SI1322474545

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

APLIKASI SISTEM E-LEARNING BERBASIS WEB

PADA STPI CURUG

SKRIPSI

Logo stmik raharja.jpg

Disusun Oleh :

NIM : 1322474545

NAMA : Jujun Junaedi

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2013/2014)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

APLIKASI SISTEM E-LEARNING BERBASIS

WEB PADA STPI CURUG

Disusun Oleh :

NIM
: 1322474545
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 17 Juni 2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 007002

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

APLIKASI SISTEM E-LEARNING BERBASIS

WEB PADA STPI CURUG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1322474545
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Disetujui Oleh :

Tangerang, 17 Juni 2014

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Junaidi, M.Kom)
   
(Nur Azizah, M.Akt, M.Kom)
NID : 99001
   
NID : 12003

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

APLIKASI SISTEM E-LEARNING BERBASIS

WEB PADA STPI CURUG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1322474545
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2013/2014

Disetujui Penguji :

Tangerang, 17 September 2014

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

APLIKASI SISTEM E-LEARNING BERBASIS

WEB PADA STPI CURUG

Disusun Oleh :

NIM
: 1322474545
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 19 Juni 2014

 
 
 
 
 
NIM : 1322474545

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRACT

A system created to handle activities or routines as well as to achieve the objectives to be achieved. The approach taken in this thesis task, by conducting direct observation through field studies and review of the College of the waterfall Tangerang Indonesia Flights to observe, see and know how the process of data collection procedures cadets and learning. The development of information technology has developed very rapidly in the current era of globalization. The incident happened at a place can be quickly and easily identified in other places around the world. In the company, government and private agencies, organizations and the School strives to improve its service associated with a presentation of information, one important development is the growing need for the use of data processing functions to produce information. The need for computers is the main thing at this time to support or help complete your work tasks, in addition to a data processing services and science. In the field of online learning, which of course as a means of communication for faculty and cadets in order to provide more material for his cadets who want to follow this online learning. Therefore it is clear it will need anE-Learning website is good for smoothness and ease of online learning between faculty and cadets. Here the authors attempted to analyze the background to the fore the problem and seek a solution of the existing problems with fixing the system less than optimal function

Keywords: website, E-Learning, online learning.

ABSTRAKSI

Suatu sistem dibuat untuk menangani kegiatan atau rutinitas serta untuk mencapai tujuan yang akan dicapai. Pendekatan yang dilakukan dalam tugas skripsi ini, dengan mengadakan peninjauan langsung melalui studi lapangan dan tinjauan terhadap Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug Tangerang untuk mengamati, melihat dan mengetahui bagaimana cara prosedur proses pendataan taruna & pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam era globalisasi saat ini. Kejadian yang terjadi di suatu tempat dapat dengan cepat dan mudah diketahui di tempat lain di seluruh dunia. Di dalam Perusahaan, instansi pemerintah maupun Swasta, Organisasi maupun Sekolah berusaha untuk meningkatkan pelayanannya terkait dengan penyajian sebuah informasi, salah satu perkembangan penting adalah semakin dibutuhkannya penggunaan alat pengolahan data yang berfungsi untuk menghasilkan informasi. Kebutuhan akan komputer merupakan hal yang utama saat ini sebagai penunjang pekerjaan atau membantu menyelasaikan tugas-tugas, selain merupakan jasa pengolahan data dan ilmu pengetahuan. Dibidang pembelajaran online, yang tentunya sebagai sarana komunikasi bagi dosen dan taruna agar dapat memberikan materi lebih kepada para tarunanya yang ingin mengikuti pembelajaran online ini. Oleh sebab itu sudah jelas akan diperlukannya sebuah website E-Learning yang baik guna kelancaran dan kemudahan dalam pembelajaran online antara dosen dan taruna. Maka penulis disiniberusaha untuk menganalisa latar belakang masalahnya dan untuk kedepan mencari solusi dari permasalahan yang ada dengan memperbaiki sistem yang fungsinya kurang optimal.

Kata kunci : website, E-Learning, pembelajaran online.

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahiim

Alhamdulillah Puji Syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Swt, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi ini berjudul Aplikasi Sistem E-Learning Berbasis WEB Pada STPI Curug. Skripsi ini diambil sebagai salah satu syarat untuk kelulusan pada STMIK Raharja.

Penulis berharap karya tulis ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca umumnya serta mahasiswa pada khususnya. Dan semoga karya tulis ini dapat menjadi bahan perbandingan dalam periode selanjutnya, dan dapat menjadi suatu karya ilmiah yang baik.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih atas bantuannya yang tak ternilai harganya kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Dosen Pembimbing I Skripsi.
  5. Ibu Nur Azizah, M.Akt., M.Kom selaku Dosen pembimbing II Skripsi.
  6. Bapak Toni S.Ip., M. Si selaku pembimbing lapangan di STPI Curug.
  7. Kepada kedua orang tua yang selalu memberi motivasi, semangat dan dukungan secara moril maupun materil.
  8. Kepada Nenden Dewi Yuliastrie yang selalu memberi motivasi dan semangat.
  9. Dosen dan Staf Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada peneliti.
  10. Kepada teman-teman STMIK Raharja.
  11. Dan semua pihak yang tidak dapat disebtkan satu persatu.


Sistem ini mampu membantu STPI Curug dalam melakukan pendataan dosen dan taruna, namun demikian kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan untuk pengembangan sistem kearah yanng lebih baik.

Akhir kata dari saya dan semua pihak yang telah membantu terwujudnya karya tulis ini, semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan hidayahnya Amin.

 

 

Tangerang, 17 Juni 2014

 

 

 

(Jujun Junaedi)
NIM : 1322474545

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Literature Review

Tabel 3.1 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.2 Elisitasi Tahap II

Tabel 3.3 Elisitasi Tahap III

Tabel 3.4 Final Elisitasi

Tabel 4.1 Spesifikasi Basis Data Tabel Admin

Tabel 4.2 Spesifikasi Basis Data Tabel File Materi

Tabel 4.3 Spesifikasi Basis Data Tabel Jawaban

Tabel 4.4 Spesifikasi Basis Data Tabel Kelas

Tabel 4.5 Spesifikasi Basis Data Tabel Mata Pelajaran

Tabel 4.6 Spesifikasi Basis Data Tabel Nilai

Tabel 4.7 Spesifikasi Basis Data Tabel Nilai Soal Esay

Tabel 4.8 Spesifikasi Basis Data Tabel Pengajar

Tabel 4.9 Spesifikasi Basis Data Tabel Kuis Esay

Tabel 4.10 Spesifikasi Basis Data Tabel Kuis Pilihan Ganda

Tabel 4.11 Spesifikasi Basis Data Tabel Registrasi Taruna

Tabel 4.12 Spesifikasi Basis Data Tabel Taruna

Tabel 4.13 Spesifikasi Basis Data Tabel Taruna Yang Sudah Mengerjakan

Tabel 4.14 Spesifikasi Basis Data Tabel Topik Kuis

Tabel 4.15 Spesifikasi Basis Data Tabel Online

Tabel 4.16 Pengujian Black Box Pada Login Taruna

Tabel 4.17 Pengujian Black Box Pada Login Admin

Tabel 4.18 Pengujian Black Box Pada Login Dosen

Tabel 4.19 Schedulle Implementasi

Tabel 4.20 Estimasi Biaya


DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Kerangka kerja pengembangan sistem informasi SDLC

Gambar 2.2 Ruang Kerja Adobe Dreamweaver CS3

Gambar 3.1 Struktur Organisasi STPI Curug

Gambar 3.2 Use case Diagram yang berjalan

Gambar 3.3 Activity Diagram yang berjalan

Gambar 3.4 Sequence Diagram yang berjalan

Gambar 3.5 Elisitasi Tahap I

Gambar 3.6 Elisitasi Tahap II

Gambar 3.7 Elisitasi Tahap III

Gambar 3.8 Final Elisitasi

Gambar 4.1 Use Case Diagram yang Admin

Gambar 4.2 Use Case Diagram yang Dosen

Gambar 4.3 Use Case Diagram yang Taruna

Gambar 4.4 Sequence Diagram: Admin

Gambar 4.5 Sequence Diagram: Dosen

Gambar 4.6 Sequence Diagram: Taruna

Gambar 4.7 State Chart Diagram: Admin

Gambar 4.8 State Chart Diagram: Dosen

Gambar 4.9 State Chart Diagram: Taruna

Gambar 4.10 Activity Diagram: Admin

Gambar 4.11 Activity Diagram: Dosen

Gambar 4.12 Activity Diagram: Taruna

Gambar 4.13 Class Diagram Website Aplikasi E-Learning

Gambar 4.14 Tampilan Halaman Login Taruna

Gambar 4.15 Tampilan Menu Taruna

Gambar 4.16 Tampilan Kelas Taruna

Gambar 4.17 Tampilan Halaman Mata Pelajaran

Gambar 4.18 Tampilan Halaman Materi

Gambar 4.19 Tampilan Halaman Tugas / Kuis

Gambar 4.20 Tampilan Halaman Nilai

Gambar 4.21 Tampilan Halaman Login

Gambar 4.22 Tampilan Halaman Depan Admin

Gambar 4.23 Tampilan Prototype Halaman Login Taruna

Gambar 4.24 Tampilan Prototype Halaman Menu Taruna

Gambar 4.25 Tampilan Prototype Halaman Kelas Taruna

Gambar 4.26 Tampilan Prototype Halaman Mata Pelajaran

Gambar 4.27 Tampilan Prototype Halaman Materi

Gambar 4.28 Tampilan Prototype Halaman Tugas/Kuis

Gambar 4.29 Tampilan Prototype Halaman Login

Gambar 4.30 Tampilan Prototype Halaman Depan Admin

DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

Daftar Simbol Use Case Diagram.png

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Daftar Simbol Activity Diagram.png

DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar Simbol Sequence Diagram.png


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan zaman diikuti dengan berkembangnya kemajuan-kemajuan dalam bidang teknologi yang semakin canggih dan maju, yang mana pada zaman saat ini banyak sekolah-sekolah yang perkembanganya maju dengan pesat sehingga terjadi persaingan antara beberapa sekolah dalam mempromosikan kualitas sekolah tersebut.

Begitu pula pada perkembangan dunia pendidikan yang begitu pesat, Sistem E-Learning merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mendata taruna yang bersekolah di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia-Curug (STPI Curug). Ketepatan, keakuratan dan kecepatan dalam layanan E-learning ini merupakan faktor utama untuk mendapatkan hasil yang tepat, untuk suatu fasilitas atau sarana yang sangat dibutuhkan untuk menunjang dan membantu melaksanakan pengolahan data yang tepat. Komputer adalah salah satu alat yang dapat membantu untuk mempermudah dan mempercepat didalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Pengolahan data yang dilakukan memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan terkadang sering terjadi kesalahan dalam proses pengerjaannya. Dengan adanya Sistem E-Learning ini diharapkan dapat mempercepat kerja pendataan taruna dan data yang dihasilkan dapat tersimpan dengan baik apabila suatu hari nantidibutuhkan data tersebut dapat dengan mudah dicari dan data yang ada akan aman tersimpan.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis mengambil judul yaitu “Aplikasi Sistem E-Learning Berbasis Web Pada STPI Curug”. Tujuannya adalah untuk mendukung proses pembelajaran di STPI Curug setingkat lebih maju. Dan taruna dapat mengerjakan tugas melalui Aplikasi E-Learning dan hasil dari tugas dapat dilihat pada aplikasi ini.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan berdasarkan pengamatan yang dilakukan antara lain:

  1. Bagaimana proses pembelajaran pada Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia-Curug (STPI Curug) yang berjalan saat ini?
  2. Apakah proses pembelajaran yang saat ini berjalan sudah efektif dan efisien?
  3. Bagaimana membuat suatu sistem yang dapat meningkatkan proses pembelajaran jarak jauh pada STPI?

    Ruang Lingkup

    Dalam hal ini penulis membatasi masalah yang akan di bahas hanya sebatas aplikasi E-Learning pada STPI Curug Tangerang, dimulai dari melakukan penelitian dan pengumpulan data-data untuk keperluan sistem E-Learning yang terdiri dari input data taruna STPI Curug Tangerang, input data dosen, input data pelajaran, input data nilai. Dengan adanya data-data tersebut memudahkan dalam sistem E-Learning dan semua taruna, dosen, serta masyarakat dapat mengetahui informasi-informasi tentang STPI Curug secara lengkap.

    Tujuan dan Manfaat Penelitian

    Tujuan Penelitian

    Dari perumusan masalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:

    a)Tujuan Operasional :

    Aplikasi E-Learning yang berfungsi untuk dapat menampilkan semua informasi tentang proses pembelajaran taruna pada STPI Curug Tangerang.

    b)Tujuan Fungsional :

    Untuk dapat mempermudah dan memperluas penyampaian informasi-informasi pelajaran sebagai media pembelajaran pada STPI Curug Tangerang.

    c)Tujuan Individual :

    Untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat selama mengikuti perkuliahan. Serta sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian sidang sarjana Strata-1 (S1) pada Jurusan Teknik Informatika

    Manfaat Penelitian

    Manfaat penelitian merupakan dampak dari tercapainya tujuan dan terjawabnya rumusan masalah secara akurat. Manfaat penelitian harus dapat dibedakan antara manfaat teoritis dan manfaat praktisnya. Karena skripsi dibuat berdasarkan kajian teoritis dan temuan sebelumnya, maka akan mempunyai manfaat teoritis. Manfaat teoritis baik bagi penulis maupun pembaca karya ilmiah tersebut. Sedangkan manfaat praktisnya tergantung pada bentuk penelitian yang dilakukan, terutama untuk penelitian evaluasi dan eksperimen. Dalam penulisan laporan Skripsi ini dikemukakan beberapa manfaat, yaitu :

    1. Memberikan masukan dalam pengambilan keputusan dan memperluas wawasan penerapan teori yang telah diterima serta berharap dapat membuat sistem dalam dunia kerja nanti.
    2. Dapat menuangkan hasil yang dilihat atau dialami sendiri sewaktu mengadakan penelitian kedalam bentuk laporan.
    3. Menambah ilmu pengetahuan dalam segi teknologi maupun kemasyarakatan.

      Metode Penelitian

      Metode Pengumpulan Data

      Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan Skripsi ini, maka digunakan metode pengumpulan data sebagai berikut, yaitu:

      1. Metode Observasi (Observation Research)

        Dalam metode ini penulis mengadakan penelitian dengan menganalisis sistem yang berjalan, dengan cara mengadakan pengamatan langsung atau observasi lapangan melalui pengamatan langsung pada divisi STPI Curug Tangerang dan meminta data yang diperlukan kepada stakeholder dalam penulisan laporan penelitian ini. Setelah melakukan observasi selama 3 bulan, penulis memperoleh data yang dibutuhkan.

      2. Metode Wawancara (Interview Research)

        Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, penulis melakukan wawancara dengan stakeholder dari divisi STPI Curug Tangerang mengenai apa saja yang diinginkan dalam perancangan aplikasi e-learning dan hasilnya penulis mendapatkan apa yang diinginkan stakeholder mengenai aplikasi yang akan dikembangkan.

      3. Studi Pustaka

        Selain melakukan observasi dengan wawancara penulis juga melakukan pengumpulan data dengan cara Studi Pustaka, dalam hal ini penulis berusaha melengkapi data-data yang diperoleh dengan cara membaca buku-buku atau literatur-literatur yang ada. Penulis juga melakukan Studi Pustaka melalui sumber-sumber yang berhubungan dengan judul yang diajukan untuk membantu penganalisaan dan sebagai acuan yang dilakukan penulis.

      Metode Analisa

      Pada penelitian ini digunakan teknik analisis berupa pendekatan Object Oriented Analysis (OOA) atau analisis berorientasi obyek dengan UML. Proses analisis dilakukan terhadap hasil tahapan pengumplan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan sistem yang akan dikembangkan. Pada proses analisis, teknik analisis yang dilakukan adalah :

      1. Analisis Pengguna

        Dilakukan analisis terhadap user-user yang akan menggunakan aplikasi dan juga fungsi-fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing – masing user.

      2. Analisis kebutuhan Fungsional, non fungsional dan pengguna

        Pemodelan kebutuhan fungsional untuk menggambarkan fungsi sistem dan pengguna yang terlibat serta fungsi- fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing-masing pengguna dimodelkan dengan Use Case Diagram.

      3. Analisis perilaku sistem

        Pada tahapan ini, dilakukan analisis perilaku sistem yang dikembangkan dan dimodelkan dengan Activity Diagram dan Sequence Diagram. Activity Diagram untuk memodelkan proses use case yang berjalan di dalam sistem, sedangkan sequence diagram untuk memodelkan pengiriman pesan (message) antar object dan kronologinya.

      4. Analisis sistem berjalan saat ini

        Metode Perancangan

        Metode perancangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan tahapan sebagai berikut :

        1. Perencanaan (Planning)

          Tahap perencanaan adalah tahap awal pengembangan sistem yang mendefinisikan perkiraan kebutuhan-kebutuhan sumber daya, seperti : perangkat fisik, metode dan anggaran yang sifatnya masih umum. Dalam tahap ini juga dilakukan langkah-langkah berupa: mendefinisikan masalah, menentukan tujuan sistem, mengidentifikasi kendala-kendala sistem dan membuat studi kelayakan.

        2. Analisis (Analysis)

          Tahap analisis merupakan tahap penelitian atas sistem yang berjalan dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru dengan menggunakan tools atau alat bantu UML (Unified Modeling Language) dengan software visual paradigmn yaitu sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar, menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun danpendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan piranti lunak berbasis “OO” (Object Orientied) melalui tahap : Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram yang dilakukan melalui 4 (empat) tahap, yaitu: (1) Survey terhadapsistem yang berjalan, (2) Analisa terhadap temuan survey, (3)Identifikasi kebutuhan informasi dengan menggunakan alatbantu elisitasi melalui 4 (empat) tahapan, yaitu tahap 1 (satu) mencakup semua kebutuhan sistem, tahap 2 (dua) melakukan pengelompokkan kebutuhan dengan metode MDI (Mandatory, Desirable, Inessential) selanjutnya tahap 3 (tiga) dengan TOE (Technical, Operational dan Economic) serta tahap final, (4) Identifikasi persyaratan sistem. Hasil analisa kemudian dibuat laporan untuk masukan dalam perancangan sistem yang diusulkan.

        3. Desain (Design)

          Tahap Design yaitu tahap dalam menentukan proses data yang diperlukan oleh sistem baru dengan tujuan memenuhi kebutuhan user dengan alat bantu UML dengan software visual paradigm Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, Statechart Diagram dan Activity Diagram. Proses design akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada : struktur data dengan menggunakan MySQL, arsitektur perangkat lunak, representasi interface dengan menggunakan Dreamweaver CS3, dan detail (algoritma) prosedural. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen yang disebut software requirement. Dokumen inilah yang akan digunakan programmer untuk melakukan aktivitas pembuatan sistemnya. Langkah-langkah yang dilakukan adalah menyiapkan rancangan sistem yang rinci, mengidentifikasi alternatif konfigurasi sistem dan menyiapkan usulan implementasi.

        4. Implementasi (Implementation)

          Tahap implementasi adalah tahap dimana rancangan sistem yang dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk dioperasikan. Langkah-langkahnya yaitu : menyiapkan fasilitas fisik dan personil, dan melakukan simulasi.

        5. Pemeliharaan (Maintenance)

          Setelah melakukan implementasi terhadap sistem baru, tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah pemakaian atau penggunaan, audit sistem, penjagaan, perbaikan dan pengembangan sistem.

        Metode Pengujian

        Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan padakeperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkanpengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yangakan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya:fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahandalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.

        Sistematika Penulisan

        Untuk mempermudah dan memperjelas pembuatan Laporan Skripsi ini maka, penulis membagilaporan menjadi kedalam lima bab, sebagai berikut :

        BAB I PENDAHULUAN

        Bab ini terdiri dari latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan kegunaan penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan dalam pembuatanlaporan.

        BAB II LANDASAN TEORI

        Bab ini berisikan tentang definisi ilmu yang berkaitan dengan penelitian ini, seperti landasan teori yang membahas tentang konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, literature review, serta membahas teori-teori pendukunglainnya pada laporan ini.

        BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

        Berisikan gambaran umum STPI Curug Tangerang, sejarah singkat, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab yang ada di sekolah, serta analisa sistem yang berjalan yang dapat digunakan dan diusulkan, seperti UML, yang meliputi Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequance Diagram, Elisitasi tahap I,II,III dan Draf final.

        BAB IV RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

        Berisi tentang perancangan dan implementasi sistem E-Learning pada STPI Curug Tangerang, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) yangdiperlukan, sumber daya manusia, cara pengoperasian dan implementasi sistem yang diusulkan.

        BAB V PENUTUP

        Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.

        DAFTAR PUSTAKA

        LAMPIRAN

        BAB II

        LANDASAN TEORI

        TEORI UMUM

        Konsep Dasar Sistem

        Definisi Sistem

        Menurut Sutabri (2012:16) [1] menarik kesimpulan bahwa “suatu sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu”. Definisi tersebut dapat dirinci lebih lanjut tentang pengertian secara umum, yaitu :


        BAB III

        ANALISA YANG BERJALAN

        Analisa Organisasi

        Gambaran Umum STPI Curug

        Sejarah singkat dan kondisi STPI Curug

        BAB IV

        RANCANGAN SISTEM YANG DISUSULKAN

        Diagram Rancangan Sistem yang diusulkan

        Prosedur Sistem Usulan

        Use Case Diagram

        BAB V

        KESIMPULAN DAN SARAN

        Kesimpulan

        Konsep Dasar Sistem

        Definisi Sistem

        Daftar Pustaka

        1. Sutabri. Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi.