SI1721497402

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN MEDIA BERBENTUK MOTION GRAPHIC

SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI DAN INFORMASI

PT. NL INDONESIA


SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1721497402

NAMA : DINDA SUMIATI


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020


ABSTRAKSI

Perkembangan teknologi yang semakin maju mampu membantu perusahaan dan instansi dalam mengeksekusi strategi pemasaran pada media sosial. PT. NL Indonesia (NoLimit) merupakan perusahaan bergerak dibidang teknologi yang berfokus pada monitor dan analisa media sosial dengan menggunakan Big Data untuk membantu klien untuk mendapatkan hubungan baik antara perusahaan dan konsumen yang lebih baik. Permasalahan yang ditemukan adalah PT. NL Indonesia saat ini menginformasikan dan mempromosikan dalam website dan tender yang dilanjutkan dalam meeting personal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuat media audio visual berbentuk Motion Graphic untuk menambah media promosi dan informasi yang dibutuhkan, serta menjadi daya tarik masyarakat terutama perusahaan dan instansi yang melakukan promosinya dalam media sosial. Hasil penelitian ini berupa media berbentuk Motion Graphic dan dirancang menggunakan Adobe Illustrator CS6, Adobe After Effect CS6, dan Adobe Premier Pro CS6. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data, analisa SWOT, analisa perancangan media dan konsep produksi media (KPM). Dengan dirancang media berbentuk Motion Graphic, diharapkan mampu menarik simpati masyarakat lebih luas sehingga dapat bergabung menjadi klien PT. NL Indonesia.

Kata Kunci: Media, Motion Graphic, Promosi, Informasi.


ABSTRACT


The development of advanced technology is able to help companies and agencies in executing marketing strategies on social media. PT. NL Indonesia (NoLimit) is a company engaged in technology that focuses on monitors and analysis of social media by using Big Data to help clients to get good relations between company and better consumers. The problem is that PT. NL Indonesia currently informs and promotes the website and tender that is continued in the personal meeting. The purpose of this research is to create audio visual media in Motion Graphic form to add promotion media and information needed, as well as the appeal of the community, especially companies and agencies that promote it in social media. The results of the research are Motion Graphic-shaped media and are designed using Adobe Illustrator CS6, Adobe After Effect CS6, and Adobe Premier Pro CS6. The research methods used are data collection, SWOT analysis, media planning analysis and Media production concept (KPM). With the Designed Motion Graphic Media, it is expected to attract the sympathy of the wider community so that it can join the client of PT. NL Indonesia.

Keywords: Media, Motion Graphic, Promotion, Information






DAFTAR PUSTAKA





  1. Nugroho, Fauhyi Eko. 2016. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Simestris. ISSN: 2252-4983, Vol 7 No 2.
  2. Witanto, Regi., Solihin, Hanhan Hanafiah. 2016. Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Studi Kasus SMP Plus Barussalam Bandung. Universitas Sangga Buana YPKP Bandung. Jurnal Infotronik. ISSN: 2548-1932, Volume 1, No. 1.
  3. Sutopo, Priyo., Cahyadi, Dedi., Arifin, Zainal. 2016. Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 Di Kalimantan Timur Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman. Universitas Mulawarman. Vol. 11, No. 1.
  4. Heriyanto, Yunahar. 2018. Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car. Jurnal Intra-Tech. AMIK Mahaputra Riau. ISSN: 2549-0222, Vol. 2, No. 2.
  5. Rahayu, Sri., Sidiqin, M. Ali. 2019. Pengaruh Teknik Membaca Intensif Terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Dalam Artikel “KKP Batman Yang Lelah” Pada Siswa Kelas XII SMA Swasta PABA Secanggang Kabupanten Langkat. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia. e-ISSN: 2621-5616, Vol. 16, No. 2.
  6. Arifin, Mohammad Syamsul. Lodra, I Nyoman. 2019. Kegelisahan Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Lukis. Jurnal Seni Rupa. Vol. 1, No. 6.
  7. Maulini, Septi., Kurniawan, Yudi., Muliyani, Riski. 2017. The Three Tier-Test Untuk Mengungkap Kualitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Konsep Konstanta Pegas. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika (JIPF). p-ISSN: 2477-5959, e-ISSN: 2477-8451, Vol. 2, No. 2.
  8. Awal, Sitti., Yani, Ahmad., Amin, Bunga Dara. 2016. Peranan Metode Pictorial Riddle Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa SMAN 1 Bontonompo. Jurnal Pendidikan Fisika. Universitas Muhammadiyah Makassar. ISSN: 2302-8939, Vol. 4, No. 2.
  9. Muyaroah, Siti., Fajartia, Mega. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology (IJCET). p-ISSN: 2252-7125, e-ISSN: 2502-4558, Vol. 6. No. 2.
  10. Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. p-ISSN: 2549-1725, e-ISSN: 2549-4163, Vol. 2. No. 2.
  11. Syahrir, Ahmad Sukarna. Oktavianus, Michael. 2016. Visualisasi Susunan Rangka Manusia Berbasis Augmented Reality Untuk Mata Pelajaran IPA Pada SD Negeri Tamalanrea 2 Makassar. Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi. Vol. 5, No. 2.
  12. Utomo, Edy Setiyo., Juniati, Dwi., Siswono, Tatag Yuli Eko. 2017. Investigasi Proses Visualisasi Matematis: Studi Kasus Siswa FieldIndependent Dalam Menyelesaikan Soal Non-Kontekstual. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami). p-ISSN: 2580-4596, e-ISSN: 2580-460X, Vol. 1, No. 1.
  13. Sa’adah, Iffah., Prmono, Suwito Eko., Suharso, R. 2017. Pengembangan Media Video Motion Graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Untuk SMA. Indonesian Journal of History Education (IJHE). ISSN: 2252-6641, Vol. 5. No. 1.
  14. Sunarya, Lusyani., Apryllia, Putri., Isnaini, Siti. 2016. Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual And Broadcasting As A Media Promotion. Universitas Raharja Tangerang. CCIT Journal. ISSN: 1978-8282, Vol. 9, No. 3.
  15. Triyono., Salahuddin, Kemal., Setiawan, Hendi. 2017. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda. Universitas Raharja Tangerang. CCIT Journal. ISSN: 1978-8282, Vol. 10, No. 1.
  16. Sunarya, Lusyani., Maimunah., Sari, Ratna. 2019. Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada SMK Multimedia Mandiri. Universitas Raharja Tangerang. CCIT Journal. ISSN: 1978-8282, Online ISSN: 2655-4275, Vol. 12, No. 1.
  17. Putri, Yesty Desca Refita. 2017. Pembuatan Motion Graphics sebagai Media Sosialisasi dan Promosi untuk Aplikasi Mobile Trading Online Mandiri Sekuritas. Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer. ISSN: 2549-9351, Vol. 1, No. 2.
  18. Prasetyo, Antoni., Wahyuati, Aniek. 2016. Pengaruh Strategi Promosi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kopiganes. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) SURABAYA. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. ISSN: 2461-0593, Vol. 5, No. 1.
  19. Fajri, Rayhan Helsa. 2018. Perancangan Motion Graphic Sebagai Iklan Layanan Pentingnya Imunisasi Bagi Anak Sejak Usia Dini Di Kota BukitTinggi. Jurnal Desain Komunikasi Visual (DEKAVE). ISSN: 2302-3228, Vol. 8, No. 2.
  20. Anggraeni, Elisabet Yunaeti., Irviani, Rita. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
  21. Destiningrum, Mara., Adrian, Qadhli Jafar. 2017. Sistem InformasiPenjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre. Universitas Teknokrat Indonesia. Jurnal Teknoinfo. ISSN: 1693-0010, Vol. 11, No. 2.
  22. Ayu, Fitri., Permatasari, Nia. 2018. Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Lapangan (PKL) Pada Devisi Humas PT. Pegadaian. ISSN: 2549-0222, Vol. 2, No. 2.
  23. Muslihudin, Muhamad., Oktafianto. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta : CV Andi Offset.
  24. Desrianti, Dewi Immaniar., Firdaus, Ahmad Nur., Gunawan, Deny Pangestu. 2017. Animasi Dengan Gambar Bergerak Meningkatkan Daya Tarik Program Promosi. Universitas Raharja Tangerang. Journal CCIT. ISSN: 1978-8282, Vol. 10, No. 1.
  25. Maimunah., Syahputra, Rifki Adi. 2018. Desain Media Informasi PT. PLN (PERSERO) Distribusi Banten. Universitas Rahrja Tangerang. Journal CCIT. ISSN: 1978-8282, Vol. 11, No. 2.
  26. Triyono., Salahuddin, Kemal., Setiawan, Hendi. 2017. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda. Universitas Raharja Tangerang. CCIT Journal. ISSN: 1978-8282, Vol. 10, No. 1.
  27. Sebayang, Abdul Aziz., Nahar, Syamsu., Mardianto. 2017. Desain Pembelajaran Imla’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Tulisan Arab Bagi Santri Di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan. UIN Sumatra Utara. Edu Riligia. Vol. 1, No. 4.
  28. Sunarya, Lusyani. Dermawan, Ogi., Amrullah, Muhammad Hanif. 2016. Desain Media Sign System Dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Strategic of Education in Information System (SENSI). ISSN: 2461-1409, Vol. 2, No. 1.
  29. Toybah, Nur Rizky. 2016. Dakwah Komunikasi Visual Melalui Media Instagram Akun @HADISTKU. Alhiwar Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah. ISSN: 2579-9851, Vol. 4, No. 7.
  30. Yulius, Yosef. 2016. Perancangan Desain Komunikasi Visual Sebagai Pendukung Media Promosi Kesehatan. Jurnal Seni Desain Dan Budaya. ISSN: 2502-8626, Vol. 1, No. 2.
  31. Fitriah, Maria. 2018. Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta. Deepublish.
  32. Tjandra, Evania., Thamrin, Diana., Surya, Linggajaya. 2019. Implementasi Human-centered Design pada Perancangan Interior Stress-Relieve and Entertainment Centre di Surabaya. Jurnal Intra. Vol. 7, No. 2.
  33. Rambe, Parningotan., Tarigan, Pilipus. 2018. Analisa Algoritma Horseshoe Map Pada Proses Keamanan Citra. Jurnal Pelita Informasi. ISSN: 2301-9425, Vol. 6, No. 4.
  34. Tarigan, Abduk Khair., Nasution, Darma Surya., Suginam., Karim, Abdul. 2018. Aplikasi Pembelajaran Citra Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI). Jurnal Riset Komputer (JURIKOM). ISSN 2407-389X, Vol. 3, No. 2.
  35. Kalangi, Audie Steven., Lapian, Joyce., Jorie, Rotinsulu Jopie. 2016. Pengaruh Layout Pengelolaan Sarana Prasarana Terhadap Objek Wisata gunung Mahawu Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA. ISSN: 2303-1174, Vol. 4, No. 5.
  36. Kusnadi. 2018. Dasar Desain Grafis. Tasikmalaya: Edu Publisher.
  37. Busyaeri, Akhmad., Udin, Tamsik., Zaenuddin, A. 2016. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Al Ibtida. Vol. 3 No. 1.
  38. Umam, Khairul., Negara, Benny Sukma. 2016. Deteksi Obyek Manusia Pada Basis Data Video Menggunakan Metode Background Subtraction Dan Operasi Morfologi. UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal CoreIT. ISSN: 2460-738X, Vol. 2, No. 2.
  39. Batubara, Hamdan Husein., Ariani, Dessy Noor. 2016. Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. ISSN: 2476-9703, Vol. 2, No. 1.
  40. Zarwan., Herdiansyah, Sefri.2017. Pengaruh Media Video Dan media Chart Terhadap Ketepatan Smash Bulutangkis Siswa SD Negeri 52 Kuranji Padang. Jurnal Penjakora. p-ISSN: 2356-3397, e-ISSN: 2597-4505, Vol. 4, No. 1.
  41. Saputra, Agesta Budy. 2018. Pembuatan Motion Graphic Sebagai Media Promosi Untuk Proyek Purna Jual Datsun Sigap. Politeknik negeri Jakarta. KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer. ISSN: 2549-9351, Vol. 2, No. 2.
  42. Limbong, Tonni., Simarmata, Janner. 2020. Media dan Multimedia Pembelajaran Teori dan Praktek. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
  43. Desrianti, Dewi Immaniar. Masjid, Muhamad Ihsan. 2018. Video Motion Graphic Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik dan Non-Organik pada Pemerintahan Kota Tangerang. Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 2018 (SENSITEK 2018). ISSN: 2622-9986, Vol. 6, No. 3.
  44. Ariyati, Sri., Misriati, Titik. 2016. Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. ISSN: 2442-2436, Vol. 2, No. 1.
  45. Rifai, Danang., Astriyani, Erna., Indria, Upi. 2018. Pembuatan Video Company Profile Sebagai Penunjang Informasi dan Promosi Pada PT. Daiichi Elevator Indonesia. Technomedia Journal (TMJ). E-ISSN: 2528-6544, P-ISSN: 2620-3383, Vol. 3, No. 1.
  46. Aris., Syahnaz, Chris., Ulfah, Siti Mariah. 2017. Desain Merchandise Sebagai penunjang Informasi Dan Promosi SD Islam Miftahul Huda. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System. ISSN: 2461-1409, Vol. 3, No. 2.
  47. Dilasetiara, Erria. 2019. Media Interaktif Pengenalan Karakter Wayang Pandawa Dengan Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Jatisari Semarang. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis. P-ISSN: 1979-0414, e-ISSN: 2621-6256, Vol. 12, No. 1.
  48. Agung, Gregorius. 2018. Adobe After Effects Komplet. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
  49. Cahyono, Puguh. 2016. Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan Dan Kematian Pada PT. Prudential Cabang Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. ISSN: 2502-3780, Vol.1, No. 02.
  50. Dzulhaq, M. Iqbal., Tullah, Rahmat., Nugraha, Putra Satia. 2017. Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Sifintek Global. ISSN: 2088 – 1762, Vol. 7, No. 1.
  51. Immaniar, Dewi., Mulyani, Reni., Arnita, Fitri. 2017. Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Perguruan Tinggi. Universitas Raharja Tangerang. Journal CCIT. ISSN: 1978-8282, Vol. 10, No. 2.
  52. Kosasi, Sandy. 2017. Evaluasi Penggunaan teknologi Media Sosial Dalam Memperluas Bisnis Pemasaran Online. Journal CCIT. Journal CCIT. ISSN: 1978-8282, Vol. 10, No. 2.
  53. Desrianti, Dewi Immaniar., Sudaryono., Diana, Rahmah. 2019. Animasi Interaktif Pada Mata Pelajaran Agama Islam. Journal CCIT. ISSN: 1978-8282, Online ISSN: 2655-4275, Vol. 12, No. 1.
  54. Desrianti, Dewi Immaniar., Maulani, Giandari., Krisdiana, Dana. 2019. Video Profile Sebagai Media Penunjang Promosi Pada Sdk Penabur Gading Serpong. ISSN: 1978 -8282, Online ISSN: 2655-4275, Vol.12, No.2.
  55. Wajirin., Kuswanto., Wijayanti, Krisdina. 2019. Audio Visual Media in Breast Feeding Health Education Related to Knowledge and Attitude of Lactation Women. International Journal of Sciences: Basic and Application (IJSBAR). Vol. 47, No. 2, pp 219-225.
  56. Sadiku, Alisa. 2018. The Effects of Virtual Worlds on Improving Students’ Communication and Collaboration Skills. International Journal of Sciences: Basic and Application (IJSBAR). Vol. 42, No 1, pp 202-211.



Contributors

Admin, Dindasumiati