SI1521488499
ANIMASI VIDEO SOSIALISASI SKRIPSI PADA UNIVERSITAS RAHARJA TANGERANG
SKRIPSI
Disusun Oleh :
NIM : 1521488499
NAMA : BAHIRAH AYU ANGGANA RIFFADEWI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DAN BROADCASTING
UNIVERSITAS RAHARJA
TANGERANG
TA. 2018/2019
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
ANIMASI VIDEO SOSIALISASI SKRIPSI PADA UNIVERSITAS RAHARJA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM : 1521488499
Nama : Bahirah Ayu Anggana Riffadewi
Fakultas : Sains dan Teknologi
Program Pendidikan : Strata 1
Program Studi : Teknik Informatika
Konsentrasi : Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Disahkan Oleh :
Tangerang, 18 Juli 2019
Rektor Ketua Program Studi
Universitas Raharja Program Studi Teknik Informatika
( Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si) (Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I.)
NIP: 000603 NIP: 073009
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
ANIMASI VIDEO SOSIALISASI SKRIPSI PADA UNIVERSITAS RAHARJA TANGERANG
Dibuat Oleh :
Nim : 1521488499
Nama : Bahirah Ayu Anggana Riffadewi
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Fakultas Sains dan Teknologi
Program Studi Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Disetujui Oleh :
Tangerang, 18 Juli 2019
Pembimbing I Pembimbing II
(Junaidi, M.Kom.) (Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom.,M.T.I.)
NID: 05062 NID: 11006
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
ANIMASI VIDEO SOSIALISASI SKRIPSI PADA UNIVERSITAS RAHARJA TANGERANG
Dibuat Oleh :
NIM : 1521488499
Nama : Bahirah Ayu Anggana Riffadewi
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Fakultas Sains dan Teknologi
Program Studi Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
TA. 2018/2019
Disetujui Penguji :
Tangerang, 18 Juli 2019
Ketua Penguji Penguji I Penguji II
( ) ( ) ( )
NID: NID: NID:
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
ANIMASI VIDEO SOSIALISASI SKRIPSI PADA UNIVERSITAS RAHARJA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM : 1521488499
Nama : Bahirah Ayu Anggana Riffadewi
Fakultas : Sains dan Teknologi
Program Pendidikan : Strata 1
Program Studi : Teknik Informatika
Konsentrasi : Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, 18 Juli 2019
Bahirah Ayu Anggana Riffadewi
Nim: 1521488499
ABSTRAK
Tugas skripsi merupakan salah satu syarat yang dimiliki oleh seluruh perguruan tinggi dan universitas di tanah air yang harus dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswanya sebelum mendapat gelar masing-masing sesuai jurusan yang ditempuh oleh mereka setelah lulus perkuliahan nanti. Agar lolos tahap validasi skripsi, mahasiswa dapat mengikuti panduan yang telah disediakan oleh Universitas Raharja. Pedoman skripsi dapat dilihat melalui salah satu situs milik Universitas raharja: widuri.raharja.info. Masih terdapat panduan skripsi lainnya yang dapat mahasiswa ikuti usai masa bimbingan, yaitu panduan untuk bagaimana mengumpulkan skripsi berformat pdf dan panduan untuk bagaimana mengumpulkan skripsi yang sudah di hardcover. Semua panduan tersebut memang sudah lengkap, tetapi panduan tersebut hanya tersedia dalam bentuk teks dan hanya dapat dipahami oleh mahasiswa yang memang mampu memahami melalui bacaan teks, sehingga panduan skripsi berbentuk audio visual belum tersedia dan mahasiswa yang hanya mampu memahami melalui visual menjadi kesulitan. Pembuatan video animasi yang menjelaskan skripsi dilakukan dalam tiga langkah: Preproduction, Production, dan Postproduction, dengan aplikasi penunjang pembuatan video animasi seperti Adobe Photoshop CS6, Adobe Premiere Pro CS6, FonePaw Screen Recorder, termasuk Sound Recorder dan Notepad. Video animasi sosialisasi skripsi diharapkan dapat tercapainya tujuan dari keberadaan video animasi ini di Universitas Raharja, yaitu dapat menambah panduan bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas skripsi tidak hanya melalui panduan skripsi yang berbentuk teks, dan tidak membuat mahasiswa keluar jalur dalam prosesnya. Adapun manfaat yang diharapkan untuk tercapai yaitu mampu mempermudah mahasiswa-mahasiswa yang pada dasarnya lebih paham hanya melalui penjelasan audio visual dalam melihat panduan skripsi.
Kata kunci : Video, Animasi, Skripsi
Abstract
Essay assignments are one of the conditions possessed by all colleges and universities in the country that must be carried out by their students before getting their respective degrees according to the courses taken by them after graduating later. In order to pass the essay validation stage, students can follow the guidelines provided by Raharja University. Essay guidelines can be viewed through one of the sites belonging to the University of Raharja: widuri.raharja.info. There are still other essay guides that students can follow after the guidance period, namely a guide for how to collect pdf format essay and guidelines for how to collect hardcovered essay. All of these guidelines are indeed complete, but the guidelines are only available in text form and can only be understood by students who are able to understand through text reading, so that the audio-visual essay guidance is not yet available and students who are only able to understand through visual are having difficulties. The making of animated videos that explain the essay is done in three steps: Preproduction, Production, and Postproduction, with applications supporting the creation of animated videos such as Adobe Photoshop CS6, Adobe Premiere Pro CS6, FonePaw Screen Recorder, including Sound Recorder and Notepad. The animated video of essay socialization is expected to achieve the purpose of the existence of this animation video at Raharja University, which can add guidance for students who are carrying out essay assignments not only through text-based essay guidance, and do not get students off track in the process. The benefits expected to be achieved are able to facilitate students who are basically more understanding only through audio visual explanations in looking at essay guidelines.
Keywords : Video, Animation, Essay
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul "ANIMASI VIDEO SOSIALISASI SKRIPSI PADA UNIVERSITAS RAHARJA TANGERANG”.
Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan Program Pendidikan Strata 1 Program Studi Teknik Informatika pada Universitas Raharja.
Telah disadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak maka tidak akan dapat terselesaikannya Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :
- Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
- Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
- Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
- Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I. selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika.
- Bapak Junaidi, M.Kom. sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
- Ibu Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom., M.T.I. sebagai Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan serta motivasinya.
- Ibu Novi selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi besar di dalam lancarnya proses tugas skripsi ini.
- Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasinya.
- Keluarga tercinta yang telah memberikan doa serta dukungan sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
- Teman - teman seperjuangan yang selalu ada dan memberikan semangat.
Telah disadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun akan diharapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.
Tangerang, 18 Juli 2019
Bahirah Ayu Anggana Riffadewi
Nim:1521488499
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1. Daftar Pesaing Universitas Raharja
Tabel 3.2. Daftar biaya produksi media
Tabel 3.3. Daftar elisitasi tahap 1
Tabel 3.4. Daftar elisitasi tahap 2
Tabel 3.5. Daftar elisitasi tahap 3
Tabel 3.6. Daftar final draft elisitasi
Tabel 4.1. Storyboard video animasi sosialisasi skripsi
Tabel 4.2. Naskah video animasi sosialisasi skripsi
Tabel 4.3. Rundown video animasi sosialisasi skripsi
Tabel 4.4. Jadwal time schedule untuk perancangan video animasi
Tabel 4.5. Daftar anggaran biaya pembuatan video animasi
DAFTAR GAMBAR
Gambar 3.1. Struktur Organisasi Universitas Raharja
Gambar 4.1. Pembuatan tokoh mahasiswa
Gambar 4.2. Konsep mahasiswa yang akan menjadi tokoh utama
Gambar 4.3. Proses pemisahan supaya tokoh siap untuk dianimasikan
Gambar 4.4. Proses animasi
Gambar 4.5. Proses editing
Gambar 4.6. Proses export video menjadi file mp4
DAFTAR LAMPIRAN
- Validasi Skripsi
- Validasi sidang Skripsi
- Kwitansi pembayaran Skripsi, Raharja Career, dan sidang Skripsi
- Kartu bimbingan Skripsi
- Surat penggantian judul
- Surat keterangan observasi
- Surat penugasan kerja
- KSTF
- Daftar Nilai
- Sertifikat seminar IT Nasional dan Internasional
- Sertifikat TOEFL RCEP
- Sertifikat prospek
- Formulir observasi
- Formulir wawancara
- Tabel Elisitasi Tahap 1
- Tabel Elisitasi Tahap 2
- Tabel Elisitasi Tahap 3
- Tabel Elisitasi Tahap Final
- Daftar riwayat hidup
DAFTAR ISI
COVER LUAR
COVER DALAM
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Rumusan Masalah
1.3. Ruang Lingkup Penelitian
1.4. Tujuan
1.5. Manfaat
1.6. Metode Penelitian
1.6.1. Pengumpulan Data
-
- Studi Pustaka
- Wawancara
- Observasi
1.6.2. Analisa SWOT
1.6.3. Analisa Perancangan Media
1.6.4. Konsep Produksi Media
1.7. Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
2.1. Teori Umum
2.1.1. Konsep Dasar Perancangan
-
- Pengertian Perancangan
- Proses Perancangan Secara Umum
- Pengertian Proyek
2.1.2. Konsep Dasar Informasi
-
- Pengertian Data
- Pengertian Informasi
- Jenis-Jenis Informasi
2.1.3. Konsep Dasar Media
-
- Pengertian Media
- Jenis-Jenis Media
2.1.4. Pengertian Desain Komunikasi Visual
2.2. Teori Khusus
2.2.1. Pengertian Skripsi
2.2.2. Pengertian Video
2.2.3. Pengertian Animasi
2.2.4. Pengertian Adobe Photoshop
2.2.5. Pengertian Adobe Premiere Pro
2.2.6. Pengertian FonePaw Screen Recorder
2.2.7. Pengertian Sosialisasi
2.2.8. Pengertian Universitas
2.2.9. Pengertian Notepad
2.2.10. Pengertian Elisitasi
2.3. Literature Review
BAB III IDENTIFIKASI MASALAH
3.1. Gambar Umum Objek yang Diteliti
3.1.1. Sejarah Singkat
3.1.2. Struktur Organisasi
3.2. Product Information
3.2.1. Produk
3.2.2. Latar Belakang Produk
3.2.3. Perkembangan Produk
3.2.4. Spesifikasi Produk
-
- Manfaat Produk
- Kelebihan Produk
- Kekurangan Produk
3.2.5. Harga Produk
3.3. Market Analysis
- Market Positioning
- Kondisi Pesaing
3.4. Potential Market
3.5. Market Segmentation
3.6. Market Objective
3.7. Market Strategy
3.8. Budget Produksi Media
3.9. Konfigurasi Perancangan
3.10. Elisitasi
BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA
4.1. Preproduction
4.1.1. Ide atau Gagasan
4.1.2. Sinopsis
4.1.3. Narasi
4.1.4. Storyboard
4.1.5. Script Writing
4.1.6. Rundown
4.1.7. Penyusunan Crew
4.1.8. Time Schedule
4.1.9. Anggaran Biaya
4.1.10. Peralatan yang Digunakan
4.2. Production
4.2.1. Perencanaan Multimedia
4.2.2. Perencanaan Audio
4.2.3. Perencanaan Visual
4.2.4. Perencanaan Broadcasting
4.3. Postproduction
4.3.1. Editing
4.3.2. Finishing
4.3.3. Segmen Pasar
BAB V PENUTUP
5.1. Kesimpulan
5.2. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN