SI1621494497

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PEMANFAATAN FILM SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN DAYA TARIK

WISATAWAN PADA WISATA ALAM SEVILLAGE

CILOTO


SKRIPSI


Disusun Oleh :

NIM  :       1621494497

NAMA :       Kivti Herdiana

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND

BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2019/2020




ABSTRAKSI

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang dan sangat diperlukan setiap saat. Salah satu media pendukung untuk menyampaikan informasi yang efektif yaitu media promosi. Pada saat ini banyak tempat – tempat wisata juga memanfaatkan Film untuk menginformasikan dan mempromosikan keindahan tempatnya. Film saat ini banyak digemari oleh kalangan manapun karena Film menampilkan penyampaian cerita dari narasi dan berbentuk audiovisual yang terdapat makna atau arti serta dikemas dengan teknik sinematografi yang indah dan menarik. Permasalahannya adalah dalam menginformasikan dan mempromosikan Wisata Alam Sevillage Ciloto ini hanya menggunakan media cetak seperti brosur, pamflet keterangan harga tiket, nameboard dan foto-foto yang diunggah ke sosial media Wisata Alam Sevillage Ciloto, sehingga diperlukan pemanfaatan Film untuk meningkatkan daya tarik wisatawan pada Wisata Alam Sevillage Ciloto. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pihak pengelola dalam meningkatkan daya tarik wisatawan pada Wisata Alam Sevillage Ciloto melalui strategi promosi pada sosial media Facebook, Instagram, Youtube, dan promosi ke relasi. Manfaat penelitian ini yaitu melalui Film ini, Wisata Alam Sevillage Ciloto dapat meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung, serta meningkatkan pencapaian target pemasaran. Metode penelitiannya yaitu, Pengumpulan Data, Analisa SWOT, Analisa Perancangan Media dan Konsep Produksi Media (KPM). Hasil dari penelitian ini nanti nya akan diimplementasikan ke media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube untuk membantu mempromosikan Wisata Alam Sevillage Ciloto.

Kata Kunci: Film, promosi, wisata

ABSTRACT

Along with the Times, information and communication technologies continue to evolve and are indispensable at all times. One of the supporting media to convey effective information is promotional media. At this time many tourist spots also make use of Film to inform and promote the beauty of its place. Movies nowadays are much favored by many circles because the Film displays the story of storytelling and audiovisual in the form of meaning and is packed with beautiful and interesting cinematography techniques. The problem is to inform and promote Wisata Alam Sevillage Ciloto only use print media such a brochure, ticket price pamphlet, Nameboard, and photos uploaded to social media of the Wisata Alam Sevillage Ciloto, so the need to use Film to enhance the attraction of Wisata Alam Sevillage Ciloto. The purpose of this research is to assist the maintainer in enhancing the appeal of tourists to Wisata Alam Sevillage Ciloto through a promotional strategy on social media Facebook, Instagram, Youtube, and promotion to the relation. The benefits of this research through this Film, Wisata Alam Sevillage Ciloto can increase the number of local and foreign tourists who visit and increase the achievement of target marketing. Its research methods are Data Collection, SWOT Analysis, Media Planning Analysis, and Media Production Concept (KPM). The results of this research will later be implemented on social media such as Facebook, Instagram, and Youtube to help promoting Wisata Alam Sevillage Ciloto.

Keywords: Film, promotions, travel.

DAFTAR PUSTAKA


  1. Mulyadi, R. M., & Sunarti, L. (2019). FILM INDUCED TOURISM DAN DESTINASI WISATA DI INDONESIA. Metahumaniora, 9(3), 340-356.

  2. Kemendikbud. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pemanfaatan

  3. Noor, S. (2019). Pemanfaatan Media Animasi Interaktif dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Cahaya di MTsN 4 Banda (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

  4. Mandala, E. P. W. (2016). PERANCANGAN DATA MART ADMINISTRASI KEUANGAN PEMBAYARAN UANG SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 PADANG. Jurnal TeknoIf, 4(1).

  5. Rahayu, N., Lestari, F. H. N., & Aprilyani, U. T. (2017). Clothing Sales Information System Web-Based:“Bluelight Distro”. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 55-62.

  6. Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Deepublish.

  7. Harfizar, H., Albar, F. M., & Afiffudin, M. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penyalur Dana Bantuan Siswa (Bos) Berbasis Web. Journal Cerita, 3(2), 228-244.

  8. Suzanto, B., & Sidharta, I. (2015). Pengukuran end-user computing satisfaction atas penggunaan sistem informasi akademik. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(1), 16-28.

  9. Muhlihah, M., Malia, E., & Zakhra, A. (2018, December). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi (SINEMA) (Vol. 1, No. 01, pp. 97-109).

  10. Indriani, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Serta Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Paket Wisata Pada PT. Wahyu Prima Bintang Tour & Travel Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, 6(1).

  11. Sahara, S. F., & Arief, A. M. R. (2017). Pelaksanaan Promosi Melalui Media Cetak Brosur Pada Obyek Wisata Balai Kerapatan Tinggi Kabupaten Siak (Doctoral dissertation, Riau University).

  12. Batubara, A., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1).

  13. Bhirawan, R., Purnami, S., & Surendra, M. (2016). MODEL LATIHAN SERVIS FOREHAND TENIS MEJA UNTUK ATLET PEMULA USIA 12 TAHUN KE BAWAH. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 39-47.

  14. Sarnoko, S., Ruminiati, R., & Setyosari, P. (2016). Penerapan pendekatan SAVI berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1235-1241.

  15. Miftahurrachmah, A., & Purwa, E. N. (2017). Media Company Profile sebagai Penunjang Informasi dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran pada Hotel Narita Tangerang. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 1-3.

  16. Damarjati, Fimar (2017). Peran Desain Grafis di Syafaat Marcomm. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

  17. Sunarya, L., Dermawan, O., & Amrullah, M. H. (2016). Desain Media Sign System dan Himbauan sebagai Penunjang Informasi pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Journal Sensi, 2(1), 58-69.

  18. Setiawan, A., & Sulaiman, A. M. (2017). Pengembangan Desain Motif Ukir Untuk Aktualisasi Identitas Jepara Sebagai Kota Ukir. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(01), 31-48.

  19. Sidik, A., Ahmad, H. A., & Sriwarno, A. B. (2017). Studi Faktor Usability Pada Desain Layout Website Berita Mobile Indonesia. Semnasteknomedia Online, 5(1), 4-5.

  20. Anto, P., Andrijanto, M. S., & Akbar, T. (2017). Perancangan buku pedoman umum ejaan bahasa Indonesia sebagai media pembelajaran di sekolah. Jurnal Desain, 4(02), 92-99.

  21. Fatmawati, R., & Widayati, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Balon Pada Anak Kelompok Bermain. PAUD Teratai, 5(3).

  22. Muzammil, A., Yunus, M., & Darsono, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Pt. Telkom Indonesia Di Banda Aceh Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Inovasi, 8(3).

  23. Rasyid, A., Saleh, A., Cangara, H., & Priatna, W. B. (2015). Komunikasi dalam CSR Perusahaan: Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 31(2), 507-518.

  24. Everlin, S., & Andersen, R. (2017). KAJIAN VISUAL DESAIN TENTANG JEANS DALAM BENTUK BUKU. Rupa Rupa, 4(2).

  25. Hendratman, H. (2015). Computer Graphic Design Edisi Revisi Kedua. Bandung: Informatika.

  26. Ningsih, L. N., Nugroho, R. T., & Anjana, I. N. L. Produksi Program Musik Chamber Dalam Bentuk Video Dokumenter pada PT. Mata Air Inspirasi (SWARNA FMTV). Innovative Creative and Information Technology, 3(1), 42-57.

  27. Wulandari, R., Rachmat, A., & Nugraha, B. A. (2018). Promosi dan Informasi pada Media Video Profile SMA Mandiri Balaraja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 209-216.

  28. Romika, D. P., & Ryana, M. C. (2017). PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMA CITRA ISLAMI TANGERANG. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 1-3.

  29. OFINDRA, M. H., Budiwirman, M. P., San Ahdi, M. S., & Ds, M. (2017). PERANCANGAN PROMOSI LALITO COFFEE MELALUI MEDIA IKLAN TV. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).

  30. Nugraha, A. (2017). ANALISIS SEMIOTIKA FILM SENYAP THE LOOK OF SILENCE 2014 Studi Analisis Semiotika Film Senyap The Look Of Silence 2014 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PASUNDAN).

  31. Oktivianto, O. I., Hudaidah, H., & Alian, A. (2018). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(2), 113-118.

  32. Gunawan, D., & Kurniawan, F. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Pengenalan Satwa Bagi Anak Usia Dini. DutaCom Journal, 1(10), 69-69.

  33. Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan game edukasi pengenalan nama hewan dan habitatnya dalam 3 bahasa sebagai media pembelajaran berbasis multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 184-190.

  34. Setyorini, I. (2015). Animasi Interaktif Kosakata Dalam Dua Bahasa (Arab-Inggris) Pada RA Kuwait Pusdiklat Dewan Da’wah Bekasi. Bina Insani ICT Journal, 2(2), 85-100.

  35. Dewi, S., & Khumaidi, A. (2017). Pengenalan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak (Tk) Harapan Kita Kec. Pugung Menggunakan Aplikasi Multimedia Macromedia Flash. PROCIDING KMSI, 5(1).

  36. Hasanah, U., Sutardi, S., & Ramadhan, R. (2018). IMPLEMENTASI ALGORITMA ARITHMETIC CODING PADA KOMPRESI FILE AUDIO VIA FTP (FILE TRANSFER PROTOCOL). semanTIK, 3(2).

  37. Fiqar, T. P., & Ahmad, T. (2017). Peningkatan Kapasitas Penyisipan Audio Data Hiding Berbasiskan Modifikasi Metode Least Significant Digit. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(3), 315-325.

  38. Maimunah, M., Manalu, D. E., & Kusuma, D. B. (2017). PERANCANGAN PROTOTYPE VISUAL PADA BAGIAN DESAIN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. SULINDAFIN. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 4-6.

  39. Gama, B., & Kusumawati, H. S. (2017). Radio Broadcasting Training Smansaman at SMA Negeri 1 Manyaran Wonogiri. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL (Vol. 1, No. 1).

  40. Hidayat, R. (2015). Pemetaan Potensi Industri Kreatif Unggulan Madura. Jurnal Sains dan Teknologi Industri, 12(2), 155-165.

  41. Sunarya, L. (2017). Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang. Eksplora Informatika, 6(2).

  42. Fatoni, A., & Puspitasari, N. (2016). Perancangan Simulasi Pengembangan Sistem Programming Penyaluran Dana Zakat di Badan Amil Zakat Kota Serang Berbasis Multimedia. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 3(2).

  43. Yulianjani, A., Martono, A., & Apriyani, D. (2019). Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Innovative Creative and Information Technology, 5(1), 77-93.

  44. Sunarya, L., Hidayat, W., & Winata, E. S. Video Sosialisasi Sumur Resapan Berbasis Motion Graphic pada Humas Pemerintahan Kota Tangerang. Journal Sensi, 4(2), 168-179.

  45. Nuraeni, R., Octaviani, F., & Aprianti, A. (2016). STRATEGI PROGRAMMING RADIO KOMUNITAS (Studi Kasus Radio Komunitas Seni Budaya (RKSB) Ujung Berung Kota Bandung). Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 2(1), 94-103.

  46. Tama, A. K. W., Putra, A. A., & Fikri, M. A. Video Profile Jurusan Sistem Komputer Jenjang Strata Satu Pada STMIK Raharja Tangerang. Journal Cerita, 4(2), 99-109.

  47. Sunarya, L., Apryllia, P., & Isnaini, S. (2016). Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual and Broadcasting as A Media Promotion. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 9(3), 318-327.

  48. Sudrajat, B., Kom, S., & Kom, M. (2018). APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN NEGARA ASEAN UNTUK SISWA KELAS VI SD. Jurnal Interkom, 13(1).

  49. Zebua, M. (2016). Inspirasi Pengembangan Pariwisata Daerah. Deepublish.

  50. Mariana, M. (2018). SURVEI TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP OBJEK WISATA PUNCAK BILA RIASE KABUPATEN SIDENRENG RAPPAN . Diploma thesis, FIK.

  51. Aprilia, E. R., Sunarti, S., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh daya tarik wisata dan fasilitas layanan terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 16-21.

  52. Indarti, G., Triana, E., & Eriawan, T. (2019). IDENTIFIKASI DAYA TARIK WISATA NAGARI KOTO GADANG SEBAGAI WISATA PERDESAAN DI KABUPATEN AGAM. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Civil and Planning Engineering, Bung Hatta University, 2(3).

  53. Lallo, C., Poluan, R. J., & Waani, J. O. (2016). Persepsi wisatawan terhadap fasilitas infrastruktur di Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Propinsi Papua Barat. SPASIAL, 3(3), 181-188.

  54. Fajri, K., & ES, N. R. (2016). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kota Bandung Dalam Meningkatkan Tingkat Kunjungan Wisatawan AsAL Malaysia. Tourism Scientific Journal, 1(2), 167-183.

  55. <p style="line-height: 2"> Putra, I. P. A. S., Darmawiguna, I. G. M., Kom, S., & Putrama, I. M. (2017). FILM SERI ANIMASI 3D BELAJAR BAHASA INDONESIA BERSAMA MADE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK PENUTUR ASING DI UNDIKSHA. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 20-27.

  56. Subario, A. P., Lumenta, A. S., & Rumbayan, M. (2017). ANIMASI SOSIALISASI PENGHEMATAN LISTRIK. Jurnal Teknik Informatika, 12(1).

  57. Yulandina, A., Antoni, C., & Firmanda, A. (2018). Optimalisasi Unsur Live Shoot dan Motion Graphic untuk Promosi Digital Lembaga Paud. JOURNAL OF DIGITAL EDUCATION, COMMUNICATION, AND ARTS (DECA), 1(1), 1-19.

  58. Siahaan, A. U., & Kardewa, M. D. (2017). Film Dokumenter Budaya Betawi Ondel-Ondel di Negeri Silancang Kuning Berdasarkan Sinematografi Teknik Pengambilan Gambar. Jurnal Integrasi, 9(1), 28-34.

  59. Prabowo, G. R., Hidayat, W., & Sari, S. K. (2016). Aplikasi Pembelajaran Sistem Pernafasan Pada Manusia Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar. eProceedings of Applied Science, 2(3).

  60. Anas, F., Harini, C., & Fathoni, A. (2018). MARKETING STRATEGY THROUGH SWOT ANALYSIS ON DEALER HONDA PRIMA JAYA ABADI BRANCH TEMBALANG SEMARANG. Journal of Management, 4(4).

  61. Susilawati, I. M., & Harun, M. (2017). Analisis SWOT sebagai Dasar Strategi Branding pada Madrasah Ibtidaiyah Alhidayah, Cireunde, Ciputat. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(01), 111-128.

  62. Rangkuti, F. (2019). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT: Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI.

  63. Khanifah, U., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PENGERAJIN MEBEL LIMBAH KAYU DENGAN ANALISA SWOT (EFAS-IFAS)(Studi kasus: pengrajin mebel limbah kayu Desa Kangkung, Kec. Mranggen, Kab. Demak). Journal of Management, 4(4).

  64. Hanafri, M. I., Triono, T., & Luthfiudin, I. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global, 8(1).

  65. Ariawan, J., & Wahyuni, S. (2015). Aplikasi Pengajuan Lembur Karyawan Berbasis We. Jurnal Sisfotek Global, 5(1).

  66. Mwanga, V. (2016). Fast track (enhanced recovery program) in colorectal surgery: a literature review: a literature review.

  67. Sutrisno, S., Asyidiq, M., & Santoso, S. (2018). Perancangan Sistem Pemasangan Iklan Online Pada Aplikasi E-Commerce (E-Gemanusa) Menggunakan Metode Restful Api Dan Framework Laravel. Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 2(2), 119-132.

  68. Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 135-139.

  69. Arianti, R., Adnan, A., & Yamin, M. Y. M. (2017). Kemampuan Menggunakan Konjungsi dalam Wacana Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).

  70. Dwi, I. G. N. A. P., Santyadiputra, G. S., & Wirawan, I. M. A. (2017). FILM DOKUMENTER PTI: RUMAHKU (SEBUAH CATATAN, SEBUAH KISAH). Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2).

  71. Santyadiputra, G. S., Pradnyana, G. A., & Suardika, I. M. D. (2017). Film Dokumenter Genggong “Sebuah Instrumen Musik Kuno”. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(1), 60-69.

  72. HARIYANTO, A. F., Syafwandi, M. S., & Afriwan, H. (2018). PERANCANGAN PROMOSI WISATA KOTA MEDAN DALAM BENTUK MEDIA AUDIO VISUAL. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(2).

  73. Saleh, Y. R., Arya, I. F., & Afriandi, I. (2016). Film yang Efektif sebagai Media Promosi Kesehatan bagi Masyarakat. Jurnal Sistem Kesehatan, 2(2).

  74. Sari, R. D., Hasyim, A., & Yanzi, H. (2017). Pemanfaatan Film Perjuangan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bela Negara Siswa.

  75. Yuda, Y. P., & Azis, M. N. L. (2019). Perancangan Film Pendek Etika Mahasiswa Terhadap Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), 4(1), 27-33.

  76. Atanasov, I., & Pencheva, E. (2016). Model aspects of open access to multimedia broadcast services in the evolved packet system. International Journal of Digital Multimedia Broadcasting, 2016.

  77. Tyllstrom, A., & Suddaby, R. R. (2016). Trading in Politics: Rhetorical Strategies of Sacralizing Public Relations Services. In Academy of Management Proceedings (Vol. 2016, No. 1, p. 17794). Briarcliff Manor, NY 10510: Academy of Management.

  78. Koningstein, M., & Azadegan, S. (2018). Participatory video for two-way communication in research for development. Action Research, 1476750318762032.

  79. RM, V., & Nair, B. R. DEVELOPMENT AND CHARACTERISATION OF EDIBLE FILMS BASED ON THE MUCILAGE OF HIBISCUS ROSA-SINENSIS LINN.(MALVACEAE).

Contributors

Admin, Kivti Herdiana