SI1322476247: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Latar Belakang)
(Sistematika Penelitian)
Baris 747: Baris 747:
  
  
 +
<br />
 +
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center"><p style="line-height: 2">'''DAFTAR PUSTAKA'''</p></div>=
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
<references />
 +
</p></div>
  
 +
{{pagebreak}}
  
 
[[Category:Skripsi 2018/2019]]
 
[[Category:Skripsi 2018/2019]]

Revisi per 22 Desember 2018 02.14

APLIKASI E-COMMERCE SISTEM INFORMASI

PENJUALAN ROLLING DOOR BERBASIS RAD

(Rapid Application Development) PADA

PT. KARYA MANDIRI SEPAKAT

SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM : 1322476247

NAMA : INDRA SUMASNO


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2018/2019




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


APLIKASI E-COMMERCE SISTEM INFORMASI

PENJUALAN ROLLING DOOR BERBASIS RAD

(Rapid Application Development) PADA

PT. KARYA MANDIRI SEPAKAT


Disusun Oleh :

NIM
: 1322476247
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering


Disahkan Oleh :

Tangerang, Februari 2019

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
NIP : 000594
       
NIP : 001405



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


APLIKASI E-COMMERCE SISTEM INFORMASI

PENJUALAN ROLLING DOOR BERBASIS RAD

(Rapid Application Development) PADA

PT. KARYA MANDIRI SEPAKAT


Dibuat Oleh :

NIM
: 1322476247
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
NID : 08206
   
NID : 13002




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


APLIKASI E-COMMERCE SISTEM INFORMASI

PENJUALAN ROLLING DOOR BERBASIS RAD

(Rapid Application Development) PADA

PT. KARYA MANDIRI SEPAKAT



Dibuat Oleh :

NIM
: 1322476247
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2018/2019

Disetujui Penguji :

Tangerang, ___________ 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


APLIKASI E-COMMERCE SISTEM INFORMASI

PENJUALAN ROLLING DOOR BERBASIS RAD

(Rapid Application Development) PADA

PT. KARYA MANDIRI SEPAKAT


Disusun Oleh :

NIM
: 1322476247
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2019

 
 
 
 
 
NIM : 1322476247

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;





ABSTRAK

Saat ini para pelaku bisnis pada umumnya masih melakukan transaksi bisnisnya secara manual, terkadang dapat menimbulkan permasalahan seperti sulitnya mencari pembeli maupun penjual. Jika di dunia nyata seorang pembeli dan penjual bertemu di pasar fisik, maka pada dunia maya mereka bertemu di internet. E-Market Place adalah salah satu layanan e-commerce yang menjadi tempat bertemunya antara penjual dan pembeli secara online untuk melakukan proses transaksi jual beli. Dengan adanya e-commerce ini maka dapat membantu dalam memperkenalkan berbagai macam barang secara tepat yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Alur penelitian yang digunakan adalah identifikasi masalah, analisis masalah, perancangan dan implementasi serta pengujian aplikasi. Penelitian ini bertujuan merancang bangun aplikasi e-commerce penjualan barang berbasis RAD (Rapid Application Development), sehingga dapat menghasilkan sebuah aplikasi e-commerce sistem penjualan barang yang dapat memudahkan dalam bertransaksi secara online dengan memilih produk sesuai keinginan yang ditampilkan pada aplikasi tersebut.

Kata kunci : Aplikasi, E-Commerce, Rapid Application Development.




ABSTRACT

At present business people generally still do business transactions manually, sometimes it can cause problems such as the difficulty of finding buyers and sellers. If in the real world a buyer and seller meet in the physical market, then in cyberspace they meet on the internet. E-Market Place is one of the e-commerce services that is a meeting place between sellers and buyers online to process buying and selling transactions. With the existence of e-commerce, it can help in introducing various kinds of goods precisely that are not limited by space and time. The flow of research used is problem identification, problem analysis, design and implementation and application testing. This study aims to design the application of e-commerce for the sale of goods based on RAD (Rapid Application Development), so that it can produce an e-commerce application for the sale of goods that can facilitate transactions online by selecting products as desired in the application.

Keywords : Application, E-Commerce, Rapid Application Development.




KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan penulisan Skripsi ini dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, survei serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, penulisan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku pembantu Ketua 1 STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom. selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Bapak Muhaimin Hasanudin, S.T., M.Kom. dan Bapak Al Husain, M.Kom. selaku Dosen Pembimbing yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan penulisan Skripsi ini.
  5. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  6. Bapak Andriyansyah selaku divisi pemasaran pada PT. Karya Mandiri Sepakat.
  7. Kedua orang tua, adik dan saudara keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis.
  8. Untuk sahabat dan teman-teman seperjuangan di Perguruan Tinggi Raharja.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga penulisan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang, Januari 2019
(Indra Sumasno)
NIM. 1322476247





DAFTAR TABEL


Tabel 2.3. Literature Review

Tabel 3.1. Analisa SWOT

Tabel 3.2. Elisitasi Tahap I

Tabel 3.3. Elisitasi Tahap II

Tabel 3.4. Elisitasi Tahap III

Tabel 3.5. Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1. Perbedaan Prosedur Sistem Berjalan dan Sistem Usulan

Tabel 4.2. Struktur tabel tb_user

Tabel 4.3. Struktur tabel tb_profil

Tabel 4.4. Struktur tabel tb_kategori

Tabel 4.5. Struktur tabel tb_produk

Tabel 4.6. Struktur tabel tb_kustomer

Tabel 4.7. Struktur tabel tb_ongkos_kirim

Tabel 4.8. Struktur tabel tb_order

Tabel 4.9. Struktur tabel tb_detail_order

Tabel 4.10. Struktur tabel tb_bukti_order

Tabel 4.11. Struktur tabel tb_provinsi

Tabel 4.12. Struktur tabel tb_kota

Tabel 4.13. Struktur tabel tb_komentar

Tabel 4.14. Pengujian Blackbox

Tabel 4.15. Akurasi Sistem

Tabel 4.16. Pengolahan Jadwal (Schedule) Implementasi

Tabel 4.17. Pengolahan Jadwal (Schedule) Penerapan

Tabel 4.18. Estimasi Biaya


DAFTAR GAMBAR


Gambar 2.1. Model Desain RAD (Rapid Application Development)

Gambar 3.1. Struktur Organisasi PT. Karya Mandiri Sepakat

Gambar 3.2. Use Case Diagram Sistem Berjalan

Gambar 3.3. Activity Diagram Sistem yang Berjalan

Gambar 3.4. Arsitektur Sistem Usulan

Gambar 4.1. Use Case Diagram Sistem yang Diusulkan

Gambar 4.2. Activity Diagram Pelanggan yang Diusulkan

Gambar 4.3. Activity Diagram Admin Sales yang Diusulkan

Gambar 4.4. Sequence Diagram Pelanggan yang Diusulkan

Gambar 4.5. Sequence Diagram Admin Sales yang Diusulkan

Gambar 4.6. Class Diagram

Gambar 4.7. Prototype Tampilan Login

Gambar 4.8. Prototype Tampilan Home Admin

Gambar 4.9. Prototype Tampilan Data Pengguna

Gambar 4.10. Prototype Tampilan Kategori Produk

Gambar 4.11. Prototype Tampilan input kategori produk

Gambar 4.12. Prototype Tampilan data produk

Gambar 4.13. Prototype Tampilan input produk

Gambar 4.14. Prototype Tampilan data order

Gambar 4.15. Prototype Tampilan data ongkos kirim

Gambar 4.16. Prototype Tampilan input ongkos kirim

Gambar 4.17. Prototype Tampilan Laporan produk

Gambar 4.18. Prototype Tampilan Laporan pemesanan

Gambar 4.19. Prototype Tampilan Laporan Pengguna

Gambar 4.20. Prototype Tampilan halaman login pelanggan

Gambar 4.21. Prototype Tampilan Home Pelanggan

Gambar 4.22. Prototype Tampilan profil perusahaan

Gambar 4.23. Prototype Tampilan halaman cara pembelian

Gambar 4.24. Prototype Tampilan halaman keranjang belanja

Gambar 4.25. Prototype Tampilan halaman edit profil pelanggan



DAFTAR SIMBOL

Tabel 1. Simbol Use Case Diagram

Tabel 2. Simbol Activity Diagram

Tabel 3. Simbol Sequence Diagram



BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, sarana yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli pun berkembang menjadi lebih modern. Dewasa ini persaingan di dunia bisnis semakin ketat dan dalam memperkuat bisnisnya digunakan media-media periklanan untuk memasarkan barang hasil produksinya. Perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam dasawarsa terakhir ini membuat beralihnya media periklanan dan pemasaran ke media internet. Internet merupakan salah satu infrastruktur utama dalam dunia bisnis elektronik. Elektronik bisnis (E-Business) bukanlah sebuah istilah yang asing bagi para praktisi bisnis di era modern. Perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi yang disertai dengan berbagai perubahan dalam mengelola bisnis di era globalisasi telah menempatkan internet sebagai media berinteraksi yang sangat menjanjikan. Keberadaannya tidak hanya menawarkan kemudahan-kemudahan bagi perusahaan dalam menjalankan aktivitas usahanya sehari-hari, namun lebih jauh lagi karakteristiknya mampu untuk memberikan manfaat bagi perkembangan industri dimana perusahaan terkait berada.

Menurut Zainal Arifin (2012:1)[1], “salah satu produk yang dihasilkan internet adalah terbentuknya sebuah market elektronik atau market digital (sering diistilahkan sebagai e-market). Jika di dunia nyata seorang pembeli dan penjual bertemu di pasar fisik (konvensional), maka di dalam dunia maya mereka bertemu di internet.

Penulis akan melakukan penelitian di PT. Karya Mandiri Sepakat yang terletak di wilayah Tangerang. Perusahaan tersebut memproduksi komponen konstruksi bangunan, yaitu pintu besi garasi model lipat, model sliding, model minimalis dan komponen-komponen pintu garasi tersebut. Saat ini Perusahaan tersebut hanya menampilkan informasi produk secara umum saja, sedangkan pada sistem penjualan masih dilakukan manual dan belum melalui media internet, sedangkan produknya dipakai di berbagai daerah.

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penulis ingin membuat aplikasi e-commerce pada PT. Karya Mandiri Sepakat untuk memberikan kemudahan dalam sistem penjualan dan memberikan informasi produk secara detail serta mempermudah dalam mempromosikan produk tersebut melalui media internet yang tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka dalam penulisan Skripsi ini penulis mengambil judul "APLIKASI E-COMMERCE SISTEM INFORMASI PENJUALAN ROOLING DOOR BERBASIS RAD (Rapid Application Development) PADA PT. KARYA MANDIRI SEPAKAT" sebagai suatu alternatif untuk mengatasi masalah sistem penjualan di perusahaan tersebut.


Rumusan Masalah

Sesuai dengan latar belakang penelitian yang telah diuraikan diatas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana sistem penjualan yang berjalan saat ini pada PT. Karya Mandiri Sepakat ?

  2. Bagaimana merancang dan membangun suatu aplikasi berbasis web yang mampu memberikan kemudahan sistem penjualan pada PT. Karya Mandiri Sepakat ?

  3. Apakah aplikasi sistem penjualan yang diusulkan dapat memberikan hasil yang terbaik pada sistem penjualan di PT. Karya Mandiri Sepakat ?

Ruang Lingkup Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah diatas agar lebih terarah dan tepat sasaran yang diharapkan, maka penulis perlu membuat batasan masalah dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut :

  1. Aplikasi sistem penjualan yang diusulkan merupakan berbasis web, yaitu meliputi pengelolaan master data, transaksi, cetak invoice dan bukti pembayaran, history transaksi sampai dengan laporan transaksi.

  2. Pada aplikasi sistem penjualan ini untuk proses pembayarannya dilakukan dengan sistem transfer melalui rekening Bank.

  3. 3. Pembuatan aplikasi sistem penjualan yang diusulkan ini menggunakan model RAD (Rapid Application Development). Rapid Application Development merupakan model proses pembangunan perangkat lunak yang tergolong dalam teknik incremental (bertingkat).


Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Mempermudah dalam proses transaksi jual beli walaupun jarak yang cukup jauh dari lokasi perusahaan, karena dilakukan secara online, dan memudahkan pelanggan dalam memperoleh informasi mengenai produk dari PT. Karya Mandiri Sepakat.

  2. Mempermudah dalam proses mengelola data penjualan pada bagian penjualan di PT. Karya Mandiri Sepakat.

  3. Merancang dan membuat sebuah aplikasi e-commerce yang dapat berguna bagi peningkatan penjualan pada PT. Karya Mandiri Sepakat.

Manfaat Penelitian

  1. Bagi Peneliti, Menambah pustaka ilmu dan wawasan yang belum peneliti peroleh sebelumnya dan membantu peneliti untuk siap dalam menyelesaikan masalah di kehidupan masyarakat dengan melalui analisa dan melalui kemajuan teknologi agar dapat diselesaikan dengan cepat, akurat dan efektif.

  2. Bagi Perusahaan, Menghasilkan sistem informasi penjualan yang lebih baik melalui aplikasi e-commerce, guna meningkatkan mutu dan efektifitas terhadap pelayanan kepada pelanggan dan sistem ini dapat dijadikan sebagai referensi pengembangan sistem pengolahan data manajemen pada PT. Karya Mandiri Sepakat.

  3. Bagi STMIK Raharja, Hasil dari penelitian ini dapat berguna sebagai salah satu acuan penulisan penelitian sejenis bagi para mahasiswa STMIK raharja.

Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan cara alamiah untuk memperoleh data dengan kegunaan dan tujuan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris dan sistematis.

Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu sebagai berikut :

  1. Metode Observasi (Pengamatan), merupakan metode yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data dengan mengamati secara langsung dan untuk mencari sumber informasi dengan melakukan evaluasi terhadap masalah yang ada, seperti memahami konsep sistem penjualan yang sedang berjalan pada PT. Karya Mandiri Sepakat.

  2. Metode Wawancara, merupakan metode untuk memperoleh keterangan dengan cara tanya jawab dengan pihak stakeholder di tempat atau lokasi dimana penelitian dilakukan yang tentunya sangat mempunyai peranan penting dalam analisa dan perancangan aplikasi e-commerce sistem informasi penjualan.

  3. Metode Studi Pustaka, merupakan metode untuk mendapatkan informasi dan data dari beberapa sumber seperti buku, internet, artikel, jurnal dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penelitian sebagai bahan referensi dalam penyusunan laporan skripsi ini.

Metode Analisa

Mengidentifikasikan, mengumpulkan dan menggambarkan data mengenai proses yang terjadi pada pelayanan pelanggan yang menjadi objek penelitian guna mendapatkan data secara relevan.

Pada penelitian ini digunakan teknik analisis berupa Pendekatan Object Oriented Analysis and Design (OOAD) atau analisis berorientasi obyek dengan UML. Proses analisis dilakukan terhadap hasil tahapan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan sistem yang akan dikembangkan.

Metode Perancangan

Dalam perancangan ini menggunakan metode flowchart atau bagan alir untuk menggambarkan tahap-tahap penyelesaian masalah (prosedur) beserta aliran data dengan simbol-simbol yang mudah dipahami.

Tujuan utama penggunaan flowchart adalah untuk menyederhanakan rangkaian proses atau prosedur untuk memudahkan pemahaman pengguna terhadap informasi, dan desain sebuah flowchart memiliki keringkasan jelas dan logis.


Metode Testing

Black-Box Testing merupakan pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional dari perangkat lunak, tester dapat mendefinisikan kumpulan input dan melakukan pengetesan pada spesifikasi fungsional program. Alasan penulis memakai black-box karena metode ini dapat melakukan pengujian tanpa pengetahuan detil struktur internal dari sistem atau komponen yang dites.

Sistematika Penelitian

Agar dalam penulisan laporan Skripsi ini dapat lebih terarah, maka penulis berusaha sedapat mungkin menyusun secara sistematis sehingga diharapkan tahap-tahap pembahasan akan tampak jelas kaitannya antara bab yang satu dengan bab yang lainnya. Adapun isi dari masing-masing bab tersebut adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan tentang informasi umum yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisikan teori yang diambil dari beberapa kutipan buku, yang berupa pengertian atau definisi, metode penyusunan data danmengenai bahasa pemograman yang digunakan. Serta literature review dan definisi lainnya yang berkaitan dengan sistem yang dibahas.

BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

Bab ini berisi tentang analisa organisasi, prosedur sistem, flowchart sistem, desain input output, diagram blok rangkaian dan konfigurasi sistem.

BAB IV HASIL PENELITIAN

Pada bab ini merupakan hasil penelitian mengenai program apa yang dibuat, aplikasi apa yang akan dipakai untuk membuat program dan bagaimana hasil program yang dibuat.

BAB V PENUTUP

Bab ini merupakan bab penutup yang berisi tentang kesimpulan dari rangkuman hasil penelitian dan saran-saran yang perlu diperhatikan bagi penulis kedepannya serta kesan-kesan yang dirasakan selama membuat skripsi ini.

DAFTAR PUSTAKA

Berisi study pustaka yang digunakan pada referensi untuk menyusun laporaan skripsi.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran ini merupakan daftar yang membuat keperluan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan.






DAFTAR PUSTAKA

  1. Arifin, Zainal. 2012. Rancang Bangun Sistem Digital Market Place Untuk Penjualan Handphone Di Ika Celluler Pacitan. Juni 2012. Diambil dari : http://repository.amikom.ac.id/files/Naskah_Publikasi%2007.11.1674.pdf. (31 Oktober 2018)

Contributors

Indra Sumasno