SI 1521489117

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN MEDIA DESAIN SEBAGAI SARANA DENGAN

MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID 19

PADA SMK MARIA MEDIATRIX KAB.

TANGERANG


SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1521489117

NAMA : JOAN KRISTOFA PUTRA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020


UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN MEDIA DESAIN SEBAGAI SARANA DENGAN

MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID 19

PADA SMK MARIA MEDIATRIX KAB.

TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489117
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Agustus 2020

Rektor
       
Ketua Program Studi
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si)
       
(Ruli Supriati,S.Kom., M.T.I)
NIP : 000603
       
NIP : 073009




UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN MEDIA DESAIN SEBAGAI SARANA DENGAN

MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID 19

PADA SMK MARIA MEDIATRIX KAB.

TANGERANG.

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1521489117
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknologi Informasi

Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Disetujui Oleh :

Tangerang, Agustus 2020

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Erick F,S.Kom..MTI)
   
(Wahyu Hidayat, SIKom..MTI)
NID : 13005
   
NID : 16018




UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN MEDIA DESAIN SEBAGAI SARANA

DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN

COVID 19 PADA SMK MARIA MEDIATRIX

KAB. TANGERANG


 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1521489117
Nama

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknologi Informasi

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

TA. 2019/2020

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, September 2020

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


RANCANG BANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT

TERHADAP PENILAIAN CUSTOMER BERBASIS WEBSITE PADA

PT GLORY MITRA ABADI


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489117
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi

   

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

 

Tangerang,Agustus 2020
Joan Kristofa Putra
NIM : 1521489117

 

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;





ABSTRAKSI

Saat ini keterbukaan akses informasi memungkinkan informasi dapat dengan mudah diperoleh kapanpun dan dimanapun. Informasi menjadi hal penting, karena dengan informasi orang akan mendapat semua yang diinginkan. Penyebaran informasi tersebar melalui media cetak atupun media elektronik berbentuk multimedia, dari media itulah masyarakat dapat memperoleh informasi. SMK Maria Mediatrix adalah salah satu instansi pemerintahan di bidang pendidikan yang masih menggunakan media lisan dan tulisan, dan website terutama pada bagian SMK Maria Mediatrix, namun media tersebut kurang efektif untuk menginformasikan dan memperkenalkan kepada SMK Maria Mediatrix membutuhkan media desain informasi untuk menunjang berbagai kegiatan seperti menginformasikan kepada masyarakat luas khususnya calon siswa dan siswi SMK Maria Mediatrix yang berniat untuk masuk ke SMK Maria Mediatrix. Pada konsep tersebut terdapat tahapan Layout kasar, layot konferenshif dan layout jadi. Agar menghasilkan rancangan media berbasis desain informasi dengan Protokol Kesehatan Covid 19 yang baik dan berkualitas menggunakan aplikasi penunjang adobe photoshop CS5..


Kata Kunci : media, protokol, informasi



ABSTRACT

Currently disclosure of information access allows information can be easily obtained anytime and anywhere. Information is important, because with information people will get all that is desired. Dissemination of information spread through the print media and electronic media in the form of multimedia, from the media that people can obtain information. SMK Maria Mediatrix is one of the government agencies in the field of education that still uses oral and written media, and website especially on the part of SMK Maria Mediatrix, but the media is less effective to inform and introduce to SMK Maria Mediatrix need information design media to support various activities such as informing to the wider community, especially prospective students and schoolgirls SMK Maria Mediatrix who intend to enter SMK Maria Mediatrix. In that concept there are stages of rough Layout, Layot Konferenshif and finished layout. In order to produce information design based media designs with health protocol Covid 19 is good and qualified using application supporting Adobe Photoshop CS5.. .


Keywords: media, protocols, information.



KATA PENGANTAR


Perancangan Media Desain Sebagai Sarana Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19 Pada SMK Maria Mediatrix Kab. Tangerang”.

Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan Program Pendidikan Strata 1, Program Studi Teknik Informatika pada Universitas Raharja..

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
  3. Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
  4. Ibu Ruli Supriati, S.Kom. M.T.I. selaku Ketua Program Teknik Informatika..
  5. Bapak Erick Febriyanto, S.Kom.,M.T.I. sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik..
  6. 6. Bapak Wahyu Hidayat, S.I.M.Kom. sebagai Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan dan motivasi kepada penulis..
  7. 7. Bpk Amandus Petrus Duamiri S.E. selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi besar dalam lancarnya proses penelitian skripsi ini..
  8. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  9. Keluarga tercinta yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  10. Teman – teman seperjuangan yang selalu ada dan memberikan semangat.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang, Agustus 2020
Joan Kristofa Putra
NIM. 1521489117

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Adobe Photoshop CS5

Gambar 4.1 Layout Kasar Spanduk

Gambar 4.2. Layout Kasar Flayer

Gambar 4.3. Layout Kasar T-Shirt

Gambar 4.4. Layout Kasar Lebel Handsanitizer

Gambar 4.5. Layout Kasar Face Sheild

Gambar 4.6. Layout Kasar Label Diinfektan

Gambar 4.7. Layout Kasar Masker

Gambar 4.8. Layout Kasar Kalender

Gambar 4.9. Layout Kasar X-Benner

Gambar 4.10. Layout Kasar Jam Dinding

Gambar 4.11. Layout Kasar PIN

Gambar 4.12. Layout Kasar MUG

Gambar 4.13. Layout Kasar Brosur

Gambar 4.14. Layout Komprehensif Spanduk

Gambar 4.15. Layout Komprehensif Flayer

Gambar 4.16. Layout Komprehensif T-Shirt

Gambar 4.17. Layout Komprehensif Lebel Handsanitizer

Gambar 4.18. Layout Komprehensif Face Sheild

Gambar 4.19. Layout Komprehensif Lebel Diinfektan

Gambar 4.20. Layout Komprehensif Masker

Gambar 4.21. Layout Komprehensif Kalender

Gambar 4.22. Layout Komprehensif X-Benner

Gambar 4.23. Layout Komprehensif Jam Dinding

Gambar 4.24. Layout Komprehensif PIN

Gambar 4.25. Layout Komprehensif MUG

Gambar 4.26. Layout Komprehensif Brosur

Gambar 4.27. Final Artwork Spanduk

Gambar 4.28. Final Artwork Flayer

Gambar 4.29. Final Artwork T-Shirt

Gambar 4.30. Final Artwork Lebel Handsantirezer

Gambar 4.31. Final Artwork Face Sheild

Gambar 4.32. Final Artwork Gantungan KunciLebel Diinfekstan

Gambar 4.33. Final Artwork Masker

Gambar 4.34. Final Artwork Kalender

Gambar 4.35. Final Artwork X- Benner

Gambar 4.36. Final Artwork JamDinding

Gambar 4.37. Final Artwork PIN

Gambar 4.38. Final Artwork MUG

Gambar 4.39. Final Artwork Brosur

DAFTAR TABEL

Daftar isi


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kemajuan teknologi yang kian hari semakin berkembang dan membawa pengaruh besar di segala aspek bidang, salah satunya bidang informasi. Berkembangnya ilmu teknologi turut membantu manusia untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan mudah.

Akhir-akhir ini berbagai negara di dunia, tengah dikejutkan dengan wabah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus bernama corona atau lebih dikenal dengan istilah covid-19 (Corona Virus Diseases-19). Virus ini awalnya mulai berkembang di Wuhan, China. Wabah virus ini memang penularannya sangat cepat menyebar ke berbagai negara di dunia. Sehingga oleh World Health Organization (WHO), menyatakan wabah penyebaran virus covid-19 sebagai pandemi dunia saat ini. Covid 19 Sangat Berdampak Di dunia Pendidikan , Pemerintah Menganjurkan Untuk Tetap dirumah Saja Terhadap siswa-siswi sejak februari 2020 .

Desain Yang Ingin saya sampaikan Yaitu untuk kesedaran siswa-siswi terhadap bahayanya Covid 19. Dengan adanya desain ini saya berharap penyebaran Covid 19 ini tidak meluas khususnya di sekolah SMK Maria Mediatrix. .

Maka pada kesempatan ini penulis mengambil topik penelitian dengan judul “Perancangan Media Desain Sebagai Sarana Informasi Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19 Pada Smk Maria Mediatrix Kab. Tangerang”. Penelitian ini diharapkan menjadi media informasi yang efektif untuk mengedukasikan SMK Maria Mediatrix kepada siswa/i

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka penulis mengambil beberapa pokok yang akan dibahas yaitu ::

  1. Bentuk media seperti apa yang dapat melengkapi informasi sekaligus promosi pada SMK Maria Mediatrix?.

  2. Bagaimana merancang media desain informasi yang dapat meningkatkan pencitraan kepada masyarakat tentang SMK Maria Mediatrix?.

  3. Manfaat seperti apa yang akan dicapai melalui media desain informasi yang berpengaruh terhadap SMK Maria Mediatrix?.

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan permasalahan lebih teliti dan terarah, maka penulis membatasi ruang lingkup masalah yang akan dibahas, adapun permasalahan yang akan dibahas adalah hal-hal yang berkaitan Mengenai Desain Protokol Kesehatan Covid 19 terhadap Lingkungan Sekolah.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan

 :

  1. Menjadikan sebuah media desain informasi sebagai sarana penunjang informasi sekaligus menjadi media promosi mengenai SMK Maria Mediatrix..

  2. Membuat media desain informasi dengan kreatif dan menarik, dalam hal tampilan..

  3. Mengimplementasikan media desain informasi pada Maria Mediatrix.

Manfaat

  1. Dapat meningkatkan citra dan image Maria Mediatrix.

  2. Diharapkan dari perancangan media desain informasi ini akan memberikan solusi yang baik sebagai penunjang informasi kepada masyarakat..

  3. Agar hasil dari penelitian ini nantinya dapat bermanfaat bagi Maria Mediatrix, sebagai pengetahuan maupun sebagai salah satu referensi dalam pengembangan informasi

Metode Penelitian

Dalam melakukan penelitian ini digunakan lima metode penelitian yaitu analisa permasalahan, pengumpulan data, analisa data, perancangan media, dan konsep desain. Dalam masing-masing metode terdapat beberapa pendekatan, antara lain:.

Analisis Permasalahan

Dalam menentukan permasalahan pada penelitian Skripsi ini diambil berdasarkan hasil analisa permasalahan melalui wawancara kepada Stakeholder SMK Maria Mediatrix dengan Bapak Amandus Petrus Duamiri SE selaku kepala sekolah yang dilakukan pada tanggal 21 maret 2020.:.


Metode Pengumpulan Data

  1. Observasi (Observasi)

    Adalah pengambilan data, melalui pengamatan dan melaksanakan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung pada sistem dan mekanisme yang ada dalam SMK Maria Mediatrix Tangerang Jl pinus II No 1 Kutabaru Kec Pasar Kemis Tangerang Banten.

  2. Wawancara</i>

    Adalah teknik pengumpulan data secara tatap muka langsung dengan orang diwawancarai, untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai sistem produksi yang berhubungan dengan objek dalam.

  3. Studi Pustaka (Study Literature)

    Adalah pengumpulan data teori-teori cara membaca, mempelajari dan memahami buku-buku diktat bahan kuliah serta catatan-catatan yang berkaitan dengan pembahasan.

  4. </ol>

    Metode Analisa Data

    Analisis SWOT adalah singkatan dari kata-kata Strength (kekuatan perusahaan) Weaknesses (kelemahan perusahaan), Opportunities (peluang bisnis) dan Threats (hambatan untuk mencapai tujuan). Analisis SWOT adalah analisis yang terdiri dari analisis lingkungan mikro yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan, dan analisis lingkungan makro yang bertujuan untuk mengetahui peluang dan ancaman bagi perusahaan..


    Analisa Perancangan Media

    Pengolahan data atau informasi yang diangkat, yang akan dianalisa dan diolah menggunakan software yang mendukung media promosi dan informasi. Adobe Photoshop CS6 dan Adobe Illustrator CS6..

    Metode Konsep Desain

    Disampaikan tahapan-tahapan proses desain media dalam konsep desain yaitu : ::

    1. Perencanaan Media.

    2. Perencanaan Pesan..

    3. Perencanaan Visual..

    Sistematika Penulisan

    Untuk memahami lebih jelas penelitian ini, maka materi-materi yang tertera pada Skripsi ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut:

    BAB I PENDAHULUAN

    Bab ini berisi mengenai latar belakang penelitian, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan..

    BAB II LANDASAN TEORI

    Bab ini berisi teori dasar dan beberapa definisi serta literature review yang akan mendukung penelitian Skripsi ini sehingga menghasilkan karya yan g bernilai ilmiah dan memiliki daya guna..

    BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

    Bab ini berisi tentang gambaran objek penelitian pada SMK Maria Mediatrix seperti sejarah, struktur organisasi, visi dan misi, wewenang dan tanggung jawab, informasi produk, market analysis, potential market, market segmentation, tujuan pemasaran, strategi pemasaran, budget produksi media, konfigurasi hardware, dan elisitasi..

    BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

    Konsep Produksi Media yang didalamnya terdapat Tujuan Media, Strategi Media dan Program Media. Pada proses desain terdapat Layout Kasar, Layout Komprehensif, dan Final Artwork..

    BAB V PENUTUP

    Bab ini berisi beberapa kesimpulan dan juga saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian sudah dilakukan..

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN


    BAB II

    LANDASAN TEORI

    Teori Umum

    Konsep Dasar Perancangan

    Definisi Perancangan

    Maimunah, David dan Dian. 2017. Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagi Media Informasi Dan Promosi Pada PT.Sulindafin. Yogyakarta : STMIK Amikom. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805 : 38.[1], dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia ISSN : 2302-3805 Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.

    Saragih, Ambon. Emma dan Maslan Jhoni. 2015. Perancangan Aplikasi E-Library Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Pada Universitas Methodist Indonesia. Medan : Universitas Methodist Indonesia. Jurnal TIMES Vol.IV No.1 : 33 ISSN : 2337 - 3601.[2], menjelaskan “Perancangan adalah satu langkah untuk memberikan gambaran secara umum kepada manusia atau pengguna tentang sistem yang diusulkan. Perancangan sistem atau desain secara umum mendefinisikan komponen-komponen sistem in formasi pemetaan yang akan dirancang”..

    Didalam perancangan ini penulis ingin membuat media promosi berbentuk desain majalah untuk SMK Karya Bangsa Kota Tangerang. Dengan Layout yang dan warna yang menarik melalui proses desain bertahap yang nantinya akan menghasilkan desain majalah yang menarik..

    Jenis Informasi

    Sunarya,Lusyani. dkk. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang : STMIK Raharja. Jurnal CCIT Vol.9 No.1:80-81. (2016:2-3) [3] “Para ahli sistem informasi manajemen tidak mempunyai pendapat yang sama mengenai jenis-jenis informasi yang dioperasikan dalam manajemen dari berbagai pendapat yang berbeda itu dapat disimpulkan bahwa informasi dalam manajemen diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek seperti yang akan dipaparkan berikut ini:

    1. Informasi berdasarkan persyaratan, yaitu suatu suatu informasi harus memenuhi persyaratan sebagaimana dibutuhkan oleh seseorang manajer dalam rangka pengambilan keputusan yang harus segera dilakukan..

    2. Informasi berdasarkan dimensi, yaitu informasi berdasarkan dimensi waktu diklasifikasikan menjadi dua macam : informasi masa lalu dan informasi masa kini.

    3. Informasi berdasarkan sasaran, yaitu informasi yang ditunjukan kepada seseorang atau sekelompok orang, baik yang terdapat didalam organisasi maupun diluar organisasi”.

    Kualitas Informasi

    DeLone dan McLean oleh Purwanto, dkk (2017:287) [4]

    Sedangkan Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti (2017:19–20)[5].

    Sedangkan menurut Wahyu Hidayat, dkk(2018:45)dalam Jurnal Cerita Vol.4 No.1 [6] CV Pustaka Setia menjelaskan jenis media berdasarkan bentuknya terbagi menjadi empat, yaitu::

    1. 1. Media cetak, yaitu segala jenis barang/media komunikasi yang yang dilakukan melalui proses percetakan yang dapat dipergunakan sebagai sarana penyampaian pesan/informasi. Contonya: surat kabar, buku, brosur, buletin, majalah, dan lain-lain.

    2. Media visual atau media pandang, yaitu penerimaan pesan yang tersampaikan menggunakan indra penglihatan. Contohnya: televisi (tanpa suara), gambar, foto, dan lain-lain..

    3. Media audio, yaitu penerimaan pesan yang tersampaikan dengan menggunakan indra pendengara. Contohnya: radio, tape, recorder, dan lain-lain.

    4. Media audio visual aid (AVA), yaitu media komunikasi yang dapat dilihat sekaligus didengar. Untuk mengakses informasi yang disampaikan, digunakan indra penglihatan dan pendengaran sekaligus. Contohnya: televisi dan film.

    Konsep Dasar Desain Grafis

    Pengertian Desain Grafis

    Grafis dalam istilah bahasa inggris disebut Graphic diartikan sebagai goresan yang berupa titik-titik atau garis yang berhubungan dengan kegiatan cetak-mencetak. .

    Menurut Hendi Hendratman, (2015:3) [7] dalam Jurna Cerita Vol4 No.1 menjelaskan desain grafis atau yang sekarang lebih dikenal dengan desain komunikasi visual merupakan suatu bidang ilmu yang telah dikenal luas oleh masyarakat sejak tahun 60-an. Kehadirannya seiring dengan perkembangan industri di bidang yang butuh akan media promosi untuk mendukung informasi dan promosi produk. Media masa pun berkembang mulai dari yang cetak hingga digital yang pula ikut memacu perkembangan DKV..

    Sedangkan menurut sangwaranatee, dkk (2016:66) [8] dalam Life science Journal Vol.13 No.7“The computer graphic design in recognize as an excellent tool for modern designers, where there are two different levels of design involved, for instan, 2D and 3D, hich depends on the designer requireents.” (Desain Grafis komputer diakui sebagai alat yang sangat baik untuk desainer modern, dimana terdapat dua tingkatan yang berbeda dari desain yang terlibat, 2D dan 3D, yang tergantung pada persyaratan desain.)

    Unsur-unsur Desain Grafis

    Unsur-unsur dalam desain grafis diantaranya adalah :

    1. Garis (line)

      Garis didefinisikan sebagai sekumpulan titik yang dideretkan memanjang. Setiap garis menimbulkan kesan psikologis atau persepsi sendiri. Misalnya garis yang membentuk ‘S’, sering dirasakan sesuatu yang lembut, halus dan gemulai. Bandingkan garis yang membentuk ‘Z’, terkesan tegas dan kaku..

    2. Bidang (shape)

      Bentuk disebut juga shape, dihasilkan dari garis-garis yang tersusun sedemikian rupa. Bentuk ada yang berbentuk 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra). Setiap bentuk mempunyai arti sendiri, tergantung budaya, geografis dan lain-lain. Contoh : segitiga bisa melambangkan konsep trinitas (ayah, ibu, anak), tetapi di mesir segitiga melambangkan simbol feminimitas (kewanitaan)..

    Pengertian Desain

    Menurut Sunarya, Lusyani. Putri Apryllia dan Siti Isnaini,(2016:60)[9] desain bisa diartikan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan ke dalam bentuk gambar.

    Dari beberapa definisi di atas maka dapat disimpulkan Desain adalah media yang menggunakan bahasa rupa atau visual dengan mengolah elemen desain grafis melalui proses desain bertujuan untuk menginformasikan kepada target yang dituju..

    Fungsi Desain

    Fungsi dari desain yaitu sebagai berikut :

    1. Fungsi Informasi : Desain selalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual..

    2. Media visual atau media pandang, yaitu penerimaan pesan yang tersampaikan menggunakan indra penglihatan. Contohnya: televisi (tanpa suara), gambar, foto, dan lain-lain.

    3. Fungsi Identifikasi : Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual..

    4. Fungsi Persuasi : Mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosi dalam bahasa musical) sehingga dapat menimbulkan persuasi..

    Prinsip Desain

    Menurut Shierly Everlin, dkk (2015:161) [10]

    Warna adalah gelombang yang diterima oleh mata dari cahaya yang dipantulkan melalui benda-benda yang dikenainya. Di dalam ruangan gelap dimana tidak ada cahaya, kita bisa mengenali warna. ( Shierly Everlin,dkk (2015:160) dalam Jurnal RUPARUP Vol.4 No2).

    E. Bankole Oladumiye, dkk (2018:5) dalam Academic Journals vol.7(1), menjelaskan “colour is one of the most expressive elemnts which arous universal appreciation in consumer goods adver”.. (Warna adalah salah satu elemen yang paling ekspresif yang membangkitkan apresiasi universal dalam barang konsumsi iklan). Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa warna adalah gelombang cahaya yang dirancang untuk membangkitkan apresiasi barang konsumsi iklan.

    Jenis Layout

    Menurut Triyono, dkk (2017:101) dalam Jurna CCIT Vol.10 No.1 [11] gn skilleset of non-design majors while leveraging typography to explore visual communication in support of diversity. The Typographic potrait exercise begins to ask student incorporate elements that reflect an aspect of who they are. This creative self-portrait uses only typographic characters as written words or graphic symbols but the student are free to experiment with unconventional modes of representation”.

    (Pendidikan tipografi, adalah mungkin untuk memperluas keterampilan kreatif dan desain jurusan non-desain smbil memanfaatkan tipografi untuk mengeplorasi komunikasi visual dalam mendukung keragaman. Latihan potret tipografi mulai meminta siswa memasukkan unsur-unsur yang mencerminkan aspek dari diri mereka. Potret-potret kreatif ini hanya menggunakan karakter tipografi sebagai kata-kata tertulis atau simbol grafis namun para siswa bebas bereksperimen dengan mode representasi yang tidak konvensional)..


    Pengertian Analisis SWOT

    Nicholas Arizona Manurung dan Agung Nugroho (2018:101) Manurung Arizona, Nicholas. dan Nugroho, Agung. 2018. Implementasi Customer Relationship Management Di Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Otomotif. Jakarta Universitas Indonesia. Jurnal Terapan Abdimas Vol.3 No.2 : 101 dalam Jurnal Terapan Abdimas Vol.3 No.2 menjelaskan Analisis SWOT merupakan analisa yang membahas internal dan eksternal perusahaan,analisa ini memberi gambaran mengenai kekuatan dan kelemahan perusahaan, peluang yang dapat digarap oleh perusahaan serta ancaman dari luar perusahaan yang dapat menganggu aktivitas bisni. Analisis SWOT terdiri dari empat faktor, yaitu:

    1. . Strengths (kekuatan)

      Merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

    2. Weakness (kelemahan)

      Merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

    3. Opportunities (peluang)

      Merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. .

    4. Thearts ( Ancaman )

      Merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

    Teori Khusus

    Definisi Media Komunikasi Visual

    Media Komunikasi Visual diyakini mudah untuk dilihat masyarakat luas. Komunikasi Visual ( Komunikasi melalui penglihatan ) adalah sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indera penglihatan. Contoh dari Media Komunikasi visual yaitu iklan surat kabar, iklan majalah, brosur, spanduk, poster, billboard, katalg, paper bag, flyer maupun merchandise. (Lusyani Sunarya, dkk (78:2015)[23] dalam Jurnal CCIT Vol.9 No.1) [12].

    Dengan adanya Media Komunikasi Visual banyak perusahaan maupun lembaga pendidikan berlomba-lomba dalam mempromosikan maupun menginformasikan dalam bentuk media cetak khususnya dalam bentuk desain majalah yang akan penulis buat untuk lembaga pendidikan yang ada di Kota Tangerang ini

    Pengertian Covid 19

    Menurut Yuliana (2020) [13] Jurnal wellness and healthy Coronavirus merupakan virus RNA strain tunggal positif, berkapsul dan tidak bersegmen. Coronavirus tergolong ordo Nidovirales, keluarga Coronaviridae. Struktur coronavirus membentuk struktur seperti kubus dengan protein S berlokasi di permukaan virus. Protein S atau spike protein merupakan salah satu protein antigen utama virus dan merupakan struktur utama untuk penulisan gen. Protein S ini berperan dalam penempelan dan masuknya virus kedalam sel host (interaksi protein S dengan reseptornya di sel inang) (Wang, 2020). Coronavirus bersifat sensitif terhadap panas dan secara efektif dapat diinaktifkan oleh desinfektan mengandung klorin, pelarut lipid dengan suhu 56°C selama 30 menit, eter, alkohol.

    Menurut Adityo Susilo, (2019) [14] Jurnal Penyakit dalam 2020 COVID-19 adalah penyakit baru yang telah menjadi pandemi. Penyakit ini harus diwaspadai karena penularan yang relatif cepat, memiliki tingkat mortalitas yang tidak dapat diabaikan, dan belum adanya terapi definitif. Masih banyak knowledge gap dalam bidang ini sehingga diperlukan studi-studi lebih lanjut.

    Berdasarkan kesimpulan Virus Korona atau coronavirus adalah keluarga jenis virus yang bisa menyebabkan penyakit dari yang ringan seperti flu biasa hingga parah seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)

    Konsep Dasar Kesehatan

    "Mengacu terhadap Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 bahwa kesehatan adalah “keadaan sehat baik secara fisik, mental spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat".

    "Sedangkan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948 menyebutkan bahwa pengertian kesehatan adalah sebagai “suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan"..

    Kesehatan menurut Ika Widiastuti, (2018:92)[20] merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat, maka kesehatan adalah hak bagi setiap warga masyarakat yang dilindungi oleh Undang-Undang Dasar. Setiap negara mengakui bahwa kesehatan menjadi modal terbesar untuk mencapai kesejahteraan. Oleh karena itu, perbaikan pelayanan kesehatan pada dasarnya merupakan suatu investasi sumber daya manusia untuk mencapai masyarakat yang sejahtera (welfare society).

    Kesimpulan dari teori diatas kesehatan adalah hak setiap masyarakat dan pelayanan kesehatan menjadi wadah bagi masyarakat menjadi modal terbesar untuk mencapai kesejahteraan..

    Pengertian Edukasi Kesehatan

    " Menurut Budiman, Edy. Hasudungan, Rofilde. Khoiri3, Akhmad (2017:381) [15] suatu proses perubahan perilaku secara terencana pada diri individu, kelompok, atau masyarakat untuk dapat lebih mandiri dalam mencapai tujuan hidup sehat. Edukasi merupakan proses belajar dari tidak tahu tentang nilai kesehatan menjadi tahu dan dari tidak mampu mengatasi kesehatan sendiri menjadi mandiri..

    "Sedangkan menurut Rini. Sonyo, Hesthi (2017:23) [16] suatu proses perubahan perilaku secara terencana pada diri individu, kelompok, atau masyarakat untuk dapat lebih mandiri dalam mencapai tujuan hidup sehat. Edukasi merupakan proses belajar dari tidak tahu tentang nilai kesehatan menjadi tahu dan dari tidak mampu mengatasi kesehatan sendiri menjadi mandiri..

    Kesehatan menurut Ika Widiastuti, (2018:92)[20] merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat, maka kesehatan adalah hak bagi setiap warga masyarakat yang dilindungi oleh Undang-Undang Dasar. Setiap negara mengakui bahwa kesehatan menjadi modal terbesar untuk mencapai kesejahteraan. Oleh karena itu, perbaikan pelayanan kesehatan pada dasarnya merupakan suatu investasi sumber daya manusia untuk mencapai masyarakat yang sejahtera (welfare society).

    Kesimpulan dari teori bahwa edukasi kesehatan dimana pembelajaran merupakan health education yang berhubungan dengan semua tahap kesehatan dan tingkat pencegahan. Perawat harus mampu memberikan edukasi kesehatan dalam pencegahan penyakit, pemulihan, penyusunan program health education serta memberikan informasi dari tidak tahu tentang nilai kesehatan menjadi tahu tepat tentang kesehatan..

    Adobe Photoshop

    1. Pengertian Adobe Photoshop CS5

      Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems, dan Adobe Photoshop CS5 adalah versi keduabelas dari Adobe Photoshop CS (Creative Suite).

    2. Panel Tools

      Merupakan sebuah kotak yang berisi sejumlah tools (tombol perintah) yang digunakan untuk mengelola, mengedit, mengatur objek yang akan dikerjakan. Dapat dikatakan panel tools merupakan hal paling penting pada photoshop. .

    3. Panel Control

      Merupakan bagian yang berisi sejumlah tools-tools (tombol perintah) yang dapat digunakan untuk melaksanakan suatu perintah tertentu. Perintah tersebut menyesuaikan dengan tools yang terpilih pada panel tools. .

    4. Menu Bar

      Merupakan baris menu yang berisi daftar-daftar perintah untuk mengatur file, mengolah layer dan dokumen serta berisi perintah untuk memberi efek atau filter dan mengatur tampilan panel. Pada menu bar terdapat menu-menu file, edit, image, layer, type, select, filter, view, window, dan help.

    5. Panel Adjustments

      Merupakan panel yang berisi perintah yang berfungsi untuk mengatur pencahayaan objek, seperti mengatur gelap terang objek, mengatur kontras objek, mengatur warna gambar dan lain sebagainya.

    6. Dock Panel

      Merupakan bagian yang menampung panel-panel yang tersedia pada photoshop sedangkan fungsi dari panel sendiri adalah untuk mengelola dan memanipulasi objek lanjut secara lebih detail dan kompleks.


    Fungsi Panel Tool Pada Adobe Photoshop CS5

    Fungsi-fungsi dari panel gambar 2.1 Tampilan Adobe Photosop CS5 sebagai berikut :

    1. Move Tools : Fungsinya untuk memindah objek baik itu berupa teks maupun gambar.

    2. Layout Komprehensif

      adalah Layout Komprehensif adalah Proses desain yang sudah memasuki tahap komputerisasi san pewarnaan, namun tahap ini belum selesai seluruhnya, karena masih harus mengalami proses revisi

    3. Final Artwork

      adalah hasil akhir dari layout komprehensif yang telah diperbaiki. Dimana tahap ini merupakan hasil akhir atau finishing yang kemudian dapat digunakan untuk acuan saat proses produksi.


    Fungsi Panel Tool Pada Adobe Photoshop CS5

    1. Pengertian Adobe Photoshop CS5

      Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems, dan Adobe Photoshop CS5 adalah versi keduabelas dari Adobe Photoshop CS (Creative Suite).

    2. Panel Tools

      Merupakan sebuah kotak yang berisi sejumlah tools (tombol perintah) yang digunakan untuk mengelola, mengedit, mengatur objek yang akan dikerjakan. Dapat dikatakan panel tools merupakan hal paling penting pada photoshop. .

    3. Panel Control

      Merupakan bagian yang berisi sejumlah tools-tools (tombol perintah) yang dapat digunakan untuk melaksanakan suatu perintah tertentu. Perintah tersebut menyesuaikan dengan tools yang terpilih pada panel tools. .

    4. Menu Bar

      Merupakan baris menu yang berisi daftar-daftar perintah untuk mengatur file, mengolah layer dan dokumen serta berisi perintah untuk memberi efek atau filter dan mengatur tampilan panel. Pada menu bar terdapat menu-menu file, edit, image, layer, type, select, filter, view, window, dan help.

    5. Panel Adjustments

      Merupakan panel yang berisi perintah yang berfungsi untuk mengatur pencahayaan objek, seperti mengatur gelap terang objek, mengatur kontras objek, mengatur warna gambar dan lain sebagainya.

    Elisitasi

    Menurut Noor, (2015:138-141) [17] Nana Yulia Fitri dan Nurhadi, (2017:319)dalam Jurnal Manajemen Sistem Informasi Vol.2 No.1, menjelaskan “suatu kegiatan mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan untuk memecahkan masalah persyaratan elisitasi menjadi model objek yang benar-benar menggambarkan sistem”. :

    Menurut Noor, (2015:138-141) Elisitasi didapat melalui wawancara dan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu sebagai berikut :

    1. Elisitasi tahan I, yaitu berisi seluruh rancangan media komunikasi visual uang diusulkan oleh pihak penulis melalui proses wawancara.

    2. Elisitasi tahap II, yaitu merupakan hasil Pengklarifikasian dari tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI ini bertujuan untuk memisahkan antara rancangan media yang penting dan harus ada pada rancangan media yang diusulkan tahap I dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi. Berikut penjelasan mengenai metode MDI .


    Literature Review

    Definisi Literature Review

    Menurut Mariona Llopart and Moised Esteban-Guitart (2016:11)[12] “the literature reviewed shows that there is plenty of scope for a fruitful dialogue between the two models because it reveals a shared critical perspective aimed at social transformation in favour of inclusion and equalityin education.  :

    (literature yang ditinjau menunjukan bahwa ruang lingkup untuk dialog yang bermanfaat antara kedua model karena mengungkapkan kritik bersama perspektif yang ditujukan pada transformasi sosial yang mendukung inklusi dan persamaan dalam pendidikan).

    Literature Review

    Dari studi pustaka yang penulis lakukan terdapat beberapa Literature Review dari penelitian sebelumnya yang ada pada perpustakaan Perguruan Tinggi raharja, yaitu sebagai berikut :

    1. Penelitian yang dilakukan oleh Gladies Christie (2018) [18] ini berjudul “Perancangan Media Komunikasi Visual Pada PT.Sarana Prasada Semesta Pratama Cikarang Utara”. Dalam penelitian ini membahas media komunikasi visual sebagai sarana informasi,promosi maupun sosialisasi yang efektif dalam hal menyampaikan informasi kepada masyarakat luas..

    2. Penelitian yang dilakukan oleh Oktavia Asmarani (2018) ini berjudul “Perancangan Media Majalah Sebagai Sarana Informasi Kegiatan Promosi Pada PT.Farin Training Center Jakarta”. Dalam penelitian ini membahas media informasi dalam bentuk cetakan puya peran yang menarik dalam sebuah usaha jasa training yang dapat dipersiapkan sebagai tenaga kerja kebutuhan Bandara Soekarno Hatta. .

    3. Penelitian yang dilakukan oleh Ade Kosasih (2016) ini berjudul “Perancangan Media Desain Berbentuk Magazine Sebagai Media Promosi Dan Informasi Pada SMK AL-Fattah Kabupaten Tangerang”. Penelitian ini membahas tentang informasi dapat dilaukan dengan berbagai cara, antara lain melalui media advertising atau periklanan untuk mempromosikan SMK AL-Fattah kepada masyarakat..

    4. Penelitian yang dilakukan oleh Wesly Friendman Hutahaen (2018) ini berjudul “Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Penunjang Media Promosi Pada SMK Islamic Village Tangerang”. Penelitian ini membahas program promosi terhadap produk yg ditawarkan kepada masyarakat dalam bentuk media komunikasi visual.

    5. Penelitian yang dilakukan oleh Himmatul Aliyah (2016) ini berjudul “Desain Media Komunikasi Visual Kampanye Sosial Kesehatan Desa Margasari kabupaten tangerang”. Dalam penelitian ini membahas bahwa Media Komunikasi Visual merupakan media yang dapat digunakan dalam kampanye. Dengan tampilan yang menarik, media komunikasi visual ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan.

    6. Penelitian yang dilakukan Asmawati, dkk (2016:39) dengan judul “The Design Of Visual Communication Design Media Shaped Product Catalog As A Medium Of Promotion And Information On PT. Trans Nusantara Acces (Authorized Dealer XL) Tangerang” Penelitian ini menjelaskan tentang PT. Excelcomindo Pratama yang bergerak di bidang barang dan jasa. Dengan dilakukannya analisa terhadap permasalahan yang ada yaitu kurang lengkapnya informasi mengenai perusahaan ini dan belum terdapatnya katalog sebagai media promosi yang interaktif, maka penulis tertarik untuk merancang sebuah karya desain katalog produk, agar customer lebih percaya dan mengetahui lebih detail mengenai segala hal yang berkaitan dengan informasi tentang perusahaan.Serta dapat memperkenalkan seluruh kapasitas proses perancangan ini dapat meningkatkan omset perusahaan.

    7. Research done Mustagfirin (2015:1) “Company Profile Distro DEVGRU CLOTHING using Multimedia Method” Now it needs the information or announcement ease in information technology in search of desired information as well as reduce error flags caused by human error . The developers of the internet now have started to grow very rapidly. Because almost all people around the world use the internet, that serves as aspects of a communication, information and facilities for the promotion of providers. Distro business “DEVGRU CLOTHING” is a company move in production and sale of a garment (clothes, a jacket, pants, hat ) asesoris and other .But in the selling process still use manual way and promotion and have not had a system information that supports. The use of information technology in the form of information systems can be used to improve their performance in terms of promotion or sale. (Kini dibutuhkan informasi atau pengumuman dalam teknologi informasi untuk mencari informasi yang diinginkan serta mengurangi kesalahan akibat manusia. Perkembangan internet sekarang sudah tumbuh dengan sangat pesat. Karena hampir semua orang di seluruh dunia menggunakan internet, itu berfungsi sebagai aspek komunikasi, informasi dan fasilitas untuk promosi provider. Bisnis Distro "DEVGRU CLOTHING" adalah perusahaan yang bergerak dalam produksi dan penjualan garmen (pakaian, jaket, celana, topi) aksesoris dan lainnya. Tapi dalam proses penjualan masih menggunakan cara dan promosi manual dan belum memiliki informasi yang memadai. Penggunaan teknologi informasi dalam bentuk sistem informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kinerjanya dalam hal promosi atau penjualan.)

    8. Penelitian yang dilakukan oleh Lahbabi, et al (2015) yang berjudul “Adaptive Scalable Streaming of Videos over P2PTV”. Dunia multimedia dan broadcasting adalah dunia yang sangat akrab dengan teknologi elektronika dan advanced. Hal ini dibuktikan dengan disain media promosi dan informasi yang semakin meningkat seiring dengan tuntutan perkembangan teknologi yang pesat dengan beragam media informasi seperti desain komunikasi visual.

      ]
    9. 6. Research conducted by Lahbabi, et al entitled “Adaptive Scalable Streaming of Videos over P2PTV”. (2015), World Multimedia and Broadcasting is a world that is very familiar with elekrtonika and advanced technology. This is attested by the design of promotional media and information increased following the demands of rapid technological developments with their varied information media such as visual communication design. Penelitian yang dilakukan oleh Lahbabi, et al (2015) yang berjudul “Adaptive Scalable Streaming of Videos over P2PTV”. Dunia multimedia dan broadcasting adalah dunia yang sangat akrab dengan teknologi elektronika dan advanced. Hal ini dibuktikan dengan disain media promosi dan informasi yang semakin meningkat seiring dengan tuntutan perkembangan teknologi yang pesat dengan beragam media informasi seperti desain komunikasi visual. .

    10. Research conducted by Mohammed (2016) ”Dummy the Sketch of a Newspaper Page Layout (Visual Communication Design and Creativity)”. Any newspaper or magazine around the world cannot be or become the best design newspaper, or newspaper assessment cannot be done without good layout of the newspaper, which was the foundation of any print media industry to give significant appearance of their publication. The layout which also judge the value of the paper, give visual of the paper unique identity the creative concept design, layout and paper make up. Dummy sheet: is one of the most important aspects of newspaper or magazine production and the entire edition of newspaper to be made with an excellent design. In reality good newspaper design is more important today than ever. Penelitian dilakukan Mohammed (2016). "Dummy Sketch dari koran Page Layout (Desain Komunikasi Visual dan Kreativitas)". Setiap koran atau majalah di seluruh dunia tidak dapat atau menjadi koran desain yang terbaik, atau penilaian koran tidak dapat dilakukan tanpa tata letak yang baik dari surat kabar, yang merupakan fondasi dari setiap industri media cetak untuk memberikan penampilan yang signifikan dari publikasi mereka. Tata letak yang juga menilai nilai kertas, memberikan visual dari identitas yang unik kertas desain konsep kreatif, tata letak dan kertas membuat.




    BAB III

    PEMBAHASAN

    Gambaran Umum Objek Yang Diteliti

    Sejarah Singkat SMK Maria Mediatrix

    SMK Maria Mediatrix diresmikan pada tahun 1995 oleh Ketua Yayasan Bintang Timur Sr Josephina Nurmalay. Pada awal sekolah dibangun nama sekolah adalah SMK Maria Mediatrix Kabupaten Tangerang, Pada Pertama kali membuka kelas SMK Maria Meditrix dengan dua jurusan yaitu : Jurusan Adminitrasi Perkantoran (AP) Jurusan Akuntasi(AK)

    SMK Maria Mediatrix dalam perkembanganya, senantiasa menelorkan siwa atau sisiwi yang bermutu dan profesional, karena mereka disiapkan dengan sunguh-sungguh melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama tiga bulan pada berbagai pabrik yang telah menjalin kerja sama dengan SMK Maria Mediatrix hingga saat ini, untuk menambah pengetahuan serta pengalaman dibidang disiplin ilmu yang mereka tekuni.

    Berdasarkan perkembangan operasional manajemenya beberapa kali di adakan pergantian kepala sekolah dengan ururtanya sebagai berikut : .

    1. Kepala Sekolah Pertama  : Sr. Lucia renyaan, TMM, thn 1995-1996

    2. Kepala Sekolah Kedua  : Ibu. Filomina Lafina/Wuarmanuk, thn 1996-1999

    3. Kepala Sekolah Ketiga  : Sr. Leontina Lefubun TMM, thn 1999-2003

    4. Kepala Sekolah Keempat  : Ibu. Filomina Lafina/Wuarmanuk, thn 2003-2007

    5. Kepala Sekolah Kelima  : Sr. Lucia renyaan, TMM, thn 2007-2010

    6. Kepala Sekolah ke tujuh  : Sr. Priska Lolonlun, TMM, thn 2013-2016

    7. Kepala Sekolah Keenam  : Bpk. Ferdinandus Labatar, thn 2010-2013

    8. Kepala Sekolah ke delapam : Bpk. Amandus Petrus Duamiri, SE, thn 2016-Sekarang


    Visi dan Misi SMK Maria Mediatrix

    Visi Perusahaan SMK Maria Mediatrix

    Menjadi Lembaga pendiidkan katolik yang mampu menghasilkan lulusan yang berkepribadian unggul mandiri dan menguasai iptek yang berlandaskan dengan kasih”

    Misi Perusahaan SMK Maria Mediatrix
    1. Meningkatkan Kualitas, Iman, dan Takwa dalam lingkungan keluarga dan Sekolah

    2. Menanamkan Nilai Disiplin dalam lingkungan sekolah dan keluarga

    3. Mengoptimalkan Kegiatan Pembelajaran Intra dan Ekstrakulikuler

    4. Mengembangkan minat, bakat, dan talenta siswa

    5. Membangun kerja sama dengan dunia Industri, Instansi Pemerintah, dan Masyarakat

    6. Menciptakan suasan sekolah yang kondusif berdasarkan azaz kekeluargaan

    7. Kepala Sekolah Keenam  : Bpk. Ferdinandus Labatar, thn 2010-2013

    8. Kepala Sekolah ke delapam : Bpk. Amandus Petrus Duamiri, SE, thn 2016-Sekarang

    Tujuan SMK MARIA MEDIATRIX TANGERANG
    1. Meningkatkan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan dalam IPTEK dengan berlandaskan dengan Kasih

    2. Menciptakan kondisi sekolah yang kondusif, harmonis, serasi, tertib, aman, bersih dan nyaman

    Struktur Organisasi

    Sebuah instansi atau perusahaan harus mempunyai suatu struktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian dan penyatuan usaha, untuk menunjukkan kerangka-kerangka hubungan di antara fungsi, bagian-bagian maupun tugas dan wewenang serta tanggung jawab. Serta untuk menunjukan rantai (garis) perintah dan perangkapan fungsi yang diperlukan dalam suatu organisasi.”.

    Sama halnya dengan SMK MARIA MEDIATRIX yang mempunyai struktur organisasi manajemen sebagai berikut :.


    struktur.jpg

    Bagan 3.1 Struktur Organisai SMK Maria Mediatrix


    Wewenang Dan Tanggung Jawab

    Seperti halnya dengan sebuah perusahaan, SMK Maria Mediatrix Tangerang dalam manajemen akademiknya terdapat bagian–bagian yang mempunyai wewenang serta tanggung jawab dalam menyelesaikan semua pekerjaannya..

    Berikut wewenang serta tanggung jawab bagian–bagian yang ada pada SMK Maria MediatrixTangerang Selatan sebagai berikut

    1. Ketua Yayasan

      Tugas dan wewenang

      1. Menjalankan Visi dan misi Yayasan sesuai dengan Anggaran Dasar.

      2. Memberikan wewenang kepada para ketua divisi sehubungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan ruang lingkup masing-masing divisi

      3. Berhak mendelegasikan kepada salah satu pengurus Harian dalam melakukan hubungan dengan pihak-pihak di luar Yayasan.

      4. Memimpin dan mengkoordinasikan seluruh anggota dan pengurus Yayasan..

      5. Mengkoordinasikan program kerja Yayasan baik perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, maupun pertanggungjawaban.

    2. Kepala Sekolah


      Tugas dan Tanggung Jawab :

      1. Menyusun perencanaan.

      2. Mengorganisasikan kegiatan.

      3. Mengarahkan kegiatan.

      4. Mengkoordinasikan kegiatan.

      5. Melaksanakan pengawasan..

      6. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan.

      7. Melakukan kebijaksanaan.

      8. Mengadakan rapat.

      9. Mengambil keputusan.


      10. Mengatur proses belajar mengajar.


      11. Mengatur administrasi.

      12. Mengatur ketatausahaan, kesiswaan, sarana dan prasarana, keuangan

      13. Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait

    3. Waksek Kesiswaan

      Tugas dan Tanggung Jawab  :

      1. Menyiapkan administrasi penerimaan siswa baru=.

      2. Mengidentifikasi pendataan siswa secara baik.

      3. Menyusun dan menyiapkan kepengurusan OSIS

      4. Melaksanakan pembinaan kesiswaan dalam urusan, Administrasi OSIS, Kepemimpinan dalam organisasi OSIS, Menyiapkan pemilihan siswa teladan.

        '


      5. Melaksanakan bimbingan dan pengarahan yang berhubungan dengan kedisiplinan dan tatatertib sekolah, bekerjasama dengan guru BP/BK, Pembina Gerakan disiplin sekolah, dan OSIS

        '
      6. Mengkoordinir pemilihan siswa teladan

        '
      7. Menyeleksi siswa yang ikut dalam paskibraka

        '
      8. Mengarahkan siswa untuk ikut pada kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler atau lomba-lomba peningkatan prestasi

        '
      9. Menyiapkan siswa untuk mendapatkan beasiswa dan pertukaran siswa

        '
      10. Membuat laporan berkala dan insidenti

        '
      11. Mengelola mutasi siswa

        '
      12. Menyusun dan menyampaikan laporan kegiatan siswa secara berkala

        '


    4. Wakasek Kurikulum

      Tugas dan Tanggung Jawab:

      1. Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan..

      2. Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran.

      3. Mengatur penyusunan program pengajaran (program semester).

      4. Program satuan pelajaran..

      5. Mengajar penjabaran dan penyesuaian kurikulum.

      6. Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikulum dan ekstrakurikuler.

      7. Pelaksanaan program penilaian kriteria kenaikan kelas.

      8. Kriteria kelulusan, dan laporan belajar siswa, serta pembagian raport dan SKL..

      9. Mengatur pelaksanaan program perbaikan di pengajaran..

    5. Staff Tata Usaha

    6. Wewenang:

    7. Penyusunan program kerja tata usaha sekolah

    8. Pengelolaan keuangan sekolah.

    9. Pengurusan administrasi ketenagaan dan siswa.

    10. Pembinaan dan pengembangan kasir pegawai tata usaha sekolah


    11. Pembina Osis

      Wewenang :

      1. Menyusun program kerja pembina Osis

      2. Membuat analisa terhadap pangsa pasar dan menentukan strategi penjualan terhadap konsumen atau pelanggan.

      3. Mengarahkan dan membimbing pengurus Osis dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang diadakan Osis di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Menghadiri kegiatan rapat Pengurus Osis maupun Perwakilan Kelas

      4. Mengoptimalkan kerja staff dan administrasi dibawah wewenangnya untuk mencapai tujuan perusahaan.

      5. Manager pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran.

    12. Mengevaluasi pelaksanaan program Osis

  5. Memberikan laporan kepada sekolah secara periodik tentang pelaksanaan kegiatan Osis

    </ol>


  6. Pastoral

    Segala kegiatan , meliputi : :

    1. Liturgi yang berarti merayakan dan memuji kedatangan Allah kepada manusi melalui kegiatan liturgis dan Ibadat / Misa, Ibadat Tobat, dll)

    2. Kerygma yang berarti memaklumkan kedatangan Allah yang menyelematkan melalui pada mereka yang belum mengenal Allah

    3. Katekese, yaitu pengembagnan iman melalui pelayanan sabda, sehingga pengajar maupun murid bersama – sama mengalami sejarah hidupnya di dalam terang pengajaran Gereja Katolik.

    4. Martyria yaitu kegiatan memberi kesaksian iman katolik, baik melalui kata, perbuatan atau gaya hidup yang memperlihatkan atau memberi kesaksian tentang hidup katolik

    5. Koinonia yaitu untuk mengumpulkan umat Allah, menjadi satu persaudaraan. Bila dilakukan dalam kegiatan camping rohani, sharing iman.

    6. Diakonia atau pelayanan yang terwujud di dlam kegiatan pelayanan orang miskin, kunjungan ke panti asuhan, aksi puasa, aksi natal, aksi sosial, pelayanan masyarakat dan sebagainya..</p </ol>

    7. <p style="line-height: 2"> Kaprog Akuntansi dan Kaprog otkp

      Wewenang : Procurement :

      1. Melakukan langkah-langkah efisien dan efektif guna kelancaran pembelajaran di program keahlian

      2. Memberi masukan penilaian kinerja pendidik

      3. Memberi sanksi kepada siswa yang melanggar tata tertib.

      4. Mengusulkan kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan

        Mengusulkan kebutuhan bahan dan peralatan pembelajaran

    8. Wali Kelas

      wewenang:

      1. Pengelolaan Kelas:

      2. Melakukan Penilaian

      3. Mengambil Tindakan Bila Dianggap Perlu

      4. Penyelenggaraan Administrasi Kelas, meliputi:

      Product Information

      Product

      Dalam merancang sebuah video informasi dan promosi didasarkan kepada kebutuhan stakeholder dalam rangka memberikan informasi serta menarik calon siswa siswi baru untuk bergabung di Sekolah SMK Maria Mediatrix Tangerang karena SMK Maria Mediatrix di naungi oleh Yayasan Bintang Timur SMK Maria Mediatrix Memiliki dua jurusan yaitu Adminitrasi perkantoran dan Akuntasi.

      Adapun penggunaan media yang dirancang nantinya dapat diimplementasikan pada televisi sekolah, sarana sosial media dan kunjungan-kunjungan ke Sekolah SMK Swasta dan yang lainya.

      Video informasi dan promosi ini berisikan seluruh informasi sekolah mulai dari fasilitas gedung, ruang kelas adminitrasi perkantoran, ruang kelas akuntasi, laboratorium komputer, ruang perpustakaan, program studi, visi dan misi, ruang staf, ruang guru, ruang ketua dan wakil SMK Maria Mediatrix Tangerang .

      Melalui perancangan media informasi dan promosi berbasis video company profile ini diharapkan dapat meningkatkan pencapaian target pemasaran, dalam meningkatkan jumlah siswa siswi Sekolah SMK Maria Mediatrix Tangerang dalam tiap tahunya dan dapat menambah image SMK Maria mediatrix yang lebih luas


      Latar belakang produk =

      Saat ini media informasi dan promosi yang digunakan oleh Sekolah SMK Maria Mediatrix Tangeraang masih berupa media komunikasi visual seperti brosur, spanduk dan merchandise. Berdasarkan analisa permasalahan dan kebutuhan dari pihak sekolah tersebut, dalam Skripsi ini mencoba untuk merancang media penunjang informasi yang lebih menarik berbasis visual, agar dapat mengemas seluruh informasi tentang Sekolah SMK Maria Mediatrix Tangerang, serta dapat menjadi daya tarik bagi seluruh siswa siswi baru, relasi dan masyarakat


      Melalui perancangan media informasi dan promosi berbasis video company profile ini diharapkan dapat meningkatkan pencapaian target pemasaran, dalam meningkatkan jumlah siswa siswi Sekolah SMK Maria Mediatrix Tangerang dalam tiap tahunya dan dapat menambah image SMK Maria mediatrix yang lebih luas


      Perkembangan Produk =

      Keterbukaan akses informasi memungkinkan informasi dapat dengan mudah diperoleh kapanpun dan dimanapun. Informasi menjadi salah satu hal penting, karena dengan informasi orang akan mendapat semua yang diinginkan. Sebagai salah satu contoh penerapan teknologi dibidang multimedia dalam bidang informasi yakni dalam bentuk desain informasi dan edukasi kesehatan.


      SMK Maria Mediatrix menerapkan kesehatan dengan mengikuti susuai anjuran pemerintah saat pamdemi.

      Material Produk

      Dalam proses pembuatan media informasi dan promosi berbasis video, alat-alat yang akan digunakan sebagai berikut :

      Untitled.png

      Table 3.1 Material Produk

      Table 3.1 Material Produk




      Spesifikasi Produk

      Perancangan media desain menggunakan adobe illustrator CS6 dan adobe photoshop CS6 memuat tentang informasi kesehatan dan edukasi. Dalam perancangan ini terdapat beberapa hal yaitu manfaat, kelebihan dan sebagai berikut


      Manfaat

      1. Sebagai sarana penunjang informasi kesehatan.

      2. Meningkatkan segi pengetahuan tentang kesehatan.

      Harga Produk

      Pembuatan media komunikasi visual ini dalam proses percetakan media himbaun memerlukan biaya yang tidak murah, karena media event yang di cetak jumlahnya cukup banyak dan beragam, dan disesuaikan juga jenis bahan dan ukuran produk yang dibutuhkan disesuaikan dengan desain dan kebutuhan.


      Market Analysis

      Dalam hal ini dapat membantu menyajikan informasi mengenai kesehatan yang tepat suatu produk untuk disosialisasikan. Analisa ini dilakukan guna meningkatkan pengetahuan masyarakat dan siswa sesuai dengan apa yang sedang berjalan pada pemerintah pusat. Sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat untuk melakukan sosialisasi selanjutnya. Sasaran dari sosialisasi ini


      Market Positioning

      Didalam market positioning oleh SMK Maria Mediatrix Tangerang agar dapat menarik minat masyrakat dan minat calon siswa atau siswi baru dapat menibulkan citra ataupun kesan yang baik terhadap lembaga sekolah yang di berikan oleh SMK Maria Mediatrix Tangerang, melalui perancangan media desain ini di harapkan tujuan diatas dapat tercapai.


      SMK Maria mediatrix Tangerang salah satu lembaga pendidikan yang memilik fasilitas dan infrastrukur yang memadai. Sasaran desain yang dirancang ini adalah masyarakat dan calon minat siswa atau siswi.


      Kondisi pesaing

      Pesaing SMK Maria Mediatrix antara lain

      pesa1.png
      pesa2.png


      Potensial Market

      Media desain tentang kesehatan ini sebagai sarana informasi dan edukasi yang ditunjukan kepada siswa-siswi serta untuk membantu pihak sekolah dalam menginformasikan tentang kesehatan.

      Media desain ini akan menjangkau potential market khususnya di sekolah SMK Maria Mediatrix Tangerang Sehingga siswa-siswi akan lebih peka terhadap kesehatan dan mau mencegah..




      Software yang Digunakan

      Dalam konsep media desain dan informasi tersebut, menggunakan software : Adobe Photoshop CS5 dan adobe illustrator CS6 Sebagai media menyusun rangkaian.


      Market Segmentation

      Geografi : Wilayah kabupaten Tangerang dan Sekitarnya. Demografi

      1. Jenis kelamin : Pria & Wanita

      2. Kelas Ekonomi : Menegah

      3. <p style="line-height: 2;text-indent: 0.5in"d. Usia 15-17 Tahun </p>
      4. </ol>

        Psikografi : Siswa – siswi Sekolah menegah pertama ( SMP ), siswa – siswi transfer, dan masyrakat khususnya di daerah kabupaten tangerang dan sekitarnya untuk megetahui informasi lebih detail maupun terperinci tentang profil sekolah, fasilitas, dan keunggulan di SMK Maria Mediatrix Tangerang khususnya yang ingin melanjutkan pendidikan SMK Maria Mediatrix.

        Market objective

        Tujuan pemasaran produk pendidikan yang di kemas dengan cara yang unik dan menarik program rencana ini untuk menginformasikan. media desain ini dengan kebutuhan sekolah untuk menyampaikan pesan kepada siswa – siswi dan masyrakat dengan sesuai anjuran yang telah di tetapkan.


        Marketing strategy

        Strategi komunikasi disini berkaitan dengan strategi informasi. Strategi informasi berhubungan dengan masalah-masalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian komunikasi persuasif dengan audience..


        Budget Produksi Media

        Budget Produksi Media


        Konfigurasi Hardware

        Pada konfigurasi sistem yang berjalan berisi tentang spesifikasi Hardware, spesifikasi Software dan Hak Akses (Brainware).

        Spesifikasi Hardware
        1. Processor : Dual Core

        2. Monitor : 14” LED

        3. Mouse : Optical

        4. Keyboard : 108 Keys

        5. RAM : 2 GB

        6. Harddisk : 80 GB

        7. Flashdisk : 16 GB

        8. Printer : Inkjet

        Spesifikasi Software

        Adapun perangkat lunak yang digunakan dalam sistem adalah sebagai berikut :

        1. Windows 7

        2. Microsoft Excel

        Hak Akses (Brainware)

        Untuk mengoperasikan atau mengolah data hanya dapat dilakukan oleh 3 orang yaitu :

        1. Direktur

        2. Manager

        3. Staff A.R (Account Receivable)

        Permasalahan Yang Dihadapi dan Alternatif Pemecahan Masalah

        Permasalahan Yang Dihadapi

        Permasalahan yang dihadapi dari sistem yang berjalan adalah sistem monitoring pembayaran piutang yang masih kurang terkendali yang mengakibatkan masih adanya customer yang tidak disiplin dalam pembayaran piutangnya (terlambat). Dan juga dalam pembuatan laporannya yang masih menggunakan semi terkomputerisasi yaitu menggunakan microsoft excel.

        Alternatif Pemecahan Masalah

        Jika dilihat dari masalah yang dihadapi pada sistem yang berjalan maka alternatif pemecahan masalah yang bisa membantu sistem kerja dalam monitoring pembayaran piutang yaitu dengan membuat rancangan sistem baru berbasis web, sehingga dalam penginputan data lebih cepat, tepat dan akurat. Juga memudahkan staff A.R dalam melakukan monitoring pembayaran piutang serta dalam membuat laporan piutang.

        Elisitasi Tahap I

        Elisitasi tahap I merupakan daftar kebutuhan yang diperoleh dari hasil pengumpulan data pada saat observasi dan wawancara, yang membahas mengenai desain yang ada agar nantinya kekurangan desain sebelumnya dapat dipenuhi pada desain yang akan diusulkan

        Table 3.3 Elitasi Tahap I

        elisitasi-1-1.png
        elisitasi-1-2.png

        Elisitasi Tahap II

        Setelah elisitasi I langkah selanjutnya ialah elisitasi II dengan cara metode MDI pada semua elisitasi I. Kepanjangan dari MDI ialah Mandatory (penting), Desirable (boleh ada / boleh tidak ada), Inessential (tidak penting). Requirement yang opsinya I harus dihilangkan.

        Berikut gambar tabel 3.3 Elisitasi Tahap II

        elisitasi-2-1.png
        elisitasi-2-2.png
        elisitasi-2-3.png

        Elisitasi Tahap III

        Tahap selanjutnya setelah elisitasi II adalah elisitasi III. Elisitasi III adalah proses lanjutan dari MDI dengan metode TOE. Metode TOE dibagi kembali menjadi beberapa bagian yaitu HML (High, Middle, Low) dimana requirement yang berada pada opsi H harus dihilangkan.

        Berikut gambar tabel 3.4 Elisitasi Tahap III

        elisitasi-3-1.png
        elisitasi-3-2.png
        elisitasi-3-3.png



        BAB IV

        Perencanaan Media

        Rancangan Sistem Yang Diusulkan

        Dalam penelitian ini, penulis membuat konsep perancangan media promosi dan informasi berbentuk desain informasi, perancangan desain informasi yang berisikan Menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19 Pada Smk Maria Mediatrix Kab. Tangerang, diantaranya Desain Spanduk SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Flayer SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain T-shirt SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Label Handsantirezer Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Tulisan SMK Maria Mediatrix Dengan Menggunakan Face Sheild, Desain Label Diinfekstan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Masker Dengan Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan, Desain Kalender SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain X Banner SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Jam Dinding Dengan Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan, Desain pin Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Mug Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Brosur Tentang Covid 19 Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan. tentang serta alamat dan kontak SMK Maria Mediatrix. Perancangan akan di buat berbentuk desain informasi yang dirancang melalui desain komunikasi visual yang kreatif dan menarik.

        Tujuan Media

        Tujuan perancangan desain informasi ini yaitu untuk penunjang informasi SMK Maria Mediatrix tentang protocol kesahatan covid 19 dan menjadikan sistem promosi yang lebih efektif dan jelas diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dari masyarakat khusunya calon siswa yang ingin melakukan daftar

        Program Media

        Program media dari desain informasi yang telah di sepakati oleh stakeholder, penulis mengusulkan program media desain informasi yang digunakan pada saat mengalami Covid-19 agar siswa mengetahui tentang protocol kesehatan covid-19 yang berada di SMK Maria Mediatrix.


        Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif)

        Program media dari desain informasi yang telah di sepakati oleh stakeholder, penulis mengusulkan program media desain informasi yang digunakan pada saat mengalami Covid-19 agar siswa mengetahui tentang protocol kesehatan covid-19 yang berada di SMK Maria Mediatrix.

        Tujuan Kreatif

        Dari tampilan bentuk-bentuk pesan peneliti bertujuan untuk memberikan gambaran tampilan dan isi desain informasi tentang protocol kesehatan Covid-19 SMK Maria Mediatrix. Sebagai daya tarik dan tambahan wawasan dalam media iklan yang akan digunakan sebagai media Informasi.

        Strategi Kreatif

        Perancangan media desain informasi yang memuat tentang protocol kesehatan covid-19 seperti Desain Spanduk SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Flayer SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain T-shirt SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Label Handsantirezer Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Tulisan SMK Maria Mediatrix Dengan Menggunakan Face Sheild, Desain Label Diinfekstan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Masker Dengan Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan, Desain Kalender SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain X Banner SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Jam Dinding Dengan Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan, Desain pin Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Mug Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Brosur Tentang Covid 19 Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan, kontak dan alamat lengkat dibuat menggunakan pesan visual dari unsur grafis yang disusun secara rapih, agar desain terlihat menarik yang berkesan minimalis dan elegan tetap mengandung pesan yang baik dan jelas agar mudah dipahami oleh pembaca..

        Strategi Kreatif

        Perancangan media desain informasi yang memuat tentang protocol kesehatan covid-19 seperti Desain Spanduk SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Flayer SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain T-shirt SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Label Handsantirezer Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Tulisan SMK Maria Mediatrix Dengan Menggunakan Face Sheild, Desain Label Diinfekstan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Masker Dengan Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan, Desain Kalender SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain X Banner SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Jam Dinding Dengan Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan, Desain pin Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Mug Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Brosur Tentang Covid 19 Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan, kontak dan alamat lengkat dibuat menggunakan pesan visual dari unsur grafis yang disusun secara rapih, agar desain terlihat menarik yang berkesan minimalis dan elegan tetap mengandung pesan yang baik dan jelas agar mudah dipahami oleh pembaca..


        Perencanaan Visual (Konsep Visual)

        Perancangan media desain informasi yang memuat tentang protocol kesehatan covid-19 seperti Desain Spanduk SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Flayer SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain T-shirt SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Label Handsantirezer Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Tulisan SMK Maria Mediatrix Dengan Menggunakan Face Sheild, Desain Label Diinfekstan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Masker Dengan Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan, Desain Kalender SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain X Banner SMK Maria Mediatrix Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Jam Dinding Dengan Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan, Desain pin Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Mug Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan Protokol Kesehatan Covid 19, Desain Brosur Tentang Covid 19 Menggunakan Logo Sekolah dan Yayasan, kontak dan alamat lengkat dibuat menggunakan pesan visual dari unsur grafis yang disusun secara rapih, agar desain terlihat menarik yang berkesan minimalis dan elegan tetap mengandung pesan yang baik dan jelas agar mudah dipahami oleh pembaca..


        Tujuan Visual

        Kesederhanaan tampilan visual pada setiap rancangan bertujuan untuk memperkenalkan sebuah informasi memudahkan dalam penyampaian pesannya kepada publik. Nuansa yang ingin disampaikan peneliti pada setiap rancangan ini yaitu terkesan menarik

        Strategi Visual

        Gaya Penyajian Visualisasi menggunakan gaya minimalis tapi masih terkesan modern. Rancangan media desain informasi dibuat dengan penataan objek-objek gambar dan redaksi orientasi setiap kegiatan, tata letak gambar dan teks sebagai pendukung redaksi kegiatan tata kelola menggunakan adobe photoshop CS5 dan adobe Illustrator CS6.

        Penulis Naskah

        Dalam media desain informasi sebagai protocol kesehatan covid-19 di SMK Maria Mediatrix, penulis membuat desain berisikan gambar yang disertakan teks (tulisan), teks yang dibuat melalui pemiihan font teks (jenis tulisan )

        Teks (tulisan) sangat penting dalam penyampaian pesan informasi, teks (tulisan) yang berkarakter sangat mempengaruhi dari desain yang dibuat, teks (tulisan) yang dimaksud yaitu Judul, Sub Judul, (logo type) dan naskah (body copy)

        Pengarahan Visualisasi (Art Directing)

        Perancangan media desain majalah agar lebih menarik dan dapat meningkatkan citra perusahaan, diperlukan arahan dalam merancanag tampilan desain majalah mulai dari pengarahan tata letak, jenis huruf, gaya tampilan visual dan warna yang selaras..

        Dengan unsur grafis perancangan desain majalah segabai penunjang informasi dan promosi menjadi lebih kreatif, jelas dan terarah. Rancangan media tersebut mengikuti kaidah-kaidah sebagai berikut:

        1. Jenis huruf yang digunakan dalam media desain informasi diantaranya. Garde, Magneto, Calibri, Ceria Lebaran.

        2. Satu <i>actor</i>Tata letak atau layout perhalaman dibuat berbeda agar informasi yang disampaikan tepat dan terarah.

        3. Gaya penampilan yang dibuat minimalis dan elegan agar terkesan profesional dan jelas dilihat.

        4. Model yang dipakai dari media desain informasi ini yaitu foto-foto siswa dan siswi SMK Maria Mediatrix.

        Proses Desain (Designing)

        Didalam proses perancangan media desain informasi. melalui beberapa tahap agar hasil yang dibuat terlihat menarik dan jelas. Tahapannya itu terbagi menjadi 3(tiga) tahapan diantaranya yaitu (Layout kasar, Layout komprehensif, dan Final Artwork).

        1. Layout Kasar.

          Layout Kasar adalah gambar kerja untuk memperlihatkan komposisi tata letak sinopsis, gambar yang akan dibuat, biasanya pada layout kasar ini dibuat hitam putih dengan menggunakan coretan atau sketsa pensil gambar yang dibuat secara manual. Dengan dibuatnya layout kasar untuk diperlukan panduan pada saat desain melalui aplikasi komputer. Tahapan dari perancangan media desain informasi tentang protocol kesehatan covid-19 SMK Maria Mediatrix sebagai berikut :.

          1. Layout kasar Spanduk>

            Gambar 4.1.Layout kasar Spanduk

            layout.png


          BAB V

          PENUTUP

          Kesimpulan

          Penulis berkesimpulan bahwa “Perancangan Media Desain Sebagai Sarana Informasi Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19 Pada Smk Maria Mediatrix Kab. Tangerang” sangat di perlukan bagi SMK Maria Mediatrix khususnya di instansi. Dengan adanya media Profile berbentuk desain informasi tersebut dapat meningkatkan suatu image atau citra dari masyarakat agar dapat di ingat olah siswa atau calon siswa dalam menerapkan protocol kesehatan covid-19.

          Dalam pembuatan media desain informasi yang baik, harus memperhatikan faktor - faktor yang berhubungan dengan SMK Maria Mediatrix yang bersangkutan. Dalam hal ini penulis menyesuaikan dengan keinginan stakeholder, mulai dari pesan yang disampaikan. Hal ini bertujuan untuk memperkuat media desain berbentuk desain informasi dalam menginformasikan..

          Kesimpulan Terhadap Rumusan Masalah..


          1. Bentuk media untuk melengkapi informasi pada SMK Maria Mediatrix dalam project ini adalah media desain informasi dalam menerapkan protocol kesehatan covid-19.
          2. Kendala yang sering dialami adalah waktu yang tidak efesien sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk setiap transaksi pemesanan barang beserta penilaian yang diberikan oleh customer
          3. Dari hasil rancangan media agar dapat meningkatkan pencitraan sekolah SMK Maria Mediatrix, tahapan - tahapan pada konsep produksi media hendaknya ditujukan pada hal - hal yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat dan kreatifitas yang dapat memanjakan masyarakat diantaranya media tersebut terdapat unsur - unsur Visual. Dalam merancang desain informasi menampilkan secara jelas identitas SMK Maria Mediatrix, alat dalam menerapkan protocol kesehatan covid-19, Seperti masker, Hansantizer, Face, sehingga dapat meningkatkan image SMK Maria Mediatrix di mata masyarakat yang melihatnya.
          4. 3. Penerapan sebuah media desain informasi serta dikemas dengan efektif, menarik, dalam bentuk visual diharapkan dapat meningkatkan citra, image positif dan mempermudah SMK Maria Mediatrix dalam menunjang informasi dan promosi kepada masyarakat.

          Rekomendasi

          Kesimpulan Terhadap Tujuan dan Manfaat

          1. Media desain informasi menjadi salah satu pilihan yang diambil karena lebih menarik. Media cetak dalam bentuk desain informasi dapat efektif jika digunakan pada program promosi. Oleh sebab itu, banyak hal baik yang bisa dilihat langsung oleh masyarakatk hususnya siswa atau siswi sekolah menengah pertama (SMP) serta orang tua calon murid SMK Maria Mediatrix, seperti kegiatan sekolah yang ada, fasilitas yang ada di sekolah, sehingga membuat orang tua tidak ragu menyekolahkan anaknya di SMK Maria Mediatrix.
          2. Agar hasil rancangan dapat menarik perhatian masyarakat, perancangan menggunakan konsep media yang di dalamnya terdapat perencanaan media, perencanaan pesan (perencanaan kreatif) dan perencanaan visual. Pada perencanaan media terdapat tahapan tujuan media, strategi media dan program media. Pada perencanaan pesan (perencanaan kreatif) terdapat tahapan tujuan pesan (tujuan kreatif) dan strategi pesan (strategi kreatif). Pada perencanaan visual terdapat tujuan visual, strategi visual, proses visualisasi dan proses desain (designing). Pada tahapan akan disampaikan layout kasar, layout komprehensif dan final art work.
          3. Setelah hasil rancangan media desain informasi sekaligus pencitraan SMK Maria Mediatrix telah diimplementasikan diharapkan dapat meningkatkan nilai efektifitas pemahaman keberadaan dan kualitas SMK Maria Mediatrix kepada Masyarakat. Dari meningkatnya pencitraan lembaga sekolah, menginginkan untuk pendaftaran siswa - siswi baru di tahun-tahun ajaran berikutnya selalu dapat memenuhi target kapasitas daya tampung yang telah disediakan oleh pihak lembaga sekolah..

          Saran

          Setelah menganalisa dan mempelajari permasalahan media desain informasi yang digunakan oleh SMK Maria Mediatrix, maka saya selaku penulis memberikan saran atau usulan sebagai berikut :

          1. Untuk memenuhi target-target promosi yang diinginkan oleh SMK Maria Mediatrix untuk tiap - tiap periode tahunnya hendaknya terus dikembangkan ide - ide yang menarik yang dikemas dalam bentuk - bentuk media yang selalu mengikuti perkembangan teknologi multimedia yang ada.
          2. Dengan adanya media desain informasi ini penulis menyarankan agar lebih ditingkatkan kualitas produk sesuai perkembangan teknologi agar menarik dan dapat bergabung bersama SMK Maria Mediatrix, sehingga dapat meningkatkan image atau citra bagi SMK Maria Mediatrix.

          DAFTAR PUSTAKA

          1. Maimunah, David dan Dian. 2017. Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagi Media Informasi Dan Promosi Pada PT.Sulindafin. Yogyakarta : STMIK Amikom. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805 : 38. 11(1).
          2. Saragih, Ambon. Emma dan Maslan Jhoni. 2015. Perancangan Aplikasi E-Library Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Pada Universitas Methodist Indonesia. Medan : Universitas Methodist Indonesia. Jurnal TIMES Vol.IV No.1 : 33 ISSN : 2337 - 3601.. 11(22).
          3. Sunarya,Lusyani. dkk. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang : STMIK Raharja. Jurnal CCIT Vol.9 No.1:80-81. 11(3)
          4. dalam Jurnal Manajemen Vol.XXI No.2, menjelaskan kualitas informasi yaitu output yang dihasilkan oleh sistem informasi yang digunakan. Kriteria yang dapat digunakan untuk menilai kualitas informasi antara lain:</p></div>
            1. Kelengkapan (completeness);

            2. Relevan(relevance)

            3. Akurat (accurate);”.

            4. Ketepatan Waktu (timeliness); ;”.

            5. Penyajian Informasi (format)”.

            Pengertian Data

            Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan,), barang, hewan, angka,huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya. ( Fathansyah (2015:2)

          Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di di <references> tidak memiliki nama atribut.

  7. Contributors

    Joan Kristofa Putra