SI1521489662

Dari widuri
Revisi per 5 Februari 2020 15.34 oleh Kukoh.meyariyanto (bicara | kontrib) (←Membuat halaman berisi '<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center; margin-top: 50px;"> <p style="line-height: 1">'''PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBENTUK <i>MO...')

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBENTUK MOTION

GRAPHICSGUNA PENUNJANG PROMOSI PADA

PT. TIRTA KARYA BUANA


SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM : 1521489662

NAMA : KUKOH MEY ARYANTO


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020


UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBENTUK MOTION

GRAPHICSGUNA PENUNJANG PROMOSI PADA

PT. TIRTA KARYA BUANA


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489662
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Februari 2020

Dekan
       
Ketua Program Studi
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
       
NIP : 006095
       
NIP : 073009
Rektor
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si)
NIP : 000603

UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBENTUK MOTION

GRAPHICSGUNA PENUNJANG PROMOSI PADA

PT. TIRTA KARYA BUANA

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1521489662
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
NID : 16017
   
NID : 09011

UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBENTUK MOTION

GRAPHICSGUNA PENUNJANG PROMOSI PADA

PT. TIRTA KARYA BUANA

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1521489662
NAMA

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

TA. 2018/2019

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, Februari 2020

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBENTUK MOTION

GRAPHICSGUNA PENUNJANG PROMOSI PADA

PT. TIRTA KARYA BUANA

 


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489662
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi

   

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggungjawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar. Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya.

 

Tangerang, Januari 2020
Kukoh Mey Ariyanto
NIM : 1521489662

 

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Dengan adanya teknologi Internet telah menjadi bagian dari media komunikasi yang terbiasa digunakan oleh orang banyak, seperti halnya telepon dan TV, salah satunya dengan teknologi Wireless LAN (WLAN) atau yang lebih dikenal dengan istilah wi-fi, telah banyak diimplementasikan oleh masyarakat. Desible Network Solution dengan badan hukum PT.Tirta Karya Buana merupakan penyedia layanan internet service provider (isp) yang berdomisili di Kabupaten Tangerang dan di luar Kota Tangerang, untuk mendapatkan kualitas pelayanan dan pengaruhnya terhadap kepuasaan masyarakat, maka diperlukan media promosi dengan media utama yaitu video. Video promosi ini berupa infografis sebagai media promosi dalam pengenalan, pemasaran, juga pengembangannya. Dengan adanya Infografis, maka cara dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat menjadi lebih menarik, juga guna menunjang citra dengan kesan yang “friendly”. Tujuan penelitian ini untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat perihal layanan internet dan kelebihan yang ada di PT.Tirta Karya Buana.

Kata kunci: Teknologi, PT. Tirta Karya Buana, Infografis, Pemasaran.


ABSTRACT

With the existence of Internet technology has become part of the communication media used by the crowd, such as telephone and TV, one of them with Wireless LAN (WLAN) technology or better known as Wi-Fi term, has been widely Implemented by the community. Desible Network Solution with legal entity PT. Tirta Karya Buana is a provider of Internet service provider (ISP) domiciled in Tangerang Regency and outside the city of Tangerang, to get the quality of service and its influence on the satisfaction of society, it is necessary media Promotion with the main media is video. This promotional Video is an infographic as a promotional medium in its introduction, marketing and development. With Infographics, the way to convey the message to the community is more interesting, also to support imagery with a "friendly" impression. The purpose of this research is to convey information to the public regarding Internet services and the advantages that exist in PT. The University of.

Keywords : technology, PT. Tirta Karya Buana, infographics, marketing.


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, serta do’a restu dan dukungan dari berbagai pihak sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan Skripsi ini dengan judul “PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBENTUK MOTION GRAPHICS GUNA PENUNJANG PROMOSI PADA PT. TIRTA KARYA BUANA”.

Tujuan penelitian Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat untuk menyelesaikan Program Pendidikan Strata 1 Program Studi Teknik Informati kapada Universitas Raharja.

Perencanaan dan penyusunan laporan Skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya terutama kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.kom. selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
  3. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi.
  4. Bapak Azwar Aditya Putra,S.Ds,M.Ds., selaku Pembimbing I yang telah bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada peneliti.
  5. Ibu Ria Wulandari,S.Kom.,MM selaku Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan dengan sangat detail kepada peneliti.
  6. Seluruh Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang berguna bagi peneliti.
  7. Abdul Rahman S.Ds,.selaku Stakeholder yang telah memberikan waktu dan tempatnya untuk melakukan penelitian dengan sangat baik.
  8. Bapak Rusdi, Mas Abdul Rahman, Mas Ari Toha Rizaldi, Mas Hamdan, Mas Rizal, Mas Ringgo, Mas Galang, Mas , dan Crew yang bertugas di Lingkungan PT. Tirta Karya Buana
  9. 9.Kawan – kawan yang tidak bisa disebut kansatu-persatu yang telah banyak memberi dukungan dan semangat dalam menyelesaikan penelitian dan penulisan Laporan Skripsi ini.

Dan untuk kedua Orang Tua yang telah mendukung, memberikando’a dan semangat secara terus-menerus kepada peneliti.

Peneliti menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, dikarenakan keterbatasan kemampuan peneliti dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan.Oleh karena itu peneliti mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang


   

Tangerang, Januari 2020
Kukoh Mey Ariyanto
NIM : 1521489662

 


DAFTAR BAGAN

  1. Bagan3.1 : Struktur Organisasi PT. Tirta Karya Buana
  2. Bagan4.1 : Tahap Preproduction
  3. Bagan4.2 : Tahap Production
  4. Bagan4.3 : Tahap Post Production

DAFTAR TABEL

  1. Tabel2.1 : Literature Riview
  2. Tabel3.1 : Material Produk
  3. Tabel3.2 : Kondisi Pesaing
  4. Tabel3.3 : Tabel Analisis SWOT
  5. Tabel3.4 : Budget Produksi Media
  6. Tabel3.5 : Elisitasi Tahap I
  7. Tabel3.6 : Elisitasi Tahap II
  8. Tabel3.7 : Elisitasi Tahap III
  9. Tabel3.8 : Final Draft Elisitasi
  10. Tabel4.1 : Script Writing
  11. Tabel4.2 : Rundown
  12. Tabel4.3 : Susunan Crew dan Talent
  13. Tabel4.4 : Time Schedule
  14. Tabel4.5 : Anggaran/Budget Produksi

DAFTAR GAMBAR

  1. Gambar 2.1: Tampilan Adobe After Effects CC 2015
  2. Gambar 2.2: Tampilan Adobe Premiere Pro CC 2015
  3. Gambar 4.1: Menampilkan animasi halte
  4. Gambar 4.2: Menampilkan animasi tablet
  5. Gambar 4.3:Menampilkan animasi produk
  6. Gambar 4.4: Menampilkan animasi text “explore the world”
  7. Gambar 4.6: Menampilkan animasi penjelasan wireless radio
  8. Gambar 4.7: Menampilkan animasi penjelasan collocation server
  9. Gambar 4.8: Menampilkan animasi penjelasan fiber optic
  10. Gambar 4.9: Menampilkan animasi penjelasan web apps
  11. Gambar 4.10: Menampilkan animasi text “Best Solution for your network”
  12. Gambar 4.11: Menampilkan animasi location
  13. Gambar 4.12: Komputer
  14. Gambar 4.13: software
  15. Gambar 4.14: Clip on
  16. Gambar 4.15: Headset
  17. Gambar 4.16: Flashdisk
  18. Gambar 4.17: Menampilkan animasi halte
  19. Gambar 4.18: Menampilkan animasi tablet
  20. Gambar 4.19: Menampilkan animasi produk
  21. Gambar 4.20: Menampilkan animasi text “explore the world”
  22. Gambar 4.21: Menampilkan animasi text produk dan servis
  23. Gambar 4.22: Menampilkan animasi penjelasan wireless radio
  24. Gambar 4.23: Menampilkan animasi penjelasan collocation server
  25. Gambar 4.24: Menampilkan animasi penjelasan fiber optic
  26. Gambar 4.25: Menampilkan animasi penjelasan web apps
  27. Gambar 4.26: Menampilkan animasi text “ Best Solution for your network”
  28. Gambar 4.27: Menampilkan animasi location

DAFTAR LAMPIRAN

  1. Form Permintaan Penerbitan Dokumen
  2. Kartu Bimbingan Skripsi Universitas Raharja
  3. Surat Keterangan Observasi
  4. Validasi Skripsi dan Kwitansi
  5. KSTF
  6. Formulir Final Presentasi
  7. Formulir Persetujuan dan Penugasan Pembimbing
  8. Formulir Seminar Proposal
  9. Formulir Pertemuan Stakeholder
  10. Surat Undangan Stakeholder
  11. Daftar Wawancara
  12. Elisitasi Tahap 1
  13. Elisitasi Tahap 2
  14. Elisitasi Tahap 3
  15. Final Draft Elisitasi
  16. Elisitasi Tahap 3
  17. Final Draft Elisitasi
  18. Surat Keterangan Implementasi
  19. Hibah
  20. Sertifikat Prospek
  21. Sertifikat TOEFL RCEP
  22. Sertifikat Seminat IT Nasional dan International
  23. Sertifikat Penghargaan Pemenang
  24. Sertifikat Tridharma
  25. Bukti Bimbingan via Online
  26. Katalog Produk
  27. Daftar Riwayat Hidup
  28. Formulir Cek List Validasi Sidang
  29. Formulir Pendaftaran Mengikuti Sidang

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Penggunaan barang barang elektronik hamper tidak terlepas dari kegiatan sehari-hari yang berarti pertukaran suatu informasi saatini dapat terjangkau hamper keseluruh daerah,mempromosikan suatu informasi misalnya seperti iklan suatu produk sekarang ini sangat lah mudah,hanya bermodalkan internet dan social media sudah sangat cukup,beda sekali saat teknologi di Indonesia belum berkembang, untuk menyebarkan suatu informasi masih terbilang sulit karena biayanya yang tinggi dan jangkauannya pun tidak dapat seluas saat ini.

Penyebaran informasi pada media internet memiliki beberapa macam,diantaranya berupa teks atau tulisan, gambar seperti poster atau banner dan video, animasi atau gambar bergerak. Dan penyebaran informasi yang paling efektif diantaranya adalah video, animasi atau gambar bergerak,dikarenakan hal itu,suatu instansi atau perusahaan yang ingin meningkatkan nilai produknya sangat memerlukan suatu media video sebagai media promosinya juga,dan karena keunggulan yang dimiliki motion grafik kepada khalayak umum yang lebihluas.

Disible Network Solutions Penyedia layanan internet (isp) dengan motto Explore The World For You dan support 24 jam dengan team yang Berpengalaman memungkinkan anda untuk menjelajahi dunia dan informasi dengan mudah langsung kehadapan anda, didukung dengan internet sehat dan akses transfer data yang cepat untuk kebutuhan anda, didukung berbasis teknologi wireless radio dan fiber optic

Oleh karena itu,berdasarkan komunikasi yang telah dilakukan dengan PT.Tirta Karya Buana di buatlah penelitian dengan memanfaatkan aplikasi video editing untuk menyebarkan informasi yang berjudul ‘’PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBENTUK MOTIONGRAPHICS GUNA PENUNJANG PROMOSI PADA PT. TIRTA KARYA BUANA.’’.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang penelitian yang telah diuraikan, maka perlu kiranya mengidentifikasikan masalah yang timbul. Hal ini digunakan untuk menyederhanakan permasalahan dan memperjelas arah penelitian sesuai dengan judul diatas,penulis data merumuskan beberapa point yang menjadi permasalahan pada PT. Tirta Karya Buana,yaitu sebagai berikut:

  1. Apakah media yang digunakan merupakan media yang tepat untuk mempromosikan PT. Tirta Karya Buana kepada masyarakat?
  2. Apakah konsep penyampaian informasi yang akan dibuat dapat memenuhi kebutuhan promosinya?
  3. Apakah dengan perkiraan arahan konsep motion grafiknya dapat menarik perhatian masyarakat sebagai media promosinya?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan permasalahan tidak menyimpang dari topic penelitian, maka penulis membatasi permasalahan yang akan dibahas, adapun permasalahan yang akan dibahas adalah hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan dalam perancangan media promosi dan informasi dalam bentuk video iklan yang diantaranya berisikan permasalahan umum menggunakan Motion grafik dan solusi permasalah antersebut yang dimiliki oleh PT. Tirta Karya Buana.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut :

  1. Membuatkan video iklan motion grafik sebagai media promosi PT. Tirta Karya Buana kedepannya.
  2. Merancang konsep media komunikasi visual yang efektif untuk menginformasikan produk/jasa PT. Tirta Karya Buana dengan tampilan yang menarik.
  3. Menarik minat dan perhatian masyarakat seluas-luasnya untuk dijadikan kostumer PT. Tirta Karya Buana.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat penelitian ini sebagaiberikut :

  1. 1.Membuatkan media video iklan sebagai media penyebaran promosi pada PT.Tirta Karya Buana.
  2. 2.Menerap kan ilmu yang sudah didapatkan dari perkuliahan sebagai aplikasi pada dunia kerja yang sebenarnya.
  3. 3.Mendapatkan pengalaman bekerja secara riil dan mendapatkan referensi bekerja dari pembuatan projeknya.

Metode Penelitian

Untuk memperoleh dan melengkapi data-data yang diperlukan dalam penulisan laporan skripsi terkait dengan perancangan media desain promosi dan informasi ini, penulis menggunakan beberapa metode. Adapun metode yang penulis gunakan adalah sebagai berikut :

  1. Analisis Permasalahan

    Analisis permasalahan di dapatkan pada saat penulis melakukan pertemuan dengan Bapak Abdul Rahman.S.Ds.,sebagai stakeholder melalui Tanya jawab dan interview.

  2. Metode Pengumpulan Data
    1. Metode Observasi

      Observasi dilakukan pada Jl.Al-Muhajirin RayaNo.69 Tanah Tinggi Tangerang-Banten 15119 untuk pengambilan data yang diperlukan untuk perancangan Media Promosi dan Informasi melalui pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung.

    2. Metode Wawancara

      Wawancara adalah salah satu metode pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dengan orang yang akan di wawancarai, memperoleh informasi dan gambaran mengenai media penunjang Promosi dengan jelas seperti apa yang diinginkan oleh PT. Tirta Karya Buana.

    3. Studi pusaka

      Studi pustaka adalah pengumpulan data-data berupateori, mempelajari dan memahami buku-buku diktat. Penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat berdasarkan pada buku-buku,jurnal dan media tertulis lainnya yang berkaitan dengan penulisan Laporan Skripsi konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) sebagai panduan secara teoritis.

  3. Metode Sumber Data

    Menurut sumbernya data dapat dibedakan menjadi dua bagian :

    1. Data Internal, yaitu data menggambarkan keadaan atau kejadian di dalam suatu istansi PT. Tirta Karya Buana agar mendapatkan beberapa keterangan atau data yang diperlukan untuk membuat laporan skripsi ini.
    2. Data External ,yaitu data yang menggambarkan keadaan atau kegiatan diluar suatu instansi PT. Tirta Karya Buana.
  4. Metode Analisa Perancangan Media

    Perancangan media komunikasivisual sebagai penunjang media informasi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelumnya,selain dari itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, selanjutnya dirancang menggunakan aplikasi program komputer grafis Media-media yang akan digunakan sebagai sarana penunjang informasi di PT. Tirta Karya Buana dirancang dengan menggunakan aplikasi After Effect CS6, Adobe Flash Player CS6, Adobe Illustrator CS6.

  5. Metode Konsep Produksi Media (KPM)

    Berikut merupakan tahapan-tahapan konsep produksi media:

    1. Pre Production

      Pre production adalah tahapan perencanaan dalam proses pembuatan video atau film yang terdiri dari ide atau gagasan,sinopsis,narasi, storyboard, scriptwriting, rundown, penyusunan crew, time schedule, anggaran/budget sertaperalatan yang digunakan.

    2. Production

      Production adalah proses pengambilan gambar video atau film dengan kerjasama antara pemain dan crew

    3. 'Post Production

      Post production adalah proses penyelesaian akhir dalam suatu pembuatan video atau film untuk menjadi sebuah karya yang sempurna dan mampu menceritakan sebuah cerita serta pesan kepada audience.

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan Laporan Skripsi ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan disertakan sistematika penyampainnya, sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis menguraikan Latar Belakang, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodelogi Penelitian serta Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini penulis berisikan konsep – konsep dasar yang mendasari laporan skripsi secara teroritis dan ilmiah, diantaranya Teori Umum, Teori Khusus dan Literature Review.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Dalam bab ini penulis berisikan tentang Gambaran Umum PT. Tirta Karya Buana meliputi mengenai sejarah singkat perusahaan, Visi dan Misi, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab tiap-tiap bagian, Product Information, Market Analysis, Market Potential, Market Segmentation, Marketing Objective, Market Strategy, Budget Production, Konfigurasi Perancangan, Hardware, Software dan Elisitasi.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA ( KPM )

Pada Bab ini menjelaskan tentang Konsep Produksi Media (KPM) berbasis video, yang di dalamnya terdapat Preproduction, Production dan Postproduction.

BAB V PENUTUP

Berisikan tentang kesimpulan, saran, dan kesan yang dapat di berikan oleh penulis dari hasil penelitian selama observasi

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Menurut Nadeak, dkk. (2016 : 54)[1], Perancangan adalah proses penerapan berbagai teknik dan prinsip yang bertujuan untuk mendefinisikan sebuah peralatan, satu proses atau sistem secara detail yang membolehkan dilakukan realisasi fisik.

Adapun menurut Menurut Novitasari dan Indah Uly Wardati (2015: 20)[2], Perancangan adalah suatu proses pemilihan dan pemikiran yang menghubungkan fakta-fakta berdasarkan asumsi-asumsi yang berkaitan dengan masa datang dan menggambarkan rumus kegiatan tertentu yang diyakini dan diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dan menguraikan bagaimana pencapaiannya.

Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis, perancangan adalah suatu proses kegiatan yang menghubungkan fakta-fakta yang didapat dan digambarkan urutan kegiatannya untuk mencapai tujuan tertentu.

Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Lusyani Sunarya (2017 : 81)[3], Perancangan secara umum terdiri dari:

  1. Persiapan Data

    Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi, apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estesis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estesis bisa berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain menggunakan komputer, data harus dalam formatdigital ataufile, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah data analog ke digital seperti scanner, kamera digitalakan sangat membantu.

  2. Ide

    Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

  3. Konsep

    Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

  4. Media

    Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.

  5. Visualisasi

    Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien.

  6. Produksi

    Setelah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak, media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi, agar hasil visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.

Konsep Dasar Informasi

Pengertian Informasi

Menurut A. Rusdiana dan Moch. Irfan(2014:74)[4], Informasi merupakan suatu data atau objek yang diproses terlebih dahulu sedemikian rupa sehingga memiliki arti bagi penerimanya, yang selanjutnya menjadi pengetahuan bagi penerima tentang suatu hal tertentu yang membantu pengambilan keputusan secara tepat

Adapun menurut Azim Ramadhan, dkk. (2016 : 67)[5]Informasi adalah sekumpulan fakta-fakta yang telah diolah menjadi bentuk data, sehingga dapat menjadi lebih berguna dan dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan data-data tersebut sebagai pengetahuan ataupun dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis,informasi sangatlah penting karena di dalamnya merupakan suatu hasil pengolahan data atau objek yang dapat memberikan suatu arti bagi penerimanya guna mengambil keputusan secara tepat

Jenis-Jenis Informasi

Menurut Lusyani Sunarya, dkk. (2015:80)[6], Jenis-jenis informasi dalam manajemen diklarifikasikan berdasarkan aspek-aspek, yang diantaranya adalah :

  1. Informasi berdasarkan persyaratan

    Suatu informasi harus memenuhi persyaratan sebagaimana dibutuhkan oleh manajer dalam rangka pengambilan keputusan yang harus segera dilakukan.

  2. Informasi berdasarkan dimensi waktu

    Informasi berdasarkan dimensi waktu dibagi menjadi dua, yaitu:

    1. Informasi Masa Lalu

      Informasi jenis ini adalah mengenai peristiwa lampau yang meskipun jarang dipergunakan, namun dalam penyimpanannya pada data storage perlu disusun secara rapi dan teratur.

    2. Informasi Masa Kini

      Dari istilahnya sendiri adalah jelas bahwa makna dari informasi masa kini ialah informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang./p></div>

      </ol> </ol>

      Kualitas Informasi

      <p style="line-height: 2">Menurut Parker dalam Jaluanto Sunu Punjul Tyoso (2016:33)[7], Informasi yang berkualitas harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :</p>
      1. Ketersediaan (availability)
        <p style="line-height: 2">Informasi harus dapat diakses oleh orang yang membutuhkannya, maka daitu informasi harus tersedia setiap saat pada “gudang data” (database) yang terorganisasi rapi.</p>
      2. Mudah dipahami (comprehensibility)
        <p style="line-height: 2">Informasi yang berbelit-belit atau tidak jelas koneksinya bahkan bersifat rumir, maka berakibat keputusan yang akan diambil tertunda, karena lebih banyak waktu digunakan untuk membahasnya.</p>
        1. Relevan (Relevant)
          <p style="line-height: 2">Berkaitan dengan pengoperasian suatu organisasi, informasi yang dibutuhkan ialah informasi yang benar-benar relevan dengan permasalahan, misi dan tujuan organisasi yang bersangkutan.</p>
        2. Bermanfaat (Benefits)
          <p style="line-height: 2">Informasi sebaiknya dapat disajikan dalam bentuk-bentuk yang mudah dilihat dan dipelajari sehingga kepemanfaatannya terlihat jelas. Keputusan berdasarkan informasi yang dipelajari.</p>
        3. Tepat Waktu (Being On/In time)
          <p style="line-height: 2">Informasi harus tersedia tepat ada waktunya sehingga saat organisasi membutuhkannya informasi sudah tersedia. Juga harus diperhatikan kapan informasi itu diperoleh pada peristiwa apa saat itu.</p>
        4. Keterandalan (Reliability)
          <p style="line-height: 2">Informasi harus diperoleh dari sumber data yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Demikian juga dengan pengelola atau pemberi informasi juga merupakan pihak-pihak yang dapat dipercaya.</p>
        5. Akurat (Accuracy)
          <p style="line-height: 2">Informasi harus bersih dari kesalahan dan kekeliruan. Artinya informasi harus jelas dan tepat dalam mencerminkan makna yang terkandung dari data.</p>
        6. 8.Konsisten (Consistent)
          <p style="line-height: 2">Informasi tidak bermuatan hal-hal yang kontradiktif, sehingga peristilahan atau bahasa yang digunakan haruslah secara tetap disajikan.</p>

      Nilai Informasi

      <p style="line-height: 2">Menurut Tata Sutabri (2014:31)[8], Nilai informasi ditentukan oleh 2 (dua) hal, yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkannya.Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaat lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit. Nilai informasi ini didasarkan atas 10 (sepuluh) sifat yaitu :</p>
      1. Mudah diperoleh
        <p style="line-height: 2">Sifat ini menunjukan mudahnya dan cepatnya informasi dapat diperoleh. Kecepatan memperoleh dapat diukur, misalnya 1 menit versus 24 jam. </p>
      2. Luas dan lengkap
        <p style="line-height: 2">Sifat ini menunjukkan lengkapnya isi informasi.Hal ini tidak berarti hanya mengenai volumenya, tetapi juga mengenai keluaran informasinya.Sifat ini sangat kabur dan arena itu sulit mengukurnya.</p>
      3. Ketelitian
        <p style="line-height: 2">Sifat ini berhubungan dengan tingkat kebebasan dan kesalahan keluaran informasi.Dalam hubungannya dengan volume data yang besar. </p>
      4. Kecocokan
        <p style="line-height: 2">Sifat ini menunjukkan berita baik keluaran informasi dalam hubungannya dengan permintaan para pemakai.Isi informasi harus ada hubungannya dengan masalah yang sedang dihadapi. </p>
      5. Ketepatan waktu
        <p style="line-height: 2">Sifat ini berhubungan dengan waktu yang dilalui yang lebih pendek dari pada siklus untuk mendapatkan informasi. Masukan, pengolahan dan pelaporan keluaran kepada para pemakai biasanya tepat waktu. </p>
      6. Kejelasan
        <p style="line-height: 2">Sifat ini menunjukkan tingkat keluaran informasi yang bebas dari istilah-istilah yang tidak jelas. </p>
      7. Keluwesan
        <p style="line-height: 2">Sifat ini berhubungan dengan dapat disesuaikannya keluaran informasi tidak hanya dengan lebih dari satu keputusan, tetapi juga dengan lebih dari seorang pengambil keputusan. </p>
      8. Dapat dibuktikan
        <p style="line-height: 2">Sifat ini menujukkan kemampuan beberapa pemakai informasi untuk menguji keluaran informasi dan sampai pada kesimpulan yang sama.</p>
      9. Tidak ada prasangka
        <p style="line-height: 2">Sifat ini berhubungan dengan tidak adanya keinginan untuk mengubah informasi guna mendapatkan kesimpulan yang telah dipertimbangkan sebelumnya. </p>
      10. Dapat diukur
        <p style="line-height: 2">Sifat ini menunjukkan hakekat informasi yang dihasilkan dari sistem informasi formal. </p>

      Konsep Dasar Promosi

      Pengertian Promosi

      <p style="line-height: 2">Menurut Wahyu Hidayat, dkk. (2016:186)[9], Promosi merupakan rangkaian kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan oleh produsen melalui jalinan komunikasi dengan maksud mempengaruhi dan mendorongkonsumen untuk memberi produk yang ditawarkan. Kegiatan promosi dapat dilakukan langsung bertatap muka dengan calon konsumen (personal selling) atau dengan menggunakan media yang ada seperti media massa maupun elektronik.</p>
      <p style="line-height: 2">Sedangkan menurut Dewi Immaniar, dkk. (2014:425-426)[10], Promosi adalah tindakan menginformasikan atau meningkatkan konsumen tentang spesifikasi produk atau merek. Promosi mempunyai kekuatan untuk menyampaikan pesan, dan diperlukan perancangan khusus agar promosi tersebut memiliki visual yang kuat dan menciptakan keserasian didalam rangkaian pemasaran.</p>
      <p style="line-height: 2">Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis,promosi merupakan sebuah kegiatan menyampaikan sesuatu, bisa berupa mengajak atau meyakinkan untuk mendapatkan langsung sikap dan tingkah laku penerima yang dapat memperluas keberadaan suatu produk atau perusahaan.</p>

      Tujuan Promosi
      =

      <p style="line-height: 2">Menurut Ratih Hurriyati (2015)[11]</p>
      1. Menginformasikan (informing)
        <p style="line-height: 2">PMenginformasikan pasar mengenai keberadaan suatuproduk baru, memperkenalkan cara pemakaian yang baru dari suatu produk, menyampaikan perubahan harga kepada pasar, menjelaskan cara kerja suatu produk, menginformasikan jasa-jasa yang disediakan oleh perusahaan, meluruskan kesan yang keliru, mengurangi ketakutan atau kekhawatiran pembeli, dan membangun citra perusahaan. </p>


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan

Contributors

Kukoh.meyariyanto