SI1533483825

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN ALAT UNTUK MEDIA BELAJAR LOGIKA

PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN STM32 PADA

PT. OPTIMA SOLUSINDO INFORMATIKA


SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1533483825
NAMA



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATION INNOVATIVE AND TECHNOLOGY

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2020/2021



ABSTRAK

Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai media pembelajaran pemrograman, salah satunya adalah pendekatan visual berbasis permainan (Game Based Learning). Hal ini sangat berpengaruh dalam menumbuhkan semangat belajar bagi siswa dan mampu menjadi bekal awal bagi siswa dalam menghadapi kemajuan teknologi yang sangat pesat ini. Dalam perkembangan teknologi dibidang pendidikan sekarang ini, banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh lapisan masyarakat. Seiring dengan naiknya kebutuhan didunia pendidikan yang semakin canggih, dapat memudahkan mengajar agar lebih mengefektifkan kegiatan belajar mengajar seperti halnya media belajar logika pemrograman untuk siswa tingkatan Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,studi pustaka, analisa R&D, prototype, dan perancangan. Tujuan fungsional dari penelitian ini adalah mempermudah siswa memahami logika pemrograman dengan metode belajar, praktik, dan bermain.

Keywords: TEAM, Game, Logika Pemrograman, Embedded System, STM32

ABSTRACT

Currently, various programming learning media have been developed, one of which is a game-based visual approach (Game Based Learning). This is very influential in fostering the enthusiasm for learning for students and is able to be the initial provision for students in facing this very rapid technological progress. In today's technological developments in education, there are many benefits that can be felt by all levels of society. Along with the increasing need in an increasingly sophisticated world of education, it can make teaching easier to make teaching and learning activities more effective, such as programming logic learning media for elementary school level students. The methods used in this research are observation, interview, literature study, analysis R&D, prototype, and design. The functional objective of this research is to make it easier for students to understand programming logic with learning, practice, and play methods.

Keywords: TEAM, Game, Programming Logic, Embedded System, STM32.




DAFTAR PUSTAKA

  1. Agusvianto, H. (2017). Sistem Informasi Inventori Gudang Untuk Mengontrol Persediaan Barang Pada Gudang Studi Kasus: PT. Alaisys Sidoarjo. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 1(1), 40-46.
  2. Amrullah, A., Sutedjo, D., Ariyana, R. Y., Hendi, S., & Susanto, E. S. (2016). Kajian Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem Informasi Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Pada Fakultas Adab Dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Semnasteknomedia Online, 4(1), 1-4.
  3. Arisandi, D. (2016). Menyiapkan Adaptasi Teknologi Terkini Melalui Upaya Pemahaman Proses dan Penyiapan Sumberdaya Manusia (Studi Kasus 3D Printing-Rapid Prototyping). Prosiding SENIATI, 89-A.
  4. Azizah, N., Yuliana, L., & Juliana, E. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Karyawan Harian Lepas Pada PT Flex Indonesia. Journal Sensi, 3(1), 14-21.
  5. Dzulhaq, M. I., Tullah, R., & Nugraha, P. S. (2017). Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Sisfotek Global, 7(1).
  6. Fajarianto, O. (2017). Prototype Pelayanan Akademik Terhadap Komplain Mahasiswa Berbasis Mobile. Jurnal Lentera ICT, 3(1), 54-60.
  7. Fauziyah, S. A., Irmawati, I., & Darusalam, U. (2018). Sistem Informasi E-learning Di Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Cooperative Problem Based Learning (Cpbl). incomtech, 6(1).
  8. Fitrianti, F. (2016). Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas.
  9. Gulati, U. and Vatanawood, W., 2019, December. Transforming Flowchart into Coloured Petri Nets. In Proceedings of the 2019 3rd International Conference on Software and e-Business (pp. 75-80).
  10. Haryawan, A., & Salechan, S. (2017, November). Pengembangan Bahan Ajar Mikrokontroler Berbasis Arduino sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Mikrokontroler di Politeknik Pratama Mulia Surakarta. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis 2017 (pp. 207-214).
  11. Herdiansyah, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Berbentuk Game Pada Materi Bangun Ruang (Kubus Dan Balok) Untuk SMP (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
  12. Hidayatullah, H., & Hutagalung, J. E. (2017). Rancang Bangun Robot Pelatih Tenis Meja Dengan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 2(2), 182-189.
  13. Ikhsan, I., & Mulyana, R. (2018). Pemanfaatan TCS2300 Dalam Media Pembelajaran Balita Pengenalan Warna Berbasis Arduino. Jurnal Processor, 12(1), 894-903.
  14. Isroqmi, A. (2017). Kemampuan Mahasiswa Memahami Logika Pemrograman Komputer Melalui Algoritma. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 59-74.
  15. Kom, H. S. (2018). Belajar Mudah Mikrokontroler ARM STM32: Dasar-Dasar Mikrokontroler Arsitektur ARM ST Microelectronics. PT. Mitra Sinergi Optima.
  16. Krista, I. Rancang Bangun Robot Terbang Model Tricopter Menggunakan STM32F. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 2(1).
  17. Kusbandrijo, B. (2019). Dasar-dasar logika. Prenada Media.
  18. Lauff, C.A., Kotys-Schwartz, D. and Rentschler, M.E., 2018. What is a Prototype? What are the Roles of Prototypes in Companies?. Journal of Mechanical Design, 140(6).
  19. Loegimin, M. S., Sumantri, B., Nugroho, M. A. B., Hasnira, H., & Windarko, N. A. (2020). Sistem Pendinginan Air Untuk Panel Surya Dengan Metode Fuzzy Logic. Jurnal Integrasi, 12(1), 21-30.
  20. Mahendra, M. Y. P., Piarsa, I. N., & Githa, D. P. (2018). Geographic Information System of Public Complaint Testing Based On Mobile Web (Public Complaint). Lontar Komputer: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 95-103.
  21. Maimunah, M., Manalu, D. E., & Kusuma, D. B. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pt. Sulindafin. Semnasteknomedia Online, 5(1), 4-6.
  22. Maulani, G., Karina, M. T., & Setiawan, I. Sistem Informasi Ukko untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Studi Kasus Pt. pln (Persero) Tangerang. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 12(1), 1-12.
  23. Mu'minah, I. H. (2020). Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. Bio Educatio:(The Journal of Science and Biology Education), 5(1).
  24. Mulyadi, I. H., Jamzuri, E. R., & Wibisana, A. (2018). Pemrograman Sistem Embeded Berbasis ARM Cortex-M. Polibatam Press.
  25. Mulyati, M., Tarmizi, R., & Panugali, A. (2018). Sistem Informasi Absensi Berbasis Web Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangerang. Innovative Creative and Information Technology, 4(2), 117-127.
  26. Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). Implementation of STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics)-based early childhood education learning in Semarang City. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276-285.
  27. Parlika, R., Nisaa, T. A., Ningrum, S. M., & Haque, B. A. (2020). Studi Literatur Kekurangan dan Kelebihan Pengujian Black Box. Teknomatika, 10(2), 131-140.
  28. Permana, H. J., Astriyani, E., & Sari, T. M. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Layout Bahan Baku Berbasis Web Pada PT. Sanichem Tunggal Pertiwi. Journal Sensi, 4(2), 205-219.
  29. Prianjani, D. (2016). Perancangan Draft Standar Nasional Indonesia Pengujian Sel Ion-Lithium Sekunder Untuk Aplikasi Mobil Listrik.
  30. Putra, I., Rajibussalim, R., Irwandi, I., & Muhammad, S. (2020). Utilizing LoRa for IoT based mini weather station as STEM learning media to support industrial revolution 4.0. JPhCS, 1470(1), 012042.
  31. Putra, R. P., & Fuad, A. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Berupa Produk Olahan Dari Bambu Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. FKIP e-PROCEEDING, 207-218.
  32. Qomariah, S. S., & Sudiarditha, I. K. R. (2016). Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar, Dan Hasil Belajar Siswa: Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Iis Sma Negeri 12 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 4(1), 33-47.
  33. Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 4(1), 44-49.
  34. Rahardja, U., Aini, Q., & Thalia, M. B. (2018). Penerapan Menu Konfirmasi Pembayaran Online Berbasis Yii pada Perguruan Tinggi. Creative Information Technology Journal, 4(3), 174-185.
  35. Rahayu, M., Hariyanto, T., & Fadhlan, M. Y. (2020). IoT Trainer Kit Training For Vocational School Teachers As Preparation Towards The 4.0 Industry Era. REKA ELKOMIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 98-110.
  36. Rahayu, S., Alfeno, S., & Wahyono, K. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pengolahan Data Pembuatan Akta Tanah Pada Kantor Desa Cangkudu Tangerang. ICIT Journal, 5(1), 1-11.
  37. Ramadhan, H. (2017). Sistem Kontrol Lampu Lalu Lintas Berbasis Web (Doctoral dissertation, STIKOM DInamika Bangsa Jambi).
  38. Rinanto, A., & Sutopo, W. (2017). Perkembangan Teknologi Rapid Prototyping: Study Literatur. Jurnal Metris, 18(2), 105-112.
  39. Roihan, A., & Maksum, A. (2018). Konsep Data Mart Dalam Implementasi Sistem Job Fair Menggunakan Metode Online Analytical Processing Pada Dinas Tenaga Kerja. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 6(1), 2-10.
  40. Rudol, R., 2017. D. Jurnal Ilmiah Infotek, 2(1).
  41. Sandra, E. (2017). RANCANG BANGUN ALAT MONITORING BEBAN PEMAKAIAN LISTRIK BERLEBIH SECARA OTOMATIS DENGAN SMS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 328P (Doctoral dissertation, STIKOM DInamika Bangsa Jambi).
  42. Saputro, B. (2017). MANAJEMEN PENELITIANPENGEMBANGAN (RESEARCH & DEVELOPMENT) BAGI PENYUSUN TESIS DAN DISERTASI.
  43. Sopyan, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Kecepatan pada Kendaraan Roda Empat Berbasis Mikrokontroler (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
  44. Suana, W., Maharta, N., Nyeneng, I. D., & Wahyuni, S. (2017). Design and implementation of schoology-based blended learning media for basic physics I course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1).
  45. Sugihartono, T. (2018). Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni Berbasis Web. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 7(1), 52-56.
  46. Suleman, A. T. C., Tinangon, J. J., & Pontoh, W. (2017). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Pelumas (Studi Kasus Pada Pt. Fajar Indah Kusuma). GOING CONCERN: JURNAL RISET AKUNTANSI, 12(01).
  47. Sutanto, P., Setiawan, A., & Setiabudi, D. H. (2017). Perancangan Sistem Forecasting di Perusahaan Kayu UD. 3G dengan Metode ARIMA. Jurnal Infra, 5(1), 325-330.
  48. Tandilintin, A., Candra, A. P., & Adji, G. S. (2019). Perancangan Aplikasi Project Monitoring Pada PT Cyber Solution Berbasis Web. Innovative Creative and Information Technology, 5(1), 68-76.
  49. Tangdiongan, R. C., Allo, E. K., & Sompie, S. R. (2017). Rancang Bangun Alat Bantu Mobilitas Penderita Tunanetra Berbasis Microcontroller Arduino Uno. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 6(2), 79-86.
  50. Taufik Hidayat, M. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI DINI PERGERAKAN TANAH LONGSOR MENGGUNAKAN ACCELEROMETER DENGAN MIKROKONTROLER BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)(STUDI KASUS: BPBD KABUPATEN TASIKMALAYA) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
  51. Triyono, T., Hidayat, W., & Purnomo, P. Bangun Data Mining untuk Rumah Sehat oleh Dinas Kominfo Daerah Kota Tangerang. Innovative Creative and Information Technology, 5(1), 12-20.
  52. Wahyuni, A. S. (2017). Rancang Bangun Sistem Monitoring Emisi Kadar Gas Sulfur Dioksida Menggunakan Sensor Mq-136 Berbasis Mikrokontroler STM32F4 Discovery (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
  53. Wibowo, A., & Azimah, A. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Throwaway Prototyping Development. Semnasteknomedia Online, 4(1), 4-11.
  54. Widodo, A. E., & Suleman, S. (2020). Otomatisasi Pemilah Sampah Berbasis Arduino Uno. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 6(1), 12-18.
  55. Wu, S., Abdulghani, A. M., Ansari, S., Imran, M. A., & Abbasi, Q. H. (2020, August). IoT enabled Smart Lighting System using STM32 microcontroller with high performance ARM® Cortex®-M3 core. In 2020 International Conference on UK-China Emerging Technologies (UCET) (pp. 1-4). IEEE.
  56. Zhou, T., & Zhang, J. (2020, June). Design and Implementation of Agricultural Internet of Things System Based on Aliyun IoT Platform and STM32. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1574, No. 1, p. 012159). IOP Publishing

Contributors

Admin, Riky Febriansyah