi mobile commerce berbasis Android agar staff marketing dapat mempromosikan atau mengiklankan produknya dengan mudah. Untuk itu dibutuhkan beberapa metode penelitian untuk menghasilkan aplikasi e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seperti metode SWOT untuk menganalisa sistem dan juga metode SDLC atau waterfall untuk pengembangan sistem yang sebelumnya. Penggunaan UML juga dibutuhkan untuk menyusun rancangan sistem yang akan dibuat serta Black Box testing untuk menguji keseluruhan sistem yang telah dibuat. Bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti HTML5, PHP dan JavaScript juga dibutuhkan untuk membangun aplikasi ini, serta enkapsulator seperti Apache Cordova untuk mengemas bahasa pemrograman web tersebut sehingga dapat dipasang di berbagai perangkat mobile.
Kata Kunci: Aplikasi Mobile, E-Commerce, M-Commerce.
ABSTRACT
The large number of smartphone usage has changed the behavior or lifestyle of most people, especially changes in shopping patterns behavior. Today many people prefer online transactions rather than the conventional way. Product Sales in PT Gemanusa Sentra Teknologi is still using the conventional way to sell their product, they still interact directly with customers. Lack of number of marketing staff make this company need a system that can ease the work of their staff. System that can be accessed through mobile devices to be accessible anytime and anywhere. The purpose of this research is to provide Android-based mobile commerce application so that marketing staff can promote or advertise their products easily. For that we need some research methods to produce e-commerce applications in accordance with the needs of the people. Such as SWOT method to analyze system and also method of SDLC or waterfall for the development of the previous system. UML usage is also required to draft the system that will be created as well as Black Box testing to test the entire system that has been created. High-level programming languages such as HTML5, PHP and JavaScript are also needed to build this application, as well as encapsulators such as Apache Cordova to package the web programming language so that it can be installed on various mobile devices.
Keywords: Aplikasi Mobile, E-Commerce, M-Commerce.
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim,
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis mampu menyelesaikan penulisan laporan Skripsi ini dengan baik dan tepat waktu.
Penulisan laporan Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan jenjang Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika pada Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK). Sebagai bahan laporan, penulis memperoleh informasi dengan melakukan observasi, wawancara dan studi pustaka dari berbagai sumber terkait dengan masalah dalam laporan ini.
Penyusunan laporan ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada:
- Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I. selaku Ketua Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
- Bapak Sandro Alfeno, M.Kom selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Ilamsyah, M.Kom, selaku Dosen Pembimbing II yang telah banyak meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan masukan pada penulisan laporan Skripsi ini.
- Bapak Tri Sakti, S.Kom., selaku Direktur PT Gemanusa Sentra Teknologi yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk dapat melakukan penelitian di perusahaannya.
- Bapak Dwi Budi Utomo, S.Kom., selaku Stakeholder, yang telah banyak membantu dalam memberikan pengarahan bagi penulis.
- Kepada kedua Orang Tua serta kakak, yang selalu memberikan doa, motivasi, serta dukungan untuk menyelesaikan penulisan laporan ini.
- Kepada Teman seperjuangan yang terlalu banyak untuk disebutkan satu persatu, yang telah banyak membantu, sehingga penulisan laporan ini dapat diselesaikan.
Penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam penulisan laporan ini. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan untuk perbaikan di masa yang akan datang. Akhir kata, penulis berharap semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi semua yang telah membaca laporan ini.
Tangerang, 17 Juli 2018 | |
Wury Intan Tiana | |
NIM. 1422480857 |
Daftar isi
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1 Daftar Versi Android
Tabel 3.1 Activity Diagram Sistem Penjualan yang Berjalan
Tabel 3.2 Matriks Analisa SWOT
Tabel 3.3 Elisitasi Tahap I
Tabel 3.4 Elisitasi Tahap II
Tabel 3.5 Elisitasi Tahap III
Tabel 3.6 Elisitasi Final Draft
Tabel 4.1 Deskripsi Skenario Use Case Register
Tabel 4.2 Deskripsi Skenario Use Case Login
Tabel 4.3 Deskripsi Skenario Use Case Edit Profile
Tabel 4.4 Deskripsi Skenario Use Case Melihat Data Barang
Tabel 4.5 Deskripsi Skenario Use Case Mengelola Barang
Tabel 4.6 Deskripsi Skenario Use Case Tambah Ke Keranjang
Tabel 4.7 Deskripsi Skenario Use Case Check Out
Tabel 4.8 Deskripsi Skenario Use Case Melakukan Pembayaran
Tabel 4.9 Deskripsi Skenario Use Case Melihat Detail Order
Tabel 4.10 Deskripsi Skenario Use Case Mengelola Data Users
Tabel 4.11 Deskripsi Skenario Use Case Melihat Laporan
Tabel 4.12 Deskripsi Skenario Use Case Logout
Tabel 4.13 Activity Diagram Sistem Penjualan yang Diusulkan
Tabel 4.14 Perbedaan Prosedur Sistem Berjalan dan Sistem Usulan
Tabel 4.15 Spesifikasi Tabel Users
Tabel 4.16 Spesifikasi Tabel Province
Tabel 4.17 Spesifikasi Tabel City
Tabel 4.18 Spesifikasi Tabel Roles
Tabel 4.19 Spesifikasi Tabel Products
Tabel 4.20 Spesifikasi Tabel Category
Tabel 4.21 Spesifikasi Tabel Stock
Tabel 4.22 Spesifikasi Tabel Images
Tabel 4.23 Spesifikasi Tabel Image_type
Tabel 4.24 Spesifikasi Tabel Cart
Tabel 4.25 Spesifikasi Tabel Invoice
Tabel 4.26 Spesifikasi Tabel Order
Tabel 4.27 Spesifikasi Tabel Order_status
Tabel 4.28 Skenario Rancangan Halaman Home
Tabel 4.29 Skenario Rancangan Halaman Login
Tabel 4.30 Skenario Rancangan Halaman Register
Tabel 4.31 Skenario Rancangan Halaman User Profile
Tabel 4.32 Skenario Rancangan Halaman Catalog
Tabel 4.33 Skenario Rancangan Halaman Cart
Tabel 4.34 Skenario Rancangan Halaman Dashboard
Tabel 4.35 Skenario Rancangan Halaman Products
Tabel 4.36 Skenario Rancangan Halaman New Product
Tabel 4.37 Skenario Rancangan Halaman Detail Product
Tabel 4.38 Skenario Rancangan Halaman Users
Tabel 4.39 Skenario Rancangan Halaman Order
Tabel 4.40 Skenario Rancangan Halaman Order Detail
Tabel 4.41 Skenario Rancangan Halaman Report
Tabel 4.42 Skenario Rancangan Halaman Setting
Tabel 4.43 Black Box Testing
Tabel 4.44 Schedule
Tabel 4.45 Estimasi Biaya
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Perkembangan Sistem Operasi Android di Indonesia
Gambar 2.2 Penggunaan Versi Android di Indonesia
Gambar 2.3 Matriks SWOT
Gambar 2.4 Tahapan Model Waterfall
Gambar 3.1 Logo PT Gemanusa Sentra Teknologi
Gambar 3.2 Struktur Organisasi PT Gemanusa Sentra Teknologi
Gambar 3.3 Use Case Diagram Sistem Penjualan yang Berjalan
Gambar 3.4 Sequence Diagram Sistem Penjualan Barang yang Berjalan
Gambar 3.5 Sequence Diagram Sistem Penjualan Software yang Berjalan
Gambar 4.1 Use Case Diagram Aplikasi M-Commerce
Gambar 4.2 Sequence Diagram Registrasi Sistem Penjualan yang Diusulkan
Gambar 4.3 Sequence Diagram Login Sistem Penjualan yang Diusulkan
Gambar 4.4 Sequence Diagram New Product Sistem Penjualan yang Diusulkan
Gambar 4.5 Sequence Diagram Edit Product Sistem Penjualan yang Diusulkan
Gambar 4.6 Sequence Diagram Delete Product Sistem Penjualan yang Diusulkan
Gambar 4.7 Sequence Diagram Pembelian Produk Sistem Penjualan yang Diusulkan
Gambar 4.8 Sequence Diagram Edit User Sistem Penjualan yang Diusulkan
Gambar 4.9 Sequence Diagram Delete User Sistem Penjualan yang Diusulkan
Gambar 4.10 Sequence Diagram Logout Sistem Penjualan yang Diusulkan
Gambar 4.11 Class Diagram Sistem Penjualan yang Diusulkan
Gambar 4.12 Sketsa Prototype Halaman Home
Gambar 4.13 Sketsa Prototype Halaman Login
Gambar 4.14 Sketsa Prototype Halaman Register
Gambar 4.15 Sketsa Prototype Halaman User Profile
Gambar 4.16 Sketsa Prototype Halaman Catalog
Gambar 4.17 Sketsa Prototype Halaman Cart
Gambar 4.18 Sketsa Prototype Halaman Dashboard
Gambar 4.19 Sketsa Prototype Halaman Products
Gambar 4.20 Sketsa Prototype Halaman New Product
Gambar 4.21 Sketsa Prototype Halaman Detail Product
Gambar 4.22 Sketsa Prototype Halaman Users
Gambar 4.23 Sketsa Prototype Halaman Order
Gambar 4.24 Sketsa Prototype Halaman Order Detail
Gambar 4.25 Sketsa Prototype Halaman Report
Gambar 4.26 Sketsa Prototype Halaman Setting
Gambar 4.27 Tampilan Halaman Home
Gambar 4.28 Tampilan Halaman Login
Gambar 4.29 Tampilan Halaman Register
Gambar 4.30 Tampilan Halaman Profile
Gambar 4.31 Tampilan Halaman Catalog
Gambar 4.32 Tampilan Halaman Cart
Gambar 4.33 Tampilan Halaman Dashboard
Gambar 4.34 Tampilan Halaman Products
Gambar 4.35 Tampilan Halaman New Product
Gambar 4.36 Tampilan Halaman Product Detail
Gambar 4.37 Tampilan Halaman Edit Product
Gambar 4.38 Tampilan Halaman Users
Gambar 4.39 Tampilan Halaman Order
Gambar 4.40 Tampilan Halaman Order Detail
Gambar 4.41 Tampilan Halaman Report
Gambar 4.42 Tampilan Halaman Setting
DAFTAR SIMBOL
I. SIMBOL USE CASE DIAGRAM
II. SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM
III. SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM
IV. SIMBOL CLASS DIAGRAM