SI1721497127

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI DAN

PROMOSI BERBASIS ANIMASI PADA

PT. SUPRA TERATAI METAL


   

SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1721497127
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MAVIB

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021


UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PERANCANGAN MEDIA INFORMASI DAN

PROMOSI BERBASIS ANIMASI PADA

PT. SUPRA TERATAI METAL


Disusun Oleh :


NIM
: 1721497127
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi

Disahkan Oleh :

Tangerang, Oktober 2021


Rektor
       
Ketua Program Studi
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
       
(Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I.)
NIP : 000603
       
NIP : 073009




ABSTRAK

Perkembangan teknologi di era modernisasi saat ini membuat banyak perusahaan khususnya yang bergerak dibidang jasa pembuatan alat masak untuk dapat memberikan suatu informasi dalam bentuk media promosi animasi yang kreatif, informatif dan menarik. PT. Supra Teratai Metal adalah perusahaan yang memproduksi alat masak khususnya panci yang berlokasi di Jl. Iskandar Muda No. 50 Kota Tangerang, Banten 15129, yang saat ini membutuhkan media video promosi untuk membantu dalam penyebaran informasi dan promosi serta keunggulan produk. Permasalahannya yaitu, dalam kegiatan promosi sebelumnya hanya menggunakan media cetak seperti brosur, majalah, flyer, secara sederhana dan kurang lengkap dan update informasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk membantu PT. Supra Teratai Metal dalam menyampaikan informasi dan promosi mengenai profil, sejarah, serta keunggulan produk yang dibuat oleh perusahaan, secara efektif, menarik dan informatif, yang memiliki manfaat agar dapat menarik minat pembeli dan meningkatkan jumlah pendapatan setiap tahunnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data, analisis SWOT, Perancangan Media dengan menggunakan software Adobe After Effect CC 2018, Adobe Photoshop CC 2018, Adobe Ilustrator 2015 dan Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi. Melalui perancangan media video animasi ini customer dan masyarakat dapat mengetahui informasi dengan mudah mengenai profil dan keunggulan produk secara efektif, dapat menarik minat masyarakat untuk membeli produk perusahaan serta dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Kata kunci : Animasi, Informasi, Promosi


ABSTRACT

The development of technology in the current era of modernization has made many companies, especially those engaged in cooking utensil manufacturing services, to be able to provide information in the form of creative, informative and interesting animated promotional media. PT. Supra Teratai Metal is a company that produces cooking utensils, especially pans, located on Jl. Iskandar Muda No. 50 Kota Tangerang, Banten 15129, which currently requires promotional video media to assist in disseminating information and promotion as well as product excellence. The problem is, in previous promotional activities only using print media such as brochures, magazines, flyers, simply and incompletely and with updated information. The purpose of this research is to help PT. Supra Teratai Metal in delivering information and promotions regarding the profile, history, and superiority of the products made by the company, in an effective, attractive and informative manner, which has the benefit of being able to attract buyers and increase the amount of revenue each year. The research method used is data collection, SWOT analysis, Media Design using Adobe After Effects CC 2018 software, Adobe Photoshop CC 2018, Adobe Illustrator 2015 and Media Production Concept (KPM) which consists of Pre-Production, Production, Post-Production. Through the design of this animated video media, customers and the public can find information easily about the profile and product advantages effectively, can attract public interest to buy company products and can increase company revenues.

Keywords : Animation, Information, Promotion


DAFTAR PUSTAKA

  1. Alkhulaniah, N. K. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN CIPTA WARNA PADA ANAK KELOMPOK B. Jurnal PAUD Teratai, 3.

  2. Chrismantya Dwi Satriya Nugroho, E. S. (2017). ANALISIS dan DESAIN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN (Studi Pada Unit Pusat PT. Perdana Fajar Mandiri Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 116.

  3. Forster, M. (2015). “Refining the definition of information literacy: the experience of contextual knowledge creation”. Journal of Information Literacy. London: University of West London. (Vol. 9 (1). pp. 62-73. ISSN 1750-5968 - November 2015). London, England.

  4. ISEU SYNTHIA PERMATASARI, N. H. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HANDS MOVE DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN PADA MAPEL IPS ISEU SYNTHIA PERMATASARI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

  5. Izomi Awalia, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. -ISSN: 2086- 2334; e-ISSN: 2442-4218

  6. Koko Mukti Wibowo, I. K. (2015). 2015. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) MENENTUKAN LOKASI PERTAMBANGAN BATU BARA DI PROVINSI BENGKULU BERBASIS WEBSITE, 52.

  7. Kurniawan, S. M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN APLIKASI PICPAC. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi.

  8. Lidya. (2015). Sentiment Analysis Pada Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighbor (K-NN). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. ISSN:2089- 9815:4. Medan.

  9. Made Windu Cahyadi, K. R. (2020, July 2). PENGEMBANGAN MEDIA SOSIALISASI ”DISIPLIN LALU LINTAS”. Bali.

  10. Maimunah. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta.

  11. Maimunah, D., & Ericson, D. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta, Indonesia.

  12. Padila, A. Y. (2019). TERAPI STORY TELLING DAN MENONTON ANIMASI KARTUN TERHADAP ANSIETAS. Journal of Telenursing (JOTING).

  13. Prihantana, M. A. (2014). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ANIMASI STOP MOTION UNTUK SISWA SMK. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Bali, Indonesia.

  14. Rani Winarni, E. R. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Edisi Oktober 2019, 70.

  15. Sangwaranatee, N. (2016). Graphic Design using Cartesian Geometric Transformation Based STEM Education. Life Science Journal, 66. Thailand.

  16. Sari, I. P. (2019). Perancangan Video Edukasi Animasi 2 Dimensi Berbasis. Jurnal Pendidikan Multimedia.

  17. Sunarya, L. (2016). Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. CCIT Journal. ISSN:2461 - 1409. Vol.2, No.1 : 61. Tangerang, Banten, Indonesia.

  18. Taufan Yusuf Aslah, H. F. (2017). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetenga. E-Journal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017) , 2.

  19. Tommy Gunawan, A. P. (2020). PERANCANGAN ANIMASI DENGAN MOTION CAPTURE SEBAGAI SARANA EDUKASI COVID-19.

  20. Yorizal Tri M.Gulo, A. K. (2021). Koncokelas: Animation-Based Learning Video Application as an Effort to Empower School Dropouts through Learning Houses. pelita masyarakat.

Contributors

Admin, Genta Hadiatna