SI1721497542

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


MEDIA VIDEO BLENDED i-LEARNING SEBAGAI SARANA

KUALITAS PEMBELAJARAN MENUNJANG MATA

PELAJARAN DESIGN GRAPHIC PERCETAKAN

PADA KELAS XI SMK 6 NEGERI

KABUPATEN TANGERANG


SKRIPSI


Disusun Oleh :

NIM : 1712499643
NAMA : FAJAR SETIAWAN



TANGERANG

TA. 2021/2022




ABSTRAK

Dimasa pandemi covid-19 ini banyak kegiatan terhambat, terutama bidang Pendidikan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu proses belajar mengajar siswa agar lebih efektif. SMK 6 Negeri Tangerang Selatan merupakan sekolah menengah kejuruan dengan empat program studi yaitu Multimedia, Teknik Komputer Jaringan, Broadcasting dan Teknik sepeda motor , beralamat Jl. Griya Asri Raya No.7, Jelupang, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15323. Yang saat ini membutuhkan media pembelajaran seperti Blended Learning untuk mata pelajaran Desain Grafis Percetakan pada Program Studi Multimedia. Permasalahannya yaitu metode pembelajaran yang dilakukan selama pandemi covid-19 hanya menggunakan Whatsapp group, slide powerpoint, dan aplikasi belajar online seperti Zoom Meeting dan Web Sekolah, yang dinilai kurang menarik dan kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu sekolah dan guru dalam upaya menarik minat serta meningkatkan motivasi siswa/i di masa pandemi covid-19 ini agar materi yang disampaikan dapat lebih mudah dipahami dan lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data, analisis SWOT, Perancangan Media dengan menggunakan software Adobe After Effect , Adobe Premiere, dan Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari Pre Production, Production, dan Post Production. Melalui perancangan media video blended learning ini sekolah, guru, dan murid sangat terbantu dalam proses belajar mengajar secara daring, dan diharapkan dapat meningkatkan citra sekolah serta daya tarik masyarakat.

Kata Kunci: Video, Blended Learning, Desain Grafis Percetakan.


ABSTRACT

During the COVID-19 pandemic, many activities have been hampered, especially in the education sector. Therefore we need a learning media that can help students' teaching and learning process to be more effective. SMK 6 Negeri Tangerang Selatan is a vocational high school with four study programs, namely Multimedia, Computer Network Engineering, Broadcasting and Motorcycle Engineering, having its address at Jl. Griya Asri Raya No.7, Jelupang, Kec. North Serpong, South Tangerang City, Banten 15323. Which currently requires learning media such as Blended Learning for Printing Graphic Design subjects in the Multimedia Study Program. The problem is that the learning methods carried out during the covid-19 pandemic only use Whatsapp groups, powerpoint slides, and online learning applications such as Zoom Meetings and School Webs, which are considered less attractive and less effective. The purpose of this research is to help schools and teachers in an effort to attract interest and increase student motivation during the COVID-19 pandemic so that the material presented can be easier to understand and more effective. The research method used is data collection, SWOT analysis, Media Design using Adobe After Effects software, Adobe Premiere, and Media Production Concepts (KPM) consisting of Pre Production, Production, and Post Production. Through the design of this blended learning video media, schools, teachers, and students are greatly assisted in the online teaching and learning process, and it is hoped that it can improve the school's image and attractiveness to the public.

Keywords: Video, Blended Learning, Printing Graphic Design.




DAFTAR PUSTAKA


  1. Agustian. 2017. “Perancangan Aplikasi Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA) Berbasis Online”. Jambi: STIKOM Dinamis bangsa. Jurnal Teknik Informatika. ISSN: 1907-6738. Vol.10 No.2:4.
  2. Apriani, Desy. Rosdiana dan Asriyani. 2018. “Sarana Promosi dan Informasi Sebagai Video Profile SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang”. Tangerang: STMIK Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356-5209. Vol. 4. No.2 :202
  3. Apriansyah, Muhammad Ridwan. Kusno Adi Sambowo dan Arris Maulana. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta”.
  4. Ghifari, Asy Syifa Rahma. 2019. “Perancangan Untuk Film Animasi Pendek 2d Lontong Cap Gomeh”. Semarang: Telkom University. EProceeding of Art & Design. ISSN: 2355-9349. Vol.6, No.2: 777.
  5. Hasan, Hasripa. H. Asri dan Heliawaty Hamrul. 2017. “Media Pembelajaran Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan Pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Palopo Berbasis Website”. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo. Prosiding SEMANTIK. ISSN: 2580-796x. Vol.1, No.1: 87.
  6. Hermawati. 2017. “Tata Kelola Model IT Governance Pada Layanan Akademik Menggunakan Framework COBIT 4.1 Pada Domain (Delivery and Support) Dan (Monitoring and Evaluation)”. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Journal CERITA. ISSN: 2461- 1417. Vol.3. No.2: 250.
  7. Kembaren, Yohana Agatha. Gamal Kartono dan Mesra. 2020. “Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, dan Warna”. Medan: Universitas Negeri Medan. Jurnal Seni Rupa. E-ISSN: 2580- 2380. Vol. 9, No. 1: 123.
  8. Kusuma, Vina Vijaya dan Shella Nurkholisah. 2019. “Media Desain Berbentuk Promosi SMK Prudent School Tangerang”. Tangerang: Universitas Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356-5209. Vol.5, No. 2: 180.
  9. Maimunah. David Ericson Manalu dan Dian Budi Kusuma, 2017. “Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin”. Tangerang: STMIK Raharja. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017. ISSN: 2302-3805. Vol.4, No.6 :38.
  10. Rahayu, Sri. Ai Ratna Sari dan Tri Sendra Saputra. 2018. “Analisa Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Neglasari Kota Tangerang”. Tangerang: STMIK Raharja. Journal Sensi. ISSN: 2461-1409. Vol. 4. No.1: 3.
  11. Ramli. Muhammad Taufiq Batubara dan Billy Mariza Akbar Saragih. 2018. “Perancangan Layout Dan Grafis Aplikasi Game Edukasi Tebak Gambar Berbasis Android”. Medan: Universitas Harapan Medan. Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima. E-ISSN: 2541-2019. Vol. 1. No. 1: 17.
  12. Siregar, Helmi Fauzi. Yustria Handika Siregar dan Melani. 2018. “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Kisaran: Universitas Asahan”. Jurnal Teknologi Informasi. ISSN: 2580-7927. Vol.2, No.2:113.
  13. Streit, Aprilia Kartini dan Gratianus Aditya T. 2018. “Analisis Visual Sampul Novel “Harry Potter” Karya J.K Rowling Edisi Amerika (Original Dan 15th Anniversary Edition)”. Jakarta Utara: Universitas Bunda Mulia. Jurnal Titik Imaji. ISSN: 2620-4940. Vol. 1, No. 1: 33.
  14. Supriyanti, Dedeh. Wahyu Hidayat dan Rekha Apriyana. 2019. “Paket Wisata Pendakian Gunung Berbasis Web Pada PT. Seven Mountain Adventure Dengan Menggunakan PHP Dan MYSQL”. Tangerang: STMIK Raharja. Journal ICIT. ISSN: 2356-5195. Online ISSN: 2654 - 8704. Vol.5, No.1: 31.
  15. Syaparuddin dan Elihami. 2020. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pelajaran PKN di Sekolah Paket C”. Enrekang: STKIP Muhammadiyah Enrekang. Jurnal Edukasi Nonformal. ISSN: 2715-2634. Vol.1, No.1: 188.
  16. Usman. 2018. “Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar”. Parepare: Institut Agama Islam Negeri Parepare. Jurnal Jurusan Jurnalistik. ISSN: 2460-6766. Vol.4, No. 1: 138.
  17. Valentino, Dion Eko dan Yudiansyah. 2020. “Perancangan Desain Grafis Sebagai Media Promosi Pada Novena Hotel Bandung”. Bandung: Politeknik LP3I Bandung. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. ISSN: 2355-9055. Vol. 7, No.2: 212.
  18. Wardani, Deklara Nanindya. Anselmus J.E. Toenlioe dan Agus Wedi. 2018. “Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning”. Malang: Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. e-ISSN: 2615-8787. Vol.1 No.1: 14.
  19. Wulan, Rayung. Eddy Saputra dan Ahmad Haries. 2018. “Pengembangan Metode Cepat Membaca Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia Dalam Rangka Pemberantasan Buta Huruf Pada Lansia”. Jakarta: Unindra. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat ISSN 2615-4749. Vol.01. No.01:50.
  20. Zahari, Cut Latifah. 2019. “Blended Learning dan Peranannya di Perguruan Tinggi”. Medan: Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Jurnal Math Education Nusantara. ISSN: 2614-5138. Vol.2, No.1: 39.

Contributors

Admin, Fajar setiawan