SI1621493886

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

'

PENGEMBANGAN GRAFIS PROGRAM

KICK ANDY PADA MEDIA GROUP

METRO TV



SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1621493886
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

(TA.2019/2020)




ABSTRAKSI

Grafis merupakan keberadaan yang sangat penting bagi dunia pertelevisian, Seperti program Kick Andy Metro TV. Acara Kick Andy memiliki acara tahunan yang ditayangkan secara live yaitu Kick Andy Heroes. Acara ini membutuhkan Grafis berupa Opening Bumper Break(OBB) dan grafis lainnya yang selalu berubah tiap tahunnya. Dalam pembuatan grafis untuk program live, kecepatan proses pembuatan grafis adalah inti utamanya. Pada Kick Andy Heroes tahun 2019, pembuatan grafis menggunakan 2 software utama yaitu Cinema 4D guna 3D modeling dan After Effect untuk editing. Hal ini memicu double rendering yang memakan waktu. Adapun metodologi penelitian yang dilakukan selama penelitian ini berlangsung yaitu metode analisa permasalahan, metode pengumpulan data, metode analisa pengembangan media dan metode konsep produksi media (KPM) yang didalamnya terdapat preproduction, production dan postproduction. Tujuan dari penelitian ini diharapkan untuk dapat membantu mempercepat produksi grafis yang biasanya memakan waktu lebih lama khususnya untuk divisi graphic development Metro TV.

Kata Kunci : 3D modeling, Graphic, Televisi.

ABSTRACT

Graphic is a very important existence in the world of television, such as the Kick Andy Metro TV program. The Kick Andy event has an annual event that is broadcast live, namely Kick Andy Heroes. This event requires graphics in the form of Opening Bumper Break (OBB) and other graphics that are always changing every year. In making graphics for live programs, the speed of the graphics manufacturing process is the main core. In Kick Andy Heroes in 2019, making graphics using 2 main software namely Cinema 4D for 3D modeling and After Effects for editing. This triggers a double rendering which takes time. The research methodology carried out during this research is problem analysis method, data collection method, media development analysis method and media production concept (KPM) method in which there are preproduction, production and postproduction. The purpose of this research is expected to be able to help accelerate the production of graphics which usually takes longer, especially for Metro TV's graphic development division.

Keywords: 3d Modeling, Graphic, Television




DAFTAR PUSTAKA

  1. Annisa Purwani, Lara Firdani dan Fahrurrozi. 2019. pengembangan Media Grafis Untuk Meningkatkan siaga Bencana Banjir. Jakarta : Universitas Negri Jakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. ISSN : 2549-8959.Vol.3 No.1 : 55-67.
  2. Muharto, Amarbarita. 2016. Sistem Informasi Pengolaan Uang Pembangunan Pada Jemaat GMIH ELIEM BALISOAN Menggunakan Borland Delphi. Maluku Utara : Politeknik sains dan teknologi Wiratama. Indonesian Journal on Information system. ISSN : 2548-6438.Vol.3 No.1 : 106.
  3. Sunarya, Lusyani. Della Nurasiah dan Firmansyah Agustian. 2017. Video Profile Sebagai Saranan Informasi dan Promosi Studio Satu PT. Media Televisi Indonesia (Metro TV). Tangerang : STMIK Raharja. Cerita Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.3 No.1 : 4.
  4. Sunarya, Po. Abas dan Lisa Anisa. 2018. Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada DITJEN APTIKA Kementrian Komunikasi dan Informatika Jakarta. Tangerang : STMIK Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.4 No.1 : 77.
  5. Triyono. Kemal Salahuddin dan Hendi Setiawan. 2016. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda. Tangerang : STMIK Raharja. CCIT Journal. ISSN : 1978-8282. Vol.10 No.1 : 101.
  6. Riswanto. Asti Ideliana dan Siti Kholipah M. 2017. Media Iklan Menggunakan Aplikasi Adobe After Effect Guna Penunjang Informasi dan Promosi di CV. Yuka Production Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.3 No.1 : 14-15.
  7. Andespa, Roni. 2016. Meningkatkan Pertumbuhan Nasabah Bank Syariah : Mendukung Pembiayaan Promosi, Pendidikan dan Pelatihan. Padang : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Magdis Jurnal Kajian ekonomi Islam. ISSN : 2528-5645. Vol.1 No.2 : 172.
  8. Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachman dan ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 19-21.
  9. Pangerang, Fitriaty. 2016. Rancangan Bangun Sistem Informasi Data Agunan dan Data Legalitas Usaha di BNI Cabang Mamuju. Padang : Politeknik Negeri Ujung Pandang. Jurnal Teknologi ELEKTERIKA. ISSN : 1412-8764. Vol.13 No.1 : 62.
  10. Waruwu, Fince Tinus. Efiro Buulolo dan Eferoni Ndruru. 2017. Implementasi Algoritma Apriori Pada Analisa Pola Data Penyakit Manusia yang Disebabkan oleh Rokok. Medan : STMIK Budi Darma. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer). ISSN : 2597-4610. Vol.1 No.1 : 177.
  11. Hidayat, Wahyu. Fauzi Maafuf dan Saeful Bahari. 2016. Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Penunjang Promosi dan Informasi di PT. Wans Desain Group. Tangerang : STMIK Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.2 No.1 : 37.
  12. Rukmiyati, Ni Made Sri dan I Ketut Budiartha. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefullness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Sofware Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang di Provinsi Bali). Bali : Universitas Udayana. E-Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ISSN : 2580-5312. Vol.5 No.1 : 122.
  13. Pawirosumarto, Suharto. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. Jakarta Barat : Universitas Mercu Buana. MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen. ISSN : 2088-1231. Vol.6 No.3 : 419.
  14. Supriatna, Jatna. 2018. Konservasi Biodeversitas: Teori dan Praktik di Indonesia. Jakarta Pusat : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
  15. Fauzi, Rizki Ahmad, 2017. Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi). Yogyakarta : Deepublish.
  16. Putra, Azwar Aditya dan Vella Varisa. 2019. Video Kabupaten Tangerang Pada Dinas DISPORABUDPAR Pariwisata. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.5 No.1 : 65.
  17. Sanni, M. Ifran. Siti Maesaroh dan Rifqi Baihaqi. 2019. Media Promosi dan Informasi Guna Penunjang Iklan Sport Party (GOFIT) PT. Arka Mahesa Pratama Jakarta. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.5 No.1 : 23
  18. Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam ATTAQWA. Tangerang : STMIK Raharja. SENSI Journal. ISSN : 2461-1409. Vol.2 No.1 : 60
  19. Yulius, Yosef. 2016. Peranan Desain Komunikasi Visual Sebagai Pendukung Media Peromosi Kesehatan. Palembang : Universitas Indo Global Mandiri. Jurnal Seni, Desain dan Budaya. ISSN : 2502-8626. Vol.1 No.2 : 44:45.
  20. Hidajat, Henny dan Helen Dwiyanti. 2016. Perancangan Ilustrasi Pada Cerita bergambar Berjudul “Legenda Gunung Semeru”. Jakarta Utara : Universitas Bunda Mulia. ISSN : 2086-1060. Vol.5 No.2 : 161-162.
  21. Patria, Asidigisianti Surya dan Nova Kristiana. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Tipografi Aplikatif Berbasis Vi-Learn. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. SENDES UNESA. ISSN 2541-6626. Vol.1 No.1 : 73.
  22. Rahmanea, Talita dan Lea Kristina Anggraeni. 2018. Peningkatan Motivasi Komunikasi Oral Bagi Siswa SLB Tunarungu dengan Ruang Kelas Berkonsep Tipografi Interaktif dan Natural. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Sains & Seni ITS. ISSN : 2337-3520. Vol.7 No.2 : 145.
  23. Fatmawati, Ririn dan Sri Widayati. 2016. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Balon pada Anak Kelompok Bermain. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. Paud Teratai. ISSN : 2302-7363. Vol.5 No.3 : 2.
  24. Artika, Basten Yuni. Gunarhadi dan Muhammad Akhyar. 2017. Batik Ciprat Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Warna Bagi Siswa Tunarungu Kelas 5 di SDLB Negeri Grobogan. Surakarta : Universitas Muhammadiya Surakarta. Proceeding of The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching. ISSN : 2549-5607. Vol.1 No.1 : 1012-1013.
  25. Fitria, Rini dan Rohmadi Fadli. 2017. Makna Simbol Tradisi Burak Dalam Komunikasi Ritual Suku Bugis di Kota Bengkulu. Pontianak : Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Jurnal Al-Hikmah. ISSN 1978-5011. Vol.11 No.1 : 107.
  26. Saefullah, Hilmansyah. 2018. Cyborg Sebagai Simbol dalam Frankenstein Karya Mary Shelley. Karawang : Universitas Singaperbangsa Karawang. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika). ISSN 2528-6978. Vol.6 No.2 : 40.
  27. Marieski, Tikki Capriati, Dr. Ir Bambang Hidayat DEA dan Irma Safitri ST, M.I.T. 2017. Perancangan Aplikasi Deteksi Kemacetan Berdasarkan Pengolahan Video Digial Menggunakan Metode Frame Difference Berbasis Android. Bandung : Telkom University. eProceeding of Engineering. ISSN : 2355-9365. Vol.4 No.1 : 481.
  28. Padmo, Amin dan Murinto. 2016. Segmentasi Citra Batik Berdasarkan Fitur Tekstur Menggunakan Metode Filter Gabor dan K-Means Clustering. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Informatika. ISSN : 1978-0524. Vol.10 No.1 : 1174.
  29. Setiawan, Agus. 2016. Pencapaian Sense of Design dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro. Andharupa. ISSN : 2477-2852. Vol.2 No.2 : 112.
  30. Anto, Puji. M. Sjafei Andrijanto dan Taufiq Akbar. 2017. Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indnesia Sebagai Media Pembelajaran Ejaan di Sekolah. Jarkarta Selatan : LPPM Unindra. Jurnal Desain. ISSN : 233-0107. Vol. 4 No.2 : 95.
  31. Faradis, Nadia Safina dan Taufiq Wahab., S.Sn., M.Sn. 2018. Perancangan Identitas Visual Batik Tegalan Umar Hasan Afif di Tegal. Bandung : Telkom University. eProceedings of Art & Design. ISSN : 2355-9349. Vol.5 No.3 : 1735.
  32. Kautsar, Dinda Siti. 2017. Eksporasi Teknik Shibori pada Pakaian Ready to Wear. Bandung : Telkom University. eProceedings of Art & Design. ISSN : 2355-9349. Vol.4 No.3 : 909-910.
  33. Apriani, Desy. Haerul dan Yanuar Arif Febriana. 2016. Media Video Profile Sebagai Media Promosi dan informasi Pada SMK Bina Am Ma’mur. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209 Vol.2 No.1 : 14-15.
  34. Maulani, Giandari. Citra Jessycha dan Deni Erlangga Saragih. 2018. Video Promosi Untuk Program Acara Crazy Challenge MNC Channel Indovision Dengan Adobe Premiere Pro. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.6 No.1 : 8.
  35. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika dan Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media informasi dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Yogyakarta : Universitas Amikom Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 62-63.
  36. Busyaeri, Akhmad. Tamsik Udin dan A. Zaenuddin. 2016. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di Min Kroya Cirebon. Cirebon : IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. ISSN : 2442-5133. Vol.3 No.1 : 128-130.
  37. Febriyanto, Erick. Wahyu Hidayat. dan Rendy Angga Saputra. 2018. Pembuatan Video Bumper Logo 3D Animasi Almados Buana Utama Dengan Adobe After Effect. Technomedia Journal Vol.3 No.1 : 31-43.
  38. Sumendap, Inke Y. Virginia Tulenan. and Sary DE Paturusi. 2019. Pembuatan Animasi 3 Dimensi Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Studi Kasus: Tarian Dana Dana Daerah Gorontalo). Jurnal Teknik Informatika Vol.14 No.2 : 227-234.
  39. Rimayanti, Nita. Ana Yulianti. Belli Nasution dan Evawani Elysa Lubis. 2019. Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media promosi Berbasis Multimedia. Riau : Universitas Islam Riau. IT Journal Research and Development. ISSN : 2528-4053. Vol.3 No.2 : 86-87.
  40. Darmawan, Deni. Pipih Setiawati. Didi Supriadie dan Muthia Alianawati. 2017. Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis English Simple Sentences Pada Mata Kuliah Basic Writing di STKIP Garut. Bandung : Universita Pendidikan Indonesia. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan. ISSN : 2579-7700. Vol.15 No.1 : 112.
  41. Dewi, Surya dan A. Khumaidi. 2017. Pengenalan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunkasi Bagi Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-kanak (TK) Harapan Kita Kec. Pugung Menggunakan Aplikasi Multimedia Macromedia Flash. Lampung : STMIK Pringsewu. Prociding KMSI. ISSN : 2337-3032 Vol.5 No.1 : 563-564.
  42. Hardiansyah, Qodrat. Dinny Kurnia Hermawan dan Tajul Mitakin. 2018. Video Profile Sebagai Media Penunjang Informasi dan Promosi Pada SMK Putra Tama Mandiri. Tangerang : STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2356-5195 Vol.4 No.1 : 76-84.
  43. Sunarya, Lusyani. Putri Apryllia dan Siti Isnaini. 2016. Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual and Broadcasting as a Media Promotion. Tangerang : STMIK Raharja. CCIT Journal. ISSN : 1978-8282. Vol.9 No.3 : 320-325.
  44. Hidayat, Wahyu. Suhendra dan Ade Maulana. 2016. Perancangan Media Video Profile Berbentuk Promosi dan Informasi di SMK Yuppentek 4 Ciledug Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.2 No.1 : 4.
  45. Sunarya, Lusyani. Wahyu Hidayat dan Edo Satria Winata. 2018. Video Sosialisasi Sumur Resapan Berbasis Motion Graphic Pada Humas Pemerintahan Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. SENSI Journal. ISSN : 2461-1409. Vol.4. No.2 : 172-173.
  46. Immaniar, Dewi. Reni Mulyani dan Fitria Arnita. 2017. Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Perguruan Tinggi. Tangerang : STMIK Raharja. CCIT Journal. ISSN : 1978-8282. Vol.10 No.2 : 286.
  47. Sudaryono. Dewi Immaniar Desrianti dan Karunia Suci Lestari. 2018. Infografis Validasi Kuliah Kerja Praktek Dengan Media Audio Visual. Serang : Universita Banten Jaya. ISSN : 1970-1205. Vol.2 No.1 : 6.
  48. Hidayat, Wahyu. Anita B. Wandanaya dan Recha Fadriansyah. 2016. Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi di SMK Avicena Rajeg Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.2 No.1 : 58-61.
  49. Tama, Adi Kusuma Widya. Azwar Aditya Putra dan Muhamad Azis Fikri. 2018. Video Profile Jurusan Sistem Komputer Jenjang Strata Satu Pada STMIK Raharja Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. Cerita Journal. ISSN : 2461-147. Vol.4 No.2 : 103.
  50. Fajri dan Reni Nuraeni. 2017. Strategy Programming pada Program Musik Metal di OZ Radio Bandung (Strategy Programming pada Musik Metal 103,1 FM OZ Radio Bandung). Bandung : Telkom University. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi). ISSN : 2355-9357. Vol.4 No.1 : 1090.
  51. Yusanto, Freddy. 2017. Buku Ajar Produksi Program Televisi Multi Camera. Yogyakarta : Deepublish Publisher. ISBN : 978-602-401-768-2
  52. Anggraini, Yunita. Sandi Prasetyaningsih. dan Condra Antoni. 2019. Analisis dan Implementasi Motion Grafis Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dengan Metode Semiotika Peirce. JURNAL EKSPRESI DAN PERSEPSI Vol.1 No.01
  53. Wulandari, Dwi Cahyani. dan Bhanu Sri Nugraha. 2019. Perancangan Iklan Pada Wisata Water Byur Gunungkidul Menggunakan Teknik Liveshoot Dan Motion Graphic. INFOS Journal-Information System Journal Vol.1 No.4 : 14-19.
  54. Zainudin, Achmad. Sutajaya dan Ajeng Retno Anggraeni. 2019. Video Profile Pada SMK Kusuma Bangsa Kabupaten Tangerang Sebagai Penunjang Informasi dan Promosi. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.5 No.1 : 92-93.
  55. Enterprise, Jubilee. 2017. Trik Cepat Menguasai Adobe After Effects. Jakata : PT Elex Media Komputindo. ISBN : 978-602-02-9905-1
  56. Davidson, Gack. 2017. Adobe After Effects CC 2017: The Complete Beginner’s Guide. Van Helostein : 40 Pages
  57. Enterprise, Jubilee. 2018. Otodidak Adobe Illustrator. Jakarta : PT Elex Media Komputindo. ISBN : 978-602-04-7734-3
  58. Wijaya, Novan. 2016. Pelatihan membuat desain logo vector menggunakan adobe illustrator dan adobe flash di SMK Bina Cipta Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 25-29.
  59. Santoso, Frans. 2018. Pemanfaatan Media Animasi Dengan Simulasi Komputer Efek Visual Untuk Mendukung Adegan. An1mage.
  60. Ardiyan, Ardiyan. Melki Sadekh Mansuan. dan Juni Putra. 2019. Sinematografi Animasi Dalam Media Virtual Reality Bermuatan Hantu Lokal Indonesia. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain 4.1: 87-103.
  61. Abdillah, Fadhly. Damar Adhiguna. dan Agus Sevtiana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi STMIK CIC Dengan Tehnik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic. Jurnal Digit 7.1.
  62. Putra, I. Dewa Made Yoga Wisara. 2018. Pembuatan Film Animasi 2D" Seeing Things" Dengan Teknik Frame by Frame. Diss. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
  63. Fuad, Hilmi. Sutarman dan Yahya. 2018. Perancangan Sistem Informasi Costumer Relationship Management Pelayanan Berbasis Web di PT Sahabat Kreasi Muda. Tangerang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088-1762. Vol.8 No.1 : 2.
  64. Bilung, Septinor. 2016. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda Pada CV. Semoga Jaya di Area Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Kutai Timur : Universitas Mulawarman. eJournal Administrasi Bisnis. ISSN : 2355-5408. Vol.4 No.1 : 199-120.
  65. Dzulhaq, Muhammad Iqbal. Rahmat Tullah dan Putra Satia Nugraha. 2017. Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Kurikulum 2013. Tangerang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088-1762 Vol.7 No.1 : 1.
  66. Amrullah, Agit. Rifda Faticha Alfa A dan Danang Sutedjo. 2016. Kajian Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem Informasi Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Pada Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negri Sunan Kalujaga Yogyakarta. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805. Vol.1 No.4 : 27
  67. Maulani, Giandari. Tia Maryani dan Yully Brigita. 2018. Rancangan Bangun Sistem Informasi Retribusi Persampahan Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2356-5195 . Vol.4 No.1 : 16.
  68. Rahardja, Untung. Kahnna Tiara dan Maya Ima Erviani. 2016. Optimalisasi Viewboard Rhjfox Berbasis Bootstrap Sebagai Sistem Penunjang Keputusan. Tangerang : STMIK Raharja. Technomedia Journal. ISSN : 2528-6544. Vol.1 No.1 : 52
  69. Alfianika, Ninit. 2018. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Deepublish.
  70. Aditya, Naufal. 2018. Pengembangan Aplikasi Peta Tiga Dimensi Interaktif Berbasis Web pada Departemen Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Menggunakan Unity 3D. Diss. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  71. Handayani, Indri. Erick Febriyanto. dan Ahmad Sururi. 2018. Desain Video Berbasis Motion Graphic untuk PPDB SMK Harapan Indonesia 1 dan 3. SISFOTENIKA 8.2 : 166-175.
  72. Sudaryono, Sudaryono. Dewi Immaniar Desrianti. dan Karunia Suci Lestari. 2018. INFOGRAFIS VALIDASI KULIAH KERJA PRAKTEK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi 2.1 : 1-10.
  73. Pratama, Riens. 2019. PENERAPAN ANIMASI 3D PADA MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF VOKAL UNTUK ANAK 2-4 TAHUN. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 7.1
  74. Desrianti, Dewi Immaniar. dan Muhammad Ihsan Majid. 2018. Video Motion Graphic Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik dan Non-Organik pada Pemerintahan Kota Tangerang. SENSITEK 1.1 : 229-234.
  75. Zumer, Raphaël. and Sylvie Ratté. 2018. Color-independent classification of animation video. International Journal of Multimedia Information Retrieval 7.3: 187-196.
  76. Du, Yangzhou. Wenlong Li. Qiang Li. Xiaofeng Tong. Tae-hoon Kim. and Minje Park. 2018. Facial expression based avatar rendering in video animation and method. U.S. Patent 9,898,849, issued February 20.
  77. Kritt, Barry A. Sarbajit K. Rakshit. and Shawn K. Sremaniak. 2018. Visual summarization of video for quick understanding by determining emotion objects for semantic segments of video. U.S. Patent No. 9,961,403. 1 May.
  78. Yu, H., Wang, J., Huang, Z., Yang, Y., & Xu, W. (2016). Video Paragraph Captioning Using Hierarchical Recurrent Neural Networks. In Proceedings of the IEEE conference on computer vision and pattern recognition (pp. 4584-4593).
  79. Feichtenhofer, C., Pinz, A., & Zisserman, A. (2016). Convolutional Two-Stream Network Fusion for Video Action Recognition. In Proceedings of the IEEE conference on computer vision and pattern recognition (pp. 1933-1941).

Contributors

Rendy Angga Saputra