SI1131466520

Dari widuri
Revisi per 10 Februari 2016 14.11 oleh Desta Kurniaman Ndruru (bicara | kontrib) (←Membuat halaman berisi '<p align="center"><strong>BAB I</strong></p> <p align="center"><strong>PENDAHULUA</strong><strong>N</strong></p> <p><strong>1.1       L...')

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari

BAB I

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Sistem kendali merupakan sebuah inovasi yang hadir karena ketertarikan manusia untuk menciptakan sebuah alat yang dapat mengendalikan alat lainnya sekaligus pada sebuah sistem di satu titik. Pada era saat ini semua manusia menginginkan hal yang lebih praktis atau simple dengan tidak menghabiskan waktu yang lama ketika keluar masuk di  sebuah gedung perkantoran, sekolah, tempat ibadah bahkan di rumah tangga.

Dalam perkembangannya saat ini sistem kendali tidak lagi dikendalikan pada sebuah titik pengendalian saja. Dengan memanfaatkan media transmisi jaringan internet, pengontrolan sistem kendali dapat dilakukan di berbagai titik dari jarak jauh.Namun meski demikian jika dilihat dari sisi perangkat dan pengoperasiannya pengontrolan jarak jauh dengan memanfaatkan media transmisi jaringan internet dirasa kurang praktis.

Mengingat untuk mengontrol sebuah sistem kendali dari jarak jauh maupun jarak dekat diperlukan sebuah server yang harus selalu terkoneksi pada jaringan internet, dan tehubung pada sebuah pusat sistem kendali. Selain itu diperlukannya kestabilan konektivitas media jaringan  internet serta luasnya jangkauan sinyal untuk mendapatkan keluasan pengontrolan sistem kendali kapanpun dan dari mana pun. Mengingat kualitas jaringan internet di Indonesia yang masih belum tersebar merata di seluruh  daerah dan kurang stabilnya konektivitas jaringan internet, masalah tersebut dianggap sebagai kelemahan dari pengontrolan sistem kendali dengan menggunakan media jaringan internet. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah sinyal yang kuat serta stabil dan luas jangkauannya agar dapat mengontrol sistem kendali sesuai dengan kebutuhan kapan saja dari jarak jauh maupun jarak dekat.

Handphone merupakan sebuah perangkat telekomunikasi elektronika yang bersifat mobile. Dalam penggunannya handphone dapat membantu manusia untuk bisa berkomunikasi satu dengan yang lain. Dimanapun, kapapun tanpa melalui media fisik nircable dengan memanfaatkan teknologi media transmisi jaringan Internet melalui handphone GSM/CDMA, bahkan jaringan WI-FI. Handphone saat ini merupakan gadget multifungsi yang mampu menangkap siaran radio, televisi, pemutaran audio (mp3), video, kamera digital, game, dan layanan internet (wap, gprs, 3G). Tetapi juga sudah ditanamkan fitur komputer yang memiliki operating system tersendiri.

Handphone saat ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah layanan jaringan internet. Dengan adanya jaringan / konektivitas jaringan internet dalam handphone, kita dapat mempermudah pekerjaan kita sehari-hari dimana pun kita berada. Dengan mengunakan jaringan internet sebagai alat penghubung atau pengontrolan maka waktu yang yang digunakan lebih efesien dan lebih cepat. Untuk itu perlu dibuat sebuah aplikasi untuk mengontrol peralatan listrik dengan menggunakan internet mobile, implementasi dalam pembuatan alat ini adalah mengontorol sebuah gerbang dengan menggunakan handphone yang bisa dikontrol dimanapun dan kapan pun.

Dalam kesempatan ini penulis mencoba mempersembahan sebuah karya dengan judul “PENGONTROLAN GERBANG BERBASIS RASPBERRY PI B MENGGUNAKAN SISTEM  INTERNET MOBILE MELALUI HANDPHONE“. Hal ini penulis lakukan dalam rangka memberikan kontribusi terhadapan perkembangan COS (Computer System ) yang merupakan salah satu program studi jurusan Sistem Komputer di Perguruan Tinggi Raharja.

  1.     Perumusan Masalah

Beberapa hal yang menjadi perumusan dalam penyusunan laporan antara lain :

  1. Bagaimana cara membuka dan menutup pintu gerbang dengan  

                  menggunakan Internet Mobile?

  1. Bagaimana membuat aplikasi yang mampu menjadikan media pengontrolan untuk membuka dan menutup pintu gerbang?
  2. Apa alat yang digunakan untuk dapat memebuka dan menutup pintu gerbang dengan menggunakan Internet Mobile?

   1.3    Ruang Lingkup Penelitian

Sebagai pembatasan pembahasan atas penyusunan laporan ini untuk tetap fokus dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, maka penulis memberikan ruang lingkup penelitian sebagai berikut :

  1. Aplikasi Handphone yang digunakan untuk membuka dan menutup pintu gerbang pada sebuah gedung.
  2. Pengontrolan alat sebatas membuka dan menutup pada pintu gerbang.
  3. Komponen pendukung yang digunakan dalam pembuatan alat.

   1.4     Tujuan dan Manfaat Penelitian

   1.4.1  Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat protoype sebuah alat untuk membuka dan menutup pintu gerbang.

 

    1.4.2    Manfaat Penilitian

Sebuah Karya yang baik adalah karya yang memiliki banyak

manfaat. Adapun manfaat yang dihasilkan dari penelitian ini adalah :

  1. Bentuk apresiasi dan kontribusi bagi pengembangan teknologi

    aplikasi dibidang teknologi informasi.

Memaksimalkan Handphone dalam sistem Internet Mobile dan    pemanfaatan yang memberikan konstribusi yang baik sehingga memberikan inovasi yang baik.

  1.5     Metode Penelitian

  1. Metode Pengumpulan Data

Dalam melakukan penelitian ini, maka metode yang penulis gunakan adalah :

  1. Observasi

Melalui pengamatan dan pengalaman yang didapat untuk mengetahui proses pengerjaan untuk menghasilkan protoptype aplikasi dan rancangan device yang digunakan sebagai pembuka dan penutup pintu gerbang. Melalui pengamatan lapangan untuk memperoleh informasi tentang jenis bahan atau peralatan apa saja yang dibutuhkan, tentunya ekonomis dapat terjangkau, namun tetap memenuhi kriteria.

  1. Studi Pustaka

Metode untuk mendapatkan informasi dengan mencatat dan mempelajari buku-buku atau literature review yang berhubungan dengan penelitian dan berbagai sumber yang tertulis maupun elektronik. Sebagian besar penulis melakukan pengumpulan data dan metode diambil dari situs-situs internet, dan sisanya dari buku cetak.

  1.  Diskusi Ilmiah

Mengumpulkan data dengan melakukan serangkaian diskusi dengan pihak lain yang lebih memahami dan menguasai, sehingga didapat  pemecahan masalah yang dihadapi.

  1. Metode Analisa

Pada metode ini penulis menganalisa suatu sistem yang sudah ada, bagaimana sistem itu berjalan dan apa kekurangan dari sistem tersebut. Pada sistem yang sekarang dalam penggunaannya masih manual, sehingga membutuhkan alat yang dapat digunakan dengan mudah.

  1. Metode Perancangan

Dalam metode perancangan ini kita dapat mengetahui bagaiamana sistem itu dirancang dan alat apa saja yang dibutuhkan.

 

 

 

 

    1.6   Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas mengenai laporan Skripsi, penulis mengelompokkan laporan ini menjadi beberapa sub-sub dengan sistematika penulisan. Penulisan ini terdiri dari lima bab dan beberapa lampiran.

             BAB I                        PENDAHULUAN

Bab ini berisi tentang uraian latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan.

  •  

Bab kedua ini berisi tentang landasan teori sebagai konsep dasar dalam penyusunan alata dan beberapa definisi yang sesuai dengan penelitian sehingga menghasilkan karya yang bernilai ilmiah dan memiliki daya guna.

            BAB III          PEMBAHASAN

Bab ini berisi tentang pembahasan dan perancangan sistem penggerak raspberry PI B  yang dikoneksikan dengan sebuah aplikasi pada handphone melalui jaringan internet, sehingga pintu gerbang yang akan dikontrol oleh user dapat berjalan dengan baik sesuai yang kita inginkan.

 

 

BAB IV          RANCANGAN SISTEM YANG DIUSUKAN

Dalam bab ini penulis menguraikan sistem yang akan diusulkan seperti usulan prosedur yang baru, diagram rancangan sistem, rancangan basis data yang terdiri dari normalisasi dan spesifikasi basis data, Flowchart sistem yang diusulkan, rancangan prototipe, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, schedulle implementasi, dan estimasi biaya.

            BAB V            PENUTUP

Bab ini merupakan bab penutup yang berisi tentang kesimpulan dan saran dari hasil pengamatan dan penelitian yang dilakukan pada Skripsi ini.

             DAFTAR PUSTAKA

             LAMPIRAN