Sl1821499301

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN VIDEO PROMOSI BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUNJUNG

PADA RUMAH MAKAN REMAJA KURING RESTO JATIUWUNG


SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1821499301

NAMA : Imam Darmawan


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2022/2023


ABSTRAKSI

Promosi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan, menginformasikan dan menawarkan produk atau jasa. Saat ini kuliner menjadi sasaran utama para pecinta makanan.Tidak jarang beberapa orang lebih memilih untuk membuka bisnis usaha kuliner. Maka dari itu seorang pebisnis dibidang kuliner harus dapat mempromosikan dengan baik untuk mendapat menarik perhatian pada konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan video yang menarik agar masyarakat tertarik mengunjungi Remaja Kuring Resto Jatiuwung serta untuk membantu Remaja Kuring Resto Jatiuwung dalam upaya meningkatkan daya tarik pengunjung tidak hanya dengan foto dan design digital saja melainkan dengan adanya video promosi pengunjung dapat melihat dengan jelas fasilitas-fasilitas dan menu yang ada pada Remaja Kuring Resto Jatiuwung. Untuk memperoleh dan melengkapi data akurat yang dibutuhkan terkait dengan media video promosi Remaja Kuring Resto Jatiuwung ini menggunakan beberapa metode penelitian sebagai berikut : Pengumpulan data , Analisa SWOT, Kuesioner , dan Konsep Produksi Media (KPM) yaitu Pra Produksi , Produksi, Pasca Produksi , melalui video promosi ini diharapkan dapat menarik minat pengunjung dan dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. .

Kata kunci : Video, Promosi, Informasi


ABSTRACT


Promotion is an activity carried out by companies in marketing, informing and offering products or services. Currently culinary is the main target for food lovers. Not infrequently some people prefer to open a culinary business. Therefore, a businessman in the culinary field must be able to promote well to attract the attention of consumers. The purpose of this research is to produce an interesting video so that people are interested in visiting the Kuring Resto Jatiuwung Youth and to help the Jatiuwung Resto Kuring Youth in an effort to increase visitor attraction not only with photos and digital design but with a promotional video visitors can see clearly the facilities facilities and menus at the Jatiuwung Resto Kuring Youth. To obtain and complete the required accurate data related to the promotional video media for Teen Kuring Resto Jatiuwung, several research methods are used as follows: Data collection, SWOT analysis, questionnaires, and Media Production Concepts (KPM), namely Pre-Production, Production, Post-Production, through This promotional video is expected to attract visitors and be better known by the wider community.

.

Keywords: Video, Promotion, Information



DAFTAR PUSTAKA

  1. Manalu, M. R., & Rajagukguk, D. M. (2019). Desain Multimedia Untuk Company Profile Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Sebagai Media Promosi Efektif. JITA (Journal of Information Technology and Accounting), 2(1), 49-58.

  2. Kusumo, F., & Sulartopo, S. (2019). Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi Pada Toko Citra Meubel Semarang. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 12(1), 33-41.

  3. Pradana, Y. K. (2020). LKP: Perancangan Video Company Profile sebagai Media Promosi PO Subur Agung (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

  4. Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 165-173).

  5. Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90-108.

  6. Kusumaningsih Putri Chandra. (2019). Penerapan Strategi Promosi melalui Growth Hacking pada produk Semantic di PT. Global Data Inspirasi Magang. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia. Jurnal Ekonomi.

  7. Rochman, A., Tullah, R., & Rahman, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Data Pasien di Klinik Aulia Medika Pasarkemis. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 9(1).

  8. Supriyanti, D., Hidayat, W., & Apriyana, R. (2019). Paket Wisata Pendakian Gunung Berbasis Web pada PT. Seven Mountain Adventure dengan Menggunakan Php dan Mysql. Innovative Creative and Information Technology, 5(1), 30-38.

  9. Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(1), 1-7.

  10. Maulana, A., Sadikin, M., & Izzuddin, A. (2018). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Inventaris Berbasis Web Di Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi–BPPT. Setrum: Sistem Kendali-Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer, 7(1), 182-196.

  11. Hidayat, A., & Saleh, M. (2018). Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Pemasaran Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Inti. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 201-220.

  12. Ayu, F., & Fitri, N. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Wedding Organizer Online. Jurnal Intra Tech, 3(2), 92-104.

  13. Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

  14. Rais, N. S. R., Purba, E. H., & Isnaini, S. M. (2018). Video Promosi pada Favehotel LTC Glodok Jakarta sebagai Penunjang Informasi. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 262-274.

  15. Sugiarto, N. B. (2020). LKP: Perancangan Infografis Melalui Media Informasi Instagram Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

  16. Yulianjani, A., Martono, A., & Apriyani, D. (2019). Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Innovative Creative and Information Technology, 5(1), 77-93.

  17. Wijayanti, N. S., Sutirman, S., Purwanto, P., Hanafi, M., & Rusdiyanto, W. (2018). Analisis Kebutuhan Keterampilan Desain Grafis Perkantoran Bagi Mahasiswa D3 Sekretari UNY. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 1-8

  18. Majidah, M., Hasfera, D., & Fadli, M. F. M. (2019). Penggunaan Warna Dalam Desain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 95-106.

  19. Pujiyanto, P., & Ramadhan, A. Z. (2019). Perancangan Buku Panduan Permainan Bola Basket 2017 Berbasis Fotografi. MAVIS: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(02), 56-63.

  20. Wulandari, Y., & Soewardikoen, D. W. (2019). Perancangan Brand Identity Pariwisata Garut. eProceedings of Art & Design, 6(3).

  21. Akbar, Y. A., & Yuliawan, K. (2018). Animasi Infografis Produk Asuransi Bumiputera Manokwari Menggunakan Adobe After Effect CS6. Jurnal Teknologi Dan Ilmu Komputer Prima (Jutikomp), 1(1), 5-10.

  22. Sujana, A. P., & Chandra, N. (2018). Perancangan dan Implementasi Video Wall Berbasis Raspberry Pi pada Majalah Dinding Elektronik. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 7(1), 39-46.

  23. Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.

  24. Sunandar, E., & Miswanto, M. (2019) Sekolah Alam Mekar Bakti dalam Pembuatan Video Promosi Penunjang Informasi. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 5(2), 151-158.

  25. Oktavianus, Y., & Kamal, M. N. (2019). Video Promosi Wisata Kuau Kuliek Nagari Sungai Buluah. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(4).

  26. Duan, R. R., Kalangi, J. A., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada Pt. Hasjrat Abadi Tobelo. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 128-136.

  27. Nurhidayati, B. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Health Wealth International (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Padangsidimpuan) (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

  28. Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121.

  29. Budiarto, M., & Bella, U. (2018). Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 217-227.

  30. Fitriyanti, V. (2018). Pembelajaran Membuat Sinopsis Tentang Isi Buku Nonfiksi Yang Dibaca Dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas Vii Smp Angkasa Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

  31. Di Bumi Wilwatikta, M. P. (2018) Rias Karakter Kebo Taruna Dalam Pergelaran Teater Tradisi Mentari Pagi Di Bumi Wilwatikta Oleh: Amanah Dwi Septiana NIM. 15519134004.

  32. Ramdhan, S., Tullah, R., & Janah, S. N. (2019). Iklan Animasi Stop Bullying Pada SD Negeri Cibadak II Berbasis Multimedia. Jurnal Sisfotek Global, 9(2).

  33. Nurwijayanti, A. (2021). Peran Penulis Naskah Dalam Produksi Film Dokumenter “Dilema Protokol Kesehatan Di Pasar Tradisional” (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta).

  34. Sudaryono, S., Desrianti, D. I., & Lestari, K. S. (2018). Infografis Validasi Kuliah Kerja Praktek Dengan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 2(1), 1-10.

  35. Tama, A. K. W., Putra, A. A., & Fikri, M. A. (2018). Video Profile Jurusan Sistem Komputer Jenjang Strata Satu Pada STMIK Raharja Tangerang. Journal Cerita, 4(2), 99-109

  36. Martono, D., Al Husain, A. H., & Iswara, D. (2018). Media Company Profile Berbentuk Desain Booklet Menggunakan Aplikasi Photoshop Cs5 Di PT. Citra Surya Selaras Berbasis Multimedia. Journal Sensi, 4(2), 180-190.

  37. Martina, M., Khodijah, N., & Syarnubi, S. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten Oki. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 164-180.

  38. Wahyuni, P. D., Djatmika, E. T., & As’ari, A. R. (2018). Pengaruh Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 679-684.

  39. Priandono, F. (2019). Manajemen Humas Pendidikan Dalam Upaya Pencitraan Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2), 391-410.

  40. Wahzudik, N. (2018). Kendala dan rekomendasi perbaikan pengembangan kurikulum di sekolah menengah kejuruan. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(2), 87-97.

  41. Sunarya, L., Maimunah, M., & Budiyanto, K. (2020). Video Promosi Beasiswa Student Get Student Pada Universitas Raharja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 6(1), 90-99.

  42. Yichunanto, S. (2020). Perancangan dan Implementasi Video Pengenalan Darmasiswa pada Tahun Pelajaran 2019/2020 Dengan Menggunakan Adobe Premier Pro Cc 2019 (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Batam).

  43. Ananda, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Adobe Illustrator Dan Adobe After Effect Pada Materi Bioproses Dalam Sel Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI Pada 3 SMA Negeri Di Duri Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

  44. Aulianti, W. D., Karim, S. A., & Riska, M. (2021). Pengembangan Game Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Android. Jurnal MediaTIK, 4(2), 27-32.

  45. Khanifah, U., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pengerajin Mebel Limbah Kayu Dengan Analisa Swot (Efas-Ifas)(Studi kasus: pengrajin mebel limbah kayu Desa Kangkung, Kec. Mranggen, Kab. Demak). Journal of Management, 4(4).

  46. Marginingsih, R. (2019). Analisis SWOT technology financial (fintech) terhadap industri perbankan. 55 : 60.

  47. Prandawa, B. L. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Pengaduan Sarana Dan Prasarana Berbasis Web (Studi Kasus Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta). Senamika, 1(2), 123-135.

  48. Hanafri, M. I., Triono, T., & Luthfiudin, I. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global, 8(1).

  49. Zakiyah, F. (2020). Gambaran Efek Samping Penggunaan Kontrasepsi Hormonal: Literature Review (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

  50. Sari, N. L. P. D. Y., & Rekawati, E. (2019). Manfaat Aromassage untuk Lansia dengan Hipertensi: A Literature Review. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes (Journal of Health Research Forikes Voice), 10(2), 93-98.

  51. Khan, T. K. A., Abd Karim, Z., & Sato, N. (2019). Self-Talk Intervention Using Video–Imagery: Effects on Under 19 State Soccer Players’ Anaerobic Performance. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences, 9(7).

  52. Baharudin, S. N., Zulkiflei, K., & Yunus, M. M. (2019). Using Multimedia to Promote Students’ Learning and Understanding of English Literature in Secondary School. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(2), 106-117

  53. Asuncion, R. J. R., Domingo, G. A. G., Ballesteros, R. N., & Guzman, M. R. (2018). On Infographics in MTB-MLE. International Journal of Multidisciplinary Approach & Studies, 4(2).

Contributors

Admin, Imam Darmawan