SI1222474104

Dari widuri
Revisi per 27 Juli 2016 08.56 oleh Dikiarifrahman (bicara | kontrib) (←Membuat halaman berisi '<div style="font-family: 'times new roman';text-align: center;"> <p style="line-height:1"> </p> <p style="line-height:1; font-size: 16pt;">'''SISTEM PEMAN...')

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari

 

SISTEM PEMANFAATAN SERVER CLOAD NCOMPUTING

UNTUK PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM

KOMPUTER PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

 

SKRIPSI

 

Logo stmik raharja.jpg

 

OLEH:

1222474104 Diki Arif Rahman

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2015/2016)

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

SISTEM PEMANFAATAN SERVER CLOAD NCOMPUTING

UNTUK PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM

KOMPUTER PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

 

Disusun Oleh:

NIM  : 1222474104
Nama  : Diki Arif Rahman
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Teknik Informatika
Konsentrasi  : Software Engineering

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 23 Juni 2016

Ketua         Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA         Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung_Rahardja, M.T.I)         (Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594         NIP : 001405

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

SISTEM PEMANFAATAN SERVER CLOAD NCOMPUTING

UNTUK PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM

KOMPUTER PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1222474104
Nama  : Diki Arif Rahman

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Disetujui Oleh :

Tangerang, 20 Januari 2016

Pembimbing I     Pembimbing II
       
       
       
       
(Maimunah, M.Kom)     (Ilamsyah, M.Kom)
NID : 02012     NID : 14019

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

SISTEM PEMANFAATAN SERVER CLOAD NCOMPUTING

UNTUK PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM

KOMPUTER PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1222474104
Nama  : Diki Arif Rahman

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2015/2016

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, 29 September 2016

Ketua Penguji   Penguji I   Penguji II
         
         
         
         
(Ketua Penguji)   (Penguji 1)   (Penguji 2)
NID :   NID :   NID :

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

 

Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM  : 1222474104
Nama  : Diki Arif Rahman
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Teknik Informatika
Konsentrasi  : Software Engineering

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 23 Juni 2016
Diki Arif Rahman
NIM. 1222474104

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

 

 

ABSTRAKSI

Cloud nComputing secara luas telah dipercaya sebagai sebuah revolusi dalam dunia komputer yang akan menjadi sebuah standar industri Penelitian yang telah dilakukan bertahun-tahun telah mendapatkan berbagai penghargaan dalam virtualisasi, distributed computing, utility computing dan networking. Oleh karena itu, beberapa pertanyaan muncul terkait dengan performa dari sistem ini. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasi biaya perawatan dari sistem tradisional yang biasa dipakai. Untuk itu, memerlukan sebuah hardware pengganti pc yang dapat mendukung teknologi ini. Hardware ini dinamakan nComputing. Yang berisikan OS tiny core linux Sebuah nComputing adalah sebuah komputer atau program komputer yang bergantung pada komputer lain (server) untuk memenuhi peran komputasinya. Peran tepatnya dapat bermacam-macam, tergantung dari kinerja server dalam pengolahan data menjadi informasi yang aktual yang diberikan pada klien. nComputing bertindak sebagai komponen dari infrastruktur komputer, di mana banyak klien berbagi proses komputasi dengan server yang sama. Karena itu, infrastruktur nComputing dapat dilihat sebagai pembakuan dari beberapa servis komputer dari berbagai interface pengguna. nComputing juga merupakan sebuah jalan untuk mempermudah perawatan suatu komputer dan mengurangi total biaya yang perlu dikeluarkan. nComputing modern yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah sebuah terminal komputer low-end yang memfokuskan hanya pada penggunaan atau pemberian sebuah graphical user interface kepada end-user.Penggunaan ncomputing yang berbasis OS tiny core linux dapat menghemat biaya yang di keluarkan dalam maintenance setiap PC yang berada di lab computer.

Kata Kunci: nComputing, server, tiny core linux

 

 

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’aalamin.

Segala puji bagi Allah SWT juga junjungan kita Rasulullah SAW yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan penyusunan laporan Skripsi yang berjudul .“SISTEM PEMANFAATAN SERVER CLOUD NCOMPUTING UNTUK PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM KOMPUTER PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA”.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja Tangerang. Dalam penyusunan laporan Skripsi penulis menyadari jika tanpa bimbingan dan dorongan dari setiap pihak, maka Skripsi ini tidak akan terwujud dan selesai tepat waktu.

Penulis berharap karya tulis ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca umumnya serta mahasiswa khususnya. Dan semoga karya tulis ini dapat menjadi bahan perbandingan dalam periode selanjutnya dan dapat menjadi suatu karya ilmiah yang baik.

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku selaku Ketua STMIK RAHARJA.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I Bidang AkademikSTMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Sandro Alfeno, M.KOM selaku Pembimbing I yang sudah membantu dan memberikan arahan dalam pembuatan Laporan Skripsi ini
  5. Bapak Fredy Susanto,S.Kom., CCNA, MTCNA, selaku pembimbing II yang telah memberikan inspirasi dalam pembuatan Laporan Skripsi ini.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada kami.
  7. Kedua orang tua dan keluarga tercinta yang telah memberikan dukungan moril maupun materil serta doa untuk keberhasilan penulis
  8. Teman – teman bolang (nasek, zeki, wira, Bill) yang selalu memberikan dorongan semangat dan motivasi yang berarti bagi penulis.
  9. Team Kusut ( jaka, jimi, daya, agus, Miko) yang selalu mendukung penulis dalam mengerjakan laporan Skripsi ini.
  10. Seluruh tim puskom yang selalu mendukung penulis dalam menyelesaikan laporan Skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyajian dan penyusunan laporan ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangannya.

Akhir kata penulis berharap laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.

Tangerang, 23 Juni 2016
Diki Arif Rahman
NIM. 1222474104

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kemajuan teknologi komputer dari semua provider melaju demikian pesat bukan hanya kemampuan yang semakin baik, tapi juga fitur dan desain yang makin futuristik bahkan fashionable. Hal tersebut adalah indikasi teknologi yang senantiasa update sekaligus untuk memenuhi tuntutan pasar atau konsumen yang juga selalu ingin lebih baik lagi. Walaupun di sisi lain kebanyakan user atau konsumen di Indonesia belum optimal dalam memanfaatkan teknologi komputer generasi terdahulu sekalipun. Mudahnya performance PC sebenarnya juga jauh dari maksimal dalam penggunaannya pada program-program lain yang membutuhkan pembelajaran dan waktu untuk aplikasinya

Pada Perguruan Tinggi Raharja telah terdapat sistem pembelajaran secara online pada setiap ruangan laboratorium, di mana masing-masing ruangan terdapat kurang lebih 40 komputer yang menggunakan ncomputing dan satu unit PC (Personal Computer). Yang bertugas sebagai server dengan menggunakan sistem ncomputing bisa menghemat cost bandingkan jika satu laboratorium menggunakan 40 PC yang tidak terpasang ncomputing tentu nya akan sangat mahal biaya maintanance seperti perawatan sparepart yang sering bermasalah seperti hardisk, memori, motherboard dan sebagainya. Oleh karena itu, di dalam menangani permasalahan tersebut diperlukan adanya pengembangan sebuah sistem komputasi yang dapat meng-cover permasalahan di atas.

Di antara perkembangan teknologi komputasi masa kini terdapat teknologi yang digunakan untuk mengoptimalkan fungsi sebuah PC sehingga performancenya bisa digunakan lebih optimal dan dapat meminimalisir time and cost dalam me-maintenance PC dalam jumlah yang banyak. Inilah latar belakang teknologi Cloud Computing yang menggunakan Ncomputing. Teknologi ini menggunakan device antara lain seperti Ncomputing, PC Station, PC Net, smart station, office station dengan brand sesuai perusahaan atau provider nya ataupun brand name dari pemasarnya. Berdasarkan hasil dari analisa dan pemakaian terhadap ncomputing yang sudah digunakan. Maka sangat baik peralatan ncomputing untuk diterapkan di laboratorium. menggatikan perangkat CPU, adapun hasil kajian untuk ncomputing adalah sebagai berikut :.

Dengan alat Ncomputing ini, sebuah komputer desktop dapat digandakan (divirtualisasi) dari harga 1 unit Ncomputing sekitar Rp.600.000 kalau computer desktop lengkap sekitar Rp.4.000.000. sehingga memungkinkan bagi lebih banyak pengguna atau user untuk mengakses dan memanfaatkan kapasitas sebuah komputer secara bersamaan. Selanjutnya, masing-masing user dapat merasa seperti memiliki dan bekerja dengan komputer sendiri. Setiap pengguna akan menikmati akses komputer secara sempurna dengan cara menyambungkan layar monitor, keyboard dan mouse mereka pada device thin-client, yang lalu disambungkan pada sebuah komputer host atau server yang akan digunakan.”.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulisan membuat Penelitian ini dengan judul “Sistem Pemanfaatan Server Cloud Ncomputing Untuk Pembelajaran di Laboratorium Komputer Pada Perguruan Tinggi Raharja”.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang penelitian yang sudah dikemukakan sebelumnya, maka perumusan yang akan didefinisikan dalam penelitian ini mencakup hal-hal sebagai berikut :.

  1. Bagaimana cara memaksimalkan kinerja suatu processor suatu hardware atau device agar penggunaannya dapat lebih optimal dalam penggunaan perawatan sistem.?
  2. Apakah penggunaan server ncomputing dapat meminimalisir suatu maintenance cost dalam suatu sistem pembelajaran dilab secara bersama agar lebih baik dalam mengurangi penggunaan listrik yang berlebihan.?
  3. Apakah system Ncomputing dapat meminimalisir suatu maintenance respond time dalam suatu sistem pembelajaran dilab agar lebih cepat di perbaiki.?
  4. Tujuan Dan Manfaat Penelitian

    Tujuan Penelitian

    Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dalam penulisan SKRIPSI ini adalah sebagai berikut:

    1. Meningkatkan Mutu Pelayanan terhadap mahasiswa di dalam pembelajaran di lab agar tidak terjadi keluhan yang meningkat pada setiap pembelajaran berlangsung.
    2. Bertujuan untuk mengurangi biaya pemeliharaan dalam melakukan maintenance dalam sistem pembelajaran dilab
    3. Bertujuan untuk mengurangi waktu maintenance respond time agar pembelajaran dilab dapat berjalan dengan maksimal.
    4. Tujuan dan Manfaat Penelitian

      Manfaat Penelitian

      Dengan adanya penulisan laporan SKRIPSI ini, maka terdapat manfaat-manfaat yang dapat dirasakan oleh penulis adalah sebagai berikut :

      1. Manfaat Penelitian

        <p style="text-indent: 3em">

        1. Menganalisa permasalahan dan kendala-kendala yang ada..
        2. Mempermudah Pegawai dalam melakukan proses pendataan surat masuk dan keluar, sehingga proses tersebut dapat terkontrol dengan baik.
        3. Menambah pengetahuan bagi penulis serta mengimplementasikan dan pengembangan kemampuan yang dimiliki.

        Metode Penelitian

        Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penulisan laporan Skripsi, peneliti menggunakan beberapa metode yang digunakan, adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut :

        Metode Pengumpulan Data

        Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data sebagai berikut :

        Metode Pengamatan (Observation)

        Melakukan tinjauan langsung ke Kantor Kecamatan Rajeg, untuk mengamati sistem yang berjalan saat ini, guna mendapatkan data secara langsung pada objek yang diteliti sebagai bahan untuk menulis laporan Skripsi.

        Metode Wawancara (Interview)

        Metode ini dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab dengan bagian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian yang khusus menangani pendataan surat masuk dan surat keluar pada Kantor Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang sebagai sumber data dan informasi. Metode ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh data yang lebih detail serta memperkuat data sebelumnya, saat melakukan pengamatan secara langsung.

        Metode Studi Kepustakaan

        Selain melakukan observasi penulis juga melakukan pencarian data dengan cara studi pustaka dalam metode ini penulis berusaha untuk melengkapi data-data yang diperoleh dari beberapa sumber (Literature) seperti buku, internet, jurnal dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penelitian sebagai bahan referensi dalam penyusunan laporan Skripsi.

        Metode Analisa

        Analisis merupakan suatu kegiatan yang dimulai dari proses awal di dalam mempelajari serta mengevaluasi suatu bentuk permasalahan. Analisis sistem yang digunakan penulis penelitian ini adalah teknik SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), Analisis SWOT digunakan untuk memperoleh pandangan dasar mengenai strategi yang diperlukan dalam mencapai suatu tujuan tertentu, dalam hal ini pengkajian tentang upaya apa saja yang dapat dijadikan solusi alternatif dalam pengolahan dan pengembangan sistem. Selain itu teknik analisis lainnya adalah PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency), dengan melakukan Analisis PIECES akan didapatkan masalah utama dan dapat melakukan peningkatan dari sistem yang lama.

        Metode Perancangan

        Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode rancangan berorientasi objek dengan beberapa tahapan pembuatan 4 (empat) macam diagram UML (Unified Modelling Language) melalui tahapan pembuatan dengan menggunakan : Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. dengan menggunakan Visual Paradigm 10.0 kemudian pembuatan database dan pembuatan program yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan stakeholder yang terangkum dalam elisitasi. Bahasa pemograman yang digunakan adalah PHP serta database yang digunakan menggunakan Mysql.

        Metode Pengujian

        Dalam Skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba Blackbox Testing menggunakan pengembangan software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian Blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi dan terminasi.

        Sistematika Penulisan

        Sistematika penulisan ini dibuat untuk memberikan gambaran yang diteliti pada laporan ini pada setiap bab, adapun sistematika penulisan adalah sebagai berikut :

        BAB I PENDAHULUAN
            Bab ini menjelaskan Latar Belakang, Perumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metode Penelitian dan Sistematika Penulisan.
        BAB II LANDASAN TEORI
            Bab ini menjelaskan beberapa definisi yang sesuai dengan penelitian dan beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian..
        BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
            Bab ini berisikan analisa organisasi, gambaran umum perusahaan, sejarah singkat, struktur organisasi, penjelasan tentang wewenang dan tanggung jawab, analisa sistem saat ini, permasalahan yang dihadapi, serta alternate pemecahan masalah. Permasalahan yang dihadapi, serta alternative pemecahan masalah.
        BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
            Pada bab ini merupakan penjabaran hasil rancangan yang diusulkan, yang menerangkan tentang usulan sistem yang akan digambarkan dengan diagram rancangan sistem berupa UML (Unified Modeling Language), rancangan basis data, rancangan program yang dibuat, rancangan prototype yang menggambarkan rancangan sistem yang diusulkan, konfigurasi yang diusulkan, testing yang digunakan, evaluasi sistem yang dibuat, implementasi sistem, serta estimasi biaya yang berisi rincian biaya sistem yang nantinya akan diaplikasikan kedalam perusahaan atau masyarakat.
        BAB V PENUTUP
            Pada bab ini merupakan bab penutup berisikan kesimpulan dari hasil analisa penelitian dan saran yang dapat penulis berikan agar permasalahan-permasalahan yang dihadapi dapa terselesaikan dengan baik hasil laporan skripsi ini.

        DAFTAR PUSTAKA
        Daftar pustaka ini berisi studi pustaka yang digunakan sebagai referensi untuk menyusun laporan ini.

        LAMPIRAN
        Lampiran ini merupakan daftar yang memuat keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

        </div>

Contributors

Dikiarifrahman