SI1133469696

Dari widuri
Ini adalah revisi disetujui dari halaman ini, juga revisi terkini.
Lompat ke: navigasi, cari

PROTOTYPE PEMINDAH BESI DENGAN MENGGUNAKAN

APLIKASI ANDROID PADA CV. RIZKY

IRFANINDO PERKASA

SKRIPSI

Logo stmik raharja.jpg

Disusun Oleh :

NIM
: 1133469696
NAMA

JURUSAN SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATION AND INNOVATIVE TECHNOLOGY

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PROTOTYPE PEMINDAH BESI DENGAN MENGGUNAKAN

APLIKASI ANDROID PADA CV. RIZKY

PADA IRFANINDO PERKASA

Disusun Oleh :

NIM
: 1133469696
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Creative Communication And Innovative Technology

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 20 Januari 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Komputer
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Ferry Sudarto,S.Kom., M.Pd)
NIP : 000594
       
NIP : 079010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PROTOTYPE PEMINDAH BESI DENGAN MENGGUNAKAN

APLIKASI ANDROID PADA CV. RIZKY

IRFANINDO PERKASA

Dibuat Oleh :

NIM
: 1133469696
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Creative Communication And Innovative Technology

Disetujui Oleh :

Tangerang,20 Januari 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Fredy Susanto, M.Kom, CCNA.,MTCNA )
   
(Ir. Jawahir., MM )
NID : 04051
   
NID : 03023

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PROTOTYPE PEMINDAH BESI DENGAN MENGGUNAKAN

APLIKASI ANDROID PADA CV. RIZKY

IRFANINDO PERKASA

Dibuat Oleh :

NIM
: 1133469696
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Creative Communication And innovative Technology

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, januari 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PROTOTYPE PEMINDAH BESI DENGAN MENGGUNAKAN

APLIKASI ANDROID PADA CV. RIZKY

IRFANINDO PERKASA

Disusun Oleh :

NIM
: 1133469696
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Creative Communication And Innovative Technology

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 20 Januari 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1133469696

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini telah banyak diciptakan alat untuk mempermudah manusia dalam melakukan aktifitasnya. Dalam dunia industri, pemindahan barang masih banyak dilakukan secara manual sehingga banyak membutuhkan tenaga, waktu, dan biaya untuk pekerjanya. Pembuatan ini bertujuan untuk merancang alat pemindah besi dengan menggunakan arduino dan aplikasi smartphone android. Alat ini di kendalikan melalui smartphone android yang terhubung dengan Bluetooth yang ada pada alat pemindah besi. Dalam pergerakannya, alat ini bergerak sesuai instruksi yang diberikan user melalui smartphone android kemudian diproses oleh arduino sehingga menimbulkan pergerakan pada alat. Penelitian ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam memindahkan besi dari suatu tempat ke tempat lain.

Kata Kunci: Arduino,Smartphone Android, Pengendalian

ABSTRACT

In the row of time growth up, there are lot of device created in order to make easy all of human activity. In industrial, moving the goods still using by manually that take a lot of power, time and costing for the workers. The objective of this are to design iron moved using “arduino” and Android applications. This tool are controlled by Android smartphone that connected to iron moved tool using Bluetooth. The movement of this tool according to the instruction from the android smartphone that proceed by “arduino” that give the movement to the tool. Wisely the user of this tool can be easy to moved the iron from one place to another placed are the objecetive of this research.

Keyword : Arduino, Android smartphone, controller

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, survey serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Drs. PO. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik.
  4. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd. selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer.
  5. Bapak Fredy Susanto, M.Kom, CCNA.,MTCNA dan Bapak Jawahir, Ir. M.M yang telah bersedia menjadi pembimbing I dan II pada penelitian ini.
  6. kedua orang tua tercinta, yang telah memberikan dukungan baik moral maupun material.
  7. Untuk teman-teman tercinta, yang tiada hentinya memberikan saya semangat dan dukungan penuh kepada saya
  8. Bapak Bawi Sabrawi Ardi, S.H , yang telah bersedia menjadi stakeholder bagi penelitian skripsi saya ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.

Tangerang, 20 Januari 2016
Maulana Irfania Yusuf
NIM. 1133469696

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Seiring perkembangan ilmu teknologi di bidang elektronika dan komunikasi sekarang ini, banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh lapisan masyarakat, salah satunya untuk mempermudah segala macam pekerjaan di bidang industri, pendidikan, pemerintahan dan lain sebagainya. Dilain pihak perkembangan teknologi yang semakin canggih. Untuk itu perlu dibuat suatu sistem kontrol alat yang mampu di kendalikan menggunakan smartphone yang dapat memindahkan suatu barang, mempermudah pekerjaan manusia, meringankan tugas-tugas berat yang mempunyai resiko tinggi. Sebagai contoh adalah tugas mengangkat atau memindahkan barang besi dan memperkecil terjadinya kecelakaan dalam hal mengangkat atau memindahkan barang besi, serta mampu dikendalikan jarak jauh sesuai apa yang kita inginkan.

Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di bidang industri serta memanfaatkan media seluler yang tidak hanya dipakai untuk sms dan telephone saja, tapi bisa digunakan untuk pengendalian sebuah alat jarak jauh. Dan sering melihat pekerjaan mengangkat atau memindahkan barang yang sangat menguras tenaga manusia, maka perlu dibuatlah fungsi alat untuk memperkecil terjadi kecelakaan yang berhubungan dengan tugas memposisikan sebuah benda, dan memindahkan barang besi dari satu tempat ke tempat lain.

Pada umumnya alat tersebut merupakan alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik dan juga merupakan alat otomatis dimana sistemnya sudah tertanam di dalam mikrokontroler dengan tugas yang sederhana. Serta dengan berkembangnya minikomputer seperti smartphone android yang sudah ditanamkan fitur komputer yang mempunyai operating system tersendiri yang mampu dihubungkan dengan media jaringan nikabel, sehingga terfikir untuk menghubungkan antara robot dengan smartphone melalui media android.

Dari beberapa permasalahan yang penulis sebutkan diatas, maka penulis mengambil judul “ PROTOTYPE PEMINDAH BESI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID PADA CV. RIZKY IRFANINDO PERKASA ” untuk dijadikan sebagai bahan penelitian.

Rumusan Masalah

Dalam rumusan masalah ini memuat uraian secara rinci dari permasalahan yang diidentifikasi pada latar belakang, adapun rumusan masalah dalam penyusunan penelitian ini sebagai berikut :

  1. Bagaimana merancang dan membangun alat yang mampu mengangkat serta memindahkan barang berupa besi dari satu tempat ke tempat lain?

  2. Bagaimana Arduino dapat berkomunikasi dengan smartphone android melalui media bluetooth?

  3. Apakah menggunakan aplikasi smartphone android mampu mengendalikan fungsi alat?

Ruang Lingkup

Dalam hal ini penulis membatasi permasalahan yang akan dibahas. Ruang lingkup yang akan dibahas adalah mengenai bagaimana cara kerja alat yang diciptakan dan pengontrolan alat dengan aplikasi android.

  1. Perancangan dan pembuatan alat berbasis arduino.

  2. Alat ini berfungsi untuk memindahkan besi dan mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan dalam memindahkan besi.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut: :

1. Tujuan Individual

  1. Mengimplementasikan dan menerapkan ilmu teknologi informasi dan komunikasi khususnya yang didapatkan selama kuliah.
  2. Persyaratan untuk kelulusan mata muliah skripsi.

2. Tujuan Fungsional

  1. Membuat mekanisme pengontrolan alat pemindah besi yang dapat bekerja secara baik yang mampu dihubungkan dan dikendalikan dengan aplikasi smartphone android.
  2. Membuat prototipe alat pemindah besi yang dapat memindahkan dan memposisikan suatu barang besi dari satu tempat ke tempat lain.

3. Tujuan Individual

  1. Sebagai syarat kelulusan skripsi pada Jurusan Sistem Komputer, STMIK Raharja.
  2. Mengimplementasikan dan menerapkan ilmu Sistem Komputer yang didapat selama kuliah.

Manfaat Penelitian

Sebuah karya yang baik adalah karya yang sangat memberikan manfaat. Adapun manfaat yang dihasilkan oleh penelitian ini adalah :

1. Manfaat Individual

  1. Bentuk apresiasi dan kontribusi bagi pengembang teknologi aplikasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Memaksimalkan dan meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam menciptakan sebuah karya yang mengimplementasikan ilmu teknologi informasi dan komunikasi.

2. Manfaat Fungsional

  1. Mampu membantu untuk menggantikan tugas manusia yang berhubungan dengan tugas fisik seperti mengangkat barang berupa besi.
  2. Mampu meringankan proses pekerjaan di bidang industri.

3. Manfaat Operasional

  1. Diharapkan kebutuhan masyarakat di bidang industri dapat tercapai dan terpenuhi dengan baik.
  2. Diharapkan masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga yang besar dalam tugasnya di bidang industri.

Metode Penelitian

Dalam rangka menghasikan karya yang sesuai dengan teori ilmiah dan tepat, maka dalam penyusunan penelitian ini ada beberapa metode yang digunakan, antara lain :

Metode Pengumpulan Data

Dalam rangka menghasikan karya yang sesuai dengan teori ilmiah dan tepat, maka dalam penyusunan penelitian ini ada beberapa metode yang digunakan, antara lain :

  1. Observasi : Melakukan pengamatan dan pemahaman yang didapat di lapangan untuk mengetahui proses pengerjaan dan memperoleh data dan informasi tentang jenis bahan atau peralatan apa saja yang dibutuhkan, yang tentunya ekonomis dan terjangkau, namun yang sesuai dan tetap memenuhi kriteria.

  2. Wawancara : Metode ini dilakukan melalui proses tanya jawab dengan narasumber-narasumber di tempat atau lokasi terkait objek penelitian yang dilakukan.

  3. Studi Pustaka : Metode untuk mendapatkan informasi dan teori-teori yang sesuai dengan sistem yang akan dibuat dengan mencatat, mempelajari dan memahami literature review yang berhubungan dengan penelitian dari berbagai sumber yang tertulis maupun elektronik. Yang digunakan penulis berupa buku-buku, jurnal dan browsing internet.

Metode Perancangan

Dalam metode perancangan ini kita dapat mengetahui bagaimana sistem itu dibuat atau dirancang dan alat apa saja yang dibutuhkan. Melalui tahapan pembuatan flowchart dari sistem yang akan dibuat dan pembuatan desain aplikasi pengontrolan berupa perancangan perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (Hardware).

Metode Analisa

Metode ini melakukan analisa suatu sistem yang sudah ada, bagaimana sistem itu berjalan dan apakah kekurangan dari sistem tersebut. Pada sistem yang sekarang dalam penggunaannya masih manual, sehingga perlu adanya sistem yang dapat membantu pekerjaan di bidang industri.

Metode Prototype

Metode ini dimaksudkan untuk membuat sebuah model kerja untuk mengetahui kebutuhan user, dan menganalisa kelemahan-kelemahan agar model yang buat memenuhi kebutuhan user.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas mengenai laporan ini maka penulis mengelompokkan laporan materi menjadi beberapa sub bab. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pembahasan yang nantinya diharapkan dapat tersusun secara sistematis. Sistematika penyampaian laporannya adalah sebagai berikut.

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini berisi uraian latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup, metode penelitian, tujuan perancangan, manfaat perancangan, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi tentang teori dan literature review yang sesuai dan akurat sehingga bisa mendukung penelitian dalam penulisan sehingga menghasilkan karya tulis yang bernilai ilmiah.

BAB III PEMBAHASAN

Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat PT. YKK AP Indonesia, struktur organisasi, Tujuan Perancangan, Cara Kerja Alat, Diagram Blok, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, Pembuatan alat, software, hardware, Elisitasi.

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

Dalam bab ini membahas tentang sistem yang akan diusulkan seperti usulan prosedur sistem berjalan, sistem yang diusulkan, rancangan prototype, konfigurasi sistem, pengujian, evaluasi, implementasi, dan estimasi biaya.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari hasil karya sebagai upaya untuk perbaikan dan pengembangan kedepannya.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

Contributors

Maulana Irfania Yusuf