SI1831492218

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PENGEMBANGAN ILEARNING MANAGEMENT SYSTEM MBKM BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE


SKRIPSI





Disusun Oleh :


NIM
: 1831492218
NAMA


PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM

TANGERANG

TA. 2021/2022




ABSTRAK

Berlandaskan oleh Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2018 mengenai Rencana Induk Riset Nasional 2017-2045 dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang inovatif berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dan diperkuat dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020 pasal 14 ayat 3 mengenai Metode Pembelajaran yang dapat dipilih untuk pelaksanaan Pembelajaran pada mata kuliah meliputi: diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, Pembelajaran kolaboratif, Pembelajaran kooperatif, Pembelajaran berbasis proyek, Pembelajaran berbasis masalah, atau metode Pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian Pembelajaran lulusan. Pada pasal 15 ayat 1 mengenai bentuk pembelajaran yaitu dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi. Hal ini membuktikan serta memperkuat bahwa berbagai bentuk pembelajaran yang disebutkan dapat dilaksanakan di dalam Program Studi maupun diluar Program Studi. Diharapkan dengan penggunaan platform gamifikasi pada Kampus Merdeka dapat mendisrupsi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Learning Manajemen System yang menerapkan metode Agile Scrum. Diterapkan sebuah pembelajaran Kampus Merdeka yang berbasis Artificial Intelligence didalamnya. Diharapkan penelitian ini dapat mendukung pembelajaran mahasiswa, serta meningkatkan motivasi belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Agile Scrum, yang bertujuan untuk memaksimalkan strategi yang akan diperoleh dan membuat penelitian yang dilakukan lebih fleksibel dengan bentuk visualisasi yang jelas. Tingkat kesiapan teknologi (TKT) penelitian ini adalah skala 3 (untuk tahun 1 dan 2). Luaran dari penelitian (tahun 1 dan 2) ini berupa publikasi ilmiah Jurnal Internasional bereputasi terindeks Scopus, publikasi ilmiah jurnal terindeks SINTA, prosiding dalam pertemuan internasional, dan Artikel pada Conference/Seminar Internasional di Pengindeks Bereputasi ICCIT 2022.


Kata Kunci: Kampus Merdeka, Learning Manajemen System, Artificial Intelligence.


ABSTRACT

ABased on Presidential Regulation No. 38 of 2018 concerning the 2017-2045 National Research Master Plan in creating an innovative Indonesian society based on science and technology and strengthened by Permendikbud No. 3 of 2020 article 14 paragraph 3 regarding Learning Methods that can be chosen for the implementation of Learning in the eye lectures include: group discussions, simulations, case studies, collaborative learning, cooperative learning, project-based learning, problem-based learning, or other learning methods, which can effectively facilitate the fulfillment of graduate learning outcomes. In article 15 paragraph 1 regarding the form of learning that can be done inside the Study Program and outside the Study Program. This proves and strengthens that the various forms of learning mentioned can be implemented within the Study Program and outside the Study Program. It is hoped that the use of the gamification platform on the Merdeka Campus can disrupt learning properly. This study aims to develop a Learning Management System that applies the Agile Scrum method. An Artificial Intelligence-based Independent Campus learning is applied in it. It is hoped that this research can support student learning, and increase their learning motivation. The method used in this research is the Agile Scrum method, which aims to maximize the strategies that will be obtained and make the research conducted more flexible with a clear visualization form. The level of technology readiness (TKT) of this study is a scale of 3 (for years 1 and 2). The outputs of this research (years 1 and 2) are scientific publications of reputable International Journals indexed by Scopus, scientific publications of journals indexed by SINTA, proceedings at international meetings, and articles at International Conferences/Seminars at Reputable Indexers ICCIT 2022.

Keywords : Digital Creative Content, Artificial Intelligence, Super Artificial Intelligence.



DAFTAR PUSTAKA

[1] ARIFIN, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1).

[2] Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

[3] Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-109.

[4] Tohir, M. (2020). Buku panduan merdeka belajar-kampus merdeka.

[5] Amrizal, V., & Aini, Q. (2013). Kecerdasan Buatan.

[6] S. A. Lubis, “Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padangsidimpuan.” Universitas Medan Area, 2017.

[7] H. A. Putri, “Analisis Pengembangan Kompetensi Dalam Penempatan Pejabat Fungsional Di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi.” Ipdn Jatinangor, 2021.

[8] N. Siregar, R. Sahirah, And A. A. Harahap, “Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0,” Fitrah J. Islam. Educ., Vol. 1, No. 1, Pp. 141–157, 2020.

[9] S. Arifin And M. O. H. Muslim, “Tantangan Implementasi Kebijakan ‘Merdeka Belajar, Kampus Merdeka’ Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia,” J. Pendidik. Islam Al-Ilmi, Vol. 3, No. 1, 2020.

[10] S. Sudaryanto, W. Widayati, And R. Amalia, “Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Bahasa (Dan Sastra) Indonesia,” Kode J. Bhs., Vol. 9, No. 2, 2020.

[11] U. Rahardja, N. Lutfiani, A. D. Lestari, And E. B. P. Manurung, “Inovasi Perguruan Tinggi Raharja Dalam Era Disruptif Menggunakan Metodologi Ilearning,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, Vol. 13, No. 1, Pp. 23–34, 2019.

[12] U. Rahardja, Q. Aini, And S. R. Zuliana, “Metode Learning Management System (Lms) Idu Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar Mit Pada Perguruan Tinggi Raharja,” Cyberpreneursh. Innov. Creat. Exact Soc. Sci., Vol. 2, No. 2, Pp. 156–172, 2016.

[13] C. A. Herdian, “Perancangan Question Answering System E-Marketplace Sigertengah Menggunakan Metode Scrumban (Studi Kasus: Kelompok Pedagang Sigertengah),” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 2, pp. 547–560, 2021.

[14] F. Nadhira, M. I. Wahyuddin, and R. T. K. Sari, “Penerapan Metode Agile Scrum Pada Rancangan SisIAM4,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 6, no. 1, pp. 560–568, 2022.

[15] R. Setiawan, A. D. Supriatna, S. Hudawiguna, and F. F. Roji, “Electronic culinary reservations based on Android with the Scrum methodology and Firebase database,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2021, vol. 1098, no. 5, p. 52091.

[16] M. S. A. Kurniawan, D. S. Kusomo, and J. H. Husen, “Kompatibilitas Metode Design Sprint dengan Kerangka Kerja Scrum dan Kinerja Pengembang yang Membangun Website ‘Kerjayuk’ Untuk Mahasiswa Universitas Telkom,” eProceedings Eng., vol. 8, no. 5, 2021.

[17] M. Sakikhales, “Nonlinear Project Management: Agile, Scrum and Kanban for the Construction Industry,” in Industry 4.0 for the Built Environment, Springer, 2022, pp. 227–246.

[18] P. A. N. Azizah, M. Asfi, and I. Syafrinal, “IMPLEMENTASI MODEL SCRUM PADA SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN DILUAR KAMPUS UNTUK SKEMA WIRAUSAHA KAMPUS MERDEKA (STUDI KASUS: UNIVERSITAS CATUR INSAN CENDEKIA),” Syntax J. Inform., vol. 10, no. 02, pp. 1–12, 2021.

[19] M. A. Dewi and R. Irham, “Penerapan Agile Scrum Pada Pengembangan Aplikasi Bimbingan Daring Skripsi Mahasiswa,” J. SISKOM-KB (Sistem Komput. dan Kecerdasan Buatan), vol. 4, no. 2, pp. 40–45, 2021.

Contributors

Admin, Muhammad Fakhrezzy