SI1721499083

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN MEDIA DESAIN MAJALAH GUNA PENUNJANG

PROMOSI DAN INFORMASI PADA SMKS DARUL ISHLAH

KABUPATEN TANGERANG


SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1721499083
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021





ABSTRAK

Media menjadi sarana komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pesan berupa informasi. Saat ini informasi dapat diperoleh dari mana saja, salah satunya melalui media cetak seperti majalah. Majalah memuat informasi berupa gambar dan teks yang akan disampaikan kepada masyarakat luas, yang dapat digunakan sebagai bentuk promosi baik dalam dunia bisnis maupun dunia pendidikan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan juga memerlukan sarana promosi, terutama sekolah-sekolah swasta seperti SMKS Darul Ishlah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menginformasikan dan mempromosikan berbagai kegiatan, fasilitas, serta inovasi kepada para calon siswa di SMKS Darul Ishlah. Metode penelitian yang digunakan yaitu : Pengumpulan Data, Analisis SWOT, Perancangan Media dan Metode Konsep Desain. Media desain majalah promosi ini dirancang menggunakan software Adobe Photoshop CC 2017, Adobe Lightroom Classic, dan Adobe Illustrator CC 2018. Dari rancangan media desain majalah yang dihasilkan, diharapkan dengan adanya promosi melalui majalah dapat kembali meningkatkan jumlah siswa yang mendaftar di SMKS Darul Ishlah.

Kata Kunci : Media, Majalah, Promosi.

ABSTRACT

Media becomes the communication tool to deliver information effectively. Information can be accessed everywhere today, one of the examples is from printed media such as magazine. It contains picture and text which will be conveyed to people, either in business or education. School as an education institution needs a promotion, especially private school such as SMKS Darul Ishlah. The purpose of this research is to inform and promote all of the activities, facilities, and the innovation to the new students in SMKS Darul Ishlah. Using the research method such as: Collecting Data, Analysis SWOT, Media Construction and Concepting Design. This magazine is using software Adobe Photoshop CC 2017, Adobe Lightroom Classic, dan Adobe Illustrator CC 2018 as the promotion concept. From the result of the Media design concept, in hope the promotion from the magazine can increase the amount of the student who register in SMKS Darul Ishlah.

Keywords : Media, Magazine, Promotion.



Daftar Pustaka

  1. Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1).
  2. Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1),17-32.
  3. Nugroho, F. E. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(2), 717-724.
  4. Susano, A. (2017). RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASISANDROID UNTUK PENGOLAHAN DATA PENGURUS MASJID. Faktor Exacta, 9(4), 377-385.
  5. Wibowo, E., Romika, D. P., & Ryana, M. C. (2017). PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMA CITRA ISLAMI TANGERANG. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 1-3.
  6. Siregar, V. M. M. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 9(1), 15-21.
  7. Tajudin, M. H., & Mulazid, A. S. (2017). Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1).
  8. Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal AKTUAL, 16(1), 21-27.
  9. Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachmah dan Ellen Nindya Purwa. (2017 ). Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 1-3.
  10. Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.
  11. Ahmad, R. F., & Hasti, N. (2018). Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web. Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), 8(1), 67-72.
  12. Susianto, D., & Guntoro, R. A. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Daerah Titik Rawan Kecelakaan DiProvinsi Lampung. Jurnal Cendikia, 15(2 Oktober), 19-25.
  13. Astriyani, E., Lukmana, A., & Irawan, A. (2016). Media Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Di PT. Surya Toto Indonesia Tbk. Kabupaten Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 2(2), 204-215.
  14. Rosmila, R., Yamin, M., & Tajidun, L. M. (2017). Aplikasi Pembagian Harta Waris Menurut Hukum Islam Dengan Menggunakan Metode Algoritma Genetika. semanTIK, 2(2).
  15. Wibawa, J. C., & Julianto, F. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Kepegawaian (Studi Kasus: PT Dekatama Centra). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2(2).
  16. Sunarya, L., Sari, K., Wahyu, D., & Sahara, P. W. Perancangan Media Iklan sebagai Penunjang Informasi dan Promosi pada Hotel Sitamiang 2 Bogor. Innovative Creative and Information Technology, 2(1), 15-28.
  17. Hidajat, H., & Dwiyanti, H. (2017). PERANCANGAN ILUSTRASI PADA CERITA BERGAMBAR BERJUDUL LEGENDA GUNUNG SEMERU. Rupa Rupa, 5(2).
  18. Martono, D., Al Husain, A. H., & Iswara, D. Media Company Profile Berbentuk Desain Booklet Menggunakan Aplikasi Photoshop Cs5 Di PT. Citra Surya Selaras Berbasis Multimedia. Journal Sensi, 4(2), 180-190.
  19. Sunarya, Lusyani. 2016. Diktat Matakuliah Desain Karakter and Modelling. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
  20. Purba, R. (2019). TIPOGRAFI KREASI MOTIF GORGA BATAK. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 190-201.
  21. Anto, P., Andrijanto, M. S., & Akbar, T. (2017). Perancangan buku pedoman umum ejaan bahasa Indonesia sebagai media pembelajaran di sekolah. Jurnal Desain, 4(02), 92-99.
  22. Fajriani, K., & Liana, H. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Pencampuran Warna Dengan Percobaan Sains Sederhana Di TK Islam Silmi Samarinda. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 32-41.
  23. Nurhidayat, F. S. (2018). Representasi Warna Merah Pada Wayang Golek si Cepot. ProListik, 1(1).
  24. Prasetyo, G. A., Herlambang, Y. (2018). Perancangan Perahu pontoon Berdasarkan Aspek Rupa Pada Area Perairan Wisata Situ Patenggang. eProceedings of Art & Design, 5(3).
  25. Fitria, R., & Fadli, R. (2017). Makna Simbol Tradisi Burak Dalam Komunikasi Ritual Suku Bugis di Kota Bengkulu. Jurnal AlHikmah, 11(1), 107.
  26. Effendi, R. (2018, December). RELASI SIMBOL TERHADAP MAKNA DALAM KONTEKS PEMAHAMAN TERHADAP TEKS. In PROCEEDINGS (Vol. 1, No. 1).
  27. Muzammil, A., Yunus, M., & Darsono, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Pt. Telkom Indonesia Di Banda Aceh Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Inovasi, 8(3).
  28. Ahmad, R. (2017). Perancangan Promosi Topeng Benjang Untuk Remaja Kota Bandung. eProceedings of Art & Design, 4(1).
  29. Triyono, T., Salahuddin, K., & Setiawan, H. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 10(1), 98-113.
  30. Prasetyo, G. A., Herlambang, Y. (2018). Perancangan Perahu pontoon Berdasarkan Aspek Rupa Pada Area Perairan Wisata Situ Patenggang. eProceedings of Art & Design, 5(3).
  31. Haiqal, M. K., & Hidayat, S. (2017). Penerapan Identitas Visual pada Media Promosi Website Wisata Kerajinan Rajapolah. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 182-199.
  32. Ghufron Rosyadi Husaini, M. O. H., & Winarno. (2017). KOMPOSISI WARNA PADA LUKISAN MAKHFOED YANG BERJUDUL PERJALANAN PERIODE 2001-2016. Jurnal Seni Rupa, 5(03).
  33. Irawan, V. O., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Mengenai Sejarah Kawasan Pecinan di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16), 11.
  34. Sidik, A., Ahmad, H. A., & Sriwarno, A. B. (2017). Studi Faktor Usability Pada Desain Layout Website Berita Mobile Indonesia. Semnasteknomedia Online, 5(1), 4-5.
  35. Zuliansyah, Y., & Jatisidi, A. (2018). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI “MENGENAL GAJAH SUMATERA” SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN. PANTAREI, 2(3).
  36. Sunarya, P. A., & Anisah, L. Desain Komunikasi Visual sebagai Media Informasi pada Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta. Journal Cerita, 4(1), 76-85.
  37. Afriyani, I., & Purawinangun, I. A. (2019). Analisis Kesalahan Fonem Pada Spanduk di Jalan Daan Mogot Jakarta BaratTangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 41-49.
  38. Shyafary, D., & Wahyuni, M. (2018). TEMPAT PENYIMPANAN PERLENGKAPAN PEMBUATAN PIN. JURNAL KREATIF, 5(2).
  39. Purnama, A. P., & Thalib, A. A. (2018). KEEFEKTIVITASAN VIDEOTRON DALAM MENYAMPAIKAN PESAN IKLAN KEPADA MASYARAKAT. Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 44-57.
  40. Purnengsih, I. (2017). Makna dan Pesan dalam Baliho Pemilu Legislatif 2014. Jurnal Desain, 4(03), 231-248.
  41. Andriyan, W., Sindiawati, S., & Kurnia, G. P. (2020). Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang. BINA INSANI ICT JOURNAL, 7(1), 73-82.
  42. Maulani, G., Janah, S. N., & Mahbubi, Y. A. (2017). Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2. Sisfotenika, 7(1), 61-73.
  43. Hidayat, W., Mahmuriyah, R., & Safitri, S. N. R. (2016). Media Visual Berbentuk Katalog Produk Sebagai Media Promosi. Journal Sensi, 2(2), 184-197.
  44. Kaddarudin. 2016. Buku Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish Publisher.
  45. Martina, M., Khodijah, N., & Syarnubi, S. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten Oki. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 164-180.
  46. Kuntariningsih, A. (2018). Impact Analysis of School Garden Program to Overcome Malnutrition ofChildren: Analisis Dampak Program Kebun Sekolah untuk Mengatasi Kekurangan Gizi Anak. Jurnal Kesehatan Komunitas, 4(1), 26-32.
  47. Hasbullah. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.
  48. Galesso, M. (2017). Adobe Photoshop 2017: An Easy Guide to the Best Features (Vol. 1). First Rank Publishing.
  49. Sastrawan, P. V., Arthana, I. K. R., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik. Informatika), 6(1), 114-123.
  50. Sylvan, R. (2019). Adobe Photoshop Lightroom Classic For Dummies. John Wiley & Sons, Inc.
  51. Fatimah, F. N. A. D. (2016). Teknik Analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia.
  52. Lestari, D., & Siswanto. A. B., (2018). ANALISIS SWOT DALAM PENGEMBANGAN REAL ESTATE. Jurnal Teknik Sipil, 8.
  53. Freddy, R. (2016). Teknik membedah kasus bisnis ANALISIS SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  54. Khanifah, U., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PENGERAJIN MEBEL LIMBAH KAYU DENGAN ANALISA SWOT (EFAS-IFAS)(Studi kasus: pengrajin mebel limbah kayu Desa Kangkung, Kec. Mranggen, Kab. Demak). Journal of Management, 4(4).
  55. Sugihartono, T., Ardiansyah. D., & Zakky. M., (2018). Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni Berbasis Web. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 7(1), 52-56.
  56. Fuad, H., Sutarman, S., & Yayah, Y. (2018). Perancangan Sistem Infomasi Customer Relationship Management Pelayanan Berbasis Web di PT Sahabat Kreasi Muda. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 8(1).
  57. Rahardja, U., Harahap, E. P., & Pratiwi, S. (2018). Pemanfaatan Mailchimp Sebagai Trend Penyebaran Informasi Pembayaran Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 2(2), 41-54.
  58. Immaniar, D., Mulyani, R., & Arnita, F. Desain Komunikasi Visual sebagai Sarana Promosi Perguruan Tinggi. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 10(2), 280-289.
  59. Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia. Deepublish.
  60. Andriyanto, A., & Muhyani, D. Desain Media Promosi dan Komunikasi Visual pada Yayasan Smk Islam Baidhaul Ahkam Kota Tangerang. Journal Cerita, 5(2), 223-232.
  61. Sunarya, L., Dermawan, O., & Amrullah, M. H. (2016). Desain Media Sign System dan Himbauan sebagai Penunjang Informasi pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Journal Sensi, 2(1), 58-69
  62. Hidayat, W., Andriansyah, A., & Wulandari, R. Rancang Bangun Media Desain Katalog Penunjang Informasi dan Promosi PT Global Bangun Mandiri. Journal Cerita, 4(1), 44-52.
  63. Lofthouse, V., & Prendeville, S. (2018). Human-centred design of products and services for the circular economy–a review. The Design Journal, 21(4), 451-476.
  64. Yang, C. M., & Hsu, T. F. (2017). New Perspective on Visual Communication Design Education: An Empirical Study of Applying Narrative Theory to Graphic Design Courses. International Journal of Higher Education, 6(2), 188-198.
  65. Irish. J. N. N. (2019). Evidence-Based Design : Documenting a Research Experiment in a School Environment With Children with Autismspectrum Disorder. International Journal of Architectural Research, 13(1), 25-38.
  66. Nanda, N. N. (2019). The Influence of E-Commerce, Product Prices and Product Design on Purchasing Decisions in Souvenir Shop Tauko Medan. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 2(3), 388-395.
  67. Lee, D., Kim, D., Lee, J., Lee, S., Hwang, H., Mariappan, V., & Cha, J. (2017). Environment Adaptive Emergency Evacuation Route GUIDE through Digital Signage Systems. International Journal of Advanced Culture Technology (IJACT), 5(1), 90-97.

Contributors

Admin, Syifa Kamila Achmad