SI1721490567

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN ANIMASI MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI

PT. SINAR UTAMA JAYA ABADI



SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1721490567

NAMA : IBNU MUIS MAGFURI


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2021/2022





ABSTRAKSI

Pesatnya perkembangan media Promosi pada media memiliki berbagai cara dalam penyajiannya seperti halnya berupa teks atau tulisan, gambar atau poster, video dan animasi atau gambar bergerak (Motion Graphic). Sebagai sarana, media video dan animasi merupakan media yang paling kreatif dan inovatif dalam penyampaian pesan karena dengan audio dan visual pengguna bisa dengan mudah menyerap informasi yang diberikan sehingga media visual yang di kembangkan dapat membantu menarik perhatian calon pelanggan PT. Sinar Utama Jaya Abadi. Permasalahan tersebut mengakibatkan kurangnya informasi untuk memudahkan customer dalam mendapatkan informasi yang dituju. Tujuan dari penelitian ini merancang video animasi motion graphic dalam pelayanan di PT. Sinar Utama Jaya Abadi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan studi pustaka. Metode perancangan yang digunakan adalah gambar bergerak (motion graphic), dalam rancangan ini menggunakan software Adobe Illustrator untuk pembuatan visual dan Adobe After Effect untuk menggabungkan visual, teks, sound effect, voice over, backsound dan animasi lainnya. Penelitian ini menghasilkan sebuah video motion graphic mengenai PT. Sinar Utama Jaya Abadi yang berisikan informasi lengkap yang akan di implementasikan pada media sosial seperti youtube dan instagram.

Kata Kunci : motion graphic, promosi, Pengembagan PT. Sinar Utama Jaya Abadi


ABSTRACT


The rapid development of promotional media in the media has various ways in its presentation such as text or writing, images or posters, videos and animations or moving images (Motion Graphic). As a means, video and animation media is the most creative and innovative media in the delivery of messages because with audio and visual users can easily absorb the information provided so that the visual media developed can help attract the attention of prospective customers PT. Sinar Utama Jaya Abadi. This problem results in a lack of information to make it easier for customers to get the intended information. The purpose of this study is to design motion graphic animation videos in service in PT. Sinar Utama Jaya Abadi. The study used data collection methods such as interviews, observations, and library studies. The design method used is motion graphics, in this design using Adobe Illustrator software for visual creation and Adobe After Effect to combine visual, text, sound effect, voice over, backsound and other animations. This research resulted in a motion graphic video about PT. Sinar Utama Jaya Abadi which contains complete information that will be implemented on social media such as youtube and instagram.

Keywords: motion graphic, promotion, development PT. Sinar Utama Jaya Abadi



DAFTAR PUSTAKA

  1. Betancourt, Michael. 2012. The Origins of Motion Graphics, Cinegraphic, (online), Diakses pada tanggal 24 Februari 2019 darihttp://www.cinegraphic.net/article.php?story=20110826144209282.

  2. Firmansyah, Vico dan Dedi Irawan 2021. Perancangan Motion Graphic Sebagai Media Informasi Kukang Jawa di Kota Bandung. Bandung: Telkom University.e-Proceedingof Art & Design. ISSN: 2355-9349. Vol. 6, No :161

  3. Oktavia, Irawan dan Yukke 2019. Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Uang Komite Menggunakan Borland Delphi 7 Pada SMA Negeri 5 Kota Ternante. Maluku Utara: Politeknik Sains dan Teknologi Wiratama Maluku Utara. Indonesian Journal on Informasion System. ISSN: 2548-6438. Vol. 2, Hal. 5.

  4. Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal.ISSN: 2461-1409. Vol.2, No.1: 60.

  5. Sany, Ezrifal 2020. SISTEM INFORMASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMASARAN PADA CV. ANUGERAH SINAR ABADI Stmik Nurdin Hamzah Jambi No.21

  6. Hutama, Gede Bayubratha, dkk (2021:3). Media Iklan Menggunakan Aplikasi Adobe After Effect Guna Menunjang Informasi dan Promosi di CV. Yuka Production Kota Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN: 2356-5209. Vol. 3, No.3.

  7. Riswanto, dkk 2017. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Penggunaan Sistem E-Learning Di Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana. Jakarta: Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajeme. ISSN: 1410-3583. Vol.21, No.2: 287.

  8. Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachman dan Ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta: Universitas AMIKOM Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 19-21.

  9. Septianingsih, Rini dan Bhanu Sri Nugraha 2019.Pembuatan Video Company Profile Hotel Brothers Inn Babarsari Sebagai Media Promosi dan Informasi. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. Jurnal INFOS. E-ISSN: 2655-142X. P-ISSN: 2655-190X. Vol.1, No.2: 23.

  10. Tri dan Meilinda. 2018. PERANAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI ALAT PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA RESTORAN SAKURAKITA PALEMBANG. Politeknik Negeri Sriwijaya. Vol.9, No.1 : 11-12

  11. Halim, Adetria, Syahril Hasan. 2017. Sistem Informasi Pengelolaan Uang Komite Menggunakan Borland Delphi 7 Pada SMA Negeri 5 Kota Ternante. Maluku Utara : Politeknik Sains dan Teknologi Wiratama Maluku Utara. Indonesian Journal on Informasion System. ISSN : 2548-6438. Vol. 2, Hal. 1 : 28

  12. Harfizal.Fauzan Manafi Albar dan Muh Afiffudin.2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Penyalur Dana Bantuan Siswa (BOS) Berbasis WEB.Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.Journal CERITA. ISSN: 2461-1417. Vol.3, No.2: 232.

  13. Fauzi, Rizki Ahmad. 2017. Sistem Informasi Akutansi (Berbasis Akutansi). Yogyakarta : Deepublish.

  14. Rahayu, Sri. Zainul Hakim, dan Masitoh Masitoh. 2019. Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Material Mentah. Jurnal SISFOTEK Global. Vol.9, No.1 : 57-58

  15. Budiman, Edi. Rofilde Hasudungan dan Akhmad Khoiri. 2017. Online Game “Pics and Words” Sebagai Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Html. Samarinda : Universitas Mulawarman. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. P-ISSN: 2541-366X. E-ISSN: 2540-7902. Vol.2, No.1:382.

  16. Kurniawan, Alfajri. Asep Kadarisman dan Syarip Hidayat. 2017. Perancangan Media Informasi Berkendara Untuk Pengguna Vespa di Jakarta. Jakarta: Telkom University. E-Proceeding of Art & Design. ISSN: 2355-9349. Vol.4, No.1: 29.

  17. Hidayat, Wahyu. Andriansyah dan Reni Wulandari. 2018. Rancang Bangun Media Katalog Penunjang Media Informasi dan Promosi PT. Global Bangun Mandiri. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.4, No. 1 : 45-46.

  18. Anto, Puji. M. Sjafei Andrijanto dan Taufiq Akbar. 2017. Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Ejaan di Sekolah. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Desain. ISSN: 2339-0107. Vol.4, No. 2: 97.

  19. Husaini, Moh. Gufron Rosyadi. Winarno. 2017. Komposisi Warna Pada Lukisan Mahfoed Yang Berjudul Perjalanan Periode 2001-2016. Jurnal Seni Rupa. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. Vol.5, No.3.

  20. Ahmad, Razan Fakhdary. 2017. Perancangan Promosi Topeng Benjang Untuk Remaja Kota Bandung. Bandung : Telkom University. e-Proceeding of art & Design. Vol. 4, No.1 : 11

  21. Hananto, Brian Alvin. 2020. Tinjauan Tipografi Dalam Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA). ISSN : 2655-2329. Vol.3 : 133-134.

  22. Ghassani, Nafilah. Arif dan Novian Denny Nugraha. 2019. Perancangan Motion Graphic Sebagai Media Informasi Kukang Jawa di Kota Bandung. Bandung: Telkom University. e-Procceding of Art & Design. ISSN: 2355-9349. Vol.6, No. 2:4.

  23. Apriani, Desi. Rosdiana. Asriyani. 2018. Sarana Promosi Dan Informasi Sebagai Video Profil SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang. Journal Cyberpreneurship Innovative and Creative of Exact and Social Science. Tangerang : STMIK Raharja. Vol.4, No.2.

  24. Maulani, Giandari. Citra Jessycha dan Deni Erlangga Saragih. 2018. Video Promosi Untuk Program Acara Crazy Challenge MNC Channel Indovision Dengan Adobe Premiere Pro. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN: 2302-3805. Vol.6, No.1:8.

  25. Subario, Andrew P. Arie S.M. Lumenta, dan Meita Rumbayan. 2017. Animasi Sosialisasi Penghemat Listrik. Manado. Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika. ISSN : 2301-8364. Vol.12, No. 1 : 1-3.

  26. Ferdian, Syah. Ema Utami dan Andi Suntoyo. 2018. Pembuatan Karakter 2D Untuk Film Animasi Sepak Bola Gajah. Jogja : Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Dinamika Informatika. P-ISSN : 1978-1660. E-ISSN : 2549-8517. Vol.7, No.1 : 37.

  27. Sinta, Yona. Luppita Prambayu dan Arry Mustikawan. 2018. Perancangan Motion Graphic Pentingnya Ayah ASI Dalam Proses ASI Eksklusif. Telkom University. E-Proceeding of Art & Design. ISSN : 2355-9349. Vol.5, No.3 : 2047.

  28. Anita, Ria Diajeng dan Fitri Marisa. 2017. Perancangan Media Video Promosi Berbasis Motion Graphic 2D Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Universitas Widyagama Malang. Malang : Universitas Widyagama Malang. Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS). ISSN : 2541-3619. E-ISSN : 2541-6448. Vol.1, No.2 : 2.

  29. Siregar, Helmi Fauzi. Yustria Handika Siregar dan Melani. 2018. Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Sumatera Utara : Program Studi Teknik Informatika Universitas Asahan. Jurnal Teknologi Informasi. P-ISSN 2580-7927. E-ISSN 2615-2738 Vol.2 No.2 : 113 – 114.

  30. Sulfemi, Wahyu Bagja. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Singkawang: STKIP Singkawang Street. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. P-ISSN:2477-6254. E-ISSN:2477-8427. Vol.4, No.1 : 14

  31. Indarti, Aprilia. 2017. Manajemen Kegiatan Ekstrakulikuler Broadcasting Di SMK Negeri 1 Magelang. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Hanata Widya. Vol.6, No.5.

  32. Sunarya, Lusyani. Rindang Kusumaninggar dan Adrian Syahputra. 2017. Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang. Bali : STIKOM Bali. Jurnal Eksploria Informatika. ISSN : 2460-3694. Vol.6, No.2 : 109.

  33. Yulianjani, Arsi. Aris Martono dan Dwika Apriyani. 2019. Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2654:8704. Vol.5, No.1 : 85

  34. Sitaresmi, Wahyu. Shima Utami dan Dinar Kusmira. 2017. Visualisasi Pencemaran Air Menggunakan Media Animasi Infografis. Purwokerto : STMIK Amikom Purwokerto. Jurnal Telematika. ISSN : 1979-925X. Vol.10, No.1 : 153

  35. Subario, Andrew P. Arie S.M. Lumenta, dan Meita Rumbayan. 2017. Animasi Sosialisasi Penghemat Listrik. Manado. Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika. ISSN : 2301-8364. Vol.12, No. 1 : 1-3.

  36. Anas, Fadilah. Cicik Harini dan Aziz F. 2018. Marketing Strategy Through SWOT Analysis on Dealer Honda Prima Jaya Abadi Branch Tembalang Semarang. Semarang : Universitas Pandanaran Semarang. Journal of Management. ISSN : 2502-7689. Vol.4, No.4 : 30

  37. Irawan, Mohamad Rizal Nur. 2017. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif Pada Pd. BPR. Bank Daerah Lamongan. Lamongan : Universitas Islam Lamongan. Jurnal EKONIKA : Jurnal Ekonomi Universitas Kediri. P.ISSN : 2502-9304. E-ISSN : 2581-2157. Vol.2, No.1 : 45

  38. Jubaedi, Ahmad Dedi dan Samsul Bahri. 2018. Model Pembelajaran Kosa Kata Tiga Bahasa Berbasis Game (Studi Kasus Pengenalan Buah-buahan

  39. Supriyadi, 2019. Pemanfaatan Plugin After Effect Untuk Produksi Film. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal Komunikasi. P-ISSN : 2086-6178. E-ISSN : 2579-3292, Vol.10, No.1 : 35

  40. Sugihartono, Tri. Dian Ardiansyah dan Muhammad Zaky. 2018. Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni Berbasis Web. Pangkalpinang : STMIK Atma Luhur. Jurnal Sisfokom. Vol.7, No. 1 : 53.

  41. Sari, Kartika Rahayu Tri Prasetyo.2017. Prediksi Gross Domestic Product (GDP) Perkapitan Indonesia Dengan Metode Principal Component Analysis (PCA) dan Regensi. Kediri : Universitas PGRI Kediri. Seminar Nasional Inovasi Teknologi. E-ISSN : 2549-7952. Vol. 1, No. 1 : 333.

  42. Rahardja, Untung. Qurotul Aini, Made Bunga Thalia. 2017. Penerapan Menu Konfirmasi Pembayaran Online Berbasis Yii pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang. Creative Information Technology Journal. Vol. 4, No.3. Mei-Juni 2017

  43. Miranti, Ghaisani Dwi. I Dewa Alit Dwija Putra dan Siti Hajar Komariah. 2017. Perancangan Animated Motion Graphic Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung: Universitas Telkom. Program Studi Desain Komunikasi Visual. E-proceeding of Art & Design. ISSN : 2355-9349. Vol.4, No.3: 636.

  44. Ajiprabowo. Gheraldi Waskito and Handiyotopo. 2020. Design of Promotion Media For Reog Ponorogo With Graphic Motion of Wayang Kulit. Indonesia : Indonesia Institute of The Art Surakarta. Artistic International Journal of Creation and Innovation. P-ISSN : 2721-9445 . E-ISSN : 2721-9321. Vol.1, No. 1.

  45. Wiana, Winwin. 2017. Application Design of Interactive Multimedia Development Based Motion Graphic on Making Fashion Design Learning in Digital Format. Indonesia :University Of Education.International Journal of Scientific &Technology Research. ISSN : 2277-8616. Vol. 6. No. 5.

  46. Yulandina, Aldilla. Condra Antoni dan Ardiman Firmanda. 2018. Optimalisasi Unsur Live Shoot dan Motion Graphic Untuk Promosi Digital Lembaga PAUD. Batam : Politeknik Negeri Batam. Journal Of Digital Education. ISSN : 2614-6916. Vol.1, No. 1 : 4.

  47. Hadiwidjaja, Joshua Xavier. Arief Agung S dan Jacky Cahyadi. 2017. Perancangan Video Edukasi Kesenian Jawa Karawitan Dalam Bentuk Animasi Bagi Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya : Universitas Kristen Petra. Jurnal DKV Adiwarna. Vol.1, No.1:1-9

  48. Sudaryono. Dewi Immaniar Desrianti dan Karunia Suci Lestari. 2018. Infografis Validasi Kuliah Kerja Praktek Dengan Media Audio Visual. Banten: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Banten Jaya. Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi. P-ISSN: 1907-1205. Vol.1, No.2:9.

  49. Handayani, Indri. Eric Febriyanto dan Ahmad Sururi. 2018. Desain Video Berbasis Motion Graphic Untuk PPDB SMK Harapan Indonesia 1 dan 3. Pontianak : STMIK Pontianak. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA. ISSN : 2460-52344. Vol.8, No.2.

  50. Renaldi, Ryan. Ani Fitriyani dan Gian Rizki Illahi. 2017. Media Video Profile Penunjang Promosi dan Informasi pada SMK Harapan Kota Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CICES. ISSN : 2356-5209. Vol.3, No.1 : 86.



Contributors

Admin, Ibnumuis.m