SI1621493946

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

IMPLEMENTASI K-VECTOR PADA

ALPHABET INCUBATOR BUILDING

INFORMATION MODELLING (AI-BIM)

   

SKRIPSI

   

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1621493946
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2019/2020



ABSTRAKSI

ABSTRAK

Perkembangan revolusi Industri 4.0 adalah sebuah upaya perbaikan dan modifikasi pada dunia industri, dengan mengintegrasikan sebuah lini produksi, yang kemunculannya ditandai dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi yang sangat luar biasa. Perkembangan teknologi 4.0 adalah sebuah fenomena teknologi yang mengkolaborasikan cyber dengan teknologi otomatisasi. Kemajuan teknologi membuat setiap aktivitas maupun kegiatan yang dilakukan menjadi lebih mudah dan praktis, hal ini mendorong setiap orang harus mempelajari ilmu bidang teknologi agar tidak tertinggal dalam perkembangan zaman yang semakin bergantung dengan teknologi dalam setiap aktivitas kehidupan. Dan dengan teknologi yang maju tersebut juga mempengaruhi cara kerja sehari hari manusia, mulai dari teknologi untuk mendukung pekerjaan sehari hari hingga teknologi yang berguna untuk melepas penat. Dan dari pekerjaan sehari hari itu sangatlah dibutuhkannya lingkungan kerja yang kondusif, nyaman dan mendukung para pekerja supaya mereka merasa tidak tertekan dan selalu dalam kondisi yang baik, dan salah satu pendukung untuk lingkungan kerja yang nyaman adalah dari faktor ruangan kerja itu sendiri seperti dari pemandangan sekeliling, ada beberapa hal yang membuat tempat kerja itu menarik pandangan mulai dari warna dinding, penempatan furniture dan hiasan serta pencahayaan yang mendukung. Dari beberapa hal tersebut yang paling penting adalah di faktor dinding sekitar karena secara langsung maupun tidak langsung para pekerja akan melihat dinding tersebut, oleh sebab itu diperlukanlah sebuah rancangan desain untuk membuat dinding tersebut nyaman dilihat dan tidak mengganggu sekitar. Konsep awal desain tersebut bisa dilihat dari tema atau jenis pekerjaan yang ada seperti menggunakan tema Futuristik untuk sebuah lingkungan kerja yang berbasis di teknologi, rancangan desain tersebut dibuat dibuat dengan aplikasi software editing dan beberapa elemen penting dari desain grafis sehingga bisa menciptakan hasil akhir sebuah desain bertema Futuristik yang terlihat indah, keren, nyaman dan enak dilihat oleh banyak orang yang tentunya akan menghasilkan lingkungan kerja yang kondusif dan inspiratif.


Kata kunci : Desain, Futuristik, Rainforest




ABSTRACT

The development of the Industrial Revolution 4.0 is an attempt to improve and modify the industrial world, by integrating a production line, whose appearance is marked by the development of technology and information that is extraordinary. The development of technology 4.0 is a technological phenomenon that collaborates cyber with automation technology. Advances in technology make every activity and activities undertaken easier and more practical, this encourages everyone to learn the science of technology so as not to be left behind in the times that are increasingly dependent on technology in every activity of life. And with this advanced technology also affects the way people work everyday, ranging from technology to support daily work to technology that is useful for releasing fatigue. And from the day-to-day work it really needs a conducive work environment, comfortable and support workers so that they feel not pressured and always in good condition, and one of the supporters for a comfortable work environment is from the workspace factor itself as from the surrounding scenery , there are some things that make the workplace interesting views ranging from the color of the walls, placement of furniture and decoration and lighting that support. Of the several things, the most important is the factor of the surrounding wall because directly or indirectly the workers will see the wall, therefore a design is needed to make the wall comfortable to look at and not disturb the surroundings. The initial concept of the design can be seen from the themes or types of work that exist such as using the Futuristic theme for a work environment based on technology, the design of the design is made made with editing software applications and some important elements of graphic design so that it can create the final result of a design themed Futuristic that looks beautiful, cool, comfortable and pleasant to be seen by many people which will certainly produce a conducive and inspiring work environment.


Keywords : Design, Futuristik, Rainforest




DAFTAR PUSTAKA

  1. Abdillah, F., & Murwonugroho, W. (2018). Tren 4 Dimensi dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain , 3 (1), 43-60.

  2. Aini, Q., Dhaniarti, I., & Khoirunisa, A. (2019). Effects of iLearning Media on Student Learning Motivation. Aptisi Transactions on Management (ATM) , 3 (1), 1-12.

  3. Al Fatta, H., & Marco, R. (2015). Analisis pengembangan dan perancangan sistem informasi akademik smart berbasis cloud computing pada sekolah menengah umum negeri (smun) di daerah istimewa yogyakarta. Telematika, 8(2).

  4. Ambrose, G., Harris, P., & Ball, N. (2019). The fundamentals of graphic design . Bloomsbury Publishing.

  5. Anindita, M., & Riyanti, M. T. (2016). Tren Flat Design Dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain , 1 (1), 1-14.

  6. Artadi, I. M. P. (2018). APPLIED STUDY OF'GREEN DESIGN'CONCEPT OF GREEN SCHOOL INTERIOR DESIGN IN SIBANG KAJA VILLAGE, BADUNG. In SEMINAR PROCEEDING OF INTERNATIONAL SEMINAR CULTURE CHANGE AND SUSTAINABLE DEVELOPMENT IN MULTIDISCIPLINARY APPROACH (p. 45).

  7. Asa, K., Budiman, E., & Pakpahan, H. S. (2017, September). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KEANEKARAGAMAN HAYATI DATA POHON DAN ENDEMIK PADA HUTAN HUJAN TROPIS KALIMANTAN. In Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi) (Vol. 2, No. 2, pp. 85-90).

  8. Bylinskii, Z., Kim, N. W., O'Donovan, P., Alsheikh, S., Madan, S., Pfister, H., ... & Hertzmann, A. (2017, October). Learning visual importance for graphic designs and data visualizations. In Proceedings of the 30th Annual ACM symposium on user interface software and technology (pp. 57-6 9).

  9. Cavalera, E. (2017). Perancangan Ulang Corporate Identity PT Daun Karya Propertindo (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

  10. Delvianti, E., & Asyarsinyo, D. F. (2018). Re-desain Co-working Space Bandung Digital Valley. eProceedings of Art & Design , 5 (1).

  11. Fauzan, M., & Sulistiowati, A. D. (2019). Perancangan Kantor Sewa Di Jakarta Dengan Penerapan Arsitektur Futuristik. MAESTRO , 2 (1), 109-115.

  12. Febriyanto, E., & Aini, Q. (2020). Multimedia-Based Visual Analysis As A Promotional Media At Raharja Internet Cafe (RIC). Aptisi Transactions On Management , 4 (1), 76-82.

  13. Gao, H., Koch, C., & Wu, Y. (2019). Building information modelling based building energy modelling: A review. Applied energy , 238 , 320-343.

  14. Grech, A., & Camilleri, A. F. (2017). Blockchain in education.

  15. Handayani, I., Febriyanto, E., & Bachri, E. W. (2018). Aplikasi Stat Counter Sebagai Alat Monitoring Aktivitas Website PESSTA+ Pada Perguruan Tinggi. SISFOTENIKA, 8(2), 188-197.

  16. Handayani, I., Febriyanto, E., & Bachri, E. W. (2018). Aplikasi Stat Counter Sebagai Alat Monitoring Aktivitas Website PESSTA+ Pada Perguruan Tinggi. SISFOTENIKA, 8(2), 188-197.

  17. Handy, C., Padmanaba, C. G., & Thamrin, D. (2015). Perancangan Interior Japanese Action Figure Center di Surabaya. Intra , 3 (2), 419-426.

  18. Krisdianto, A., Purwantiasning, A. W., & Aqli, W. (2018). PENERAPAN ARSITEKTUR FUTURISTIK TERHADAP BANGUNAN GUNDAM BASE INDONESIA DI JAKARTA. PURWARUPA Jurnal Arsitektur , 2 (1), 9-16.

  19. Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV Budi Utama.

  20. Listya, A. (2016). Bukan sekedar hiasan: gaya grafis khas sebagai identitas visual korporat. Jurnal Desain , 3 (02), 107-117.

  21. Martin, F., & Sherman, M. (2016). A dual-major course emphasizing computer science and graphic design. Journal of Computing Sciences in Colleges , 30 (6), 24-31.

  22. Meggs, P. B., & Purvis, A. W. (2016). Meggs' history of graphic design. John Wiley & Sons.

  23. Nafizah, N. S., & Winoto, Y. (2018). Pekerjaan Pustakawan di Bagian Layanan Teknis Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Pustaka Budaya, 5(1), 19-28.

  24. Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019, April). Indonesia PISA Result and Impact on The Reading Learning Program in Indonesia. In International Conference on Interdisciplinary Language, Literature and Education (ICILLE 2018). Atlantis Press.

  25. NURNANINGSIH, D. DESAIN INTERIOR STUDIO ANIMASI DENGAN KONSEP FUTURISTIK DI SURAKARTA.

  26. Palintan, A. T. A. (2018). Penggunaan media kolase dalam meningkatkan kreativitas anak. AL-ATHFAL: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Anak Usia Dini , 1 (1).

  27. Pangerang, S. A. (2018). PERENCANAAN STUDIO DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DENGAN PENDEKATAN GAYA ARSITEKTUR FUTURISTIK DI KENDARI. GARIS Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur , 1 (2).

  28. Parung, H., Tjaronge, M. W., Djamaluddin, R., Irmawaty, R., Amiruddin, A. A., Djamaluddin, A. R., ... & Nur, S. H. (2019). Sosialisasi Aplikasi Teknologi Building Information Modelling (BIM) pada Sektor Konstruksi Indonesia. JURNAL TEPAT: Applied Technology Journal for Community Engagement and Services , 2 (2), 112-119.

  29. Preble, Duane and (2016), Artforms, Harper and Row Publishers, Inc., New York.

  30. Purnamasari, I. (2015). REKONSTRUKSIONISME-FUTURISTIK DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA. CIVIS , 5 (2/JULI).

  31. PUTRI, P. U. (2020). AKADEMI ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS FATMAWATI DI KOTA SEMARANG, DENGAN PENEKANAN DESAIN GREEN ARCHITECTURE. Jurnal Poster Pirata Syandana, 1(02).

  32. Rahardja, U., Aini, Q., & Zebua, V. K. A. (2019). Penerapan Sistem Pengecekan Mahasiswa Layak KKP Berbasis YII Framework Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Teknoinfo , 13 (2), 96-99.

  33. Rahardja, U., Aini, Q., Graha, Y. I., & Khoirunisa, A. (2019, May). Implementation of Gamification into Management of Education for Motivating Learners. In Proceeding Interuniversity Forum for Strengthening Academic Competency (Vol. 1, No. 1, pp. 209-209).

  34. Rahardja, U., Handayani, I., & Wijaya, R. (2018). Penerapan Viewboard Technomedia Journal menggunakan sistem iLearning Journal Center pada Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 2(2), 78-89.

  35. Rahardja, U., Hariguna, T., & Aini, Q. (2019). Understanding the Impact of Determinants in Game Learning Acceptance: An Empirical Study. International Journal of Education and Practice , 7 (3), 136-145.

  36. Roby, M., Mauliani, L., & Aqli, W. (2019). KONSEP FUTURISTIK PADA PERANCANGAN GEDUNG KANTOR MANAJEMEN SCHLUMBERGER JAKARTA. PURWARUPA Jurnal Arsitektur , 2 (2), 77-82.

  37. SAARINEN, P. B. K. K. E. (2017). PRINSIP DESAIN ARSITEKTUR NEO FUTURISTIK.

  38. Sasono, A. F. (2016). Desain Interior Coffee Toffee Berlanggam Futuristik Dengan Fasilitas Bagi Komunitas Gamer.

  39. Setiadi , V. S. (2018, March). KEBERLANJUTAN DALAM DESAIN GRAFIS.In Prosiding Seminar Nasional Pakar (pp. 241-246).

  40. Setiawan, Y. (2015). Perancangan identitas visual untuk kopi toraya mamali (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

  41. Shinta, S. S. (2017). WAHANA EDUTAINMENT ASTRONOMI DAN ANTARIKSA DI SLEMAN YOGYAKARTA Dengan Penekanan Desain Arsitektur Futuristik LandasanProgram Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (LP3A) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

  42. Sunarya, L., Budiarto, M., & Assyifa, J. D. (2015). Keefektifan Media Komunikasi Visual sebagai Penunjang Promosi pada Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT , 9

  43. Veronica, V., Indrani, H. C., & Nilasari, P. F. (2019). Perancangan Interior Henshin Lounge & Bar di Surabaya. Intra , 7 (2), 757-766.

  44. Wijaya, N. (2016). Pelatihan membuat desain logo vector menggunakan adobe illustrator dan adobe flash di SMK Bina Cipta Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat , 1 (1), 25-29.

  45. Yatim, A., Nurkholis, F. M., & Setiawan, A. (2018). Innovation in University in the era of Industry 4.0.

  46. Yupardhi, T. H., & Noorwatha, I. K. D. (2019, September). Instagrammable Interior: Studi Preferensi Tampilan Estetik dan Kreatif Interior Tempat Kuliner untuk Generasi Milenial. In Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, dan Desain. (Vol. 1, pp. 46-55).


Contributors

Andhika