SI1621494152

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC SEBAGAI

SARANA PENERTIBAN LISTRIK PADA PT GRAHA

BARA LESTARI BERMITRA KEPADA

PT PLN (PERSERO)




SKRIPSI



   

 



Disusun Oleh :


NIM
: 1621494152
NAMA



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

UNIVERSITAS RAHARJA

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

(2020/2021)



ABSTRAK

Teknologi media informasi pada saat ini semakin berkembang. Dengan munculnya terobosan – terobosan baru dimana komputer menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kebutuhan sehari – hari, sehingga membuat integrasi antara berbagai divisi ilmu seperti desain grafis, broadcasting dan audio visual. Dimulai dengan munculnya berbagai macam betuk media informasi video motion graphics, hal ini membuktikan bahwa media informasi menggunakan aplikasi komputer meningkat lebih baik sehingga mengikuti tuntutan perkembangan teknologi. Selama ini pihak PT Graha Bara Lestari yang bermitra kepada PT PLN (PERSERO) menggunakan media cetak dan spanduk namun media tersebut kurang efektif. Maka pihak PT Graha Bara Lestari membutuhkan media terobosan seperti media video motion graphisc untuk menunjang kegiatan informasi dan sosialisasi yang menarik kepada masyarakat luas. Dalam penelitian ini melakukan suatu terobosan yang menarik berbentuk Perancangan Video Motion Graphic Sebagai Sarana Penertiban listrik pada PT GRAHA BARA LESTARI bermitra kepada PT PLN (PERSERO), yaitu tentang penertiban pemakaian tenaga listrik sebagai sarana informasi yang menarik dan efektif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai site manager divisi P2TL PT Graha Bara Lestari. Hasil analisis memunculkan konsep video graphics menggunakan aplikasi penunjang Adobe After Effects CC 2018 dan Adobe After Ilustrator CC 2019. Perancangan dilakukan dengan konsep produksi media multimedia. Hasil media video iklan motion graphics yang dirancang ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat masyarakat luas untuk tidak melakukan pelanggaran atau pencurian listrik.


Kata Kunci : Media, motion graphic, informasi


ABSTRACT

The recruitment of new employees is an effort to find a certain number of prospective employees who meet the requirements, as well as the availability of existing jobs within the company.In the employee recruitment system running on PT. Lion Express (Lion Parcel) is currently still semi-manual, applicants get job information from social media, apply by email and come to the office to conduct psychotest tests and interviews and management of data that is vulnerable to loss, for that a website-based application system is needed, with the aim of this research in order to manage data regularly, and reduce physical contact of applicants during this pandemic.In this study using data collection method with observation, interview and library study, design method using UML (Unified Modeling Language) with Visual Paradigm for UML 16.1 Community Edition tools, while programming language used using PHP with CI framework and MYSQL database.It is hoped that this application will make it easier for applicants to know job information and help employees involved in the recruitment process


Keywords: Employee Recruitment, Website, and Application System



DAFTAR PUSTAKA

  1. Anas, Fadilah. Cicik Harini d an Aziz Fathoni. 2018. Marketing Strategy Through SWOT Analysis on Dealer Honda Prima Jaya Abadi Branch Tembalang Semarang. Semarang : Universitas Pandanaran Semarang. Journal of Management. ISSN : 2502-7689. Vol. 4 No. 4 : 30.

  2. Anita, Ria Diajeg dan Fitri Marisa. 2017. Rancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D Untuk Meningkatkan Jumlah Mahamasiswa Unversitas Widyagma Malang. Malang : Unversitas Widyagama Malang Journal Of Information Techology And Computer (JOINTECS) Vol.1 No.2

  3. Anto, Puji. M. Sjafei Andrijanto dan Taufiq Akbar. 2017. Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Ejaan di Sekolah. Jakarta : Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Desain. ISSN: 2339-0107. Vol.4, No.2 : 95, 97.

  4. Arianti, Gusmia. 2017. KEPUASAN REMAJA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTRAGRAM DAN PATH. Jakarta : Universitas Al Azhar Indonesia. ISSN: 2598-7402 : 62

  5. Amrullah, Agit dkk. 2016. Kajian Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem Informasi Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Pada Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta: Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. : 82

  6. Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Sukabumi, Jejak Publisher. ISBN : 9786024743925 : 8

  7. Budianto, Ari. Caesario. Syifa Anggraeni. Audra Theo Kusuma dan Nafis Sirin Wasiska. 2018. Studi Pengaruh Warna Interior Ruang Rawat Inap Terhadap Tingkat Stress Pasien (Studi Kasus RSIA di Surabaya). Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November. Journal Desain Interior. ISSN:2549-2853. Vol. 3, No.2 : 60-61.

  8. Budiarto, Mukti. Ulis Bella dan Nita Yuliania. 2018. Media Promosi dan Informasi Pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Tangerang : STMIK Raharja. Journal CICES. ISSN : 2356-5209. Vol. 4 No. 2 : 218.

  9. Darmawan, Deni. Pipih Setiawati. Didi Supriadie dan Muthia Alinawati. 2017. Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis English simple Sentences pada Mata Kuliah Basic Writing di STKIP Garut. Garut : STKIP Garut. Jurnal Ilmu Pendidikan. ISSN: 2579-7700. Vol.15 No.1 : 634.

  10. Dona, Gita Prima. Dini Faisal dan San Ahdi. 2018. Desain Web PT. Andalas Multimedia Promosindo. Padang : Universitas Negeri Padang. Journal Desain Komunikasi Visual. ISSN : 2302-3228. Vol. 7, No. 2 : 9.

  11. Erlyana, Yana dan Steffani. 2019. Analisis Cover Artwork Album-album Chrisye. Jakarta : Universitas Bunda Mulia. Jurnal Titik Imaji. ISSN : 2620-4940. Vol. 2 No. 1 : 3.

  12. Ferdiyan, Syah. Ema Utami dan Andi Sunyoto. 2018. Pembuatan Karakter 2D Untuk Film Animasi Sepak Bola Gajah. Jogja: Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Dinamika Informatika. P- ISSN: 1978-1660. E-ISSN: 2549-8517. Vol.7, No.1: 37.

  13. Hanafri, Muhammad Iqbal, Triono. dan Imam Luthfiudin. 2018. Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Semarang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN: 2088 – 1762. Vol. 8 No. 1 : 82.

  14. Hariyanto, Ahmad Febri. 2018. Perancangan Promosi Wisata Kota Medan Dalam Bentuk Media Audio Visual. Padang : Universitas Negeri Padang. E-Journal DEKAVE. ISSN. 2302-3228. Vol.7 No.2.

  15. Harfizal. Fauzan Manafi Albar dan Muh Afiffudin. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Penyalur Dana Bantuan Siswa (BOS) Berbasis WEB. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CERITA. ISSN : 2461-1417. Vol. 3, No. 2 : 232.

  16. Hidayat, Wahyu. Andriansyah dan Reni Wulandari. 2018. Rancang Bangun Media Katalog Penunjang Informasi dan Promosi PT. Global Bangun Mandiri. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Cerita Journal. ISSN: 2461-1417. Vol.4, No.1 : 45-46.

  17. Imam, Choirul. Ir. Hardman Budiarjo dan Wahyu Hidayat. 2017. Perancangan Media Promosi Video Youtube Koleksi Sanggar Gubug Wayang Mojokerto Berbasis Budaya Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal ArtNouveau Vol. 6 No. 1. Jawa Timur : STIKOM Surabaya.

  18. Jubaedi, Ahmad Dedy dan Samsul Bahri. 2018. MODEL PEMBELAJARAN KOSAKATA TIGA BAHASA BERBASIS GAME (STUDI KASUS PENGENALAN BUAH-BUAHAN). Serang : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Serang Raya. ISSN : 2597-9922. 103.

  19. Kusnadi 2018. Dasar Desain Grafis. Tasikmalaya : Edu Publisher : 127-130.

  20. Kusnadi 2018. Dasar Desain Grafis. Tasikmalaya : Edu Publisher : 122.

  21. Kardewa, Muhammad Daru dan Arta Uly Siahaan. 2017. Film Dokumenter Budaya Betawi Ondel-Ondel di Negeri Silancang Kuning Berdasarkan Sinematografi Teknik Pengambilan Gambar. Batam : Politeknik Negeri Batam. Jurnal Integrasi. e-ISSN : 2548-9828. Vol. 9 No.1 : 29.

  22. Khanifah, Umi. Aziz Fathoni dan Maria Magdalena M. 2018. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pengerajin Mebel Limbah Kayu Dengan Analisa SWOT (Efas-Ifas) (Studi Kasus: Pengrajin Mebel Limbah Kayu Desa Kangkung, Kec. Mranggen, Kab. Demak )”. Semarang : Universitas Pandanaran. Journal of Management. ISSN 2502-7689. Vol 4 No. 4 : 19-20.

  23. Khulsum, Umi. Hudiyono, Yusak. Dan Sulistyowati, Endang Dwi 2018 Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X SMA Mulawarman: Diglosia Volume 1, Nomor 1 2018 ISSN 2615-725X Halaman 1—12

  24. Latief, Rusman, Yusiatie Utud. 2017. Siaran Televisi Non Drama: Kreatif, Produktif, Public Relations, dan Iklan, Jakarta, Kencana. ISBN : 6027985941, 9786027985940 : 149

  25. Limbong, Tonni, Janner Simarmata. 2020. Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik, Medan, Yayasan Kita Menulis. ISBN : 6237645365, 9786237645368 : 15

  26. Limbong, Tonni, Janner Simarmata. 2020. Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik, Medan, Yayasan Kita Menulis. ISBN : 6237645365, 9786237645368 : 3

  27. Limbong, Tonni, Janner Simarmata. 2020. Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik, Medan, Yayasan Kita Menulis. ISBN : 6237645365, 9786237645368 : 13

  28. Maimunah. David Ericson Manalu dan Dian Budi Kusuma. 2017. Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Yogyakarta : STMIK AMIKOM. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN  : 2302-3805.Vol 5, No.1 : 38.

  29. Maulana, Yusep. 2018. Jenius Membuat Mobile Edukasi Android: Solusi Cepat Belajar Membuat Aplikasi Multimedia Android. Yogyakarta : Mobidu. ISBN  : 6025203504, 9786025203503 : 28.

  30. Muflihah. Eva Malia dan Aminatuz Zakhra. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Madura : Universitas Islam Madura. Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen, & Akuntansi (SINEMA 2018). ISSN : 2656-2952. Vol. 1, No. 1 : 104.

  31. Ningsih, Listina Nadhia. Ray Tri Nugroho dan I Nyoman Lingga Anjana. 2017. Produksi Program Musik Chamber dalam Bentuk Video Dokumenter pada PT. Mata Air Inspirasi (Swarna FMTV). Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. ICIT Journal. ISSN: 2356-5195. Vol.3 No.1 : 44.

  32. Nugraha, Iman Hikmat dan Regi Muhammad Satria. 2018. Subsistem Informasi Pengolahan Data Jurnal Transaksi di PT. Hinidaiki Indonesia. Tasikmalaya : STMIK DCI. Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA). EISSN : 2541-6375. Vol. 5, No. 1 : 32.

  33. Nugroho, Ardhianto Cahyo. Hasan Mahfud dan Hadiyah. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia Dengan Model Talking Stick Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Sekolah Dasar. Solo : Universitas Negeri Surakarta. ISSN: 2337-8786. Jurnal Ditaktita Dwija Indria. Vol.6 No.2 : 64.

  34. Nuraeni, Reni. Fauzia Octaviani dan Agus Aprianti. 2016. Strategi Programming Radio Komunitas (Studi Kasus Radio Komunitas Seni Budaya (RKSB) Ujung Berung Kota Bandung). Bandung : Telkom University. Journal LISKI. ISSN : 2442-4005. Vol. 2, No.1 : 99.

  35. Nurdiansyah, Faisal dan Siti Sarah Abdullah. 2018. Sistem Informasi Geografis Sekolah Kabupaten Cianjur Berbasis Web. Cianjur : Universitas Surya Kencana. Jurnal Informatika. ISSN: 2088-2114 Vol.8, No.2 : 74.

  36. Prehanto, Dedy Rahman. 2020. Buku Ajar Konsep Informasi. Surabaya : Scopindo Media Pustaka : 12.

  37. Prehanto, Dedy Rahman. 2020. Buku Ajar Konsep Informasi. Surabaya : Scopindo Media Pustaka : 13-14.

  38. Prehanto, Dedy Rahman. 2020. Buku Ajar Konsep Informasi. Surabaya : Scopindo Media Pustaka : 16.

  39. Prasetyo, Dwi dan Denny Indrayana Setyadi. 2017. Perancangan Film Pendek Dengan Pendekatan Storytelling Sebagai Media Promosi Pulau Bawean. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Sains dan Seni ITS. ISSN: 2337-3520. Vol.6 No.1 : 59.

  40. Prabowo, Galih Rizky. 2016. Aplikasi Pembelajaran Sistem Pernafasan Pada Manusia Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar. Bandung : Universitas Telkom. E-proceedings of Applied Science. ISSN : 2442-5826. Vol. 2 No. 3 : 939.

  41. Purwanto, Agus dan Shofwan Hanief. 2016. Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Berbasis Animasi. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknomedia 2016. ISSN : 2302-3805 : 13.

  42. Rasyid, Anuar. Amiruddin Saleh. Hafied Cangara dan Wahyu Budi Priatna. 2017. Komunikasi dalam CSR Perusahaan : Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif. Bandung : Universitas Islam Bandung. Jurnal Sosial dan Pembangunan. ISSN: 0215-8175. Vol.31, No.2 : 510.

  43. Raydiansyah, Davit dan Didit Widiatmoko. 2017. Perancangan Media Promosi Sans Marque. Bandung : Telkom University. e-Proceeding of Art & Design. ISSN : 2355-9349. Vol.2, No.2 : 283-284.

  44. Rangkuti, Freddy. 2016. “Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT”. Gramedia.

  45. Rosmila. Muh. Yamin dan LM. Tajidun. 2017. Aplikasi Pembagian Harta Waris Menurut Hukum Islam Dengan Menggunakan Metode Algoritma Genetika. Kendari : Halu Oleo University. Journal SemanTIK. ISSN : 2502-8928. Vol.2, No.2 : 228.

  46. Rusdi Nur dan Muhammad Arsyad Suyuti., 2018. Perancangan Mesin-Mesin Industri. Yogyakarta : Deepublish : 5

  47. Triyono. Kemal Salahuddin dan Hendi Setiawan. 2017. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. ISSN: 1978-8282. Vol.10, No.1 : 100.


  48. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika dan, Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media Informasi Dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Yogyakarta  : STMIK AMIKOM. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805. Vol.1, No.3 : 62


  49. Wulan, Rayung. Eddy Saputra dan Ahmad Haries. 2018. Pengembangan Metode Cepat Membaca Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia Dalam Rangka Pemberantasan Buta Huruf Pada Lansia. Jakarta : UNINDRA. Jurnal PKM : Pengabdian kepada Masyarakat. ISSN: 2615-4749. Vol.1, No. 1: 50.

  50. Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachmah dan Ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017. ISSN : 2302-3805. Vol.5, No.1 : 20-21.

  51. Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah. 2018. Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. ISSN: 2461-1409. Vol.2, No.1 : 60-61.

  52. Sidik, Abdurrahman. Hafiz Aziz Ahmad dan Andar Bagus Sriwarno. 2017. Studi Faktor Usability Pada Desain Layout Website Berita Mobile Indonesia. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017. ISSN : 2302-3805 : 32.

  53. Senoprabowo, Abi. Ali muqoddas dan Noor Hasyim. 2019. Desain Grafis Untuk Meningkatkan Nilai Kaligrafi Pada Santri dan Pengurus Pesantren Al-Hadi Kabupaten Demak. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha. International Journal of Community service Learning. P-ISSN: 2579-7166. E-ISSN: 2579-7166. Vol.3, No.4: 213.

  54. Syafi’i, Ahmad Ghozali. 2017. Warna Dalam Islam. Pekanbaru : UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Journal Pemikiran Islam. ISSN : 2407 : 1707 Vol, 41. No. 1 : 62.

  55. Sunarya, Lusyani. Rindang Kusumaninggar dan Adrian Syahputra. 2017. Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang. Bali : STIKOM Bali. Eksplora Informatika. ISSN: 2460-3694. Vol.6 No.2 : 106, 109.

  56. Subario, Andrew P. Arie S. M. Lumenta dan Meita Rumbayan. 2017. Animasi Sosialisasi Penghematan Listrik. Manado: Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika. ISSN: 2301-8364. Vol.12, No.1: 2.

  57. Sari, Yulinda. Dyo Rizki dan Putri Andam Sari. 2017. Manajemen Produksi Penyiaran Program “Sandiwara Radio Kos-Kosan Gayam” Geronimo FM. Bali : Universitas Pendidikan Indonesia. Journal of Communication. ISSN 2503-1880. Vol.2 No.1 : 66.

  58. Sunarya, Lusyani. Putri Apryllia dan Siti Isnaini. 2016. Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual and Broadcasting as a Media Promotion. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. ISSN : 1978 -8282. Vol.9 No.3 : 320-323.

  59. Sinaga, Sofia dan Basuki. 2016. Bahasa Indonesia. Singapore : Markono Print Media Pte Ltd.

  60. Sunarya, Lusyani. Wahyu Hidayat dan Edo Satria Winata. 2018. Video Sosialisasi Sumur Resapan Berbasis Motion Graphic Pada Humas Pemerintahan Kota Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. SENSI Journal. ISSN : 2655-5298. Vol. 4, No.2 : 173.

  61. Sunarya, Lusyani. Wahyu Hidayat dan Edo Satria Winata. 2018. Video Sosialisasi Sumur Resapan Berbasis Motion Graphic Pada Humas Pemerintahan Kota Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. SENSI Journal. ISSN : 2655-5298. Vol. 4, No.2 : 109.

  62. Sudrajat, Budi. 2018. Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Negara Asean Untuk Siswa Kelas VI SD. Medan : STMIK Rosma. Jurnal Interkom. ISSN: 2621-1106. Vol.13 No.1 : 14.

  63. Sastrawan, Putu Virgo. I Ketut Resika Arthana, dan I Gede Partha Sindu. 2017. Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha. Journal Karmapati. ISSN : 22 52-9063. Vol. 6 No. 1 : 4.

  64. Sinta, Yona. Luppita Prambayu dan Arry Mustikawan. 2018. Perancangan Motion Graphic Pentingnya Ayah ASI dalam Proses Asi Eksklusif. Telkom University. E-Proceeding of Art & Design. ISSN : 2355-9349. Vol.5, No.3: 2047.

  65. Subario, Andrew P. Arie S. M. Lumenta dan Meita Rumbayan. 2017. Animasi Sosialisasi Penghematan Listrik. Manado : Universitas Sam Ratulan gi. E-Journal Teknik Informatika. ISSN : 2301-8364. Vol. 12 No. 1 : 2.

  66. Susilawati, Iis Mei dan Muhammad Harun. 2017. Analisis SWOT Sebagai Dasar Strategi Branding Pada Madrasah Ibtidaiyah Alhidayah, Cireunde, Ciputat. Serang : UIN Banten. Jurnal Tarbawi. ISSN 2442-8809. Vol. 3 No.1 : 112.

  67. Sutrisno. Mursalat Asyidiq dan Sugeng Santoso. 2018. Perancangan Sistem Pemasangan Iklan Online Pada Aplikasi E-Commerce (E-Gemanusa) Menggunakan Metode Restful Api dan Framework Laravel. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. E-ISSN : 2622 – 6391. Vol. 2 No. 2 : 122.

  68. Surya, Yenni Fitra. 2018. Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Riau: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu. ISSN : 25lk80-1147. Vol. 2 No.1 : 137.

  69. Switri, Endang. 2019. TEKNOLOGI DAN MEDIA PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. Cirebon: Ayra Luna. ISBN : 6026588531, 9786026588531.: 69.

  70. Tama, Adi Kusuma Widya. Azwar Aditya Putra. Muhammad Aziz Fikri. 2018. Video Profile Jurusan Sistem Komputer Jenjang Strata Satu Pada Stmik Raharja Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol, 4. No.2: 103.

  71. Utami, Ni Luh Ayu Pradnyani. 2018. Kajian Warna dan Motif Kain Tenun Upcycle pada Produk Cv. Tarum Bali. Bandung : Institut Seni Budaya Indonesia. Journal Ilmiah Seni & Rekayasa Budaya. ISSN : 2407-7143. Vol. 3, No. 1 : 63.

  72. Wiratna Haris dan Rahmatsyam Lakoro 2017. Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Englishsimple Sentences Pada Mata Kuliah Basic Writing di STKIP Garut. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Journal Sains dan Seni ITS. ISSN : 2337-3520. Vol. 6 No. 2. 95.

  73. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika dan Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media Informasi dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja. Seminar Internasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017. ISSN: 2302-3805. 62-65.

  74. Web.pln.co.id, “Informasi P2TL” 28 Maret 2017.<https://web.pln.co.id/pelanggan/informasip2tl#:~:text=Penertiban%20Pemakaian%20Tenaga%20Listrik%20atau,pemakai%20tenaga%20listrik%20dari%20PLN.>

  75. Yulandina, Aldilla. Condra antoni dan Ardiman firmanda. 2018. Optimalisasi Unsur Live Shoot dan Motion Graphic Untuk Promosi Digital Lembaga Paud. Batam : Politeknik Negeri Batam. Journal of Digital Education, Communication, and Arts. E-ISSN: 2614-6916. Vol. 1, No. 1 : 85.

  76. Yulianjani, Arsi. Aris Martono dan Dwika Apriyani. 2019. Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. ICIT Journal.ISSN : 2654-8704. Vol, 5. No, 1 : 85.



Contributors

Admin, Kingbem16