SI1721496789

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN COMPANY PROFILE BERBASIS

WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA

PT. KOMARA PUTRA MANGGALA


   

SKRIPSI

   

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1721496789
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND B

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021



ABSTRAKSI

ABSTRAK

Penyampaian media informasi dan promosi pada era saat ini sudah sangat mudah dikarenakan adanya internet. Media informasi dan promosi yang dimaksud salah satunya adalah website, banyak perusahaan yang memanfaatkan salah satu media tersebut, terutama perusahaan sektor penyewaan bus pariwisata. PT. Komara Putra Manggala adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa angkutan umum, penyewaan bus pariwisata, dan bus jemputan karyawan. Dalam penyampaian informasi dan promosi pada perusahaan tersebut masih menggunakan broadcast dan juga media sosial yang tentunya dirasa belum maksimal, sehingga dibutuhkan adanya media website sebagai media informasi dan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan media penyampaian informasi dan promosi yang lebih efisien untuk mencapai target market. Adapun metode penelitian yang dilakukan yaitu pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka, lalu melalui analisa data. Untuk metode perancangan yang digunakan yaitu metode waterfall dan menggunakan software dan text editor berupa Adobe Illustrator CS6, Adobe Photoshop CS6, dan Visual Studio Code. Hasil dari penelitian ini adalah berupa website company profile yang berisi informasi mengenai perusahaan secara detail. Dengan adanya perancangan company profile berbasis website ini diharapkan dapat menjangkau target market lebih luas dan lebih menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa yang ditawarkan PT. Komara Putra Manggala.


Kata kunci : Media, Website, Company Profile


ABSTRACT

Submission of media information and promotions in the current era is very easy because of the internet. One of the information and promotion media in question is a website, many companies use one of these media, especially tourism bus rental sector companies. PT. Komara Putra Manggala is a company engaged in public transportation services, tourism bus rentals, and employee pick-up buses. In delivering information and promotions, the company still uses broadcast and social media which of course is not maximized, so a website is needed as a medium of information and promotion. The purpose of this research is to provide a more efficient media for delivering information and promotions to reach the target market. The research method used is data collection through observation, interviews, and literature studies, then through data analysis. The design method used is the waterfall method and uses software and text editors in the form of Adobe Illustrator CS6, Adobe Photoshop CS6, and Visual Studio Code. The results of this study are in the form of a company profile website that contains detailed information about the company. With the design of a website-based company profile, it is hoped that it can reach a wider target market and attract more public interest to use the services offered by PT. Komara Putra Manggala.


Keywords : Media, Website, Company Profile




DAFTAR PUSTAKA

  1. Suryadi, A., & Zulaikhah, Y. S. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(1).

  2. Cahyadi, D., Tiara, K., & Mayosi, D. R. (2017). Website Sebagai Alat Promosi Online Dalam Upaya Merekrut CMB Pada Universitas Raharja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 6(1), 80-89.

  3. Budiarto, M., & Bella, U. (2018). Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 217-227.

  4. Hardiansyah, Q., Hermawan, D. K., & Mutakin, T. (2018). Video Profile Sebagai Media Penunjang Informasi Dan Promosi Pada SMK Putra Tama Mandiri. Innovative Creative and Information Technology, 4(1), 75-86.

  5. Hasan, H., Asri, A., & Hamrul, H. (2017). Media Pembelajaran Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan Pada Dinas Kelautan Dan Perikanan Kota Palopo Berbasis Website. PROSIDING SEMANTIK, 1(1), 86-90.

  6. Sunandar, E., & Miswanto, M. (2019). Sekolah Alam Mekar Bakti dalam Pembuatan Video Promosi Penunjang Informasi. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 5(2), 151-158.

  7. Nurhaeni, T., Werhan, K., & Hardini, M. (2019). Viewboard Effectiveness on Raharja Internet Cafe Website as Sales Information Submission Media. Aptisi Transactions On Technopreneurship (ATT), 1(1), 20-26.

  8. E. S. Skibinski, W. J. I. Debenedetti, A. G. Ortoll-Bloch, and M. A. Hines, “A Blackboard for the 21st Century: An Inexpensive Light Board Projection System for Classroom Use,” J. Chem. Educ., vol. 92, no. 10, pp. 1754–1756, 2015, doi: 10.1021/acs.jchemed.5b00155.

  9. Wulandari, R., Rachmat, A., & Nugraha, B. A. (2018). Promosi dan Informasi pada Media Video Profile SMA Mandiri Balaraja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 209-216.

  10. Sunarya, L., Apryllia, P., & Isnaini, S. (2016). Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual and Broadcasting as A Media Promotion. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 9(3), 318-327.

  11. Ali, M. H., Miru, A. S. B., & Zain, S. G. (2019). Pengembangan Aplikasi Modul Pembelajaran Desain Grafis Berbasis Android. Jurnal MediaTIK, 1(1)

  12. Ramadhanti, F., Az-Zahra, H. M., & Herlambang, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Menggunakan Model Four-D Pada Siswa SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(10), 9806-9814.

  13. Susanto, T. T., Kusnadi, E., & Retno, L. (2018). Penggunaan Spanduk dan Brosur Sebagai Bahan Penunjang Media Publikasi Kegiatan. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).

  14. Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, dan Warna. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 121-126.

  15. Dharmawan, A., & Sitorus, A. F. (2019). Studi Komparatif User Experience Desain Antar Muka Pengguna Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Elemen Desain Studi Kasus Aplikasi Grab Dan Gojek. Jurnal Sistem Informasi, 1(2), 15-24.


  16. John, J., Asril, A., & Waspada, A. E. B. (2019). Analisis Semiotika Logo Rumah Makan Patinku. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 3(1), 33-43.


  17. Elisabeth, N., Yulika, F., & Waspada, A. E. B. (2018). Desain Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat tentang Pelecehan Seksual pada Anak di Kota Medan. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(2), 188-195.


  18. Ibrahim, A., & Ambarita, A. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada PDAM Kota Ternate. IJIS-Indonesian Journal On Information System, 3(1). Diambil dari : http://ijiswiratama.org/index.php/home/article/view/37 (26 April 2021).


  19. Wardani, R. M. A. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Penjualan Online Kain Shibori. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 10(4).


  20. Ahmad, Z. (2018). Rancang Bangun Portal Pemasaran Produk Hasil Pertanian dan Perkebunan Di Kelurahan Malino Berbasis Web (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).


  21. Khumaidi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Marketplace Order Baju Pintar Menggunakan Web Responsif Untuk Memudahkan Customer Mendesain Sesuai Selera. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer dan Informatika, 2(2), 61-69.


  22. Sholehan, R., & Prehanto, D. R. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Game First Person “AM I DETECTIVE” Berbasis Desktop Menggunakan Unity 3D. Jurnal Manajemen Informatika, 11(1).


  23. Sunarya, L., & Nofitasari, T. (2017). Desain Merchandise Pada The Batu Hotel & Villas. CogITo Smart Journal, 3(1), 56-67.


  24. Nimah, S. N., & Kharnolis, M. (2020). Penggunaan Media Adobe Illustrator Pada Pelaksanaan Pelatihan Mendesain Busana Secara Digital Bagi Guru SMK Negeri 1 Sarirejo Lamongan. Jurnal Tata Busana, 9(2).


  25. Hidayat, P., & Handayanto, A. (2019, December). Analisis Perancangan dan Pembuatan Company Profile Berbasis Website pada Pt. Sucofindo Semarang sebagai Media Promosi dan Informasi. Seminar Nasional Science and Engineering National Seminar 1(1).


  26. Suryadi, A., & Zulaikhah, Y. S. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(1).


  27. Andrei, B. A., Casu-Pop, A. C., Gheorghe, S. C., & Boiangiu, C. A. (2019). A study on using waterfall and agile methods in software project management. Journal Of Information Systems & Operations Management, 125-135.


  28. Hanafri, M. I., Triono, T., & Luthfiudin, I. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global, 8(1).


  29. Rahardja, U., Harahap, E. P., & Pratiwi, S. (2018). Pemanfaatan Mailchimp Sebagai Trend Penyebaran Informasi Pembayaran Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 2(2), 41-54. Diambil dari : https://ijc.ilearning.co/index.php/TMJ/article/view/323 (28 April 2021)


  30. Wardhana, A. K. (2020). Studi Kepustakaan Tentang Penanganan Terhadap Adiksi Game Online Library Research On Handling Of Online Game Addiction. Jurnal BK UNESA, 11(5).


  31. Chandra, T. (2019). Perancangan Web Profile Pada SMAN 3 Pematang Siantar. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 7(2). Diambil dari : http://www.ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/142 (28 April 2021)


  32. Maulana, A. N. W. A. R. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Bus Pariwisata Berbasis Web Pada Cv. Tunas Mulia Jakarta.


  33. M Muzakki, F. A. (2018). LKP: Rancang Bangun Aplikasi Company Profile Perusahaan Berbasis Web pada PO Subur Agung (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya). Diambil dari : http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3070/ (29 April 2021)


  34. Rahardja, U., Aini, Q., Graha, Y. I., & Tangkaw, M. R. (2019). Gamification Framework Design of Management Education and Development in Industrial Revolution 4.0. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012035). IOP Publishing.


  35. Dwi, R., Wulandari, S., & Khasanah, D. N. (2020). Web-Based Logistic Demand Information System Design At Raharja University. ADI J. Recent Innov. 1st Ed. Vol 1. No 1. Sept, 1(1), 79-84.


  36. Ilamsyah, I., Robertz, A., & Fitriani, R. R. (2019). The Web-based Internet Cafe (RIC) Raharja Ordering System. Aptisi Transactions On Technopreneurship (ATT), 1(1), 93-100.



Contributors

Ade Rifki Maulana, Admin