SI1821499278

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN AUDIO VISUAL BERBENTUK VIDEO PROMOSI SEBAGAI PENUNJANG DAYA TARIK

PADA FUN PARK WATERBOOM PERMATA


SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1821480231

NAMA : Zidhane Dewayani


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2022/2023


ABSTRAKSI

Promosi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan, menginformasikan dan menawarkan produk yang bertujuan supaya masyarakat dapat tertarik pada produk tersebut, sehingga melalui strategi promosi yang dilakukan agar mempertinggi omset perusahaan, Pengunjung pada tahun 2017 sekitar 80.000 orang, 2018 pertahun 87.000, 2019 pertahun 89.0000, pada tahun 2020 dan 2021 tutup dikarenakan adanya pandemi covid dan pada tahun 2022 sampai oktober pengunjung mencapai 85.000. Permasalahan yang terdapat di Fun Park WaterBoom Permata tutup selama 2 tahun dikarenakan pandemi covid-19 dan adanya penurunan jumlah pengunjung oleh karena itu dibutuhkannya video promosi sebagai penunjang informasi agar daya minat pengunjung lebih banyak dan dengan konsep video yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyampaikan informasi terkait Fun Park WaterBoom Permata. Manfaat penelitian ini untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan agar lebih dikenal dengan masyarakat luas serta dapat meningkatkan image Fun Park WaterBoom Permata. Adapun metode penelitian yang dilakukan yaitu : Observasi, Wawancara, Pengumpulan data, analisa perancangan Media dengan software pendukung seperti : Adobe Premiere Pro CC 2020, Adobe After Effect CC 2020 dan Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari : Pre Production, Production dan Post Production. Maka perancangan dilakukan berdasarkan analisis segmen dan target yang diperoleh, melalui poster, baliho, brosur dan sosial media.

Kata Kunci: Media Promosi, Wisata Tirta, WaterBoom


ABSTRACT


Promotion is an activity carried out by companies in marketing, informing and offering products that aim to make people interested in these products, so that through promotional strategies are carried out to increase company turnover. The following is visitor data in 2017 80,000 people per year, 2018 87,000 per year, 2019 89,0000 per year, in 2020 and 2021 closed due to the covid pandemic and in 2022 until October visitors reached 85,000. The problem in Fun Park WaterBoom Permata is that there is no promotional video for Fun Park WaterBoom Permata and therefore it is necessary to have a promotional video especially for the public as supporting information so that the interest of visitors is more and with an interesting video concept. The purpose of this research is to convey information related to Fun Park WaterBoom Permata. The benefit of this research is to increase the number of visitors and to be better known by the wider community and to improve the image of Fun Park WaterBoom Permata. The research methods carried out are: Observation, Interview, Data collection, Media design analysis with supporting software such as: Adobe Premiere Pro CC 2020, Adobe After Effect CC 2020 and Media Production Concept (KPM) which consists of: Pre Production, Production and Post Production. Then the design is carried out based on segment analysis and targets obtained, through posters, billboards, brochures and social media.

Keywords: Promotional Media, Tirta Tourism, WaterBoom



DAFTAR PUSTAKA

  1. Yulianto, H. D., & Maulana, D. F. (2020). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Dagang Menggunakan SAK EMKM Berbasis Web. @ is The Best: Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise, Vol.5(2), 121-135.

  2. Setiawan, I. N. A. F. (2020). Perancangan Logo Kreasi Program Magister Terapan Perencanaan Parawisata Politeknik Negeri Bali Dan Implementasinya. Jurnal Nawala Visual, Vol.2(1), 1-8.

  3. Olva, M., Permatasari, R. D., Majid, S., Syair, P., & Suganda, A. (2021). Pemanfaatan Dasbor pada Pemantauan Data Transaksi Penjualan. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, Vol.3(1), 1-15.

  4. Zega, A. M. S., & Irmayani, D. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor Pada CV. Sun Berlian Berbasis Web. Journal of Computer Science and Information System (JCoInS), Vol.3(2), 81-91.

  5. Antares, J. (2020). Rancangan Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web Di Kantor Camat Medan Deli. Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi, Vol.1(2), 46-51.

  6. Herdiansah, A., Borman, R. I., & Maylinda, S. (2021). Sistem Informasi Monitoring dan Reporting Quality Control Proses Laminating Berbasis Web Framework Laravel. Jurnal Tekno Kompak, Vol.15(2), 13-24.

  7. Armen, A. (2019). Kesiapan pustakawan di era teknologi informasi. Maktabatuna, Vol.1(2), 161-170.

  8. Nugraha, R. V. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Informasi, Inovasi Proses terhadap Kinerja Operasi Perusahaan Coffee Shop di Yogyakarta. (Doctoral dissertation Universitas Islam Indonesia),9-18.

  9. Nuranda, W. (2018). Determinan Nilai Informasi Pelaporan Kuangan Daerah-Studi Pada Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, Vol.3(3), 485-493.

  10. Siregar, A. S. (2019). Analisi Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Medan (Doctoral dissertation).

  11. Mahmudah, S. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh, Vol.20(01), 129-138.

  12. Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

  13. Zukhrufillah, I. (2018). Gejala media sosial twitter sebagai media sosial alternatif. Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol.1(2), 102-109.

  14. Eva Trianingsih, A. (2020). Strategi Humas Smk Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo Dalam Mewujudkan Citra Sekolah Unggul Dibidang Kesehatan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

  15. Indriany, Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus Di Politeknik Lp3I Jakarta Kampus Cibinong). Jurnal Lentera Bisnis, Vol.8(1), 137-154.

  16. Hasugian, P. S. (2018). Perancangan website sebagai media promosi dan informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, Vol.3(1).

  17. Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol.3(1), 148-159.

  18. Putra, G. L. A. K., & Yasa, G. P. P. A. (2019). Komik sebagai sarana komunikasi promosi dalam media sosial. Jurnal Nawala Visual, Vol.1(1), 1-8.

  19. Hidayati, R. R., & Marlius, D. (2018). Aktivitas Promosi Dalam Meningkatkan Dana Pihak Ketiga Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Batang Kapas Pesisir Selatan.

  20. Amin, M. S., & Widaningsih, S. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (studi Pada Bisnis Jasa Bimbingan Belajar Privat Expert Course Bandung 2020). eProceedings of Applied Science, 7(4).

  21. Nur Hidayah, R. (2019). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning dan media video pada siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Blora tahun ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IKIP PGRI BOJONEGORO).

  22. Kamlin, M., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi video dalam pengajaran dan pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), Vol.5(10), 105-112.

  23. Larichy, R. (2020). TA: Perancangan Video Promosi Desa Wisata Conto sebagai Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

  24. OKTAVIANUS, Y., & Kamal, M. N. (2019). Video Promosi Wisata Kuau Kuliek Nagari Sungai Buluah. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(4).

  25. Rumimpunu, J. J., & Sylvia, M. (2021). LEAP Program Community Engagement Pembuatan Video Promosi Sebagai Media Promosi Kopi Arabika Khas Daerah Koya Minahasa. Jurnal DKV Adiwarna, Vol.1(18), 10.

  26. Febrianto, G. L., Sulton, S., & Praherdiono, H. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Pelatihan Instalasi Tenaga Listrik. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol.3(2), 149-157.

  27. Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.4(1), 21-28.

  28. Afra Ramadhani, S. (2022). Pengamatan Kadar Sisa Klor, pH Air serta Keluhan Iritasi Mata Pengguna Kolam Renang X di Kabupaten Sragen pada Tahun 2021 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

  29. Hidayat, C. E. (2019). Analisis Kadar Residu Klorin pada Air Kolam Renang Umum di Kota Kupang (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kupang).

  30. Suranto, N. L. D. (2021). Gambaran Sanitasi Kolam Renang Umbul Tirta Banguntapan Bantul Era Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

  31. Priyatmojo, C. (2019). Motivasi dan Hasil Belajar Geografi melalui Penggunaan Pendekatan Multimedia. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.1(1), 148-157.

  32. Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, Vol.3(2), 194-204.

  33. Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia interaktif untuk mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Vol.8(1), 17-32.

  34. Ramdhan, S., Tullah, R., & Janah, S. N. (2019). Iklan Animasi Stop Bullying Pada SD Negeri Cibadak II Berbasis Multimedia. Jurnal Sisfotek Global, Vol.9(2).

  35. Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3(5), 1910-1917.

  36. Budiarto, M., & Bella, U. (2018). Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, Vol.4(2), 217-227.

  37. Sunarya, L., Sunarya, P. A., Fajar, A. A., & Abdillah, M. F. (2021). Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Days Hotel & Suites Tangerang. Technomedia Journal, Vol.6(1 Agustus), 66-81.

  38. Marginingsih, R. (2019). Analisis SWOT technology financial (fintech) terhadap industri perbankan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, Vol 19 No. 1 Maret 2019.

  39. Eka, C., Santoso, N. P. L., Amelia, S., & Devana, V. T. (2021). Pelatihan Software Editing Bagi Mahasiswa Pada Universitas Raharja. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1(2), 60-65.

  40. Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol.9(2), 349-361.

  41. Eddijanto, I., Restiani, R., & Aditiyarini, D. (2022). Elisitasi Flavonoid menggunakan Kitosan pada Kultur Kalus Ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn.). SCISCITATIO, Vol.3(2), 90-99.

  42. Mufikhali, Q. E. (2021). Elisitasi Kebutuhan Sistem Informasi Heritage Tourism sebagai Rekomendasi Perjalanan Wisata DKI Jakarta. Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), Vol.3(2), 10-21.

  43. Abdillah, L. (2021). Mengkaji Pustaka (Literature Review). Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Medan: Yayasan Kita Menulis (2021).

  44. Sunarya, L., Sunarya, P. A., Fajar, A. A., & Abdillah, M. F. (2021). Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Days Hotel & Suites Tangerang. Technomedia Journal, Vol.6(1 Agustus), 66-81.

  45. Fadilah, R. Y. N., Sutrisno, A., & Samodra, J. (2022). Perancangan Video Promosi Pariwisata Kabupaten Jembrana. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, Vol.2(8), 1095-1110.

  46. Ernawati, E., & Maulana, E. (2022). Perancangan Video Promosi Wisata Roro Kuning di Kota Nganjuk. DESKOVI: Art and Design Journal, Vol.5(1), 86-93.

  47. Lubis, M. R., Khairani, S., & Rismayanti, R. (2022). Perancangan Video Promosi dengan Teknik Camera Movement Terhadap Efektivitas Penggabungan Video. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (CoSIE), 153-163.

  48. Hardoyo, A. B., Albar, D., Haq, M. S., Soegoto, E. S., Warlina, L., Tarmawan, I., & Maryati, M. (2022). Perancangan Video Promosi Produk Pusat Penelitian Teh Dan Kina (PPTK) Gambung. Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE), Vol.3(2), 274-279.

  49. Sama, H., Zulkarnain, Z., & Putra, F. A. (2022). Design and Development of Documentary Video in Batam as Dark Tourism Promotion Media. JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, Vol.6(1), 1-9.

  50. Fajri, N., Usman, S., Sofia, S., Saputra, I., & Marthoenis, M. (2022). Media Effectiveness Health Promotion Video and Poster on Covid-19 Vaccination on Improving Knowledge and Attitude of Cadres in Banda Aceh City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), Vol.5(2).

  51. Triana, W., Fitriani, S., & Susilawati, E. (2021, August). Effectiveness of Health Promotion Through Video Media and Leaflets About Early Detection of Cervical Cancer Using the Visual Inspection Method of Acetic Acid (IVA) at Talang Banjar Community Health Center Jambi City 2020. In The 3rd Green Development International Conference (GDIC 2020) (pp. 446-451). Atlantis Press.

  52. Gebreel, O. S. S., & Shuayb, A. (2022). Contribution of social media platforms in tourism promotion. International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (SINOMICS JOURNAL), Vol.1(2), 189-198.

  53. Tegelmo, L. (2022). Promotion through Interaction: An investigation on the use of interactive video to promote physical activity. KTH, School of Electrical Engineering and Computer Science (EECS).

Contributors

Admin, Zidhanedewayani