SI1721497127: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(perubahan teks bahasa inggris menjadi miring)
(Daftar Pustaka)
Baris 72: Baris 72:
 
<ol>
 
<ol>
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Nur, Rusdi dan Muhammad Arsyad Syuti. 2018. Perancangan Mesin–Mesin Industri. Yogyakarta : Deepublish.</p>  
+
<p style="line-height: 2">Alkhulaniah, N. K. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN CIPTA WARNA PADA ANAK KELOMPOK B. Jurnal PAUD Teratai, 3.</p>  
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Maimunah, M., Manalu, D. E., & Kusuma, D. B. (2017). Perancangan Prototype Visua Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Semnasteknomedia Online, 5(1), 4-6.
+
<p style="line-height: 2">Chrismantya Dwi Satriya Nugroho, E. S. (2017). ANALISIS dan DESAIN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN (Studi Pada Unit Pusat PT. Perdana Fajar Mandiri Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 116.
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Sunarya, Lusyani. 2017. Diktat Mata Kuliah Diktat Mata Kuliah Aplikasi Program Komputer MAVIB II. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
+
<p style="line-height: 2">Forster, M. (2015). “Refining the definition of information literacy: the experience of contextual knowledge creation”. Journal of Information Literacy. London: University of West London. (Vol. 9 (1). pp. 62-73. ISSN 1750-5968 - November 2015). London, England.
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Sitohang, Hengki Tamando. 2018. Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan. Journal Of Informatic Pelita Nusantara Volume 3 No. 1. Medan : STMIK Pelita Nusantara.
+
<p style="line-height: 2">ISEU SYNTHIA PERMATASARI, N. H. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HANDS MOVE DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN PADA MAPEL IPS ISEU SYNTHIA PERMATASARI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.  
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Martin, William J. 2017. The Global Information Society. New York :Routledge.
+
<p style="line-height: 2">Izomi Awalia, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. -ISSN: 2086- 2334; e-ISSN: 2442-4218
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Hermawaty. 2017. Tata Kelola Model IT Governance pada Layanan Akademik Menggunakan Framework COBIT 4.1 pada Domain (Delivery and Support) dan (Monitoring and Evaluation). Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CERITA. ISSN : 2461-1417. Vol. 3 No. 2 : 250.]
+
<p style="line-height: 2">Koko Mukti Wibowo, I. K. (2015). 2015. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) MENENTUKAN LOKASI PERTAMBANGAN BATU BARA DI PROVINSI BENGKULU BERBASIS WEBSITE, 52.
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Sri Rahayu, Zainul Hakim dan Masitoh 2019. Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Material Mentah. Jurnal Sisfotek Global ISSN: 2088–1762 Vol. 9 No.1, Maret 2019.
+
<p style="line-height: 2">Kurniawan, S. M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN APLIKASI PICPAC. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi.
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Sunarya, Lusyani. Hirzi Supriadi Saputra dan Dwi Rahmadhiani. 2017. Perancangan Video Profile Pada SMK Islamic Village Karawaci Kabupaten Tangerang. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Journal SENSI Vol. 3 No. 2 : 162, 165-169.
+
<p style="line-height: 2">Lidya. (2015). Sentiment Analysis Pada Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighbor (K-NN). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. ISSN:2089- 9815:4. Medan.  
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Martono, Triyono dan Roesmita Anggis Septiani. 2018. Pembuatan Video Profil Sekolah Menegah Atas Negeri7 Kota Tangerang Selatan Berbasis Audio VisualSebagai Media Informasi dan Promosi. Technomedia Journal (TMJ) ISSN: 2528-6544 Vol.3 No.1, Edisi Agustus 2018.
+
<p style="line-height: 2">Made Windu Cahyadi, K. R. (2020, July 2). PENGEMBANGAN MEDIA SOSIALISASI ”DISIPLIN LALU LINTAS”. Bali.
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Maimunah, David Ericson Maulana, dan Dian Budi Kusuma. 2017. Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT.Sulindafin, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 4 Februari 2017”..
+
<p style="line-height: 2">Maimunah. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta.
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Budiman, Haris. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Lampung : Universitas Islam Negeri. Jurnal Pendidikan Islam. Issn : 20869118. Vol.8 No 1.
+
<p style="line-height: 2">Maimunah, D., & Ericson, D. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta, Indonesia.
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Satria, Arief Adi. 2017. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36” dalam Jurnal Manajemen dan Start – Up Bisnis Volume 2, Nomer 1. Surabaya : Performa.
+
<p style="line-height: 2">Padila, A. Y. (2019). TERAPI STORY TELLING DAN MENONTON ANIMASI KARTUN TERHADAP ANSIETAS. Journal of Telenursing (JOTING).  
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Kurniawan, Dian dan Sinta Verawati Dewi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Tasikmalaya : Universitas Siliwangi. Jurnal Siliwangi. ISSN 2476-9312. Vol.3 No.1 : 215.
+
<p style="line-height: 2">Prihantana, M. A. (2014). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ANIMASI STOP MOTION UNTUK SISWA SMK. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Bali, Indonesia.
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Maimunah. David Ericson Maulana, Dian Budi Kusuma. 2017. “ Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT.Sulindafin ,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, STMIK Raharja, Tangerang.
+
<p style="line-height: 2">Rani Winarni, E. R. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Edisi Oktober 2019, 70.
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachmah dan Ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 20-21.
+
<p style="line-height: 2">Sangwaranatee, N. (2016). Graphic Design using Cartesian Geometric Transformation Based STEM Education. Life Science Journal, 66. Thailand.  
 +
</p>
  
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Sari, I. P. (2019). Perancangan Video Edukasi Animasi 2 Dimensi Berbasis. Jurnal Pendidikan Multimedia.
 +
</p>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Sunarya, L. (2016). Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. CCIT Journal. ISSN:2461 - 1409. Vol.2, No.1 : 61. Tangerang, Banten, Indonesia.
 +
</p>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Taufan Yusuf Aslah, H. F. (2017). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetenga. E-Journal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017) , 2.
 +
</p>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Tommy Gunawan, A. P. (2020). PERANCANGAN ANIMASI DENGAN MOTION CAPTURE SEBAGAI SARANA EDUKASI COVID-19.
 
</p>
 
</p>
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
<p style="line-height: 2">Budiarto, Mukti., dan Muhammad Arief. 2019. Media Berbentuk Katalog PT. Polymindo Permata Kota Tangerang Penunjang Informasi Dan Promosi dalam Jurnal Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science Volume 5, Nomer 1. Tangerang: Neliti.com.
+
<p style="line-height: 2">Yorizal Tri M.Gulo, A. K. (2021). Koncokelas: Animation-Based Learning Video Application as an Effort to Empower School Dropouts through Learning Houses. pelita masyarakat.
  
</ol>
 
  
  
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}

Revisi per 20 September 2021 03.16

 

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI DAN

PROMOSI BERBASIS ANIMASI PADA

PT. SUPRA TERATAI METAL


   

SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1721497127
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MAVIB

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021


ABSTRAK

Perkembangan teknologi di era modernisasi saat ini membuat banyak perusahaan khususnya yang bergerak dibidang jasa pembuatan alat masak untuk dapat memberikan suatu informasi dalam bentuk media promosi animasi yang kreatif, informatif dan menarik. PT. Supra Teratai Metal adalah perusahaan yang memproduksi alat masak khususnya panci yang berlokasi di Jl. Iskandar Muda No. 50 Kota Tangerang, Banten 15129, yang saat ini membutuhkan media video promosi untuk membantu dalam penyebaran informasi dan promosi serta keunggulan produk. Permasalahannya yaitu, dalam kegiatan promosi sebelumnya hanya menggunakan media cetak seperti brosur, majalah, flyer, secara sederhana dan kurang lengkap dan update informasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk membantu PT. Supra Teratai Metal dalam menyampaikan informasi dan promosi mengenai profil, sejarah, serta keunggulan produk yang dibuat oleh perusahaan, secara efektif, menarik dan informatif, yang memiliki manfaat agar dapat menarik minat pembeli dan meningkatkan jumlah pendapatan setiap tahunnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data, analisis SWOT, Perancangan Media dengan menggunakan software Adobe After Effect CC 2018, Adobe Photoshop CC 2018, Adobe Ilustrator 2015 dan Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi. Melalui perancangan media video animasi ini customer dan masyarakat dapat mengetahui informasi dengan mudah mengenai profil dan keunggulan produk secara efektif, dapat menarik minat masyarakat untuk membeli produk perusahaan serta dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Kata kunci : Animasi, Informasi, Promosi


ABSTRACT

The development of technology in the current era of modernization has made many companies, especially those engaged in cooking utensil manufacturing services, to be able to provide information in the form of creative, informative and interesting animated promotional media. PT. Supra Teratai Metal is a company that produces cooking utensils, especially pans, located on Jl. Iskandar Muda No. 50 Kota Tangerang, Banten 15129, which currently requires promotional video media to assist in disseminating information and promotion as well as product excellence. The problem is, in previous promotional activities only using print media such as brochures, magazines, flyers, simply and incompletely and with updated information. The purpose of this research is to help PT. Supra Teratai Metal in delivering information and promotions regarding the profile, history, and superiority of the products made by the company, in an effective, attractive and informative manner, which has the benefit of being able to attract buyers and increase the amount of revenue each year. The research method used is data collection, SWOT analysis, Media Design using Adobe After Effects CC 2018 software, Adobe Photoshop CC 2018, Adobe Illustrator 2015 and Media Production Concept (KPM) which consists of Pre-Production, Production, Post-Production. Through the design of this animated video media, customers and the public can find information easily about the profile and product advantages effectively, can attract public interest to buy company products and can increase company revenues.

Keywords : Animation, Information, Promotion


DAFTAR PUSTAKA

  1. Alkhulaniah, N. K. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN CIPTA WARNA PADA ANAK KELOMPOK B. Jurnal PAUD Teratai, 3.

  2. Chrismantya Dwi Satriya Nugroho, E. S. (2017). ANALISIS dan DESAIN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN (Studi Pada Unit Pusat PT. Perdana Fajar Mandiri Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 116.

  3. Forster, M. (2015). “Refining the definition of information literacy: the experience of contextual knowledge creation”. Journal of Information Literacy. London: University of West London. (Vol. 9 (1). pp. 62-73. ISSN 1750-5968 - November 2015). London, England.

  4. ISEU SYNTHIA PERMATASARI, N. H. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HANDS MOVE DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN PADA MAPEL IPS ISEU SYNTHIA PERMATASARI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

  5. Izomi Awalia, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. -ISSN: 2086- 2334; e-ISSN: 2442-4218

  6. Koko Mukti Wibowo, I. K. (2015). 2015. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) MENENTUKAN LOKASI PERTAMBANGAN BATU BARA DI PROVINSI BENGKULU BERBASIS WEBSITE, 52.

  7. Kurniawan, S. M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN APLIKASI PICPAC. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi.

  8. Lidya. (2015). Sentiment Analysis Pada Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighbor (K-NN). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. ISSN:2089- 9815:4. Medan.

  9. Made Windu Cahyadi, K. R. (2020, July 2). PENGEMBANGAN MEDIA SOSIALISASI ”DISIPLIN LALU LINTAS”. Bali.

  10. Maimunah. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta.

  11. Maimunah, D., & Ericson, D. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta, Indonesia.

  12. Padila, A. Y. (2019). TERAPI STORY TELLING DAN MENONTON ANIMASI KARTUN TERHADAP ANSIETAS. Journal of Telenursing (JOTING).

  13. Prihantana, M. A. (2014). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ANIMASI STOP MOTION UNTUK SISWA SMK. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Bali, Indonesia.

  14. Rani Winarni, E. R. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Edisi Oktober 2019, 70.

  15. Sangwaranatee, N. (2016). Graphic Design using Cartesian Geometric Transformation Based STEM Education. Life Science Journal, 66. Thailand.

  16. Sari, I. P. (2019). Perancangan Video Edukasi Animasi 2 Dimensi Berbasis. Jurnal Pendidikan Multimedia.

  17. Sunarya, L. (2016). Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. CCIT Journal. ISSN:2461 - 1409. Vol.2, No.1 : 61. Tangerang, Banten, Indonesia.

  18. Taufan Yusuf Aslah, H. F. (2017). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetenga. E-Journal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017) , 2.

  19. Tommy Gunawan, A. P. (2020). PERANCANGAN ANIMASI DENGAN MOTION CAPTURE SEBAGAI SARANA EDUKASI COVID-19.

  20. Yorizal Tri M.Gulo, A. K. (2021). Koncokelas: Animation-Based Learning Video Application as an Effort to Empower School Dropouts through Learning Houses. pelita masyarakat.

Contributors

Admin, Genta Hadiatna