SI1621494497: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 42: Baris 42:
 
<p style="line-height: 1">'''TANGERANG'''</P></div>
 
<p style="line-height: 1">'''TANGERANG'''</P></div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
<p style="line-height: 1">'''TA.2019/2020'''</P></div>
+
<p style="line-height: 1">'''2019/2020'''</P></div>
  
  

Revisi per 10 Agustus 2020 03.34


PEMANFAATAN FILM SEBAGAI SARANA

MENINGKATKAN DAYA TARIK

WISATAWAN PADA WISATA

ALAM SEVILLAGE

CILOTO

SKRIPSI


Disusun Oleh :

NIM  :       1621494497

NAMA :       KIVTI HERDIANA

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND

BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2019/2020



ABSTRAKSI

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang dan sangat diperlukan setiap saat. Salah satu media pendukung untuk menyampaikan informasi yang efektif yaitu media promosi. Pada saat ini banyak tempat – tempat wisata juga memanfaatkan Film untuk menginformasikan dan mempromosikan keindahan tempatnya. Film saat ini banyak digemari oleh kalangan manapun karena Film menampilkan penyampaian cerita dari narasi dan berbentuk audiovisual yang terdapat makna atau arti serta dikemas dengan teknik sinematografi yang indah dan menarik. Permasalahannya adalah dalam menginformasikan dan mempromosikan Wisata Alam Sevillage Ciloto ini hanya menggunakan media cetak seperti brosur, pamflet keterangan harga tiket, nameboard dan foto-foto yang diunggah ke sosial media Wisata Alam Sevillage Ciloto, sehingga diperlukan pemanfaatan Film untuk meningkatkan daya tarik wisatawan pada Wisata Alam Sevillage Ciloto. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pihak pengelola dalam meningkatkan daya tarik wisatawan pada Wisata Alam Sevillage Ciloto melalui strategi promosi pada social media Facebook, Instagram, Youtube, dan promosi ke relasi. Manfaat penelitian ini yaitu melalui Film ini, Wisata Alam Sevillage Ciloto dapat meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung, serta meningkatkan pencapaian target pemasaran. Metode penelitiannya yaitu, Pengumpulan Data, Analisa SWOT, Analisa Perancangan Media dan Konsep Produksi Media (KPM). Hasil dari penelitian ini nanti nya akan diimplementasikan ke media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube untuk membantu mempromosikan Wisata Alam Sevillage Ciloto.

Kata Kunci: Film, promosi, wisata

ABSTRACT

Along with the Times, information and communication technologies continue to evolve and are indispensable at all times. One of the supporting media to convey effective information is promotional media. At this time many tourist spots also make use of Film to inform and promote the beauty of its place. Movies nowadays are much favored by many circles because the Film displays the story of storytelling and audiovisual in the form of meaning and is packed with beautiful and interesting cinematography techniques. The problem is to inform and promote Wisata Alam Sevillage Ciloto only use print media such a brochure, ticket price pamphlet, Nameboard, and photos uploaded to social media of the Wisata Alam Sevillage Ciloto, so the need to use Film to enhance the attraction of Wisata Alam Sevillage Ciloto. The purpose of this research is to assist the maintainer in enhancing the appeal of tourists to Wisata Alam Sevillage Ciloto through a promotional strategy on social media Facebook, Instagram, Youtube, and promotion to the relation. The benefits of this research through this Film, Wisata Alam Sevillage Ciloto can increase the number of local and foreign tourists who visit and increase the achievement of target marketing. Its research methods are Data Collection, SWOT Analysis, Media Planning Analysis, and Media Production Concept (KPM). The results of this research will later be implemented on social media such as Facebook, Instagram, and Youtube to help promoting Wisata Alam Sevillage Ciloto.

Keywords: Film, promotions, travel.


DAFTAR PUSTAKA

  1. Mulyadi, R. M., & Sunarti, L. (2019). FILM INDUCED TOURISM DAN DESTINASI WISATA DI INDONESIA. Metahumaniora, 9 (3), 340-356.

  2. Kemendikbud. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

  3. Noor, S. (2019). Pemanfaatan Media Animasi Interaktif dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Cahaya di MTsN 4 Banda (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

  4. Mandala, Eka Praja Wiyata. 2016. Perancangan Data ‘’Mart’’ Administrasi Keuangan Pembayaran Uang Sekolah Pada Sma Negeri 1 Padang. Padang : Universitas Putra Indonesia “YPTK”. Jurnal TEKNOIF. ISSN: 2338-2724. Vol. 4, No. 1 : 95..

  5. Rahayu, Nina. Fauziyyah Husna Nurdiyanah Lestari. Ulfa Tiana Aprilyani. 2017. ‘’Clothing Sales Information System Web Based : “Bluelight Distro’’. Banten : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). ISSN : 2528-5696. Vol. 2, No. 1 : 57.

  6. Hutahaean, Japerson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Deepublish.

  7. Harfizal. Fauzan Manafi Albar. Dan Muh Afiffudin. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Penyalur Dana Bantuan Siswa (BOS) Berbasis WEB. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CERITA. ISSN : 2461-1417. Vol. 3 No. 2 : 232.

  8. Suzanto, Boy dan Iwan Sidharta. 2015. Pengukuran End-User Computing Satisfaction atas Penggunaan Sistem Informasi Akademik. Bandung : STIE Pasundan. Journal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship. ISSN : 2355-6579. Vol. 9, No. 1 : 19.

  9. Muflihah, Eva Malia, dan Aminatuz Zakhra. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Madura : Universitas Islam Madura. Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen, & Akuntansi (SINEMA 2018). ISSN : 2656-2952. Vol. 1 No. 1 : 104.

  10. Indriani, Eni. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Serta Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Paket Wisata Pada PT. Wahyu Prima Bintang Tour & Travel Samarinda”. Samarinda : Universitas Mulawarman. eJournal Administrasi Bisnis. ISSN : 2355-5408. Vol. 6, No. 1 : 293.

  11. Sahara, Siti Fitrah. 2017. Pelaksanaan Promosi Melalui Media Cetak Brosur Pada Obyek Wisata Balai Kerapatan Tinggi Kabupaten Siak. Pekanbaru : Universitas Riau. Journal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 4 No. 2 : 5.

  12. Batubara, Azmiani dan Rahmat Hidayat. 2016. Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Medan : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman. ISSN: 2355-1488. Vol.4 No.1 : 39.

  13. Bhirawan, Risang. Sri Purnami. Dan Mulyani Surendra. 2016. Model Latihan Servis Forehand Tenis Meja Untuk Atlet Pemula Usia 12 Tahun Ke Bawah. Malang : Universitas Negeri Malang. Journal Pendidikan Vol. 1 No. 7 : 41.

  14. Sarnoko. Ruminiati. Dan Punadji Setyosari. 2016. Penerapan Pendekatan Saviber bantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips siswa kelas Iv sdn I Sanangirimarto Wonogiri. Malang: Universitas Negeri Malang. Journal Pendidikan Vol. 1 No. 7 : 123.

  15. Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachmah dan Ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 20-21.

  16. Damarjati, Fimar. 2017. Peran Desain Grafis di Syafaat Marcomm. Surakarta : Universitas Sebelas Maret. Jurnal Unissula. ISSN : 2579-731X. Vol. 1 No. 1 : 5.

  17. Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System Dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. ISSN: 2461-1409. Vol.2 No.1 : 60-61.

  18. Setiawan, Agus dan Annas Marzuki Sulaiman. 2017. Pengembangan Desain Motif Ukir untuk Aktualisasi Identitas Jepara sebagai Kota Ukir. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Andharupa Vol. 3 No. 1 : 34.

  19. Sidik, Abdurrahman. Dkk. 2017. Study Faktor Usability Pada Desain Layout Website Berita Mobile Indonesia. Jurnal STMIK AMIKOM Yogyakarta ISSN: 2302-3805. Institut Teknologi Bandung : Bandung.

  20. Anto, Puji. Dkk. 2017. Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Ejaan Media Di sekolah. Jurnal Desain Vol. 4 No. 2. Universitas Indraprasta PGRI.

  21. Fatmawati, Ririn dan Sri Widayati. 2016. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Balon Pada Anak Kelompok Bermain. Jurnal PAUD Teratai Vol. 05 No. 03 : Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

  22. Muzammil, Abdul. Mukhlis Yunus dan Nurdarsila Darsono. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome di Banda Aceh Dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala. Jurnal Manajemen dan Inovasi, Vol. 8 No.3 : 109.

  23. Rasyid, Anuar. Amiruddin Saleh. Hafied Cangara dan Wahyu Budi Priatna. 2015. Komunikasi Dalam CSR Perusahaan: Pemberdayaan Masyarakat Dalam Membangun Citra Positif. Bandung : Universitas Islam Bandung. Journal Sosial Unisba, Vol. 31 No. 2 : 510.

  24. Everlyn, Shierly dan Reinhard Andersen. 2015. Kajian Visual Desain Tentang Jeans Dalam Bentuk Buku. Jakarta : Universitas Bunda Mulia. Jurnal Ruparupa. ISSN : 2086-1060.Vol.4 No.2 : 159,160, dan 162.

  25. Hendratman, Hendi. 2015. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika Bandung.

  26. Ningsih, Listina Nadhia. Ray Tri Nugroho dan I Nyoman Lingga Anjana. Produksi Program Musik Chamber Dalam Bentuk Video Dokumenter Pada PT. Mata Air Inspirasi (SWARNA FMTV). Tangerang : STMIK Raharja Jl.Jend Sudirman No.40, Modern Cikokol.

  27. Wulandari, Ria. Achmad Rachmat, B. A. N. (n.d.). PROMOSI DAN INFORMASI PADA MEDIA VIDEO. 4(2), 209–216.

  28. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika, Mega Cut Ryana. 2017. PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMA CITRA ISLAMI TANGERANG. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 Vol. 5 No. 1. Yogyakarta : STMIK AMIKOM.

  29. Ofindra, M. Harry. 2015. Perancangan Promosi Lalito Coffee Melalui Media Iklan Tv. Padang: Universitas Negeri Padang. Jurnal DEKAVE. ISSN: 2302 - 3228. Vol. 8 No.1: 6-7.

  30. Nugraha, A. (2017). ANALISIS SEMIOTIKA FILM SENYAP THE LOOK OF SILENCE 2014 Studi Analisis Semiotika Film Senyap The Look Of Silence 2014 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PASUNDAN).

  31. Oktivianto, Orchidta Ikhwani, Hudaidah Hudaidah, and Alian Alian. "Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang." JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik 3.2 (2018): 113-118.

  32. Gunawan, Dedi. Dan Fitri Kurniawan. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Pengenalan Satwa Bagi Anak Usia Dini. Surakarta: Journal Duta.com Universitas Muhammadiyah Surakarta. Vol. 1 No. 10 : 70.

  33. Rahman, Ridwan Arif. Dan Dewi Tresnawati. 2016. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Garut : Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Journal Algoritma. Vol. 13 No. 1 : 185.

  34. Setyorini, Ika. Dan Verra Sofica. 2015. Animasi Interaktif Kosakata Dalam Dua Bahasa (Arab Inggris) Pada RA Kuwait Pusdiklat Dewan Da’wah Bekasi. Bina Insani Ict Journal , Vol. 2, No.2. Bekasi : STMIK BINA INSANI : Bekasi.

  35. Surya dan A. Khumaidi. 2017. Pengenalan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Anak Usia Dini pada Taman Kanak-Kanak (TK) Harapan Kita Kec. Pugung Menggunakan Aplikasi Multimedia Macromedia Flash. Lampung : STMIK Pringsewu Lampung. Prosiding KMSI. ISSN: 2337:3032. Vol.5, No.1 : 563.

  36. Hasanah, Uswatun. Sutardi. Dan, Rahmat Ramadhan. 2017. Implementasi Algoritma Arithmetic Coding Pada Kompresi File Audio Via FTP (File Transfer Protocol). Kendari: Universitas Halu Oleo. Journal SemanTIK. Vol. 3 No. 2 : 81.

  37. Fiqar, Tegar Palyus. Dan Tohari Ahmad. 2017. Peningkatan Kapasitas penyisipan Audio Data Hiding Berbasiskan Modifikasi Metode least Significant Digit. Indonesia: Journal JNTETI. Vol. 6 No. 3 : 316.

  38. Maimunah. David Ericson Manalu. Dan Dian Budi Kusuma. 2017. Perancangan Prototype Visual pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi pada PT. Sulindafin. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Semnasteknomedia Online. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 37.

  39. Gama, Betty, Hariyanto. Dan Henny Sri Kusumawati. 2017. Radio Broadcasting Training Smansaman At Sma Negeri 1 Manyaran Wonogiri. Prosiding Implementasi Penelitian Pada Pengabdian Menuju Masyarakat Mandiri Berkemajuan. Semarang : Universitas Muhammadiah Semarang.

  40. Akhmad, Sabrudin. Dan Rachmad Hidayat. 2015. Pemetaan Potensi Industri Kreatif Unggulan Madura. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. Riau : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Vol. 12 No. 2.

  41. Sunarya, Lusyani. Rindang Kusumaninggar. Dan Adrian Syahputra. 2017. Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang. Bali : STIKOM Bali. Eksplora Informatika. ISSN : 2460-3694. Vol. 6 No. 2 : 109.

  42. Fatoni, Ahmad. Dan Nofi Puspitasari. 2016. Perancangan Simulasi Pengembangan Sistem Programming Penyaluran Data Zakat di Badan Amil Zakat Kota Serang Berbasis Multimedia. Serang : Universitas Serang Raya. Jurnal Prosisko. ISSN : 2406-7733. Vol. 3 No. 2 : 58.

  43. Yulianjani, Arsi. Aris Martono. Dwika Apriyani. 2019. Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insani Kamil Kabupaten Kota Tangerang). Tangerang: STMIK Raharja. Journal CCIT. ISSN: 2356-5195. Vol. 5, No. 1: 85.

  44. Sunarya, Lusyani. Wahyu Hidayat dan Edo Satria Winata. 2018. Video Sosialisasi Sumur Resapan Berbasis Motion Graphic Pada Humas Pemerintahan Kota Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja. Journal SENSI. ISSN 2461-1409. Vol.4, No.2: 173.

  45. Nuraeni, Reni. Fauzia Octaviani dan Agus Aprianti. 2016. Strategi Programming Radio Komunitas (Studi Kasus Radio Komunitas Seni Budaya (RKSB) Ujung Berung Kota Bandung). Bandung : Telkom University. Jurnal LISKI. ISSN : 2442-4005. Vol. 2, No.1 : 99.

  46. Tama, Adi Kusuma Widya. Azwar Aditya Putra. Muhammad Aziz Fikri. 2018. Video Profile Jurusan Sistem Komputer Jenjang Strata Satu Pada STMIK Raharja Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol, 4. No.2: 103.

  47. Sunarya,Lusyani. Putri Apryllia dan Siti Isnaini. 2016. Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual and Broadcasting As a Media Promotion. Tangerang : STMIK Raharja: CCIT Journal ISSN : 1978-8282.Vol 9,No.3.

  48. Sudrajat, B., Kom, S., & Kom, M. (2018). APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN NEGARA ASEAN UNTUK SISWA KELAS VI SD. Jurnal Interkom, 13(1).

  49. Zebua, M. (2016). Inspirasi Pengembangan Pariwisata Daerah. Deepublish.

  50. Mariana, M. (2018). SURVEI TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP OBJEK WISATA PUNCAK BILA RIASE KABUPATEN SIDENRENG RAPPAN (Doctoral dissertation, FIK).

  51. Aprilia, E. R., Sunarti, S., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh daya tarik wisata dan fasilitas layanan terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 16-21.

  52. Indarti, G., Triana, E., & Eriawan, T. (2019). IDENTIFIKASI DAYA TARIK WISATA NAGARI KOTO GADANG SEBAGAI WISATA PERDESAAN DI KABUPATEN AGAM. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Civil and Planning Engineering, Bung Hatta University, 2(3).

  53. Lallo, C., Poluan, R. J., & Waani, J. O. (2016). Persepsi wisatawan terhadap fasilitas infrastruktur di Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Propinsi Papua Barat. SPASIAL, 3(3), 181-188.

  54. Fajri, K., & ES, N. R. (2016). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kota Bandung Dalam Meningkatkan Tingkat Kunjungan Wisatawan AsAL Malaysia. Tourism Scientific Journal, 1(2), 167-183.

  55. Pura , I Putu Andika Subagya. I Gede Mahendra Darmawiguna. Dan I Made Putrama. 2017. Film Seri Animasi 3d “Belajar Bahasa Indonesia Bersama Made” Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing Di Undiksha. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha. Journal KARMAPATI, Vol. 6 No. 1 : 3.

  56. Subario, Andrew P. Arie S. M. Lumenta. Dan Meita Rumbayan. 2017. Animasi Sosialisasi Penghematan Listrik. Manado : Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika. ISSN : 2301-8364. Vol. 12 No. 1 : 1-3.

  57. Yulandina, Aldilla, Condra Antoni. Dan Ardiman Firmanda. 2018. Optimalisasi Unsur Live Shoot Dan Motion Graphic Untuk Promosi Digital Lembaga Paud. Batam: Journal of Digital Education, Communication, and Arts. Vol. 1 : 1.

  58. Kardewa, Muhammad Daru dan Arta Uly Siahaan. 2017. Film Dokumenter Budaya Betawi Ondel - Ondel di Negeri Silancang Kuning Berdasarkan Sinematografi Teknik Pengambilan Gambar. Batam: Politeknik Negeri Batam. Jurnal Integrasi. ISSN: 2548-9828. Vol. 9, No.1.

  59. Prabowo, Galih Rizky. 2016. Aplikasi Pembelajaran Sistem Pernapasan Pada Manusia Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar. Bandung : Universitas Telkom. Eproceedings of Applied Science. ISSN : 2442-5826. Vol. 2 No. 3 : 939.

  60. Anas, Fadilah. Cicik Harini dan Aziz F. 2018. Marketing Strategy Through SWOT Analysis on Dealer Honda Prima Jaya Abadi Branch Tembalang Semarang. Semarang : Universitas Pandanaran Semarang. Journal of Management. ISSN : 2502-7689. Vol. 4 No. 4 : 30.

  61. Susilawati, Iis Mei dan Muhammad Harun. 2017. Analisis SWOT Sebagai Dasar Strategi Branding Pada Madrasah Ibtidaiyah Alhidayah, Cireunde, Ciputat. Serang : UIN Banten. Jurnal Tarbawi. ISSN 2442-8809. Vol. 3 No.1 : 112.

  62. Rangkuti, Freddy. 2016. “Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT”. Gramedia.

  63. Khanifah, Umi. Aziz Fathoni dan Maria Magdalena M. 2018. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pengrajin Mebel Limbah Kayu Dengan Analisa SWOT (Ifas-Efas) (Studi Kasus: Pengrajin Mebel Limbah Kayu Desa Kangkung, Kec. Mranggen, Kab. Demak )”. Semarang : Universitas Pandanaran. Journal of Management. ISSN 2502-7689. Vol 4 No. 4 : 19-20.

  64. Hanafri, Muhammad Iqbal, Triono. dan Imam Luthfiudin. 2018. Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Semarang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN: 2088 – 1762. Vol. 8 No. 1 : 82

  65. Ariawan, Jesa dan Sri Wahyuni. 2015. Aplikasi Pengajuan Lembur Karyawan Berbasis Web. Tangerang : STMIK Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088 – 1762. Vol. 5 No.1 : 63-64.

  66. Mwanga, Vivian. 2015. Fast –Track (Enhanced Recovery Program) in Colorectal Surgery). Degree programme in Nursing.

  67. Sutrisno. Mursalat Asyidiq dan Sugeng Santoso. 2018. Perancangan Sistem Pemasangan Iklan Online Pada Aplikasi E-Commerce (E-Gemanusa) Menggunakan Metode Restful Api dan Framework Laravel. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. E-ISSN : 2622 – 6391. Vol. 2 No. 2 : 122.

  68. Surya, Yenni Fitra. 2018. Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Riau: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu. ISSN : 25lk80-1147. Vol. 2 No.1 : 137.

  69. Arianti, Rahmi. Adnan dan M Yamin. 2017. Kemampuan Menggunakan Konjungsi Dalam Wacana Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh. Banda Aceh : Unsyiah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2 No.2 : 62.

  70. Septian, I Gusti Ngurah Agung Pramasurya Dwi. Gede Saindra Santyadiputra. I Made Agus Wirawan. 2017. Film Dokumenter PTI  : Rumahku (Sebuah Catatan, Sebuah Kisah). Bali : Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. ISSN : 2541-0652. Vol. 12, No. 2.

  71. Santyadiputra, G. S., Pradnyana, G. A., & Suardika, I. M. D. (2017). Film Dokumenter Genggong “Sebuah Instrumen Musik Kuno”. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(1), 60-69.

  72. Hariyanto, A. F., Syafwandi, M. S., Afriwan, H., & Sn, S. (2018). PERANCANGAN PROMOSI WISATA KOTA MEDAN DALAM BENTUK MEDIA AUDIO VISUAL. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(2)..

  73. Saleh, Y. R., Arya, I. F., & Afriandi, I. (2016). Film yang Efektif Sebagai Media Promosi Kesehatan bagi Masyarakat. Jurnal Sistem Kesehatan, 2(2).

  74. Sari, R. D., Hasyim, A., & Yanzi, H. (2017). Pemanfaatan Film Perjuangan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bela Negara Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(7).

  75. Yuda, Y. P., & Azis, M. N. L. (2019). Perancangan Film Pendek Etika Mahasiswa Terhadap Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), 4(1), 27-33.

  76. Atanasov, I., & Pencheva, E. (2016). Model aspects of open access to multimedia broadcast services in the evolved packet system. International Journal of Digital Multimedia Broadcasting, 2016.

  77. Tyllstrom, A., & Suddaby, R. R. (2016). Trading in Politics: Rhetorical Strategies of Sacralizing Public Relations Services. In Academy of Management Proceedings (Vol. 2016, No. 1, p. 17794). Briarcliff Manor, NY 10510: Academy of Management.

  78. Koningstein, Manon and Shadi Azadegan. 2018. Participatory video for two-way communication in research for development. Colombia : Sivin Communications. International Journal of Medical Action Research.. Vol. 5, Issue. 19.

  79. R.M Vignesh and Bindu R. Nair. 2018. Development And Characterisation of Edible Films Based on The Mucilage of Hibiscus Rosa-Sinensis Linn. (Malvaceae). India  : University of Kerala. International Journal of Creative Research Thoughts. ISSN : 2320-2882. Vol.6, Issue. 2.

Contributors

Admin, Kivti Herdiana