SI1521490369: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Struktur Organisasi)
(Wewenang dan Tanggung Jawab)
Baris 1.082: Baris 1.082:
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Kepala Sekolah
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Kepala Sekolah
 
<ol type="a">
 
<ol type="a">
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat program kerja yang sesuai dengan Kurikulum Pendidikan Nasional.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat program kerja yang sesuai dengan Kurikulum Pendidikan Nasional.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Berusaha untuk menciptakan suasana nyaman, aman dan kondusif di dalam sekolah.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Berusaha untuk menciptakan suasana nyaman, aman dan kondusif di dalam sekolah.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Mempunyai wewenang terhadap guru dan staf di bawahnya dalam memberikan tugas, memperingati dan membantu menyelesaikan masalah.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Mempunyai wewenang terhadap guru dan staf di bawahnya dalam memberikan tugas, memperingati dan membantu menyelesaikan masalah.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Memimpin sekolah, dewan guru serta staf sekolah dalam menjalankan tugas serta peran masing – masing.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Memimpin sekolah, dewan guru serta staf sekolah dalam menjalankan tugas serta peran masing – masing.
 
</ol>
 
</ol>
  
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Wakil Kepala Sekolah
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Wakil Kepala Sekolah
 
<ol type="a">
 
<ol type="a">
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membantu Kepala Sekolah untuk mengatur semua kegiatan yang sedang berlangsung di sekolah.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membantu Kepala Sekolah untuk mengatur semua kegiatan yang sedang berlangsung di sekolah</p>
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menggantikan Kepala Sekolah apabila Kepala Sekolah sedang tidak berada di sekolah.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menggantikan Kepala Sekolah apabila Kepala Sekolah sedang tidak berada di sekolah.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membantu jalannya kegiatan disekolah maupun diluar sekolah.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membantu jalannya kegiatan disekolah maupun diluar sekolah.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Mengatur semua kebutuhan sekolah.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Mengatur semua kebutuhan sekolah.
 
</ol>
 
</ol>
  
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Tata Usaha (TU)
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Tata Usaha (TU)
 
<ol type="a">
 
<ol type="a">
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melayani sarana prasarana sekolah.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melayani sarana prasarana sekolah.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melayani pembayaran uang sekolah.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melayani pembayaran uang sekolah.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melayani pembelian formulir anak murid baru.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melayani pembelian formulir anak murid baru.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menginput data murid baik anak baru maupun anak lama.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menginput data murid baik anak baru maupun anak lama.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menyiapkan data dan melayani untuk pengukuran seragam.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menyiapkan data dan melayani untuk pengukuran seragam.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melakukan pelayanan kepada orang tua murid.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melakukan pelayanan kepada orang tua murid.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melayani keluhan orang tua murid.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melayani keluhan orang tua murid.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menyimpan arsip data siswa.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menyimpan arsip data siswa.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menginput data siswa yang telah mendaftar.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menginput data siswa yang telah mendaftar.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat dan mengedarkan pengumuman sekolah kepada orang tua murid.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat dan mengedarkan pengumuman sekolah kepada orang tua murid.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Mencatat surat masuk maupun surat keluar dari dinas serta umum.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Mencatat surat masuk maupun surat keluar dari dinas serta umum.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membantu menyediakan semua keperluan yang dibutuhkan untuk belajar mengajar.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membantu menyediakan semua keperluan yang dibutuhkan untuk belajar mengajar.
 
</ol>
 
</ol>
  
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Guru
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Guru
 
<ol type="a">
 
<ol type="a">
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai kurikulum.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai kurikulum.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membimbing dan mengajarkan anak dalam memahami suatu pelajaran yang diajarkan.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membimbing dan mengajarkan anak dalam memahami suatu pelajaran yang diajarkan.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Memimpin, mengarahkan dan mengatur anak – anak di dalam kelas.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Memimpin, mengarahkan dan mengatur anak – anak di dalam kelas.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menghitung nilai anak dan menyerahkannya kepada orang tua siswa (Rapor).</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Menghitung nilai anak dan menyerahkannya kepada orang tua siswa (Rapor).
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">MMengisi administrasi kelas.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">MMengisi administrasi kelas.
 
</ol>
 
</ol>
  
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">UKGS
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">UKGS
 
<ol type="a">
 
<ol type="a">
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Memeriksa perkembangan gigi siswa siswi TKK PENABUR Gading Serpong.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Memeriksa perkembangan gigi siswa siswi TKK PENABUR Gading Serpong.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat jadwal sikat gigi sesuai dengan program yang sudah dibuat oleh sekolah.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat jadwal sikat gigi sesuai dengan program yang sudah dibuat oleh sekolah.
 
</ol>
 
</ol>
  
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">''Native Speaker''
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">''Native Speaker''
 
<ol type="a">
 
<ol type="a">
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Untuk mengajarkan siswa – siswi TKK PENABUR Gading Serpong agar lebih paham dengan bahasa inggris.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Untuk mengajarkan siswa – siswi TKK PENABUR Gading Serpong agar lebih paham dengan bahasa inggris.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat program kerja selama 1 Tahun Ajaran.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat program kerja selama 1 Tahun Ajaran.
 
</ol>
 
</ol>
  
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Mandarin
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Mandarin
 
<ol type="a">
 
<ol type="a">
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Untuk mengajarkan siswa – siswi TKK PENABUR Gading Serpong agar lebih paham dengan bahasa mandarin.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Untuk mengajarkan siswa – siswi TKK PENABUR Gading Serpong agar lebih paham dengan bahasa mandarin.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat program kerja selama 1 Tahun Ajaran.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat program kerja selama 1 Tahun Ajaran.
 
</ol>
 
</ol>
  
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Perpustakaan
 
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Perpustakaan
 
<ol type="a">
 
<ol type="a">
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melayani Orang tua, Siswa, Guru, Karyawan untuk mencari atau meminjam buku.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Melayani Orang tua, Siswa, Guru, Karyawan untuk mencari atau meminjam buku.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat kegiatan di dalam perpustakaan selama jam perpustakaan kelas.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat kegiatan di dalam perpustakaan selama jam perpustakaan kelas.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membeli buku – buku koleksi terbaru yang dibutuhkan oleh Siswa, Orang tua, Guru dan Karyawan.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membeli buku – buku koleksi terbaru yang dibutuhkan oleh Siswa, Orang tua, Guru dan Karyawan.
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat laporan keuangan, semester, tahunan.</p>
+
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Membuat laporan keuangan, semester, tahunan.
 
</ol>
 
</ol>
 
</ol>
 
</ol>

Revisi per 27 Juli 2019 10.03


PENGEMBANGAN MEDIA SIGN SYSTEM DAN

HIMBAUAN PADA TKK PENABUR

GADING SERPONG TANGERANG



SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1521490369
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2018/2019



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PENGEMBANGAN MEDIA SIGN SYSTEM DAN

HIMBAUAN PADA TKK PENABUR

GADING SERPONG TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521490369
Nama
: Dana Krisdiana
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Rektor
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si.)
       
(Ruli Supriati, M.Kom)
NIP : 000063
       
NIP : 073009



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PENGEMBANGAN MEDIA SIGN SYSTEM DAN

HIMBAUAN PADA TKK PENABUR

GADING SERPONG TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521490369
Nama
: Dana Krisdiana

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si.)
   
(Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom., M.T.I.)
NID : 06124
   
NID : 11006



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PENGEMBANGAN MEDIA SIGN SYSTEM DAN

HIMBAUAN PADA TKK PENABUR

GADING SERPONG TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521490369
Nama
: Dana Krisdiana


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

TA. 2018/2019

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juli 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PENGEMBANGAN MEDIA SIGN SYSTEM DAN

HIMBAUAN PADA TKK PENABUR

GADING SERPONG TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521490369
Nama
: Dana Krisdiana
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 


Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juli 2019

 
 
(Dana Krisdiana)
NIM : 1521490369

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAK

Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi sangatlah pesat. Pemanfaatan media komunikasi visual merupakan hal yang penting diperhatikan dalam menyampaikan informasi khususnya dalam sebuah lembaga pendidikkan pada TKK PENABUR Gading Serpong. Permasalahannya saat ini TKK PENABUR Gading Serpong dalam memberikan informasi ruangan dan himbauan kepada audience yang ada di setiap ruangan hanya berupa tulisan sederhana, belum di desain secara menarik tampilan visualisasinya, serta belum memiliki suatu kesatuan atau unity dalam penggunaan warna, typography dan layout yang memiliki ciri khas yang sama, serta terdapat beberapa ruangan baru yang belum terdapat sign system dan himbauan yang dibutuhkan sekolah. Tujuan dari penelitian ini, untuk membantu TKK PENABUR Gading Serpong dalam meningkatkan pelayanan informasi dalam bentuk media sign system dan himbauan. Manfaat dari pengembangan media sign system ini, agar dapat mempermudah audience dalam mengetahui nama-nama ruangan yang ada pada TKK PENABUR Gading Serpong, sedangkan media himbauan yang bermanfaat agar siswa/i TKK PENABUR Gading Serpong dapat mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data, analisa SWOT, analisa perancangan media dan konsep desain. Hasil penelitian ini berupa media informasi sign system dan himbauan yang dirancang menggunakan software desain yaitu CorelDRAW X7. Melalui media informasi sign system dan himbauan ini, diharapkan dapat membantu audience dalam menemukan tempat atau ruangan yang akan dituju dan media himbauan yang bertujuan agar warga sekolah dapat mengetahui serta melaksanakan aturan-aturan yang ada pada TKK PENABUR Gading Serpong.

Kata Kunci : Sign System, Himbauan, Sekolah

ABSTRACT

The development of information technology in the era of globalization is very rapid. The use of visual communication media is an important matter to be considered in conveying information, especially in an educational institution at TKK PENABUR Gading Serpong. The problem at this time is TKK PENABUR Gading Serpong in providing room information and appeals to audiences in each room only in the form of simple writing, not yet designed in an attractive visual appearance, and not yet having a unity in the use of colors, typography and layouts that have characteristics the same specialty, and there are several new rooms that have no sign system and appeals needed by the school. The purpose of this study, to help TKK PENABUR Gading Serpong in improving information services in the form of media sign systems and appeals. The benefits of developing this media sign system, in order to facilitate the audience in knowing the names of the rooms available at TKK PENABUR Gading Serpong, while the media appeal is useful so that the students of TKK PENABUR Gading Serpong can obey the rules set by the school. The research methods used are data collection, SWOT analysis, media design analysis and design concepts. The results of this study are in the form of information media sign system and appeals designed using design software, CorelDRAW X7. Through this media information sign system and appeals, it is hoped that it can help audiences to find the place or room to be addressed and the media to appeal so that the school community can know and implement the rules that exist at the TKK PENABUR Gading Serpong.

Keywords : Sign System, Appeal, School



KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas Rahmat dan Hidayah yang diberikan Allah SWT kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan dan menyusun Skripsi ini dengan judul “Pengembangan Media Sign System dan Himbauan Pada TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang” ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Program Studi Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) Universitas Raharja.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan, dikarenakan keterbatasan kemampuan serta pengalaman yang dimiliki penulis dalam penyusunan skripsi. Namsun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya terutama kepada :

  1. Kedua Orang Tua dan Keluarga Besar yang tiada henti-hentinya mendoakan, dan mendukung penuh secara moril ataupun materil sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  2. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  3. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
  4. Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
  5. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja.
  6. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si., selaku Dosen Pembimbing I, yang telah bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
  7. Ibu Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom., M.T.I., selaku Dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  8. Ibu Tities Sandrariasti, M.Pd., selaku Kepala Sekolah sekaligus stakeholder yang telah mengizinkan saya observasi di TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang dan memberikan pengarahan selama proses pembuatan desain sign system dan himbauan ini.
  9. Kedua Orang tua saya, yang telah mendidik hingga mampu menjadi pribadi yang baik dan bertanggung jawab.
  10. Seluruh Dosen dan Staff Universitas Raharja yang telah banyak memberikan pelajaran maupun bimbingan guna menyempurnakan setiap tugas yang penulis laksanakan.
  11. Seluruh rekan-rekan mahasiswa/i yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penulisan skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan Skripsi ini masih memiliki banyak kekurangan, namun besar harapan penulis agar Laporan Skripsi ini dapat bermanfaat dan memberikan wawasan yang lebih luas bagi para pembaca, termasuk dalam dunia media komunikasi visual, khususnya untuk Universitas Raharja dan TKK PENABUR Gading Serpong. Akhir kata Penulis mengharapkan kritik dan saran yang positif, dan semoga Allah S.W.T senantiasa menyertai dan meridhoi langkah kita semua dalam meraih kesuksesan.


Tangerang, Juli 2019
Dana Krisdiana
NIM. 1521490369

 



DAFTAR TABEL


Tabel 2.1 Matriks SWOT

Tabel 2.2 Literature Riview

Tabel 3.1 Material Produk Media Sign System dan Himbauan

Tabel 3.2 Kondisi Pesaing

Tabel 3.3. Matriks SWOT

Tabel 3.4. Budget Produksi Media

Tabel 3.5. Budget Penelitian

Tabel 3.6. Elisitasi Tahap I

Tabel 3.7. Tabel Elisitasi Tahap II

Tabel 3.8. Tabel Elisitasi Tahap III

Tabel 3.9. Final Elisitasi

Tabel 4.1 Jadwal Penayangan Media



DAFTAR GAMBAR


Gambar 2.1 Warna Primer

Gambar 2.2 Warna Sekunder

Gambar 2.3 Warna Intermediate

Gambar 2.4 Warna Tersier

Gambar 2.5 Lembar Kerja Corel Draw

Gambar 3.1 Struktur Organisasi

Gambar 4.1 Layout Kasar Sign System Library

Gambar 4.2 Layout Kasar Sign System Dancing Room

Gambar 4.3 Layout Kasar Sign System Computer Lab

Gambar 4.4 Layout Kasar Sign System Drawing Room

Gambar 4.5 Layout Kasar Sign System Toddler Class

Gambar 4.6 Layout Kasar Sign System PG. AB Class

Gambar 4.7 Layout Kasar Sign System PG. CD Class

Gambar 4.8 Layout Kasar Sign System K1.AB Class

Gambar 4.9 Layout Kasar Sign System K1.CD Class

Gambar 4.10 Layout Kasar Sign System K1.E & K2.E Class

Gambar 4.11 Layout Kasar Sign System K2.AB Class

Gambar 4.12 Layout Kasar Sign System K2.CD Class

Gambar 4.13 Layout Kasar Sign System Restroom Boys

Gambar 4.14 Layout Kasar Sign System Restroom Girl

Gambar 4.15 Layout Kasar Sign System Mini Chapel

Gambar 4.16 Layout Kasar Sign System Teachers Office

Gambar 4.17 Layout Kasar Sign System Principal’s Office

Gambar 4.18 Layout Kasar Sign System Storage Room

Gambar 4.19 Layout Kasar Sign System School Enrollment

Gambar 4.20 Layout Kasar himbauan Keep Your Environment Nice & Clean

Gambar 4.21 Layout Kasar himbauan Please Queue

Gambar 4.22 Layout Kasar himbauan Save Water

Gambar 4.23 Layout Kasar himbauan Put Your Shoes On The Shelf

Gambar 4.24 Layout Kasar himbauan Put The Book Back to The Shelf

Gambar 4.25 Layout Kasar himbauan Keep Calm & Study Well'

Gambar 4.26 Layout Kasar himbauan Be Punctual

Gambar 4.27 Layout Komprehensif Sign System Library

Gambar 4.28 Layout Komprehensif Sign System Dancing Room

Gambar 4.29 Layout Komprehensif Sign System Computer Lab

Gambar 4.30 Layout Komprehensif Sign System Drawing Room

Gambar 4.31 Layout Komprehensif Sign System Toddler Class

Gambar 4.32 Layout Komprehensif Sign System PG.AB Class

Gambar 4.33 Layout Komprehensif Sign System PG.CD Class

Gambar 4.34 Layout Komprehensif Sign System K1.AB Class

Gambar 4.35 Layout Komprehensif Sign System K1.CD Class

Gambar 4.36 Layout Komprehensif Sign System K1.E & K2.E Class

Gambar 4.37 Layout Komprehensif Sign System K2.AB Class

Gambar 4.38 Layout Komprehensif Sign System K2.CD Class

Gambar 4.39 Layout Komprehensif Sign System Restroom Boys

Gambar 4.40 Layout Komprehensif Sign System Restroom Girls

Gambar 4.41 Layout Komprehensif Sign System Mini Chapel

Gambar 4.42 Layout Komprehensif Sign System Theacers Office

Gambar 4.43 Layout Komprehensif Sign System Principal’s Office

Gambar 4.44 Layout Komprehensif Sign System Storage Room

Gambar 4.45 Layout Komprehensif Sign System School Enrollment

Gambar 4.46 Layout Komprehensif himbauan Keep Your Environment Nice & Clean

Gambar 4.47 Layout Komprehensif himbauan Please Queue

Gambar 4.48 Layout Komprehensif himbauan Save Water

Gambar 4.49 Layout Komprehensif himbauan Put Your Shoes On The Shelf

Gambar 4.50 Layout Komprehensif himbauan Put The Book Back to The Shelf

Gambar 4.51 Layout Komprehensif himbauan Keep Calm & Study Well

Gambar 4.52 Layout Komprehensif himbauan Be Punctual

Gambar 4.53 Final ArtWork Sign System Library

Gambar 4.54 Final ArtWork Sign System Dancing Room

Gambar 4.55 Final ArtWork Sign System Computer Lab

Gambar 4.56 Final ArtWork Sign System Drawing Room

Gambar 4.57 Final ArtWork Sign System Toddler Class

Gambar 4.58 Final ArtWork Sign System PG.AB Class

Gambar 4.59 Final ArtWork Sign System PG.CD Class

Gambar 4.60 Final ArtWork Sign System K1.AB Class

Gambar 4.61 Final ArtWork Sign System K1.CD Class

Gambar 4.62 Final ArtWork Sign System K1.E & K2.E Class

Gambar 4.63 Final ArtWork Sign System K2.AB Class

Gambar 4.64 Final ArtWork Sign System K2.CD Class

Gambar 4.65 Final ArtWork Sign System Restroom Boys

Gambar 4.66 Final ArtWork Sign System Restroom Girls

Gambar 4.67 Final ArtWork Sign System Mini Chapel

Gambar 4.68 Final ArtWork Sign System Theacers Office

Gambar 4.69 Final ArtWork Sign System Principal’s Office

Gambar 4.70 Final ArtWork Sign System Storage Room

Gambar 4.71 Final ArtWork Sign System School Enrollment

Gambar 4.72 Final ArtWork himbauan Keep Your Environment Nice & Clean

Gambar 4.73 Final ArtWork himbauan Please Queue

Gambar 4.74 Final ArtWork himbauan Save Water

Gambar 4.75 Final ArtWork himbauan Put Your Shoes On The Shelf

Gambar 4.76 Layout Kasar himbauan Put The Book Back to The Shelf

Gambar 4.77 Layout Kasar himbauan Keep Calm & Study Well

Gambar 4.78 Layout Kasar himbauan Be Punctual



LAMPIRAN


1. Daftar Wawancara

2. Tanda Tangan Elisitasi dengan Stakeholder

3. Kartu Bimbingan Skripsi

4. Surat Keterangan dari Perusahaan/Instansi Terkait

5. Formulir Penggantian Judul

6. Formulir Seminar Proposal

7. Surat Undangan Stakeholder

8. Formulir Pertemuan Dengan Stakeholder


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi sangatlah pesat. Pemanfaatan media merupakan hal yang penting diperhatikan dalam menyampaikan informasi. Melalui pemilihan media yang tepat, pesan atau informasi dapat dikomunikasikan dengan baik kepada penerimanya, sehingga informasi menjadi efektif dan bermanfaat bagi audience yang melihatnya. Persaingan di dunia pendidikan khususnya sekolah Taman Kanak Kanak (TKK) saat ini, sangatlah pesat dan bersaing. Sekolah bukan hanya bersaing dengan sekolah lain karena metode pembelajarannya dan fasilitas yang bagus saja, tetapi sekolah juga bertanggung jawab atas kebutuhan siswa/i, orang tua murid dan guru akan informasi mengenai sekolahnya.

Media komunikasi visual atau media cetak, merupakan sebuah proses penyampaian pesan atau informasi kepada pihak lain dengan memanfaatkan media yang terbaca oleh indra penglihatan. Salah satu bentuk media komunikasi visual yang sangat dibutuhkan dalam penyampaian informasi saat ini adalah media sign system dan himbauan. Sign system merupakan sistem penanda yang dibuat untuk membantu manusia dalam mencari tempat atau posisinya untuk dapat menentukan arah tujuan mereka. Sedangkan media himbauan merupakan sebuah ajakan positif kepada audience, dimaksudkan agar yang melihatnya dapat disiplin mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.

TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang adalah sekolah Nasional yang berwawasan Internasional dan telah Terakreditasi A, yang bertempat di Jl. Raya Kelapa Gading Barat, Gading Serpong Tangerang. TKK PENABUR Gading Serpong memiliki 4 Jenjang pendidikan diantaranya toddler, Play Group (PG) (Kelompok Bermain), Kindergarten 1 (K1) dan Kindergarten 2 (K2), serta memiliki berbagai fasilitas diantaranya : 8 ruang kelas, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang tari, 2 ruang lukis, 1 ruang komputer, 1 ruang gereja mini, 2 ruang guru, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang tamu, 1 ruang gudang.dan 2 toilet Dengan jumlah Guru 29 orang, staff 8 orang, office boy 8 orang, guru ekskul 8 orang, cleaning servis berjumlah 10 orang dan satpam berjumlah 6 orang. Jumlah penduduk Kota Tangerang Selatan pada tahun 2017 ini menurut Badan Pusat Statistik berjumlah 1.500 ribu penduduk. Saat ini jumlah keseluruhan siswa – siswi TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang pada Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 500 siswa/i, dan pada Tahun Ajaran 2018/2019 ini, jumlah penerimaan siswa/i TKK PENABUR Gading Serpong menurun menjadi 402 siswa/i.

Permasalahan yang terdapat pada Sekolah TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang saat ini yaitu, dalam memberikan informasi ruangan dan himbauan kepada siswa/i, orang tua dan guru yang ada di setiap ruangan hanya berupa tulisan sederhana, belum di desain secara menarik tampilan visualisasinya, serta belum memiliki suatu kesatuan atau unity dalam penggunaan warna, typography dan layout yang memiliki ciri khas yang sama, selain itu terdapat beberapa ruangan baru yang belum memiliki sign system atau petunjuk ruangan dan masih kurangnya media himbauan di lingkungan TKK PENABUR Gading Serpong, berupa komunikasi pesan, ajakan positif yang ditujukan untuk semua warga sekolah TKK PENABUR Gading Serpong, agar disiplin dalam mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen sekolah.

Semakin banyaknya ruangan yang terdapat pada TKK PENABUR Gading Serpong maka semakin dibutuhkannya sign system sebagai alat bantu komunikasi dalam mencari tempat dan menentukan posisi pengguna di area TKK PENABUR Gading Serpong, serta perlunya media himbauan berupa pesan positif dan bermanfaat dalam lingkungan sekolah.

Berdasarkan analisa permasalahan pada TKK PENABUR Gading Serpong, saat ini membutuhkan media sign system, untuk dapat membantu audience dalam menemukan tempat atau ruangan yang akan dituju dan media himbauan yang bertujuan agar warga sekolah dapat mengetahui serta melaksanakan aturan-aturan yang ada pada TKK PENABUR Gading Serpong.

Melalui pengembangan media sign system dan himbauan ini, diharapkan dapat membantu TKK PENABUR Gading Serpong dalam penyampaian informasi yang baik kepada siswa/i, orang tua, guru dan seluruh warga sekolah, sehingga audience yang melihatnya mengetahui dengan mudah ruangan-ruangan yang akan digunakan, serta meningkatkan kepedulian, tanggung jawab serta kedisiplinan siswa/i TKK PENABUR Gading Serpong, untuk menjadi karakter yang berbudi luhur dan memiliki moral yang baik bagi penerus generasi Bangsa Indonesia

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka penelitian skripsi ini difokuskan pada pengembangan media sign system dan himbauan pada TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang. Oleh karena itu pada penelitian Skripsi ini, terdapat beberapa rumusan masalah yaitu sebagai berikut :

  1. Bagaimana merancang media sign system dan himbauan yang menarik dan dapat menunjang informasi pada TKK PENABUR Gading Serpong ?

  2. Bagaimana informasi yang efektif disampaikan TKK PENABUR Gading serpong melalui pengembangan media sign system dan himbauan ini ?

  3. Bagaimana target yang hendak dicapai melalui rancangan media sign system dan himbauan ini ?

Ruang Lingkup Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas agar mempermudah masalah yang akan dibahas, maka perlu membatasi permasalahan dalam penelitian ini yaitu pengembangan media sign system dan himbauan pada TKK PENABUR Gading Serpong. Adapun pengembangan media sign system ini meliputi : 8 Class Room, Library, Dancing Room, Drawing Room, Computer Lab, Mini Chapel, Teachers Office, Principal’s Office, School Enrollment Room, Storage Room dan Restroom, serta media himbauan yang meliputi : Keep Your Environment Nice & Clean, Please Queue, Save Water, Put Your Shoes On The Shelf, Put The Book Back to The Shelf, Keep Calm & Study Well, Be Punctual.

Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk dapat menghasilkan konsep desain media sign system dan himbauan yang lebih kreatif dan informatif untuk menarik minat audience serta menunjang kebutuhan informasi pada TKK PENABUR Gading Serpong.

  2. Untuk menunjang informasi sekolah yang efektif melalui media sign system, yang menginformasikan ruangan atau tempat di area TKK PENABUR Gading Serpong, serta memberikan himbauan berupa pesan positif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa/i TKK PENABUR Gading Serpong.

  3. Untuk mencapai target sekolah dalam memberikan informasi yang dapat memberikan manfaat positif untuk seluruh warga sekolah mengenai fasilitas sekolah, meningkatkan image sekolah, dan membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang baik, melalui pesan himbauan yang disampaikan pada TKK PENABUR Gading Serpong.

Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian tentang pengembangan media sign system dan himbauan pada TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang ini yaitu  :

  1. Agar sekolah memiliki media sign system dan himbauan yang menarik secara visualisasi dan dapat menunjang informasi pada TKK PENABUR Gading Serpong.

  2. Agar seluruh warga sekolah mudah mengetahui informasi ruangan atau tempat yang akan dituju melalui media sign system, serta memahami dan mengikuti himbauan yang ditetapkan oleh TKK PENABUR Gading Serpong.

  3. Agar dapat membantu TKK PENABUR Gading serpong dalam penyampaian informasi, memberikan manfaat yang positif, meningkatkan image TKK PENABUR Gading Serpong, serta meningkatkan daya tarik calon orangtua murid.

Metodologi Penelitian

Dalam penelitian ini diperlukan data – data serta informasi yang lengkap, sebagai bahan untuk dapat mendukung kebenaran materi uraian dan pembahasan. Oleh karena itu dalam persiapannya harus dilakukan riset atau penelitian dahulu untuk mendapatkan data serta informasi yang dibutuhkan sebagai bahan materi yang diperlukan. Adapun metode yang dilakukan sebagai berikut :

  1. Pengumpulan Data
    1. Observasi

      Observasi adalah pengambilan data yang diperlukan untuk penyusunan skripsi, pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur – unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung pada TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang.

    2. Wawancara

      Wawancara adalah pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dengan orang yang akan diwawancarai, untuk memperoleh informasi yang lebih jelas dan gambaran mengenai media yang dibutuhkan saat ini oleh TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang. Wawancara ini dilakukan dengan Ibu Tities Sandrariasti, M.Pd., pada tanggal 15 Februari 2019, bertempat di TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang pada pukul 09.00 WIB sebagai Kepala Sekolah di TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang.

    3. Studi Pustaka

      Studi pustaka adalah pengumpulan data – data berupa teori, mempelajari dan memahami buku – buku, jurnal dan proceedings yang berkaitan dengan penulisan skripsi dengan konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB).

  2. Analisis SWOT

    Analisis SWOT ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weakness) dan ancaman (Threats).

  3. Analisa Pengembangan Media

    Pengembangan media sign system dan himbauan pada TKK PENABUR Gading Serpong ini akan dirancang dengan menggunakan aplikasi penunjang desain yaitu CorelDRAW X7.

  4. Konsep Desain

    Konsep desain yang digunakan dalam penelitian skripsi ini akan menyampaikan :

    1. Perencanaan Media menjelaskan apa yang harus dicapai, menentukan sasaran media dalam perancangan media sign system dan himbauan.
    2. Perencanaan Pesan menjelaskan bagaimana cara agar pesan serta informasi dapat tersampaikan kepada audience.
    3. Perencanaan Visual pada metode ini menentukan tujuan visual, strategi visual, menentukan penulisan naskah (copy writing), pengarahan visualisasi dan melakukan proses desain.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas, laporan skripsi ini dikelompokkan menjadi 5 bab dengan sistematika penulisan dengan penyampaian sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada Bab I ini berisikan penjelasan mengenai latar belakang penelitian pada TKK PENABUR Gading Serpong, rumusan masalah yang terdapat di TKK PENABUR Gading Serpong, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini dan sistematika penulisan laporan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada Bab II membahas tentang Teori-teori yang digunakan dalam pembuatan penulisan skripsi, yaitu Teori Umum dan Teori Khusus yang berkaitan dengan penulisan skripsi, serta Literature review sebagai landasan dalam pembuatan skripsi.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Pada Bab III ini menguraikan tentang gambaran umum objek yang diteliti yang meliputi : sejarah singkat TKK PENABUR Gading Serpong, Visi, Misi dan Moto sekolah, struktur organisasi pada TKK PENABUR Gading Serpong, wewenang dan tanggung jawab, Product Information, Market Analysis, Potensial Market, Market segmentation, Marketing Objective (Tujuan Pemasaran), Marketing Strategy (Strategi Pemasaran), Budget produksi media, Konfigurasi Perancangan dan Elisitasi.

BAB IV KONSEP DESAIN

Bab IV ini menjelaskan tentang konsep desain yang terdiri dari Perencanaan media, Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif), dan Perencanaan Visual (Konsep Visual).

BAB V PENUTUP

Pada Bab V ini merupakan bab terakhir yang berisikan kesimpulan dari hasil analisis pembahasan yang telah dilakukan. Dalam bab ini mahasiswa juga akan mencoba untuk memberikan saran yang dapat dijadikan masukan bagi pihak sekolah TKK PENABUR Gading Serpong Tangerang.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.


BAB II

Teori Umum

Konsep Dasar Pengembangan

Purwati dan Hendra Kurniawan (2015 : 49)[1] menjelaskan bahwa “Pengembangan adalah proses, cara, perbuatan mengembangkan sesuatu sebagai upaya meningkatkan mutu/kualitas untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan”.

Sedangkan menurut Purwanti (2015 : 42)[2] “Pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut.’’

Berdasarkan kedua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa pengembangan adalah suatu upaya meningkatkan kualitas dengan cara yang lebih efektif.

Konsep Dasar Media

  1. Pengertian Media

    Menurut Arda dan Darsikin (2015 : 69)[3] berpendapat “Media merupakan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran di sekolah karena dapat membantu proses penyampaian informasi”.

    Menurut Kurniawan dan Sinta Verawati Dewi (2017:215)[4] menjelaskan bahwa “Media merupakan sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.”

    Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa media adalah media memiliki beragam jenisnya mulai dari cetak maupun visual. Media juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan, karena dengan adanya media sangat membantu dan mempermudah perusahaan dalam menyampaikan informasi untuk semua karyawannya.

  2. Alternatif Media

    Sunarya, dkk (2016 : 61)[5], Macam-macam media komunikasi grafis dapat di kelompokan, yaitu sebagai berikut :

    1. Media Komunikasi Cetak/Visual, contohnya poster (dalam dan luar), stiker, sampul buku, pembungkus, selipat (folder), selembaran (leaflet), amplop dan kop surat, tas belanja, katalog, iklan majalah dan surat kabar.
    2. Media Luar Ruangan, contohnya seperti spanduk (banner), papan nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard, baliho, mobil box.
    3. Media Elektronik, contohnya radio, televisi, internet, film, program video, animasi computer.
    4. Tempat Pajang (Display), contohnya etalase (window display), point of purchase, desain gantung, floor stand.
    5. Barang Kenangan, contohnya T-shirt, polo shirt, payung, gelas, aneka souvernir, tas dan sebagainya.

Konsep Dasar Informasi

  1. Pengertian Data

    Menurut Iswandy (2015 : 73)[6] “Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan”.

    Dalam kutipan Sutopo, dkk (2016 : 24)[7] “Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi. Data adalah fakta yang jelas lingkup, tempat, dan waktunya”.

    Maka kesimpulan dari kedua pendapat diatas, bahwa data adalah bahan mentah suatu informasi yang disimpan dalam suatu struktur yang terintegritas.

  2. Pengertian Informasi

    Menurut Rahmawati, dkk (2016 : 68)[8] ” informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk jamak dari bentuk lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya”.

    Noor dan Ratna Sari (2016 : 63)[9], menjelaskan ”Informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh suatu organisasi, sehingga informasi ini sangat penting di dalam suatu organisasi. Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luhur, kerdil dan akhirnya berakhir. Sumber dari informasi adalah data”.

    Kesimpulan yang dapat diambil dari pengertian informasi diatas adalah informasi merupakan sekumpulan data-data yang pentingbagi penerima, dengan adanya data-data akan membentuk suatu informasi yang berguna dan bermanfaat. Suatu data harus diolahdengan bukti-bukti yang kuat agar suatu data tidak menjadi data hoax atau bohong.

  3. Jenis-jenis Informasi

    Menurut Sunarya, dkk (2015 : 80-81)[10]. Para ahli Sistem Informasi Manajemen tidak mempunyai pendapat yang sama mengenai jenis-jenis informasi yang dioperasikan dalam manajemen. Dari berbagai pendapat yang berbeda itu dapat disimpulkan bahwa informasi dalam manajemen diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek, yang diantaranya adalah:

    1. Informasi berdasarkan persyaratan. Suatu informasi harus memenuhi persyaratan sebagaimana dibutuhkan oleh manajer dalam rangka pengambilan keputusan yang harus segera dilakukan.
    2. Informasi berdasarkan dimensi waktu dibagi menjadi dua, yaitu :
      1. Informasi Masa Lalu.

        Informasi jenis ini adalah mengenai peristiwa lampau yang meskipun jarang dipergunakan, namun dalam penyimpanannya pada data storage perlu disusun secara rapih dan teratur.

      2. Informasi Masa Kini

        Dari istilahnya sendiri adalah jelas bahwa makna dari informasi masa kini ialah informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang.

  4. Nilai Informasi

    Menurut Wibawa dan Fany Julianto (2016 : 175)[11], nilai suatu informasi dapat ditentukan oleh lima hal, yaitu sebagai berikut :

    1. Untuk memperoleh pemahaman dan manfaat.
    2. Untuk mendapatkan pengalaman.
    3. Pembelajaran yang terakumulasi sehingga dapat diaplikasikan dalam pemecahan masalah atau proses bisnis tertentu.
    4. Untuk mengekstrak implikasi kritis dan merefleksikan pengalaman masa lampau yang menyedikan pengetahuan yang terorganisasi dengan nilai yang tinggi. Nilai ini bisa menghindari seorang manajer dari membuat kesalahan yang sama yang dilakukan oleh manajer lain sebelumnya.
    5. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Sebagian besar informasi tidak dapat ditaksir keuntungannya dengan suatu nilai uang, tetapi dapat ditaksir nilai efektifitasnya.
  5. Kualitas Informasi

    Menurut Rosmila, dkk (2016 : 228)[12], informasi yang berkualitas memiliki 3 kriteria yaitu :

    1. Akurat (accurate)

      Informasi harus bebas dari kesalahan, tidak biasa atau menyesatkan. Akurat juga berarti bahwa informasi itu harus dapat dengan jelas mencerminkan maksudnya.

    2. Tepat pada waktunya (timeliness)

      Informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat, di dalam pengambilan keputusan, informasi yang sudah usang tidak lagi bernilai. Bila informasi datang terlambat sehingga pengambilan keputusan terlambat dilakukan, hal itu dapat berakibat fatal.

    3. Relevan (relevance)

      Informasi yang disampaikan harus mempunyai keterkaitan dengan masalah yang akan dibahas dengan informasi tersebut. Informasi harus bermanfaat bagi pemakainya, disamping karakteristik, nilai informasi juga ikut menentukan kualitasnya. Nilai informasi (value of information) ditentukan oleh dua hal, yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih besar dibanding biaya untuk mendapatkannya.

Konsep Dasar Desain

  1. Pengertian Desain

    Menurut Sunarya, dkk (2016 : 60 )[5] Desain merupakan art direction, yaitu penampilan visual secara menyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copywriter (berupa konsep verbal dan visual) dipadukan secara sinergis ke dalam desain melalui proses standar, yaitu membuat sketsa-sketsa kasar, menentukan alternative desain, hingga final artwork (FAW).

    Menurut Hidayat, dkk (2018 : 45-46)[13] Istilah desain sendiri secara etimologi berasal dari beberapa serapan bahasa yang diambil dari bahasa Itali yaitu“Designo” yang secara gramatikal berarti gambar. Kata desain tersebut dapat digunakan pada berbagai kalimat, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Apabila sebagai kata kerja, istilah “desain” dapat diartikan sebagai proses dalam membuat atau menciptakan sebuah objek baru. Sedangkan dalam kata benda istilah “desain” dapat digunakan sebagai hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk karya nyata.

    Desain adalah penampilan visual secara menyeluruh dalam membuat atau menciptakan sebuah objek baru.

  2. Fungsi-fungsi Desain

    Menurut Wahyuni, dkk (2017 : 21)[14] menerangkan ada beberapa fungsi desain grafis diantaranya :

    1. Fungsi Informasi
      Desain selalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual.
    2. Fungsi Identifikasi
      Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.
    3. Fungsi Persuasi
      Desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosi dalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.
  3. Unsur-unsur Desain

    Agar suatu desain grafis dapat lebih menarik oleh penglihatan atau mata (eye catching) maka diperlukan pengetahuan tentang unsur-unsur dalam desain grafis. Berikut pengertian dari unsur-unsur dalam desain grafis menurut Wahyuni, dkk (2017 : 21)[14] diperlukan pengetahuan tentang unsur atau komponen dalam desain grafis, antara lain :

    1. Garis (Line)
      Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik point dengan titik point yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.
    2. Bentuk (Shape)
      Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle). Sementara pada kategori sifatnya, bentuk dapat dikategorikan sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu : Huruf, Simbol dan Bentuk Nyata.
    3. Tekstur (Texture)
      Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, kulit kayu, dan lain sebagainya.
    4. Ruang(Space)
      Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya yang pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetik desain. Sebagai contoh, tanpa ruang anda tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu objek (figure) dan latar belakang (background).
    5. Ukuran(Size)
      Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek. Dengan menggunakan unsur ini anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada objek desain anda sehingga orang dapat mengetahui mana yang akan dibaca dan dilihat terlebih dahulu.
    6. Warna(Color)
      Warna merupakan unsur penting dalam objek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas. Dalam prakteknya warna dibedakan menjadi dua, yaitu: warna yang ditimbulkan karena sinar (additive color) yang biasanya digunakan pada warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (substractive color) yang biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat seperti kertas, logam kain dan plastik.
  4. Prinsip-prinsip Desain Grafis

    Menurut Akbar (2016 : 86-87) [15] Dalam mendesain Prinsip dasar desain merupakan pengorganisasian unsur unsur dasar desain dengan memperhatikan prinsip – prinsip dalam menciptakan dan mengaplikasikan kreativitas. Jefkins mengelompokan prinsip – prinsip desain menjadi:”. Adapun prinsip – prinsip dasar desain dan definisinya yaitu:

    1. Kesatuan (unity)
      Kesatuan merupakan sebuah upaya untuk menggabungkan unsur – unsur desain menjadi suatu bentuk yang proporsional dan menyatu satu sama lain ke dalam sebuah media. Kesatuan desain merupakan hal yang penting dalam sebua desain, tanpa ada kesatuan unsur – unsur desain akan terpecah berdiri sendiri – sendiri tidak memiliki keseimbangan dan keharmonisan yang utuh.
    2. Keberagaman (variety)
      Keberagaman dalam desain bertujuan untuk menghindari suatu desain yang menoton. Untuk itu diperlukan sebuah perubahan dan pengkontrasan yang sesuai. Adanya perbedaan besar kecil, tebal tipis pada huruf, pemanfaatan pada gambar, perbedaan warna yang serasi, dan keragaman unsur – unsur lain yang serasi akan menimbulkan variasi yang harmonis.
    3. Keseimbangan (balance)
      Keseimbangan adalah bagaimana cara mengatur unsur – unsur yang ada menjadi sebuah komposisi yang tidak berat sebelah. Keseimbangan dapat tercapai dari dua bagian, yaitu secara simetris yang terkesan resmi/formal yang tercipta dari sebuah paduan bentuk dan ukuran tata letak yang sama, sedangkan keseimbangan asimetris memberi kesan informal,tapi dapat terlihat lebih dinamis yang terbentuk dari paduan garis, bentuk, ukuran, maupun tata letak yang tidak sama namun tetap seimbang.
    4. Ritme/irama (rhythm)
      Aliran secara keseluruhan terhadap desain selalu menyiratkan irama yang nyaman. Suatu gerak yang dijadikan sebagai dasar suatu irama dan ciri khasnya terletak pada pengulangan – pengulangan yang dilakukan secara teratur yang diberi tekanan atau aksen. Ritme membuat adanya kesan gerak yang menyiratkan mata pada tampilan yang nyaman dan berirama.
    5. Keserasian (harmony)
      Suptandar (1995:19) mengartikan “keserasian sebagai usaha dari berbagai macam bentuk, bangun, warna, tekstur, dan elemen lain yang disusun secara seimbang dalam suatu komposisi utuh agar nikmat untuk dipandang”. Adalah keteratuan di antara bagian – bagian suatu karya. <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"Proporsi (proportion)
      Menurut kusmiati (1999:99) “Proporsi merupakan perbandingan antara suatu bilangan dari suatu obyek atau komposisi”. Bisa dikatakan bahwa proporsi merupakan kesesuaian ukuran dan bentuk hingga tercipta keselarasan dalam sebuah bidang. Terdapat tiga hal yang berkaitan dengan masalah proporsi, yaitu penempatan susunan yang menarik, penentuan ukuran sehingga dapat diukur atau disusun sebaik mungkin.
    6. Skala (scale)
      Kusmiati (1999:14) menyebutkan: “skala adalah ukuran relatif dari suatu obyek, jika dibandingakan terhadap obyek atau elemen lain yang telah diketahui ukurannya”. Skala berhubungan dengan jarak pandang atau penglihatan dengan unsur – unsur yang telah dimunculkan (faktor keterbacaan). Skala juga sangat berguna bagi terciptanya kesesuaian bentuk atau obyek dalam suatu desain.
    7. Penekanan (emphasis)
      Jefkins (1997:246) menyebutkan bahwa: “Dalam penekanan, all emphasis is no emphasis, bila semua ditonjolkan, maka yang terjadi adalah tidak ada hal yang ditinjolkan”. Adanya penekanan dalam desain merupakan hal yang penting untuk menghindari kesan menoton. Penekanan dapat dilakukan pada jenis huruf, ruang kosong, warna, maupun yang lainnya akan menjadikan desain menjadi menarik bila dilakukan dalam proporsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Definisi Tipografi

Sidik, dkk (2017 :32)[16] menjelaskan bahwa “Typography meliputi kegiatan memilih huruf, menentukan ukuran yang tepat, dan bagaimana sebuah teks dapat dibaca dengan mudah”.

Sedangkan Anto, dkk (2017:97)[17] menjelaskan “Typography juga bisa dikatakan sebagai seni dalam menggunakan, memilih, dan mengaplikasikan huruf karena jika salah dalam memilih huruf, maka akibatnya adalah tidak sampainya informasi ketika media tadi dilihat/ dibaca.

Adapun kesimpulan dari kedua pendapat diatas, bahwa Typography meliputi kegiatan memilih huruf serta jika salah memilih huruf maka tidak sampainya informasi ketika media membacanya.

Pengertian Tentang Psikologi Warna

  1. Teori Warna

  2. Anto, dkk (2017 : 95)[17] menjelaskan bahwa “Warna adalah sebuah spektrum tertentu terdapat di dalam cahaya yang sempurna/putih”.

    Sedangkan Fatmawati dan Sri Widayati (2016 : 2)[18] menjelaskan “Warna adalah sebuah sensitivitas yang berhubungan dengan indra kita, seperti halnya rasa dan bau. Sensitivitas warna dihasilkan dari interaksi antara warna dengan indra sensitif warna yang ada pada kita”.

    Adapun kesimpulan dari kedua pendapat diatas, bahwa warna adalah spectrum tertentu didalam cahaya dan warna adalah sebuah sensitivitas yang berhubungan dengan indra kita.

    1. Jenis/Bentuk Warna

    2. Nugroho (2015 : 33-36)[19] menjelaskan terdapat lima jenis-jenis warna yaitu :

      1. Warna Primer

        Warna primer disebut warna pertama atau warna pokok. Disebut warna primer karena warna tersebut tidak dapat dibentuk dari warna lain.

        Gambar 2.1. Warna Primer

      2. Warna Sekunder

        Warna sekunder atau warna kedua adalah warna dari percampuran dua warna primer.

        Gambar 2.2. Warna Sekunder

      3. Warna Intermediate

        Warna Intermediate adalah warna perantara yaitu warna yang ada diantara warna primer dan sekunder pada lingkaran warna.

        Gambar 2.3. Warna Intermediate

      4. Warna Tersier

        Warna tersier atau warna ketiga adalah warna hasil pencampuran dari dua warna sekunder.

        Gambar 2.4. Warna Tersier

      5. Warna Kuarter

        Warna kuarter atau warna keempat yaitu warna hasil dari pencampuran dari dua warna tersier.

    Menurut Bimantara, dkk (2015 : 2)[20] respon psikologi warna menurut psikologinya masing-masing sebagai berikut :

    1. Warna Merah : Kekuatan, bertenaga,kehangatan, nafsu, cinta,agresif, berbahaya, semangat.

    2. Warna Biru : Kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi, kebersihan, perintah.

    3. Warna Hijau : Alami, kesehatan, pandanganyang enak, kecemburuan, pembaruan.

    4. Warna Kuning : Optimis, harapan, filosofi,ketidak jujuran/kecurangan,pengecut, pengkhianatan.

    5. Warna Ungu : Spiritual, misteri, keagungan, perubahan bentuk, galak, arogan.

    6. Warna Oranye : Energi, keseimbangan, kehangatan.

    7. Warna Coklat : Bumi, dapat dipercaya, nyaman, bertahan.

    8. Warna Abu-abu : Intelek, futuristic, modis, kesenderuan, merusak.

    9. Warna Putih : Kemurnian/suci, bersih, kecermatan, innocent (tanpadosa), steril, kematian.

    10. Warna Hitam : Kekuatan, seksualitas, kemewahan, kematian, misteri, ketakutan, ketidak bahagiaan, keanggunan.

Definisi Citra atau Image

Konsep Dasar Layout

Elemen/Unsur Desain

Teori Khusus

Konsep Dasar Desain Komunikasi Visual

Konsep Desain

Konsep Dasar Sekolah

Sign System

Pengertian Himbauan

Aplikasi Penunjang Desain

Pengertian Analisa SWOT

SWOT

Unsur-unsur SWOT

Matrik SWOT

Pengertian Elisitasi

Konsep Dasar Literature Review

Literature Review

Terdapat beberapa tinjauan pustaka atau literature riview sebagai referensi yang berkaitan tentang desain, sebagai berikut :

Tabel 2.2. Literature Riview

Berdasarkan Literature Riview diatas disimpulkan bahwa media Sign System sebagai sarana penyampaian informasi sangatlah berperan penting dan sangat dibutuhkan keberadaannya. Dengan adanya media sign system ini, audience akan mendapatkan informasi ruangan dengan cepat. Perancangan media komunikasi visual berupa sign system dan himbauan ini akan menampilkan konsep desain yang menarik, serta pemilihan typografi yang mudah untuk dibaca.

Pada penelitian ini lebih mengacu kepada literature review nomor 1 yang ditulis oleh Sunarya, dkk (2016) yang berjudul “Desain Media Sign System Dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa.” Dikarenakan bentuk media yang sama dan metodologi penelitian yang sama serta sasaran yang sama.

BAB III

IDENTIFIKASI MASALAH

Gambaran Umum Objek yang Diteliti

Sejarah Singkat

Sekolah TKK, SDK, SMPK, SMAK adalah bagian dari Yayasan BPK PENABUR yang didirikan sebagai wujud integritas dan kecintaan di dalam dunia pendidikan serta berbekal pengalaman di dalam merintis, membangun, mengembangkan dan melestarikan sekolah TKK PENABUR Gading Serpong yang lahir di Kota Tangerang. TKK PENABUR Gading Serpong dirintis sejak tahun 1995 setelah itu SDK, SMPK dan SMAK pada tahun 2000.

Sekolah TKK PENABUR Gading Serpong adalah sekolah Nasional yang berwawasan Internasional. Saat ini jumlah keseluruhan siswa – siswi dari sekolah TKK PENABUR Gading Serpong 500 siswa – siswi, walaupun jumlah yang terbilang masih sedikit dibanding sekolah – sekolah di luar sana, sekolah TKK PENABUR Gading Serpong terpanggil untuk mencetak generasi masa depan Indonesia yang mampu bersaing dan sejajar dengan bangsa lain tanpa harus kehilangan rasa Nasionalisme.

Maka dari itu Sekolah TKK PENABUR Gading serpong memposisikan sebagai Creative School karena kami percaya dan yakin bahwa kreativitas adalah sumber dari berbagai keberhasilan seseorang dalam pencarian dan pengembangan segala bakat, kepemimpinan, maupun jiwa kewirausahaan. Sekolah kami menganut konsep multi – skills, multi–relegions, multi–cultural, dengan membimbing murid – murid di sekolah bukan hanya untuk menjadi pintar dan memiliki kemampuan lebih, namun juga memiliki sikap toleransi yang tinggi terhadap semua agama dan kepercayaan, memiliki perilaku dan budi pekerti yang tinggi serta hormat terhadap segala perbedaan budaya dan tradisi yang ada, sesuai semboyan Negara Indonesia “Bhineka Tunggal Ika”

Metode pembelajaran pada Sekolah TKK PENABUR Gading Serpong yaitu menggunakan Kurikulum Nasional Berwawasan Internasional. Taman Kanak Kanak menyediakan lingkungan dan fasilitas bermain yang membuat anak – anak merasa senang dan aman. Mereka dimotivasi agar dapat mencapai pemenuhan dari seluruh potensinya. Serta diajarkan menggunakan Bahasa Inggris saat berkomunikasi oleh teman maupun guru. Tujuannya adalah untuk memupuk kepercayaan diri dan antusiasme serta saling menghargai satu sama lain sepanjang hidup mereka sebagai pelajar.

Prinsip dasar pendidikan yang dikembangkan oleh TKK PENABUR Gading Serpong adalah untuk menghargai kepribadian dan individualis anak – anak. Tujuan dari proses pendidikan di sekolah TKK PENABUR Gading Serpong adalah untuk membantu mengembangkan diri mereka pada potensi maksimal. Adapun kurikulum dari sekolah TKK PENABUR Gading Serpong adalah menggunakan kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) ditambah dengan mata pelajaran muatan lokal antara lain : SportClub ( berenang ), musik, gambar dan catur.

Sekolah TKK PENABUR Gading Serpong menyadari bahwa pendidikan yang baik dan benar adalah bekal yang sangat penting bagi terbentuknya karakter, disiplin kemampuan dan intelegensi setiap orang. TKK PENABUR Gading Serpong Jl. Raya Kelapa Gading Barat, Gading Serpong, Tangerang : contact phone (021) 5467830 – 1. E-Mail:[email protected]

Visi, Misi dan Moto Sekolah

  1. Visi PENABUR

    Berkarya bagi Kristus dan menjadi jembatan bagi keluarga.

  2. Misi PENABUR

    Mengembangkan kreativitas dan kemandirian berdasarkan nilai –nilai Kristiani.

  3. Motto PENABUR

    Success depends on my self

Struktur Organisasi

Sebuah instansi harus mempunyai suatu struktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian, untuk menunjukkan kerangka – kerangka hubungan diantara fungsi, bagian – bagian maupun wewenang serta tanggung jawab. Serta untuk menunjukkan rantai (garis) perintah dan perangkapan fungsi yang diperlukan dalam suatu organisasi. Adapun TKK PENABUR Gading Serpong yang mempunyai struktur organisasi manajemen sebagai berikut :

Gambar 3.1 Struktur Organisasi

Wewenang dan Tanggung Jawab

  1. Kepala Sekolah
    1. Membuat program kerja yang sesuai dengan Kurikulum Pendidikan Nasional.
    2. Berusaha untuk menciptakan suasana nyaman, aman dan kondusif di dalam sekolah.
    3. Mempunyai wewenang terhadap guru dan staf di bawahnya dalam memberikan tugas, memperingati dan membantu menyelesaikan masalah.
    4. Memimpin sekolah, dewan guru serta staf sekolah dalam menjalankan tugas serta peran masing – masing.
  2. Wakil Kepala Sekolah
    1. Membantu Kepala Sekolah untuk mengatur semua kegiatan yang sedang berlangsung di sekolah</p>
    2. Menggantikan Kepala Sekolah apabila Kepala Sekolah sedang tidak berada di sekolah.
    3. Membantu jalannya kegiatan disekolah maupun diluar sekolah.
    4. Mengatur semua kebutuhan sekolah.
  3. Tata Usaha (TU)
    1. Melayani sarana prasarana sekolah.
    2. Melayani pembayaran uang sekolah.
    3. Melayani pembelian formulir anak murid baru.
    4. Menginput data murid baik anak baru maupun anak lama.
    5. Menyiapkan data dan melayani untuk pengukuran seragam.
    6. Melakukan pelayanan kepada orang tua murid.
    7. Melayani keluhan orang tua murid.
    8. Menyimpan arsip data siswa.
    9. Menginput data siswa yang telah mendaftar.
    10. Membuat dan mengedarkan pengumuman sekolah kepada orang tua murid.
    11. Mencatat surat masuk maupun surat keluar dari dinas serta umum.
    12. Membantu menyediakan semua keperluan yang dibutuhkan untuk belajar mengajar.
  4. Guru
    1. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai kurikulum.
    2. Membimbing dan mengajarkan anak dalam memahami suatu pelajaran yang diajarkan.
    3. Memimpin, mengarahkan dan mengatur anak – anak di dalam kelas.
    4. Menghitung nilai anak dan menyerahkannya kepada orang tua siswa (Rapor).
    5. MMengisi administrasi kelas.
  5. UKGS
    1. Memeriksa perkembangan gigi siswa siswi TKK PENABUR Gading Serpong.
    2. Membuat jadwal sikat gigi sesuai dengan program yang sudah dibuat oleh sekolah.
  6. Native Speaker
    1. Untuk mengajarkan siswa – siswi TKK PENABUR Gading Serpong agar lebih paham dengan bahasa inggris.
    2. Membuat program kerja selama 1 Tahun Ajaran.
  7. Mandarin
    1. Untuk mengajarkan siswa – siswi TKK PENABUR Gading Serpong agar lebih paham dengan bahasa mandarin.
    2. Membuat program kerja selama 1 Tahun Ajaran.
  8. Perpustakaan
    1. Melayani Orang tua, Siswa, Guru, Karyawan untuk mencari atau meminjam buku.
    2. Membuat kegiatan di dalam perpustakaan selama jam perpustakaan kelas.
    3. Membeli buku – buku koleksi terbaru yang dibutuhkan oleh Siswa, Orang tua, Guru dan Karyawan.
    4. Membuat laporan keuangan, semester, tahunan.

    </ol>

    Product Information

    Market Analisis

    Potensial Market

    Market Segmentation

    Marketing Objective (Tujuan Pemasaran)

    Marketing Strategy (Strategi Pemasaran)

    Budget Produksi Media

    Konfigurasi Perancangan

    Elisitasi

    BAB IV

    BAB V

    PENUTUP

    Kesimpulan

    Setelah dilakukannya penelitian pada TKK PENABUR Gading Serpong dan analisa permasalahan pada kebutuhan informasi sekolah yaitu perancangan media sign system dan himbauan. Ada beberapa kesimpulan yang diperoleh antara lain :

    1. Dalam merancang media sign system dan himbauan yang menarik dan dapat menunjang informasi pada TKK Penabur Gading Serpong yaitu dengan memperhatikan unsur - unsur desain grafis seperti warna, layout, typography, illustrasi, dan dilengkapi dengan elemen-elemen desain, serta didukung informasi dan pesan yang jelas, sehingga mudah di pahami oleh seluruh warga sekolah, untuk mengetahui dengan mudah ruangan-ruangan yang akan digunakan, serta meningkatkan kepedulian, tanggung jawab serta kedisiplinan siswa/i TKK Penabur Gading Serpong.
    2. Informasi yang efektif disampaian TKK Penabur Gading serpong melalui pengembangan media sign system dan himbauan ini yaitu informasi yang mudah untuk dimengerti dan update mengenai informasi sign system pada TKK Penabur Gading serpong yang meliputi : 8 Class Room, Library, Dancing Room, Drawing Room, Computer Lab, Mini Chapel, Teachers Office, Principal’s Office, School Enrollment Room, Storage Room dan Restroom, serta media himbauan yang meliputi : Keep Your Environment Nice & Clean, Please Queue, Save Water, Put Your Shoes On The Shelf, Put The Book Back to The Shelf, Keep Calm & Study Well, Be Punctual.
    3. Target yang hendak dicapai melalui rancangan media sign system dan himbauan ini yaitu sekolah dapat memberikan dan menyampaikan informasi dengan baik kepada orang tua murid dan seluruh warga sekolah, mengenai informasi ruangan-ruangan yang terdapat di TKK Penabur Gading Serpong, meningkatkan image sekolah, dan membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang baik, melaui pesan himbauan yang disampaikan, serta meningkatkan daya tarik calon orangtua murid pada TKK Penabur Gading Serpong.

    Saran

    Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, adapun beberapa saran yang dapat diberikan untuk TKK PENABUR Gading Serpong yaitu sebagai berikut :

    1. Disarankan kepada sekolah TKK PENABUR Gading Serpong agar kedepannya dapat mengembangkan jenis media informasi dengan konsep desain yang lebih kreatif lagi, agar dapat menarik minat calon siswa/i baru, orang tua murid dan seluruh warga sekolah serta menunjang kebutuhan informasi pada TKK Penabur Gading Serpong.
    2. Disarankan pada sekolah TKK PENABUR Gading Serpong untuk selalu memberikan informasi-informasi terbaru dengan mengupdate desain setiap 2 tahun sekali pada media informasi yang disampaikan di lingkungan sekolah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan sekolah TKK PENABUR Gading Serpong.
    3. Disarankan kepada TKK PENABUR Gading Serpong, agar penggunaan media sign system dan himbauan tersebut lebih di tingkatkan dan di pergunakan lagi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan sekolah, agar informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi seluruh warga sekolah TKK PENABUR Gading Serpong.

    DAFTAR PUSTAKA

    1. Purwati, Neni dan Hendra Kurniawan. 2015. Studi Pengembangan Prototype Knowledge Management Pada Pengecekan Judul Tugas Akhir atau Skripsi Fakultas Ilmu Komputer IBI Darmajaya. Bali : STMIK AMIKOM Bali. Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I). ISSN : 2460-8378 : 49.
    2. Purwanti, Budi. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang. Journal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan. ISSN : 2337-7623. Vol. 3, No. 1 : 42.
    3. Arda. Sahrul Saehana dan Darsikin. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Palu : Universitas Tadulako. Journal Mitra Sains. ISSN : 2302-2027. Vol. 3, No. 1 : 69.
    4. Kurniawan, Dian dan Sinta Verawati Dewi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-o-matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Tasikmalaya : Universitas Siliwangi. Journal Siliwangi Seri Pendidikan. ISSN : 2476-9312. Vol. 3, No.1: 215.
    5. Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. ISSN: 2461-1409. Vol.2, No.1 : 60 dan 61.
    6. Iswandy, Eka. 2015. Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa dan Pelajar Kurang Mampu di Kenagarian Barung – Barung Balantai Timur. Padang : Institut Teknologi Padang. Jurnal TEKNOIF. ISSN: 2338-2724. Vol.3, No.2 : 73.
    7. Sutopo, Priyo. Dedi Cahyadi dan Zainal Arifin. 2016. Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Kalimantan Timur Berbasis Web. Samarinda : Universitas Mulamarwan. Jurnal Informatika Mulamarwan. ISSN : 1858-4853. Vol. 11, No. 1 : 24.
    8. Rahmawati, Sri. Silfia Andini dan Zefriyenni. 2016. Penerapan Game Education Untuk Meningkatkan Daya Ingat Belajar Anak Usia Dini. Padang : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Jurnal Teknologi. EISSN : 2180-3722. Vol. 6, No.2 : 68.
    9. Noor, Muhammad dan Ratna Sari. 2016. Sistem Informasi Kartu Inventaris Barang Berbasis Web di Pertambangan dan Energi Kabupaten Tanah Laut. Kalimatan Selatan : Politeknik Negeri Tanah Laut. Jurnal Sains dan Informatika. EISSN : 2598-5841. Vol. 2, No.1 : 63.
    10. Sunarya, Lusyani. Po Abas Sunarya dan Jasmine Dara Assyifa. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. ISSN : 1978-8282.Vol.9,No 1 : 80-81.
    11. Wibawa, Julian Chandra dan Fany Julianto. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Kepegawaian (Studi Kasus : PT. Dekatama Centra). Bandung : Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. ISSN : 2443-2229. Vol. 2,No. 2 : 175.
    12. Rosmila. Muh.Yamin dan LM. Tajidun. 2016. Aplikasi Pembagian Harta Waris Menurut Hukum Islam Dengan Menggunakan Metode Algoritma Genetic. Sulawesi Tenggara : Universitas Halu Oleo. Jurnal semanTIK. ISSN:2502-8928. Vol. 2, No. 2 : 228.

Contributors

Admin, Dana Krisdiana

Menu navigasi