SI1621494546

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC SEBAGAI

MEDIA INFORMASI PADA DINAS PERPUSTAKAAN

DAN ARSIP KABUPATEN TANGERANG


SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM : 1621494546

NAMA : Syahrul Gunawan


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMASI

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2020/2021





ABSTRAK

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang terus berbenah menyusul perkembangan zaman di era digital, upaya meningkatkan mutu dilakukan dengan meluncurkan beberapa video animasi. Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang telah meluncurkan sebuah video motion graphic . video ini nantinya dipergunakan untuk memberikan informasi layanan yang ada di perpustakaan umum kabupaten tangerang. Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang belum mempunyai media untuk menginformasikan video animasi ini kepada masyarakat, sehingga belum banyak yang mengetahui tentang video animasi ini. Setelah meneliti dan menganalisa permasalahan yang ada, maka perlu adanya perancangan sebuah media untuk menunjang informasi tentang layanan ini. Tujuan dari dibuatnya perancangan video ini adalah untuk membantu pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang dalam menghasilkan media yang efektif untuk menginformasikan video animasi. Manfaatnya yaitu, agar informasi tentang layanan yang ada di perpustakaan sampai kepada masyarakat. Pada penelitian ini digunakan metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan dalam proses perancangan media tersebut peneliti menggunakan Software Adobe Photoshop CS6, Adobe Illustrator CS6, Adobe After Effect CS6, Adobe Premiere Pro CS6, Adobe Audition CS6. Hasil penelitian ini berupa. Perancangan Video Motion Graphic Sebagai Media Informasi Pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang. Dengan media ini diharapkan informasi tentang layanan yang ada pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang dapat tersampaikan dengan baik dan masyarakat tertarik untuk berkunjung.

Kata kunci: Perancangan, Dinas perpustakaan dan arsip, motion grafis


ABSTRACT

The Tangerang Regency Library and Archives Service continues to improve following the times in the digital era, efforts to improve quality have been carried out by launching several animated videos. The Tangerang Regency Library and Archives Service has launched a video motion graphic. This video will later be used to provide information on services in the Tangerang regency public library. The Tangerang Regency Library and Archives Service does not yet have the media to inform the public about this animated video, so not many people know about this animated video. After researching and analyzing existing problems, it is necessary to design a media to support information about this application. The purpose of making this video design is to help the Tangerang Regency Library and Archives Service in producing effective media to inform animated videos. The benefit is that information about the services available in the library reaches the public. This research used data collection methods, namely observation, interviews and literature study. Meanwhile, in the media design process, the researchers used Adobe Photoshop CS6, Adobe Illustrator CS6, Adobe After Effects CS6, Adobe Premiere Pro CS6, and Adobe Audition CS6 software. Designing Video Motion Graphic as Information Media for the Library and Archives Office of Tangerang Regency. With this media, it is hoped that information about the services available at the Tangerang Regency Library and Archives Service can be conveyed well and the public is interested in visiting.

Keywords : Design , Library and Archives, Motion graphic



DAFTAR PUSTAKA


  1. Vionika Sari br Tarigan, Junika Napitupulu dan Jamaluddin. 2020. Aplikasi Pengenalan Permainan Tradisional. Jurnal Penelitian Teknik Informatika. Universitas Methodist Indonesia. e-ISSN : 2541-2019, Vol. 3, No. 2.

  2. Junierissa Marpaung. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling. Universitas Riau Kepulauan. e-ISSN : 2599-0071, Vol. 5, No. 2.

  3. Angganingrum Shinta Hapsari, Muhammad Hanif, Gunarhadi dan Roemintoyo. 2019. Motion Graphic Animation Videos to Improve the Learning Outcomes of Elementary School Students. European Journal of Educational Research. Universitas Sebelas Maret Indonesia. ISSN : 1245-1255, Vol. 8, No. 4.

  4. Fauyhi Eko Nugroho. 2016. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Jurnal SIMETRIS. Universitas Muhammadiyah Tangerang. ISSN : 2252-4983, Vol. 7, No. 2

  5. Maimunah, David Ericson Manalu, Dian Budi Kusuma. 2017. Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada PT. Sulindafin. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE. Universitas Raharja. ISSN : 2302-3805, Vol. 5, No. 1.

  6. Fadhly Abdillah, Damar Adhiguna dan Agus Sevtiana 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi STMIK CIC Dengan Tehnik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic. Jurnal digit. STMIK CIC Cirebon. E-ISSN : 2720-9636, Vol. 7, No.1.

  7. Sri wahyuni, Afina Miftahurrachmah, dan Ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile sebagai Penunjang Informasi dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran pada Hotel Narita Tangerang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. Universitas Raharja ISSN : 2302-3805, Vol. 5, No. 1.

  8. Ilmawan Mustaqim. 2016. Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Universitas Negeri Yogyakarta. ISSN : 2541-0652, Vol. 13, No. 2.

  9. Giandari Maulani, Kartika Chandra Buana Sejati, dan Zahrotul Hayati 2016. Sistem Informasi Pengelolaan Data Laporan Hasil Produksi Berbasis Website Pada PT. Nikona Graha Tangerang. Journal Cerita. Universitas Raharja. ISSN : 2461-1417, Vol.2 No.1.

  10. Diding Kusnady dan Ardiman Siregar. 2018. Sistem Informasi Biaya Pendidikan (BPP) pada Politeknik Ganesha Medan Berbasis Web." Juripol. Politeknik Ganesha Medan. Vol. 1, No. 1.

  11. Nyuda Resio Budiyarto dan Naim Rochmawati. 2016. Sistem Informasi Raport Online SMA Negeri 1 Krembung. Jurnal Manajemen Informatika. Universitas Negeri Surabaya. Vol. 6, No. 1.

  12. Budi Rahman, Budi Susetyo dan Dewi Primasari. 2019. Analisis kinerja pelayanan surat-menyurat berbasis web di pgri kabupaten bogor. Jurnal Komputer Dan Informatika. Universitas Ibn Khaldun Bogor. ISSN : 2580-4316, Vol. 3, No. 1.

  13. Ridho Pamungkas. 2017. Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Administrasi SMK Negeri 1 Jiwan. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi. Universitas PGRI Madiun. ISSN : 2549-6824, Vol. 1, No. 2.

  14. Dinanti, A., & Nugraha, G. A. 2019. Sistem Informasi pada Administrasi UMKM. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 4(2), 159-171.

  15. Fitrini Mansur, Eko Prasetyo dan Reka Maiyarni. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah. Journal of Applied Accounting and Taxation. Universitas Jambi. ISSN : e-ISSN: 2548-9925, Vol. 2, No. 2.

  16. Wiwi Kurnianingsih dan Sugiyanto. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Proceedings Seminar Nasional Universitas Pamulang, Vol. 1, No. 1.

  17. Yuliana, Y., Lisa, L., Nancy, N., Chandra, W., & Aigan, W. 2019. Analisis Penerapan Promosi Pada PT. Adam Dani Lestari Medan. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1.

  18. Sunarya, L., Saputra, H. S., & Rahmadhiani, D. 2017. Perancangan Video Profile pada Smk Islamic Village Karawaci Kabupaten Tangerang. Universitas Raharja. Journal Sensi, Vol.3 No.2, 160-172.

  19. Wardani, T. K. 2017. PERANAN MEDIA PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH PADA PT SILAMPARI PALEMBANG. Doctoral dissertation, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

  20. Pradana, Y. K. 2020. LKP: Perancangan Video Company Profile sebagai Media Promosi PO Subur Agung. Doctoral dissertation, Universitas Dinamika.

  21. Rochmawati, I. 2020. 09-fungsi Desain Grafis.

  22. Sunarya, L., Rasyidin, A. F., & Witara, D. 2016 Video Animasi 2d Infografis Aplikasi Laksa (Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda) pada Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemerintahan Kota Tangerang. Journal Cerita, 2(1), 111-127.

  23. Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal bisnis dan manajemen, 4(1).

  24. Triyono, T., Salahuddin, K., & Setiawan, H. 2016. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 10(1), 98-113.

  25. Masaji, I., Kartasudjana, T., Ds, M., Irwan, B., & Sn, S. 2019. PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL DAMPAK BURUKVAPE BAGI KESEHATAN. IMAN MASAJI: 136010052. Doctoral dissertation. Desain Komunikasi Visual.

  26. Wahyuni, M. S. 2019. ANALISA MEMBANDINGKAN HASIL KOMPRESI FILE MPEG-4 DAN FLV MENGGUNAKAN ALGORITMA HUFFMAN DAN LZ77. Saintek ITM, 32(1).

  27. Setiawan, M. D. 2020. LKP: Perancangan Video Company Profile SMK Giki 1 Surabaya. Doctoral dissertation. Universitas Dinamika.

  28. Pribadi, B. A. 2017. Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media.

  29. Hidayat, W., Wandanaya, A. B., & Fadriansyah, R. 2016. Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi Dan Informasi Di Smk Avicena Rajeg Tangerang. Journal Cerita, Universitas Raharja Vol. 2, No 1. 56-69.

  30. Sayfulloh, A., Setiaji, S., & Ishak, R. 2018. Perancangan program animasi interaktif pengenalan lagu nasional tingkat SD. Jurnal Media Informatika Budidarma, 2(4), 118-123.

  31. Wiana, W., Barliana, M. S., & Riyanto, A. A. 2018. The Effectiveness of Using Interactive Multimedia Based on Motion Graphic in Concept Mastering Enhancement and Fashion Designing Skill in Digital Format. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(2).

  32. Miranti, G. D., & Putra, I. D. A. D. 2017. Perancangan Animated Motion Graphic Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Anak Tunagrahita. eProceedings of Art & Design, 4(3).

  33. Atmojo, E. M. 2019. PELATIHAN PEMBUATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DI SMK YPT 2 PURBALINGGA. Prosiding, 8(1).

  34. Dewi, S., & Khumaidi, A. 2017. Pengenalan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak (Tk) Harapan Kita Kec. Pugung Menggunakan Aplikasi Multimedia Macromedia Flash. PROCIDING KMSI, 5(1).

  35. Hasibuan, D. 2020. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS XI MAS. MU’ALLIMIN UNIVA MEDAN. NIZHAMIYAH, 10(1).

  36. Budiarto, M., & Bella, U. 2018. Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 217-227.

  37. Anggrayni, D., Hassan, B. R. A., Kee, C. P., Abdullah, M. Y. H., & Latif, R. A. 2018. SISTEM REGULASI MEDIA SIARAN INDONESIA DAN MALAYSIA (Broadcasting Regulation System of Indonesia & Malaysia). e-Bangi, 14(3).

  38. Astriyani, E., Lukmana, A., & Irawan, A. Media Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Di PT. Surya Toto Indonesia Tbk. Kabupaten Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, Universitas Raharja Vol 2(No 2), 204-215.

  39. Hidayat, W., Maafuf, F., & Bahari, S. 2016. Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Penunjang Promosi Dan Informasi Di PT. Wans Desain Group. Journal Cerita, Universitas Raharja Vol. 2(No. 1), 35-49.

  40. Fajri, F., & Nuraeni, R. 2017. Strategy Programming Pada Program Musik Metal Di Oz Radio Bandung (strategy Programming Pada Program Musik Metal 103, 1 Fm Oz Radio Bandung). eProceedings of Management, 4(1).

  41. Widada, S., Tama, W., Kusuma, A., & Lestari, N. 2020. Video Profile Sebagai Media Promosi Pada Mts Al-husna Ypihn Curug Kabupaten Tangerang. Journal Cerita, Universitas Raharja 6(1), 39-51.

  42. Syah, F. 2019. Komparasi Teknik editing chroma key menggunakan After Effect CC 2018, Adobe Premiere CC 2018, dan Sony Vegas 15. In SEMINAR NASIONAL Dinamika Informatika 2019 Universitas PGRI Yogyakarta.

  43. Jubaedi, A. D., & Bahri, S. (2018). MODEL PEMBELAJARAN KOSAKATA TIGA BAHASA BERBASIS GAME (STUDI KASUS PENGENALAN BUAH-BUAHAN). PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 5(2).

  44. Apriani, D., Haerul, H., & Febriana, Y. A. 2016. Media Video Profile Sebagai Media Promosi Dan Informasi Pada Smk Bina Am Ma'mur. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 2(1), 12-23.

  45. Dzulhaq, M. I., Tullah, R., & Nugraha, P. S. 2017. Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Sisfotek Global, 7(1).

  46. Sastrawan, P. V., Arthana, I. K. R., & Sindu, I. G. P. 2017. Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Vol. 6. No. 1, 114-123.

  47. Hadiwidjaja, J. X., Suwasono, A. A., & Cahyadi, J. 2017. Perancangan Video Edukasi Kesenian Jawa Karawitan Dalam Bentuk Animasi Bagi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra. Vol. 1, No. 10.

  48. Anita, R. D., & Marisa, F. 2017. Rancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Universitas Widyagama Malang. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), Universitas Widyagama Malang. Vol. 2, No. 1.

  49. Erlyana, Y., & Paendong, R. S. 2017. PERANCANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC HOLOGRAM “ME & MY HERO “. Rupa Rupa, Universitas Bunda Mulia, Vol. 5, No. 1.

  50. Pangemanan, R., Sengkey, R., & Lantang, O. A. (2016). Perancangan Animasi 3 Dimensi Alur Pengurusan Administrasi Pasien Umum Dan Jaminan Dibagian Rehabilitasi Medik RSUP Prof. DR. RD Kandou Manado. Jurnal Teknik Informatika, Universitas Sam Ratulangi Manado, Vol. 9, No. 1.

  51. <p style="line-height: 2;">Hidajat, H., & Nathania, A. 2017. Perancangan Video Infografi “Noken, Warisan Budaya Tak Benda Papua”. Rupa Rupa, Universitas Bunda Mulia, Vol. 5, No. 1.

  52. Dimovski, V., & Puškarević, I. 2017. Creative Approach to Visual Learning: The Use of Filmmaking Techniques and the Rhetoric of Typography.Opus et Educatio, ,Vol. 4, No. 2.

  53. Zhou, J. 2017. A Passionate Journey: Info-Motion Graphics video exploring why and how to find work you love.

  54. Nakayasu, T., Yasugi, M., Shiraishi, S., Uchida, S., & Watanabe, E. 2017. Three-dimensional computer graphic animations for studying social approach behaviour in medaka fish: Effects of systematic manipulation of morphological and motion cues. PloS one, 12(4).

  55. Koo, G. K. 2016. Equipoise: An Animated Short Film About Positiveness and Negativity.


Contributors

Admin, SYAHRUL GUNAWAN