SI1821495775

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN MEDIA VIDEO INFORMASI

PADA PT PROPAN RAYA I.C.C


SKRIPSI



Disusun Oleh :


NIM
: 1821495775
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2021/2022




ABSTRAK

Perkembangan teknologi di era modernisasi saat ini membuat banyak perusahaan khususnya yang bergerak dibidang industri chemical coating atau lebih dikenal dengan istilah “CAT” untuk dapat memberikan suatu informasi dalam bentuk media video informasi yang kreatif, informatif dan menarik. PT. Propan Raya I.C.C adalah perusahaan yang melayani penjualan cat dan layanan konsumen daerah Tangerang yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. KM.8, Kadu, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810, yang saat ini membutuhkan media video informasi untuk membantu dalam penyebaran informasi keunggulan produk. Permasalahannya yaitu, dalam kegiatan informasi sebelumnya hanya menggunakan media cetak seperti brosur, majalah, flyer, secara sederhana dan kurang lengkap dan update informasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk membantu PT. Propan Raya I.C.C dalam menyampaikan informasi mengenai profil, sejarah, serta keunggulan produk yang dibuat oleh perusahaan, secara efektif, menarik dan informatif, yang memiliki manfaat agar dapat menarik minat pembeli dan meningkatkan jumlah pendapatan setiap tahunnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data, analisis SWOT, Perancangan Media dengan menggunakan software Adobe After Effect CC 2020, Adobe Premiere Pro CC 2020, Adobe Illustrator 2020 dan Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi. Melalui perancangan media video informasi ini customer dan masyarakat dapat mengetahui informasi dengan mudah mengenai profil dan keunggulan produk secara efektif, dapat menarik minat masyarakat untuk membeli produk perusahaan.


Kata kunci : media, informasi, produk


ABSTRACT

Technological developments in the current modernization era make many companies, especially those engaged in the chemical coating industry or better known as "CAT" to be able to provide information in the form of creative, informative and interesting video information media. PT. Propan Raya I.C.C is a company that serves paint sales and customer service in the Tangerang area, which is located on Jl. Gatot Subroto No. KM.8, Kadu, Kec. Curug, Tangerang Regency, Banten 15810, which currently requires informational video media to assist in the dissemination of product superiority information. The problem is, in the previous information activities, they only used print media such as brochures, magazines, flyers, in a simple and incomplete manner and updated the information. The purpose of this research is to help PT. Propan Raya I.C.C in conveying information about the profile, history, and advantages of the products made by the company, in an effective, interesting and informative manner, which has the benefit of attracting buyers and increasing the amount of revenue each year. The research method used is data collection, SWOT analysis, Media Design using Adobe After Effect CC 2020 software, Adobe Premiere Pro CC 2020, Adobe Illustrator 2020 and Media Production Concepts (KPM) consisting of Pre Production, Production, Post Production. Through the design of this information video media, customers and the public can find out information easily about the profile and advantages of the product effectively, and can attract people's interest to buy the company's products.


Keywords: media, information, product.




DAFTAR PUSTAKA


  1. Akbar, M. R. (2019). PERANCANGAN LOGO KOPERASI ALUMNI SMA 2 PADANG AR ROZAK (KOPASMANDA AR ROZAK). MAJALAH ILMIAH UPI YPTK, Vol. 23 No.2 : 86 - 87.
  2. Al Khulani, N. K. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN CIPTA WARNA PADA ANAK KELOMPOK B. Jurnal PAUD Teratai, 3.
  3. Aminah, S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Pada SMP Negeri 8 Pagaralam. JURNAL ILMIAH BETRIK: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, Vol.9 No.01 : 5.
  4. Anto, P., Andrijanto, M. S., & Akbar, T. (2020). Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Desain, Vol.4 No.02 : 95.
  5. Apriani, D., Rosdiana, R., & Asriyani, A. (2018). Sarana Promosi dan Informasi sebagai Video Profile SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, Vol.4 No.2 : 202.
  6. Arshad, T., Zahra, R., & Draz, U. (2019). Impact of customer satisfaction on image, trust, loyalty and the customer switching behavior in conventional and Islamic banking: evidence from Pakistan. American Journal of Business and Society, Vol.1 No.3 : 155.
  7. Chrismantya Dwi Satriya Nugroho, E. S. (2020). ANALISIS dan DESAIN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN (Studi Pada Unit Pusat PT. Perdana Fajar Mandiri Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 116.
  8. Forster, M. (2019). “Refining the definition of information literacy: the experience of contextual knowledge creation”. Journal of Information Literacy. London: University of West London. (Vol. 9 (1). pp. 62-73. ISSN 1750-5968 - November 2015). London, England.
  9. ISEU CYNTHIA PERMATASARI, N. H. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HANDS MOVE DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN PADA MAPEL IPS ISEU SYNTHIA PERMATASARI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
  10. Izomi Awalia, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. -ISSN: 2086-2334; e-ISSN: 2442-4218.
  11. Koko Mukti Wibowo, I. K. (2018). 2018. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) MENENTUKAN LOKASI PERTAMBANGAN BATU BARA DI PROVINSI BENGKULU BERBASIS WEBSITE, 52.
  12. Kurniawan, S. M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN APLIKASI PICPAC. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi.
  13. Lidya. (2019). Sentiment Analysis Pada Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighbor (K-NN). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. ISSN:2089-9815:4. Medan.
  14. Made Windu Cahyadi, K. R. (2020, July 2). PENGEMBANGAN MEDIA SOSIALISASI ”DISIPLIN LALU LINTAS”. Bali.
  15. Maimunah. (2018). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta.
  16. Maimunah, D., & Ericson, D. (2019). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta, Indonesia.
  17. Martono, Triyono dan Roesmita Anggis Septiani. 2018. Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kota Tangerang Selatan Berbasis Audio Visual Sebagai Media Informasi dan Promosi. Technomedia Journal (TMJ) ISSN: 2528-6544 Vol.3 No.1, Edisi Agustus 2018.
  18. Padila, A. Y. (2019). TERAPI STORY TELLING DAN MENONTON ANIMASI KARTUN TERHADAP ANSIETAS. Journal of Telenursing (JOTING).
  19. Prihantana, M. A. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ANIMASI STOP MOTION UNTUK SISWA SMK. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Bali, Indonesia.
  20. Rani Winarni, E. R. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Edisi Oktober 2019, 70.
  21. Sangwaranatee, N. (2020). Graphic Design using Cartesian Geometric Transformation Based STEM Education. Life Science Journal, 66. Thailand.
  22. Sari, I. P. (2019). Perancangan Video Edukasi Animasi 2 Dimensi Berbasis. Jurnal Pendidikan Multimedia.
  23. Satria, Arief Adi. 2018. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36” dalam Jurnal Manajemen dan Start – Up Bisnis Volume 2, Nomer 1. Surabaya : Performa.
  24. Sri Rahayu, Zainul Hakim dan Masitoh 2019. Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Material Mentah. Jurnal Sisfo Tek Global ISSN: 2088–1762 Vol. 9 No.1, Maret 2019.
  25. Sunarya, L. (2020). Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. CCIT Journal. ISSN:2461 - 1409. Vol.2, No.1 : 61. Tangerang, Banten, Indonesia.
  26. Sunarya, Lusyani. Hirzi Supriadi Saputra dan Dwi Rahmadhiani. 2018. Perancangan Video Profile Pada SMK Islamic Village Karawaci Kabupaten Tangerang. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Journal SENSI Vol. 3 No. 2 : 162, 165-169.
  27. Taufan Yusuf Aslah, H. F. (2018). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan. E-Journal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2018) , 2.
  28. Tommy Gunawan, A. P. (2020). PERANCANGAN ANIMASI DENGAN MOTION CAPTURE SEBAGAI SARANA EDUKASI COVID-19.
  29. Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachmah dan Ellen Nindya Purwa. 2019. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2019. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 20-21.
  30. Yorizal Tri M.Gulo, A. K. (2021). Koncokelas: Animation-Based Learning Video Application as an Effort to Empower School Dropouts through Learning Houses. pelita masyarakat.

Contributors

Admin, Kevinramadhan