SI1522490169

Dari widuri
Revisi per 4 Februari 2020 14.17 oleh Robi abdairathomi (bicara | kontrib) (Pengumpulan Data)


Lompat ke: navigasi, cari


RANCANGAN SISTEM BOOKING FUTSAL

BERBASIS WEB

STUDI KASUS : KAO FUTSAL


SKRIPSI





Disusun Oleh :


NIM
: 1522490169
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020




UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


RANCANGAN SISTEM BOOKING FUTSAL

BERBASIS WEB

STUDI KASUS : KAO FUTSAL


Disusun Oleh :


NIM
: 1522490169
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata Satu
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering



Disahkan Oleh :

Tangerang, Februari 2020


Dekan Fakultas
       
Ketua Program Studi
       
Rektor
Universitas Raharja
       
Program Studi Sistem Informasi
       
Universitas Raharja
           
           
           
           
               
NIP : 006095
       
NIP : 073009
       
NIP : 000603





UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

RANCANGAN SISTEM BOOKING FUTSAL

BERBASIS WEB

STUDI KASUS : KAO FUTSAL


Dibuat Oleh :

NIM
: 1522490169
Nama


Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering



Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Fifit Alfiah., M.Kom)
   
NID : 17003
   
NID: 8167

UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


RANCANGAN SISTEM BOOKING FUTSAL

BERBASIS WEB

STUDI KASUS : KAO FUTSAL


Disusun Oleh :


NIM
: 1522490169
Nama


Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering


T.A 2019/2020

Disetujui Penguji :

Tangerang, Februari 2020

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :__________
 
NID :__________
 
NID :__________
ABSTRAK

Futsal adalah sebuah olahraga permainan bola yang dimana 1 (satu) team yang beranggotakan 5 (lima) orang. KAO futsal merupakan tempat sarana olahraga yang berada dikota Tangerang. Sistem yang berjalan saat ini masih konvensional. Yaitu dengan melakukan pencatatan di buku besar. Guna menunjang penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi pustaka, dan wawancara. Program ini dibuat dengan Bahasa pemrograman PHP (hypertext preprocessor) dan diolah dengan menggunakan database MySQL. Pengujian menggunakan blackbox testing, analisis sistemnya menggunakan analisis SWOT. Sistem informasi penyewaan lapangan futsal ini dapat mempermudah customer dan pengelola lapangan futsal.

Kata Kunci : futsal, SWOT, Penyewaan lapangan

ABSTRACT

Futsal is a ball game sport where 1 (one) team consists of 5 (five) people. Futsal KAO is a sports facility in the city of Tangerang. The current system is still conventional. Namely by recording in a ledger. To support this research, the method of data collection is done by observation, literature study, and interviews. This program is made with the PHP (hypertext preprocessor) programming language and is processed using a MySQL database. Testing using blackbox testing, analysis of the system using SWOT analysis. This futsal field rental information system can facilitate customers and managers of futsal fields.

Keywords: futsal, SWOT, field booking

KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini yang penulis sajikan dalam buku yang sederhana. Ada pun judul penulisan skripsi ini yang diambil adalah “Rancangan Sistem Booking Futsal Berbasis Web Studi Kasus (KAO FUTSAL)”.

Penulisan sripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk lulus. Sebagai bahan penulisan, penulis memperoleh informasi berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi pustaka dari berbagai sumber yang mendukung penulisan laporan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Sugeng Santoso, M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
  3. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika.
  4. Ibu Fifil Alfiah, M.Kom selaku Dosen Pembimbing 1 (satu) yang senantiasa memberikan waktunya untuk memberikan bimbingan kepada penulis.
  5. Ibu Saryani, M.T.I selaku Dosen Pembimbing 2 (dua) yang senantiasa memberikan waktunya untuk memberikan bimbingan kepada penulis.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan wawasan dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penulis.
  7. Bapak Alwi Shihab selaku Pengelola Kao futsal yang memberikan kesempatan bagi penulis untuk melakukan penelitian di KAO FUTSAL.
  8. Kedua orang tua dan saudara keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moral, materi dan doa kepada penulis.
  9. Untuk S-Zone terima kasih telah menolong dan membantu saya dalam melaukan penyelesaian skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyajian dan penyusunan Skripsi ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, baik dalam penulisan, penyajian ataupun isinya. Oleh karena itu, penulis senantiasa menerima kritik dan saran yang bersifat membangun agar dapat dijadikan acuan bagi penulis untuk menyempurnakannya dimasa yang akan datang.

Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih atas perhatian dari pembaca. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan rahmat-Nya kepada kita semua. Dan semoga skripsi ini dapat bermanfaat, khususnya bagi penulis dan umumya bagi seluruh pembaca sekalian.

Tangerang, 29 Januari 2020
ROBI ABDAIRATHOMI
NIM. 1522490169


DAFTAR GAMBAR
  1. Gambar 3.1 Struktur Organisasi KAO Futsal 50
  2. Gambar 3.2 Use Case Diagram pemesanan lapangan futsal 52
  3. Gambar 3.3 Activity Diagram pemesanan lapangan futsal 53
  4. Gambar 3.4 Sequence Diagram pemesanan lapangan futsal 55
  5. Gambar 3.5 metode pengembangan SDLC 64
  6. Gambar 4.1 Use Case Diagram sistem yang diusulkan 79
  7. Gambar 4.2 activity diagram customer yang diusulkan 81
  8. Gambar 4.3 Activity Diagram Administrasi yang Diusulkan 82
  9. Gambar 4.4 Activity Diagram pemilik yang diusulkan 83
  10. Gambar 4.5 Sequence Diagram Customer yang Diusulkan 84
  11. Gambar 4.6 Sequence Diagram Administrasi yang Diusulkan 85
  12. Gambar 4.7 Sequence Diagram Pemilik yang diusulkan 86
  13. Gambar 4.8 Class Diagram yang Diusulkan 87
  14. Gambar 4.9 Tampilan Halaman Utama Customer 99
  15. Gambar 4.10 Tampilan Menu Registrasi 100
  16. Gambar 4.11 Tampilan Menu Registrasi 100
  17. Gambar 4.12 Tampilan Menu Registrasi 101
  18. Gambar 4.13 Tampilan Menu Login Customers 101
  19. Gambar 4.14 Tampilan Menu Home Customers 102
  20. Gambar 4.15 Tampilan Menu daftar jadwal 102
  21. Gambar 4.16 Tampilan menu cara pesan lapangan 103
  22. Gambar 4.17 Tampilan Menu Data Invoice 103
  23. Gambar 4.18 Tampilan Menu login administrasi 104
  24. Gambar 4.19 Tampilan Menu Dashboar Administrasi 104
  25. Gambar 4.20 Tampilan Menu Edit Profil Lapangan (administrasi) 105
  26. Gambar 4.21 Tampilan Menu Data Pengguna (administrasi) 106
  27. Gambar 4.22 Tampilan Data Jadwal (administrasi) 106
  28. Gambar 4.23 Tampilan Menu Data Lapangan (administrasi) 107
  29. Gambar 4.24 Tampilan Menu Data Member (administrasi) 107
  30. Gambar 4.25 Tampilan Menu Data Booking (administrasi) 108
DAFTAR TABEL
  1. Tabel 3.1 Analisa SWOT 57
  2. Tabel 3.2 Analisa SWOT (matrix) 59
  3. Tabel 3.3 elisitasi tahap I 66
  4. Tabel 3.4 Elisitasi tahap II 69
  5. Tabel 3.5 Elisitasi Tahap III 72
  6. Tabel 3.6 Elisitasi Tahap Final draft elisitasi 75
  7. Tabel 4.1 Perbedaan Prosedur Antara Sistem Berjalan dan Sistem Usulan 88
  8. Tabel 4.2 spesifikasi table tboking 89
  9. Tabel 4.3 spesifikasi table tboking_temp 91
  10. Tabel 4.4 spesifikasi table thalamanstatis 92
  11. Tabel 4.5 spesifikasi table informasi 92
  12. Tabel 4.6 spesifikasi table tjadwal 93
  13. Tabel 4.7 spesifikasi table kdJam 94
  14. Tabel 4.8 spesifikasi table tlapangan 95
  15. Tabel 4.9 spesifikasi table tmember 95
  16. Tabel 4.10 spesifikasi table pengguna 96
  17. Tabel 4.11 spesifikasi table tprofil 97
  18. Tabel 4.12 spesifikasi table trincian_boking 98
  19. Tabel 4.13 black box testing 110
  20. Tabel 4.14 schedule implementasi 113
  21. Tabel 4.15 estimasi biaya 113
DAFTAR SIMBOL

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan sistem informasi dengan menggunakan komputer merupakan sebuah media yang dapat memudahkan seseorang untuk mengelola data dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat dan mudah diakses oleh siapapun, dimanapun, dan kapan saja. Pengelolaan data dan informasi yang baik sangat penting untuk kebutuhan suatu organisasi, Lembaga apa lagi yang berhubungan bisnis. Salah satu contohnya yaitu sistem penjadwalan dipenyewaan lapangan futsal.

Penyewaan lapangan futsal adalah sebuah usaha penyewaan yang menyediakan pelayanan jasa penyewaan lapangan futsal. Proses bisnis pada di tempat sewa lapangan futsal pada umumnya masih mengharuskan pelanggan untuk datang dalam melakukan penyewaan dan megatur jadwal penyewaan yang diinginkan. Sehingga pelanggan tidak mengetahui jadwal yang masih kosong secara langsung. Setiap hari petugas melakukan pencatatan penyewaan dari pelanggan kebuku pesanan. Pada hari penyewaan, pelanggan melakukan pembayaran penyewaan. Hal ini juga dapat menimbulkan kesalahan dalam pencatatan.



Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu dibangun sebuah sistem informasi penjadwalan data pemesanan lapangan futsal untuk membantu petugas dan penyewa dalam melakukan penyewaan lapangan futsal. Oleh karena itu, penulis mengajukan judul skripsi yang berjudul Rancangan Sistem Booking Futsal Berbasis Web Studi Kasus: KAO Futsal. Diharapkan dapat membantu petugas dalam mengelola data terutama dalam penyewaan lapangan. Aplikasi ini akan dikembangkan sebagai aplikasi website dengan menggunakan Bahasa PHP (Hypertext preprocessor), serta MySQL sebagai Database.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas, maka muncul pertanyaan berikut ini:

  1. Bagaimana menyajikan informasi kepada penyewa mengenai jadwal lapangan futsal yang berjalan saat ini?
  2. Apakah penjadwalan saat ini sudah efektif dan sesuai dengan kebutuhan penyewa pada KAO futsal?
  3. Bagaimana merancang sistem informasi penjadwalan data pemesanan lapangan futsal?




Ruang Lingkup

Mengingat luasnya permasalahan yang ada pada pengguna lapangan dan pengelola lapangan, maka disini peneliti membatasi ruang lingkup hanya pada sistem informasi penjadwalan yang lebih efektif, dari data pemesanan lapangan.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan Penelitian

Dari beberapa uraian dan penjelasan di atas peneliti mempunyai beberapa tujuan antara lain:

  1. Untuk mengetahui proses sistem pemesanan lapangan futsal pada KAO FUTSAL
  2. Agar mengetahui penjadwalan yang sedang berjalan saat ini serta memperbaiki data pencatatan data penjadwalan agar lebih akurat dan sesuai dengan laporan pengguna lapangan futsal pada KAO FUTSAL
  3. Untuk merancang sebuah aplikasi pemesanan lapangan futsal agar lebih mudah dikelola oleh pemilik sekaligus penyedia lapangan futsal serta dapat diakses dengan mudah oleh pengguna atau pemesan lapangan futsal.



Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :

  1. Dengan dirancangnya sebuah aplikasi booking futsal dapat menjadi efisien dalam input data pemesanan, data penjadwalan dapat menghemat waktu tanpa mencatat manual disetiap pemesanan lapangan futsal
  2. Dapat menyediakan data pemesanan lapangan futsal sesuai dengan kebutuhan pengguna lapanagan futsal.
  3. Dapat merancang aplikasi booking futsal yang efisien, bermanfaat bagi KAO FUTSAL serta tidak mencatat ulang lagi.


Metode Penelitian

Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data dan keterangan yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan beberapa metode adalah sebagai berikut:

  1. Metode observasi
  2. Merupakan metode pengumpulan data melalui pengamatan langsung pada Kao Futsal JL.Sawah Darat, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Kode Pos 15147

  3. Metode wawancara
  4. Pada metode ini penulis melakukan proses tanya jawab kepada stakeholder pada objek penelitian Kao futsal Dalam hal ini proses tanya jawab dilakukan langsung kepada pengurus usaha yaitu Alwi Shihab

  5. Studi pustaka

Studi Pustaka adalah mencari sebuah informasi yang berkaitan dengan laporan tentang masalah yang diteliti. Informasi yang didapatkan berasal dari buku, jurnal, internet serta sumber sumber lainnya

Metode Analisa Sistem

Metode analisa sistem yang digunakan pada Skripsi ini adalah menggunakan metode analisa SWOT, yaitu menganalisa tentang dirancangnya pemesanan lapangan futsal pada KAO Futsal adapun yang dibahas dalam analisa SWOT tersebut diantaranya menganalisa kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (treatment) dari Aplikasi booking futsal pada KAO futsal Dengan melakukan analisa SWOT, maka akan diketahui metode yang digunakan agar mencapai dengan tujuan serta manfaat pada KAO futsal.

Metode Perancangan

Metode Perancangan Sistem Booking Futsal Berbasis web pada KAO Futsal adalah menggunakan program program Visual Paradigm for UML 16.0. Enterprise Edition yaitu sebuah bahasa yang berdasarkan grafik yang dibutuhkan untuk merancang use case diagram, sequence diagram, activity diagram. Pembuatan database dan pembuatan program yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan stakeholder pada daftar elisitasi. Program yang digunakan dalam perancangan sistem menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, serta database yang digunakan adalah XAMPP dan MySQL.

Metode Pengembangan Sistem

Metode yg digunakan dalam penelitian ini adalah metode SDLC (Software Development Life Cycle) karena didalam pendekatan secara sistematis dan sekuensial.

Metode Pengujian

<p style="line-height:2">Dalam melakukan perancangan berbasis website tersebut. Metode pengujian yang digunakan yaitu yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing yaitu metode pengujian yang disesuaikan dengan kebutuhan fungsional terhadap software. Oleh karena itu, uji coba blackbox memungkinkan dapat pengembangan pada software tersebut untuk membuat himpunan kondisi sesuai dengan kondisi perancangan website tersebut dibuat.</p>

Sistematika Penulisan

<p style="line-height:2">Sistematika penulisan pada laporan Skripsi dibagi menjadi beberapa bagian bab yang dijelaskan sebagai berikut:</p>
<p style="line-height:2">BAB I PENDAHULUAN</p>
<p style="line-height:2">Bab tersebut menjelaskan tentang latar belakang penelitian, rumusan masalah yang akan menjadikan bahan penelitian, tujuan serta manfaat penelitian, metode penelitian dengan dibagi beberapa sub bagian yaitu pengumpulan data, metode analisa sistem, metode perancangan dan metode pengujian. Serta terdapat sistematika penulisan.</p>
<p style="line-height:2">BAB II LANDASAN TEORI</p>
<p style="line-height:2">Bab tersebut menjelaskan tentang teori umum dan khusus yang berkaitan dengan penelitian Skripsi tersebut serta literature review yang dijadikan acuan sebagai penelitian tersebut. </p>
<p style="line-height:2">BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN</p>
<p style="line-height:2">Pada bab ini penulis melakukan analisis sistem yang berjalan pada Kao Futsal yang selanjutnya diharapkan dapat diperoleh suatu jalan keluar untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Bab ini juga berisi tentang gambaran dan sejarah perusahaan, struktur organisasi beserta wewenang dan tanggung jawabnya serta alternatif pemecahan masalah. </p>
<p style="line-height:2">BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
<p style="line-height:2">Pada bab ini berisi rancangan sistem yang diusulkan menggunakan metode Unified Modelling Language (UML) yang terdiri dari use case diagram, activity diagram, dan class diagram, serta hasil rancangan sistem yang diusulkan oleh penulis berupa solusi dari masalah yang dihadapi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext preprocessor), serta database yang digunakan adalah MySQL dan konektivitas menggunakan Xampp.</p>
<p style="line-height:2">BAB V PENUTUP</p>
<p style="line-height:2">Bab ini merupakan bab penutup yang berisi tentang kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan perancangan sistem yang telah didapatkan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan.</p>
<p style="line-height:2">DAFTAR PUSTAKA</p>
<p style="line-height:2">LAMPIRAN</p>

Diperoleh dari "https://widuri.raharja.info/index.php?title=SI1522490169&oldid=365776"