SI1014464700: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(BAB II)
(BAB II)
Baris 858: Baris 858:
  
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}
=<p align="centre"> <b>BAB II</b> </p>=
+
=<p align="center"<b>BAB II></p></b>=
  
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center-height: 2";">
  
<p style="line-height: 2"><b>LANDASAN TEORI</b> </p> </div>
+
<b>LANDASAN TEORI</b> </p> </div>
  
  

Revisi per 24 Februari 2014 13.53

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-RECRUITMENT

KARYAWAN PADA PT. KALILA INDONESIA

SKRIPSI

Logo stmik raharja.jpg

Disusun Oleh :

NIM : 1014464700

NAMA : Rahmatun Nazillah Khaerunisa

JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2013/2014)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-RECRUITMENT

KARYAWAN PADA PT. KALILA INDONESIA

Disusun Oleh :

NIM
: 1014464700
Nama
: Rahmatun Nazillah Khaerunisa
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer Akuntansi

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 17 Januari 2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Maimunah, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 007002

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-RECRUITMENT

KARYAWAN PADA PT. KALILA INDONESIA


Dibuat Oleh :

NIM
: 1014464700
Nama
: Rahmatun Nazillah Khaerunisa

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Komputer Akuntansi

Disetujui Oleh :

Tangerang, 17 Januari 2014

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
NID : 05065
   
NID : 02026

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-RECRUITMENT

KARYAWAN PADA PT. KALILA INDONESIA

Dibuat Oleh :

NIM
: 1014464700
Nama
: Rahmatun Nazillah Khaerunisa

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Akuntansi Komputer

Tahun Akademik 2013/2014

Disetujui Penguji :

Tangerang, 17 Febuari 2014

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
 
(Sri Rahayu, S.T., MMSI)
 
NID : 99001
 
NID : 08182
 
NID : 02026

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-RECRUITMEMNT

KARYAWAN PADA PT. KALILA INDONESIA

Disusun Oleh :

NIM
: 1014464700
Nama
: Rahmatun Nazillah Khaerunisa
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer Akuntansi

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 17 Januari 2014

 
 
 
 
 
(Rahmatun Nazillah Khaerunisa)
NIM : 1014464700

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRACT

Advances in technology today increasingly growing rapidly , so companies need a skilled workforce that can take the company to grow and keep up with the times , and aspects of recruitment starting to get a special view , because the hiring process is not in accordance with company requirements can inhibit the rate of growth of the company itself . Similarly, what happened to the PT . Kalila Indonesia , the number of employees of each division requests that require the skilled workforce and professional in his work . E - Recruitment is a method of recruitment of new candidates for employment with the company through all the stages which have been provided by the company and the use of modern electronic communication media such as the Internet , so that recruitment can be carried out quickly and precisely in order to obtain employment in accordance with needs of the company . To obtain the necessary data for the study , the SDLC methodology used , the stages are: analysis , design , coding and testing , implementation , and maintenance . And through activities including: collecting data by interview , observation , and literature . The data obtained were then analyzed and described using object -oriented modeling methods such as UML ( Unified Modeling Language ) . The results of this study in the form of e - recruitment applications that can provide ease in the process of hiring and getting the appropriate manpower company criteria.

Keywords : system , workforce , e - recruitment , UML

ABSTRAKSI

Kemajuan teknologi kian hari makin berkembang pesat, sehingga perusahaan membutuhkan tenaga kerja terampil yang dapat membawa perusahaan berkembang dan bersaing dengan perkembangan zaman, dan aspek perekrutan mulai mendapatkan pandangan khusus, karena proses perekrutan yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan dapat menghambat laju berkembangnya perusahaan itu sendiri. Demikian pula yang terjadi pada PT. Kalila Indonesia, banyaknya permintaan karyawan dari tiap divisi sehingga membutuhkan para tenaga kerja yang terampil dan profesional dalam pekerjaannya. E-Recruitment merupakan sebuah metode perekrutan para calon tenaga kerja baru pada perusahaan dengan melewati segala tahapan-tahapan yang telah diberikan oleh perusahaan tersebut dan menggunakan media komunikasi elektronik modern seperti internet, sehingga perekrutan dapat dilaksanakan secara cepat dan tepat guna mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan selama penelitian, maka digunakan metodologi SDLC, dengan tahapan antara lain : analisis, design, coding and testing, penerapan, dan pemeliharaan. Dan melalui kegiatan antara lain : pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan digambarkan dengan menggunakan metode pemodelan yang berorientasi objek seperti UML (Unified Modelling Language). Hasil dari penelitian ini dalam bentuk aplikasi e-recruitment yang dapat memberikan kemudahan dalam proses perekrutan karyawan dan mendapatkan tenaga kerja sesuai kriteria perusahaan.

Kata kunci : sistem, tenaga kerja, e-recruitment, UML

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahiim

Alhamdulillah puji dan syukur kehadirat Allah SWT. karena atas ridho dan rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan laporan Skripsi ini dengan baik. Adapun judul dalam penyusunan laporan Skripsi ini adalah “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-RECRUITMENT KARYAWAN PADA PT. KALILA INDONESIA”..

Tujuan dari penulisan laporan Skripsi ini dibuat sebagai syarat untuk mengikuti Sidang Kelulusan Jurusan Sistem Informasi pada STMIK Raharja jenjang strata satu guna mendapatkan gelar sarjana. Sebagai bahan penulisan, diambil berdasarkan hasil observasi, wawancara, serta sumber literatur yang mendukung penulisan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak karena tanpa adanya bantuan tersebut penulis merasa laporan ini tidak akan terselesaikan, penulis ucapkan terima kasih kepada kedua orang tua, abang, suami tercinta, dan tak lupa ucapan terima kasih penulis tujukan kepada :

  1. Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK RAHARJA
  2. Sugeng Santoso, M.Kom selaku Dosen Pembantu Ketua I (PUKET I) Bidang Akademik STMIK RAHARJA.
  3. Maimunah, M.Kom. selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi S1.
  4. Meta Amalya Dewi, M.Kom selaku Dosen Pembimbing I.
  5. Dina Fitria Murad, M.Kom selaku Dosen Pembimbing II.
  6. Bapak Agus Roni Melani sebagai Personalia & GA Manager, yang telah meluangkan waktu dan memberi masukan-masukan dalam penyusunan laporan Skripsi.
  7. Bapak dan Ibu Dosen beserta seluruh Staff dan Karyawan STMIK Raharja.
  8. Sahabat-sahabat STMIK Raharja (Ika, Dewi, Echa, Hani, Nadya, Dwian, dkk.) yang selalu membantu dan saling memberikan support satu sama lain.
  9. Sahabat-sahabat PT. Kalila Indonesia (Suratno, Nani Suhartini, Sri Nuryani, dkk.) yang selalu memberikan dukungan, motivasi, serta doa untuk keberhasilan penulis.

Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan penulisan penyusunan laporan Skripsi ini, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.

Akhir kata diharapkan penulisan laporan Skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat di kemudian hari.

 

 

Tangerang, 17 Januari 2014

 

 

 

(Rahmatun Nazillah Khaerunisa)
NIM : 1014464700

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.2 Elisitasi Tahap II

Tabel 3.3 Elisitasi tahap III

Tabel 3.4 Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1 Tabel Login_Admin

Tabel 4.2 Info loker

Tabel 4.3 Ujian

Tabel 4.4 Jumlah Biodata

Tabel 4.5 Persyaratan

Tabel 4.6 Nilai_Interview

Tabel 4.7 Info Pelamar

Tabel 4.8 Score

Tabel 4.9 Rancangan Biaya

Tabel 4.10 Jadwal Kegiatan

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Proses Umum Recruitment

Gambar 3.1 Struktur Organisasi Perusahaan

Gambar 3.2 Usecase Diagram Sistem Berjalan

Gambar 3.3 Activity Diagram Sistem Berjalan

Gambar 4.1 Use Case Diagram Pada Pelamar

Gambar 4.2 Use Case Diagram Pada Admin / Pimpinan

Gambar 4.3 Activity Diagram Pada Pelamar

Gambar 4.4 Activity Diagram Yang Diusulkan Pada Admin

Gambar 4.5 Activity Diagram Yang Diusulkan Pada Pimpinan

Gambar 4.6 Sequence Diagram Pelamar

Gambar 4.7 Sequence Diagram Pelamar

Gambar 4.8 Sequence Diagram Pimpinan

Gambar 4.9 State Machine Diagram Pelamar

Gambar 4.10 State Machine Diagram Admin

Gambar 4.11 State Machine Diagram Pimpinan

Gambar 4.12 Rancangan Sistem Class Diagram

Gambar 4.13 Tampilan Login Pelamar

Gambar 4.14 Menu Utama Pelamar

Gambar 4.15 Tampilan Info Pelamar

Gambar 4.16 Tampilan Data Pelamar

Gambar 4.17 Tampilan Lowongan Kerja

Gambar 4.18 Tampilan Login Admin Dan Pimpinan

Gambar 4.19 Tampilan Bila Username Atau Password Salah

Gambar 4.20 Tampilan Data Pelamar Keseluruhan

Gambar 4.21 Tampilan Test

Gambar 4.22 Tampilan Soal Ujian

Gambar 4.23 Tampilan Laporan Pelamar

Gambar 4.24 Spesifikasi Hardware Dan Software

Gambar 4.25 Tampilan Menu Admin Dan Pimpinan

Gambar 4.26 Tampilan Data Pelamar Keseluruhan

Gambar 4.27 Tampilan Tes

Gambar 4.28 Tampilan Laporan Pelamar

Gambar 4.29 Tampilan Login Pelmar

Gambar 4.30 Tampilan Info Pelamar



BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kemajuan teknologi kian hari makin berkembang pesat, sehingga perusahaan membutuhkantenaga kerja terampil yang dapat membawa perusahaan berkembangdan bersaing dengan perkembangan zaman, danaspek perekrutan mulai mendapatkan pandangan khusus, karena proses perekrutanyang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan dapat menghambat laju berkembangnya perusahaan itu sendiri

Demikian pulayang terjadi pada PT. Kalila Indonesia, banyaknya pelamar yang mengirim surat lamaran melalui jasa pengiriman pos dan email dinilai terlalu rumit dan membutuhkan banyak waktudalam prosedur pelaksanaanya, dampaknya akan adabanyak kertas (surat lamaran) yangmenumpuk sedangkan dengan melalui email sering terjadinya spam.

E-Recruitment merupakan sebuah metodeperekrutan para calon tenaga kerja baru pada perusahaan dengan melewati segalatahapan-tahapan yang telah diberikan oleh perusahaan dan menggunakan mediakomunikasi elektronik modern seperti internet, sehingga perekrutan dapatdilaksanakan dengan lebih menghemat waktu dan tenagaguna mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Berdasarkanlatar belakang tersebut maka dalam penyusunan Skripsi ini penulis mengambiljudul : “Perancangan Sistem Informasi E-Recruitment Karyawan Pada PT. Kalila Indonesia”.

Rumusan Masalah

Berdasarkanlatar belakang masalah di atas maka masalah yang dibahas pada penelitian iniadalah :

  1. Apakah sistem perekrutankaryawan yang berjalan pada PT. Kalila Indonesia sesuai dengan kebutuhan user ?
  2. Apakah kendala-kendala yang masih dirasakan pada sistemperekrutan karyawan tersebut ?
  3. Bagaimana merancangsistem informasi e-recruitment karyawan pada PT. Kalila Indonesia sehingga dapat menyelesaikan permasalahanyang ada ?

Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Untuk mempelajari dan mengetahui sistem perekrutan karyawan yang berjalan pada PT. Kalila Indonesia.
  2. Untuk melakukan identifikasi terhadap kendala-kendala yang ada pada sistem tersebut
  3. Untuk menambah ilmu pengetahuan, pengalaman, dan pengenalan, serta merancang sebuah sistem e-recruitment karyawan pada PT. Kalila Indonesia sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat-manfaat yang akan diperoleh adalah sebagai berikut :

  1. Dapat mempelajari dan mengetahui serta menganalisa sistem perekrutan karyawan yang berjalan pada PT. Kalila Indonesia.
  2. Teridentifikasinya kendala-kendala pada sistem perekrutan karyawan yang dijadikan dasar untuk menghasilkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat.
  3. Memberikan kemudahan pada department HR & Recruitment dalam mengolah dan mendata laporan perekrutan karyawan dengan cepat dan akurat.

Ruang Lingkup Penelitian

Berdasarkan identifikasi masalah diatas agar lebih terarah dan memenuhisasaran yang diharapkan, maka penulis membatasi penelitian hanya pada sistemperekrutan karyawan oleh dua pengguna yaitu pelamar dan admin. Mulai dariprosedur yang berhubungan dengan sistem perekrutan karyawan, yaitu pelamar mengakses input login, mengisi isian data calonkaryawan, dan dapat melihat informasi lowongan pekerjaan yang tersedia ataupundapat mengetahui informasi lain dari perusahaan. Admin dapat mengakses data calonkaryawan, input lowongan pekerjaan, dan membuat laporan penerimaan karyawan.

Metodologi Penelitian

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam mencari,mengumpulkan data serta mengolah informasi yang di perlukan yaitu sebagaiberikut:

Teknik Pengumpulan Data

  1. Pengumpulan Data Langsung (Observation)
  2. Penulis melaksanakan metode ini untuk mendapatkan data dengan pengamatansecara langsung ke PT. Kalila Indonesia untuk melakukan penelitian, pemantauan,ataupun terlibat secara langsung denganprosedur sistem yang berjalan pada saat ini.
  3. Wawancara(Iinterview)
  4. Penulismelakukan wawancara kepada HR & Recruitment Bapak Suratno untuk memperkuatdan memperjelas temuan saat observasi yang merupakan pelaku sistem pada saatini, serta para pencari kerja di lapangan.
  5. Study Pustaka(Literature)
  6. Penulis melakukan metode ini untuk memenuhiinformasi penelitian, sehinggaberusaha mendapatkan data dengan cara melihat, membaca, serta mencobamenafsirkan dan mengembangkan informasi yang berkaitan dengan masalah yangdibicarakan sebagai referensi serta penunjang penelitian dalam penyusunanlaporan.

    Sumber Data

    Sumber-sumber data yang dibutuhkandalam hubungannya denganpengumpulan data dikelompokkan menjadi :
    1. Sumberdata primer, diperoleh dari narasumber-narasumber yang berhubungan dengan objekpenelitian. Dalam hal ini adalahstakeholder dan staf divisiHRTraining & Personaliaperusahaan.
    2. Sumberdata sekunder, diperoleh dari buku-buku literature,dan sebagainya, yang didalamnya memuat informasi-informasi yang diperlukandalam penyusunan laporan skripsi.

    Metode Penelitian Waterfall

    Penelitian ini menggunakan metode waterfall denganpendekatan berorientasi objek melalui tahapan kegiatan sebagai berikut :
    1. Analisis
    2. Setelah proses pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik, maka data yang sudah adaakan diolah dan dianalisa supaya mendapatkan suatu hasil akhir yang bermanfaaatbagi penelitian ini. Dalam metode analisis sistem penulismenggunakan program Visual Paradigm forUML 6.1. Enterprise Edition yaitusebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar, menvisualisasikan,menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistempengembangan piranti lunak berbasis “OO” (Object Orientied) melalui tahap: Use Case Diagram, Class Diagram,Sequence Diagram, Statechart Diagram dan Activity Diagram, sertamenggunakan tools (alat bantu) UML (Unified Modeling Language) yang dilakukan melalui 4 (Empat) tahap, yaitu: (1) Survey terhadap sistem yang berjalan,(2) Analisa terhadap temuan survey, (3) Identifikasi kebutuhaninformasi dengan menggunakan alat bantu elisitasimelalui 4 tahapan, yaitu tahap 1 mencakup semua kebutuhan sistem, tahap 2melakukan pengelompokkan kebutuhan dengan metode MDI (Mandatory, Desirable,Inessential) selanjutnya tahap 3 dengan TOE (Technical, Operational danEconomic) serta tahap final, (4)Identifikasi persyaratan sistem. Hasil analisakemudian dibuat laporan untuk masukan dalam perancangan sistem yang diusulkan.

    3. Design

    4. Prosesdesain akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkatlunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada :struktur data dengan menggunakan MySQL, arsitektur perangkat lunak,representasi interface dengan menggunakan Dreamweaver CS5, dan detail(algoritma) prosedural. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen yang disebut softwarerequirment. Dokumen inilah yang akan digunakan proggrammer untukmelakukan aktivitas pembuatan sistemnya.

    5. Coding & Testing
    6. Coding merupakanpenerjemahan design dalam bahasa yang bisa dikenali oleh komputer.Dilakukan oleh programmer denganmenggunakan bahasa pemrograman PHP yang akan menterjemahkantransaksi yang diminta oleh user. Tahapan ini lah yang merupakan tahapansecara nyata dalam mengerjakan suatu sistem. Dalam artian penggunaan komputerakan dimaksimalkan dalam tahapan ini. Setelah pengkodean selesai maka akandilakukan testing terhadap sistem yang telah dibuat tadi. Tujuan testingadalah menemukan kesalahan-kesalahan terhadap sistem tersebut dan kemudianbisa diperbaiki.
    7. Penerapan
    8. Tahapanini bisa dikatakan final dalam pembuatan sebuah sistem. Setelahmelakukan analisa, design dan pengkodean maka sistem yang sudah jadi akandigunakan oleh user.

    9. Pemeliharaan
    10. Pada tahap ini pemeliharaan terhadap sistem yangbaru dan dilakukan oleh perusahaan, namun jika kendala terdapat pada software (softwaremaintenance) akan dilakukan oleh penulis untuk menyempurnakan sistem


      Sistematika Penulisan


      Sistematika penulisan inimemberikan gambaran mengenai yang diteliti agar laporan dapat tersajikan dalambentuk tertata rapi dan memenuhi standar penulisan naskah ilmiah. Adapunsistematika penulisan ini adalah, sebagai berikut :

      BAB I PENDAHULUAN

      Pada bab ini dijelaskan secara umum mengenai masalah pokok yang dibahasdalam laporan ini meliputi latar belakang, rumusan masalah, pembatasan masalah,tujuan dan manfaat penelitian yang meliputi beberapametode yaitu metode observasi, metode wawancara, dan studi kepustakaan. Sertauraian mengenai sistematika penulisan laporan.

      BAB II LANDASAN TEORI

      Pada bab ini akan diuraikan mengenai teori ataukonsep yang melandasi hal-hal yang terdapat dalam penelitian, yang berhubungantentang perekrutan karyawan,baik dikutip dari berbagai referensi, dari hasil riset yang didapat maupunmedia lain yang dapat menjadi masukan.

      BAB III ANALISAS SISTEM YANG BERJALAN

      Pada babini akan diuraikan mengenai gambaran umum mengenai PT. Kalila Indonesia yangmenjadi objek penelitian dan penulisan laporan ini. Bab inimenjelaskan gambaran umumperusahaan, sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi serta wewenang dantanggung jawab pada perusahaan, analisa masukan, analisa proses, analisakeluaran, spesifikasi proses, analisa batasan sistem, analisa kebutuhan sistem,analisa kontrol sistem, analisa perangkat sistem yang sedang berjalan terdiridari hardware, software, dan brainware. Analisa kebutuhan sistem, urutan prosedur,masalah yang dihadapi, tatalaksana sistem yang berjalan diuraikan denganmenggunakan metode UML yang terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram, dan State Chart Diagram.

      BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
      Pada bab ini akan dijelaskan mengenaiperancangan system yang akan diajukan. Perancangan sistem akandijelaskan dalam bentuk UML, Analisa proses, spesifikasi proses, Rancangantampilan sistem yang diusulkan, Rancangan kontrol sistem yang diusulkan, saranapengolahan data, Spesifikasi hardware dan Software, Rancangan Implementasi.Uraian dari rancangan sistem ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan untukmengganti sistem yang telah berjalan saat ini.
      BAB V PENUTUP

      Pada bab ini akan dijelaskan mengenai kesimpulandari pembahasan penelitian yang dilakukan dan saran-saran yang sebaiknyadilakukan untuk pengembangan lebih lanjut agar tercapai hasil yang lebih baik.

      DAFTAR PUSTAKA
      LAMPIRAN

      <p align="center"BAB II></p>

      LANDASAN TEORI </p>


      LANDASAN TEORI</div>


      Konsep Dasar Sistem

      Definisi Sistem

      “Sistem merupakan suatu kumpulan komponen-komponen yang saling berhubungan dan mempunyai ketergantungan satu sama lain, sistem dapat berjalan jika komponen-komponen yang ada di dalamnya bisa bekerja sama membentuk suatu lingkaran yang tidak dapat dipisahkan.” (CCIT Vol.6 No.2 Nasaruddin, dkk. Januari, 2013:226-227) [1]
      Menurut Sutarman (2009:5), “sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan dan saling berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama”. [2]

      Karakteristik Sistem

      Menurut Agus Mulyanto (2009:2), sistem mempunyai karakteristik sebagai berikut:

        <li style [3]</div>

        BAB III

        BAB IV

        BAB V

        DAFTAR PUSTAKA

        1. Nasaruddin, Djafar Imran, dan Samsie Indra. 2013. Perancangan Sistem Informasi Supply Chain Management (SCM) Pada CV Rajawali Multi Niaga Makassar. Jurnal CCIT Vol.6 No.2, 226-227. Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang
        2. Sutarman, M. Kom. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Edisi Pertama, Bumi Aksara. Jakarta.
        3. Mulyanto. Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Contributors

Admin, Nazillah