SI1621493053

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


DESKRIPSI TEMPAT BERSEJARAH SEBAGAI LOKASI

WISATA DI BANTEN LAMA BERBASIS

FILM DOKUMENTER


SKRIPSI



NIM
: 1621493053
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020




ABSTRAKSI

Teknologi sudah menjadi hal yang sangat penting bagi setiap penggunanya, terutama yang berhubungan langsung dengan penyampaian informasi, dalam hal menyebarkan informasi, informasi tersebut dapat berupa teks, gambar, foto, suara ataupun video. Dari banyaknya cara ada cara yang lebih efektif lagi yaitu menggunakan video, atau gambar yang nanti menjadi sebuah audio visual yang menarik, dan akan menjadi sebuah informasi umum. Tempat wisata mempunyai banyak pesaing baik di Kota Serang maupun di Luar Kota Serang. Akhirnya Kota Serang terutama wilayah Banten Lama mengharuskan memiliki media informasi terbaru yang lebih up to date. Sehingga diperlukan pengembangan media informasi berupa Film Dokumenter sebagai media penyebaran informasi yang terbaru agar masyarakat luar kota mengetahui tempat wisata apa saja yang terdapat di Kota Serang terutama Banten Lama. Tujuan dari melakukan penelitian ini untuk dapat lebih mudah memperkenalkan tempat bersejarah yang dijadikan tempat wisata sehingga menjadi daya Tarik untuk para calon pengunjung. Metode yang digunakan adalah Konsep Produksi Media (KPM) yang dibagi menjadi tiga diantaranya preproduction, production, dan posproduction. Manfaat Film Dokumenter ini, diharapkan dapat memudahkan calon pengunjung dalam mendapatkan informasi tentang tempat bersejarah yang dijadikan lokasi wisata di Banten Lama. Hasil dari penelitian ini nantinya akan diimplementasikan melalui social media seperti Youtube, Instagram, serta dapat membantu kegiatan promosi atau penyebaran informasi pada saat presentasi internal oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Serang.

Kata Kunci: Film Dokumenter. Informasi, Audio Visual


ABSTRACT

Technology has become very important for every user, especially those dealing directly with the delivery of information, in terms of disseminating information, the information can be in the form of text, images, photos, sounds or videos. Of the many ways there are more effective ways, namely using video, or images that will become an interesting audio visual, and will become general information. Tourist attractions have many competitors both in the Serang City and outside the Serang City. Finally, the Serang City, especially Banten Lama, requires that it has the latest up to date information media. So that it is needed the development of information media in the form of Documentary Films as the latest media for disseminating information so that people outside the city know what tourist attractions are in Serang, especially Banten Lama. The purpose of conducting this research is to be able to more easily introduce historical places that are used as tourist attractions so that it becomes an attraction for potential visitors. The method used is the concept of Media Production (KPM) which is divided into three including preproduction, production, and postproduction. The benefits of this documentary are expected to make it easier for prospective visitors to get information about historical places that are used as tourist sites in Banten Lama. . The results of this research will be implemented through social media such as Youtube, Instagram, and can help with promotional activities or information dissemination during internal presentations by the Department of Tourism, Youth and Sports in Serang City.

Keyword : Documentary Film, Information, Audio Visual




DAFTAR PUSTAKA

  1. Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019).Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar.
  2. Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika, 2(1), 80391.
  3. Abdurahman, M. (2018). Sistem Informasi Data Pegawai Berbasis Web Pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan Kota Ternate. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO-Ilmu Komputer & Informatika, 1(2).
  4. Fitria, S. F., Harahap, E., Badruzzaman, F., Fajar, M. Y., & Darmawan, D. (2019, January). Aplikasi Rata-rata Data Tunggal. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 6).
  5. Saputra, M. R., & Riyadi, S. (2019). SISTEM INFORMASI POPULASI DAN HISTORIKAL UNIT ALAT-ALAT BERAT PADA PT. DAYA KOBELCO CONSTRUCTION MACHINERY INDONESIA. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), 6(2).
  6. Arief, H. N., & _ Suwita, J. (2019). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE UNTUK KALANGAN UMKM (BENGKEL MOTOR). Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 4(2).
  7. Astriyani, E., Lukmana, A., & Irawan, A. (2016). Media Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Di PT. Surya Toto Indonesia Tbk. Kabupaten Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 2(2), 204-215.
  8. Rosmila, R., Yamin, M., & Tajidun, L. M. (2017). APLIKASI PEMBAGIAN HARTA WARIS MENURUT HUKUM ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIKA. semanTIK, 2(2).
  9. Tobing, F. A., Tullah, R., & Pribadi, A. (2017). Sistem Informasi Reservasi And Real Time Tracking Bus Online. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 7(1).
  10. Komarasari, W. (2017). Pengaruh kapasitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian intern akuntansi terhadap keterandalan pelaporan keuangan daerah (Pada SKPD Kabupaten Bantul Bagian Akuntansi dan Keuangan). Prodi Akuntansi UPY.
  11. Sutarya, I. G. (2019). Potensi Pasraman Hindu sebagai Tujuan Pariwisata Spiritual. PARIWISATA BUDAYA: JURNAL ILMIAH AGAMA DAN BUDAYA, 2(1), 9-19.
  12. Yuniana, D. (2019). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA BLITAR (Studi Kasus Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar).
  13. Hidayat, W., Maafuf, F., & Bahari, S. (2016). Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Penunjang Promosi Dan Informasi Di PT. Wans Desain Group. Journal Cerita, 2(1), 35-49.
  14. Tama, Adi Kusuma Widya Maria. Dingi Novena dan Sefty Lestari. Perancangan Merchandise Guna Menunjang Efektivitas Promosi. ISSN: 2461-1409. Tangerang : STMIK Raharja Jl.Jend Sudirman No.40, Modern Cikokol.
  15. Batubara, A., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1).
  16. Maimunah, M., Manalu, D. E., & Kusuma, D. B. (2017). PERANCANGAN PROTOTYPE VISUAL PADA BAGIAN DESAIN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. SULINDAFIN. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 4-6.
  17. Astriyani, E., Lukmana, A., & Irawan, A. (2016). Media Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Di PT. Surya Toto Indonesia Tbk. Kabupaten Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 2(2), 204-215.
  18. Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora, 20(2), 154-161.
  19. Wulan, R., Saputra, E., & Haries, A. (2018). Pengembangan Metode Cepat Membaca Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia Dalam Rangka Pemberantasan Buta Huruf Pada Lansia. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 1(01), 48-54.
  20. Miftahurrachmah, A., & Purwa, E. N. (2017). MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PROGRAM PEMASARAN PADA HOTEL NARITA TANGERANG. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 1-3.
  21. Bakti, S., Hasibuan, N. A., Sianturi, L. T., & Sianturi, R. D. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Coreldraw X3 Menggunakan Metode Web Based Learning (Wbl). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 3(4).
  22. Purwanto, E., & Yuliana, M. E. (2016). Penerapan animasi pertunjukan wayang sebagai media pendidikan budi perkerti dan memperkenalkan budaya bangsa kepada anak usia dini. Jurnal Sainstech, 1(6), 21-31.
  23. Turangan, A. S. J., Tamsir, W., & Febriani, R. (2017). Perancangan Buku Interaktif Belajar Baca Tulis bagi Orangtua Anak Penderita Disleksia di Kota Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(10), 8.
  24. Ahmad, R., Wirasari, I., & Berlian, Y. (2017). Perancangan Promosi Topeng Benjang Untuk Remaja Kota Bandung. eProceedings of Art & Design, 4(1).
  25. Fatmawati, R., & Widayati, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Permainan Balon Pada Anak Kelompok Bermain. PAUD Teratai, 5(3).
  26. Kiftiyah, M., Santoso, S., & Munsyi, M. (2017). Robot Pendeteksi Warna. Jurnal Sains dan Informatika, 1(2).
  27. Budianto, C. A., Anggraeni, S., Kusuma, A. T., & Wasiska, N. S. (2018). Studi Pengaruh Warna Interior Ruang Rawat Inap Terhadap Tingkat Stress Pasien (Studi Kasus RSIA di Surabaya). Jurnal Desain Interior, 3(2), 59-64.
  28. Dona, G. P., Dini Faisal, S. D., San Ahdi, M. D., Sn, S., & Ds, M. (2018). Desain Web PT. Andalas Multimedia Promosindo. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(2).
  29. Rasyid, A., Saleh, A., Cangara, H., & Priatna, W. B. (2015). Komunikasi dalam CSR Perusahaan: Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 31(2), 507-518.
  30. Muzammil, A., Yunus, M., & Darsono, N. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME PT. TELKOM INDONESIA DI BANDA ACEH DENGAN KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Manajemen Inovasi, 8(3).
  31. Apriani, D., Rosdiana, R., & Asriyani, A. (2018). Sarana Promosi dan Informasi sebagai Video Profile SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 201-208.
  32. Ajie, Hamidillah dan Billy Tantono. 2017. Analisis dan Desain Kebutuhan Elemen Multimedia Video Pada Sistem Repositori Multimedia Pembelajaran Perakitan Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarata : Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pinter. ISSN : 2597-4475. Vol.1, No.2 : 118.
  33. Romika, D. P., & Ryana, M. C. (2017). PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMA CITRA ISLAMI TANGERANG. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 1-3.
  34. OFINDRA, M. H., Budiwirman, M. P., San Ahdi, M. S., & Ds, M. (2017). PERANCANGAN PROMOSI LALITO COFFEE MELALUI MEDIA IKLAN TV. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).
  35. Brahmowisang, A. K. (2019). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan Media Film Dokumenter pada Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Wuryantoro. Historia Pedagogia, 8(1), 42-50.
  36. Yasa, K. A. M., Santyadiputra, G. S., & Darmawiguna, I. G. M. (2019). Film Dokumenter Tradisi Megebeg-Gebegan “Sebuah Kebersamaan Yang Hilang”. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 8(2), 273-284.
  37. Prijanto, J. H. (2017). Pemanfaatan Video Dalam Pembelajaran Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Kebijakan Publik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(1), 6-14.
  38. Kaliye, V. A., Hagijanto, A. D., & Malkisedek, M. H. (2020). Perancangan Video Dokumenter Kawasan Pecinan Semarang. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16), 9.
  39. Sunarya, L., Apryllia, P., & Isnaini, S. DESIGN VIDEO PROFILE BASED MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING AS A MEDIA PROMOTION.
  40. Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121.
  41. Darmawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D., & Alinawati, M. (2017). PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ENGLISH SIMPLE SENTENCES PADA MATA KULIAH BASIC WRITING DI STKIP GARUT. PEDAGOGIA, 15(2), 199-212.
  42. Dewi, S., & Khumaidi, A. (2017). PENGENALAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK (TK) HARAPAN KITA KEC. PUGUNG MENGGUNAKAN APLIKASI MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH. PROCIDING KMSI, 5(1).
  43. Hidayat, W., Maafuf, F., & Bahari, S. (2016). Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Penunjang Promosi Dan Informasi Di Pt. Wans Desain Group. Journal Cerita, 2(1), 35-49.
  44. Wirdaningsih, W., & Mardhatillah, M. (2016). Penerapan Media Audio-Visual Terhadap Keaktifan Pada Materi Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Siswa Kelas IV SD Negeri Pasi Teungoh Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).
  45. Suryadi, J., Arief, M., & Winoto, W. (2017). Multimedia Audio Visual and Broadcasting Bagian Detik TV PT. Agranet Multicitra Siberkom Jakarta Selatan. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 3(2), 231-239.
  46. Budiarto, M., & Bella, U. (2018). Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 217-227.
  47. Cikka, H. (2019). SINOPSIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (Cara Mudah Memahami dan Mengingat Peristiwa Sejarah). Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 300-306.
  48. Tama, A. K. W., Putra, A. A., & Fikri, M. A. Video Profile Jurusan Sistem Komputer Jenjang Strata Satu Pada STMIK Raharja Tangerang. Journal Cerita, 4(2), 99-109.
  49. Sudaryono, S., Desrianti, D. I., & Lestari, K. S. (2018). INFOGRAFIS VALIDASI KULIAH KERJA PRAKTEK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 2(1), 1-10.
  50. Maulani, G., Janah, S. N., & Mahbubi, Y. A. (2017). Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2. Sisfotenika, 7(1), 61-73.
  51. Desrianti, D. I., & Majid, M. I. (2018, July). Video Motion Graphic Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik dan Non-Organik pada Pemerintahan Kota Tangerang. In Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Vol. 1, No. 1, pp. 229-234).
  52. Astriyani, E., Lukmana, A., & Irawan, A. (2016). Media Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Di PT. Surya Toto Indonesia Tbk. Kabupaten Tangerang. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 2(2), 204-215.
  53. Sunarya, Lusyani. Wahyu Hidayat dan Edo Satria Winata. 2018. Video Sosialisasi Sumur Resapan Berbasis Motion Graphic Pada Humas Pemerintahan Kota Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. SENSI Journal. ISSN : 2655-5298. Vol. 4, No. 2 : 173.
  54. Yulianjani, Arsi. Aris Martono dan Dwika Apriyani. 2019. Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2654-8704. Vol. 5, No. 1 : 85.
  55. Tama, A. K. W., Putra, A. A., & Fikri, M. A. Video Profile Jurusan Sistem Komputer Jenjang Strata Satu Pada STMIK Raharja Tangerang. Journal Cerita, 4(2), 99-109.
  56. Febriyanto, E., Rahardja, U., Faturahman, A., & Lutfiani, N. (2019). Sistem Verifikasi Sertifikat Menggunakan Qrcode pada Central Event Information. Techno. Com , 18 (1), 50-63.
  57. Aini, Q., Rahardja, U.,&Fatillah,A.(2018. Penerapan Qrcode Sebagai Media Pelayanan Untuk Absensi Pada Website Berbasis Php Native. Sisfotenika , 8 (1), 47-56.
  58. Nuraeni, R., Octaviani, F., & Aprianti, A. (2016). STRATEGI PROGRAMMING RADIO KOMUNITAS (Studi Kasus Radio Komunitas Seni Budaya (RKSB) Ujung Berung Kota Bandung). Jurnal LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 2(1), 94-103.
  59. Sudaryono, S., Desrianti, D. I., & Lestari, K. S. (2018). INFOGRAFIS VALIDASI KULIAH KERJA PRAKTEK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 2(1), 1-10.
  60. Subario, Andrew P. Arie S. M. Lumenta dan Meita Rumbayan. 2017. Animasi Sosialisasi Penghematan Listrik. Manado : Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika. ISSN : 2301-8364. Vol. 12, No. 1 : 2.
  61. Sastrawan, P. V., Arthana, I. K. R., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 114-123.
  62. Maharani, D., & Hotami, M. (2017). Rendering Video Advertising Dengan Adobe After Effects Dan Photoshop. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 2(2), 105-111.
  63. Yulandina, A., Antoni, C., & Firmanda, A. (2018). Optimalisasi Unsur Live Shoot dan Motion Graphic untuk Promosi Digital Lembaga Paud. JOURNAL OF DIGITAL EDUCATION, COMMUNICATION, AND ARTS (DECA), 1(1), 1-19.
  64. Prabowo, G. R., Hidayat, W., & Sari, S. K. (2016). Aplikasi Pembelajaran Sistem Pernafasan Pada Manusia Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar. eProceedings of Applied Science, 2(3).
  65. Siahaan, A. U., & Kardewa, M. D. (2017). Film Dokumenter Budaya Betawi Ondel-Ondel di Negeri Silancang Kuning Berdasarkan Sinematografi Teknik Pengambilan Gambar. Jurnal Integrasi, 9(1), 28-34.
  66. Fatimah, S., & Cangara, H. (2017). Pemanfaatan Saluran Komunikasi dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat Oleh Pusat Pelayanan Informasi dan Pengaduan (Pindu) Pemerintah Kabupaten Pinrang. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 79-91.
  67. Wicaksono, B. D., & Ratnasari, S. L. (2017). DETERMINASI KOMUNIKASI, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN UMUM (PERUM) BULOG SUB-DIVRE KOTA BATAM. Jurnal Bening, 4(1).
  68. Zahara, E. (2018). Peranan Komunikasi Organisasi Bagi Pimpinan Organisasi. Warta Dharmawangsa, (56).
  69. Setyawan, A., Suwandi, S., & St Y, S. (2017, June). PENGENALAN BUDAYA LOKAL DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) DI INDONESIA MELALUI MATERI TEKS EKSPLANASI. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).
  70. Verulitasari, E., & Cahyono, A. (2016). Nilai Budaya Dalam Pertunjukan Rapai Geleng Mencerminkan Identitas Budaya Aceh. Catharsis, 5(1), 41-47.
  71. Zarvedi, Reza. Rusli Yusuf dan Mahdani Ibrahim. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Budaya Organisasi dan Kompetensi Terhadap kinerja Pegawai serta Implikasinya pada Kinerja Sekretariat Kabupaten Pidie Jaya. Aceh : Universitas Syiah Kuala. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam. ISSN : 2502-6976 e-ISSN : 2580-6297. Vol. 2 No. 2 : 206.
  72. Bawarodi, M., Tewal, B., & Raintung, M. C. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. FIF Group Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).
  73. Anwar, Yohny. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kompetensi, Kompensasi dan Komitmen terhadap Budaya Organisasi serta Implikasinya pada Kinerja Dosen. Bandung : Universitas Pasundan. Jurnal Kontigensi. ISSN : 20884877. Vol. 4 No. 2 : 107.
  74. Bawarodi, M., Tewal, B., & Raintung, M. C. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. FIF Group Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).
  75. Hadi, S., Wasahua, O., & Masri, Z. A. (2017). Metode Analisis SWOT dalam Pelaksanaan One Village One Product Agribisnis Holtikultura (Studi Kasus di Koperasi Mitra Tani Parahyangan Cianjur). JABE (Journal of Applied Business and Economic), 4(2), 159-172.
  76. Fadli, L. H. (2019). STRATEGIC MANAGEMENT ANALISIS SWOT Pada PT. Gajah Tunggal Tbk. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 106-114.
  77. Khanifah, U., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PENGERAJIN MEBEL LIMBAH KAYU DENGAN ANALISA SWOT (EFAS-IFAS)(Studi kasus: pengrajin mebel limbah kayu Desa Kangkung, Kec. Mranggen, Kab. Demak). Journal of Management, 4(4).
  78. Hanafri, M. I., Triono, T., & Luthfiudin, I. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global, 8(1).
  79. Fitri, N. Y., & Nurhadi, N. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada Smk Yadika Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 318-326.
  80. Kargbo, F., & Obodoeze, M. (2015). Nurses´ role in the prevention of infant and under-five mortality in Africa: A Literature Review.
  81. Mwanga, V. (2016). Fast track (enhanced recovery program) in colorectal surgery: a literature review: a literature review.
  82. Wibowo, A. (2018). Kajian Karakter Destinasi Wisata Daerah Melalui Media Video Berbasis Teknik Sinematografi. In Prosiding Seminar Nasional Rekayasa dan Desain Itenas 2015. Itenas.
  83. Handayani, I., Febriyanto, E., & Sururi, A. (2018). Desain Video Berbasis Motion Graphic untuk PPDB SMK Harapan Indonesia 1 dan 3. SISFOTENIKA, 8(2), 166-175.
  84. Jumardi, J., & Suswandari, S. (2018). Situs Benteng Fort Rotterdam Sebagai Sumber Belajar Dan Destinasi Pariwisata Kota Makasar: Tinjauan Fisik Arsitektur Dan Kesejarahan. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 4(2), 134-144.
  85. Nugroho, W., Suhada, I. P., Hakim, L. R., & Pungkiawan, P. R. (2019). Perancangan Web Series Film Dokumenter sebagai Media Revitalisasi Kopi Jawa di Ngawonggo, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, dan Animasi, 15(2), 109-120.
  86. Maulani, G., Jessycha, C., & Saragih, D. E. (2018). Video Promosi Untuk Program Acara Crazy Challenge Mnc Channel-Indovision Dengan Adobe Premiere Pro. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 6(1), 2-11.
  87. Yi, Y. J., Abd Rahim, M. H., & Sannusi, S. N. (2016). Techniques application on cultural and artistic documentary production: A Study of Simon Schama’s Power of the Art. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 32(2).
  88. Rahman, T. A. F. T. A., Chik, A. R., Sahrir, M. S., & Nordin, M. S. (2017). A REVIEW OF DOCUMENTARY FILM AS AUTHENTIC INPUT IN ENHANCING WRITING SKILLS IN ASL SETTING. Journal of Nusantara Studies (JONUS), 2(1), 99-110.
  89. Mahalakshmi, I., & Mahendran, S. (2017). Analysis of Video Compression Technique. International Journal of Advanced Research in Computer Science & Technology (IJARCST), 5, 52-55.
  90. Pyles, D. G. (2016). Rural media literacy: Youth documentary videomaking as a rural literacy practice. Journal of Research in Rural Education (Online), 31(7), 1.
  91. Adanalı, R. (2017). The effect of digital documentary production through field work on geography students’ problem-solving skills. Journal of Education and Training Studies, 6(1), 113-123.



Contributors

Admin, Dwi Afifah