Si-nim

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN VIDEO CINEMATIC UNTUK

MENDUKUNG PROMOSI PADA

UNIVERSITAS RAHARJA


SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM : 1821498943


NAMA : MAULANI SHIVA AMALIA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021






ABSTRAK


Lembaga pendidikan saat ini menggunakan sosial media yang memiliki peran penting dalam melakukan kegiatan promosi. Sehingga informasi serta promosi yang diberikan dapat tersampaikan dengan efektif dan secara luas penyebarannya. Universitas Raharja berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 40, Cikokol, Kota Tangeran, Banten. Memiliki fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Sains dan Teknologi, dengan program studi jenjang Diploma 3 (D3), Strata 1 (S2), dan Strata 2 (S3). Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu Universitas Raharja dalam promosi serta dapat meningkatkan minat calon mahasiswa baru dan masyarakat, yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah pendaftar setiap tahunnya. Universitas Raharja memiliki permasalahan dalam media promosi sebelumnya, yang hanya melalui media cetak seperti spanduk, brosur dan media sosial seperti instagram dan youtube, serta belum memiliki video cinematic untuk mendukung promosi pada Universitas Raharja, sehingga dinilai kurang menarik calon mahasiswa baru secara visualisasi. Selain itu, Universitas Raharja mengalami penurunan jumlah pendaftar pada tahun 2020, sehingga diperlukan strategi marketing dalam bentuk media video cinematic untuk mendukung promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pengumpulan Data, Analisis SWOT, dan Konsep Produksi Media (KPM) dengan perancangan media yang menggunakan software Adobe After Effect CC 2019, Adobe Premiere Pro CC 2019, Adobe Photoshop CC 2019, Adobe Audition CC 2019 dan Adobe Illustrator CC 2019. Hasil dari penelitian ini adalah berupa perancangan media video cinematic untuk mendukung promosi, yang diharapkan dapat membantu pihak universitas dalam kegiatan promosi untuk menarik minat calon mahasiswa baru dan dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Kata Kunci : universitas, video cinematic, media


ABSTRACT


Educational institutions currently use social media which has an important role in carrying out promotional activities. So that the information and promotions provided can be conveyed effectively and disseminated widely. Raharja University is located on Jl. Jenderal Sudirman No. 40, Cikokol, Tangerang City, Banten. Has Economics and Business as well as Science and Technology, with study programs at Diploma 3 (D3), Strata 1 (S2), and Strata 2 (S3) levels. The purpose of this study is to help Raharja University in the promotion and to increase the interest of prospective new students and the public, which is expected to increase the number of registrations each year. Raharja University had problems with the previous media, which was only through print media such as banners, brochures, and social media such as Instagram and YouTube, and did not yet have a cinematic video to support Raharja University, so it was considered less attractive for new students visually. In addition, Raharja University has experienced a decrease in the number of registrants in 2020, so a marketing strategy is needed in the form of cinematic video media to support promotions. The methods used in this research are Data Collection, SWOT Analysis, and Media Production Concepts (KPM) with media design using Adobe After Effect CC 2019 software, Adobe Premiere Pro CC 2019, Adobe Photoshop CC 2019, Adobe Audition CC 2019, and Adobe Illustrator CC 2019. The results of this research are in the form of cinematic video media design to support promotions, which are expected to assist the university in activities to attract prospective new students and can be known by the wider community.

Keywords: university, cinematic video, media




DAFTAR PUSTAKA

  1. Amelia. Maria Rosario dan Marrylinteri Istoningtyas. 2019. “Perancangan Sistem Informasi Dana BOS Guru Pada SD Negeri 13/IV Kota Jambi Berbasis Web”. Jambi: STIKOM Dinamika Bangsa.

  2. Budiarto, Mukti. Ulis Bella dan Nita Yuliania. 2018. “Media Promosi dan Informasi Pada Pt. Gardena Karya Anugrah Berbentuk video Company Profile”. Tangerang: Universitas Raharja. CICES (Cyberpreneurship Innovative and Creative of Exact and Social Science) Journal. ISSN: 2356-5209. Vol.4. No.2: 218, 110

  3. Permana, Angga Aditya dan Desi Nurnaningsih. 2018. Rancangan Aplikasi Pengamanan Data dengan Algoritma Advanced Encyption Standard (AES). Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Teknik Informatika. Vol. 11, No. 2:178

  4. Apriani, Desy. Rosdiana dan Asriyani. 2018. Sarana Promosi dan Informasi Sebagai Video Profile SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang. Tangerang: Universitas Raharja. ISSN: 2356-5209. Vol. 4, No. 2:202

  5. Hardiansyah, Qodrat. Dinny Kurnia Hermawan dan Tajul Mutakin. 2018. Video Profile Sebagai Media Penunjang Informasi dan Promosi Pada SMK Putra Tama Mandiri. Tangerang: Universitas Raharja. ISSN: 2356-5195. Vol. 4, No. 1:76

  6. Putra, Azwar Aditya dan Vella Carisa. 2019. Video Kabupaten Tangerang Pada Dinas DISPORABUDPAR Pariwisata. Tangerang: Universitas Raharja. ISSN: 2356-5209. Vol. 5. No. 1:65

  7. Andriyanto dan Dianarti Muhyani. 2019. Desain Media Promosi dan Komunikasi Visual Pada Yayasan SMK Islam Baidhaul Ahkam Kota Tangerang. Tangerang: Universitas Raharja. ISSN: 2461-1417. Vol. 5, No. 2:224

  8. Rimayanti, Nita. Ana Yulianti. Belli Nasution dan Evawani Elysa Lubis. 2019. Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia. Riau: Universitas Riau. IT Journal Research and Development (ITJRD). ISSN: 2528-4061. Vol. 3, No. 2:84

  9. Maulana, Alief. Muhammad Sadikin dan Arief Izzuddin. 2018. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Inventaris Berbasis Web Di Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi. ISSN: 2301-4652. Vol. 7, No. 1:184

  10. Sallaby, Achmad Fikri dan Indra Kanedi. 2020. Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter. Bengkulu: Universitas Dehasen Bengkulu. Jurnal Media Infotama. Vol. 16, No,1:49

  11. Andriyan, Wendy. Sindiawati dan Ghina Puspita Kurnia. 2020. Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang. Tangerang: Universitas Raharja. Bina Insani ICT Jurnal. Vol. 7, No.1:77

  12. Yulianjani, Arsi, Aris Martono dan Dwika Apriyani. 2019. Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat. Tangerang: Universitas Raharja. Journal ICIT. ISSN : 2356-5195. Online ISSN : 2654-8704. Vol. 5 No. 1:79-80

  13. Wijayanti, Nadia S. Sutirman. Purwanto. Moch. Hanafi. Wahyu Rusdiyanto. 2018. Analisis Kebutuhan Keterampilan Desain Grafis Perkantoran Bagi Mahasiswa D3 Sekretaris UNY. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta. Jurnal Efisiensi. ISSN: 1412-1131. Vol. 15, No. 2:4

  14. Fajriani, Kartika dan Heppy Liana. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Pencampuran Warna Dengan Percobaan Sains Sederhana di TK Islami Silmi Samarinda. Kalimantan Timur: Universitas Nahdlatul Ulama. Vol. 4. No. 1:34-35

  15. Ghifari, Asy Syifa Rahma. 2019. Perancangan Background Untuk Film Animasi Pendek 2D Lontong Cap Gomeh. Semarang: Telkom University. E-Proceeding of Art & Design. ISSN: 2355-9349. Vol.6. No.2:777

  16. Rofi’i. Pujiyanto dan Ahmad Zakiy Ramadhan. 2019. Perancangan Buku Panduan Permainan Bola Basket 2017 Berbasis Fotografi. Magelang: Universitas Negeri Magelang. ISSN: 2656-9159. Vol.1, No. 2:61

  17. Hary, Kenny Arthur dan Birmanti Setia Utami. 2019. Perancangan Cinematic Company Profile Jawa Pos Radar Semarang. ISSN: 2580-8753. Vol. 3, No.2:64

  18. Fortunanda, Driepuza Ryan. 2021. Lingkarang Sebagai Frame Dimension Film I Am Not Madame Bovary. Karya Feng Xiaogang. ISSN: 2654-5391. Vol. 4, No. 2:25

  19. Oktavia, Wildani Khoiri. Rahmah Fitroh. Hastin Wulandari dan Fitri Feliana. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. ISSN: 2715-7121

  20. Dela, Vitria Larseman. 2020. Strategi Coping Stress Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Yang Menyusun Skripsi di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Sumatera Utara: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. ISSN: 2527-4244. Vol. 4, No. 2:90

  21. Rohmawati, Indah. Sudargo. Ika Menarianti. 2019. Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara TANARA Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Semarang: Universitas PGRI Semarang. Jurnal SITECH. ISSN: 2615-8531. Vol. 2. No. 2:175

  22. Chandra, N dan A P Sujana. 2018. Perancangan dan Implementasi Video Wall Berbasis Raspberry Pi Pada Majalah Dinding Elektronik. ISSN: 2252-9039. Vol. 7. No. 1:43

  23. Hafizah, Syarifah. 2020. Penggunaan dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. ISSN: 2337-5973

  24. Erlansyah, Deni. 2018. Perangkat Lunak Bantu Dunia Hewan Karnivora Berbasis Multimedia Interaktif. Konferensi Nasional Sistem Informasi

  25. Limandjaja, Joshua Axel. Deddi Duto Hartanto dan Merry Sylvia. 2020. Perancangan Audio Visual Berupa Web Series Tentang Pola Hidup Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Gastritis. Surabaya: Universitas Kristen Petra

  26. Alamsyah, Rizki. Anselmus J E Toenlioe. Arafah Husna. 2018. Perancangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang. ISSN 2615-8787

  27. Milawasri, Diana F.A. Nyayu Lulu Nadya. 2020. Hubungan Membaca Teks Wawancara Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 32 Palembang. Palembang: Universitas Tridinanti Palembang. Vol. 1, No. 1:1

  28. Maulani, Giandari. Sugeng Widada dan Nabila Geysaka Amir. 2020. Media Sistem Informasi Video Profile SMA Permata Insani Menggunakan Adobe Creative Cloud. Tangerang: Universitas Raharja. SENSI Journal. ISSN: 2461-1409. Online ISSN: 2655-5298. Vol.6, No.1: 30

  29. Diniah, Zouhrotun dan Maya May Syarah. 2019. Analisis Produksi Program Khazanah Trans7 Episode Khazanah Etalase. Universitas IBN Khaldun Bogor dan Universitas BSI Jakarta. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah. ISSN: 2599-3445. Vol. 3 No. 1: 162

  30. Widada, Sugeng. Adi Kusuma Widya Tama. Nanda Lestari. 2020. Video Profile Sebagai Media Promosi Pada MTS Al-Husna YPIHN Curug Kabupaten Tangerang. Tangerang: Universitas Raharja. ISSN: 2655-2574. Vol. 6, No. 1: 41-45

  31. Putra, Azwar Aditya dan Vella Carisa 2019. Video Kabupaten Tangerang Pada Dinas Disporabudpar Pariwisata. Tangerang: Universitas Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356-5209. Vol.5, No.1: 65

  32. Azhar, Asbon Hendra. Ratih Adinda Destari dan Bob Subhan Riza. 2021. Pelatihan Pemanfaatan Adobe After Effect Dalam Pembuatan Iklan. Medan: Universitas Potensi Utama. Vol. 2, No. 1:44

  33. Mair, Zaid Romegar dan Yuni Kartika. 2021. Alur Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Sekayu Berbasis Multimedia. Sumatera Selatan: Politeknik Sekayu. Jurnal Nasional Ilmu Komputer. ISSN: 2746-1343. Vol. 2, No. 3:150

  34. Septiawan, Rian dan Cindy Taurusta. 2021. Rancang Bangun Animasi Tata Cara Sholat Di Masjid Saat Pandemi. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Vol. 1, No.2:1

  35. Triyono. Apit Priatna. 2020. Rancang Bangun Game Edukasi Sinau Basa Lain Aksara Jawa (SIBAKJA) Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kebumen. Karawang: STMIK ROSMA. Jurnal Interkom. ISSN: 1907-8420. Vol. 14, No. 4:46

  36. Hanafri, Muhammad Iqbal. Triono dan Imam Luthfiudin. 2018. Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Tangerang: STMIK Bina Sarana Global. ISSN: 2088-1762. Vol. 8, No. 1:82

  37. Dharmawan, Weishky Steven, dkk. 2018. Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop. ISSN : 2339-1928. Vol. 4, No. 2 : 160

  38. Suherman, Yahya. Rahmat Gunawan dan Shafira Ramadhanti Roswandi. 2021. Pembuatan Video Cinematic Promosi Pada Perumahan Grand Mutiara Village. Karawang: STMIK Rosma. Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi. ISSN: 2798-0936. Vol. 1, No. 2

  39. Sama, Hendi dan Maria Ulfa. 2021. Perancangan dan Implementasi Iklan Konten Video Cinematic Promotion Coffee Shop Renjana. Batam: Universitas Internasional Batam. Vol. 1, No. 1

  40. Mulyani, Dwi Cahyaningtyas. Pujiyanto dan Rina Nurfitri. 2020. Perancangan Video Pariwisata Kawah Wurung Bondowoso Sebagai Media Promosi. Malang: Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Malang. ISSN: 2656-9159. Vol. 2, No. 1

  41. Panegak, Muhammad Sulthon dan Tri Cahyo Kusumandyoko. 2021. Perancangan Video Promosi Batik Desa Sendangduwur Kabupaten Lamongan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Barik. ISSN: 2747-1195. Vol. 2, No. 3

  42. Purwasi, Riyanti Suci. Faldi Hendrawan dan Ahmad Zakiy Ramadhan. 2018. Perancangan Video Promosi Objek Wisata Ranudi Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia. ISSN: 2597-4300. Vol. 2, No. 1

  43. Baharudin, et al. 2019. Using Multimedia to Promote Student Learning and Understanding of English Literature in Secondary School. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. E- ISSN: 222-6990. Vol.9, No.2

  44. Kusumastuti, et al. 2020. Promotion Activities for Curug Rahong Tourism Village to Boost Tourists Arrival. International Journal of Business Studies. ISSN: 2622-4585 Vol.4, No.3

  45. Honisc, et al. 2019. Crowdfunding: Preparation Considerations and Success Factors For The German Restaurant Sector. International Journal of Hospitality and Tourism Administration. ISSN:1525-6480. Vol. 20, No 2: 182-205

  46. Veza dan Eka Safira. 2020. Perancangan video iklan promosi di perusahaan kaos menggunakan metode multimedia development life cycle. Engineering and Technology

  47. König and Jucks. 2019.When Do Information Seekers Trust Scientific Information? Insights from Recipients’ Evaluations of Online Video Lectures. International Journal of Education and Technology In Higher Education

Contributors

Maulani Shiva Amalia