SI1721497935

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN REDESIGN CORPORATE IDENTITY

SEBAGAI PENINGKATAN IMAGE PERUSAHAAN

PADA PT INDO VENTO PRIMA


SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1721497935
NAMA : Febri Adiputra



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021



ABSTRAK

Dalam perkembangan dunia usaha yang kian pesat dibutuhkan corporate identity yang dapat mewakili karakter dari usaha, produk, atau jasa dari sebuah perusahaan. Corporate identity yang diwakili oleh logo merupakan identitas sebagai pembeda antara setiap perusahaan. Dalam upaya meningkatkan penjualan agar produk semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat, PT Indo Vento Prima menggunakan beberapa media penunjang dalam memasarkan produk yaitu stiker produk, brosur, dan didukung iklan pada social media Instagram juga website. Namun pihak perusahaan menyadari bahwa harus ada peningkatan media penunjang promosi karena kompetitor dengan jenis usaha serupa semakin banyak dan juga terus berkembang, di sisi lain logo yang awalnya diciptakan untuk mencerminkan visi dan misi serta budaya dari sebuah perusahaan sering terjadi kendala masalah teknis saat logo akan diimplementasikan pada berbagai jenis tampilan dan media. Dari kondisi tersebut langkah untuk melakukan redesign logo dinilai menjadi pilihan yang bijak untuk membangun image dan identitas yang terbentuk lewat tampilan desain dalam setiap media promosi sebagai penunjang program promosinya. Tujuan penelitian ini adalah terciptanya buku GSM (Grafik Standar Manual) sebagai acuan dari perancangan sebuah desain corporate identity dapat terangkai secara sitematis supaya tidak terjadi kesalahan dalam pengimplementasiannya kepada setiap media visual yang digunakan perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan sebuah metode analisa permasalahan, pengumpulan data, perancangan dan konsep media desain meliputi layout kasar, layout komprehensif, serta final artwork. Dari perancangan logo sebagai corporate identity diharapkan dapat memperkuat eksistensi PT Indo Vento Prima di masyarakat.

Kata Kunci : Corporate identity, redesign, media promosi


ABSTRACT

In the increasingly rapid development of the business world, a company identity is needed that can represent the character of the business, product, or service of a company. The corporate identity shown by the logo is an identity as a differentiator between each company. In an effort to increase sales so that products are increasingly known and in demand by the public, PT Indo Vento Prima uses several supporting media in marketing products such as product stickers, brochures, and is supported on Instagram social media as well as websites. However, the company realizes that there must be an increase in promotional supporting media because competitors with similar types of business are increasing and also continuing to grow, on the other hand logos that are created and created to reflect a company often have technical problems when the logo is implemented on various types of displays and media. From this condition, the step to redesign the logo is considered to be a wise choice to build an image and identity that is formed through the design display in each promotional media as a support for its promotional program. The purpose of this research is the creation of a GSM book (Graphic Standard Manual) as a reference for designing a corporate identity design that can be linked on a site so that there are no errors in its implementation to any visual media used by the company. In this study using a problem analysis, data collection, design and media design concepts including rough layouts, comprehensive layouts, and final artwork. From the design of the logo as a corporate identity, it is hoped that it can strengthen the existence of PT Indo Vento Prima in the community.

Keywords: corporate identity, redesign, media promotion



DAFTAR PUSTAKA


  1. Apriani, D., Hidayat, W., & Gunawan, R. A. A. H. (2019). Promosi dan Informasi pada Media Komunikasi Visual Berbentuk Majalah Coconut Island Carita Banten. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 5(2), 128-135.
  2. Solihin, H. H. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus: SMP Plus Babussalam Bandung). Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 1(1), 54-63.
  3. Fitri, N. Y., & Nurhadi, N. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada Smk Yadika Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 318-326.
  4. Triyono, T., Salahuddin, K., & Setiawan, H. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 10(1), 98-113.
  5. Syaipudin, L. (2019). Efektifitas Media Komunikasi di Tengah Pandemi: Respon Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung. Kalijaga Journal of Communication, 1(2), 165-178.
  6. Siregar, F. (2017). Pembuatan Media Komunikasi Menggunakan Motion Graphic Untuk Sosialisasi Job Family Pada Bank Indonesia. Jurnal Desain, 4(03), 174-183.
  7. Dewi, P. K., & Budiana, N. (2018). Media pembelajaran bahasa: aplikasi teori belajar dan strategi pengoptimalan pembelajaran. Universitas Brawijaya Press.
  8. Budiarto, M., & Bella, U. (2018). Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 217-227.
  9. Hidayati, R. R., & Marlius, D. (2018). Aktivitas Promosi Dalam Meningkatkan Dana Pihak Ketiga Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Batang Kapas Pesisir Selatan.
  10. Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-231.
  11. Budiarto, M., & Bella, U. (2018). Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 217-227.
  12. Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30-37.
  13. Maulana, A., Sadikin, M., & Izzuddin, A. (2018). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Inventaris Berbasis Web Di Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi–BPPT. Setrum: Sistem Kendali-Tenaga-elektronika-telekomunikasi-komputer, 7(1), 182-196.
  14. Piantara, I. G. N. (2021, February). Adaptasi Desainer Di Era Perkembangan Aplikasi Instan Desain. In SANDI: Seminar Nasional Desain (Vol. 1, pp. 90-97).
  15. Mulyana, I., Kom, M., Putra, A. P., Kom, M., Suriansyah, M. I., & Kom, M. (2019). Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia (Vol. 1). Flash.
  16. Rochmawati, I. (2020). 05-prinsip Dalam Desain.
  17. Maulani, G., Janah, S. N., & Mahbubi, Y. A. (2017). Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2. Sisfotenika, 7(1), 61-73.
  18. Rishan, L. D., Hartanto, P. W., & Basuki, R. M. N. (2017). Perancangan Corporate Identity CV. Inti Calcium. Jurnal DKV Adiwarna, 1(10), 7.
  19. Nugroho, D. P. (2018). Perancangan Corporate Identity Sebagai Media Promosi untuk Museum Panji. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA), 2(2).
  20. Chrismastianto, I. A. W. (2017). Analisis swot implementasi teknologi finansial terhadap kualitas layanan perbankan di indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 133-144.
  21. Muchlis, R. (2018). Analisis SWOT financial technology (fintech) pembiayaan perbankan syariah di Indonesia (Studi kasus 4 Bank Syariah di kota Medan). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 335-357.
  22. Valentino, D. E. (2020). Perancangan Desain Grafis Sebagai Media Promosi Pada Novena Hotel Bandung. TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 211-229.
  23. Dawami, A. K. (2017). Logo sebagai Komunikasi Visual dari Identitas Organisasi Difabel Tuli. Magenta| Official Journal STMK Trisakti, 1(02), 133-141.
  24. Noviantarai, R., & Patria, A. (2020). PERANCANGAN BRAND IDENTITY SERBUK BAWANG DAYAK BUNIC. BARIK, 1(2), 247-260.
  25. Aris, A., Syahnaz, C., & Ulfah, S. M.(2017).Desain Merchandise sebagai Penunjang Informasi dan Promosi SD Islam Miftahul Huda. Journal Sensi, 3(2), 150-159.
  26. Martono, A., Yulianjani, A., & Hidayat, W. (2018). Aplikasi Interactive Learning Untuk Belajar Bahasa Inggris Buah-buahan Bagi Anak-anak Dengan Piranti Mobile Smartphone. Innovative Creative and Information Technology, 4(2), 147-155.
  27. Santi, H. F., & Astuti, I. A. (2020). PEMBUATAN PROTOTYPE APLIKASI GAME EDUKASI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT, 1(2), 6-10.
  28. Faiz AB, F. M. (2019). Sistem Elisitasi Kebutuhan Dengan Konsep Gamification Berbasis Website (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
  29. Nugroho, R. D. (2018). LKP: Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Antrian Produk Berbasis Desktop pada Balai Riset dan Standardisasi Industri Surabaya (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).
  30. Litaqia, W., & Permana, I. (2019). Peran Spiritualitas dalam Mempengaruhi Resiko Perilaku Bunuh Diri: A Literature Review. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 6(2), 615-624.
  31. Media Informasi Dan Upload Artikel Untuk Ns-ccit Menggunakan Framework Yii. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 10(1), 127-138.
  32. Aryani, D., Andriati, J., & Sudirja, S.,(2020).DESAIN MEDIA PROMOSI DAN KOMUNIKASI PADAYAYASAN AL-FITYAN SCHOOL TANGERANG. MAVIB Journal, 1(1), 33-43
  33. Karunia, S. L., Mujahid, A. M., & Lase, A. A.(2020). Buku Kota Tangerang Dalam Lensa Sebagai Infografis Dinas KOMINFO Kota Tangerang.MAVIB Journal, 1(2),145-154
  34. Sunarya, L., Debataraja, M., & Kamal, M. F.,(2020). Media MerchandiseSebagai Penunjang Promosi Pada SMP Putra BangsaKota Tangerang. MAVIB Journal, 1(2), 135-144
  35. Widada, S., Lestari, K. L., & Ibrahim, Nuryahya.,(2020). MEDIA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA SMK EXCELLENT1 TANGERANG. MAVIB Journal, 1(1), 105-115
  36. Wandanaya, A. B., Febriyanto, E., & Iswara, D., (2020). PERANCANGAN MEDIA KATALOG SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI DAN INFORMASI PADA PT. CITRA SURYA SELARAS. MAVIB Journal, 1(1), 54-68
  37. Kusuma, V. V., Sanni, M. I., & Maulana, R. I.,(2020).DESAIN MAJALAH GUNA MEDIA PENUNJANG INFORMASI PADA PT. PRAMESTA BAJA UTAMA. MAVIB Journal, 1(1), 80-89
  38. Widada, S., Gustina,. & Kusuma, V. V., (2020). Perancangan Media Promosi dan Informasi Berbentuk Desain Majalah Pada SMK Ki Hajar Dewantoro. MAVIB Journal, 1(2),241-250
  39. Apriani, D., Saleh, K., & Willyan, A. S.,(2020).DESAIN MAJALAH BERBENTUK INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. PRABAYKSA SURYA ALBANTANI KABUPATEN TANGERANG. MAVIB Journal, 1(1), 23-32
  40. Zhao, W. (2017). The redesign of brand visual identity in the information age1
  41. Plahuta, E., & Pušnik, N. (2018). REDESIGN OF KOZJANSKO REGIONAL PARK VISUAL IDENTITY THROUGH AN EYE TRACKING ANALYSIS OF THE CURRENT AND NEW SOLUTION.

Contributors

Admin, Febri Adiputra