SI1721497127

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI DAN

PROMOSI BERBASIS ANIMASI PADA

PT. SUPRA TERATAI METAL


   

SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1721497127
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MAVIB

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021


UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PERANCANGAN MEDIA INFORMASI DAN

PROMOSI BERBASIS ANIMASI PADA

PT. SUPRA TERATAI METAL


Disusun Oleh :


NIM
: 1721497127
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi

Disahkan Oleh :

Tangerang, Oktober 2021


Rektor
       
Ketua Program Studi
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
       
(Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I.)
NIP : 000603
       
NIP : 073009




UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN MEDIA INFORMASI DAN

PROMOSI BERBASIS ANIMASI PADA

PT. SUPRA TERATAI METAL


Dibuat Oleh :


NIM
: 1721497127
Nama



Telah disetujui untuk dipertahankan di hadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif


Fakultas Sains dan teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :


Tangerang, Oktober 2021


Pembimbing I
 
Pembimbing II
         
         
         
         
(Sugeng Widada, M.Si.)
 
NID : 06098
 
NID : 15023





UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN MEDIA INFORMASI DAN

PROMOSI BERBASIS ANIMASI PADA

PT. SUPRA TERATAI METAL


Disusun Oleh :


NIM
: 1721497127
Nama


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

TA. 2020 / 2021


Disetujui Penguji :

Tangerang, Oktober 2021


Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :__________
 
NID :__________
 
NID :__________





UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


PERANCANGAN MEDIA INFORMASI DAN

PROMOSI BERBASIS ANIMASI PADA

PT. SUPRA TERATAI METAL


Dibuat Oleh :


NIM
: 1721497127
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi



Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, Oktober 2021
Genta Hadiatna
NIM. 1721497127


)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;






ABSTRAK

Perkembangan teknologi di era modernisasi saat ini membuat banyak perusahaan khususnya yang bergerak dibidang jasa pembuatan alat masak untuk dapat memberikan suatu informasi dalam bentuk media promosi animasi yang kreatif, informatif dan menarik. PT. Supra Teratai Metal adalah perusahaan yang memproduksi alat masak khususnya panci yang berlokasi di Jl. Iskandar Muda No. 50 Kota Tangerang, Banten 15129, yang saat ini membutuhkan media video promosi untuk membantu dalam penyebaran informasi dan promosi serta keunggulan produk. Permasalahannya yaitu, dalam kegiatan promosi sebelumnya hanya menggunakan media cetak seperti brosur, majalah, flyer, secara sederhana dan kurang lengkap dan update informasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk membantu PT. Supra Teratai Metal dalam menyampaikan informasi dan promosi mengenai profil, sejarah, serta keunggulan produk yang dibuat oleh perusahaan, secara efektif, menarik dan informatif, yang memiliki manfaat agar dapat menarik minat pembeli dan meningkatkan jumlah pendapatan setiap tahunnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data, analisis SWOT, Perancangan Media dengan menggunakan software Adobe After Effect CC 2018, Adobe Photoshop CC 2018, Adobe Ilustrator 2015 dan Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi. Melalui perancangan media video animasi ini customer dan masyarakat dapat mengetahui informasi dengan mudah mengenai profil dan keunggulan produk secara efektif, dapat menarik minat masyarakat untuk membeli produk perusahaan serta dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Kata kunci : Animasi, Informasi, Promosi


ABSTRACT

The development of technology in the current era of modernization has made many companies, especially those engaged in cooking utensil manufacturing services, to be able to provide information in the form of creative, informative and interesting animated promotional media. PT. Supra Teratai Metal is a company that produces cooking utensils, especially pans, located on Jl. Iskandar Muda No. 50 Kota Tangerang, Banten 15129, which currently requires promotional video media to assist in disseminating information and promotion as well as product excellence. The problem is, in previous promotional activities only using print media such as brochures, magazines, flyers, simply and incompletely and with updated information. The purpose of this research is to help PT. Supra Teratai Metal in delivering information and promotions regarding the profile, history, and superiority of the products made by the company, in an effective, attractive and informative manner, which has the benefit of being able to attract buyers and increase the amount of revenue each year. The research method used is data collection, SWOT analysis, Media Design using Adobe After Effects CC 2018 software, Adobe Photoshop CC 2018, Adobe Illustrator 2015 and Media Production Concept (KPM) which consists of Pre-Production, Production, Post-Production. Through the design of this animated video media, customers and the public can find information easily about the profile and product advantages effectively, can attract public interest to buy company products and can increase company revenues.

Keywords : Animation, Information, Promotion


KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul “PERANCANGAN MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI BERBASIS ANIMASI PADA PT. SUPRA TERATAI METAL”.

Tujuan penulisan Skripsi ini adalah, sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Program Studi Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting pada Universitas Raharja.

Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si., selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso,M.Kom., selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
  3. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I., selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Jenjang Strata Satu.
  4. Bapak Drs.Sugeng Widada, M.Si., selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  5. Bapak H.Suhada,S.Ag,M.Pd.I, selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan wawasan dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penulis.
  7. Bapak Hadi Wijaya selaku Stakeholder sebagai Manager Personalia yang memberikan kesempatan bagi penulis untuk melakukan penelitian di PT. Supra Teratai Metal.
  8. Para pegawai di PT. Supra Teratai Metal yang senantiasa memberikan informasi yang dibutuhkan.
  9. Kedua orang tua dan saudara yang telah memberikan dukungan, baik moral, materi dan doa kepada penulis.
  10. Teman-teman yang telah memberikan dukungan dan masukan yang sangat berarti bagi penulis.

Penulis menyadari bahwa dalam penyajian laporan Skripsi ini masih mempunyai kekurangan, baik dalam penulisan, penyajian ataupun isinya. oleh karena itu, penulis senantiasa menerima kritik dan saran yang bersifat membangun, agar dapat menjadi acuan bagi penulis untuk dapat membuat yang lebih baik dimasa yang akan datang.



Tangerang, Oktober 2021
Genta Hadiatna
NIM. 1721497127















DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1. Struktur PT. Polymindo Permata Tangerang

Gambar 4.1. Pre Production

Gambar 4.2. Menampilkan logo Viroforms

Gambar 4.3. Menampilkan Ibu sedang membawa tas jinjing (tote bag) dan dompet anyaman dijalan

Gambar 4.4. Menampilkan Ibu sedang menata barang belanjaan di dapur (kitchen) dengan menggunakan keranjang anyaman

Gambar 4.5. Menampilkan Ayah pulang kerja dengan membawa hadiah (Giff Hong) dan tas laptop disambut oleh Anak

Gambar 4.6. Menampilkan Ayah memberikan hadiah (Giff Hong) kepada anak

Gambar 4.7. Menampilkan Ayah sedang istirahat dan anak sedang belajar dengan memegang bantal anyaman (woven pillow), terdapat tissue box, ottoman dan giff hong di ruang tamu

Gambar 4.8. Menampilkan Ibu sedang melakukan aktivitas di dapur menggunakan Organizer, Store box dan perlengkapan product kitchen viroforms

Gambar 4.9. Menampilkan Anak membereskan buku di store box

Gambar 4.10. Menampilkan anak berjalan membawa store box ke kamar dan berpapasan dengan Ayah

Gambar 4.11. Menampilkan Ayah sedang menaruh baju kotor menggunakan produk bath and laundry

Gambar 4.12. Menampilkan Ayah yang sedang memakai produk bath and laundry. seperti : tempat sabun, keranjang sampo dan tempat pasta gigi

Gambar 4.13. Menampilkan Ibu sedang membawa nasi menggunakan bakul nasi

Gambar 4.14. Menampilkan keluarga yang sedang menyantap makanan dilengkapi produk Viroforms seperti (piring anyaman, tempat sendok,bakul nasi, tatakan piring, tempat tisu dan rak buah

Gambar 4.15. Menampilkan Tag Line “Viroforms selalu menemani harimu”

Gambar 4.16. Menampilkan website perusahaan

Gambar 4.17. Komputer

Gambar 4.18. Lensa Fix

Gambar 4.19. DSLR Canon 550d

Gambar 4.20. Slider

Gambar 4.21. Tripod

Gambar 4.22. Voice Record

Gambar 4.23. Stabilizer Zhiyun

Gambar 4.24. Production

Gambar 4.25. Proses Editing Audio

Gambar 4.26. Menampilkan logo Viroforms

Gambar 4.27. Menampilkan Ibu sedang membawa tas jinjing (tote bag) dan dompet anyaman dijalan

Gambar 4.28. Menampilkan Ibu sedang menata barang belanjaan di dapur (kitchen) dengan menggunakan keranjang anyaman

Gambar 4.29. Menampilkan Ayah pulang kerja dengan membawa hadiah (Giff Hong) dan tas laptop disambut oleh Anak

Gambar 4.30. Menampilkan Ayah memberikan hadiah (Giff Hong) kepada anak

Gambar 4.31. Menampilkan Ayah sedang istirahat dan anak sedang belajar dengan memegang bantal anyaman (woven pillow), terdapat tissue box, ottoman dan giff hong di ruang tamu

Gambar 4.32. Menampilkan Ibu sedang melakukan aktivitas di dapur menggunakan Organizer, Store box dan perlengkapan product kitchen viroforms

Gambar 4.33. Menampilkan Anak membereskan buku di store box

Gambar 4.34. Menampilkan anak berjalan membawa store box ke kamar dan berpapasan dengan Ayah

Gambar 4.35. Menampilkan Ayah sedang menaruh baju kotor menggunakan produk bath and laundry

Gambar 4.36. Menampilkan Ayah yang sedang memakai produk bath and laundry. seperti : tempat sabun, keranjang sampo dan tempat pasta gigi

Gambar 4.37. Menampilkan Ibu sedang membawa nasi menggunakan bakul nasi

Gambar 4.38. Menampilkan keluarga yang sedang menyantap makanan dilengkapi produk Viroforms seperti (piring anyaman, tempat sendok, bakul nasi, tatakan piring, tempat tisu dan rak buah

Gambar 4.39. Menampilkan Tag Line “Viroforms selalu menemani harimu”

Gambar 4.40. Menampilkan website perusahaan

Gambar 4.41. Post Production

Gambar 4.42. Proses Editing pada tahap post production

Gambar 4.43. Proses Mixing pada tahap post production

Gambar 4.44. Proses Finishing pada tahap post production

Gambar 4.45. Proses Exporting pada tahap post production





DAFTAR TABEL





DAFTAR LAMPIRAN





BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang Penelitian

Perkembangan teknologi informasi khususnya teknologi multimedia sebagai media informasi dan promosi saat ini semakin berkembang dengan pesatnya. Karena dengan penyampaian informasi dengan menggunakan teks, audio, foto, video dan animasi akan membuat banyak orang tertarik untuk mengetahui isi dari informasi yang ada didalamnya. Hal ini mempengaruhi banyaknya persaingan didunia usaha yang semakin kuat. Banyak sekali perusahaan maupun instansi berlomba-lomba melakukan promosi agar mendapat target penjualan yang menguntungkan. Perusahaan pun melakukan promosi dengan menggunakan berbagai macam media demi menarik perhatian masyarakat luas khususnya calon konsumen.

PT Supra Teratai Metal yang beralamat di Jl. Iskandar Muda No. 50 Kota Tangerang, Banten 15129, merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pembuatan alat masak khususnya panci.

Dalam memasarkan sebuah produk PT Supra Teratai Metal membutuhkan media informasi dan promosi yang lebih menarik efektif. Karena sebelumnya media promosi dan informasi yang digunakan hanya media offline seperti majalah dan brosur yang dinilai kurang menarik dan efektif.



Rumusan Masalah

  1. Apa saja informasi yang ingin disampaikan PT Supra Teratai Metal melalui video animasi ini ?
  2. Bagaimana konsep video animasi yang diinginkan serta dapat menarik minat masyarakat untuk membeli produk dari PT Supra Teratai Metal ?
  3. Target seperti apa yang dibutuhkan oleh PT Supra Teratai Metal atas promosi yang telah dilaksanakan ?


Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan permasalahan tidak menyimpang dari topik penelitian, maka peneliti membatasi permasalahan yang akan dibahas, adapun permasalahan yang akan dibahas adalah hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan dalam perancangan media informasi tentang perusahaan.


Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Untuk menghasilkan media informasi dan promosi dengan konsep video animasi yang kreatif.
  2. Untuk menyampaikan informasi mengenai PT Supra Teratai Metal meliputi profil perusahaan, visi perusahaan, Produk Perusahaan dan keunggulan produk perusahaan.
  3. Untuk membantu PT Supra Teratai Metal dalam upaya meningkatkan jumlah pendapatan dan produksi setiap tahunnya.


Manfaat Penelitian

  1. Agar melalui konsep video informasi dan promosi berbasis animasi yang kreatif, dapat menarik minat customer dan masyarakat untuk membeli produk panci buatan PT Supra Teratai Metal.
  2. Agar melalui video promosi ini para customer dan masyarakat dapat mengetahui keunggulan produk panci dari PT Supra Teratai Metal.
  3. Agar melalui strategi pemasaran yang dilakukan yaitu dengan implementasi media melalui official youtube dan instagram diharapkan dapat meningkatkan jumlah pendapatan dan produksi setiap tahunnya.


Metode Penelitian

Memperoleh dan melengkapi data-data yang diperlukan dalam penulisan laporan skripsi, ada beberapa metode. Metode yang peneliti gunakan adalah sebagai berikut :


Analisis Permasalahan

Analisis permasalahan didapatkan pada saat peneliti melakukan pertemuan dengan Bapak Hadi Wijaya, sebagai Manager Personalia melalui tanya jawab atau interview

Pengumpulan Data

  1. Metode Observasi
  2. Observasi dilakukan di PT Supra Teratai Metal yang beralamat di Jl. Iskandar Muda No. 50 Kota Tangerang, Banten 15129, untuk pengambilan data yang diperlukan untuk perancangan media informasi melalui pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung.

  3. Metode Wawancara (Interview)
  4. Wawancara adalah salah satu metode pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dengan orang yang akan diwawancarai, memperoleh informasi dan gambaran mengenai media penunjang informasi dengan jelas seperti apa yang diinginkan oleh Sekolah.

  5. Studi Pustaka
  6. Studi pustaka adalah pengumpulan data-data berupa teori, mempelajari dan memahami buku-buku diktat. Penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat berdasarkan pada buku-buku, jurnal dan media tertulis lainnya yang berkaitan dengan penulisan Laporan Skripsi konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) sebagai panduan secara teoritis.


Analisa Perancangan Media

Perancangan media komunikasi audio visual sebagai penunjang media informasi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelumnya, selain dari itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada koordinator, selanjutnya dirancang menggunakan aplikasi penunjang seperti Adobe After Effect dan Adobe Photoshop.


Analsis SWOT

Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian skripsi ini metode analisis SWOT yang berfungsi sebagai proses perencanaan suatu strategi yang digunakan dalam menganalisis dan mengoreksi segala kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats) secara detail dan terperinci.


Konsep Produksi Media (KPM)

Dalam penelitian akan disampaikan tahapan - tahapan proses konsep produksi media yaitu :

  1. Preproduction
  2. Preproduction merupakan persiapan sebelum melakukan kegiatan produksi yang menjelaskan secara rinci konsep, ide, time schedule, storyboard, dan budget yang dilakukan dalam membuat karya. Preproduction ini adalah pembuatan gambaran kasar yang menjadi acuan dalam produksi dan pasca produksi.

  3. Production
  4. Production merupakan tahap kedua dari preproduction dimana tim atau crew untuk mewujudkan konsep dari storyboard tahap preproduction. Pada tahap ini produksi harus diperhatikan agar kelancaran dalam proses pengerjaannya.

  5. Postproduction
  6. Postproduction adalah proses terakhir setelah preproduction dan production. Dimana proses editing, mixing, finishing dan pendistribusian kepada semua pengguna.

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan Penelitian Skripsi ini terbagi menjadi beberapa Bab dengan disertakan sistematika penyampaiannya, sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada Bab I menjelaskan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metode Penelitian, dan Sistematika Penulisan yang akan dibahas dalam Penelitian Skripsi ini.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada Bab II menjelaskan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan topik perancangan yang dibuat dalam penyusunan penelitian Skripsi, yang meliputi Teori Umum, Teori Khusus, dan Literature Review.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Pada Bab III menjelaskan tentang Gambaran Umum Obyek Yang Diteliti, meliputi Sejarah Singkat meliputi : Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab dan Product Information. Market Analisis meliputi, Market Positioning, dan Kondisi Pesaing. Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective, Marketing Strategy, Budget Produksi Media, Konfigurasi Perancangan meliputi : Konfigurasi Hardware, Software yang digunakan dan Elisitasi.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA (KPM)

Pada Bab IV menjelaskan Konsep Produksi Media (KPM) merupakan tahapan-tahapan mencapai efisiensi produk dengan menggunakan teknik Konsep Produksi Media (KPM) sehingga akan menjadi lebih baik dalam segi produksi maupun teoritisnya. Dalam bab ini diuraikan tentang : Preproduction, Production, dan Post Production.

BAB V PENUTUP

Pada Bab V menjelaskan tentang kesimpulan dan saran yang diberikan kepada PT. Supra Teratai Metal sebagai pemecahan masalah dalam perancangan yang telah dibuat.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran..


Time Schedule

Tabel 1.1 Time Schedule



DAFTAR PUSTAKA

  1. Alkhulaniah, N. K. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN CIPTA WARNA PADA ANAK KELOMPOK B. Jurnal PAUD Teratai, 3.

  2. Chrismantya Dwi Satriya Nugroho, E. S. (2017). ANALISIS dan DESAIN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN (Studi Pada Unit Pusat PT. Perdana Fajar Mandiri Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 116.

  3. Forster, M. (2015). “Refining the definition of information literacy: the experience of contextual knowledge creation”. Journal of Information Literacy. London: University of West London. (Vol. 9 (1). pp. 62-73. ISSN 1750-5968 - November 2015). London, England.

  4. ISEU SYNTHIA PERMATASARI, N. H. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HANDS MOVE DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN PADA MAPEL IPS ISEU SYNTHIA PERMATASARI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

  5. Izomi Awalia, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. -ISSN: 2086- 2334; e-ISSN: 2442-4218

  6. Koko Mukti Wibowo, I. K. (2015). 2015. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) MENENTUKAN LOKASI PERTAMBANGAN BATU BARA DI PROVINSI BENGKULU BERBASIS WEBSITE, 52.

  7. Kurniawan, S. M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN APLIKASI PICPAC. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi.

  8. Lidya. (2015). Sentiment Analysis Pada Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighbor (K-NN). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. ISSN:2089- 9815:4. Medan.

  9. Made Windu Cahyadi, K. R. (2020, July 2). PENGEMBANGAN MEDIA SOSIALISASI ”DISIPLIN LALU LINTAS”. Bali.

  10. Maimunah. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta.

  11. Maimunah, D., & Ericson, D. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta, Indonesia.

  12. Padila, A. Y. (2019). TERAPI STORY TELLING DAN MENONTON ANIMASI KARTUN TERHADAP ANSIETAS. Journal of Telenursing (JOTING).

  13. Prihantana, M. A. (2014). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ANIMASI STOP MOTION UNTUK SISWA SMK. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Bali, Indonesia.

  14. Rani Winarni, E. R. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Edisi Oktober 2019, 70.

  15. Sangwaranatee, N. (2016). Graphic Design using Cartesian Geometric Transformation Based STEM Education. Life Science Journal, 66. Thailand.

  16. Sari, I. P. (2019). Perancangan Video Edukasi Animasi 2 Dimensi Berbasis. Jurnal Pendidikan Multimedia.

  17. Sunarya, L. (2016). Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. CCIT Journal. ISSN:2461 - 1409. Vol.2, No.1 : 61. Tangerang, Banten, Indonesia.

  18. Taufan Yusuf Aslah, H. F. (2017). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetenga. E-Journal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017) , 2.

  19. Tommy Gunawan, A. P. (2020). PERANCANGAN ANIMASI DENGAN MOTION CAPTURE SEBAGAI SARANA EDUKASI COVID-19.

  20. Yorizal Tri M.Gulo, A. K. (2021). Koncokelas: Animation-Based Learning Video Application as an Effort to Empower School Dropouts through Learning Houses. pelita masyarakat.

Contributors

Admin, Genta Hadiatna