SI1621493967

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


MEDIA VIDEO SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA

PONDOK PESANTREN AL-BAYAN RANGKASBITUNG

KABUPATEN LEBAK



SKRIPSI




NIM
: 1621493967
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2019/2020





ABSTRAKSI

Dalam sebuah lembaga pendidikan kegiatan promosi melalui media sosial sangat berperan penting dalam meningkatkan image sekolah agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Pondok Pesantren Al-Bayan Rangkasbitung Kabupaten Lebak ini menerapkan nilai-nilai Islam, mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan komitmen untuk mengutamakan Akhlak dan kemandirian hidup, kecerdasan spiritual serta kecerdasan emosional dan intelektual. Tujuan adanya penelitian adalah untuk mengembangkan media berbasis video agar menjadikan daya tarik yang efektif dalam penyampaian informasi dan promosi, serta meningkatkan minat calon santri baru pada Pondok Pesantren Al-Bayan. Permasalahan yang ada pada Pondok Pesantren Al-Bayan yaitu, sebelumnya hanya menggunakan media cetak, social media dan website, juga video dibuat tahun 2017 yang belum update dan kurang menarik secara visualisasinya,sehingga diperlukan pengembangan dan strategi dalam media video promosi untuk dapat menarik minat calon santri baru dan masyarakat untuk bergabung di Pondok Pesantren Al-Bayan. Metode penelitiannya yaitu: Pengumpulan Data, Analisa SWOT, Analisa Perancangan Media dan Konsep Produksi Media (KPM). Hasil dari penelitian ini berupa media video sebagai penunjang promosi yang di rancang menggunakan software Adobe Premiere Pro CC 2017, Adobe After Effect CC 2017 dan Adobe Audition CC. Melalui media video promosi Pondok Pesantren Al-Bayan ini, dapat membantu dalam penyampaian informasi dan promosi guna meningkatkan minat calon pendaftar santri baru, serta Pondok Pesantren Al-Bayan dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Kata Kunci :Video Promosi, Informasi, Pesantren.


ABSTRACT

In an educational institution promotional activities through social media play an important role in improving the image of schools to be better known by the wider community. Pondok Pesantren Al- Bayan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak applies Islamic values, educates the life of the nation, with a commitment to prioritize morality and independence of life, spiritual intelligence and emotional and intellectual intelligence. The purpose of the research is to develop video-based media to make an effective attraction in the delivery of information and promotions, and to increase the interest of prospective new students at Pondok Pesantren Al-Bayan. The problems that exist in the Pondok Pesantren Al-Bayan, namely, previously only using print media, social media and websites, as well as videos made in 2017 that have not been updated and are not visually appealing, so that development and strategies in promotional video media are needed to attract potential candidates. new students and the community to join the Pondok Pesantren Al-Bayan. The research methods are: Data Collection, SWOT Analysis, Media Design Analysis and Media Production Concepts (KPM). The results of this study are in the form of video media to support promotions designed using Adobe Premiere Pro CC 2017 software, Adobe After Effect CC 2017 and Adobe Audition CC. Through this video media promotion Pondok Pesantren Al-Bayan, can help in the delivery of information and promotions in order to increase the interest of prospective applicants for new students, and Al-Bayan Islamic Boarding School can be better known by the wider community.

Keywords: Promotional Video, Information, Islamic Boarding School.




DAFTAR PUSTAKA

  1. Agustina, A. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 OKU. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 12, No. 1:144.
  2. Ahmad, R., Wirasari, I., & Berlian, Y. (2017). Perancangan Promosi Topeng Benjang Untuk Remaja Kota Bandung. eProceedings of Art & Design, Vol. 4, No. 1:11.
  3. Anas, F., Harini, C., & Fathoni, A. (2018). MARKETING STRATEGY THROUGH SWOT ANALYSIS ON DEALER HONDA PRIMA JAYA ABADI BRANCH TEMBALANG SEMARANG. Journal of Management, Vol. 4, No. 4: 30.
  4. Anto, P., Andrijanto, M. S., & Akbar, T. (2017). Perancangan buku pedoman umum ejaan bahasa Indonesia sebagai media pembelajaran di sekolah. Jurnal Desain, Vol.4, No. 2: 95.
  5. Anwar, A. S., Sobari, A., & Hamdani, I. (2018). PENGEMBANGAN KERJASAMA EKONOMI SYARIAH BERBASIS PESANTREN (Studi Kasus BKsPPI dengan BAZNAS, LAZIS PLN, dan Koperasi 212). MALIA (TERAKREDITASI), Vol.10, No. 1: 6.
  6. Apriani, D., Haerul, H., & Febriana, Y. A. (2016). Media Video Profile Sebagai Media Promosi Dan Informasi Pada Smk Bina Am Ma'mur. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, Vol.2, No.1:15.
  7. Arimbawa, I. G. N. N., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2017). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, Vol. 5, No. 2: 3.
  8. Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audio visual. Jurnal Konseling Gusjigang, Vol. 2, No. 2:186.
  9. Asmawati, A., Hafita, Y., & Faisal, M. (2016) The Design of Visual Communication Design Media Shaped Product Catalog as a Medium of Promotion and Information on PT Trans Nusantara Access (Authorized Dealer Xl) Tangerang. Innovative Creative and Information Technology, Vol. 2 No.1:41.
  10. Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3 Vol 3, No. 1: 59.
  11. Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna, Vol. 2, No. 1: 49-50.
  12. Budiarto, M., & Bella, U. (2018). Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, Vol. 4 No. 2: 220.
  13. Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, Vol. 3, No. 1: 123.
  14. Desrianti, D. I., Maulani, G., & Krisdiana, D. (2019). Video Profile sebagai Media Penunjang Promosi pada Sdk Penabur Gading Serpong. Creative Communication and Innovative Technology Journal, Vol. 12, No. 2: 152.
  15. Duan, R. R., Kalangi, J. A., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Tobelo. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), Vol. 9, No. 1: 131.
  16. Erlyana, Y., & Steffani, S. (2019). ANALISIS COVER ARTWORK ALBUM-ALBUM CHRISYE. Titik Imaji, Vol. 2 No. 1: 3.
  17. Firman, A., Wowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem informasi perpustakaan online berbasis web. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, Vol.5, No. 2: 29.
  18. Fuad, H., Sutarman, S., & Yayah, Y. (2018). Perancangan Sistem Infomasi Customer Relationship Management Pelayanan Berbasis Web di PT Sahabat Kreasi Muda. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, Vol. 8 No. 1:2.
  19. Hanafri, M. I., Triono, T., & Luthfiudin, I. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global, Vol. 8, No. 1: 82.
  20. Herdiana, Y. (2019). Game Simulasi Kerja Praktek Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bale Bandung Menggunakan Unreal Engine 4. COMPUTING| Jurnal Informatika, Vol. 06, No. 02: 24..
  21. Hidayat, W., Wandanaya, A. B., & Fadriansyah, R. (2016). Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi Dan Informasi Di SMK Avicena Rajeg Tangerang. Journal Cerita, Vol.3, No.1: 37.
  22. Hidayat, W., Suhendra, S., & Maulana, A.(2016). Perancangan Media Video Profile Berbentuk Promosi Dan Informasi Di Smk Yuppentek 4 Ciledug Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, Vol. 2, No. 1.
  23. Juwita, R. (2018). Pembuatan Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Tata Surya Pada PT. Penerbit Erlangga. KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, Vol. 02, No. 03: 117.
  24. Kardewa, M. D., & Siahaan, A. U. (2017). Film Dokumenter Budaya Betawi Ondel-Ondel di Negeri Silancang Kuning Berdasarkan Sinematografi Teknik Pengambilan Gambar. Jurnal Integrasi, Vol. 9, No. 1: 29.
  25. Khanifah, U., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PENGERAJIN MEBEL LIMBAH KAYU DENGAN ANALISA SWOT (EFAS-IFAS)(Studi kasus: pengrajin mebel limbah kayu Desa Kangkung, Kec. Mranggen, Kab. Demak). Journal of Management, Vol 4, No. 4: 19-20.
  26. Kurniawan, A., Kadarisman, A., & Hidayat, S. (2017). Perancangan Media Informasi Berkendara Untuk Pengguna Vespa Di Jakarta. eProceedings of Art & Design, Vol.4, No. 1: 29.
  27. Maulani, G., Jessycha, C., & Saragih, D. E. (2018). Video Promosi Untuk Program Acara Crazy Challenge Mnc Channel-Indovision Dengan Adobe Premiere Pro. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, Vol. 6 No.1.
  28. Munir. 2015. “Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan”. Bandung : Alfabeta
  29. Mwanga, V. (2016). Fast track (enhanced recovery program) in colorectal surgery: a literature review: a literature review. No.20
  30. Narita, N., Astika, A., Yapto, Y., & Koerniawaty, F. T. (2017). The Evaluation Of Promotion Strategy of Museum Bali. Journal of Business on Hospitality and Tourism, Vol 02. Issue. 1: 71 – 80.
  31. Nuraeni, R., Octaviani, F., & Aprianti, A. (2016). STRATEGI PROGRAMMING RADIO KOMUNITAS (Studi Kasus Radio Komunitas Seni Budaya (RKSB) Ujung Berung Kota Bandung). Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), Vol. 2, No. 1: 99.
  32. Octalina, L. E., & Khabibah, U. (2019). PEMBUATAN VIDEO IKLAN MENGGUNAKAN SONY VEGAS PRO 13 SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI LEO HIJABI MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol.5, No.1: 98
  33. Popo, H. A. E., Onsu, R. R., & Kalangi, J. S. (2020). PERAN PENGARAH PROGRAM ACARA “SWEET MEMORY” DALAM MENINGKATKAN MINAT DENGAR MASYARAKAT (STUDI PADA PT. RADIO SUARA MITRA 92, 8 FM RATAHAN). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, Vol.2 No.1:4-5.
  34. Putra, I. P. A. S., Darmawiguna, I. G. M., Kom, S., & Putrama, I. M. (2017). FILM SERI ANIMASI 3D BELAJAR BAHASA INDONESIA BERSAMA MADE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK PENUTUR ASING DI UNDIKSHA. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), Vol 6, No. 1: 3.
  35. Purwati, N., & Kurniawan, H. (2015). Studi Pengembangan Prototype Knowledge Management Pada Pengecekan Judul Tugas Akhir atau Skripsi Fakultas Ilmu Komputer IBI Darmajaya. Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I). 49.
  36. Putri, Y. D. R. (2017). Pembuatan Motion Graphics sebagai Media Sosialisasi & Promosi untuk Aplikasi Mobile Trading Online Mandiri Sekuritas. KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, . Vol. 01, No. 02: 86.
  37. Rais, N. S. R., Purba, E. H., & Isnaini, S. M. (2018). Video Promosi pada Fave Hotel LTC Glodok Jakarta sebagai Penunjang Informasi. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, Vol.4 No.2.
  38. Renaldi, R., Fitriyani, A., & Illahi, G. R. (2017). Media Video Profile Penunjang Promosi Dan Informasi Pada Smk Harapan Jaya Kota Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, Vol. 3, No. 1.
  39. Riyanto, S., Setiawan, D., & Rivaldi, A. (2017). Media Video Feature Penunjang Promosi Pariwisata Kabupaten Pati–Jawa Tengah. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, Vol.3, No. 2:172, 171.
  40. Romli, M. (2018). Peluang Dan Tantangan Penerapan Sistem Akuntansi Pesantren Indonesia (SANTRI) Di Indonesia. Ekomadania: Journal of Islamic Economic and Social, Vol. 2, No. 1:38.
  41. Rustam, Y. W. A. (2016). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS PASIEN POLIKLINIK “X” DI BANDUNG. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, Vol.VIII, No. 1: 65.
  42. Sauri, F. S., & Ramdhan, Z. (2019). perancangan Storyboard Dalam Film Animasi 3d “sons Of Pandawa”. eProceedings of Art & Design, Vol.6, No. 2: 5.
  43. Sinclair, C., Keelan, P., Stokes, S., Stokes, A., & Jeffries-Stokes, C. (2015). Participatory video making for research and health promotion in remote Australian Aboriginal communities. International Journal of Critical Indigenous Studies, 8(1), 2-16.
  44. Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), Vol.2. No. 2: 114.
  45. Subario, A. P., Lumenta, A. S., & Rumbayan, M. (2017). ANIMASI SOSIALISASI PENGHEMATAN LISTRIK. Jurnal Teknik Informatika, Vol. 12, No. 1: 2.
  46. Sunarya, L., Sari, K., Wahyu, D., & Sahara, P. W. (2016). Perancangan Media Iklan sebagai Penunjang Informasi dan Promosi pada Hotel Sitamiang 2 Bogor. Innovative Creative and Information Technology, Vol.2 No.1: 17.
  47. Sunarya, L. (2017). Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang. Eksplora Informatika, Vol.6, No.2.
  48. Sunarya, L., Hidayat, W., & Winata, E. S. (2018) Video Sosialisasi Sumur Resapan Berbasis Motion Graphic pada Humas Pemerintahan Kota Tangerang. Journal Sensi, Vol. 4, No. 2: 173, 171.
  49. Sunarya, L., Apryllia, P., & Isnaini, S. (2016). Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual and Broadcasting as A Media Promotion. Creative Communication and Innovative Technology Journal, Vol. 9, No. 3: 320.
  50. Suprayogi, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN LIGHTING FOTOGRAFI PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA FOTO PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, ISSN 2252-3863. Vol 10 No. 01 : 3.
  51. Suryadi, J., Arief, M., & Winoto, W. (2017). Multimedia Audio Visual and Broadcasting Bagian Detik TV PT. Agranet Multicitra Siberkom Jakarta Selatan. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, Vol 3 No 2:233.
  52. Susilawati, S., & Sulhan, M. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Kerja Beraturan dan Tidak Beraturan pada Karangan Narasi. DEIKSIS, Vol. 10, No.01:69.
  53. Susilawati, I. M., & Harun, M. (2017). Analisis SWOT sebagai Dasar Strategi Branding pada Madrasah Ibtidaiyah Alhidayah, Cireunde, Ciputat. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, Vol.3, No. 1: 112.
  54. Sutrisno, S., Asyidiq, M., & Santoso, S. (2018). Perancangan Sistem Pemasangan Iklan Online Pada Aplikasi E-Commerce (E-Gemanusa) Menggunakan Metode Restful Api Dan Framework Laravel. Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, Vol. 2, No. 2: 122.
  55. SYAFI, A. G. (2017). Warna dalam islam. An-Nida', Vol. 4, No. 1: 70.
  56. Teixeira, J. E. M. (2017). The role of promotional touristic videos in the creation of visit intent to Barcelona. International journal of scientific management and tourism.
  57. Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachmah dan Ellen Nindya Purwa. (2017). Media Company Profile sebagai Penunjang Informasi dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran pada Hotel Narita Tangerang. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, Vol.5, No. 1: 21.
  58. Waung, M., Hymes, R., Beatty, J. E., & McAuslan, P. (2015). Self‐promotion statements in video resumes: Frequency, intensity, and gender effects on job applicant evaluation. International Journal of Selection and Assessment, 345-360. Vol. 23 No. 4.
  59. Wulandari, R., Rachmat, A., & Nugraha, B. A. (2018). Promosi dan Informasi pada Media Video Profile SMA Mandiri Balaraja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, Vol.4, No. 2: 210.
  60. Yulianjani, A., Martono, A., & Apriyani, D. (2019). Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Innovative Creative and Information Technology, Vol, 5. No, 1: 85.
  61. Liu, Z., Wang, D., & Lu, H. (2017). Stepwise metric promotion for unsupervised video person re-identification. In Proceedings of the IEEE international conference on computer vision (pp. 2429-2438).

Contributors

Admin, Nita Yulianti