SI1721499439

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN COMPANY PROFILE BERBASIS ANIMASI MOTION GRAPHIC

SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA PT. ELEKTRIKA PERSADA SOLUSINDO


SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1721499439
NAMA : Rina Eva Marolina Simamora



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021



ABSTRAK

Perkembangan teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi semakin berkembang pesat terutama pada bidang multimedia yang dimanfaatkan sebagai penyebaran informasi tercepat, terluas, dan up to date. Pesaing dalam dunia bisnis di era saat ini juga terus berkembang dengan mengikuti tren di era digital yang membuat setiap perusahaan berlomba-lomba memasarkan produknya. Apalagi dalam keadaan saat ini, penyebaran virus pandemi yang disebut COVID-19 belum berakhir, sehingga setiap perusahaan harus meningkatkan penyebaran informasi dan promosi pada khalayak dikarenakan penyebaran virus ini mengakibatkan banyak perusahaan yang kesulitan menjangkau klien khususnya PT. Elektrika Persada Solusindo yang juga mengalami penurunan pendapatan hingga 50% dari pendapatan sebelumnya. Permasalahan yang ada yaitu media informasi dan sarana pada PT. Elektrika Persada Solusindo hanya via webinar dan media cetak yang dirasa kurang signifikan di tengah pandemi saat ini. Sehingga PT. Elektrika Persada Solusindo membutuhkan media penunjang informasi dan promosi yang menarik dan dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi dan sarana promosi secara akurat, dan terperinci. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang media video profile berbasis animasi motion graphic yang bermanfaat dan menjadi daya tarik utama dalam penyampaian informasi dan sebagai sarana promosi yang berisikan informasi-informasi up to date tentang PT. Elektrika Persada Solusindo. Perancangan video profile berbasis animasi motion graphic ini berisikan latar belakang perusahaan, visi dan misi, produk - produk yang dijual, proyek - proyek yang telah dijalankan, relasi perusahaan dengan beberapa client, dan kontak perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari metode pengumpulan data yang dilanjutkan dengan analisa perancangan serta konsep produksi media yang di dalamnya terdapat tahap pre-production, production, dan post production. Hasil akhir dari perancangan ini adalah sebuah video yang akan digunakan sebagai media informasi dan promosi.

Kata Kunci : Informasi, Promosi, Video, Motion Graphic


ABSTRACT

Information is one of the needs of every individual. Information is spread through print media, electronic media, and internet media. The development of technology, especially in the field of information and communication, is growing rapidly, especially in the field of multimedia, which is used as the fastest, widest, and up to date information dissemination. Competitors in the business world in the current era also continue to develop by following the trends in the digital era that make every company compete to market their products. Especially in the current situation, the spread of the pandemic virus called COVID-19 has not ended, so every company must increase information dissemination and promotion to the public because the spread of this virus has resulted in many companies having difficulty reaching clients, especially PT. Elektrika Persada Solusindo. The purpose of this research is to design a video profile media based on motion graphic animation that is useful and becomes the main attraction in delivering information and as a means of promotion that contains up to date information about PT. Elektrika Persada Solusindo. The problems that exist are information media and means of promotion at PT. Elektrika Persada Solusindo only via webinars and print media which are deemed insignificant in the current pandemic. So that PT. Elektrika Persada needs media to support information and promotions that are attractive and can be used in the current pandemic. Designing a video profile based on motion graphic animation contains the company's background, vision and mission, products sold, projects that have been executed, company relationships with several clients, and company contacts. The method used in this research starts from the data collection method followed by design analysis and the concept of media production which includes pre-production, production, and post-production stages. The result of this development is a video that will be used as a medium of information and promotion.

Keywords : Information, Promotion, Video, Motion Graphic



DAFTAR PUSTAKA


  1. Nur, Rusdi dan Muhammad Arsyad.2018. Perancangan Mesin-Mesin Industri.Yogyakarta:Deepublish.
  2. Arifin, J., & Zulita, L. N. (2016). Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega 2560. Jurnal Media Infotama, 12(1), 1858-2680.
  3. Evanne, L., & Nurambulani, N. (2017). Perancangan Video Profile di Nayaka Japan Course sebagai Media Informasi dan promosi. Jurnal Inovasi, 11(2), 144- 162.
  4. Sunarya, L., Maimunah, M., & Sari, R. (2019). Media Komunikasi Visual sebagai Penunjang Promosi pada SMK Multimedia Mandiri. CCIT Journal, 12(1), 22- 32. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/ccit.v12i1.597
  5. Hidayat, W., Mahmuriyah, R., & Safitri, S. N. (2016). Media Visual Berbentuk Katalog Produk sebagai Media Promosi. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 2(2), 184 197.
  6. Setyanti, N. (2018). Aplikasi Adobe Photoshop CS6 Untuk Pembuatan Desain Katalog Sebagai media Promosi di CV Kajeye Food Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 376-381.
  7. Handika, R. N., & Yusiana, R. (2016). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Anjis Cabang Telaga Bodas Bandung.
  8. Hanief, Yulingga Nanda dan Wasis Himawanto.2017.Statistik Pendidikan.Yogyakarta:Deepublish.
  9. Prehanto, Dedy Rahman.2020. Konsep Sistem Informasi.Surabaya:Scopindo Media Pustaka.
  10. Tyoso, Jaluanto Sunu Punjul.2016.Sistem Informasi Manajemen.Yogyakarta:Deepublish.
  11. Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
  12. Sunarya, L., Dermawan, O., & Amrullah, M. H. (2016). Desain Media Sign System dan Himbauan sebagai Penunjang Informasi pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Journal Sensi, 2(1), 58-69.
  13. Fitriah, M. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Deepublish.
  14. Mulyana, I., Kom, M., Putra, A. P., Kom, M., Suriansyah, M. I., & Kom, M. (2019). Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia (Vol. 1). Flash.
  15. Pranata, A. (2020). Jurnalku:Perancangan Website Untuk Menunjang Promosi Pada Sekolah Umum.Alif Pranata.
  16. Rochmawati, I. (2020). 04-Unsur-unsur Desain.Bandung:Universitas Komputer Indonesia.https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/63038
  17. Kusnadi.(2018).Dasar Desain Grafis.Tasikmalaya:Edu Publisher.
  18. Purba, R. (2019). Tipografi Kreasi Motif Gorga Batak. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 190-201.
  19. Dabner, D., Stewart, S., & Vickress, A. (2017). Graphic design school: The principles and practice of graphic design. John Wiley & Sons.
  20. Mukhirah dan Nurbaiti.(2018).Dasar Seni dan Desain.Banda Aceh:Syiah Kuala University Press.
  21. Nurhidayat, F. S. (2018). Representasi Warna Merah Pada Wayang Golek si Cepot. ProListik, 1(1).
  22. Sari, J. I., & Sihotang, H. T. (2017). Implementasi Penyembunyian Pesan Pada Citra Digital Dengan Menggabungkan Algoritma HILL Cipher Dan Metode Least Significant BIT (LSB). Jurnal Mantik Penusa, 1(2), 2088-3943.
  23. Nurrahmawati, N., Wiwitan, T., & Fuady, M. E. (2019, March). The Analysis of Private University Service Quality and Image. In Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2018). Atlantis Press.
  24. Hendratman, H.(2017).Computer Graphic Design:Warna, Layout, Teks, Logo, Ilustrasi, Efek, Produksi WPAP.Informatika.
  25. Janari, D. (2018). Pengembangan desain blangkon dan kemasan blangkon dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Teknoin, 24(2), 99-110.
  26. Immaniar, D. (2019). Diktat Mata Kuliah Nirmana.Tangerang:Universitas Raharja
  27. Sazaki, Y. (2018). Pelatihan Pengeditan Video Menggunakan Aplikasi Vegas Pro untuk Siswa SMA Negeri 17 Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 6(1), 501-506
  28. Limbong, T., Napitupulu, E., & Sriadhi, S. (2020). Multimedia: Editing Video dengan Corel VideoStudio X10. Yayasan Kita Menulis.
  29. Wahyudi, E. C. (2018). LKP: Pengambilan Gambar dalam Pembuatan Video Company Profile di CV. Wangsa Evo Abadi (Bakso Abah Killer) (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).
  30. Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91- 100.
  31. Sunarya, L., Apryllia, P., & Isnaini, S. (2016). Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual and Broadcasting as A Media Promotion. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 9(3), 318-327.
  32. Akbar, T. A., & Munandar, A. (2018). Perancangan Video Profil Prodi S-1 Teknik Informatika Universitas Ubudiyah Indonesia Sebagai Media Informasi dan Promosi Berbasis Visual Effect. Journal Of Informatics and Computer Science, 4(1), 57-63.
  33. Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.
  34. Friatin, L. Y., & Widiyaningsih, W. (2018). Kizphonic as digital multimedia online to enhance vocabulary of young learners. EduLite: Journal of English Education, Literature and Culture, 3(2), 135-148.
  35. Sunarya, L., Hidayat, W., & Winata, E. (2018). Video Sosialisasi Sumur Resapan Berbasis Motion Graphic Pada Humas Pemerintah Kota Tangerang. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 4(2), 168-179. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v4i2.642
  36. Zoebazary, M. I.(2016). Kamus Televisi & Film.Jember:Paguyupan Pandhalungan Jember.
  37. Simarmata, J., Hanum, R. A., Situmorang, D., Sitorus, M., Lubis, R. A., Fazila, N., ... & Manurung, R. S. (2020). Elemen-Elemen Multimedia untuk Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
  38. Simarmata, J., Sibarani, C. G. G. T., & Silalahi, T. (2019). Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. Yayasan Kita Menulis.
  39. Iskandar, A., Sudirman, A., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., Wahyuni, D., ... & Simarmata, J. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Yayasan Kita Menulis.
  40. Crook, I., & Beare, P. (2017). Motion graphics: Principles and practices from the ground up. Bloomsbury Publishing.
  41. Anita, R. D., & Marisa, F. (2017). Rancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Universitas Widyagama Malang. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1).
  42. Subario, A. P., Lumenta, A. S., & Rumbayan, M. (2017). Animasi Sosialisasi Penghematan Listrik. Jurnal Teknik Informatika, 12(1).
  43. Enterprise, J.(2018).Adobe After Effects Komplet.Elex Media Komputindo.
  44. Enterprise, J. (2018). Otodidak Adobe Illustrator. Elex Media Computindo: Jakarta.
  45. Suadnyana, I. G. N. N. G., Sindu, I. G. P., & Divayana, D. G. H. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran 3D Life Shoot Mengenai TRI RNA “Studi Kasus Kelas 6 SD Negeri 3 Sambangan”. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 9(2), 108-124.
  46. Wicaksono, A. (2017). Strategi pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT tanpa skala industri pada PT X di Jakarta. Jurnal Manajemen industri dan logistik, 1(2), 192-201.
  47. Putra, Indra Mahardika.(2019).Business Model and Business Plan di Era 4.0.Anak Hebat Indonesia.
  48. Sofiana, S. (2017). Rancang Bangun Dashboard Administrasi Akademik di SMK Fadilah Tangerang Selatan. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 1-6, 2541-1004.
  49. Suwandi, S. (2017). Literasi abu-abu dalam perpustakaan. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 11(01), 135-147.
  50. Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia. Deepublish.
  51. Sunarya, L., Ayudita, N. E., & Prabawa, S. A.(2018).Video Promosi Jurusan Sistem Informasi Berbasis Motion Graphic Pada STMIK Raharja Tangerang. Journal Sensi, 4(1), 35-45.
  52. Ariyanto, K., Zainudin M. N, A., & Aulia Fajar, A. (2020). Media Promosi Animasi Motion Graphic pada PT. Tirta Karya Buana. MAVIB Journal, 1(2), 155-164.
  53. Handayani, I., Lutfiani, N., & Lestari, N. A. (2020). Video Animasi Penerapan Protokol Kesehatan Di Lingkungan Universitas Raharja. MAVIB Journal, 1(2), 203-216.
  54. Abdul Baqi, M. P., Budiarto, M., & Sumiati, D. (2020). Media Informasi dan Promosi Berbasis Motion Graphic Pada PT. NL Indonesia. MAVIB Journal, 1(2), 217-227.
  55. Desrianti, D. I., Maulani, G., & Krisdiana, D.(2019).Video Profile sebagai Media Penunjang Promosi pada Sdk Penabur Gading Serpong. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 12(2), 149-157.
  56. Maulani, G., Febriani, S. A., & Amalia, R.(2017).Rancangan Video Iklan Pada Perguruan Tinggi Raharja Sebagai Sarana Media Promosi. Journal Sensi, 3(2), 240-251.
  57. Desrianti, D. I., Firdaus, A. N., & Gunawan, D. P.(2016).Animasi dengan Gambar Bergerak Meningkatkan Daya Tarik Program Promosi. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 10(1), 114-126.
  58. Lonsdale, M. D. S., David, L., Baxter, M., Graham, R., Kanafani, A., Li, A., & Peng, C. (2019). Visualizing the terror threat. The impact of communicating security information to the general public using infographics and motion graphics. Visible Language, 53 (2). pp. 37-71. ISSN 0022-2224
  59. Kamil, M. H. F. M., Abidin, I. S. Z., & Osman, F. F. (2020). Design Process: 2D Interactive Video Animation Development For Cosmetic Awareness Among Women. Journal of Critical Reviews, 7(8), 891-894.
  60. Sulandjari, R., & Ferdiansyah, A. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Online Shop BRILINK_KHUMAIRA. Jurnal Egaliter, 4(7).

Contributors

Admin, Rinaeva